Grand Livina Gak Kuat Nanjak ????

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

WTF
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Fri Sep 14, 2007 11:48

Post by WTF »

gunawan98 wrote:ok.. ini review gw mengenai tanjakan..

Tadi gw ngikut hash di daerah Trawas (Taman Pinus). Kondisi sbb: Penumpang, 3 dewasa (badan sedang), dan 3 anak kecil. BBM menggunakan premium biasa. Saya pake Livina 1.5 XV MANUAL.

Saat di tol, saya sempat pacu sampe 140km/h. Kondisi saat kecepatan itu, gigi 5, rpm 3950. Saya tidak berani lagi lebih tinggi lagi kecepatannya, karena masa inreyen dan juga emang ga demen ngebut. Kesan saya, livina ini jalannya kenceng banget. Ringan walau pake premium. Pada kecepatan segitu masih belum terdengar ngelitik (atau tidak terdengar?). Entah bisa digeber sampe berapa lagi, saya lihat masih ada ruang u/ naik lagi.

Di trawas, ada banyak tikungan model-2 corkscrew (menanjak sambil berbelok) gitu, kira-kira sudut kemiringan > 45 derajat, dengan jarak tempuh pendek, sekitar 200 meter an. Pada saat itu saya menggunakan gigi satu saat stop sesaat (karena ada mobil didepan lambat), kemudian narik lagi. Pada lain kesempatan, saat saya menyalip, terkadang gigi 2 gak kuat pada sudut tanjakan 45 derajat tadi, sehingga perlu pindah gigi 1.

Kesimpulan saya, TIDAK ADA MASALAH mengenai kemampuan menanjak. Saya pernah ke jalan yang sama menggunakan Taruna, juga harus pake gigi 1 karena curam. Kemampuan menyalip di tanjakan, sama sekali tidak berbeda dengan Taruna saya (yang dulu).

So far so good. I am happy with my LIVINA. Tidak ada masalah yang berarti (kecuali dimensi yang kecil) pada livina saya.

Sekarang keraguan saya tinggal:
1. Efek menggunakan premium u/ jangka panjang?
2. Ketahanan mesin?

Nah ini baru bisa ketahuan kalo sudah agak lama.. u/ sementara wah.. saya happy deh...
Good review .. base on personal experience.
Trus yg kemarin info ga bisa nanjak dan akhirnya smp rame itu.. kesimpulannya apa yah? .. drivernya atau mesinnya? .. wakaakaka.. lucu kalo dibaca2 sampai adu congor gitu :D, maka dr itu sebaiknya kita sudah test dulu baru omong jadi ga sesumbar , .. IMHO.

Om Gun, mesin HR15DE dan MR18DE ini adalah mesin Global, yg digunakan bukan hanya di GL dan dipakai bukan cuma di Indo saja, gw pribadi yakin kualitas mesin yg memang sudah digunakan dan teruji u/ Global market.
Diluar pemikiran soal "mesin global market", sudah pasti Nissan tidak bodoh dan berani main2 api, mereka invest cukup banyak dan jadikan Indo sbg salah satu base produksi GL u/ stir kanan.
GL ditujukan sbg produk inti Nissan di Indo, ga mungkin mereka asal, memangya Nissan hanya ingin 3-4 thn di Indo?

Soal Premium, yg gw tau "selama tidak knocking yg simultan berkepanjangan secara terus menerus menahun, maka tidak akan merusak mesin"
Kalo dibaca dari postingan bro Maxx.. soal knocking sensor GL di topic sebelah .. bila memang benar spt demikian cara kerja Knocking Sensor GL ... ya pasti akan aman2 saja pakai premium selama knocking sensor + ECU ga rusak/error dan kualitas premium yg bagus (bukan oplosan).

Tp kalo knocking terjadi baik krn Part failure (knocking sensor & ECU) maupun kualitas Premium jelek, bila ada suara knocking terus menerus pasti terdengar dg jelas dan juga performa mesin pasti drop saat terjadi knocking, nah dalam kondisi demikian bawa boil segera ke BERES u/ di cek, tp saat jalan jangan paksakan kerja mesin u/ minmalisir knocking.

Perlu diingat saja, pakai pertamax yg sesuai RON dianjurkan dalam buku manual seharusnya lebih irit dari pada pakai premium
Saat pakai premium selain torsi dan power loss, campuran BB dalam ruang bakar juga ada yg loss terbuang meskipun tidak banyak, tp kalo diakumulasi lumayan jumlahnya.
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

Mixer wrote:thx God!..gw lega setelah bro gunawan review krn gw jg lg inden GL 1.5 LV tp minta Jan'08 deliverynya. :)
Berdasarkan experience saya... MANUAL tidak ada masalah. Saya pikir yang selalu jadi problem/perdebatan selama ini di kelas GL 1.5L adalah yang matic. CMIIW. Yang matic disini setahu saya adalah pak John dan pak Ichsan. Pak John sudah review mengenai tanjakan u/matic. Yang lain?
User avatar
gubraks
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36

Post by gubraks »

WTF wrote: FWD dan RWD .. menurut gw sih lebih condong ke under-steer dan over-steer saat berpacu di tikungan, bukan pengaruh bisa dapat Torque lebih baik.
Setojo... cuma untuk RWD pas nanjak traksinya lebih baik dibandingkan dengan FWD karena menurut "fisika bego2an" pas nanjak titik berat bergeser ke belakang...CMIIW..
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

WTF wrote: Om Gun, mesin HR15DE dan MR18DE ini adalah mesin Global, yg digunakan bukan hanya di GL dan dipakai bukan cuma di Indo saja, gw pribadi yakin kualitas mesin yg memang sudah digunakan dan teruji u/ Global market.
Diluar pemikiran soal "mesin global market", sudah pasti Nissan tidak bodoh dan berani main2 api, mereka invest cukup banyak dan jadikan Indo sbg salah satu base produksi GL u/ stir kanan.
GL ditujukan sbg produk inti Nissan di Indo, ga mungkin mereka asal, memangya Nissan hanya ingin 3-4 thn di Indo?
semoga aja pak WTF.. saya sih tipe orang yang ga percayaan. secara logika sih bener, nissan ga mau gambling. Tapi realitanya saya tunggu deh. Maklum mobil keluaran pertama sih, belom ada review jelas mengenai kehandalan.

BTW saya lihat di sheet maintenance setiap 10K km yah (kecuali 1000 pertama). Ini nilai plus nih. Taruna (eks) saya aja tiap 5Km. Entah yah kalo di antara 10KM tadi mesin sudah tidak enak, jadi walau anjuran 10KM, bisa jadi tiap 5KM perlu ditune up. Who knows?
WTF
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Fri Sep 14, 2007 11:48

Post by WTF »

gunawan98 wrote:
WTF wrote: Om Gun, mesin HR15DE dan MR18DE ini adalah mesin Global, yg digunakan bukan hanya di GL dan dipakai bukan cuma di Indo saja, gw pribadi yakin kualitas mesin yg memang sudah digunakan dan teruji u/ Global market.
Diluar pemikiran soal "mesin global market", sudah pasti Nissan tidak bodoh dan berani main2 api, mereka invest cukup banyak dan jadikan Indo sbg salah satu base produksi GL u/ stir kanan.
GL ditujukan sbg produk inti Nissan di Indo, ga mungkin mereka asal, memangya Nissan hanya ingin 3-4 thn di Indo?
semoga aja pak WTF.. saya sih tipe orang yang ga percayaan. secara logika sih bener, nissan ga mau gambling. Tapi realitanya saya tunggu deh. Maklum mobil keluaran pertama sih, belom ada review jelas mengenai kehandalan.

BTW saya lihat di sheet maintenance setiap 10K km yah (kecuali 1000 pertama). Ini nilai plus nih. Taruna (eks) saya aja tiap 5Km. Entah yah kalo di antara 10KM tadi mesin sudah tidak enak, jadi walau anjuran 10KM, bisa jadi tiap 5KM perlu ditune up. Who knows?
Saya sih ga ambil pusing pak Gun, manual service 10rb.. ya ikuti saja ... tp bilamana nanti dirasakan 5rb udah ga enak.. ya ganti oli aja.. tp kalo masih enak.. hajar terus bleh :P .. tp dengar2 diatas 5000KM perlu siap2 tambah oli ya? katanya ada penguapan krn panas mesin.. bener kan?.. sudah ada yg cek setelah 5000KM belum nih?
User avatar
gubraks
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36

Post by gubraks »

WTF wrote: Good review .. base on personal experience.
Trus yg kemarin info ga bisa nanjak dan akhirnya smp rame itu.. kesimpulannya apa yah? .. drivernya atau mesinnya? .. wakaakaka.. lucu kalo dibaca2 sampai adu congor gitu :D, maka dr itu sebaiknya kita sudah test dulu baru omong jadi ga sesumbar , .. IMHO.
Hehehe... simpulin aja sendiri... alami aja sendiri baru simpulkan...
Dibandingin mobil korea 2000cc AT gw sebelumnya, kalau di tanjakan Cipularang gw lebih PD pake GL 1.8AT. Eh... disini diinfoin gak kuat nanjak? mo komen apa?... ya sharing aja lah
Kl pake mobil sebelumnya di tanjakan Cipularang kick down sampe 4000-4500 tapi tetap aja kerasa sluggishnya... JKT-BDG via Cipularang pake GL1.8AT gw malah lebih suka nyalip ditanjakan daripada jalan lurus... kalo nyalip di jalan lurus kan speedy... inget2 bawa keluarga... kalo' ditanjakan kan gak usah speedy cukup 120-130 kerasa banget there's power... sudah mampu ngelewatin banyak (yg nyolot kl di jalan lurus) ... try it hehehe...
Kl nanjak stop & go gw belum coba & belum nemu ... mungkin tanjakan dan turunan di jalan dari sentul ke gunung geulis representative nggak ya...? kan banyak tanjakan yg cukup curam dan berbelok2...
yg udah gw coba di tanjakan parkir aja hehe, stop & go + kickdown .... gw pikir nih GL1.8AT bisa loncat nih... hehe... so far no problem on climbing...
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Risol1 wrote:
naldo wrote:Ya kalau di tanjakan lemot si pas berhenti ya sudah pasti, apalagi torsi mobilnya kecil. Kadang2 pabrikan juga harus ngitung gear rationya karena kalau torsi kecil badan agak berat, harus pendek2 aja ratio mobilnya. Seharusnya gak ada alesan mobil baru jadi parts baru trus nanjak melorot, itu si gak bener. ada kesalahan di parts2nya.
Untuk yang bilang hukum fisika, ya memang berlaku hukum fisika, tapi ini tidak ada alesan mobil mpe melorot dunk? Mestinya kan OK2 saja. Ya coba aja tanya ke nissan, sekalian saja samperin ke pabriknya... hehehe
yup, gw setuju nih ^
gw bilang jg apee! mana ada ceritanya mobil baru terus melorot udah dicoba sampe 3 kali.. ehhh.. drivernya yang udah tahunan nyetir yang harus koreksi diri, bukan mobilnya yang harus dikoreksi.. kalo cuman penyesuaian mahh, seminggu nyetir jg udah bisa. apalagi biasa bawa mobil. mau pake hukum fisika kek, ekonomi kek, hukum rimba kek.. orang beli mobil baru yah ekspektasinya layaknya mobil baru lah...
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

gubraks wrote:
WTF wrote: Good review .. base on personal experience.
Trus yg kemarin info ga bisa nanjak dan akhirnya smp rame itu.. kesimpulannya apa yah? .. drivernya atau mesinnya? .. wakaakaka.. lucu kalo dibaca2 sampai adu congor gitu :D, maka dr itu sebaiknya kita sudah test dulu baru omong jadi ga sesumbar , .. IMHO.
Hehehe... simpulin aja sendiri... alami aja sendiri baru simpulkan...
Dibandingin mobil korea 2000cc AT gw sebelumnya, kalau di tanjakan Cipularang gw lebih PD pake GL 1.8AT. Eh... disini diinfoin gak kuat nanjak? mo komen apa?... ya sharing aja lah
Kl pake mobil sebelumnya di tanjakan Cipularang kick down sampe 4000-4500 tapi tetap aja kerasa sluggishnya... JKT-BDG via Cipularang pake GL1.8AT gw malah lebih suka nyalip ditanjakan daripada jalan lurus... kalo nyalip di jalan lurus kan speedy... inget2 bawa keluarga... kalo' ditanjakan kan gak usah speedy cukup 120-130 kerasa banget there's power... sudah mampu ngelewatin banyak (yg nyolot kl di jalan lurus) ... try it hehehe...
Kl nanjak stop & go gw belum coba & belum nemu ... mungkin tanjakan dan turunan di jalan dari sentul ke gunung geulis representative nggak ya...? kan banyak tanjakan yg cukup curam dan berbelok2...
yg udah gw coba di tanjakan parkir aja hehe, stop & go + kickdown .... gw pikir nih GL1.8AT bisa loncat nih... hehe... so far no problem on climbing...
ehh.. ehhh... tapi kenapa harus pake remap ECU yeee buat bath produksi tertentu? :e-naughty: :e-naughty: coba baca dulu subjeknya ini thread.. emang yang diposting itu bukan pengguna langsung? pikirr donkk pikirrr...!! kiriman baru orang milis yah? BAH@!
WTF
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Fri Sep 14, 2007 11:48

Post by WTF »

Milist apaan yah??
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

WTF wrote:Milist apaan yah??
eh bro, pak gun itu coba sampean tanyain, dia produksi dan delivery bulan berapa? bukannya si.. duh donny apa dion yah lupa gw .. ini udah jelas ditulis didepan, masalah nanjak ini buat produksi kapan?! btw kalo mau nyindir mah yang gentle aja terang2 aja.. tapi liat dulu gw nyolot2an itu buat satu masalah ini doank atau atau gimana? ini elu open fire ke gw namanya.. lihat pm elu deh
WTF
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Fri Sep 14, 2007 11:48

Post by WTF »

Ho hoho.. no offence bro.. sorry to say deh kalo lo tersinggung .. gw sih nyantai aja.. lagi pula itu menurut gw pribadi... gw baca yg rame2 itu seru :D .. tp ga berani comment krn gw blum tau .. makanya sampe gw coba sendiri di villa gw yg nanjaknya lumayan curam.

OK bro... ga perlu diperpanjang lagi .. selesai.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

WTF wrote:Ho hoho.. no offence bro.. sorry to say deh kalo lo tersinggung .. gw sih nyantai aja.. lagi pula itu menurut gw pribadi... gw baca yg rame2 itu seru :D .. tp ga berani comment krn gw blum tau .. makanya sampe gw coba sendiri di villa gw yg nanjaknya lumayan curam.

OK bro... ga perlu diperpanjang lagi .. selesai.
sipp! sorry jg bro kalo gitu
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

WTF wrote:Ho hoho.. no offence bro.. sorry to say deh kalo lo tersinggung .. gw sih nyantai aja.. lagi pula itu menurut gw pribadi... gw baca yg rame2 itu seru :D .. tp ga berani comment krn gw blum tau .. makanya sampe gw coba sendiri di villa gw yg nanjaknya lumayan curam.

OK bro... ga perlu diperpanjang lagi .. selesai.
btw tapi kayanya elu oke jg nih wtf buat masalah mesin.. tahu semalem ada pameran kan di senayan city.. coba deh iseng2 tanyain ke salesnya.. kok banyak yang suka ngeluh livina susah nanjak kenapa yah pak sales? kemaren orang salesnya bilang gini, "ohh emang, di 1.5 banyak masalah tapi di 1.8 ngga (dia tau ni temen gw lagi indent yang 1.8 masalahnya).. ada masalah di gear rationnya tuh pak" .. even gw sendiri malah pikir, kayanya malah di manualnya yang lebih banyak masalah. nah kalo masalahnya bener nih di gear ratio, remap ECU bisa nge solve yah? sorry gw buta beneran kalo masalah ini.. ada yang tau?
WTF
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Fri Sep 14, 2007 11:48

Post by WTF »

ichsan_n wrote:
WTF wrote:Ho hoho.. no offence bro.. sorry to say deh kalo lo tersinggung .. gw sih nyantai aja.. lagi pula itu menurut gw pribadi... gw baca yg rame2 itu seru :D .. tp ga berani comment krn gw blum tau .. makanya sampe gw coba sendiri di villa gw yg nanjaknya lumayan curam.

OK bro... ga perlu diperpanjang lagi .. selesai.
btw tapi kayanya elu oke jg nih wtf buat masalah mesin.. tahu semalem ada pameran kan di senayan city.. coba deh iseng2 tanyain ke salesnya.. kok banyak yang suka ngeluh livina susah nanjak kenapa yah pak sales? kemaren orang salesnya bilang gini, "ohh emang, di 1.5 banyak masalah tapi di 1.8 ngga (dia tau ni temen gw lagi indent yang 1.8 masalahnya).. ada masalah di gear rationnya tuh pak" .. even gw sendiri malah pikir, kayanya malah di manualnya yang lebih banyak masalah. nah kalo masalahnya bener nih di gear ratio, remap ECU bisa nge solve yah? sorry gw buta beneran kalo masalah ini.. ada yang tau?
He he he... gw ga ngerti mesin yg terlalu njelimet.. lo baca postingan gw sebelumnya ... yg gw tau pake enak.. FC aja gw ga itung.. krn yg gw tau berapa duit seminggu buat isi bensin.... bukan dari soal 1:8 ato 1:12 .. tentang knocking.. yg gw tau juga dengar aja suaranya .. kalo ga ada suara ngelitik berarti ga masalah buat mesin.. alias aman2 aja.. .krn kalo ngelitik terus menerus secara continue .. pasti piston bolong.. tp proses menahun sih.. bukan hari ini ngelitik.. minggu depan piston jebol.. kecuali kondisi extreme deh.. dibawa di sirkuit ngelitik terus.. muter 24 jam... ga usah lama2 1minggu juga jebol.. he he he..
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

WTF wrote:
ichsan_n wrote:
WTF wrote:Ho hoho.. no offence bro.. sorry to say deh kalo lo tersinggung .. gw sih nyantai aja.. lagi pula itu menurut gw pribadi... gw baca yg rame2 itu seru :D .. tp ga berani comment krn gw blum tau .. makanya sampe gw coba sendiri di villa gw yg nanjaknya lumayan curam.

OK bro... ga perlu diperpanjang lagi .. selesai.
btw tapi kayanya elu oke jg nih wtf buat masalah mesin.. tahu semalem ada pameran kan di senayan city.. coba deh iseng2 tanyain ke salesnya.. kok banyak yang suka ngeluh livina susah nanjak kenapa yah pak sales? kemaren orang salesnya bilang gini, "ohh emang, di 1.5 banyak masalah tapi di 1.8 ngga (dia tau ni temen gw lagi indent yang 1.8 masalahnya).. ada masalah di gear rationnya tuh pak" .. even gw sendiri malah pikir, kayanya malah di manualnya yang lebih banyak masalah. nah kalo masalahnya bener nih di gear ratio, remap ECU bisa nge solve yah? sorry gw buta beneran kalo masalah ini.. ada yang tau?
He he he... gw ga ngerti mesin yg terlalu njelimet.. lo baca postingan gw sebelumnya ... yg gw tau pake enak.. FC aja gw ga itung.. krn yg gw tau berapa duit seminggu buat isi bensin.... bukan dari soal 1:8 ato 1:12 .. tentang knocking.. yg gw tau juga dengar aja suaranya .. kalo ga ada suara ngelitik berarti ga masalah buat mesin.. alias aman2 aja.. .krn kalo ngelitik terus menerus secara continue .. pasti piston bolong.. tp proses menahun sih.. bukan hari ini ngelitik.. minggu depan piston jebol.. kecuali kondisi extreme deh.. dibawa di sirkuit ngelitik terus.. muter 24 jam... ga usah lama2 1minggu juga jebol.. he he he..
hehehe.. ya sudah.. sebenernya gw nanya tentang masalah tanjakan sih bukan knocking, FC dll.. but secara baru kenal okelahh.. masih suka miss communication.... bisa jadi karena belum deket.. hauauhauhahaha... :lol: :lol:
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

iya wajar pak ichsan.. saya dulu pake civic matic 1.7.. uda ada grade logic control.. tetep aja kl nanjak lemot.. tp kl jalan datar.. sip lah..

livina kan cuman 1.5.. tp pas saya nanjak, no problem at all.. *to be honest* justru saya ngerasa mesin nya livina lebi kuat dikit.. or banyak.. *i just feel it*
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

johnlegend wrote:iya wajar pak ichsan.. saya dulu pake civic matic 1.7.. uda ada grade logic control.. tetep aja kl nanjak lemot.. tp kl jalan datar.. sip lah..

livina kan cuman 1.5.. tp pas saya nanjak, no problem at all.. *to be honest* justru saya ngerasa mesin nya livina lebi kuat dikit.. or banyak.. *i just feel it*
oh kalo lari mah, saya ngga argue deh.. ini yang 1.5 aja udah lebih dari cukup kencengnya. btw pak jhon livinanya delivery yang kapan? kayanya yang punya saya dan pak jhon harusnya sudah diatas agustus yah karena ngga masalah ditanjakan (maksudnya asal jangan dari D) sama dengan pak gun jg.
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

ichsan_n wrote:
johnlegend wrote:iya wajar pak ichsan.. saya dulu pake civic matic 1.7.. uda ada grade logic control.. tetep aja kl nanjak lemot.. tp kl jalan datar.. sip lah..

livina kan cuman 1.5.. tp pas saya nanjak, no problem at all.. *to be honest* justru saya ngerasa mesin nya livina lebi kuat dikit.. or banyak.. *i just feel it*
oh kalo lari mah, saya ngga argue deh.. ini yang 1.5 aja udah lebih dari cukup kencengnya. btw pak jhon livinanya delivery yang kapan? kayanya yang punya saya dan pak jhon harusnya sudah diatas agustus yah karena ngga masalah ditanjakan (maksudnya asal jangan dari D) sama dengan pak gun jg.
gw delivery Agustus 24 nih... ga tahu batch yang mana tuh...
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

gunawan98 wrote:
ichsan_n wrote:
johnlegend wrote:iya wajar pak ichsan.. saya dulu pake civic matic 1.7.. uda ada grade logic control.. tetep aja kl nanjak lemot.. tp kl jalan datar.. sip lah..

livina kan cuman 1.5.. tp pas saya nanjak, no problem at all.. *to be honest* justru saya ngerasa mesin nya livina lebi kuat dikit.. or banyak.. *i just feel it*
oh kalo lari mah, saya ngga argue deh.. ini yang 1.5 aja udah lebih dari cukup kencengnya. btw pak jhon livinanya delivery yang kapan? kayanya yang punya saya dan pak jhon harusnya sudah diatas agustus yah karena ngga masalah ditanjakan (maksudnya asal jangan dari D) sama dengan pak gun jg.
gw delivery Agustus 24 nih... ga tahu batch yang mana tuh...


oh sama kalo gitu kita agustus.. tinggal pak jhon nih yang kapan
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

saya awal2 pak.. sebelum bulan mei abis gitu.. kl ga salah terima tgl 14may 2007.. indent bulan april.. 3hari setelah soft launching..

mobil saya ngga ada keluhan gitu.. btw, emang ada yg perlu diperhatiin yah? *ngga tau apa2 nih -_-*
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

johnlegend wrote:saya awal2 pak.. sebelum bulan mei abis gitu.. kl ga salah terima tgl 14may 2007.. indent bulan april.. 3hari setelah soft launching..

mobil saya ngga ada keluhan gitu.. btw, emang ada yg perlu diperhatiin yah? *ngga tau apa2 nih -_-*
lahh itu postingannya si dion? tapi itu mungkin konteksnya manual kali yah.
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

kedua2nya dilaporkan bro ichsan.
as my first posting above:

case 1 --> 1,8 XV matic
case 2 --> gaknyebutin type tapi kelihatannya M/T
case 3 --> 1,5 XV manual

seingat gue dulu gaktau di autobild/otomotiv pernah difoto GL gakkuat nanjak pas test drive wartawan ke Bromo deh. coba nanti takbuka2 lagi majalah2 tsb, kalo beneran, ntar gue scan.
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

sekedar Refreshing soal NANJAK MENANJAK, ini ada koomentar dari oto.co.id
gue bold point2 yang penting.
-------------------------------


02-April-2007
Nissan Grand Livina Tak Sekadar Hemat BBM

Uji cobanya menyusur jalan berbatu, naik gunung dan diterpa badai

Meski gagal menyeberang ke Pulau Bali, namun MPV terbaru Nissan sudah membuktikan diri sebagai produk berani ‘menantang’ badai dan menggerus jalan yang kurang pas dilalui sebuah MPV dengan ground clearance rendah. Puncaknya terjadi ketika rombongan Grand Livina ini keluar dari padang pasir di kawasan Bromo. Satu-persatu mobil harus dipandu dan bahkan harus ditarik Toyota Hardtop untuk dapat lolos dari tanjakan licin dan berbatu. Kasihan kalau dipaksakan!

Untuk membuktikan keperkasaan produk anyarnya itu PT. Nissan Motor Indonesia yang mengageni mobil Nissan di Indonesia ini membuat terobosan dengan melakukan road test yang mulainya dari Yogyakarta dan berakhir di Legian, Bali. Total jarak perjalanan yang ditempuh dalam 3 hari itu direncanakan sepanjang 885 km.

Untuk perjalanan sepanjang itu, redaksi berhasil mencicipi performa dan handling 5 dari 7 variant Nissan Grand Livina yang rencananya mulai dipasarkan resmi sejak 5 April 2007 ini. Ke lima model itu adalah mesin 1500 cc bertransmisi manual, memsin 1500 cc bertransmisi otomatik dan dua model mesin 1800 cc bertransmisi manual maupun otomatik serta model bermesin 1800 cc dengan klasifikasi paling mewah.

Masing-masing variant ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Untuk perjalanan luar kota, redaksi merekomendasi versi bermesin 1800 cc yang lebih bertenaga. Sementara perjalanan di dalam kota bisa menggunakan variant 1500 cc.

Etape pertama yang dimulai dari Hotel Hyatt Regency Yogyakarta menuju Batu, Malang-Jawa Timur, kami lalui dengan 4 variant Grand Livina. Hingga rest point 1 di Wonogiri, kami menggunakan variant mesin 1500 cc transmisi manual.

Di rute pertama, yang merupakan dataran tinggi, kami harus pintar memilih momentum yang tepat untuk memindahkan gigi. Kalau tidak, maka mesin 1500 cc yang digendong Grand Livina ini seperti kehilangan tenaga. Dan ini kami rasakan ketika masuk daerah Wuryantoro.

Lepas dari Wonogiri, kami berpindah menggunakan Grand Livina mesin 1800 cc transmisi manual. Beberapa jalanan menanjak dari Sidoharjo menuju Purwantoro menjadi tak terlalu berat dengan Grand Livina mesin 1800 cc ini.

Setelah rest point 2 di Tulungagung, rombongan kami yang terdiri dari rekan Bisnis Indonesia, Republika dan OTOCOID kembali memperoleh mesin 1500 cc, namun bertransmisi otomatik. Di rute inilah kami sepakat untuk tidak menganjurkan mesin kecil bertransmisi otomatik digunakan melibas tanjakan.

Dengan diisi 3 orang penumpang plus barang bawaan pribadi masing-masing penumpang ini, Grand Livina 1500 cc bertransmisi otomatik terasa berat untuk beberapa tanjakan tinggi di kawasan pegunungan menjelang kota Kediri, Jawa Timur. Begitu pula ketika memasuki kawasan Batu, Jawa Timur. Untuk lolos dari tanjakan tajam ini, kita harus menyiapkan ancang-ancang yang cukup. Caranya, selalu menjaga kecepatan dan mempertahankan torsi.

Hari kedua perjalanan menjadi sangat berat. Selain rutenya harus banyak mendaki, di etape ini panitia mulai menjalankan game adu irit-iritan bensin. Kami yang kebagian mobil 1500 cc bertransmisi manual harus beradu dengan rekan-rekan wartawan yang menggunakan mobil sejenis.

Sebelum berangkat, kami mencoba memberi tanda daerah-daerah yang membutuhkan tenaga ekstra untuk melaluinya. Beberapa daerah itu antara lain perjalanan dari Batu ke Malang. Kemudian Purwodadi ke Sukapura melalui kawasan Bromo. Selebihnya perjalanan yang bisa dimainkan keiritan bensinnya.

Benar saja. Beberapa trek di antara rute Batu ke Malang, mesin Grand Livina 1500 cc harus dipaksa kerja keras dan tentu saja harus membuang beberapa tetes bensin. Begitu pula ketika masuk ke kawasan Bromo menuju Sukapura. Apalagi, GPS yang dijadikan alat pemandu perjalanan sempat ngaco dalam membaca peta, sehingga rombongan sempat masuk rute jalan yang salah hingga beberapa kilometer.

Sampai di lunch point Probolinggo, ternyata jumlah bensin yang kami gunakan baru mencapai ¼. Angka yang tertera di panel instrument Grand Livina membuat para pesaing mulai menyiapkan strataegi menggoda kami untuk ‘membuang’ bensin dengan meladeni adu cepat.

Syukurlah, hingga perjalanan hari kedua berakhir di Ketapang, kami tidak tergoda dengan rangsangan rekan-rekan wartawan lain untuk lebih mempercepat kendaraan di atas 80 km/jam. Sehingga, nama kelompok kami tercantum sebagai pemegang rekor kendaraan paling irit, yaitu 17,5 km untuk setiap liternya!
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

wah.. 1.8lt dapet 1:17.5?? serius nih? gile..
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

dion wrote:kedua2nya dilaporkan bro ichsan.
as my first posting above:

case 1 --> 1,8 XV matic
case 2 --> gaknyebutin type tapi kelihatannya M/T
case 3 --> 1,5 XV manual

seingat gue dulu gaktau di autobild/otomotiv pernah difoto GL gakkuat nanjak pas test drive wartawan ke Bromo deh. coba nanti takbuka2 lagi majalah2 tsb, kalo beneran, ntar gue scan.
oalah, kasusnya di lautan pasir bromo toh...:D:D:D ya pantes kalo itu.

Kalo soal tanjakan naik ke gunung penanjakan, gw YAKIN 1.5XV Manual gw sanggup. Karena tanjakan kesana mirip-mirip ama Trawas. Yang curam itu dari Penanjakan turun ke Lautan pasir, itu ada jalan yang sangat curam dan berliku. Orang sana selalu pake 4 wheel drive macam hardtop. Di lautan pasir, mungkin perlu 4 whell drive yang ada fasilitas pengunci putaran roda (saya ga tahu istilahnya deh), karena bisa terbenam di pasir. Saya pribadi belum pernah mencoba yang penanjakan-lautan pasir, jadi tidak bisa tahu. Tapi kalo dari pasuruan ke penanjakan saya pernah pake Mits Lancer, dan Taruna, sama-sama tidak ada problem.

Yang Penanjakan-lautan pasir, orang sana (persewaan jip) selalu bilang tidak bisa, entah alasan bisnis (menakuti supaya kita nyewa jip mereka?). Kalo itu saya no comment, karena tidak tahu. Dan mungkin juga ga kuat ya..., itu cocoknya mah SUV yang garang tuh, bukan Livina yang mobil keluarga.. IMHO.