Innova Diesel v.s Panther

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

w1ndut
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
Location: Jabodetabek

Post by w1ndut »

HS wrote:Ahahaha benar juga bro turboman...

Tapi,Maksud saya boil2 di indo bro..kalo di luar negerikan emang beringas2 mesin dieselnya,walapun cc kecil..
Diesel di Indonesia, memang mesinnya kurang beringas. Oleh sebab itu, mari kita paksa ATPM untuk memasukkan mesin diesel yang beringas .. hehehehe.

Oh ya, dengan tuning sedikit saja, semua mesin diesel yg beredar di Indonesia, gampang koq dibuat beringas. Yang non turbo aja bisa, apalagi yang turbo. Bro Turboman sudah coba berbagai macam gadget untuk bikin D4D turbonya jadi beringas...

*geser mike ke bro Turboman*
edwin
sila layari laman ini:

http://windut.co.cc
User avatar
HS
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 380
Joined: Mon May 21, 2007 6:55
Location: Surabaya

Post by HS »

Ya!!Gw setuju bgt... :P :P

Biar bisa sering narik2an pake boil diesel :e-dance: :e-dance: :e-dance: :e-dance:
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

Baca di majalah apa gitu.. ternyata biaya produksi mesin diesel itu bisa 1,5 kali mesin bensin ya untuk mengeluarkan tenaga yang sama.. ckckckck.. pantesan mahal..
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

datsu wrote:Baca di majalah apa gitu.. ternyata biaya produksi mesin diesel itu bisa 1,5 kali mesin bensin ya untuk mengeluarkan tenaga yang sama.. ckckckck.. pantesan mahal..
IMHO :

Kalau soal biaya produksi TurboDiesel versus gasoline Normal aspirated memang umumnya mahalan mesin Turbodiesel sebab konstruksinya lebih robust, tapi seberapa jauh juga harus dilihat :

1. Volume produksinya
2. Diproduksi di negara mana

Kalo soal tenaga yg sama, nah ini coba lihat bahwa mesin TurboDiesel dgn output bhp yg lebih rendah drpd mesin gasoline Torsinya jauhhhhhh lebih besar drpd mesin gasoline NA yg sekelas.

D4 D saya output bhp hanya 102 bhp compared to my CR V 150 bhp., tapi Torsinya si D4 D 260 Nm jauhhhh lebih besar drpd Torsi si CR V juga Torsi si D4 D dapatnya di RPM yg lebih rendah.

Back to biaya produksi :
Skg ini banyak dikembangkan mesin2 gasoline GDI - Turbo yg menghasilkan efisiensi lebih baik drpd gasoline NA, nah bisa ditanyakan deh berapa biaya produksi mesin2 GDI - Turbo vs. modern Turbodiesel, dimana mesin2 GDI Turbo juga membutuhkan blok yg robust, dedicated Cyl head (GDI) serta Turbo yg harus tahan temp. hingga 1050 - 1100 derajat, sedangkan di Diesel cukup digunakan Turbo yg tahan hingga 850 derajat.

Intinya adalah :
Terlepas soal Diesel / gasoline, biaya pembuatan mesin2 efisiensi tinggi umumnya lebih mahal tetapi dengan reward konsumsi BBM yg lebih hemat / jauh lebih hemat.

Maka dari itu mesin2 efisiensi tinggi modern umumnya ber cc lebih kecil2 tetapi dgn output bhp / Torque yg sama besar / bahkan lebih besar drpd mesin2 generasi lama dgn kons. BBM jauh lebih hemat karena banyak yg mampu menghasilkan Torsi pada RPM rendah.

Toyota 2AD-FHV D4 D dgn hanya 2200 cc output Torque 400 Nm = means setara mesin gasoline V8 4000 cc !!!

VW 1.4 TSI 1400 cc dgn Torsi 240 Nm = setara mesin 2500 cc NA !!


CMIIW
sihari
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri Aug 31, 2007 17:46

Post by sihari »

Saya pake innova d4d A/T sudah 2 tahun, 80.000km, tuning ECU Dastek Unichip ver.Q,..pake solar biasa gak pernah rewel. Bahkan saya rasa akselerasi jauh dibanding D4D standar dan konsumsi BBMnya lebih irit.

Mau coba pake intercooler, mohon info performancenya kalo ada yang pake.
Tq.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

sihari wrote:Saya pake innova d4d A/T sudah 2 tahun, 80.000km, tuning ECU Dastek Unichip ver.Q,..pake solar biasa gak pernah rewel. Bahkan saya rasa akselerasi jauh dibanding D4D standar dan konsumsi BBMnya lebih irit.

Mau coba pake intercooler, mohon info performancenya kalo ada yang pake.
Tq.
Sebelum mencoba yg mahal boleh coba CAI double ala Phoenix dulu (spt. di foto), Percobaan pada 4 Ipah D4 D semua menunjukkan hasil yg mak nyusssss......dgn DC hanya 300 rb. an
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Post by BudiDarmawan »

HS wrote:Bner skali bung w1ndut,cuman mesin diesel ga bisa kenceng2 amat larinya tu boil..Kecuali yg ccnya uda gede2,baru bisa lari..
Diesel yang commom rail bisa lari 160 keatas loh ... seperti ipah bisa lari segitu :)
w1ndut
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
Location: Jabodetabek

Post by w1ndut »

Gak harus commonrail supaya bisa lari 160 km per jamm sih :)
edwin
sila layari laman ini:

http://windut.co.cc
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Tambahin aja dengan LPG sebelum turbo intake ... hehehehe mak nyuuussss bisa langsung mentok speedo.
Image
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Post by BudiDarmawan »

Soalnya PXNTXXR yg trubo cuma bisa maks 140 tuh :)
w1ndut wrote:Gak harus commonrail supaya bisa lari 160 km per jamm sih :)
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Post by BudiDarmawan »

perbandingan bensin dan Horse Power(HP) antara D4D M/T dan D4D A/T berapa yah ?

dengarnya D4D A/T lenbih irit namum HP lebih gede ... kayaknya A/T nya ini pintar

kemudian isi solar biasa di mana ? Pertamina pasti pas atau Shell ? karena di saya si Surabaya belum ada Shell
sihari wrote:Saya pake innova d4d A/T sudah 2 tahun, 80.000km, tuning ECU Dastek Unichip ver.Q,..pake solar biasa gak pernah rewel. Bahkan saya rasa akselerasi jauh dibanding D4D standar dan konsumsi BBMnya lebih irit.

Mau coba pake intercooler, mohon info performancenya kalo ada yang pake.
Tq.
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

BudiDarmawan wrote:Soalnya PXNTXXR yg trubo cuma bisa maks 140 tuh :)
w1ndut wrote:Gak harus commonrail supaya bisa lari 160 km per jamm sih :)
Kalau di 4JA1L ditambah sistem LPG ... tenaganya bisa naik ndeketin D4D ... dengan kanikan itu bisa lari ke 160 km/jam. Kalau D4D juga dipasang sistem yang sama ... ya gacir lagi tu D4D ... gak kekejar lagi ama 4JA1L.
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

PenyuTurbo wrote:
BudiDarmawan wrote:
w1ndut wrote:)
Kalau di 4JA1L ditambah sistem LPG ... tenaganya bisa naik ndeketin D4D ... dengan kanikan itu bisa lari ke 160 km/jam. Kalau D4D juga dipasang sistem yang sama ... ya gacir lagi tu D4D ... gak kekejar lagi ama 4JA1L.
Sekalian kalau mobilnya dibawa piknik bisa buat masak nasi goreng pake telor ceplok :mrgreen:

http://www.westport.com/tech/hpdi.php
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Turboman wrote:
PenyuTurbo wrote:
BudiDarmawan wrote:
Kalau di 4JA1L ditambah sistem LPG ... tenaganya bisa naik ndeketin D4D ... dengan kanikan itu bisa lari ke 160 km/jam. Kalau D4D juga dipasang sistem yang sama ... ya gacir lagi tu D4D ... gak kekejar lagi ama 4JA1L.
Sekalian kalau mobilnya dibawa piknik bisa buat masak nasi goreng pake telor ceplok :mrgreen:

http://www.westport.com/tech/hpdi.php
Hahahahha Multipurpose ..... minyak tanah udah jadi barang langka ....
Image
User avatar
hard_joe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: Thu Jun 14, 2007 15:35
Location: jakarta

Post by hard_joe »

sesuai thread, kalo disuruh milih jelas innova diesel lah, cuma gara2 waktu cari bekas stocknya jarang maka gue "terpaksa" ambil panther. Sebenarnya ini coba2 aja pake diesel, ntar kalo cocok dgn diesel tahun dpn ganti yg innova....................tetap seken. heh heh heh
trust your hope................ not your fear
button
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Mon Jul 30, 2007 2:55

Post by button »

TurboMan belom jawab Pajak Diesel A/T tuh..
ongko
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Fri Nov 09, 2007 8:30

Post by ongko »

Rekan2 numpang nanya donk:

Apakah beda innova diesel yg dulu (belum euro2) dan yg sekarang (sudah euro2)?

Btw untuk innova G a/t udah ada abs belum sih?

Lagi ngincer2 yg second but rada jarang ya yg jokul.

Thx
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

ongko wrote:Rekan2 numpang nanya donk:

Apakah beda innova diesel yg dulu (belum euro2) dan yg sekarang (sudah euro2)?

Btw untuk innova G a/t udah ada abs belum sih?

Lagi ngincer2 yg second but rada jarang ya yg jokul.

Thx
yang pasti yg versi euro2 sudah memakai catalytic converter... :D

innova tipe E & G baik A/T maupun M/T blom ada ABSnya...cuman tipe V yg punya ABS... :D
Image
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Post by M-90 »

Kalo punya budget cukup, memilih Innova D4D merupakan pilihan bijak. Pilih yg A/T krn torsinya lebih gede dibanding yg M/T.

Udah banyak anak2 Phanter Mania yg beralih ke D4D termasuk Bro Turboman.

Silahkan join di millis IC (Innova Community) jika pingin mengenal si Ipah baik D4D maupun yg pi pi ti ai
ongko
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Fri Nov 09, 2007 8:30

Post by ongko »

thx infonya.

Sebenernya abs buat mobil matic penting jg ya, soalnya kan kalo ngerem kaga bisa pake engine brake....

So musti yg V nih kayaknya.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

ongko wrote:thx infonya.

Sebenernya abs buat mobil matic penting jg ya, soalnya kan kalo ngerem kaga bisa pake engine brake....

So musti yg V nih kayaknya.
betul Pak, for safety reason, mendingan pake mobil ber-ABS... :D jadi ambil tipe V donk? :D :D
Image
ongko
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Fri Nov 09, 2007 8:30

Post by ongko »

kalo jadi ngambil pasti yg tipe V, hehehe.
but masih nunggu dulu, desas desus mo keluar captiva diesel --> kayaknya harganya udah mirip dengan innova V a/t Diesel.

Thx Pak Hansen
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

ongko wrote:kalo jadi ngambil pasti yg tipe V, hehehe.
but masih nunggu dulu, desas desus mo keluar captiva diesel --> kayaknya harganya udah mirip dengan innova V a/t Diesel.

Thx Pak Hansen
Sama-sama Pak... :D
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

ongko wrote:kalo jadi ngambil pasti yg tipe V, hehehe.
but masih nunggu dulu, desas desus mo keluar captiva diesel --> kayaknya harganya udah mirip dengan innova V a/t Diesel.

Thx Pak Hansen
wah pilihannya pas... Meding ini nih.. Modelnya keren abis, dan masih jarang dijalan.. Kalo inova mah, 2km=1...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

r1210g wrote:
ongko wrote:kalo jadi ngambil pasti yg tipe V, hehehe.
but masih nunggu dulu, desas desus mo keluar captiva diesel --> kayaknya harganya udah mirip dengan innova V a/t Diesel.

Thx Pak Hansen
wah pilihannya pas... Meding ini nih.. Modelnya keren abis, dan masih jarang dijalan.. Kalo inova mah, 2km=1...
jangankan 2km bro, blom sampe 100m aja dah ketemu... :lol:
Image