Utk bedain yg asli atau nggak jelas susah. Bahkan aspira atau honda genuine juga susah. Bukan apa-apa, soalnya gw punya klien yg usaha distributor spare part motor. Dari mereka barangnya sama, trus dikemas dlm 2 macam kemasan, aspira dan honda genuine, trus dikirim ke aspira dan ahm. Dari situ aja udah ga jelas apa bedanya. Belum lagi yg benar2 abal2....
Penyebab ga awetnya
rantai, bisa juga dari penggantian
rantai itu sendiri. Usahakan ganti sekaligus dgn gearnya. Biarpun gearnya masih tebal, tapi mata gear itu sudah tidak "nge-pas" dgn rantainya. Jadi bila dipasang, gesekan yg dihasilkan sangat tinggi. Ujung2nya ya jelas salah satunya (
rantai atau gear) akan aus duluan. Jadi bukannya ngirit, tapi malah jadi boros.
Kasusnya mirip2 dgn ganti kopling. Jangan ganti kampas komplingnya doank. Beli satu set dgn dekrupnya sekaligus... (ini di mobil, di motor ga tau deh).
Om Sjamsul, kalu mau rantenya awet, motornya jangan dinyalain, alias parkir di rumah aja... Jalan kaki lebih sehatt....
Atau lari ajaa.....
...........