Review kia sportage II

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: 04 Mar 2004, 13:47

Review kia sportage II

Post by pinoh_boy »

Sportage II hadir di tengah ketatnya persaingan pasar kelas SUV 4X2. Mampukah SUV terlaris asal Korea ini bersaing melawan kompetitor-kompetitornya yang asal Jepang?

New Spirit And Style

Setelah cukup sukses meluncurkan Picanto pada 2004, mengawali 2005 ini PT KIA Mobil Indonesia (KMI) kembali menghadirkan varian terbarunya, Sportage II. Nama Sportage memang bukan barang baru di pasar mobil nasional. KMI pernah memasarkannya pada akhir ‘90. Memang kala itu keberadaannya belum mampu berbicara banyak, dengan penggerak 4X4 kebanyakan dari unit terjual untuk kebutuhan pertambangan saja.

Sportage II dihadirkan KMI atas dasar makin berkembangnya pasar SUV, khususnya berpenggerak 4X2 pada tahun lalu. Menurut data Gaikindo sebanyak 48.422 unit penjualan pada periode Januari – November 2004. Fenomena ini muncul utamanya disebabkan faktor keinginan konsumen akan sebuah SUV dengan tampilan sport, kokoh, tangguh di segala medan, namun memiliki orientasi on road dengan kenyamanan dan keselamatan layaknya sedan. “Saat ini konsumen semakin sadar akan kebutuhan yang harus dipenuhi dari sebuah kendaraan untuk segala kebutuhan. Untuk itu kami menghadirkan Sportage dengan keunggulan kenyamanan layaknya sedan, harga kompetitif, serta dilengkapi transmisi shifttronic yang menjadi pelopor di kelasnya,” ujar Suwanda Setiadi Sales & Marketing Director.

Menerobos masuk dengan target 200 s/d 250 unit per bulan merupakan tantangan tersendiri bagi KMI. Mengingat Sportage II akan berhadapan langsung dengan kompetitor-kompetitor asal Jepang seperti Honda CR-V, Nisan X-Trail, dan Suzuki Escudo. Tak lupa Ford Escape pun patut diperhitungkan sebagai lawan yang tangguh. Brand image, adalah sebuah tembok kokoh yang harus dirubuhkan KIA. Terlebih, mengingat kepopularan para kompetitor tersebut di Tanah Air, dan seperti kita ketahui produk otomotif asal Korea memang belum mapan di mata konsumen. KIA memulai persaingan dengan awalan klasik, yakni menarik konsumen melalui tawaran harga yang menarik dimana memiliki range harga yang terbilang di bawah para kompetitor. Harga untuk varian bertransmisi manual Sportage II Rp184 juta, dan Rp 203 juta untuk yang bertransmisi otomatis.

Eksterior dan Interior
Disain eksterior Sportage II memiliki perpaduan dua gaya, yakni agresif atau sporti ala Amerika dan elegan ala Eropa. Kesan agresif tampak pada tampilan bonnet, dengan tarikan tegas pada setiap lekuk bagiannya. Misal model bemper besar hingga ke atas yang tersambung dengan gril, juga disain head lamp besar yang berkombinasi dengan fog lamp pada bemper. Beralih ke buritan, sepintas disainnya mirip Volvo XC 90. Modelnya tampak kokoh dan elegan, tarikan garis minimalis dengan aksen lekukan yang tegas. Selain urusan disain, eksterior juga dilengkapi sisi penunjang keamanan, yakni dengan menanamkan side impact beam di balik bodi. Tak lupa, 5 pilihan warna yang ditawarkan untuk Sportage II, yakni Volcanic Red, Smart Blue, Cherry Black, Grayish Silver, dan Satin Silver.

Disain interior keseluruhan tampak memiliki konsep kenyamanan maksimal bagi seluruh penumpang. Kenyamanan salah satunya datang dari lapangnya ruang kabin. Seluruh penumpang dijamin dapat memposisikan jok sesuai selera dan kebutuhan masing-masing. Konfigurasi jok pun dapat diatur secara fleksibel. Jok baris kedua dan penumpang depan dapat dilipat rata, sehingga memungkinkan untuk diisi berbagai macam barang. Di samping itu, terdapat tempat penyimpanan pada konsol boks tengah yang juga berfungsi sebagai armrest dan sebuah kotak yang terdapat tepat di bawah jok depan. Secara umum tidak terdapat fitur-fitur unik, siapa pun pasti dapat langsung akrab mengoperasikan. Sedikit yang menjadi catatan mobilmotor, adalah material yang digunakan pada interior, khususnya dasbor. Kesan yang ditampilkan tampak “cheapy,” disebabkan oleh finishing yang tampak kurang halus.

Mesin dan Pengendaraan
Sumber tenaga Sportage II berasal dari mesin DOHC 4 silinder berkapasitas 2.000 cc. Mesin ini dilengkapi teknologi CVVT (continuous variable valve timing), yaitu teknologi buka tutup katup sesuai kebutuhan yang menghasilkan efisiensi kerja mesin. Secara umum mesin bertenaga maksimal 142 tk pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 184,5 Nm pada 4.500 rpm memiliki performa yang cocok untuk karakter pengendaraan dalam dan luar kota. Pada transmisi matis, tenaga pada putaran bawah memang tidak terlalu baik, namun peran shiftronic sangat membantu untuk mendongkrak akselerasinya. Tidak hanya itu, pada akselerasi panjang selain membantu mendongkrak akselerasi, shiftronic juga sangat bermanfaat dalam melakukan engine break. Saat menguji varian bertransmisi matis di jalan bebas hambatan, angka spidometer mampu menembus angka 195 m/jam.

Nilai plus yang mobilmotor berikan untuk Sportage II, adalah sisi kenyamanan berkendara. Bantingan suspensi berkarakter medium sangat baik terasa pada berbagai kondisi jalan. Contohnya, saat berakselerasi dengan kecepatan tinggi, Sportage II memiliki kestabilan yang tergolong baik untuk kelas SUV. Mobil dapat dengan mudah dikendalikan, seperti saat mobilmotor melakukan cornering atau berpindah jalur pada kecepatan tinggi. Rasa limbung memang sedikit terjadi, namun masih dalam batas wajar. Begitu pula saat melewati jalan keriting, bantingan suspensi sama sekali tidak mengganggu kenyamanan penumpang.

Dengan segala kelebihan yang dimilikinya, Sportage II bukanlah pemain baru yang dapat dianggap enteng. Keberadaannya memang sangat potensial untuk menjadi lawan berat bagi kompetitor di kelasnya. Jadi, bagaimana sepak terjangnya nanti? Sebaiknya, kita serahkan kepada konsumen untuk menentukannya.
(AriE)

Spesifikasi

Mesin
Tipe : I-4 CVVT
Kapasitas (cc) : 1.975
Rasio Kompresi : 10,5 : 1
DiameterXLangkah : 86X93,5
Tenaga (tk/rpm) : 142/6.000 Torsi (Nm/rpm) : 184,5/4.500

DIMENSI
PJG/LBR/TNG (mm) : 4.350/1.800/1.659
Jarak Sumbu Roda (mm) : 2.630
Jarak Pijak dpn/blk (mm) : 1.540
Ground Clearance (mm) : 195

TRANSMISI
Tipe : 5 M/T & 4 A/T

SISTEM GERAK RODA
Tipe : 4x2, gerak roda depan

SUSPENSI
Tipe (dp) : Mc Pherson, Coil Spring, Gas Shock Absorber
(blk) : Dual Link, Coil Spring, Gas Shock Absorber

REM
Tipe : Cakram berventilasi

UKURAN BAN
Ukuran: 215/65 R 16

HARGA
Rp184 juta M/T
Rp203 juta A/T
Attachments
223200521812PM151.jpg
223200521812PM151.jpg (11.19 KiB) Viewed 11442 times
User avatar
gege
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: 12 Dec 2003, 18:20
Location: Seraya Motor dot Com

Post by gege »

sepintas mirip CRV sih..
tapi gemuk2nya niru Santa Fe

ada yg pernah cobain test drive
gimana komentarnya?
.
Aksesoris Mobil Online
http://aksesorismobil.stop.to
YM contact: Honda_Jazz
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: 15 May 2003, 23:12
Location: Indonesia
Contact:

Post by DigitALL »

Kalo menurut gw, dari belakang mirip dgn Volvo XC90 (SUV-nya Volvo).

Kalo mau beli lebih baik beli yang warna hitam atau satu tone. Yang 2 tone keliatannya kurang keren.
Mesin
Tipe : I-4 CVVT
Kapasitas (cc) : 1.975
Rasio Kompresi : 10,5 : 1
DiameterXLangkah : 86X93,5
Tenaga (tk/rpm) : 142/6.000 Torsi (Nm/rpm) : 184,5/4.500
Diliat dari spek mesin, seharusnya cukup tangguh dan bisa lari kenceng.
Blue
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: 25 Aug 2004, 21:47

Post by Blue »

Mobil KIA Sportage II ini modelnya bagus, tehnologinya udah CVVT & Triptonic, harganya lebih murah dari pesaing lainnya...

Tetapi koq kurang laku ya? Apa kurang promosi?
User avatar
Trancesetters
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 02 Aug 2007, 15:26

Post by Trancesetters »

Blue wrote:Mobil KIA Sportage II ini modelnya bagus, tehnologinya udah CVVT & Triptonic, harganya lebih murah dari pesaing lainnya...

Tetapi koq kurang laku ya? Apa kurang promosi?
image dari KIA mungkin?

dan kalo Sportage II itu kompetitor head-to-headnya apa ya? Rush/Terios? (indonesian market lho ya, ga itung IU)

kalo Rush harga Sportage II diatasnya...

kalo New CRV, Sportage II harganya dibawahnya...

Grand Vitara? X-Trail?

Sportage II yg full option (Sportage II Option Plus A/T) 230jt OTR
Image
ongko
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: 09 Nov 2007, 15:30

Post by ongko »

kalo beli second boleh juga tuh, harga tahun 2005 sekitar 150-160 jt an kalo kaga salah,
so better than buying rush or terios.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post