Mitsubishi siapkan SUV Pesaing HR-V dan Creta

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Mitsubishi siapkan SUV Pesaing HR-V dan Creta

Post by KSG88 »

Kalo kelas segitu rata2 pabrikan uda salam satu mesin. Toh mau dibuat kenceng misal naik cc atau tambah turbo harga nambah jauh, mau di tweak kenceng 1.5 tp nanti susah oktan 90. Yg ada aja dipakai yg jelas uda proven battle sekian tahun di indo.

Kalo kelas mass market low mpv suv memang lebih ke arah nyari fitur, kelegaan, kenyamanan dan tetep economis.
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Mitsubishi siapkan SUV Pesaing HR-V dan Creta

Post by Michaelktp »

KSG88 wrote: Sat Aug 19, 2023 17:13 Kalo kelas segitu rata2 pabrikan uda salam satu mesin. Toh mau dibuat kenceng misal naik cc atau tambah turbo harga nambah jauh, mau di tweak kenceng 1.5 tp nanti susah oktan 90. Yg ada aja dipakai yg jelas uda proven battle sekian tahun di indo.

Kalo kelas mass market low mpv suv memang lebih ke arah nyari fitur, kelegaan, kenyamanan dan tetep economis.
Absoletely right, Boss
Nanti XFC dikasih Mitsubishi 4B10 pada mengeluh boros, kemahalan bisa jadi masih underpowered. Lha memang mesin Mitsucars zaman now jelas jangan dibandingkan dengan Mitsucars era 1990 an "Born To Run" by Ralliart. Jelas beda bagai bumi dan langit secara sekarang masuk masa green environment tagline Mitsucars juga jadi "Drive@earth" hahaha
Mitsubishi 4A91 memang awalnya untuk city car Colt semestinya agak berat jika mengusung body segede Xpander dan XFC apalagi ada setting ulang untuk power 4A91 Xpander menjadi hanya 103 hp padahal aslinya bisa 109 hp di Colt tahun 2003. Juga bisa dilihat engine bay Xpander dan XFC yang terlihat lowong banget karena hanya diinstal Mitsubishi 4A91.
Pengembangan selanjutnya 4A91 menjadi 4B40 sebenarnya sangat bagus jika nanti bisa ada trim Mitsubishi XForce SEi (Special Edition). Dengan target pasar kepada konsumen yang demen power weight to ratio yang sesuai termasuk saya hehehe.
Mitsu 4B40 juga bisa diinstalkan pada Next Gen Xpander 2024 jika ada ceruk pasarnya juga walaupun memang itu kemungkinan kecil sih.
Mitsu XFC juga belajar dari kegagalan Mitsubishi OS 2.0L saat PT. KTB launching tahun 2012. Sales Mitsu OS yang awalnya lumayan tapi langsung drop parah begitu PT. HPM launching HRV displacement 1.5 dan 1.8L tahun 2014. Mitsucars baru bisa eksis lagi di Indo DM pada saat PT. MMKSI dan Plant CKD Cikarang mulai beroperasi dengan CKD Xpander tahun 2017. Tak menunggu lama penjualan Mobilio dan BR-V hancur lebur bahkan berakibat Mr JF lengser digantikan Japanese. Volume maker PT. HPM jadi bertopang pada Honda Brio. Ngenes
Entry level LMPV dan LSUV 5 & 7 seater 1.5L memang backbone dan volume maker APM Jepangan saat ini di Indo DM dan yang diperlukan oleh mayoritas konsumen Indo DM saat ini.
GC tinggi juga faktor penting bagi mayoritas konsumen di segmen ini. Karena tidak ada mobil GC ceper bisa laku di Indo DM sejak berakhirnya era sedan. Bisa dilihat pada nasib Honda Stream, Mobilio, Nissan GL dan Chevy Spin.
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Re: Mitsubishi siapkan SUV Pesaing HR-V dan Creta

Post by Takumi »

Ya soal xforce , sebelumnya ai termasuk salah satu fan boy nya MMC (mitsubishi motors corp) , dari 93' ane pake Lancer, mitsu kuda, galant , grandis , os , sampe sekarang xpander - PS, evo ori 3-4-8-X pernah brp kali nyoba ( bukan punya loh ya ).

Kali ini kemaren dapet kesempatan review test Xforce , overall setelah brp 2 hari test untuk mobil ini, menurut gw masih Berat bersaing di segmentnya dengan harga 400jtan , dan berasa emang MMKSI cukup buru2 ngeluarin ni mobil. secara ane udah ngetest review mobil sekelasnya kyk creta, Hrv , dan Yaris cross. jadi punya benchmark yang cukup lah.
dan menurut gw sebenernya ni mobil lebih cocok ke enthusias sih, dari segi kenyamanan nya masih termasuk kelas di pesaingnya , tenaga yah sama persis sama xpander , posisi duduk sih ok , khas mitsu banged yg cukup driving posistion yg cukup tinggi khas sehingga pandangan cukup luas ,
Sisanya fitur kyk driving mode dan ayc dll masih sekedar "beberapa gimmick " terutama headunit display nya yg rada sedikit lemot , material plastik stir yg cukup harus di perhatikan lagi ..

Saran kalo emang ngebet beli ini mobil sih sebaiknya sabar untuk menunggu Gen2 nya minimal , pasti banyak perbaikan dari versi "beta " ini sama major facelift yg biasanya bakal lebih keren
dan mobil ini lebih cocok mobil ini berada di harga 320+an seharusnya , cuma ini pendapat personal ya .. ,

Yah hal ini wajar krn keadaan ekonomi dunia saat ini , dan persaingan cukup bikin berat terutama ngelawan raksasa 2 brand yg punya image lebih dan berkuasa , mana lagi MMC cuman anak tiri dari Mitsubishi Heavy industry yg sahamnya kemaren di beli sama nissan -renault ,

dan nissan pun lagi collapse krn salah satunya kasus Ghozen yg cukup bikin impact jeblok penjualan di luar. ditambah lagi kena gempur2an mobil mobil china yg murah .

anyway kita tunggu aja nanti ver faceliftnya yah lebih menarik dengan selisih harga yg ga beda deh semoga*

just my cent*