Bahan bakar untuk GL 1.5

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

ichsan_n wrote:
datsu wrote:
ichsan_n wrote: ada dua orang bos setidaknya disini yang bakalan nge kick orang2 yang suka nutup2in fakta
eits, cocok nih si bro jadi mods... seneng nendangin orang to.. huehehehe...
Ahahahaha... lumayan hobi sih.. apalagi nendangin moderator2 g*bl*k yang kerjaannya cuman posting2 info sesattt soal livina
tapi sayangnya gak pernah goal... :lol:
Image
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Hansen wrote:
ichsan_n wrote:
datsu wrote: eits, cocok nih si bro jadi mods... seneng nendangin orang to.. huehehehe...
Ahahahaha... lumayan hobi sih.. apalagi nendangin moderator2 g*bl*k yang kerjaannya cuman posting2 info sesattt soal livina
tapi sayangnya gak pernah goal... :lol:
ya jangan sampe goal donk! sayang pan... tendangin aja terus kipernya pake bola... :lol: :lol: :lol:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

^
sampe benjol... :e-doh:
Image
User avatar
soraksorai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02

Post by soraksorai »

Alexander wrote:Tapi saya ga habis pikir, mungkin teman2 sudah baca otomotif edisi minggu kemaren, ada perbandingan biaya servis GL vs Innova. Masak filter bensin harganya jutaan...g lupa persisnya...tapi harganya edan euyy.
Itu sih kayaknya salah cetak. Punya X-Trail/Serena aja harganya cuma 22.000, malahan kalo lagi ada event gathering di Nissan Cikampek, harganya di-diskon jadi 18.000 doang.
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
User avatar
soraksorai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02

Post by soraksorai »

Alexander wrote:Setau saya cuma GL yg ganti oli interval 10000km, nissan x trail ganti oli setiap 5000km, mungkin ini dalam rangka penghematan biaya servis nissan yang notabene harus memakai genuine oil.
yang benernya, kalo x-trail juga per 10.000 km kalo pake Nissan Genuine Oil 10w-30, jadi interval ganti oli tergantung dari merk dan jenis olinya.
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
User avatar
soraksorai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02

Re: Bahan bakar untuk GL 1.5

Post by soraksorai »

Alexander wrote:Saya masih bingung neh bahan bakar untuk GL 1.5, Mengingat kompresi GL 1.5 adalah 10,2 : 1 yang pantas mengkomsumsi bahab bakar > RON 92. Sedangkan didaerah saya cuma tersedia bahan bakar premium dan solar. Selama ini saya memakai bahan bakar premium belum menemukan gejala ngelitik yang serius.
Pihak NMI tidak pernah mengklaim bahwa GL aman mengkomsusmsi RON 88 tidak seperti pihak HPM (honda) yang mengklaim aman untuk mengkomsumsi bahan bakar RON 88.
Mestinya diminumi Premium kagak masalah, soalnya CC buatan Nissan punya lubang yang cukup gede sehingga timbal nggak bakal numpuk di CC. lagipula menurut tukang knalpot, kalo CC-nya sampai mampet, gampang aja, tinggal di-lubangi pake las, beres deh... :)

X-Trail ane jua udah cukup lama dikasi premium kagak apa-apa tuh (plusminus 2 tahun) tarikan masih yahud... Bahkan ada yg bilang Nissan Serena lama tahun 1998 diberi premium terus juga CC-nya nggak pernah kesumbat sampai sekarang.
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

udah 2 hari lebih livina 1.5 xv mt, saya kasih premium, dari sebelumnya pake pertamax+. Ini buat gw uji coba. Kesimpulannya, berat tarikannya. Istri gw aja yang ga ngerti mobil, bisa bilang kalo tarikan agak berat. Menurut gw u/ 1.5xv, mending pake pertamax aja deh (apalagi kalo belum ada klaim resmi dari pabrik, dan blom ketahuan premiumnya sudah TT atau belum).

Bisa aja sih karena gw pertamanya pake pertamax dan dah ngerasain tarikan yang enteng, terus begitu pake premium jadi kaget.... tidak menutup kemungkinan itu...

yang pasti jelas lebih boros FC nya kalo pake premium..
AF1F
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Sep 12, 2007 1:01

Post by AF1F »

Pak Gunawan, kalo harga pertamax tidak masalah buat kantong..ada harga ada mutu. kira-kira begitu kali ya :D
tetapi bila pingin ekonomis, Livina juga tidak masalah dikasih premium koq. konsekwensinya sudah pasti ada..
gunawan98 wrote:udah 2 hari lebih livina 1.5 xv mt, saya kasih premium, dari sebelumnya pake pertamax+. Ini buat gw uji coba. Kesimpulannya, berat tarikannya. Istri gw aja yang ga ngerti mobil, bisa bilang kalo tarikan agak berat. Menurut gw u/ 1.5xv, mending pake pertamax aja deh (apalagi kalo belum ada klaim resmi dari pabrik, dan blom ketahuan premiumnya sudah TT atau belum).

Bisa aja sih karena gw pertamanya pake pertamax dan dah ngerasain tarikan yang enteng, terus begitu pake premium jadi kaget.... tidak menutup kemungkinan itu...

yang pasti jelas lebih boros FC nya kalo pake premium..
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

datsu wrote:
ichsan_n wrote:
datsu wrote: Correct Me If Im Wrong.. itu artinya lo ragu2 dengan tulisan lo... :D
oh itu toh.. sama kaya imho donk yah. thanks bro.
konteksnya agak beda bro.. ini maksut idealnya ya:

- kalo CMIIW, kita masih ragu dengan pendapat kita, kalo ada yang mengoreksi dan punya fakta, pendapat kita harusnya ikut berubah..

- kalo IMHO(In My Humble Opinion), itu kita punya pendapat tapi gak ngotot.. jadi kalo salah dan ada yang ngoreksi gpp.. cuman biasanya kita tetep pada pendapat kita.. :D
IMHO juga lebih ditujukan kepada suatu pernyataan yang sifatnya bukan fakta (sesuatu yang gak bisa disanggah dengan pengetahuan umum)
misal: kalo kita bilang "IMHO, nyetir GL itu enak sekali" artinya menurut pendapat pribadi kita, nyetir GL itu enak.....dan orang yg beroposisi pun gak bisa ngebantah karena yang ngerasain kita sendiri koq....
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

AF1F wrote:Pak Gunawan, kalo harga pertamax tidak masalah buat kantong..ada harga ada mutu. kira-kira begitu kali ya :D
tetapi bila pingin ekonomis, Livina juga tidak masalah dikasih premium koq. konsekwensinya sudah pasti ada..
gunawan98 wrote:udah 2 hari lebih livina 1.5 xv mt, saya kasih premium, dari sebelumnya pake pertamax+. Ini buat gw uji coba. Kesimpulannya, berat tarikannya. Istri gw aja yang ga ngerti mobil, bisa bilang kalo tarikan agak berat. Menurut gw u/ 1.5xv, mending pake pertamax aja deh (apalagi kalo belum ada klaim resmi dari pabrik, dan blom ketahuan premiumnya sudah TT atau belum).

Bisa aja sih karena gw pertamanya pake pertamax dan dah ngerasain tarikan yang enteng, terus begitu pake premium jadi kaget.... tidak menutup kemungkinan itu...

yang pasti jelas lebih boros FC nya kalo pake premium..
tapi pertanyaannya: apakah konsekwensinya sebanding dengan jumlah uang yang dihemat kalo pake premium?
soalnya kalo bensinnya gak sesuai spek mesin, bukan cuma CC aja yang bisa jebol, itu jeroan mesin juga lama2 bisa ancur :D
AF1F
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Sep 12, 2007 1:01

Post by AF1F »

Efek paling dominan dengan pemakaian Fuel dibawah standard adalah gejala knocking.
Knocking pun secara umum dapat dibedakan oleh 2 hal sebagai berikut :
1. Fuel yang research octane number dibawah standard
hal ini bergantung dari kemampuan bagian dalam sistem pengapian untuk melakukan adjustment
terhadap mutu bahan bakar yang kurang baik.
di beberapa kendaraan terkini, knocking sensor bekerja agar gejala knocking bisa diminimalisir dengan memajukan
dan memundurkan sistem pengapian secara otomatis bergantung kualitas bahan bakar.
Belum tentu setiap SPBU memiliki kualitas bahan bakar yang seragam karena berbagai faktor.

2. Tumpukan karbon
adanya tumpukan karbon didalam ruang bakar, pada saat terjadi proses pembakaran, karbon tersebut akan membara yang mengakibatkan
sisa bahan bakar yang belum terbakar sempurna ikut kembali terbakar sehingga menyebabkan detonasi susulan.

Nah... sepanjang mesin memiliki kemampuan untuk melakukan self adjustment pada sistem pengapian, pemakaian bahan bakar dibawah standard masih dalam batas ambang toleransi. Namun hal ini tentu bukanlah kondisi ideal karena bisa berdampak pada kemampuan alat semacam knocking sensor yang lama kelamaan pasti akan ikut mengalami penurunan performa.

Siasat ekonomis yang juga masih mempertimbangan keawetan mesin adalah dengan melakukan:
1. Mixture antara ron 88 dengan ron 92 / 94
2. Penekanan pedal gas hingga rpm tertentu dijalan bebas hambatan

Secara umum, pemakaian bahan bakar dengan ron88 untuk jangka waktu lama dibandingkan dengan pemakaian bahan bakar ron 92 tidak memiliki dampak yang sangat serius.

CMIIW
Risol1 wrote: tapi pertanyaannya: apakah konsekwensinya sebanding dengan jumlah uang yang dihemat kalo pake premium?
soalnya kalo bensinnya gak sesuai spek mesin, bukan cuma CC aja yang bisa jebol, itu jeroan mesin juga lama2 bisa ancur :D
:wink:
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

ichsan_n wrote:
dhukun wrote:bung maxx,OOT nich , hasil dari tecnical meeting apa saja sih selain diatas? saya coba cari di forum nissan livina club juga ngga ada CMIIW? pengen tau masalah bunyi 'motor skutik' dimesin GL1.5 mt (soalnya lg inden blm datang). plz infonya dong
kita lihat berani share ngga nih orang
No obligation for me sharing information to you (not meaning for mr.dhukun) .. and regardless any of info i share.. you will start flamming on it, .. so useless to do it and share for a shallow and tedious person like u ... hopefully you understand this posting :D

@dhukun: just ask to milist nissan-livina directly.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
AF1F
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Sep 12, 2007 1:01

Post by AF1F »

Kalau tidak salah masalah bunyi motor dengung pada mesin GL 1.5 MT hanya terjadi pada beberapa unit saja, setau saya cuman 2 unit.
dan menurut sumber yang dapat dipercaya problemnya sudah solved.
CMIIW
dhukun wrote:bung maxx,OOT nich , hasil dari tecnical meeting apa saja sih selain diatas? saya coba cari di forum nissan livina club juga ngga ada CMIIW? pengen tau masalah bunyi 'motor skutik' dimesin GL1.5 mt (soalnya lg inden blm datang). plz infonya dong
AF1F
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Sep 12, 2007 1:01

Re: Bahan bakar untuk GL 1.5

Post by AF1F »

Saya juga menggunakan premium pada GL 1.5 saya dari mulai bulan Maret 2007, sekarang sudah jalan 10 ribu km tidak ada masalah sama sekali.
pernah mampir ke bengkel yang memiliki alat engine flush, ruang bakar masih bersih setelah diperiksa dengan alat untuk mengintip.
Alexander wrote:Teman teman,

Kemaren sore akhirnya saya membawa pulang GL warna black saphire type XV 1.5 M/T.
Saya masih bingung neh bahan bakar untuk GL 1.5, Mengingat kompresi GL 1.5 adalah 10,2 : 1 yang pantas mengkomsumsi bahab bakar > RON 92. Sedangkan didaerah saya cuma tersedia bahan bakar premium dan solar. Selama ini saya memakai bahan bakar premium belum menemukan gejala ngelitik yang serius.
Pihak NMI tidak pernah mengklaim bahwa GL aman mengkomsusmsi RON 88 tidak seperti pihak HPM (honda) yang mengklaim aman untuk mengkomsumsi bahan bakar RON 88.

Thank you
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

AF1F wrote: Secara umum, pemakaian bahan bakar dengan ron88 untuk jangka waktu lama dibandingkan dengan pemakaian bahan bakar ron 92 tidak memiliki dampak yang sangat serius.

CMIIW
Risol1 wrote: tapi pertanyaannya: apakah konsekwensinya sebanding dengan jumlah uang yang dihemat kalo pake premium?
soalnya kalo bensinnya gak sesuai spek mesin, bukan cuma CC aja yang bisa jebol, itu jeroan mesin juga lama2 bisa ancur :D
:wink:
kembali lagi dari post-2 saya terdahulu, saya pinginnya pernyataan RESMI (tertulis) dari NMI bahwa TIDAK APA-APA u/ menggunakan premium u/ seluruh Indonesia... Ini yang paling PENTING! Bagi saya (berkali-kali saya post), tidak masalah mesin agak berat nariknya. Tapi kalo mesin jadi rusak (CC buntu dll), nah itu dia...
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Becareful AF1F there is a person here who willing to spend time for flamming in every aspect that he thought defect on GL .. and you might be a suspect for him as a NMI Lover... :P
AF1F wrote:Kalau tidak salah masalah bunyi motor dengung pada mesin GL 1.5 MT hanya terjadi pada beberapa unit saja, setau saya cuman 2 unit.
dan menurut sumber yang dapat dipercaya problemnya sudah solved.
CMIIW
dhukun wrote:bung maxx,OOT nich , hasil dari tecnical meeting apa saja sih selain diatas? saya coba cari di forum nissan livina club juga ngga ada CMIIW? pengen tau masalah bunyi 'motor skutik' dimesin GL1.5 mt (soalnya lg inden blm datang). plz infonya dong
AF1F wrote:Saya juga menggunakan premium pada GL 1.5 saya dari mulai bulan Maret 2007, sekarang sudah jalan 10 ribu km tidak ada masalah sama sekali.
pernah mampir ke bengkel yang memiliki alat engine flush, ruang bakar masih bersih setelah diperiksa dengan alat untuk mengintip.
Alexander wrote:Teman teman,

Kemaren sore akhirnya saya membawa pulang GL warna black saphire type XV 1.5 M/T.
Saya masih bingung neh bahan bakar untuk GL 1.5, Mengingat kompresi GL 1.5 adalah 10,2 : 1 yang pantas mengkomsumsi bahab bakar > RON 92. Sedangkan didaerah saya cuma tersedia bahan bakar premium dan solar. Selama ini saya memakai bahan bakar premium belum menemukan gejala ngelitik yang serius.
Pihak NMI tidak pernah mengklaim bahwa GL aman mengkomsusmsi RON 88 tidak seperti pihak HPM (honda) yang mengklaim aman untuk mengkomsumsi bahan bakar RON 88.

Thank you
Last edited by maxx on Wed Sep 12, 2007 2:22, edited 1 time in total.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

ah.. kalo saya sih ga peduli nmi lover atau hater.. who cares..

saya cares cuman ama mobil saya tok.. o ya, kl pertemuan nanti, tolong deh maxx sampaikan unek2 saya. Saya ragu nih mengenai premium...
AF1F
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Sep 12, 2007 1:01

Post by AF1F »

untuk mobil yang ber catalyc converter, Jangan lupa agar selalu menghindari yang namanya Octane Booster.

gunawan98 wrote: Saya sendiri adalah pemakai GL 1.5 XV Manual, yang kompresi nya 10.5 (itu saja harusnya pake RON92 keatas, alias pertamax ke atas). Saya sudah coba pake pertamax, dan sekarang pake premium. Mobil emang bisa jalan.. Tapi saya tidak tahu apakah nantinya CC nya bakal problem ga u/ jangka panjang? Rencana saya, saya akan balik ke pertamax lagi. Alasan saya bukan masalah RONnya.. Tapi TANPA TIMBALnya. U/ kota jakarta mungkin saja sudah TT, tapi u/ diluar kota? Tahu sendiri lah gimana pertamina... Terbukti di website mereka juga tertulis ada TEL sebesar 0.3 MAX.

Daripada jebol CC, mending pake pertamax deh..
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

gunawan98 wrote:ah.. kalo saya sih ga peduli nmi lover atau hater.. who cares..

saya cares cuman ama mobil saya tok.. o ya, kl pertemuan nanti, tolong deh maxx sampaikan unek2 saya. Saya ragu nih mengenai premium...
Beter you joint nissan-livina milist and explain your request there. I'm not NMI spokes person here... be sure I won't share any information about GL even it was good nor bad one .. i'm sorry.. its only for a point to start his flamming.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Correct!
AF1F wrote:untuk mobil yang ber catalyc converter, Jangan lupa agar selalu menghindari yang namanya Octane Booster.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
AF1F
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Sep 12, 2007 1:01

Post by AF1F »

Untuk pertanyaan resmi, sekedar saran Bapak dapat menghubungi Customer Relation Department dari PT. NMI
Saya sih biasanya selalu bertanya kepada bengkel resmi langganan.

gunawan98 wrote: kembali lagi dari post-2 saya terdahulu, saya pinginnya pernyataan RESMI (tertulis) dari NMI bahwa TIDAK APA-APA u/ menggunakan premium u/ seluruh Indonesia... Ini yang paling PENTING! Bagi saya (berkali-kali saya post), tidak masalah mesin agak berat nariknya. Tapi kalo mesin jadi rusak (CC buntu dll), nah itu dia...
AF1F
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Sep 12, 2007 1:01

Post by AF1F »

Se-7
gunawan98 wrote:ah.. kalo saya sih ga peduli nmi lover atau hater.. who cares..

saya cares cuman ama mobil saya tok.. o ya, kl pertemuan nanti, tolong deh maxx sampaikan unek2 saya. Saya ragu nih mengenai premium...
plasworld88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36

Post by plasworld88 »

gunawan98 wrote:
AF1F wrote: Secara umum, pemakaian bahan bakar dengan ron88 untuk jangka waktu lama dibandingkan dengan pemakaian bahan bakar ron 92 tidak memiliki dampak yang sangat serius.

CMIIW
Risol1 wrote: tapi pertanyaannya: apakah konsekwensinya sebanding dengan jumlah uang yang dihemat kalo pake premium?
soalnya kalo bensinnya gak sesuai spek mesin, bukan cuma CC aja yang bisa jebol, itu jeroan mesin juga lama2 bisa ancur :D
:wink:
kembali lagi dari post-2 saya terdahulu, saya pinginnya pernyataan RESMI (tertulis) dari NMI bahwa TIDAK APA-APA u/ menggunakan premium u/ seluruh Indonesia... Ini yang paling PENTING! Bagi saya (berkali-kali saya post), tidak masalah mesin agak berat nariknya. Tapi kalo mesin jadi rusak (CC buntu dll), nah itu dia...
Mungkin kadang masalahnya gak sesimple itu bro.seperti yg kita semua tau, pernyataan tertulis dapat menimbulkan implikasi hukum di masa sekarang maupun masa depan (berbeda halnya kalau cuma pernyataan2 verbal bahkan dr petinggi2 NMI sekalipun).
Sedangkan dalam kasus penggunaan BBM ini, ada pihak lain (yang tidak bisa dikendalikan oleh NMI sama sekali) yang punya otorisasi monopolistik terhadap BBM itu sendiri.
Iya kalau premium itu bener2 bebas timbal seperti yg digembar-gemborkan selama ini, tapi kalau ternyata tidak?
Atau misalkan kualitas premium itu sendiri (ditinjau dari kandungan timbal atau unsur logam) lainnya menurun di masa depan (2 atau 3 tahun lg) tanpa satu pihakpun menginformasikan hal ini (yg umum terjadi di Indonesia, believe me or not) dan kebetulan di masa depan tsb ada beberapa GL yg bermasalah besar krn penggunaan premium yg kualitasnya menurun dibanding yg beredar nowadays, can you imagine what will happen?
Pasti pernyataan tertulis yg dibuat sekarang akan menjadi rujukan utk serious lawsuit.
Mungkin akan lebih adil kl NMI bisa membuat pernyataan tertulis dng menyertakan terms and conditions.
IMHO
AF1F
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Sep 12, 2007 1:01

Post by AF1F »

Bener juga, anyhow keputusan ada ditangan Pak Gunawan sepenuhnya.
Saya memilih menggunakan ron88 dari SPBU langganan yang sudah saya percaya untuk GL 1.5 MT saya
dibandingkan harus menggunakan ron92 yang selisihnya bisa banyak sekali pak.
Apalagi biaya-biaya lain cenderung naik.
plasworld88 wrote:
gunawan98 wrote:
AF1F wrote: Secara umum, pemakaian bahan bakar dengan ron88 untuk jangka waktu lama dibandingkan dengan pemakaian bahan bakar ron 92 tidak memiliki dampak yang sangat serius.

CMIIW
:wink:
kembali lagi dari post-2 saya terdahulu, saya pinginnya pernyataan RESMI (tertulis) dari NMI bahwa TIDAK APA-APA u/ menggunakan premium u/ seluruh Indonesia... Ini yang paling PENTING! Bagi saya (berkali-kali saya post), tidak masalah mesin agak berat nariknya. Tapi kalo mesin jadi rusak (CC buntu dll), nah itu dia...
Mungkin kadang masalahnya gak sesimple itu bro.seperti yg kita semua tau, pernyataan tertulis dapat menimbulkan implikasi hukum di masa sekarang maupun masa depan (berbeda halnya kalau cuma pernyataan2 verbal bahkan dr petinggi2 NMI sekalipun).
Sedangkan dalam kasus penggunaan BBM ini, ada pihak lain (yang tidak bisa dikendalikan oleh NMI sama sekali) yang punya otorisasi monopolistik terhadap BBM itu sendiri.
Iya kalau premium itu bener2 bebas timbal seperti yg digembar-gemborkan selama ini, tapi kalau ternyata tidak?
Atau misalkan kualitas premium itu sendiri (ditinjau dari kandungan timbal atau unsur logam) lainnya menurun di masa depan (2 atau 3 tahun lg) tanpa satu pihakpun menginformasikan hal ini (yg umum terjadi di Indonesia, believe me or not) dan kebetulan di masa depan tsb ada beberapa GL yg bermasalah besar krn penggunaan premium yg kualitasnya menurun dibanding yg beredar nowadays, can you imagine what will happen?
Pasti pernyataan tertulis yg dibuat sekarang akan menjadi rujukan utk serious lawsuit.
Mungkin akan lebih adil kl NMI bisa membuat pernyataan tertulis dng menyertakan terms and conditions.
IMHO
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

soraksorai wrote:
Alexander wrote:Tapi saya ga habis pikir, mungkin teman2 sudah baca otomotif edisi minggu kemaren, ada perbandingan biaya servis GL vs Innova. Masak filter bensin harganya jutaan...g lupa persisnya...tapi harganya edan euyy.
Itu sih kayaknya salah cetak. Punya X-Trail/Serena aja harganya cuma 22.000, malahan kalo lagi ada event gathering di Nissan Cikampek, harganya di-diskon jadi 18.000 doang.
hehehe.. filter bensin 22 rebu? ckckckck.. abal2 bukan tuh? filter bensin ori ATPM biasanya diatas 100 rebu secara gantinya lebih dari 20 rebu km.. bahkan vios gw ampe detik ini di 52 rebu km belom ganti filter.. kalo ganti sekitar 200-300 ribu CMIIW..
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A