(ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Sembren
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat Apr 06, 2013 3:27

(ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Sembren »

Salam dari saya di malang, kali aja ada yang sama dari malang,hehe..,gini mas,saya kan baru dapet kijang kapsul LX 2001 1.8 bensin ,kilometer udah 174 ribuan,mesin2 sih menurut temen montir masih oke,tapi yang bikin risih, kok tiap pagi ama abis lama berhenti,pertama start mesin selalu ada bunyi ngletek2 gitu ya mas,emang durasi nggaknya lama,sekitar1-2 menitan,tapi tetap aja bikin telinga geli,malah pernah ama tetangga dikira mesin solar,wkwkwkwkwk,udah ganti belt nya 2 biji,tapi tetep aja masih bunyi,kata temen2 montir lainnya, bunyi itu dari hydrolis oli yang lagi mompa oli,mungkin oli nya terlalu kental,nggak masalah terangnya,nah apa betul itu nggak jadi masalah ya mas2,oli nya pake P XP SAE 20w50,itu dari yang punya mobil sebelum saya beli,mungkin ada masukan dari mas2 pakar mesin kijang yang bisa saya jadikan solusi,minimal buat bahan sharing dengan temen montir nanti,matur nuwun...
User avatar
OakTree25
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 738
Joined: Sun Mar 24, 2013 13:28
Location: Leica HQ

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by OakTree25 »

hmmmm bunyi tek2 gitu ooom?

bisa dicoba pake oli enceran aja oom..

mungkin 10w-40 semi syn om..

untuk spec oli yang tepatnya bisa tanya ke @turboman oom
Image
Sembren
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat Apr 06, 2013 3:27

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Sembren »

Nah itu dia om,ya klo masalah bunyinya emang dari jenis oli,ayas (dibalik baca nya ya) mau ke montir lagi masih belum ada dana om.. :mky_03: ,maksudnya mau mastiin kenapa kok bisa begitu,mungkin om2 dsni udah punya pengalaman kayak saya juga :mky_01:
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by kapsul 97 »

Ha ha ha ....
Coba bantu jawab ya mas, jawab nya ya ga usah pusing, khawatir, cemas, dan sebagai nya, mesin kijang itu memang seperti itu kalo pagi baru dinyalakan atau habis berhenti lama, pertama : karena oli memang belum bersikulasi secara keseluruhan sehingga suara tek tek tek itu adalah suara klep yang nanti kalo sudah terlumasi akan hilang bunyi nya. Pun klep tersebut juga ga perlu di stel stel lagi nantinya, krena kijang sudah menganut sistem HLA nama nya, Hydraulic Lift Adjuster, lebih detail nya apq dan bagaimana kerjanya biar rekan2 lain yg akan jelaskan.

Kedua : bunyi di pagi hari atai setelah lama berhenti bisa krena rantai keteng belum terlumasi secara keseluruhan, sehingga menyebabkan suara seperti rantai beradu, solusi nya : gunakan filter oli yg ukurannya lebih kecil sehingga suara rantai beradu itu tidak terlalu panjang durasi nya. Solusi kedua, coba cek tensioner dari rante keteng tersebut apakah masih atau tidak, tapi info saja, rante keteng bunyi pada kijang saat pertama kali mesin menyala adalah common.

Semoga mencerahkan, mastah mastah yang lain mohon bantuan input nya ya ^_^
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by kapsul 97 »

Oh ya, mengenai oli, pastikan jangan menggunakan oli yang terlalu encer seperti layaknya mobil2 jaman sekarang, karena dijamin akan lebih 'meriah' mesin nya ^_^
Sembren
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat Apr 06, 2013 3:27

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Sembren »

kapsul 97 wrote:Oh ya, mengenai oli, pastikan jangan menggunakan oli yang terlalu encer seperti layaknya mobil2 jaman sekarang, karena dijamin akan lebih 'meriah' mesin nya ^_^
Ko emang mau ganti oli,trus yang tipe berapa2 bagusnya om,terus terang ayas masih baru punya mobil,bekas lagi :mky_01: ,kok udah ada yang nggak pas di kuping, :mky_03: emang betul om ,suaranya karyak rante beradu,klo udah common,berarti nggak bisa di ilangi ";gitunya" donk om... :ungg:
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by kapsul 97 »

Oli pake yg 20-50 cukup kok, saya biasanya pake shell yg kuning dah okay

Untuk HLA memang iya ga akan bisa hilang, krena memang mobil tahun produksi segitu ya begitu ^_^

Tapi untuk rante keteng mungkiin bisa hilang, walopun ini juga 'ciri khas' kijang lawas ya, tapi ga ada salah nya ciba cek rante keteng nya apakah masih bagus atau tidak, apakah itu tesioner nya, dsb..

Semoga membantu
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by DOHC »

shell kuning kayanya 15W-40 bro...

yg merah kalo ga salah baru yg 20W itu..

imaly..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Turboman »

Bisa jadi HLA nya dah kotor / mampet salurannya.

Coba flush aja pake engine flush, idle 40 menit

Abis itu sebaiknya pakai oli 10W40 or at least 15W40 dan jangan pakai 20w50..........
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by kapsul 97 »

@Oom DOHC : salah ya he he he, trims wat koreksi nya.. @TS : pokoknya shell kuning lah he he he
User avatar
OakTree25
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 738
Joined: Sun Mar 24, 2013 13:28
Location: Leica HQ

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by OakTree25 »

Turboman wrote:Bisa jadi HLA nya dah kotor / mampet salurannya.

Coba flush aja pake engine flush, idle 40 menit

Abis itu sebaiknya pakai oli 10W40 or at least 15W40 dan jangan pakai 20w50..........

nahh iya om 10w40 aja om...kalo20w50 terlalu kental oomm viskositasnya.. :mky_01:
Image
Sembren
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat Apr 06, 2013 3:27

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Sembren »

Turboman wrote:Bisa jadi HLA nya dah kotor / mampet salurannya.

Coba flush aja pake engine flush, idle 40 menit

Abis itu sebaiknya pakai oli 10W40 or at least 15W40 dan jangan pakai 20w50..........
Oke om makasih banget saran and tips nya,ntar saya coba omongkan ke montir nya (kira2 ngerti nggak ya dengan istilah2 di atas,coz di malang jarang banget montir2 yang pke istilah2 bahasa kayak inggris gitu,beda lokasi beda istilah bengkel2nya om) pernah saya urun rembug nanya2 masalah ini,saya ngomong tentang HLA, nyambungnya malah HVA, :mky_04: ,tambah bingung ayas apa'an lagi HVA :mky_01: (emang ada ya) :wkkk:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Turboman »

Sembren wrote:
Turboman wrote:Bisa jadi HLA nya dah kotor / mampet salurannya.

Coba flush aja pake engine flush, idle 40 menit

Abis itu sebaiknya pakai oli 10W40 or at least 15W40 dan jangan pakai 20w50..........
Oke om makasih banget saran and tips nya,ntar saya coba omongkan ke montir nya (kira2 ngerti nggak ya dengan istilah2 di atas,coz di malang jarang banget montir2 yang pke istilah2 bahasa kayak inggris gitu,beda lokasi beda istilah bengkel2nya om) pernah saya urun rembug nanya2 masalah ini,saya ngomong tentang HLA, nyambungnya malah HVA, :mky_04: ,tambah bingung ayas apa'an lagi HVA :mky_01: (emang ada ya) :wkkk:
Montir ??

Lakukan sendiri aja um, sangat simple

Ke toko oli, beli engine flush, tuang ke oli mesin, idupin mesin scr idle 40 menit, then matikan mesin, buang oli, ganti filter oli, masukkan oli baru.
Sembren
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat Apr 06, 2013 3:27

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Sembren »

Turboman wrote:
Sembren wrote:
Turboman wrote:Bisa jadi HLA nya dah kotor / mampet salurannya.

Coba flush aja pake engine flush, idle 40 menit

Abis itu sebaiknya pakai oli 10W40 or at least 15W40 dan jangan pakai 20w50..........
Oke om makasih banget saran and tips nya,ntar saya coba omongkan ke montir nya (kira2 ngerti nggak ya dengan istilah2 di atas,coz di malang jarang banget montir2 yang pke istilah2 bahasa kayak inggris gitu,beda lokasi beda istilah bengkel2nya om) pernah saya urun rembug nanya2 masalah ini,saya ngomong tentang HLA, nyambungnya malah HVA, :mky_04: ,tambah bingung ayas apa'an lagi HVA :mky_01: (emang ada ya) :wkkk:
Montir ??

Lakukan sendiri aja um, sangat simple

Ke toko oli, beli engine flush, tuang ke oli mesin, idupin mesin scr idle 40 menit, then matikan mesin, buang oli, ganti filter oli, masukkan oli baru.
Wah2, nggak lah om,belum berani saya,masih buta banget tentang mobil (maklum baru punya :mky_01: ),apalagi tentang perawatan2 mesin gini,makanya saya masuk forum ini biar dapet ilmu dikit2,tentu dengan panduan montirnya,btw istilah "idle" itu mesin idup tapi nggak di gas gitu ya om,trus yang "stasioner" itu gimana lagi?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Turboman »

Sembren wrote: Wah2, nggak lah om,belum berani saya,masih buta banget tentang mobil (maklum baru punya :mky_01: ),apalagi tentang perawatan2 mesin gini,makanya saya masuk forum ini biar dapet ilmu dikit2,tentu dengan panduan montirnya,btw istilah "idle" itu mesin idup tapi nggak di gas gitu ya om,trus yang "stasioner" itu gimana lagi?
idle = stasioner

Nge flush mesin sih lakukan sendiri azaaa, intinya cuman tuang ke oli mesin, idle 40 menit, buang oli mesin, ganti filter oli, masukkin oli baru + filter baru

Beres
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by DOHC »

40 menit ga kelamaan tuh om ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Turboman »

DOHC wrote:40 menit ga kelamaan tuh om ??
Kalo HLA dah mampet ya mesti lebih lama dr biasanya
Sembren
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat Apr 06, 2013 3:27

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Sembren »

Okelah makasih para pakar2 semuanya, dengan begini sedikit gundah di hati ter obati,ternyata masalah di mobil saya cuma masalah biasa yang sering terjadi pada mobil2 lain sejenisnya,emang dasar aq nya aja yang terlalu kawatir (maklum baru punya mobil :big_peace: ) semoga posting/thread ini bisa bermanfaat bagi yang mau mendapat pengetahuan2 tentang kendaraannya...
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Nightster Guy »

Hmmm 7K-E yah..

Dr 95 piara 'little hulk' 7K, skarang masih miara sebiji di Manado. Mesin pekerja sejati. Kebandelannya luar biasa dipadu kemudahan dan kesederhanaan SOP maintenance.

Tenang aja, kletek2 gituan memang udah defaultnya K series kl udah di atas 100an ribu kilo. Piaraan sy yg di Manado masuk di 180an rb KM, akte '97. Sama, berisik saat 4-5 menit pertama hahahaha ...

Asalnya dr mana? Tersangka utama bunyi pesta di K series biasanya si tensioner alias pengatur ketegangan timing chain alias rantai keteng.

Apanya yg bunyi? Asalnya dr benturan antara ebonit tatakan rantai vs rumah tensioner, saat as tensioner bermain menahan rantai (susah ngebayangin tanpa pict yah hehe ...)

Kok bunyi? Rantai keteng udah berumur, rada melar, akibatnya si tensioner bertambah beban kerjanya. Per di dalam bodinya kalah.

Solusi? Ganti tensioner.

Kl dibiarin gakpapa? YA. Gakpapa, geli di kuping aja.
Das Beste oder nichts.
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by kapsul 97 »

mantaabbzzz ... momod mastah nya pada keluar nih Oom Sembren ... :mky_02:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by maskopat »

kapsul 97 wrote:mantaabbzzz ... momod mastah nya pada keluar nih Oom Sembren ... :mky_02:
untung gak ada yang ngusulin lembiru sama mikugra.... :big_weee:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2283
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by ilhami »

punya saya bunyi tek tek biasanya kalau sudah dekat masa ganti oli. Apa ada pengaruh nya ya antara kualitas oli dengan bunyi bunyi itu.
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3144
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by walid_007 »

sorry ,sebagai mantan pengguna mau meluruskan walaupun pake yg krista :big_smoking:

LX 2001= brarti masih pake KARBU = 7K TAMPA EFI

menurut saya pemompaan olinya masi pake makanikal ato sistem sentifungal,,
jadi pengoli annya masih agak lama dbanding yg EFI yg udah pake lifter yang mungkin hanya butuh waktu 2 detik aja.. intinya untuk menjadi lumrah dan gak masalah ,,ini memang kodratnya :wkkk:

dan katanya juga gak bunyi terus?? jadi juga gak masalah,, yang jadi masalah kalo bunyi terus brarti pernah nabrak keras :big_peace:

solusi : bisa pake oli 10 W 40 ,,yang direkomendasikan di lgx ato krista,,
tapi lebih jelasny bisa tanya ke a2k
solusi tambahan :
pake oli MOTUL :big_peace: 10 W 40 full syntetec ambil yang multi power plus....ezt tapi perlu diingat HARUS YANG ASLI 100% karena ini oli cukup sulit nyari aslinya dan yang jual
biasanya kalo assli tu stiker bisa dibuka buka seperti buku ,, ya tau sendiri lah
rasakan perubahannya
+ ganti filter asli toyota

sorry kalo ada salah kata
engine roaring!
Sembren
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat Apr 06, 2013 3:27

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Sembren »

Nightster Guy wrote:Hmmm 7K-E yah..

Dr 95 piara 'little hulk' 7K, skarang masih miara sebiji di Manado. Mesin pekerja sejati. Kebandelannya luar biasa dipadu kemudahan dan kesederhanaan SOP maintenance.

Tenang aja, kletek2 gituan memang udah defaultnya K series kl udah di atas 100an ribu kilo. Piaraan sy yg di Manado masuk di 180an rb KM, akte '97. Sama, berisik saat 4-5 menit pertama hahahaha ...

Asalnya dr mana? Tersangka utama bunyi pesta di K series biasanya si tensioner alias pengatur ketegangan timing chain alias rantai keteng.

Apanya yg bunyi? Asalnya dr benturan antara ebonit tatakan rantai vs rumah tensioner, saat as tensioner bermain menahan rantai (susah ngebayangin tanpa pict yah hehe ...)

Kok bunyi? Rantai keteng udah berumur, rada melar, akibatnya si tensioner bertambah beban kerjanya. Per di dalam bodinya kalah.

Solusi? Ganti tensioner.

Kl dibiarin gakpapa? YA. Gakpapa, geli di kuping aja.
Wuih mantabs oom.. :off_good_job: ,penjelasan langsung dengan solusi, :frm_tumbleft: , emang sebelum ganti belt2 nya,bunyi ngleteknya rada2 pelan om,malah setelah ganti belt2 baru,( yang tengah ama yang belakang,yang depan deket kipas nggak) jadi tambah ketara bunyinya,belum nanya lagi se ama montir yang milih dan masang belt nya itu,karena sungkan kata orang jawa,akut dikira sok tau karena baru punya mobil, emang setelan belt2 yang di pully itu pengaruh ya om?
Sembren
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat Apr 06, 2013 3:27

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Sembren »

walid_007 wrote:sorry ,sebagai mantan pengguna mau meluruskan walaupun pake yg krista :big_smoking:

LX 2001= brarti masih pake KARBU = 7K TAMPA EFI

menurut saya pemompaan olinya masi pake makanikal ato sistem sentifungal,,
jadi pengoli annya masih agak lama dbanding yg EFI yg udah pake lifter yang mungkin hanya butuh waktu 2 detik aja.. intinya untuk menjadi lumrah dan gak masalah ,,ini memang kodratnya :wkkk:

dan katanya juga gak bunyi terus?? jadi juga gak masalah,, yang jadi masalah kalo bunyi terus brarti pernah nabrak keras :big_peace:

solusi : bisa pake oli 10 W 40 ,,yang direkomendasikan di lgx ato krista,,
tapi lebih jelasny bisa tanya ke a2k
solusi tambahan :
pake oli MOTUL :big_peace: 10 W 40 full syntetec ambil yang multi power plus....ezt tapi perlu diingat HARUS YANG ASLI 100% karena ini oli cukup sulit nyari aslinya dan yang jual
biasanya kalo assli tu stiker bisa dibuka buka seperti buku ,, ya tau sendiri lah
rasakan perubahannya
+ ganti filter asli toyota

sorry kalo ada salah kata
Ini filter maksud nya filter oli ya om,pernah tanya2 tentang oli motul itu ama temen yang udh make,harganya 250 rb ya om? :ungg: