Info untuk chevrolet montera

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: ricz, y_anjasrana, imingwahyudi, madcat015, ChZ, billyd1773dz, amfibi, imsus2c, ZombiEE, Turboman

Pungki
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 17 Jul 2007, 08:19

Info untuk chevrolet montera

Postby Pungki » 17 Jul 2007, 11:02

Sebelumnya ijinkan saya untuk bergabung disini..saat ini dikeluarga saya sedang berminat untuk membeli chevrolet montera antara thn 00 s/d 03..mungkin dari teman-teman bisa memberikan wawasannya seputar mobil ini terutama kelemahan-kelemahannya agar saya bisa hati2 dlm memilih..terima kasih

User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 30 May 2006, 14:02

Postby uch » 17 Jul 2007, 12:35

Welkam Pak Pungki,

Coba bantu2 tips milih blazer. Milih blazer bagus relatif mudah koq, karena panel indikator lumayan lengkap.

Pertama2, duduk di captain seat, nyalakan mesin dan perhatikan panel indikator. Ada tiga indikator yg paling penting.

1. Indikator tekanan oli, ada di pojok kiri bawah. Range dari 0 sampe 500 kpa (maks). Yg dicari adalah : sekitar 5 menit pertama setelah mesin nyala, jarum harus mendekati 500 kpa (maks). Semakin mentok semakin bagus. Tapi RPM harus stabil di 900. Ini beda nya ama sebagian mobil lain. Mobil lain, ada choke otomatis, awal2 mesin nyala, RPM naik diatas 1000, lama2 baru turun lagi. Di blazer, RPM tetap 900 tapi tekanan olie maks di 500 kpa. Setelah 5 menit an, tekanan oli perlahan2 turun ke 250 (tegak lurus arah jam 12), tapi kalo pedal gas ditekan, jarum melejit ke 500 kpa.

2. Indikator tegangan listrik (voltmeter), ada di pojok kanan bawah.
Yg dicari adalah tegangan yg stabil di 14v lewat dikit (jarum tegak lurus jam 12, miring dikit kekanan tapi masih nempel di strip angka 14). Nyalakan semua lampu, audio, AC dll, jarum harus diam tidak bergerak. Hindari mobil yg jarum voltmeternya tidak diam.

3. Indikator temperatur, ada di kanan atas. Blazer yg dicari adalah blazer yg jarum indikator nya naik pelan2 dari 0 ke 102 derajat butuh waktu sekitar 10-15 menit. Kemudian xtra fan nyala, sekitar 2-3 menit jarum harus turun ke 80. Nyalakan AC, dalam kondisi idle jarum harus stabil di 80 (jika AC nyala).

4. Turun dari kabin, dengarkan suara mesin. Suara mesin saat fan mati, harus halus, sehalus mobil sedan 1500 cc. Jgn lupa periksa kekentalan oli. Jangan2 mesin halus karena pake oli gardan di mesin.

No. 1-4 sangat penting dan jadi prioritas.

5. Pindah dan jongkok ke dekat ban belakang kiri. Dengerkan suara fuel pump, hindari mobil yg suara fuel pump nya terdenger seperti lebah. Karena itu ciri fuel pump mau "lewat". Harga memodif dan mengganti motor nya sekitar Rp 800 ribu.

6. Test jalan buat mengetest fungsi Rem ABS dan fungsi Active Safety Belt nya. Apakah bekerja optimal atau nggak.

Selain yg 6 itu, test nya sama aja dgn mobil2 lain. Periksa AC, kaki2, setir, dll.

Kelemahan blazer yg mencolok ada di fuel pump. Kate dukun nya, 90% dari blazer yg mogok di jalan disebabkan fuel pump. Terus AC nya susah dingin, karena evaporator ada diruang mesin. Katenye sih itu buat safety. Tidak ada bagian dari sistem pendinginan yg berada dalam kabin penumpang/dashboard. Ntah bener, ntah alasan doang.. :D

Pungki
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 17 Jul 2007, 08:19

Postby Pungki » 17 Jul 2007, 14:31

Terima kasih Pak atas penjelasannya..bagaimana dengan sistem pendingin mesin? saya pernah dengar dari teman kantor kalo blazer atau montera sering overheating mesinnya, apakah benar? supaya tidak dapat yg seperti itu gimana cara kita memilihnya yah??
Terima kasih.

User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 30 May 2006, 14:02

Postby uch » 17 Jul 2007, 16:29

Ahh.. kalo soal "overheat" itu cuman isu dari orang yg memvonis begitu aja mobil Eropa itu mudah overheat (Padahal blazer mobil dgn body USA, mesin Australia, merek Eropa/Opel). Kalo motor fan, sirkulasi air radiator dan thermostart bekerja baik, Tidak ada masalah dgn sistem pendinginan. Kalo mau di "japanisasi" jg bisa. Nggak keluar duit, cukup pake kabel buat jumper 2 fan.

Cara milih nya seperti no. 3 diatas Pak. Itu dgn asumsi sistem pendingin blazer nya masih standard. Suhu mesin blazer itu naik turun dari 80 ke 102 (arah jam 10 sampe jam 12 lewat dikit). Pastikan naik nya lama, turun nya cepat. Kalo bisa, ngetestnya jgn kondisi idle. Tahan gas di RPM 2500 atau lebih, sambil liat2 wajah nya si penjual. Cemberut apa nggak.. ha...ha..ha..

User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 30 May 2006, 14:02

Postby uch » 17 Jul 2007, 16:35

btw, kayaknya topik ini nggak cocok disini Pak. Tapi Pak Lurah sih yg lebih tau..

Pungki
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 17 Jul 2007, 08:19

Postby Pungki » 17 Jul 2007, 16:44

Baik Pa UCH terima kasih atas informasinya..mudah2an saya bisa dapat yang bagus

User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 30 May 2006, 14:02

Postby uch » 17 Jul 2007, 18:23

Satu lagi gw lupa. Perhatiin apakah body/mesin ada bergeter di kmh tertentu. Konon katenye, Engine mounting original/dari pabrik mudah pecah karena itu mounting buat dudukan mesin vortec 4.3L.

Jgn lupa nyimpan Rp 5 - 7 jt buat biaya "ritual" beli mobil bekas dan buat "lokalisasi" blazer (kalo mo dilokalisasi).

Selamat berburu, semoga sukses.. :D


Return to “Common Topics of Cars or Automotive”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 6 guests