ASK: Performa Kijang Diesel 2L (HELP)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: ASK: Performa Kijang Diesel 2L (HELP)

Post by sjamsul »

bolakbalikmabok wrote: wah kalo lg mabok mah gw nyetirnya ga pernah > 100 km / jam lah bos,,
>120 km / jam mungkin,,
hahahaha,,
nah tau ataw ngga nya air radiator jalannya bagus ataw ngga itu yg kayak gmn bos??
iya ni satu2nya yg blum diperiksa water pump ane,,
oiaa untuk informasi thermostat jg uda ga gw pake,,
apakah ada efek negatif??
kalo uda ada duit sih pengen pasang thermostat lagi,,
thanx buat info nya,,
iya, tapi yg nyetirnye orang laen........ hehehe.............

taunye itu saat lagi stationer, nt perhatikan apakah air radiator itu mengalir, trus di gas sedikit n liat hasilnye apakah air tsb jalannye ato mengalirnye lbh cepat. Klo lbh cepat bearti water pump bekerja dg baik. Klo kaga sebaiknya diperiksa.

untuk thermostart, di mbl kijang ane itu aslinye kaga ada ato dari pabriknye kaga dipakein, osi ane pakein sendiri dg saran dari teman ane di toyota tentunya, spy kaga salah pasang.

btw mbl kijang nt itu th berapa sih?. Trus klo nt belon pernah ganti water pump, sebaiknye diganti aja itu water pumpnye. Wlp saat diperiksa aliran airnye mengalir dg baik, tapi yg namanye spare part itu perlu diganti spy bisa didapatkan hasil kerja yg baik. Selain itu perhatikan juga selang2 radiator apakah masih baik ato sdh kurang baik.

Kijang, memangggg tiada duanya.............. krn belon kebeli mercy................... hehehe.........
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: ASK: Performa Kijang Diesel 2L (HELP)

Post by sjamsul »

bolakbalikmabok wrote: bos ganti injektor abis brp yha??
trus puli buat ac beli dmn??
abis brp tu bos dua2nya??
minat ni kayaknya,,
oiaaa sama bengkel yg rekomen dmn??
maaf ni banyak nanya,,
maklum newbie di bidang diesel,,
hehehe,,

kijang diesel maju terus!!!
hahaha,,
wadohhh, ane dah lupa tuh saat ganti injector itu abis berapa, krn dah cukup lama, sekitar th 98.

Saat ane rubah injector ama puli ac itu di salah satu beres, tepatnye di auto 2000 pluit. Nt tinggal tanyakan aja ama kepala bengkelnye ato sa nya abis berapa duit, trus tanyakan juga apakah masih bisa mengganti part yg dimaksud.

kaga usah pake minta maaf, krn ane dg senang ati menjawab pertanyaan nt ato siapapun juga selama ane tau. Jadi klo ane kaga tau yah ane mana bisa jawab. tul ga?. :e-think:

kijang diesel emang maju terus, klo kaga maju yah spt undur2 yg jalannye mundur.............. huehehehe............... :e-whistle:

btw kite udah ngobrol, tapi belon kenalan neh. Ane lupa.
met kenal bro bolakbalikmabok. met datang di sm.
Silahkan diminum kopinye.............. hehehe.......... (ceritanye nt berkunjung ke rumah ane neh).................. :ngacir: :ngacir:
bolakbalikmabok
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Mon Jan 12, 2009 4:56

Re: ASK: Performa Kijang Diesel 2L (HELP)

Post by bolakbalikmabok »

hahaha,,
makasi bos sjamsul yg berbaik hati menjawab pertanyaan2 saya,,
nama ane tito ni bang,,
kijang ane diesel tahun '97,,
nanti coba saya cek deh air radiator saya,,
tinggal water pump aja bos yg blum diperiksa,,
servis radiator udah,,
ganti tutup radiator udah,,
ganti selang radiator atas bawah pun udah bos,,

hidup kijang diesel!!
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: ASK: Performa Kijang Diesel 2L (HELP)

Post by sjamsul »

bolakbalikmabok wrote:hahaha,,
makasi bos sjamsul yg berbaik hati menjawab pertanyaan2 saya,,
nama ane tito ni bang,,
kijang ane diesel tahun '97,,
nanti coba saya cek deh air radiator saya,,
tinggal water pump aja bos yg blum diperiksa,,
servis radiator udah,,
ganti tutup radiator udah,,
ganti selang radiator atas bawah pun udah bos,,

hidup kijang diesel!!
jadi enaknye nt dipanggil tito ato bolakbalik mabok neh, spy ke depannya klo ane tulis jadi lbh enak lagi.

bearti mbl kite itu sama. Ane mo tanya neh, saat nt ganti air radiator apakah pembuangan yg di mesin dibuka juga, krn biasanye pada kaga tau. Biasanye klo pada kuras air radiator cuma yg dari radiatornye aja yg dibuka bautnye untuk membuang air. Padahal klo mo lbh baik lagi, maka pembuangan yg di mesin juga harus dibuka, spy sisa air yg ada di mesin bisa ikut diganti juga. Coba deh nt perhatikan saat abis ganti air radiator, maka tidak berapa lama lagi airnya dah menjadi kotor kembali. Spy airnye kaga gampang kotor, maka seharusnye sisa air yg di mesin diganti juga.

Barusan ane tulis di thread lain, klo sebaiknye nt periksa juga apakah ac mblnya ada masalah, krn salah satu sebab terjadinya panas adalah dari ac.

mudah2an bisa membantu. :e-whistle:
bunnyqqqqq
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Dec 16, 2008 10:46

Re: ASK: Performa Kijang Diesel 2L (HELP)

Post by bunnyqqqqq »

Turboman wrote:
pointone wrote: oh iya. sekarang ini mobil sudah jalan 220.000 km.
mengingat odometer mobil maka yg penting & utama adalah Revitalisasi mesin & Powertrain dulu.

Btw ada yg belum dijawab neh
1. Udah pernah purging belom ?
2. Ukuran ban yg skg dipake brp ?

Lalu juga :
1. Udah cek kondisi bearing2 di sekitar puli belom ?
2. Udah pernah kuras tangki & cuci sedimenter ?
3. Udah cek kondisi bearing roda ?
4. Kondisi pompa injeksi masih standard atau udah di oprek ?
Halo Mr pointtone, saran ane: ente jawab dulu pertanyaan dari Mr Turboman, doi sepuh tuh di dunia persilatan diesel, dah bantu ogut dgn sarannya waktu itu, ente bisa tanya lebih jauh dgn hasil sangat memuaskan asal dipraktekin.
qjank2L
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Oct 06, 2008 10:30

Re: ASK: Performa Kijang Diesel 2L (HELP)

Post by qjank2L »

Kijang 97 ku sdh 362450 KM . Pernah turun mesin di KM 265530.
Oli mesin pake Petronas Diesel CS3 yang nggak mahal, ganti tiap 5000 KM (Pake Meditran SX payah).
Masih ok lah dinikmati dgn sabar. Sabar juga disalip adik kelas Avanza di tol. Tapi urusan kestabilan para penumpang orang tua tetap bilang enak kijang nya dibanding avanza.

Plat kopling pake part Kijang kapsul 2000cc (lebih murah dari yang kopling kijang diesel nya).
Kalibrasi injektor sdh 2 kali. Test nozzel tiap 15000 KM sekalian ganti filter solar.
Nggak ngebul tuh. Soalnya di set standard 4 cc saat kalibrasi injektor.
Di tanjakan panjang KM 85 - 87 tol Cipularang : masih bisa lari maks 80-90KM/jam dgn gigi 5.

Air radiator kurang ?? :
paling kurang 1/2 - 1 gelas air saja tiap minggu. itupun kalo rutin geber 120 KM/jam.
Jadi tambahkan air saja rutin, sambil buka kap mesin minimal 1 kali dlm seminggu sekalian mesin dicuci / semprot air juga biar kinclong.
bolakbalikmabok
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Mon Jan 12, 2009 4:56

Re: ASK: Performa Kijang Diesel 2L (HELP)

Post by bolakbalikmabok »

sjamsul wrote:
bolakbalikmabok wrote:hahaha,,
makasi bos sjamsul yg berbaik hati menjawab pertanyaan2 saya,,
nama ane tito ni bang,,
kijang ane diesel tahun '97,,
nanti coba saya cek deh air radiator saya,,
tinggal water pump aja bos yg blum diperiksa,,
servis radiator udah,,
ganti tutup radiator udah,,
ganti selang radiator atas bawah pun udah bos,,

hidup kijang diesel!!
jadi enaknye nt dipanggil tito ato bolakbalik mabok neh, spy ke depannya klo ane tulis jadi lbh enak lagi.

bearti mbl kite itu sama. Ane mo tanya neh, saat nt ganti air radiator apakah pembuangan yg di mesin dibuka juga, krn biasanye pada kaga tau. Biasanye klo pada kuras air radiator cuma yg dari radiatornye aja yg dibuka bautnye untuk membuang air. Padahal klo mo lbh baik lagi, maka pembuangan yg di mesin juga harus dibuka, spy sisa air yg ada di mesin bisa ikut diganti juga. Coba deh nt perhatikan saat abis ganti air radiator, maka tidak berapa lama lagi airnya dah menjadi kotor kembali. Spy airnye kaga gampang kotor, maka seharusnye sisa air yg di mesin diganti juga.

Barusan ane tulis di thread lain, klo sebaiknye nt periksa juga apakah ac mblnya ada masalah, krn salah satu sebab terjadinya panas adalah dari ac.

mudah2an bisa membantu. :e-whistle:

panggil ane tito aje om,,
wahhh kurang ngerti om,,
biasanya buka drmn yha kalo yg dari mesin??
soalnya ane kuras skalian servis tu radiator,,
jadi kan diangkat tuh radiator,,
trus diisi terus pake air,,
biar kotoran2 pada keluar,,

ohh ac jg berpengaruh yha om??
waduhhh ane nabung dulu deh,,
thanx om atas infonya,,
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: ASK: Performa Kijang Diesel 2L (HELP)

Post by sjamsul »

bolakbalikmabok wrote: panggil ane tito aje om,,
wahhh kurang ngerti om,,
biasanya buka drmn yha kalo yg dari mesin??
soalnya ane kuras skalian servis tu radiator,,
jadi kan diangkat tuh radiator,,
trus diisi terus pake air,,
biar kotoran2 pada keluar,,

ohh ac jg berpengaruh yha om??
waduhhh ane nabung dulu deh,,
thanx om atas infonya,,
begini neh dik tito, sebelumnya ane kasih tau dulu perbedaan kiri ama kanan. Klo mo beli spare part khan suka binun yg mana yg kiri ato kanan. Jadi patokan klo mo beli spare part itu adalah stir. Di negri kite khan stirnye di sebelah kanan. tul ga?. So klo mo beli lampu kanan, bearti lurus dari stir adalah lampu kanan. Ampe sini ngarti yah.

Pembuangan air yg dari mesin itu ada di sebelah kiri mesin. Di dekat bawah ato menjelang bagian bawah mesin kiri ada 1 baut pembuangan air yg berasal dari radiator trus mengalir ke mesin. Baut ini jarang sekali yg perhatikan saat ganti air radiator. Padahal klo ganti air radiator dg mengandalkan baut pembuangan yg dari radiator aja itu kurang bersih, shg mengakibatkan dlm jangka wkt yg tidak lama air radiator terkesan sdh kotor kembali. Nah dgn membuka baut tsb maka penggantian air radiator akan menjadi lbh baik, apalagi klo dipakein radiator coolant.

Klo ac itu sebaiknya diperiksa dulu ke tukang ac, ini hanya kemungkinan aja yah. Ane pernah mengalami panas mesin (di kijang buaya) gara2 otomatis acnya kurang baik, tapi saat itu ane belon pakein idle up di mbl tsb.
Nt kaga usah pake nabung dulu buat betulin ac, pakein aja duit yg nt biasa taro di bawah bantal ato di tempat beras....... huehehehehe.....................(jk)........

mudah2an bisa membantu. :e-whistle:
qjank2L
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Oct 06, 2008 10:30

Re: ASK: Performa Kijang Diesel 2L (HELP)

Post by qjank2L »

Buat kawan-kawan yang masih sayang dengan kijang kapsul Diesel nya dan seneng ngotak-ngatik :

- Mau gurah saluran penafasan / diesel purge bisa juga ke :
bengkel Otomotif Service Station Jl. Panjang no.8A (Ade Rahmat)

- Mau bikin lampu 60W/55W head lamp lbh terang (nggak perlu pakai H4 100w/145W > reflektor / mika cepet rusak atau pakai HID lamp) , bisa pake halogen booster Brightworks , type H2R H4. Rp.550,000. Jln . Kembangan Raya 23 Jakarta Barat, 021-58356014-5 , 081586274364.

- Mau ganti mesin pake mesin Innova D4D , beli mesin 2nd nya ke Dua Sekawan Motor (H.Agus),
Jl. Raya Joglo no.27 Jakarta Barat, 021-5858601, 5868287, 5842741.

- Mau tambah lebih irit dgn system water / methanol injection ke intake manifold seperti di gasoline engine :
pasang Electrolyzer > injeksi gas HHO (hidrogen) ke intake manifold.
Kontak : Futung Mustari , UFUK-Pejaten , 021-95355214

OK, jangan dikau sia-siakan dieselmu, jadikan "Diesel yang baik"
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: ASK: Performa Kijang Diesel 2L (HELP)

Post by sjamsul »

qjank2L wrote:Buat kawan-kawan yang masih sayang dengan kijang kapsul Diesel nya dan seneng ngotak-ngatik :

-- Mau bikin lampu 60W/55W head lamp lbh terang (nggak perlu pakai H4 100w/145W > reflektor / mika cepet rusak atau pakai HID lamp) , bisa pake halogen booster Brightworks , type H2R H4. Rp.550,000. Jln . Kembangan Raya 23 Jakarta Barat, 021-58356014-5 , 081586274364.

OK, jangan dikau sia-siakan dieselmu, jadikan "Diesel yang baik"
Emangnye dg lampu yg cuma 60w/55 trus pake booster bisa mengalahkan terangnya yg H4 145/100 w ? :e-think: :e-think:
Seterang2nye lampu h4 60/55w jika dibandingkan dg yg 145/100, yah jauh dunk, wlp yg 60/55 w dah pake booster. Lagian pula salah satu kelemahan bosster ini adalah selain mahal, juga cepat panas, krn terlalu dipaksakan. Mahalnye itu kaga sebanding antara uang yg dikeluarkan dg hasil yg didapat. Ane masih binun klo nt bilang dg pake bohlam yg 145/100w itu reflektor ato mika cepat rusak. Rusak yg gimana yah?. :e-think: :e-think:

Kebetulan mbl ane kijang kapsul diesel th 97, trus headlamp ane ganti dg yg bikinan taiwan sekitar th 2000. Ampe sekarang tuh headlamp masih utuh, kaga ada tanda2 reflektor rusak. Trus teman2 ane di kijang innova yg headlampnya bukan dari kaca ato pake mika, diganti dg yg lbh besar wattnye kaga apa2 tuh. :e-doh: :e-doh:
nicedrive
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Feb 13, 2009 21:17

Re: ASK: Performa Kijang Diesel 2L (HELP)

Post by nicedrive »

Sdh 3 minggu terakhir kemarin, :
- kalo start mesin pagi : putaran stater agak lambat , jadi baru 5-6 detik bisa hidup.
- suara mesin ada bunyi berisik spt bearing sekitar kompressor AC yang rusak.

Kemudian ta lihat dulu catatan sercive record & penggantian spare part di file komputer (Jum'at 13 Feb 2009):
- Accu Massive 65D26R / NS70 , 12V, 65Ah : 23 Mei 2007, KM 291309 > terhitung sdh dipake jalan 75259 KM, 632 hari.
- Timing belt, Belt tensioner, V belt set : 31 Oct 2006, KM 265530 > terhitung sdh dipake jalan 101038 KM, 836 hari.

Hari Sabtu pagi :
saat start mesin, nggak kuat stater. Accu Massive dilepas, Pinjam dulu sebentar accu mobil lainnya.
Setelah mesin hidup dan dalam keadaan tetap hidup, accu pinjaman dilepas, pasang lagi accu massive nya.

Jalan deh cari spare parts ke daerah Sawah besar.
1.Cek pengisian dynamo > OK, cek kondisi Accu nya. Ternyata memang 1 cell nya sdh rusak jadi nggak bisa simpan arus lama semaleman.
Beli accu baru G Force 65D26R / NS70 , 12V, 65Ah : Rp. 450rb (sdh termasuk harga accu Massive lama yang ditinggal/dibeli).
Beli di toko Bosco dekat per4an Hayam Wuruk.

2. Kemudian ke Mandala Jaya AC mobil di per4an Pecenongan :
tanya problem suara berisik sekitar kompressor AC , disarankan ganti V belt fan nya.

Setelah itu telp dulu ke 3 toko spare parts toyota di Senen Lama, Senen Atrium, PMK untuk cek harga Timing belt, tensioner, V belt set.

Meluncurlah ke Sawah Besar Muzatek, dapat sparepart yang lbh murah :
- Timing Belt TOYOTA 13568-59106 : Rp. 250rb
- Belt Tensioner NSK Japan 62TB0813BO 1A EA7L : Rp. 130rb.
- V belt set Toyota (4 pcs) : Rp. 140rb
V belt buat fan/dynamo (2 pcs), buat Pwr steering (1 pc), buat Kompressor AC (1pc)
- Filter solar Toyota : Rp. 75rb.

Hari Minggu ta bawa spare parts tsb ke bengkel diesel sekalian tune-up.
- Ganti/pasang timing belt set, Test nozzel 4 buah, Ganti saringan solar > ongkos Rp. 169rb .

Sekarang :
- Start pagi cukup dlm 2 detik langsung mesin hidup. Kenceng lagi staternya (Accu baru sih).
- Suara berisik hilang, hanya suara gemeretak khas mesin diesel kijang 2L.

Siap dilanjut pake kijang dieselnya untuk 100000 KM berikutnya.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: ASK: Performa Kijang Diesel 2L (HELP)

Post by sjamsul »

@nicedrive:

ane khawatir dg timing belt yg nt beli, ada kemungkinan aspal mengingat harganya di bawah harga yg seharusnya. Salah satu ciri yg asli itu tulisannya lbh jelas n kaga gampang ilang. Takutnya krn beda harga yg relatip sedikit, bisa menyebabkan kerugian yg besar, oleh sebab itu klo nt mo beli timing belt jangan beli yg paling murah, tapi belilah yg asli, klo perlu belilah di auto 2000 yg secara harga emang lbh mahal, tapi nt akan mendapatkan barang yg ASLI bukan yg aspal (bukan promosiin auto 2000 yah).

untuk aki ane perkirakan umurnya kaga ampe 2 th, krn saat diisi nt langsung pake.

untuk solar filter ane pastikan nt beli bukan yg asli, tapi imitasi.

mudah2an masukan ini berguna buat nt, krn sesama pemake kijang diesel harus saling mendukung...hehehe.... :big_peace:
nicedrive
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Feb 13, 2009 21:17

Re: ASK: Performa Kijang Diesel 2L (HELP)

Post by nicedrive »

Bang Sjam,

Timing belt nya ada tulisan Tsubaki. Yang sebelumnya juga begitu.
Ada sticker buat tulis nanti tanggal penggantian & KM penggantian.
Sudah cek ke lain toko, ada yang kasih harga 270rb, ada yang 310rb, ada yang 285rb, ada yang 330rb.
Kadang toko suka refer ke price list spare part terbaru yang bilangnya sdh ada kenaikkan dari Toyota Astra nya. Dan kenyataannya memang Toyota Astra demeng banget sama naikkan harga spareparts (itu sumber duit nya, bukan dari jual mobil baru nya).
Mungkin seni menawar juga berperan dan mungkin juga dipenjual belum up grade price list nya, atau si toko berikan murah karena sdh lama simpenan spareparts nya yang bergerak dibeli.

Kalo tensioner memang ditawarkan ada pilihan : Asli Toyota atau NSK Japan (lbh murah). Isi nya yang Asli Toyota ya NSK juga produk nya.

Kalo ke Auto2000 : kijang saya ini sdh jadul (thn 97). Mungkin saja nggak dianggep lagi nanti saat service nya ......he.....he.....he......

Ya, sesama pemake perlu sharing info nya, nasehat-menasehati.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: ASK: Performa Kijang Diesel 2L (HELP)

Post by sjamsul »

nicedrive wrote:Bang Sjam,

Timing belt nya ada tulisan Tsubaki. Yang sebelumnya juga begitu.
Ada sticker buat tulis nanti tanggal penggantian & KM penggantian.
Sudah cek ke lain toko, ada yang kasih harga 270rb, ada yang 310rb, ada yang 285rb, ada yang 330rb.
Kadang toko suka refer ke price list spare part terbaru yang bilangnya sdh ada kenaikkan dari Toyota Astra nya. Dan kenyataannya memang Toyota Astra demeng banget sama naikkan harga spareparts (itu sumber duit nya, bukan dari jual mobil baru nya).
Mungkin seni menawar juga berperan dan mungkin juga dipenjual belum up grade price list nya, atau si toko berikan murah karena sdh lama simpenan spareparts nya yang bergerak dibeli.

Kalo tensioner memang ditawarkan ada pilihan : Asli Toyota atau NSK Japan (lbh murah). Isi nya yang Asli Toyota ya NSK juga produk nya.

Kalo ke Auto2000 : kijang saya ini sdh jadul (thn 97). Mungkin saja nggak dianggep lagi nanti saat service nya ......he.....he.....he......

Ya, sesama pemake perlu sharing info nya, nasehat-menasehati.
sedikit tips saat ane beli timing belt. Di toko langganan ane dikasih tau bedanya, jadi yg benar2 asli n aspal. Yg secara orang awam spt ane ini klo kaga dikasih tau ama toko langganan ane yah udah pasti ketepu, krn klo kaga dibandingkan ane jamin deh nt kaga bakalan tau, taunya nanti saat tiba2 itu timing beltnya putus tiba2 (bukan nyumpain yah). Tapi mudah2an aja nt kaga dapat yg palsu. Jadi dalam hal ini bukannya seni menawar, tapi seni melihat ato mengetahui mana barang yg benar2 asli n mana yg aspal.

Klo tensioner sih kaga masalah, yg penting NSK yg asli bukan yg palsu.

Sama dung, kijang ane juga th 97, tapi klo ane ke auto 2000 mereka masih melayani dg baik lohhh, krn mereka bukan melihat th pembuatannya, tapi memang mereka dah terlatih buat melayani customer dg baik. :big_peace: