Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Segala mobil tipe pickup (L-300, T-120, Kijang Pickup, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by mr-saga »

@om billy,,
kalo open diff dan LSD lebih baik dari Locker, berarti mending pasang open diff atau LSD gitu ya om?
dg contoh kasus kondisi rute jalan: 70% jalan aspal dan 30% jalanan tanah menuju hutan.

ada bebrapa org yg msh memiliki pemikiran yg sama seperti saya yaitu:
"utk melibas jalanan licin/berlumpur, Rhino msh blum terkalahkan.." :roll:
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by billyd1773dz »

mr-saga wrote:@om billy,,
kalo open diff dan LSD lebih baik dari Locker, berarti mending pasang open diff atau LSD gitu ya om?
dg contoh kasus kondisi rute jalan: 70% jalan aspal dan 30% jalanan tanah menuju hutan.

ada bebrapa org yg msh memiliki pemikiran yg sama seperti saya yaitu:
"utk melibas jalanan licin/berlumpur, Rhino msh blum terkalahkan.." :roll:
umm tergantung yg 30% nya kaya apa jalurnya hehehe :D

klw ancur bnget yah sekalipun cuma 10% mending yg well-equipped..

open diff ya gardan std mobil om.. sya sih bwat allround prefer LSD asal yg torsen, enak utk onroad dan offroad. masalahnya ada g bwat truk hehe :D

klw bnyk tanjakan licin mending truk 4x4 opendiff, di banding 4x2 locker hehe :D

locker perlu klw offroad nya extreme, ban uda sering ngangkat dri tanah, which is kyany jarang truk sampai kaya gtu. LSD selama masih nempel ketanah kya kubangan lumpur masih bisa nolong ngebagi torsinya.

kyanya g ada lsd bwat truk sih hehe :D jd y larinya langsung ke locker aja.

cmiiw

jd yg ada opsi difflock cuma hino/dyno aja yah? mantep juga hehe :D
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by mr-saga »

billyd1773dz wrote:
mr-saga wrote:@om billy,,
kalo open diff dan LSD lebih baik dari Locker, berarti mending pasang open diff atau LSD gitu ya om?
dg contoh kasus kondisi rute jalan: 70% jalan aspal dan 30% jalanan tanah menuju hutan.

ada bebrapa org yg msh memiliki pemikiran yg sama seperti saya yaitu:
"utk melibas jalanan licin/berlumpur, Rhino msh blum terkalahkan.." :roll:
umm tergantung yg 30% nya kaya apa jalurnya hehehe :D

klw ancur bnget yah sekalipun cuma 10% mending yg well-equipped..

open diff ya gardan std mobil om.. sya sih bwat allround prefer LSD asal yg torsen, enak utk onroad dan offroad. masalahnya ada g bwat truk hehe :D

klw bnyk tanjakan licin mending truk 4x4 opendiff, di banding 4x2 locker hehe :D

locker perlu klw offroad nya extreme, ban uda sering ngangkat dri tanah, which is kyany jarang truk sampai kaya gtu. LSD selama masih nempel ketanah kya kubangan lumpur masih bisa nolong ngebagi torsinya.

kyanya g ada lsd bwat truk sih hehe :D jd y larinya langsung ke locker aja.

cmiiw

jd yg ada opsi difflock cuma hino/dyno aja yah? mantep juga hehe :D
:beer:
sejauh pengamatan saya, iya om cuman Dutro dan Dyna aja yg menggunakan No Spin Diff.
kalo truk Elf, di website nya tersedia varian dlm bentuk 4x4..

sepertinya msh kudu punya Dutro atau Dyna nih utk rute2 tertentu aja..
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by mr-saga »

mungkin om2 pemilik atau pengguna truk2 disini bersedia berbagi info FC truk nya :e-pray:
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by billyd1773dz »

mr-saga wrote:
billyd1773dz wrote:
mr-saga wrote:@om billy,,
kalo open diff dan LSD lebih baik dari Locker, berarti mending pasang open diff atau LSD gitu ya om?
dg contoh kasus kondisi rute jalan: 70% jalan aspal dan 30% jalanan tanah menuju hutan.

ada bebrapa org yg msh memiliki pemikiran yg sama seperti saya yaitu:
"utk melibas jalanan licin/berlumpur, Rhino msh blum terkalahkan.." :roll:
umm tergantung yg 30% nya kaya apa jalurnya hehehe :D

klw ancur bnget yah sekalipun cuma 10% mending yg well-equipped..

open diff ya gardan std mobil om.. sya sih bwat allround prefer LSD asal yg torsen, enak utk onroad dan offroad. masalahnya ada g bwat truk hehe :D

klw bnyk tanjakan licin mending truk 4x4 opendiff, di banding 4x2 locker hehe :D

locker perlu klw offroad nya extreme, ban uda sering ngangkat dri tanah, which is kyany jarang truk sampai kaya gtu. LSD selama masih nempel ketanah kya kubangan lumpur masih bisa nolong ngebagi torsinya.

kyanya g ada lsd bwat truk sih hehe :D jd y larinya langsung ke locker aja.

cmiiw

jd yg ada opsi difflock cuma hino/dyno aja yah? mantep juga hehe :D
:beer:
sejauh pengamatan saya, iya om cuman Dutro dan Dyna aja yg menggunakan No Spin Diff.
kalo truk Elf, di website nya tersedia varian dlm bentuk 4x4..

sepertinya msh kudu punya Dutro atau Dyna nih utk rute2 tertentu aja..
klw varian 4x4, d pke d aspal trus yg lama jg aman aja g ada masalah. kan bisa 4x2

klw varian difflock, di aspal terus kurang baik,bisa kerasa beda, g sebaik opendiff handlingny

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
tula
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Dec 15, 2009 9:26

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by tula »

nuhun tanya dong ... mau ambil truk 4 roda .. antara hino Dutro 110 SDL (long)
dan elf NKR 55 CC

ini link specs nya
hino :
http://www2.hino.co.id/product.php?z=2&c=81

elf :
http://www.isuzu-astra.com/product.php? ... =&GoToSpec

untuk harga 11 12 ... (kalau di hitung grand total sampai lunas termasuk um, angsuran, asuransi, adm dll)

kebetulan ini ke 2 truk di kelas yg sama (hino di 110 ps, elf di 100 ps)

tp yg sedikit aneh,

si hino cc mesin nya 4000 an, sedangkan elf cuma 2800 an .. beda lumayan banyak ... 1200 cc

1. efek nya bagaimana ya ? hino jadi jauh lebih kuat ? tapi jauh lebih boros ?

kalau menurut sales hino sih, tidak beda jauh konsumsi solar nya , soalnya setingan boshpomp nya jg di sesuaikan dengan kelas nya (4 roda 110 ps)


2. saya paste kan jg perbandingan rasio gear nya
punya hino :
Perbanding Gigi -
ke-1 5.339
ke-2 2.792
ke-3 1.593
ke-4 1.000
ke-5 0.788
mundur 5.339


punya elf :
Model MSB5M
C -
gigi 1 5.594
gigi 2 2.814
gigi 3 1.660
gigi 4 1.000
gigi 5 0.794
Rev 5.334
Final Gear Ratio 5.857

kalau saya lihat , kok gear ratio elf lebih panjang ya ? jadi nafas nya lebih panjang ? apakah kalau nafas lebih panjang berarti bakal lebih kuat narik beban berat ?

3. kalau lihat specs Tenaga Maks (PS/rpm)

untuk hino :
Tenaga Maks (PS/rpm) 110 / 2.800
Momen Putir Maks. (Kgm/rpm) 29 / 1.800


untuk elf :
Tenaga maksimum 100/3400 (PS/rpm)
Torsi maksimum 22.5/2000-3200 (Kgm/rpm)

kalau liat ini sepertinya hino lebih kuat pada putaran mesin rendah ...mohon pendapat agan2 untuk mengoreksi pemikiran saya

4. nah skrg pertanyaan di luar brosur mereka
apakah ada yg pengalaman, bagaimana kemampuan mereka di kenyataan utk bekerja ? baik daya tahan, harga service dan sparepart, kaki kaki

oh iya menurut para sales masing2,

utk hino yg long ini bisa 5 ton an beban, tp kalau di hajar 7 ton jg mampu (walaupun kemungkinan tidak mungkin mengikuti sampai 6 atau 7 ton, tapi sekadar tanya, soalnya kalau dia mampu sampe 7 ton , kalau cuma di isi 5 ton, harusnya santai saja si hino ini)
utk tambahan informasi, saya cek hino ini dari yg ps 110 ps 4 roda ps 110 6 roda dan ps 130 semuanya memakai mesin yg sama persis dan dengan cc yg sama persis

utk elf yg seri nkr ini katanya sales nya dia gardan nya lebih besar daripada elf seri nhr (sama cuma gardan lebih besar) , jadi beban angkut bisa lebih besar, menurut buku cuma selisih sekitar 100 kg an, tp kalau menurut sales selisi sampai 1 ton an (nkr bisa 5 ton an yg nhr 3 - 4 ton an)

rute nya kemungkinan di jalanan aspal datar biasa, dari tengah kota ke pelabuhan +- 10 km

terima kasih sebelumnya
ps : mohon jawaban per baris saja gan , biar mantap keputusannya
User avatar
4lICe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Sat Aug 03, 2013 10:48
Location: riau

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by 4lICe »

Om @Saga
FC canter SHD 136ps muatan ±9tonan rute 90%aspal 10%tanah kering (berangkat muatan pulang kosong) yaitu hampir mendekati ± 1:3,33

Dyna 130ht lebih boros dari canter SHD angka pastinya tidak tau

Coldis PS120HD lebih irit dari SHD angka pastinya tidak tau

(Yg tidak tau blom saya ukur tapi saya cuma itung kapan waktu isi minyaknya aja)

#Hasil_Test_Saya_Sendiri
MacGyver Conventional


Manual Tech Super Hyper Primitive


Katrox Terasing Sejati
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by mr-saga »

@ om tula, sorry om, saya cuma ingin mengkritisi aja :big_peace:
kenapa anda lbh memilih Dutro ketimbang Dyna?

Elf -> utk yg varian ada tulisannya 55cc menggunakan engine yg dg kapasitas silinder 2.770 cc, output performa
engine utk varian truk 55cc sama.(100 PS)
utk yg varian 71cc menggunakan engine dg kapasitas silinder 4.750 cc, dg output performa engine yg sama(125 PS)
--->sehingga mgkn nantinya kemudahan dan kesamaan spare-parts engine truk Hino lebih ekonomis.CMIWW(tanya ke om Badak)

sorry om, truk pilihan anda itu menurut saya kurang apple to apple..hehe
karna yg Dutro itu memiliki dimensi yg lebih besar dibandingkan yg truk Elf -> volume angkut jg beda.
4lICe wrote:Om @Saga
FC canter SHD 136ps muatan ±9tonan rute 90%aspal 10%tanah kering (berangkat muatan pulang kosong) yaitu hampir mendekati ± 1:3,33

Dyna 130ht lebih boros dari canter SHD angka pastinya tidak tau

Coldis PS120HD lebih irit dari SHD angka pastinya tidak tau

(Yg tidak tau blom saya ukur tapi saya cuma itung kapan waktu isi minyaknya aja)

#Hasil_Test_Saya_Sendiri
makasi banyak infonya om alice.hehe.
wah, utk yg kelas 136 PS ternyata lbh boros ya.. dan Dyna malah lebih boros daripada Canter?? :off_no:
oiya, anu om :ungg: sekalian kalo boleh tau truk2 anda kalo dijalan raya kecepatan rata2nya brp ya om?
barangkali semakin kentjang geber nya, makin boros solar nya :big_peace:
makasi om.. :off_good_job:
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by evolution21 »

dyna 130 ane cuman bisa 1:5-1:5.5
blom pernah bs tembus 1:6
kalo yg lain kons bbmnya brapaan ya?
User avatar
4lICe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Sat Aug 03, 2013 10:48
Location: riau

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by 4lICe »

Om Saga didaerah sini (Riau) jarang banget dijumpai jalan datar 50-100m datar, 95% jalan naik turun, mesin turbo batas irit(eco) <2,5k rpm; diatas itu pasti kenceng minyaknya.

Klo kecepatan sih tergantung type mobilnya om, klo yg Heavy Duty(HD) dengan Final Gear (FG) besar/ringan tentu beda dg type Super Speed dg FG kecil/berat.
Saya sendiri pernah nyobain SHD top speed bisa 125kpj(tanpa muatan) itupun susah dikail mesti dari turunan trus dapat jalan datar, krn SHD peruntukannya bukan untuk high speed; yg Super Speed kemungkinan bisa diatas itu.
MacGyver Conventional


Manual Tech Super Hyper Primitive


Katrox Terasing Sejati
tula
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Dec 15, 2009 9:26

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by tula »

mr-saga wrote:@ om tula, sorry om, saya cuma ingin mengkritisi aja :big_peace:
kenapa anda lbh memilih Dutro ketimbang Dyna?

Elf -> utk yg varian ada tulisannya 55cc menggunakan engine yg dg kapasitas silinder 2.770 cc, output performa
engine utk varian truk 55cc sama.(100 PS)
utk yg varian 71cc menggunakan engine dg kapasitas silinder 4.750 cc, dg output performa engine yg sama(125 PS)
--->sehingga mgkn nantinya kemudahan dan kesamaan spare-parts engine truk Hino lebih ekonomis.CMIWW(tanya ke om Badak)

sorry om, truk pilihan anda itu menurut saya kurang apple to apple..hehe
karna yg Dutro itu memiliki dimensi yg lebih besar dibandingkan yg truk Elf -> volume angkut jg beda.
ada beberapa sebab ke 2 nya itu dianggap 1 kelas
1. soalnya yg 4 roda type nya sebanding ya 2 itu , kalau naik lagi sudah 6 roda
2. pas nanya ke sales nya langsung jg tunjukan 55 cc utk kelas 4 roda, dan kelas harga yg hampir sama

minggu lalu sudah tanya ke dyna duluan, tp lebih mahal dari hino
dan baik sales dyna maupun sales hino sama2 bilang, memang mesin nya sama antara dyna dan hino ini .. soalnya toyota rebranding dari hino .... (sales nya dyna bilang sendiri lho .... aneh, tp aku acungi jempol)

note: barusan saya cek enggine type nya hino dan dyna memang sama W04D-TP, tp dengan perbedaan harga yg lmyn menurut saya ...

ada yg bisa bantu jawab pertanyaan saya ?
User avatar
4lICe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Sat Aug 03, 2013 10:48
Location: riau

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by 4lICe »

@om tula klo cuma muatan 4ton jalan aspal datar menurut saya 2pilihan diatas 100ps sih eces aja yah,,

1 yg om tidak jelasin buat muat apa lihat volume dan berapa kapasitas berat muatan??

Mis. Klo muat kapas berat 4tonan makan tempat perlu ruang yg luas ya membutuhkan bak yg besar dong.
Tapi klo muat batu dg bak lebih kecil kita rasa sudah cukup.

Klo mengejar irit mungkin elf, tapi tidak menjamin juga cc kecil lebih irit;
Dengan beban yg sama cc kecil mesin bisa lebih meraung rpm tinggi, dan cc besar cukup rpm rendah sudah kuat dg beban yg sama.
Jatuhnya ya bisa aja yg cc kecil lebih boros.

Coba kita tunggu siapa tau ada pemilik kedua unit tsb diatas
MacGyver Conventional


Manual Tech Super Hyper Primitive


Katrox Terasing Sejati
tula
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Dec 15, 2009 9:26

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by tula »

4lICe wrote:@om tula klo cuma muatan 4ton jalan aspal datar menurut saya 2pilihan diatas 100ps sih eces aja yah,,

1 yg om tidak jelasin buat muat apa lihat volume dan berapa kapasitas berat muatan??

Mis. Klo muat kapas berat 4tonan makan tempat perlu ruang yg luas ya membutuhkan bak yg besar dong.
Tapi klo muat batu dg bak lebih kecil kita rasa sudah cukup.

Klo mengejar irit mungkin elf, tapi tidak menjamin juga cc kecil lebih irit;
Dengan beban yg sama cc kecil mesin bisa lebih meraung rpm tinggi, dan cc besar cukup rpm rendah sudah kuat dg beban yg sama.
Jatuhnya ya bisa aja yg cc kecil lebih boros.

Coba kita tunggu siapa tau ada pemilik kedua unit tsb diatas

kemungkinan akan di pakai utk muat besi / keramik tile
kasus ideal nya mungkin 4 ton, tp kalau ada keperluan 5,5 ton, mungkin jg akan tetep di muat, dari pada bolak balik 2x
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by mr-saga »

tula wrote: kemungkinan akan di pakai utk muat besi / keramik tile
kasus ideal nya mungkin 4 ton, tp kalau ada keperluan 5,5 ton, mungkin jg akan tetep di muat, dari pada bolak balik 2x
menurut saya sebaiknya ambil yg memiliki dimensi paling besar aja om, biar desain bak nya jg bisa besar. :mrgreen:

dg harga Dutro yg lbh murah dari Dyna, apa nantinya jangan2 Dutro bisa mematikan marketnya Dyna? :e-think:
oiya om tula ini mempertimbangkan resale value apa gak ya utk truk yg nantinya akan dibeli?
maaf saya lupa..
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
tula
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Dec 15, 2009 9:26

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by tula »

mr-saga wrote: menurut saya sebaiknya ambil yg memiliki dimensi paling besar aja om, biar desain bak nya jg bisa besar. :mrgreen:

dg harga Dutro yg lbh murah dari Dyna, apa nantinya jangan2 Dutro bisa mematikan marketnya Dyna? :e-think:
oiya om tula ini mempertimbangkan resale value apa gak ya utk truk yg nantinya akan dibeli?
maaf saya lupa..
Iya memang itu nanti ambil desain bak yg long , kalau yg short lebih murah sedikit

kemungkinan sih pakai nya jangka panjang ya , di atas 5 th, skrg saja pakai pickup kecil2 ada yg uda 10 th gpp, paling plat body yg hancur karatan.
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by mr-saga »

tula wrote:
mr-saga wrote: menurut saya sebaiknya ambil yg memiliki dimensi paling besar aja om, biar desain bak nya jg bisa besar. :mrgreen:

dg harga Dutro yg lbh murah dari Dyna, apa nantinya jangan2 Dutro bisa mematikan marketnya Dyna? :e-think:
oiya om tula ini mempertimbangkan resale value apa gak ya utk truk yg nantinya akan dibeli?
maaf saya lupa..
Iya memang itu nanti ambil desain bak yg long , kalau yg short lebih murah sedikit

kemungkinan sih pakai nya jangka panjang ya , di atas 5 th, skrg saja pakai pickup kecil2 ada yg uda 10 th gpp, paling plat body yg hancur karatan.
saya vote utk Dutro :mky_02:
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by VanzMatic »

-dopost-
Last edited by VanzMatic on Fri Oct 18, 2013 7:29, edited 1 time in total.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by VanzMatic »

Eh iya, mumpung tritnya truk, boleh dong OOT dikiiiit aja... masih ada kaitannya dengan truk, karena basisnya truk.

Ada rencana, tengah taun depan besok ane balik ndeso, taun depan, ane mulai handle sedikit sedikit kegiatan sosial bapak ane masa pensiun ini.
Dalam pemikiran ane, ada keperluan tambah armada untuk mobilitas anak anak yang jumlahnya 25, dan seluruh pekerja total mencapai 30. Sudah ada Kuda dan Avanza. Butuh satu lagi, yang sekali muat bisa 15-an anak.
Dalam pemikiran nubietol lontong sotoy ane, ada gambaran:
1. Elsapek
2. Elf
3. Canter.

Sekarang berapaan ya harganya?
Spek yang diinginkan:
1. Full AC, sampai belakang. Karena seringnya aktivitas luar anak anak adalah aktivitas fisik. Supaya pulang ke boarding house engga terlalu tersiksa, karena akan disambung aktivitas inhouse yang padat.
2. Muat 15-an anak. Kapasitas penuh. Bukan konfigurasi executive.
3. Bisa SIM B1 (ane B1)
4. Perawatan mudah dan murah. Maklum, organisasi sosial...
:mky_01:

Kebutuhannya ngga mendesak. Paling palingan 2 taun lagi.


:thanks: ya teman teman....
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by BADAK »

Coba jawab dikit ya, walopun gak pny ketiganya. Ada punya tp L300 pickup & canter truck 4 ban.
Kl dr populasi saat ini kyk nya lbh didominasi elf, L300, baru canter. Sampai2 org menyebut kendaraan tipe ini "elf", seperti org nyebut mie instan "indomie".
Untuk output power rasanya plg unggul canter dgn 100ps, elf 77ps, dan L300 74ps. Tapi kl plg kenceng yg sering ane temuin justru si L300, mungkin krn power dgn bobotnya yg cukup seimbang. Sedangkan elf rasanya paling boyo.
Untuk hrg saya jg kurang jelas, bisa dicek di official website masing2.

Kalo kebandelan saya rasa setara, krn semua basisnya light truck. Elf & canter mesin sama di versi truck, hanya L300 yg gak ada versi truck alias murni mini lightruck / pickup. Tapi ane drdl paling salut sama elsape ini, dirumah ada unit yg udah tua, tiap hr disiksa kerja berat, gak pernah dirawat, panggil montir kl pas ada kerusakan aja, ganti oli & filter cmm seperlunya aja, pdhl medannya berdebu bgt. Sampe skrg msh setia mendulang rejeki. hehehe. Yg sering tewas di L300 mgkn cmn aki nya doang.

Untuk populasi, canter kyk nya masih kalah dominan, bisa jd krn parts nya termasuk paling mahal dibanding keduanya. Maklum, aslinya dipake buat angkutan berat. Perawatan jg sama mudahnya, bengkel2 pinggiran jg pst paham karakter ketiga mesin ini.
Jadi kl disuruh memilih, saya lbh vote untuk: elf, kedua L300, terakhir baru canter.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by VanzMatic »

Terima kasih banyak om Badak, atas sarannya yang berharga ini...

Jadi setidaknya prefer ke elf krn dari sisi lebih ekononisnya perawatan ya...?

Iya juga sih, spareparts Kuda diesel aja masih nampol banget untuk bobol tabungan.

Ada teman teman lain yg mw urun pendapat, ane tunggu deh...

Trima kasih
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by Rakean »

BADAK wrote:Coba jawab dikit ya, walopun gak pny ketiganya. Ada punya tp L300 pickup & canter truck 4 ban.
Kl dr populasi saat ini kyk nya lbh didominasi elf, L300, baru canter. Sampai2 org menyebut kendaraan tipe ini "elf", seperti org nyebut mie instan "indomie".
Untuk output power rasanya plg unggul canter dgn 100ps, elf 77ps, dan L300 74ps. Tapi kl plg kenceng yg sering ane temuin justru si L300, mungkin krn power dgn bobotnya yg cukup seimbang. Sedangkan elf rasanya paling boyo.
Untuk hrg saya jg kurang jelas, bisa dicek di official website masing2.

Kalo kebandelan saya rasa setara, krn semua basisnya light truck. Elf & canter mesin sama di versi truck, hanya L300 yg gak ada versi truck alias murni mini lightruck / pickup. Tapi ane drdl paling salut sama elsape ini, dirumah ada unit yg udah tua, tiap hr disiksa kerja berat, gak pernah dirawat, panggil montir kl pas ada kerusakan aja, ganti oli & filter cmm seperlunya aja, pdhl medannya berdebu bgt. Sampe skrg msh setia mendulang rejeki. hehehe. Yg sering tewas di L300 mgkn cmn aki nya doang.

Untuk populasi, canter kyk nya masih kalah dominan, bisa jd krn parts nya termasuk paling mahal dibanding keduanya. Maklum, aslinya dipake buat angkutan berat. Perawatan jg sama mudahnya, bengkel2 pinggiran jg pst paham karakter ketiga mesin ini.
Jadi kl disuruh memilih, saya lbh vote untuk: elf, kedua L300, terakhir baru canter.

itu ELF yg 77ps bukannya ELF jadul (non turbo)? yang sekarang min udah 95PS

tapi kek nya ELF dan Canter gak bisa dibandingin sama elsapek deh, udah beda segmen, elsapek dibandingin nya sama si isuzu bison (bukan bison c223 yak :upss: ) atau isuzu pickup
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by BADAK »

Rakean wrote:
BADAK wrote:Coba jawab dikit ya, walopun gak pny ketiganya. Ada punya tp L300 pickup & canter truck 4 ban.
Kl dr populasi saat ini kyk nya lbh didominasi elf, L300, baru canter. Sampai2 org menyebut kendaraan tipe ini "elf", seperti org nyebut mie instan "indomie".
Untuk output power rasanya plg unggul canter dgn 100ps, elf 77ps, dan L300 74ps. Tapi kl plg kenceng yg sering ane temuin justru si L300, mungkin krn power dgn bobotnya yg cukup seimbang. Sedangkan elf rasanya paling boyo.
Untuk hrg saya jg kurang jelas, bisa dicek di official website masing2.

Kalo kebandelan saya rasa setara, krn semua basisnya light truck. Elf & canter mesin sama di versi truck, hanya L300 yg gak ada versi truck alias murni mini lightruck / pickup. Tapi ane drdl paling salut sama elsape ini, dirumah ada unit yg udah tua, tiap hr disiksa kerja berat, gak pernah dirawat, panggil montir kl pas ada kerusakan aja, ganti oli & filter cmm seperlunya aja, pdhl medannya berdebu bgt. Sampe skrg msh setia mendulang rejeki. hehehe. Yg sering tewas di L300 mgkn cmn aki nya doang.

Untuk populasi, canter kyk nya masih kalah dominan, bisa jd krn parts nya termasuk paling mahal dibanding keduanya. Maklum, aslinya dipake buat angkutan berat. Perawatan jg sama mudahnya, bengkel2 pinggiran jg pst paham karakter ketiga mesin ini.
Jadi kl disuruh memilih, saya lbh vote untuk: elf, kedua L300, terakhir baru canter.

itu ELF yg 77ps bukannya ELF jadul (non turbo)? yang sekarang min udah 95PS

tapi kek nya ELF dan Canter gak bisa dibandingin sama elsapek deh, udah beda segmen, elsapek dibandingin nya sama si isuzu bison (bukan bison c223 yak :upss: ) atau isuzu pickup
Knapa elsape koq ga bisa dibandingin ama elf NHR55 & canter PS100?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by mr-saga »

VanzMatic wrote:Eh iya, mumpung tritnya truk, boleh dong OOT dikiiiit aja... masih ada kaitannya dengan truk, karena basisnya truk.

Ada rencana, tengah taun depan besok ane balik ndeso, taun depan, ane mulai handle sedikit sedikit kegiatan sosial bapak ane masa pensiun ini.
Dalam pemikiran ane, ada keperluan tambah armada untuk mobilitas anak anak yang jumlahnya 25, dan seluruh pekerja total mencapai 30. Sudah ada Kuda dan Avanza. Butuh satu lagi, yang sekali muat bisa 15-an anak.
Dalam pemikiran nubietol lontong sotoy ane, ada gambaran:
1. Elsapek
2. Elf
3. Canter.

Sekarang berapaan ya harganya?
Spek yang diinginkan:
1. Full AC, sampai belakang. Karena seringnya aktivitas luar anak anak adalah aktivitas fisik. Supaya pulang ke boarding house engga terlalu tersiksa, karena akan disambung aktivitas inhouse yang padat.
2. Muat 15-an anak. Kapasitas penuh. Bukan konfigurasi executive.
3. Bisa SIM B1 (ane B1)
4. Perawatan mudah dan murah. Maklum, organisasi sosial...
:mky_01:

Kebutuhannya ngga mendesak. Paling palingan 2 taun lagi.


:thanks: ya teman teman....
:big_peace:
Elf NHR 55
Panjang Keseluruhan 4590 (mm)
Lebar Keseluruhan 1695 (mm)
Tinggi Keseluruhan 2127 (mm)
Jarak Terendah 190 (mm)
Jarak Poros Roda 2490 (mm)
Image
Image
itu saya coba hitung jumlah kursi di gambar kok semua sama ya :big_biglaugh: mulai dari NKR 55, NHR 55 dan NKR 55 LWB..
kalo yg NKR 55 LWB masih mending ada info yg berbeda di panjang keseluruhan yg mencapai 5505 (mm).
yang lainnya sama. :e-snooty:

kalo Mitsu L300 ukuran dimensi nya masih kalah dg Elf, om.
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by VanzMatic »

mr-saga wrote:
VanzMatic wrote:Eh iya, mumpung tritnya truk, boleh dong OOT dikiiiit aja... masih ada kaitannya dengan truk, karena basisnya truk.

Ada rencana, tengah taun depan besok ane balik ndeso, taun depan, ane mulai handle sedikit sedikit kegiatan sosial bapak ane masa pensiun ini.
Dalam pemikiran ane, ada keperluan tambah armada untuk mobilitas anak anak yang jumlahnya 25, dan seluruh pekerja total mencapai 30. Sudah ada Kuda dan Avanza. Butuh satu lagi, yang sekali muat bisa 15-an anak.
Dalam pemikiran nubietol lontong sotoy ane, ada gambaran:
1. Elsapek
2. Elf
3. Canter.

Sekarang berapaan ya harganya?
Spek yang diinginkan:
1. Full AC, sampai belakang. Karena seringnya aktivitas luar anak anak adalah aktivitas fisik. Supaya pulang ke boarding house engga terlalu tersiksa, karena akan disambung aktivitas inhouse yang padat.
2. Muat 15-an anak. Kapasitas penuh. Bukan konfigurasi executive.
3. Bisa SIM B1 (ane B1)
4. Perawatan mudah dan murah. Maklum, organisasi sosial...
:mky_01:

Kebutuhannya ngga mendesak. Paling palingan 2 taun lagi.


:thanks: ya teman teman....
:big_peace:
Elf NHR 55
Panjang Keseluruhan 4590 (mm)
Lebar Keseluruhan 1695 (mm)
Tinggi Keseluruhan 2127 (mm)
Jarak Terendah 190 (mm)
Jarak Poros Roda 2490 (mm)
Image
Image
itu saya coba hitung jumlah kursi di gambar kok semua sama ya :big_biglaugh: mulai dari NKR 55, NHR 55 dan NKR 55 LWB..
kalo yg NKR 55 LWB masih mending ada info yg berbeda di panjang keseluruhan yg mencapai 5505 (mm).
yang lainnya sama. :e-snooty:

kalo Mitsu L300 ukuran dimensi nya masih kalah dg Elf, om.

Wuah lengkap sampai gambar desain dan konfigurasinya...!
Sip sip...!!
Hatur nuhun yak... :big_peace:

Eh iya, beda NKR dan NHR apa ya?
:e-think: :e-think: :e-think:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Colt Diesel vs Elf vs Hino vs Rhino

Post by mr-saga »

Saya mau berbagi info hrg kabin truk Colt Diesel genuine parts KTB Rp. 46jt
Harga jual pd toko. Kalo harga dari dealer, saya blum tau.
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?