kesimpulan?

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ciumbuleuit
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Thu May 22, 2008 15:31

kesimpulan?

Post by ciumbuleuit »

supaya nggak bingung2 lagi, saya coba bikin summary nya:

- innova bensin 2008 FC nya lebih wise daripada innova bensin keluaran tahun sebelumnya.
- innova diesel (jauh) lebih irit dari innova bensin (maupun yg 2008)
- innova M/T lebih irit dari A/T (rata2 semua mobil begitu)
- innova diesel irit tapi harus lebih teliti dalam perawatan (termasuk memilih pompa bensin!)
- innova bensin sangat minim dalam perawatan, tapi ada cost lebih dalam biaya operasional nya (boros)
- (tambahan kalo beli baru) yg ready stock sedikit sehingga pilihan warna innova diesel terbatas, sedangkan innova bensin rata2 agen penjualan punya stock innova bensin, sehingga pilihan warna bahkan type bisa banyak pilihan
- perbedaan harga yg cukup signifikan. bensin G M/T 190,800jt discount 6-7jt dan diesel G M/T 205,800jt tidak ada discount (atau paling banter 1jt)
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Re: kesimpulan?

Post by blindzero »

Maksudnya apa ini ?? jualan ? atau gmana ??
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: kesimpulan?

Post by JESKONENG »

mungkin cuma mau ngasitau kita, bahwa cap Innova sebagai mobil boros BBM itu tidak berlaku lagi untuk yang keluaran 2008...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: kesimpulan?

Post by HilmanZ »

ciumbuleuit wrote:supaya nggak bingung2 lagi, saya coba bikin summary nya:

- innova bensin 2008 FC nya lebih wise daripada innova bensin keluaran tahun sebelumnya.
- innova diesel (jauh) lebih irit dari innova bensin (maupun yg 2008)
- innova M/T lebih irit dari A/T (rata2 semua mobil begitu)
- innova diesel irit tapi harus lebih teliti dalam perawatan (termasuk memilih pompa bensin!)
- innova bensin sangat minim dalam perawatan, tapi ada cost lebih dalam biaya operasional nya (boros)
- (tambahan kalo beli baru) yg ready stock sedikit sehingga pilihan warna innova diesel terbatas, sedangkan innova bensin rata2 agen penjualan punya stock innova bensin, sehingga pilihan warna bahkan type bisa banyak pilihan
- perbedaan harga yg cukup signifikan. bensin G M/T 190,800jt discount 6-7jt dan diesel G M/T 205,800jt tidak ada discount (atau paling banter 1jt)

- innova M/T lebih irit dari A/T (rata2 semua mobil begitu)

katanya si Innova diesel yg A/T justru lbh irit dari M/T nya tuh..
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Re: kesimpulan?

Post by BudiDarmawan »

- perbedaan harga yg cukup signifikan. bensin G M/T 190,800jt discount 6-7jt dan diesel G M/T 205,800jt tidak ada discount (atau paling banter 1jt)

Berarti setelah discount bedanya 190.800.000-6.000.000 = 184.800.000 dan 205.800, berarti beda 21 jut
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: kesimpulan?

Post by GTR »

berarti rugi ambil yg diesel? (belum beda akselerasi, perawatan dan NVH level quality nih).....
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: kesimpulan?

Post by HilmanZ »

21 juta kl buat biaya operasional dpt 3500 L premium..total2 operasional jd lebih untung yg bensin..and maintenance juga bensin lebih rendah.
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Re: kesimpulan?

Post by BudiDarmawan »

Kalau untuk Perawatan saya justru bilang enak Diesel --> kondisinya Panther yah karena belum pernah pake Inov diesel

Kalau Diesel sudah pakai 3 thn 40.000 KM cuma perawatan:
1. filter olie
2. filter solar
3. filter udara
4. bersihin ruang bakar baru sekali pakai redline

Kalau bensin selain diatas ada :
1. Busi
2. kabel busi
3. sistem pengapian (gak tahu apa saja)

Bensin enaknya :
1. kenyamanan (bising, getaran)
2. tarikan lebih kontan

Kalau Bahan bakar saya kira juga sama :
1. Inov diesel : Solar Dex akan lebih bagus ... bisa disiasati dengan 20% solar dex + 80 solar biasa + vitamin
2. Inov bensin : Harusnya juga Pertamax (kompresi diatas 9)... bisa juga pakai Premium tapi performance jauh dengan pertamax
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: kesimpulan?

Post by GTR »

bro,
kabel busi lama deh gantinya, bisa seumur mobil.. apalagi most mobil sekarang tidak pakai kabel busi (independent coil).
busi ganti aja pakai platnum / iridium, awet(murah) jauh..

nah, kalo mobil diesel, minum(cost) olinya juga biasanya lebih banyak..
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: kesimpulan?

Post by andy1800 »

kita bisa saja do the math, utk justifikasi & mencari mana yg lebh hemat, dr sisi total: capital & operasional...
dan itu akan terus menerus debatable.....dan, toh akhirnya, hasilnya tetep sebelas-duabelas...
*pilihannya antara 2 itu saja loh ya.. jgn bandingin lagi dg hybrid atau mobil konsep.

so, alasan gw kalau memilih diesel, jauh lbh sederhana saja:
-yaitu, boleh bangga telah ikut memilih mobil yg lbh ramah lingkungan.
-plus satu advantage yg bs didapat dr diesel adalah: torsi yg udah didapat sejak RPM bawah, itu lbh diperlukan utk kondisi lalin yg stop & go ini.


.
Last edited by andy1800 on Mon Jul 14, 2008 5:01, edited 1 time in total.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Re: kesimpulan?

Post by BudiDarmawan »

hehehe maap gue kagak tahu system pengapian bensin,
Cuma gue pernah denger, terkadang sudah paaki 4-5 thn ada problem koil, etc. Mungkin juga itu black campaign.

Tapi mobil diesel Setahu Gue Panther (karena gue pake panather dr type keluaran 93, 96, sampe sekarang pounya thn 2005) maintenance hampir tidak ada cuma :
1. semua filter (olie, solar, udara)
2. olie
3. barusan di KM 40.000 kasih redline

Catatan : Pakai Solar biasa ... gak rewel .. gak tahu lagi D4D soalnya belum pernah coba
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: kesimpulan?

Post by GTR »

enaknya yah itu, FC relatif lebih baik utk mobil (menopang beban) yg sama, dlm hal ini innova.
tapi kalo milleage nya rata2 saja, beda 21jt rugi deh
ciumbuleuit
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Thu May 22, 2008 15:31

Re: kesimpulan?

Post by ciumbuleuit »

rangkuman tersebut utk membantu rekan yg kelihatannya dari posting2 masih banyak bingung dalam memilih innova bensin atau diesel. harus diingat kondisi indent dan harga hanya berlaku 1 bulan ke depan, krn TAM akan menaikkan harga. ditambah lagi tahun 2009 apabila pemerintah jadi melepas subsidi bbm yg notabene harga solar (mungkin) lebih mahal dari bensin (unleaded)? atau mungkin mobil hemat bbm sangat dicari orang? diesel atau hybrid?
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: kesimpulan?

Post by GTR »

solar sptnya akan tetap paling "terjangkau" deh, since utk bus dan pengangkutan hrs pakai ini kan..