Forum spare parts part II

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Forum spare parts part II

Post by blloewy »

alvinnt wrote: Mon Jul 03, 2023 17:07 Ada mobil Evalia 2012, odo sudah di angka 125xxx. Baru 1 minggu yang lalu dilakukan servis besar, urusan mesin (carbon clean + tune up + oli) + AC + rem. Terakhir mekanik menyarankan untuk dilakukan kuras bensin, sekalian cek fuel pump (katanya mungkin udah agak lemah, karena respon gas rada delay) tapi katanya disuruh bawa beberapa waktu dulu. Ada kemungkinan 'diakali' dengan cara dibersihkan. Sebagai catatan, sama pemilik sebelumnya lebih sering diisi Pertalite. Sekarang sudah diisi BP 92 (atau setara).

Ngomong-ngomong soal pompa bensin, ini ketemu yang OEM sama KW1. Yang OEM sekitar 1.9-2.2jt, yang KW1 sekitar 850k (merek DOPSON). Kalo pake yang KW1, itu efeknya bagaimana ya? apakah ke durability atau ke performance?
Setau saya Evalia memang bisa pake RON 90 krn mesinnya sdh perubahan itu HR15DE nya..sdh dual injector dan no EGR.
Kl penyebab FP lemah itu selain faktor umur jg krn kotoran yg ada mulai nyumbat, makanya isi bensin jangan mevet2 spy kotoran di dlm tangki ngga ketarik. Plus oerhstikan lubang di jalur pengisian bensin itu mesti kebuka spy karat dan kotoran kl ada air genang disana krn hujan ngga ikut masuk ke Tangki.

Kl yang KW Efeknya ke durability Om sama sebagian infonya jg kl mati ngga oake acara gejala dulu tp langsung modyar di tenpat.
Kl FP sdh mulai lemah pake banget itu pas mesin panas dipake jalan jauh dia akan mati, nubggu dingin dulu baru bisa nyala lagi.
Kl mobil mau dipake 3-5 tahun lagi lbh baik beli yg OEM..kalau beli yg KW ya nasib2an.
Kl dpt bagus ya tahan 2 tahun aja sdh lumayan itu barang :big_grin:
nubie in all things - still need to learn
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Forum spare parts part II

Post by Or4cle »

alvinnt wrote: Mon Jul 03, 2023 17:07 Ada mobil Evalia 2012, odo sudah di angka 125xxx. Baru 1 minggu yang lalu dilakukan servis besar, urusan mesin (carbon clean + tune up + oli) + AC + rem. Terakhir mekanik menyarankan untuk dilakukan kuras bensin, sekalian cek fuel pump (katanya mungkin udah agak lemah, karena respon gas rada delay) tapi katanya disuruh bawa beberapa waktu dulu. Ada kemungkinan 'diakali' dengan cara dibersihkan. Sebagai catatan, sama pemilik sebelumnya lebih sering diisi Pertalite. Sekarang sudah diisi BP 92 (atau setara).

Ngomong-ngomong soal pompa bensin, ini ketemu yang OEM sama KW1. Yang OEM sekitar 1.9-2.2jt, yang KW1 sekitar 850k (merek DOPSON). Kalo pake yang KW1, itu efeknya bagaimana ya? apakah ke durability atau ke performance?
Ini harga untuk fuel pump assy ya ? IMHO, biasanya yang rusak itu rotax fuel pump.
Ganti rotax nya aja, lebih hemat.
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Forum spare parts part II

Post by blloewy »

Or4cle wrote: Tue Jul 04, 2023 8:57
alvinnt wrote: Mon Jul 03, 2023 17:07 Ada mobil Evalia 2012, odo sudah di angka 125xxx. Baru 1 minggu yang lalu dilakukan servis besar, urusan mesin (carbon clean + tune up + oli) + AC + rem. Terakhir mekanik menyarankan untuk dilakukan kuras bensin, sekalian cek fuel pump (katanya mungkin udah agak lemah, karena respon gas rada delay) tapi katanya disuruh bawa beberapa waktu dulu. Ada kemungkinan 'diakali' dengan cara dibersihkan. Sebagai catatan, sama pemilik sebelumnya lebih sering diisi Pertalite. Sekarang sudah diisi BP 92 (atau setara).

Ngomong-ngomong soal pompa bensin, ini ketemu yang OEM sama KW1. Yang OEM sekitar 1.9-2.2jt, yang KW1 sekitar 850k (merek DOPSON). Kalo pake yang KW1, itu efeknya bagaimana ya? apakah ke durability atau ke performance?
Ini harga untuk fuel pump assy ya ? IMHO, biasanya yang rusak itu rotax fuel pump.
Ganti rotax nya aja, lebih hemat.
Iya krn Nissan ngga jual terpisah.
Dia pakai 2 filter di Fuel Pumpnya.
Filter yg keliatan di bagian bawah Fuel Pump sama 1 lagi Filter yg di dlm Fuel Pump.
Ganti rotaknya aja ya bisa...cuma ya hoki2an...
Tahan 6 bln sampe setahun sdh termasuk OK banget kl cuma rotaknya aja.
nubie in all things - still need to learn
alvinnt
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Tue Aug 16, 2022 15:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Evalia

Re: Forum spare parts part II

Post by alvinnt »

blloewy wrote: Wed Jul 05, 2023 0:21
Or4cle wrote: Tue Jul 04, 2023 8:57
alvinnt wrote: Mon Jul 03, 2023 17:07 Ada mobil Evalia 2012, odo sudah di angka 125xxx. Baru 1 minggu yang lalu dilakukan servis besar, urusan mesin (carbon clean + tune up + oli) + AC + rem. Terakhir mekanik menyarankan untuk dilakukan kuras bensin, sekalian cek fuel pump (katanya mungkin udah agak lemah, karena respon gas rada delay) tapi katanya disuruh bawa beberapa waktu dulu. Ada kemungkinan 'diakali' dengan cara dibersihkan. Sebagai catatan, sama pemilik sebelumnya lebih sering diisi Pertalite. Sekarang sudah diisi BP 92 (atau setara).

Ngomong-ngomong soal pompa bensin, ini ketemu yang OEM sama KW1. Yang OEM sekitar 1.9-2.2jt, yang KW1 sekitar 850k (merek DOPSON). Kalo pake yang KW1, itu efeknya bagaimana ya? apakah ke durability atau ke performance?
Ini harga untuk fuel pump assy ya ? IMHO, biasanya yang rusak itu rotax fuel pump.
Ganti rotax nya aja, lebih hemat.
Iya krn Nissan ngga jual terpisah.
Dia pakai 2 filter di Fuel Pumpnya.
Filter yg keliatan di bagian bawah Fuel Pump sama 1 lagi Filter yg di dlm Fuel Pump.
Ganti rotaknya aja ya bisa...cuma ya hoki2an...
Tahan 6 bln sampe setahun sdh termasuk OK banget kl cuma rotaknya aja.
setelah baca-baca, kayaknya sih respon delay ketika kickdown (gas dibejek) itu bukan issue di fuel pump, tapi memang karakteristik mesinnya.

kalo lihat di post ini tentang Grand Livina 1.5, sepertinya memang ada behavior ECU sendiri ketika di-kickdown (gas dibejek). so far sih masih sesuai deskripsi, jadinya ga perlu ganti fuel pump dulu (walaupun kalo mau preventif dan ada budget sebaiknya diganti, toh sudah ampir 12 tahun).
R32GTR
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Thu Sep 28, 2023 13:02

Re: Forum spare parts part II

Post by R32GTR »

Kl untuk lower arm Heiker vs Assai Steel bagus mana ya? Heiker 1,1jt sepasang sedangkan Assai Steel 850rb. Lumayan selisih 250rb.
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Forum spare parts part II

Post by Greenhunter »

alvinnt wrote: Mon Jul 03, 2023 17:07 Ada mobil Evalia 2012, odo sudah di angka 125xxx. Baru 1 minggu yang lalu dilakukan servis besar, urusan mesin (carbon clean + tune up + oli) + AC + rem. Terakhir mekanik menyarankan untuk dilakukan kuras bensin, sekalian cek fuel pump (katanya mungkin udah agak lemah, karena respon gas rada delay) tapi katanya disuruh bawa beberapa waktu dulu. Ada kemungkinan 'diakali' dengan cara dibersihkan. Sebagai catatan, sama pemilik sebelumnya lebih sering diisi Pertalite. Sekarang sudah diisi BP 92 (atau setara).

Ngomong-ngomong soal pompa bensin, ini ketemu yang OEM sama KW1. Yang OEM sekitar 1.9-2.2jt, yang KW1 sekitar 850k (merek DOPSON). Kalo pake yang KW1, itu efeknya bagaimana ya? apakah ke durability atau ke performance?
Beli pompa bensin di tokopedia aja jauh lebih murah.
Ini ada 2 toko yg jual, salah satunya sudah cukup dikenal di sparepart, kalau gak salah champion motor di senen.
1. https://tokopedia.link/nMiGkIlPQHb
2. https://tokopedia.link/MznEhoDPQHb
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1135
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Forum spare parts part II

Post by t105erd »

R32GTR wrote: Wed Jan 31, 2024 14:39 Kl untuk lower arm Heiker vs Assai Steel bagus mana ya? Heiker 1,1jt sepasang sedangkan Assai Steel 850rb. Lumayan selisih 250rb.
buat mobil apa om? saya pakai heiker bagus.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9682
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Forum spare parts part II

Post by Suryaputra »

Akhirnya di 70rb km, ganti lower arm assy juga di gerobak Honda.
sekalian ganti link stabil.

DC,

- Lower Arm Bensco Made in Thai: 1.230.000 kiri kanan
- Link Stabil 555 Made in Japan: 440.000 kiri kanan
- Ongkir ke Bdg: 198k - diskon voucher 100k
Beli di F*tz Ist*naparts @Tokotok

Image


Kualitas,

1. Lower Arm Assy: Bensco jika dibanding dgn Ori Honda,
- Bushing besar dan kecil mirip Ori
- Bushing Ball-joint karetnya beda dgn Ori
- Mur untuk Bushing ball-joint beda (bawaan bensco lebih kecil, akhirnya pakai bekas Ori Honda bisa fit-in)
- Split Pin lock untuk Baut Ball Joint-nya juga beda (bawaan bensco lebih kecil, dan harus pakai bawaan bensco)
- Material arm assy, mirip2 Ori dari bobotnya

2. Link Stabil: 555 pasaran lah dan bentuknya plek Link Stabil ori Honda


Yg lama, jebol di <70rb Km, muncul suara gluduk gluduk parahh dr kolong

Image


Yg Baruu

Image
Image
Image


Hasilnya: Jd firm, gluduk2 lenyap, dan gak geol2 lagi klo habis belok atau nikung :big_biglaugh:

Semoga awet, karena Insya Allah, tahun ini mobil akan dilepas dan dijual ke Adek Ipar :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Forum spare parts part II

Post by saturday »

Suryaputra wrote: Mon Mar 25, 2024 3:37 - Lower Arm Bensco Made in Thai: 1.230.000 kiri kanan

Bang Jambang
Jambangan wrote:
Lower arm Bensco tuh bang 🤣🤣🤣🤣🤣
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1135
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Forum spare parts part II

Post by t105erd »

Suryaputra wrote: Mon Mar 25, 2024 3:37 Akhirnya di 70rb km, ganti lower arm assy juga di gerobak Honda.
sekalian ganti link stabil.

DC,

- Lower Arm Bensco Made in Thai: 1.230.000 kiri kanan
- Link Stabil 555 Made in Japan: 440.000 kiri kanan
- Ongkir ke Bdg: 198k - diskon voucher 100k
Beli di F*tz Ist*naparts @Tokotok

Image


Kualitas,

1. Lower Arm Assy: Bensco jika dibanding dgn Ori Honda,
- Bushing besar dan kecil mirip Ori
- Bushing Ball-joint karetnya beda dgn Ori
- Mur untuk Bushing ball-joint beda (bawaan bensco lebih kecil, akhirnya pakai bekas Ori Honda bisa fit-in)
- Split Pin lock untuk Baut Ball Joint-nya juga beda (bawaan bensco lebih kecil, dan harus pakai bawaan bensco)
- Material arm assy, mirip2 Ori dari bobotnya

2. Link Stabil: 555 pasaran lah dan bentuknya plek Link Stabil ori Honda


Yg lama, jebol di <70rb Km, muncul suara gluduk gluduk parahh dr kolong

Image


Yg Baruu

Image
Image
Image


Hasilnya: Jd firm, gluduk2 lenyap, dan gak geol2 lagi klo habis belok atau nikung :big_biglaugh:

Semoga awet, karena Insya Allah, tahun ini mobil akan dilepas dan dijual ke Adek Ipar :mky_03:
Arm saya yang kanan juga udah rusak karet bushing nya bagusan diganti bushingnya aja apa satu set yah?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9682
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Forum spare parts part II

Post by Suryaputra »

t105erd wrote: Thu Mar 28, 2024 3:23
Arm saya yang kanan juga udah rusak karet bushing nya bagusan diganti bushingnya aja apa satu set yah?
Casenya mirip saya.

Yg kanan udh kena duluan retak, dann 10 bulan kemudian, nyusul yg kiri rusak, bareng sm bunyi orkestra glotok glotok beradu besi :mky_03:

Jd untung aja sy yakin awalnya, gak lama ini dua2nya bakal kaput krn getas dan pemakaian.
Jd sekalian aja kiri kanan.

Klo bushing only atau satu set dgn arm?, balik lagi ini preferensi masing2 yaa,
- seberapa yakin bisa nyopot dan masang dgn cara dipress scr presisi?
- apakah bisa dipastikan bushing tsb ori dan kualitasnya mendekati / setara ori pabrik?
- ongkos pasang lower arm dan link stabil ki-ka di Beres Honda Sonic cuma 550rb (include tax)

Jd bbrp faktor itu yg sy pribadi beli assy satu set.

Tp ada jg yg prefer beli bushing aja, dan yg pasti gak semua bengkel ada alat press buat copot pasang.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
BronanTheBrobarian
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Nov 05, 2023 8:10
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 Mazda 2

Re: Forum spare parts part II

Post by BronanTheBrobarian »

Izin tanya, fuel pump yang rekomen buat Mazda 2 Non Sky apa ya? Dulu ganti merk g jelas krn udh bocor, alhasil nyetir kyk pedagang kue putu, bunyi nguuuuung.

jadi sekarang mau ganti karena pelampungnya mulai ngaco, bensin penuh tp indikator setengah, untung remaining KMnya bener.
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1135
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Forum spare parts part II

Post by t105erd »

BronanTheBrobarian wrote: Tue Apr 02, 2024 6:18 Izin tanya, fuel pump yang rekomen buat Mazda 2 Non Sky apa ya? Dulu ganti merk g jelas krn udh bocor, alhasil nyetir kyk pedagang kue putu, bunyi nguuuuung.

jadi sekarang mau ganti karena pelampungnya mulai ngaco, bensin penuh tp indikator setengah, untung remaining KMnya bener.
weh berarti kemarin ganti 1 set? bukan cuma pompanya doang yah? coba om masih nyimpen rumah pompa originalnya ga? ganti pake yg lama dulu. kalo ga ada yaa ganti 1 set lagi. Kalo fuel pump assy Mazda 2 originalnya berapa? saya liat ada 2 merk aftermarket tuh buat fuel pump assy, merk dopson sama stecker harga sekitar 1.3jt. Kalo kualitas belum tau saya :big_peace:
Opeakkk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Fri Apr 14, 2023 17:17
Location: Bandung
Daily Vehicle: Grand Livina

Re: Forum spare parts part II

Post by Opeakkk »

Mbah mau tanya kampas rem alternatif selain ori yg oke apa ya ? Berikut minyak rem DOT3 yg oke apa ya ? Sy pake livina L10, kampas ori 750an, yang murah keluaran nissan key value 400 ribu, pernah pake yg key value malah ga awet ke disc brake.