ST20

Suka atau koleksi akan mobil-mobil tahun lama? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
LekSupi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Oct 09, 2008 6:11

Re: ST20

Post by LekSupi »

ediwarsito wrote:Grathul-grathul (halah boso opo to iki...?) saya selalu pingin belajar tetang mesin, karena biar nggak pusing kalau tiba-tiba ada trobel di tengah jalan. Punya mobil 2 tak juga baru kali ini. Awalnya nggak tahu gimana prinsip kerja mesin ini. Tapi pas kruk asnya lepas, nekat tak bukaki dewe. Seumpama nggak tau mbalikinnya, baru deh panggil montir hehehe...ngawur banget ya...?

Belum lama kemaren, mesin truntung saya pincang dan loyo banget. Dua busi basah kuyup, padahal apinya masih gede. Diagnosa saya, ini pasti klep harmonikanya bocor. Sluman-slumun slamet, langsung ambil kunci dan tak pretheli dewe. Akhirnya memang ketemu harmonika-harmonika yang pada bocor itu dengan bantuan lampu.

Setelah dibersihkan dan distel ulang, tak pasang lagi dengan paking buatan sendiri dari kardus pembungkus susu plus sealer, akhirnya mesin bisa berputar lancar. Suaranya jadi garing trung...trung...trung...stasioner pada putaran rendah. Pas dicoba jalan, walah tenagane rosa banget. sampek-sampek roda belakang spin di jalan tanah huehehehe....

Jadi buat teman-teman truntunger yang belum pernah coba mbedah mesin LJ50 si truntung, dicoba saja. Kalau toh nggak bisa mbenerin lagi, toh itu mesin yag dibongkar juga emang sudah rusak. Jadi nggak ada resikonya kan. Kalo udah nyerah, baru panggil montir. Biar hemat gitu loh.....

By the way, mesin LJ50 truntung ini adalah mesin yang sangat sederhana. Dibandingin dengan mesin vespa, masih jauh lebih sederhana dan lebih mudah LJ50. silakan deh mencoba.....

Salam

N.B. Kalo tabungan sudah ngumpul lagi, rencananya si Truntung ini mau saya lengkapi dengan AC biar sejuk. Kompresor AC dan temen-temennya bobok di bagasi belakang dan diputer pake mesin Honda Supercup 800. Doakan ya eksperimen kurang kerjaan ini segera terwujud. Biar cuma truntung seharga 6,5 jeti, berhak juga to buat punya kabin nan sejuk....?
lha rak tenan . . . sudah sy 'bedhek' onthong-2 itu yg jadi punya'e sampeyan, dulu tawarane 6,8 gelo to bapake edi . . . ?
tapi saya salut tenan sama sampeyan le nyoba2 'nguthek'2 itu mesin
:frm_salut: sayane rung wani je . . .
mbesuk kalo sudah [cencored] . . pake ac mesin supercup ditampilke gambare yo bapake edi . . .
wuih. . . bakale siip no, wis ngirit - [cencored] - wangi . . . :e-whistle:
User avatar
nafri
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Tue Sep 23, 2008 13:09
Location: samarinda

Re: ST20

Post by nafri »

Waduh, sukses pak Edi. Selamat atas keberhasilanya.
:off_good_job: :off_good_job: :off_good_job: :off_good_job: :off_good_job: :off_good_job: :off_good_job:

memang mesin 2 tak niku simpel kok pak. tapi perawatane lebih ribet daripada 4 tak. semisal bersih2 cyl head. tapi lek kepingin tarikane lebih maknyus saget dicoba knalpot e dibersihkan. kan mesin 2 tak niku kerak kerak pasti ngumpul ten saluran buang. trus tambahan maleh, kalau kepingin masang AC mending makai mesin portable yang biasa dipake kompresor itu pak yang 120 cc cukup lah. info produknya bisa klik www.indoteknik.com. analisa saya kalau pakai mesin astrea 800 ditakutkan bisa overheat pak mesinnya. kan mesin itu tidak punya kipas pendingin. dan juga original aplikasi mesin tersebut adalah mesin sepeda motor yang ada gearboxnya. jadi berat. blum lagi bapak harus modifikasi untuk tangki bensinnya. waduh ribet pak. tapi ini saran saja lho pak, keputusan tetap di tangan bapak. kalau proyeknya jadi, postingnya jangan lupa. :frm_tumbright: :frm_tumbleft: :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
User avatar
LekSupi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Oct 09, 2008 6:11

Re: ST20

Post by LekSupi »

andy1800 wrote:hehehe...maksdunya ya bukan yg paling irit-rit-rit dong lek....
tp, salah satu dari jajaran roda 4 yg termasuk irit pooolll....mgkin masuk top ten deh... heuheheh

sementara org2 membicarakan dan memaksdukan mobil2 irit jaman sekarnag tu, itu berkutatnya kan tetep cuma pd angka 1:14 an...
sedangkan ST20, 55 wider, honda life, mazda kotak sabun, cs.... angkanya bisa jauh di atas itu..

:off_good:
yo wis lah . . . patokane kudune diatase 1 : 14 . . . sampe 1 : 17 . . ?
tapi jelase tua - tua tangguh lah . . bapake edi . . biso naik turun pegunungan ambarawa . . , ome nafri punya kenangan di perbukitan malang . . . komentare . . .kayak naek rx-king roda 4 jare. . . . .

ada kenangan . . . ato . . . komentar lain . . .? (ben soyo lengkap, tur akeh postinge he . .he. . .)
User avatar
nafri
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Tue Sep 23, 2008 13:09
Location: samarinda

Re: ST20

Post by nafri »

nafri wrote:
Post subject: Re: ST20 Reply with quote
andy1800 wrote:
hehehe...maksdunya ya bukan yg paling irit-rit-rit dong lek....
tp, salah satu dari jajaran roda 4 yg termasuk irit pooolll....mgkin masuk top ten deh... heuheheh

sementara org2 membicarakan dan memaksdukan mobil2 irit jaman sekarnag tu, itu berkutatnya kan tetep cuma pd angka 1:14 an...
sedangkan ST20, 55 wider, honda life, mazda kotak sabun, cs.... angkanya bisa jauh di atas itu..

:off_good:


yo wis lah . . . patokane kudune diatase 1 : 14 . . . sampe 1 : 17 . . ?
tapi jelase tua - tua tangguh lah . . bapake edi . . biso naik turun pegunungan ambarawa . . , ome nafri punya kenangan di perbukitan malang . . . komentare . . .kayak naek rx-king roda 4 jare. . . . .

ada kenangan . . . ato . . . komentar lain . . .? (ben soyo lengkap, tur akeh postinge he . .he. . .)
kenangan ST 20

Dulu mobil ini punya temane bapak. dijual 3,5 juta rph dengan kondisi mengenaskan di surabaya.
tapi mesin masih jos.
rehab plus cat bodi ulang total 2,5 juta.
balik nama plus mutasi L ke N 1 juta an.
dijual lagi laku 9 juta.
beli lagi hijet 55 wide 1982 4 juta.
konsumsi bensin jauh lebih irit.
kondisi sdh lumayan jadi g pernah mbaikin.
5 thn dipakai surat g pernah perpanjang. akhirnya jadi besi tua laku 1,5 juta karna g ada yang ngrawat.
senasib sama minicab L100 punya tetangga.


ya nasib...
User avatar
LekSupi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Oct 09, 2008 6:11

Re: ST20

Post by LekSupi »

Lagu keponakane yang terbaru . . .
Judule: Trungtung Paman

Kemaren paman datang
Pamanku bawa trungtungnya
Unik bentuknya lucu dipandang
Asesorisnya segala rupa
Cerita paman tentang trungtungnya
Hemat dan wangi asepnya . . . :e-snooty:

Padaku paman berjanji
Mengajak naik trungtungnya
Riang hatiku tidak terperi
Terbayang sudah bau wanginya
Menyusur kampung lewati pasar
Semua orang kan senang . . . :e-whistle:

Pamanku tepati janji
Mengajak keliling kota
Heran diriku tidak terkira
Semua orang berpaling muka
Setelah tahu trungtungnya wangi
Semua wajah berseri . . . :e-clap: hi..hi..hi. .
User avatar
nafri
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Tue Sep 23, 2008 13:09
Location: samarinda

Re: ST20

Post by nafri »

baru ini ada mobil yang dibikin lagu. truntung mania..
bakat jadi sastrawan lek supi niki.


kagem lek supi, pundi fotone truntung gadane njenengan.
User avatar
LekSupi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Oct 09, 2008 6:11

Re: ST20

Post by LekSupi »

nafri wrote:baru ini ada mobil yang dibikin lagu. truntung mania..
bakat jadi sastrawan lek supi niki.
kagem lek supi, pundi fotone truntung gadane njenengan.
ayolah ndang nggolek trungtung wis sy bikinke lagune je . . .
sayange sy blum punya fotone je, di hp ada tp blum punya kabele data
foto yg dulu itu S38 cethul yo ? tapi yo koyo gitu koq mobile pakdhene sy, dulu kalo lebaran utk ngirit keponakan2 muter2 sowan ke simbah2
User avatar
nafri
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Tue Sep 23, 2008 13:09
Location: samarinda

Re: ST20

Post by nafri »

Inggih lek, niki tasih ngumpul2 danane....
foto yg dulu itu Daihatsu S38. bapak sempet pernah runya juga. tapi nanjak batu mesinnya nggak kuat...
Lha wong cuma 368cc 2cyl 2tak kok. ya wajar....
User avatar
LekSupi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Oct 09, 2008 6:11

Re: ST20

Post by LekSupi »

nafri wrote:Inggih lek, niki tasih ngumpul2 danane....
foto yg dulu itu Daihatsu S38. bapak sempet pernah runya juga. tapi nanjak batu mesinnya nggak kuat...
Lha wong cuma 368cc 2cyl 2tak kok. ya wajar....
Ue' . . e' . . .e . ., brarti kalo 368 cc meskipun 2tak blum kuat nanjak mbatu yo . . .
Untuk ST20 di bangjo tarikane awal kan enteng jadine nggak diklaksoni, juga nanjak-nanjak yo brani lah . . .
Lha bagemana setahu sampean kalo 550 cc 4 tak kayak minikap L100 itu, enteng ndak tarikan awale di bangjo :e-think: , sama kiro2 kuwat ndak nanjak-nanjak kayak di mbatu itu . .?
User avatar
nafri
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Tue Sep 23, 2008 13:09
Location: samarinda

Re: ST20

Post by nafri »

LekSupi wrote:
nafri wrote:Inggih lek, niki tasih ngumpul2 danane....
foto yg dulu itu Daihatsu S38. bapak sempet pernah runya juga. tapi nanjak batu mesinnya nggak kuat...
Lha wong cuma 368cc 2cyl 2tak kok. ya wajar....
Ue' . . e' . . .e . ., brarti kalo 368 cc meskipun 2tak blum kuat nanjak mbatu yo . . .
Untuk ST20 di bangjo tarikane awal kan enteng jadine nggak diklaksoni, juga nanjak-nanjak yo brani lah . . .
Lha bagemana setahu sampean kalo 550 cc 4 tak kayak minikap L100 itu, enteng ndak tarikan awale di bangjo :e-think: , sama kiro2 kuwat ndak nanjak-nanjak kayak di mbatu itu . .?

nanjak seh kuat lek, tapi berat...
untuk ST 20 lawan mobil sekelasnya masih menang tarikan (akselerasi) nya. mungkn karena typikal mesin 2 taknya.
terus minicab vs hijet 55 wide tarikan awal masih menang minicab. kebetulan dulu bapak punya yang hijet 55 dan tetangga depan rumah punya minicab. soal bensin jangan ditanya iritnya...
kalau nanjak di batu masih kuat kok lek. tapi dengan penumpang max 4 orang (bapak,ibu,adik,aku). dan buktinya sampai sekarang di batu masih banyak dijumpai mobil2 tersebut..
nanti saya upload foto L 100 minicab punya tetangga yang dipakai usaha jual nasi pecel.
masih nunggu e-mail dari adik soalnya posisi saya sekarang ada di samarinda..
btw bangjo itu apa to lek? saya baru dengar sekarang istilah itu...
ediwarsito
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Aug 24, 2008 12:44

Re: ST20

Post by ediwarsito »

Ya sedikit gelo juga lek. Tapi sebelumnya saya nggak pernah punya truntung, jadi belum tahu tipikal mesin 2 tak. Cuma waktu itu saya sudah capek bolak-balik Magelang-Jogja buat nyari minibus kecil (wis mini jik kecil...jan cuilik tenan...heeee) yang sesuai budget sekitar 5 jutaan. Alternatifnya kalo nggak ST20 ya L100. Tapi setiap liat iklan kecik di KR, setelah disurvey ternyata bodinya minta ampun parahnya. Rata-rata udah keropos pol, atau bentuknya kurang pantas disebut mobil huehuehehe...... Prinsip saya memang mesin boleh nggak bagus-bagus amat, tapi bodi jangan sampai ancur. Sebabe, ragat bodi pasti lebih mahal dari mesin.
Nah kebetulan nemu truntung dengan budget yang sesuai dan bodi yang masih mbentuk dan nggak terlalu parah, suspensi juga masih empuk dan per belakang belum ambles. Jadilah akhirnya mobil itu saya boyong.
Btw di TVRI Jogja pernah ada yang nawarin truntung pikap warna putih dengan harga 14 jt. Mahal, tapi ya memang masih kinyis-kinyis. Ibarat cewek seperti Titik Puspa hehehe....sudah sepuh tapi masih cantik. Eh, marah enggak ya Eyang Titik disamain dengan truntung?
Rencana selanjutnya mau ganti seker + ringnya, cuma belum tahu oversizenya udah berapa. Kalo udah pol, ada yang nawarin buring standar & paling hanya oversize 25. Harga dibuka 350 rb, kira-kira saya nawar dari berapa ya? trus kalo pake seker 2nd yang oversize 25 up dan pakai ring baru hasilnya cukup bagus atau tidak ya? (hehe... maklum berupaya menekan anggaran).
Mas Nafri betul... knalpot memang harus dibersihkan. Berarti kendangannya harus dibelah ya?
Soal mesin pemutar kompresor AC, sebelumnya memang kepikiran pakai mesin portable. Tapi kemudian jadi kepikiran pakai mesin motor karena udah dilengkapi dengan elektrik starter. Jadi kalau mau ngidupin nggak usah turun buat narik tali pemutarnya. Kecuali kalau mesin portable bisa dilengkapi dengan elektrik starter. Cuma bagaimana caranya ya? ada yang bisa bantu?
Bangjo itu traffic light Mas. Biasa Wong Jowo suka mempermudah barang yang sulit. Bangjo kata lengkapnya adalah lampu abang ijo (merah dan hijau). Tapi kalau menurut saya, itu belum lengkap. Karena di tengahnya ada lampu yang warnanya kuning. Jadi mestinya Bangningjo hihihi.................

Salam Truntung.....!


NB: Lek Supi, gimana irama lagu truntungnya itu? Sekali-kali direkam lalu diposting. Siapa tahu jadi lagu kebangsaan klun truntung se-nusantara... :frm_tumbright:
User avatar
nafri
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Tue Sep 23, 2008 13:09
Location: samarinda

Re: ST20

Post by nafri »

memang mas, ngragati bodi jauh lebih mahal daripada ngragati mesin.. lha wong ST bapak dulu beli cuma 3,5juta tapi ongkos ngelas, cat, ganti sarung jok dan pintu habisnya 2,5 juta...

ooooo, jadi bangjo itu lampu merah toooo. tas ngerti aku..

Iya mas, kalau bersihin knalpot ya harus bedah mufler (kendangannya) itu.
Iya ya, betul juga mas edi. kalau mesin porteble nggak punya electric starter. tapi dulu saya pernah lihat di ace hardware ada genset 2000W yang sudah dilengkapi electric starter. tapi kenapa kok nggak dipasang langsung ikut putaran mesin saja mas?
saya rasa mesin truntung masih kuat kok untuk memutar kompresor AC! hanya perlu modifikasi penambahan braket (pangkon) untuk pengikat kompresornya.

btw mobil sampeyan pernah masuk web http://www.mobiljogja.com/index.php?pg= ... iew&id=653. ya??
saya cari di google ada mobil sampeyan ini. AB 8832 PE kan?

kalau di comboran malang (pusat onderdil bekas) saya pernah beli 1 set piston dan ringnya ST 20 seharga Rp 40000. masih standar dan mulus tanpa lecet. saya pasang di vespa super 71. tapi itu kira2 5 tahun yang lalu. nggak tau kalau sekarang mas.
atau kalau mau swap engine, saya dulu pernah tanya mesin hijet 1000 lengkap cuma 2 juta. tapi ya itu 5 thn yang lalu.

untuk semua mesin sebetulnya keausan piston (seker) tidak begitu parah kok mas. yang bergesekan kan hanya ring piston dan linernya, sedangkan piston hanya penahan kompresi saja, jadi asalkan piston tidak lecet/baret, masih bisa kok dipakai ulang. hanya celah antara liner (boring) dan piston harus diperhatikan. kalau terlalu longgar ya harus oversize (ganti piston ukuran lebih besar) atau re boring (ganti liner).

saran saya sampeyan cek dulu piston mobil sampeyan sudah oversize berapa!. kalau masih dibawah 0.50 berarti tinggal sampeyan siapkan 3 set piston dan ring ukuran 0.75 / 1.00 terus kolter bloknya.
tapi kalau ternyata sudah lebih dari 1.00. mau nggak mau sampeyan harus ganti boring. dana lebih besar pastinya.
saya perkirakan untuk mobil ini 500 ribu sudah cukup mas untuk ganti piston dan ringnya. onderdil mobil ini murah banget kok.

cekap semanten mawon postingan kula, sampun dalu niki, pareng....
User avatar
LekSupi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Oct 09, 2008 6:11

Re: ST20

Post by LekSupi »

nafri wrote: nanjak seh kuat lek, tapi berat...
untuk ST 20 lawan mobil sekelasnya masih menang tarikan (akselerasi) nya. mungkn karena typikal mesin 2 taknya.
terus minicab vs hijet 55 wide tarikan awal masih menang minicab. kebetulan dulu bapak punya yang hijet 55 dan tetangga depan rumah punya minicab. soal bensin jangan ditanya iritnya...
kalau nanjak di batu masih kuat kok lek. tapi dengan penumpang max 4 orang (bapak,ibu,adik,aku). dan buktinya sampai sekarang di batu masih banyak dijumpai mobil2 tersebut..
nanti saya upload foto L 100 minicab punya tetangga yang dipakai usaha jual nasi pecel.
weh . . weh . . . ngirit itu mingin2i . . .
dus untuk 550 cc, ST20 unggule tarikane
wider 55 dan L 100 unggule irite . .
kalo dari segi kemudahane perawatane bagemana ume nafri . . .
(di samarinda dah ndak ada onthong2 ya . . .)
ediwarsito wrote: Ya sedikit gelo juga lek. Tapi sebelumnya saya nggak pernah punya truntung, jadi belum tahu tipikal mesin 2 tak. Cuma waktu itu saya sudah capek bolak-balik Magelang-Jogja buat nyari minibus kecil (wis mini jik kecil...jan cuilik tenan...heeee) yang sesuai budget sekitar 5 jutaan. Alternatifnya kalo nggak ST20 ya L100. Tapi setiap liat iklan kecik di KR, setelah disurvey ternyata bodinya minta ampun parahnya. Rata-rata udah keropos pol, atau bentuknya kurang pantas disebut mobil huehuehehe...... Prinsip saya memang mesin boleh nggak bagus-bagus amat, tapi bodi jangan sampai ancur. Sebabe, ragat bodi pasti lebih mahal dari mesin.
Nah kebetulan nemu truntung dengan budget yang sesuai dan bodi yang masih mbentuk dan nggak terlalu parah, suspensi juga masih empuk dan per belakang belum ambles. Jadilah akhirnya mobil itu saya boyong.
Btw di TVRI Jogja pernah ada yang nawarin truntung pikap warna putih dengan harga 14 jt. Mahal, tapi ya memang masih kinyis-kinyis. Ibarat cewek seperti Titik Puspa hehehe....sudah sepuh tapi masih cantik. Eh, marah enggak ya Eyang Titik disamain dengan truntung?

NB: Lek Supi, gimana irama lagu truntungnya itu? Sekali-kali direkam lalu diposting. Siapa tahu jadi lagu kebangsaan klun truntung se-nusantara... :frm_tumbright:
nggone sy dapete dari tvri 5 gelo (bukane kecewa; 5 rupiah...) bodine biasa, tidak terlalu bagus tidak terlalu hancur . . .
nah itu lagune . . . senengane anake sampean
penyanyinye dulu nyanyikan paman datang . . .
sy ndak tahu namane sherina opo tasya yo . .
suwun,
sugeng marfumi margi mawi keluk wangi . . .
User avatar
nafri
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Tue Sep 23, 2008 13:09
Location: samarinda

Re: ST20

Post by nafri »

LekSupi wrote:weh . . weh . . . ngirit itu mingin2i . . .
dus untuk 550 cc, ST20 unggule tarikane
wider 55 dan L 100 unggule irite . .
kalo dari segi kemudahane perawatane bagemana ume nafri . . .
(di samarinda dah ndak ada onthong2 ya . . .)

perawatan lebih enak 4 tak lek supi. (L100 dan 55wide) paling tiap 2000 km perlu ganti oli, ganti filter oli.
sedangkan 2 tak perlu perawatan extra semisal bersih2 ruang bakar (buka cyl head / silinder kop) dan knalpot. yang penuh kerak
sisa pembakaran. tapi kalau sudah turun mesin, biaya jauh lebih besar 4 tak karena sparepart nya banyak.
piston, valve, noken as, timing belt dll. sedang 2 tak paling piston set + klep harmonika saja.

soal biaya perawatan saya pikir kurang lebih saja. kalau 2 tak hanya perlu beli oli samping untuk nambah saja.
sedangkan 4 tak perlu ganti oli tiap 2000 km + ganti filter oli sekalian kalau mau mesinnya lebih awet.
jadi hitungan akhire sama saja - sami mawon.

btw truntung sampeyan pakai oli samping merk apa lek supi?

4 tahun saya di samarinda saya belum pernah lihat truntung dan hijet 55 di jalanan.
yang masih ada cuma mitsubishi L100, itu pun cuma 1-2 mobil saja.
kondisi alamnya tidak memungkinkan untuk mobil2 ber cc kecil.
ediwarsito
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Aug 24, 2008 12:44

Re: ST20

Post by ediwarsito »

Nek miturut saya, setelah ada sedikit pengalaman mbedah mesin LJ50-nya si truntung, kayaknya kok lebih simpel ngerawat 2 tak. Soalnya jerohannya suangat simpel, nyaris sesimpel mesin jahit singer yang model genjot itu. Yang jelas jika dibanding 4 tak, mesin 2 tak nggak perlu ngontrol oli lewat dipstick. Paling cuma ngintip bak oli samping. Apalagi kalau model olinya dicampurin ke bensin kayak vespa, wah jelas nggak perlu kuatir kasatan oli.
Terus nanganin klepnya, kalau 4 tak musti bongkar silinder head, yang berarti harus ganti paking silinder head jika mau bersihin kerak-kerak yang bikin klep nggak rapet. tapi kalo 2 tak cuma ngangkat manipol dan hanya ganti paking klep harmonika yang bisa diakali pakai kardus bekas bungkus susu anak saya hihihi..... Ragatnya paling cuma beli lem paking Rp 12.500.
Memang karena pembakarannya campur oli, kerak jadi banyak numpuk. Tapi katanya sudah ada obat pembersih kerak tanpa harus bongkar silinder head.
Oiya Mas Nafri, piston dan buringnya udah baret-baret parah dan tinggal satu yang masih bagus. Jadi mestinya harus ganti kan? Ini masih nunggu dana ngumpul sama cari hari libur buat nglepas mesin. Rencana sih mau tak bongkar sendiri di rumah, dan seperti biasa kalau sudah angkat tangan baru panggil montir panggilan :mrgreen:
Trus soal AC, kayaknya nggak mungkin diputar pakai mesin truntung. Karena pasti tenaganya ngedrop banyak. Kan cuma 550 cc. Nanti nggak kuat nanjak lagi. Tapi kalau model swap, lha wong saya ini kepincut sama truntung gara-gara mesin 2 tknya yang unik itu je hehehe...........

Kagem Lek Supi, kapan-kapan saya boleh mampir tidak kalau pas ke Jogja. Rencana bikin klubnya kita tindaklanjuti ya. Biar keberadaan si truntung nggak berakhir cuma jadi selepan beras atau gergaji kayu keliling. Siapa tahu Indomobil merespon positif. Mungkin sekali lho di gudang mereka masih tersimpan beberapa parts mesin dan bodi asli yang bisa kita sempil.
User avatar
LekSupi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Oct 09, 2008 6:11

Re: ST20

Post by LekSupi »

nafri wrote: perawatan lebih enak 4 tak lek supi. (L100 dan 55wide) paling tiap 2000 km perlu ganti oli, ganti filter oli.
sedangkan 2 tak perlu perawatan extra semisal bersih2 ruang bakar (buka cyl head / silinder kop) dan knalpot. yang penuh kerak
sisa pembakaran. tapi kalau sudah turun mesin, biaya jauh lebih besar 4 tak karena sparepart nya banyak.
piston, valve, noken as, timing belt dll. sedang 2 tak paling piston set + klep harmonika saja.

soal biaya perawatan saya pikir kurang lebih saja. kalau 2 tak hanya perlu beli oli samping untuk nambah saja.
sedangkan 4 tak perlu ganti oli tiap 2000 km + ganti filter oli sekalian kalau mau mesinnya lebih awet.
jadi hitungan akhire sama saja - sami mawon.
ediwarsito wrote: Nek miturut saya, setelah ada sedikit pengalaman mbedah mesin LJ50-nya si truntung, kayaknya kok lebih simpel ngerawat 2 tak. Soalnya jerohannya suangat simpel, nyaris sesimpel mesin jahit singer yang model genjot itu. Yang jelas jika dibanding 4 tak, mesin 2 tak nggak perlu ngontrol oli lewat dipstick. Paling cuma ngintip bak oli samping. Apalagi kalau model olinya dicampurin ke bensin kayak vespa, wah jelas nggak perlu kuatir kasatan oli.
Terus nanganin klepnya, kalau 4 tak musti bongkar silinder head, yang berarti harus ganti paking silinder head jika mau bersihin kerak-kerak yang bikin klep nggak rapet. tapi kalo 2 tak cuma ngangkat manipol dan hanya ganti paking klep harmonika yang bisa diakali pakai kardus bekas bungkus susu anak saya hihihi..... Ragatnya paling cuma beli lem paking Rp 12.500.
Memang karena pembakarannya campur oli, kerak jadi banyak numpuk. Tapi katanya sudah ada obat pembersih kerak tanpa harus bongkar silinder head.
Kagem Lek Supi, kapan-kapan saya boleh mampir tidak kalau pas ke Jogja. Rencana bikin klubnya kita tindaklanjuti ya. Biar keberadaan si truntung nggak berakhir cuma jadi selepan beras atau gergaji kayu keliling. Siapa tahu Indomobil merespon positif. Mungkin sekali lho di gudang mereka masih tersimpan beberapa parts mesin dan bodi asli yang bisa kita sempil.
weit . . .,
lah mbok coba dibikin perbandingan yang lengkap yo . . .
kiritan, perawatan, kerewelan, kemurahan onderdil, dst dst dst pripun . . ?
User avatar
LekSupi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Oct 09, 2008 6:11

Re: ST20

Post by LekSupi »

nafri wrote: soal biaya perawatan saya pikir kurang lebih saja. kalau 2 tak hanya perlu beli oli samping untuk nambah saja.
sedangkan 4 tak perlu ganti oli tiap 2000 km + ganti filter oli sekalian kalau mau mesinnya lebih awet.
jadi hitungan akhire sama saja - sami mawon.

btw truntung sampeyan pakai oli samping merk apa lek supi?
ini sayane selama ini masih make castrol aktiv, meskipun pernah diselingi enviro, pernah pula top 1; baru mo nyoba shell malah . .
(etungane sama yo om, antara ngejogi oli samping sama ngganti oli mesin 4 tak ?)
ediwarsito wrote: Kagem Lek Supi, kapan-kapan saya boleh mampir tidak kalau pas ke Jogja. Rencana bikin klubnya kita tindaklanjuti ya. Biar keberadaan si truntung nggak berakhir cuma jadi selepan beras atau gergaji kayu keliling. Siapa tahu Indomobil merespon positif. Mungkin sekali lho di gudang mereka masih tersimpan beberapa parts mesin dan bodi asli yang bisa kita sempil.
nah makane bapake edi . . biar forum ini rame dulu . . banyak anggotane . . . harapane saya trungtunge tidak dibatasi st20, biar mereka yg suka L100 sama wider 55 juga ikutan . . .
yo klub 550cc lah . .
User avatar
LekSupi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Oct 09, 2008 6:11

Re: ST20

Post by LekSupi »

ssst . . . di madura ada club minicab, lucune kyai-kyai jadi anggota, penguruse KH. Abdullah Faqih, nomor telepon (0323) 7707099 atau (0324) 7721508 (Mumung FP), barusan konser opick . . . weh . . weh . .
haruse ada club st20 dan 55wide juga yo . . .
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
LekSupi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Oct 09, 2008 6:11

Re: ST20

Post by LekSupi »

eh lupa alamate . . . http://madmacmadura.blogspot.com/
ediwarsito
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Aug 24, 2008 12:44

Re: ST20

Post by ediwarsito »

Wah jan apik tenan wong Madura itu... kreatif pol. Mereka nggak cuma piawai bikin sate, tapi juga klub otomotif. Salut.....
Kalo truntung saya sementara ini masih nyoba pake evalube. Murah, seliter yang drum cuma 16 rb. Hasilnya lumayan bagus. Magelang-Kudus pp tanpa istirahat sama sekali dan terus dipacu di 70 - 75 kpj. Busi tetep bersih. Cuma belum tau sih, jangka panjangnya kayak apa. Ya daripada harus keluar duit lebih banyak kan mending pilih yang murah kalo hasilnya sami mawon.
Ok setuju 55 wide, L100 atau daihatsu unyil juga boleh gabung. Jadi biar mobil-mobil mungil pada ngumpul hehehe...
User avatar
LekSupi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Oct 09, 2008 6:11

Re: ST20

Post by LekSupi »

c
ediwarsito wrote:Wah jan apik tenan wong Madura itu... kreatif pol. Mereka nggak cuma piawai bikin sate, tapi juga klub otomotif. Salut.....
Kalo truntung saya sementara ini masih nyoba pake evalube. Murah, seliter yang drum cuma 16 rb. Hasilnya lumayan bagus. Magelang-Kudus pp tanpa istirahat sama sekali dan terus dipacu di 70 - 75 kpj. Busi tetep bersih. Cuma belum tau sih, jangka panjangnya kayak apa. Ya daripada harus keluar duit lebih banyak kan mending pilih yang murah kalo hasilnya sami mawon.
Ok setuju 55 wide, L100 atau daihatsu unyil juga boleh gabung. Jadi biar mobil-mobil mungil pada ngumpul hehehe...
wue . . .e . . e. . . mingini iku bapake edi . . . gadhahane sampean iseh tega to sampean ajak lari 70-75 km/jam non stop, jarak 100 km lebih maneh . . . behat .. behat .. behat . . :frm_tumbright:
kalo evalube 16rb/liter sy belum pernah nyoba je . . . tapi asepe kandel ndak . . sama . . . sangit ndak . . .itu bapake edi . . .
kalo ndak sangit and ndak kandel asepe sy mo nyoba juga . . . bisa makin nguirit . . ., biasane sy pake castrol kemasan 700 ml 23 ribuan . . .
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
nafri
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Tue Sep 23, 2008 13:09
Location: samarinda

Re: ST20

Post by nafri »

LekSupi wrote:wue . . .e . . e. . . mingini iku bapake edi . . . gadhahane sampean iseh tega to sampean ajak lari 70-75 km/jam non stop, jarak 100 km lebih maneh . . . behat .. behat .. behat . . kalo evalube 16rb/liter sy belum pernah nyoba je . . . tapi asepe kandel ndak . . sama . . . sangit ndak . . .itu bapake edi . . . kalo ndak sangit and ndak kandel asepe sy mo nyoba juga . . . bisa makin nguirit . . ., biasane sy pake castrol kemasan 700 ml 23 ribuan . .
kalau bisa untuk oli samping jangan coba2 lek.
nggak papa lebih mahal sedikit asal mesin terjamin.
dulu bapak pernah tekor soalnya kena oli pertamina palsu.
motor RC 80 sama Vespa PX mesinnya rontok gara2 oli tersebut.
murah memang tapi kalau dibanding piston baret opo ya sepadan???
akhirnya sampai sekarang bapak fanatik ke oli AGIP 2T. isi 800 ml Rp22000.
wangi sih enggak cuma asep agak kurang. trus vespa juga jarang mogok padahal kadang2 luar kota Batu-Surabaya...

"buat truntung kok coba coba"..

tips: kalau ditawarin oli samping dengan harga miring sama penjual, lebih baik tolak secara halus. karena dapat dipastikan oli tersebut bermasalah. harga yang wajar adalah sekitar Rp20000 untuk ukuran 800ml-1000ml. tergantung mereknya. kalau jauh di bawah harga tersebut, mending jangan deh.... :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace:
User avatar
LekSupi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Oct 09, 2008 6:11

Re: ST20

Post by LekSupi »

nafri wrote:
LekSupi wrote:wue . . .e . . e. . . mingini iku bapake edi . . . gadhahane sampean iseh tega to sampean ajak lari 70-75 km/jam non stop, jarak 100 km lebih maneh . . . behat .. behat .. behat . . kalo evalube 16rb/liter sy belum pernah nyoba je . . . tapi asepe kandel ndak . . sama . . . sangit ndak . . .itu bapake edi . . . kalo ndak sangit and ndak kandel asepe sy mo nyoba juga . . . bisa makin nguirit . . ., biasane sy pake castrol kemasan 700 ml 23 ribuan . .
kalau bisa untuk oli samping jangan coba2 lek.
nggak papa lebih mahal sedikit asal mesin terjamin.
dulu bapak pernah tekor soalnya kena oli pertamina palsu.
motor RC 80 sama Vespa PX mesinnya rontok gara2 oli tersebut.
murah memang tapi kalau dibanding piston baret opo ya sepadan???
akhirnya sampai sekarang bapak fanatik ke oli AGIP 2T. isi 800 ml Rp22000.
wangi sih enggak cuma asep agak kurang. trus vespa juga jarang mogok padahal kadang2 luar kota Batu-Surabaya...

"buat truntung kok coba coba"..

tips: kalau ditawarin oli samping dengan harga miring sama penjual, lebih baik tolak secara halus. karena dapat dipastikan oli tersebut bermasalah. harga yang wajar adalah sekitar Rp20000 untuk ukuran 800ml-1000ml. tergantung mereknya. kalau jauh di bawah harga tersebut, mending jangan deh.... :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace:
ho . . 'oh bener juga yo . . . buat trungtung koq coba2 (wis gawe lagu mbarang je . . ), - tapi yg nyoba dah bapakae edi koq, sy nunggu hasile saja, lha sapa tahu to . . kalo malah bagus asepe tipis plus murah . . .
sekarang mau ngarang nama club 550cc;
dapet alternatif 2 nih . .
Limo50 Club (mirip 'Limosin' to, artine club limoseket / lima puluh cc)
atau
Limasen Club (mirip 'Limosin' juga, artine club mobil seharga 5 sen alias 5 jutaan)
. . . ada komentar tao alternatif lain ? ... :e-dance:
User avatar
LekSupi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Oct 09, 2008 6:11

Re: ST20

Post by LekSupi »

kalo bekas trungtung ini katane 2,3 sen, tapi boleh juga kalo mau ndaftar anggota Limasen Club he. . . he. . . , isih kuwat mblayu . .
http://smartdrive.co.id/?ar_id=ODA4
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
LekSupi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Oct 09, 2008 6:11

Re: ST20

Post by LekSupi »

ayo dong . . . mbok yao ada yang usul . . . nama . . . :mrgreen:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.