Hallo,
Menjelang datangnya hari Paskah, forum Seraya Motor mengadakan acara Bakti Sosial. Dimohon kiranya rekan2 forum dapat ikut berpartisipasi di dalamnya.
Link : viewtopic.php?f=13&t=22181
Jumlah dana hingga saat ini (30Mar) : 2.287.800
Terima kasih.

Bagaimana cara pindah gigi yg benar?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: ricz, y_anjasrana, imingwahyudi, madcat015, ChZ, billyd1773dz, amfibi, imsus2c, ZombiEE, Turboman

christiantosetiawan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: 10 May 2007, 10:23

Bagaimana cara pindah gigi yg benar?

Postby christiantosetiawan » 05 Jul 2007, 14:16

hi guys, gua mau tanya nih, gimana sih pindah gigi yg benar supaya mobil kita lebih irit BBM. Kalo gua gigi 1 s/d 20km/h, gigi 2 s/d 40 km/h, gigi 3 s/d 60 km/h, gigi 4 s/d 80 atau 90 km/h, langsung pindah gigi 5

User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: 20 Feb 2007, 23:43

Postby r1210g » 05 Jul 2007, 14:39

Ke dokter aja, nanti giginya pasti dipindahin.. wakakaka...

Kalo gw tergantung RPM atau suara mesinnya..
Kalo naik mobil :
Sekitar 3-4 rb kalo mau sedikit aggresive
Kalo mau nyantai 2-3 rb

kalo naik motor (gw punya 2tak)
Sekitar 5rban...

christiantosetiawan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: 10 May 2007, 10:23

Postby christiantosetiawan » 05 Jul 2007, 14:43

kalo dokternya cuma terima bongkar gak terima pasang ogah ah, he..he

User avatar
flexiblebil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 243
Joined: 04 Jul 2007, 13:16

Postby flexiblebil » 05 Jul 2007, 15:54

Menurut saya sih selain pindah gigi di rpm yang tepat, injakan gas mesti diurut halus. Maksudnya injakan pedal gasnya ngikutin naiknya rpm mesin, jangan diinjak dalem2.. Karena begitu kita injak pedal gas dalam2, ECU (untuk mesin bensin) akan ngliat ini sebagai akselerasi & dia akan nyemprotkan bensin banyak2..

Lumayan efektif kok, Kijang saya bisa 1:13-14 (diesel tapinya), padahal dipake macet2an tiap hari di Jakarta hehe..

User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: 09 Feb 2007, 23:19

Postby StRaDe_Jazz » 05 Jul 2007, 18:43

kalo mau hemat akselerasi nya dikurangin bro, bener tuh kata bro flexiblebil, juga dengan posisi pergantian gigi yg lebih lambat, contoh
gear 1 20kph, gear 2 30kph, gear 3 50kph, gear 4 65/70kph, gw kemaren kek ginian bisa lebih hemat 1-2 kilo buat 1 liter bensin
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D

User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: 07 Dec 2004, 05:39

Postby piterr » 05 Jul 2007, 23:11

r1210g wrote:Ke dokter aja, nanti giginya pasti dipindahin.. wakakaka...

Kalo gw tergantung RPM atau suara mesinnya..
Kalo naik mobil :
Sekitar 3-4 rb kalo mau sedikit aggresive
Kalo mau nyantai 2-3 rb

kalo naik motor (gw punya 2tak)
Sekitar 5rban...


berarti kalo super agresive pindah gigi di 6500 sampai 7800 RPM ya boss? hehehe

leadingedge
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: 28 Jun 2007, 17:23

Postby leadingedge » 05 Jul 2007, 23:31

Hi Guys,

Menurut saya ganti gigi yg paling tepat itu pada saat mesin dalam keadaan mencapai torsi maksimum yaitu sekitar 4000 rpm krn pada saat ini mesin telah mencapai moment of inertia tertinggi dan fly wheel akan membantu untuk mendorong body mobil dan perputaran mesin itu sendiri dengan maksimum. Sedangkan utk pemakaian bbm yg optimal yaitu apabila kita cruise dengan menggunakan gigi yg tepat utk mendapatkan rpm antara 2000-4000. Pada saat rpm 2000-4000 biasanya mesin standard yg belum diganti camshaft dan headernya akan memiliki volumetric efficiency yg maksimal sehingga menghasilkan torsi dan moment of inertia yg optimum sehingga kita hanya perlu menginjak pedal gas sedikit untuk mempertahankan kecepatan dan untuk melakukan percepatan. Pada mesin dengan EFI tentunya air mass sensor akan membaca air intake yg sedikit dan memerintahkan ECU utk menyemprotkan bbm seminimal mungkin.

User avatar
flexiblebil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 243
Joined: 04 Jul 2007, 13:16

Postby flexiblebil » 06 Jul 2007, 07:28

wah kalo ganti gigi di 6000-7000 sih bensinnya ngucur hehe.. setau saya nggak ada patokan ganti gigi mesti kecepatan berapa, karena tiap mobil kan punya perbandingan transmisi yang beda2. tapi banyak yang menyarankan ganti gigi di rpm yang torsinya maksimum, seperti dibilang bro leadingedge.

kalau saya sih, kalau gigi berikutnya udah kerasa kuat, ganti gigi aja biar rpm-nya rendah. makanya mobil diesel saya gigi 1 nggak pernah dipake, abis gigi 2 udah kuat :).

User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: 13 Feb 2007, 15:18

Postby mansetha » 06 Jul 2007, 10:17

:roll: ... pindah gigi atau ganti gigi nih, kalo kata dokter gigi mah kudu atu-atu kalo mo ganti gigi, emang sedikit sakit pas di suntik, tapi setelah 10 menit nanti ada rasa kebal dan siap di ganti tuh gigi alias dicabut dulu.. :lol:

Kalo saya sih gigi nggak perlu diganti, dipindah saja dari gigi rendah ke tinggi atau sebaliknya, sesuai dengan RPM mesinnnya, pake felling, kalo suara mesin dan tarikan mesin terasa udah maks atau rendah, pindahi deh gigi-nya, dengan catatan tekan pedal kopling dengan benar. sip dah.... :wink:

User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: 20 Feb 2007, 23:43

Postby r1210g » 06 Jul 2007, 19:55

piterr wrote:
r1210g wrote:Ke dokter aja, nanti giginya pasti dipindahin.. wakakaka...

Kalo gw tergantung RPM atau suara mesinnya..
Kalo naik mobil :
Sekitar 3-4 rb kalo mau sedikit aggresive
Kalo mau nyantai 2-3 rb

kalo naik motor (gw punya 2tak)
Sekitar 5rban...


berarti kalo super agresive pindah gigi di 6500 sampai 7800 RPM ya boss? hehehe


Wakakaka... Ini mah aggresive gila samoe pengen ngancurin mobil sendiri...

User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2128
Joined: 27 Nov 2005, 06:47

Postby avansa » 06 Jul 2007, 20:06

Kalau masalah ganti gigi yang keliru dan bikin nggak hemat bbm..
alternatif yang bagus ganti aja ke mobil matik.
Nggak perlu repot repot ganti gigi dan kuatir salah dan bikin boros bebeem :e-dance:

Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: 05 Dec 2006, 07:46

Postby Cloud » 06 Jul 2007, 22:08

Emang ganti gigi paling tepat pada torsi maksimum, dan torsi maksimum berbeda-beda tiap jenis mesin.makanya harus jeli mencermati spesifikasi mesin, misalnya Toyo Avanza, torsi maksimal 120 NM (12,2 kg-m) / 3.200 Rpm, jadi pindah gigi berada sedikit diatas 3200 rpm, biar pas masuk berada di sekitar 3200 rpm, itu untuk mendapat torsi maksimal. kalo buat irit-iritan, tergantung jalannya. kalau jalan datar, silakan ganti gigi pada rpm serendah-rendahnya asal tidak ngelitik dan pedal gas tidak terasa dalam. Saya pernah, bahkan sering pake Avanza pada 40-50 km/h pake gigi 5, n hasilnya irit bgt tuh, tapi ingat, jangan dipaksa kalo mau berakselerasi, jadi itu hanya berlaku saat jalan datar ato turun, dan jalan dengan kecepatan konstan.

JonesModerate
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 10 Jul 2007, 11:46

Postby JonesModerate » 10 Jul 2007, 16:23

Cloud wrote:Emang ganti gigi paling tepat pada torsi maksimum, dan torsi maksimum berbeda-beda tiap jenis mesin.makanya harus jeli mencermati spesifikasi mesin, misalnya Toyo Avanza, torsi maksimal 120 NM (12,2 kg-m) / 3.200 Rpm, jadi pindah gigi berada sedikit diatas 3200 rpm, biar pas masuk berada di sekitar 3200 rpm, itu untuk mendapat torsi maksimal..


bro cloud, jadi kalo mau boil berakselerasi dengan maksimal, pindahin gigi transmisinya pada saat putaran mesin dengan torsi maksimum ya?
kalo di atas itu, namanya overdrive bukan?

christiantosetiawan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: 10 May 2007, 10:23

Postby christiantosetiawan » 11 Jul 2007, 13:24

guys, saya mau tanya lagi nih, apa benar kalo kita pindah gigi di rpm rendah, bisa bikin mesin jadi manja, boyo, and gak bertenaga?

User avatar
arinme
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: 02 May 2007, 11:35

Postby arinme » 11 Jul 2007, 18:43

^ bisa jadi bos, karena putaran mesin blom optimal tapi diberi beban yang lebih berat (perseneling tinggi = rasio lebih berat), ya akibatnya jadi boyo, bukan manja, tapi emang keberatan


Return to “Common Topics of Cars or Automotive”

Who is online

Users browsing this forum: Baidu [Spider], Google Adsense [Bot], Turboman and 14 guests