Page 1 of 2

Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Thu Jul 10, 2008 23:01
by FARID
BRO mohon info dan harga,review mesin+kaki2+handling+perawatan.....

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Mon Jul 14, 2008 8:11
by andy1800
Hi-Sporty plg banyak th '97 (circa 96-98-99?)
harga 50-55 jt sblm BBM naik, tp nampaknya skrg sudah menjadi sktar 60-65 jtan.

keluarga (chasis & body) Panther Kotak kodenya adlh TBR-54...sedangkan mulai kapsul adlh TBR-541
Hi-sporty, adlh (Grand) Royale yg digedein, di-add-on, ditampang jeep kan....dengan velg & ban juga membesar.
sedangkan mesin, transmisi, dan kaki2...sama persis..kecuali di-body lift, dan per (daun) yg lbh tinggi

Engine yg ditanamkan ke mobil TBR-54 ini adalah 4JA1 (lupa. tp nampaknya sama dg kapsul ya...CMIIW)
mesin diesel konvensional 2500 cc, dg direct injection ini bila utk mentenagai body standar akan cukup berasa gahar.
terutama kalau disetting "voor" dikit ya.
namun daya mesinnya menjadi berasa agak berat kl utk narik Hi-Sporty yg lbh "berbobot".....

oiya, satu "rahasia" kecil, adalah adanya Bug, di jeroan injektor Zyxel-nya...sampai produksi pertengahan 97, per-nya defect. mudah patah tiba2. per-nya sih tidak mahal, tp kalau nggak nyadar patahnya, maka bisa kena ke rotor injektornya... ini yg kadang dikelluhkan sbg mahal ongkosnya...kira2 2jt an utk pengantian rotor ini, plus kalibrasi injektor.
namun setelah masa produksi yg itu, per-nya sudah oke.
jadi, perlu dicek apakah udah diganti atau belum...kalau belum, langsung ganti saja...4 per mgkin cuma sktr 250 rb.

pada dasarnya keluarga TBR-54 dgn engine-nya tersebut adalah kendaraan yg sangat bandel..proven.
purging (pembersihan saluran2 mikro jalur BBM) kira2 per 6 bulan (?) sekali adalah kewajiban...(silakan baca artikel2nya TurboMan)
krn kualitas solar Ina angin2an, maka yg wajib diganti realtif sering adalah Filter Solar

Pada kaki2, krn Hi-Sporty dipakai utk menggerakkan ban yg jauh lbh gede padahal bearing nya sama saja dg Royale, maka Hi-Sporty akan sedikit lebih sering minta ganti bearing.

suspensinya cukup soft dibanding kijang kapsul. ada sedikit "rasa eropa", boleh dibilang kelembutannya kira* 1/2 nya Pug deh....heuheheh.
namun, keempukannya ini juga sering dituduh membuat krg enak ketika cruising, jadi berasa mengayun.
terus terang, ketika naik panther pd awal kemunculannya dulu, untuk pertama kali (dan sekali2nya) gw mabok (darat), ya krn naik panther itu..... heuheheh.
tp habis itu enggak pernah lagi.

feature interior Hi-Sporty udah otomatis kelas plg lengkap yaitu: AC DB, PW di 4 pintu.
mutu (build) interior standar panther adalah kalah jauh, dibanding kijangs kapsul (LGX) series yg mampu bertahan belasan tahun.
sedangkan panther, sekarang pasti jok & door trimnya udah byk amburadul.


namun layout interior, lbh lega.. di kelasnya, lega-nya leg-space baris keduanya nggak ada yg ngalahin.
boleh dibilang, panther udah mengadopsi desain flat-deck.
jok belakang saling hadap2an spt pada kijang LX
kalau nggak suka begitu, masih bisa modif (diganti) utk jadi hadap depan, meskipun perlu jg dipikirkan bagaimana sebaiknya akses ke baris ketiga tsb.


FC luar kota, kl gw yg setir, Grand Royale rata2 dapat 1:16
sedangkan Hi-Sporty, krn lbh "berbobot" wajar saja kalau kurang dr itu, tapi, kalau cuma utk mencapai 1:14 sih, masih enteeeng.

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Mon Jul 14, 2008 8:16
by GTR
tapi flat deck lain loh,,, bukan spt stream / civic / vios..
ini mirip flat deck nya Pick up, jadi tinggi deck nya..
setirnya sporty/Hi-sporty suka "narik2" kiri kanan kalo jalan gelombang..

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Mon Jul 14, 2008 8:34
by andy1800
iya...makanya, maksdunya, hanya "boleh dibilang"....atau flat-deck dlm tanda kutip.
tapi itu sudah mebuat perbedan yg nyata, biasanya menjadi space-wise, dibanding toyotas.

yup..stirnya tidak mengadopsi rack & pinion...tp recirculating ball & nut (pake rumah setir gitu deh)...
yg kalau utk mobil kelas atas dimaksdukan spy getaran roda nggak nyampe ke setir.
masalahnya panther bukan kelas atas, jd ya "seadanya" saja bikin recirculating-ball-&-nut nya...heuheheh

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Mon Jul 14, 2008 8:37
by GTR
iya, bener.
stirnya ga akurat banget, kalo lagi jalan lurus, setirnya digoyang2 (dibelokin) kiri kanan dikit2 aja mobilnya tetep jalan lurus, he3 parah.

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Wed Jul 16, 2008 15:53
by FARID
KALO BELI PANTHER BEKAS(HI-SPORTY) yang masuk dalam daftar check dan harus diganti apa bro?

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Wed Jul 16, 2008 15:58
by andy1800
checklist standar saja, spt mobil lainnya

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Wed Jul 16, 2008 19:43
by Risol1
Buset dah....bro Andy ternyata masternya Panther toh..... :off_good_job:

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Fri Jul 18, 2008 5:43
by Bagar
bro..
kalau ada yang mau jual panther hi sporty boleh nih hubungi saya. kalau bisa antara taun 97-2000 warnanya yang biru atau abu abu metalik, lebih disukai pelat nomor D atau B juga ga apa2 asal harganya lebih menarik.
lagi butuh cepet2 nih! :ngacir:

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Sun Jul 27, 2008 15:01
by FARID
bro bagar udah dapat panthernya, kalo udah dapat direview ya.

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Mon Jun 07, 2010 2:09
by f10a
Permisi, mau nanya2,yang dimaksud dg lemah di komponen kaki2 itu komponen apa aja? Gmn sdg bearing, tie rod, shockbreaker standar, dan per keongnya? mohon reviewnya...

Gmn dg panther touring yg scara dimensi jg "sdikit" lbh besar dibanding dg jenis lain kluaran th yg sama? apakah kaki2nya jg punya masalah yg sama dg hi sporty?

Maturnuwun

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Mon Jun 07, 2010 3:44
by m4rio
f10a wrote:Permisi, mau nanya2,yang dimaksud dg lemah di komponen kaki2 itu komponen apa aja? Gmn sdg bearing, tie rod, shockbreaker standar, dan per keongnya? mohon reviewnya...

Gmn dg panther touring yg scara dimensi jg "sdikit" lbh besar dibanding dg jenis lain kluaran th yg sama? apakah kaki2nya jg punya masalah yg sama dg hi sporty?

Maturnuwun

komponen kaki kaki ya seperti ball joint, tie rod, long tie rod shock absorber, dll.
oh ya broo. panther gk pake per keong broo. dia suspensi depan typenya kalo gk salah double wishbone with torsion bar, jadi dia gk pake per keong tapi cuman shock absorber aja.

kalo gecek komponen kaki kaki juga gampang kok broo.
1. kalo mau cek bearing bisa dengan cara angkat ban trus gerakin ban atas bawah pake tangan nah kalo ada oblak berarti bearingnya udah kemakan ( kalo rusaknya belom parah ) kalo rusaknya udah parah ampe ada bunyi gemuruh cukup dengan putar ban trs pegang aja shock absorbernya, ada getaran gk, kalo ada berarti bearing rusak.
2. kalo mau check tie rod atau long tie rod angkat ban terus gerakin ban kiri kanan pake tangan kalo ada oblak pasti salah satu komponen itu rusak, nah buat mastiinnya minta bantuan org lain buat gerakin nah kita yang ngeliat sumber gerakannya dimana, nah sumber oblaknya itu lah yang rusak.
3. kalo shock absorber yang rada sulit broo. ane sih cuman berdasarkan feeling aja pas lewat polisi tidur kalo shock absorbernya udah gk kuat angkat mobil lgi alias ud gk ngayun lgi setelah turun berarti udah lemah tuh...

ane sih biasanya kalo ngecek komponen kaki2 kyk gitu.
kalo ane salah jangan dimarahin yakk.... ane juga masih belajar nih... :big_peace: :big_peace: :big_peace:

kalo panther touring ane gk tau deh broo, ane belom pernah make sih, skrg ane cuman make panther kapsul LS thun 2000 aja sih..

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Mon Jun 07, 2010 7:33
by f10a
m4rio wrote:
f10a wrote:Permisi, mau nanya2,yang dimaksud dg lemah di komponen kaki2 itu komponen apa aja? Gmn sdg bearing, tie rod, shockbreaker standar, dan per keongnya? mohon reviewnya...

Gmn dg panther touring yg scara dimensi jg "sdikit" lbh besar dibanding dg jenis lain kluaran th yg sama? apakah kaki2nya jg punya masalah yg sama dg hi sporty?

Maturnuwun

komponen kaki kaki ya seperti ball joint, tie rod, long tie rod shock absorber, dll.
oh ya broo. panther gk pake per keong broo. dia suspensi depan typenya kalo gk salah double wishbone with torsion bar, jadi dia gk pake per keong tapi cuman shock absorber aja.

kalo gecek komponen kaki kaki juga gampang kok broo.
1. kalo mau cek bearing bisa dengan cara angkat ban trus gerakin ban atas bawah pake tangan nah kalo ada oblak berarti bearingnya udah kemakan ( kalo rusaknya belom parah ) kalo rusaknya udah parah ampe ada bunyi gemuruh cukup dengan putar ban trs pegang aja shock absorbernya, ada getaran gk, kalo ada berarti bearing rusak.
2. kalo mau check tie rod atau long tie rod angkat ban terus gerakin ban kiri kanan pake tangan kalo ada oblak pasti salah satu komponen itu rusak, nah buat mastiinnya minta bantuan org lain buat gerakin nah kita yang ngeliat sumber gerakannya dimana, nah sumber oblaknya itu lah yang rusak.
3. kalo shock absorber yang rada sulit broo. ane sih cuman berdasarkan feeling aja pas lewat polisi tidur kalo shock absorbernya udah gk kuat angkat mobil lgi alias ud gk ngayun lgi setelah turun berarti udah lemah tuh...

ane sih biasanya kalo ngecek komponen kaki2 kyk gitu.
kalo ane salah jangan dimarahin yakk.... ane juga masih belajar nih... :big_peace: :big_peace: :big_peace:

kalo panther touring ane gk tau deh broo, ane belom pernah make sih, skrg ane cuman make panther kapsul LS thun 2000 aja sih..
Gitu ya... maklum msh awam. kirain panther bisa "mentul2" empuk pakai per keong. Komponen kaki2 panther dr th 199x-20xx apa sama smua?

maturnuwun

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Mon Jun 07, 2010 13:58
by m4rio
nah kalo masalah " mentul2 " ane juga ngerasain tuh dulu, tapi pas ganti shock absorber sih rada berkurang. mungkin karena udah lemah shock absorbernya, jadi gk bisa meredam kejutan lgi dah.. tapi ane pribadi suka dengan suspensi depan panther, daya redamnya bagus bgt. mungkin ini karena pengaruh mesin diesel yang lebih berat kali ya..

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Mon Jun 07, 2010 13:58
by BADAK
Untuk panther touring kaki2nya lebih kuat, karena tidak menggunakan kaki panther kapsul lainnya.
Berbeda dgn panther hi-sporty yg menggunakan kaki royale. Selain bearing yg lebih kuat, pada touring juga menggunakan 6 baut roda, sedangkan panther kapsul menggunakan 5 baut roda. CMIIW.
Untuk kaki2 panther 199x-20xx sama semua.

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Mon Jun 07, 2010 14:03
by BADAK
Shock absorber pd panther ada 2 jenis, tipe oli & gas. kalo mau lebih stabil coba aja pake yg tipe gas, hanya nanti jd terasa lebih keras bantingannya. kalo masalah empuk, tipe LS menurut saya plg empuk suspensi nya. bahkan lebih empuk drpd kijang kapsul & kuda.

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Mon Jun 07, 2010 14:04
by m4rio
kapsul 6 juga loh broo baut rodanya broo.. barusan ane liat panther kapsul ane tuh, karena ane juga lupa berapa bautnya, gk pernah perhatiin sih. hehehehe
mank partz kaki2 kapsul ama touring beda ya broo??

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Mon Jun 07, 2010 14:06
by m4rio
BADAK wrote:Shock absorber pd panther ada 2 jenis, tipe oli & gas. kalo mau lebih stabil coba aja pake yg tipe gas, hanya nanti jd terasa lebih keras bantingannya. kalo masalah empuk, tipe LS menurut saya plg empuk suspensi nya. bahkan lebih empuk drpd kijang kapsul & kuda.
kalo type LM, LV gmn tuh bro? kan sama kaki kakinya kyk LS ???

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Mon Jun 07, 2010 14:19
by BADAK
m4rio wrote:
BADAK wrote:Shock absorber pd panther ada 2 jenis, tipe oli & gas. kalo mau lebih stabil coba aja pake yg tipe gas, hanya nanti jd terasa lebih keras bantingannya. kalo masalah empuk, tipe LS menurut saya plg empuk suspensi nya. bahkan lebih empuk drpd kijang kapsul & kuda.
kalo type LM, LV gmn tuh bro? kan sama kaki kakinya kyk LS ???
Iya, sama bro. Maksud gw td smua tipe new panther suspensi nya empuk, bukan cmn tipe LS doang :big_peace:

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Mon Jun 07, 2010 14:19
by DOHC
yg ane tau sehh kalo panther kotak shock depan nya kalo dipakein yg punya nya touring sehh jadi mantep tuhh.... lebi awet dan lebi stabil pas kenceng.... cuman waktu pemasangan nya aja yg agak ribet...

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Mon Jun 14, 2010 8:41
by f10a
BADAK wrote:Untuk panther touring kaki2nya lebih kuat, karena tidak menggunakan kaki panther kapsul lainnya.
Berbeda dgn panther hi-sporty yg menggunakan kaki royale. Selain bearing yg lebih kuat, pada touring juga menggunakan 6 baut roda, sedangkan panther kapsul menggunakan 5 baut roda. CMIIW.
Untuk kaki2 panther 199x-20xx sama semua.
Apakah kaki2 panther hi sporty bsa diperkuat (misal diganti bearing punya touring)? Apa panther kotak (royal dll) msh pakai baut 5 di roda?

Maturnuwun

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Mon Jun 14, 2010 14:35
by m4rio
kalo panther kotak seinget dan setau ane sih baut rodanya masih 4 tuh broo..

kalo kapsul udah 6 baut bro rodanya..

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Tue Jun 15, 2010 1:02
by f10a
m4rio wrote:kalo panther kotak seinget dan setau ane sih baut rodanya masih 4 tuh broo..

kalo kapsul udah 6 baut bro rodanya..
Klo roda panther kotak 4 baut, apa hi sporty 4 baut jg? Kan msh 1 generasi? Apa yg di hi sporty cm dikasih adapter gitu biar bsa pakai velg yg 5 baut?

Maturnuwun

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Thu Jun 17, 2010 2:52
by inuendo
sproty sama bro 4 baut, kalo saya kok recomend yg royal atau grand royale deh, sporty bawanya berasa melayang, dan limbung, setirnya juga makin gak presisi, ditambah lagi saat ganti ban, lebih mahal harganya, pengalaman saya untuk yg sporty tieroadnya boros banget, paling umur 1th lebih dikit dah mesti ganti, kalo ban dah mulai tipis lebih parah lagi, pernah ngalamin ban nya oglek2 kalo akselerasi mendadak, tapi pas ganti make gran royal semua gejala tadi hilang, sampai di jual di posisi odo 300rb an masih mantab, PP medan jakarta solo jakarta gak masalah, puas make panther gak pernah mikir ketemu tanjakan seberat apapun hajar terus, pengalaman naik sarangan muatan full najak santai aja, sementara lgx isi 5 ngos2an padahal kondisi baru. kelebihan diesel emang buat nanjak sih...

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Posted: Thu Jun 17, 2010 3:28
by BADAK
inuendo wrote:sproty sama bro 4 baut, kalo saya kok recomend yg royal atau grand royale deh, sporty bawanya berasa melayang, dan limbung, setirnya juga makin gak presisi, ditambah lagi saat ganti ban, lebih mahal harganya, pengalaman saya untuk yg sporty tieroadnya boros banget, paling umur 1th lebih dikit dah mesti ganti, kalo ban dah mulai tipis lebih parah lagi, pernah ngalamin ban nya oglek2 kalo akselerasi mendadak, tapi pas ganti make gran royal semua gejala tadi hilang, sampai di jual di posisi odo 300rb an masih mantab, PP medan jakarta solo jakarta gak masalah, puas make panther gak pernah mikir ketemu tanjakan seberat apapun hajar terus, pengalaman naik sarangan muatan full najak santai aja, sementara lgx isi 5 ngos2an padahal kondisi baru. kelebihan diesel emang buat nanjak sih...
LGX nya bensin ya? wah gak imbang donk kalo membandingkan panther dgn LGX bensin, karena karakter diesel kuat diputaran bawah.