Kijang Innova D-4D - PART 01

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4586
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Profith83 »

salah obat wrote:
Profith83 wrote: Lapor, sudah dicoba, kunci kontak di ON, pencet tombol di ODO agak lama sekitar 30 detik masih nyala.
Kontak di OFF, kemudian kontak ON lagi, pencet tombol lagi sekitar 1 menit masih nyala.

Betul yah tombol yang di ODO ?
Lepas sekering ECU yang di dalam kabin dan yang di mesin, pasang lagi. Masih tetap nyala.
Kuras pompa solar juga sudah.

Belum coba lepas kabel aki yang (+)
Mobil sih tidak ada problem, tarikan RPM tinggi juga OK (tidak brebet)
Kayaknya harus ke BeRes?
Kuras pompa solar dulu baru reset ecu, klo masih nyala ganti filter solar, dipakai kemudian lain hari nyala lagi harus kuras tangki solar..
Nyala itu pertanda apa yah? apakah aliran solar mulai mampet atau apa ya, karena di RPM tinggi tidak terasa ada problem
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Kijang Innova D-4D

Post by salah obat »

Profith83 wrote: Nyala itu pertanda apa yah? apakah aliran solar mulai mampet atau apa ya, karena di RPM tinggi tidak terasa ada problem
Kurang tau pertanda apa..mungkin kotor filternya.
Ipah ane juga gak ada masalah selama indikator nyala n udah jalan 2 mingguan / +- 700 km.
vintage
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu May 05, 2011 5:29

Re: Kijang Innova D-4D

Post by vintage »

Profith83 wrote:
salah obat wrote:
Profith83 wrote: Lapor, sudah dicoba, kunci kontak di ON, pencet tombol di ODO agak lama sekitar 30 detik masih nyala.
Kontak di OFF, kemudian kontak ON lagi, pencet tombol lagi sekitar 1 menit masih nyala.

Betul yah tombol yang di ODO ?
Lepas sekering ECU yang di dalam kabin dan yang di mesin, pasang lagi. Masih tetap nyala.
Kuras pompa solar juga sudah.

Belum coba lepas kabel aki yang (+)
Mobil sih tidak ada problem, tarikan RPM tinggi juga OK (tidak brebet)
Kayaknya harus ke BeRes?
Kuras pompa solar dulu baru reset ecu, klo masih nyala ganti filter solar, dipakai kemudian lain hari nyala lagi harus kuras tangki solar..
Nyala itu pertanda apa yah? apakah aliran solar mulai mampet atau apa ya, karena di RPM tinggi tidak terasa ada problem
Harus ganti filter solar kyknya. Lebaran kemaren punya saya jg kyk gitu. Dah dikuras, buang air, di reset lampunya mati tp gak lama nyala lagi. Abis ganti filter solar gak nyala-nyala lagi tuh.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4586
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Profith83 »

Ada 3 orang yang lampu indicator solar nyala,

Pingin tahu nih apakah bahan bakar solarnya diberi campuran/racun untuk menaikkan cetane atau cairan untuk pembersih.

Punya saya Ipah D4D thn 2008
1. Baru 1 thn belakangan ini diberi Redline, suara lebih halus, tarikan lebih enak dikit.
2. Baru 6 bulan yang lalu diberi Maximum cetane booster, mesin tarikan lebih ringan dari pada pakai redline, getaran mesin sama pada waktu pakai redline. (tapi mesin seakan akan kering suara injectornya)
3. Baru 3 bulan lalu dicampur "Maximum Cetane Booster" dengan "Redline". Tarikan tetap enak, suara injector tidak kering. nyampurnya di botol bekas U C 1000 dengan takaran 1 bagian redline berbanding 4 bagian cetane booster. Nah setelah dicampur kalau tidak dikocok tetap terpisah antara redline dengan cetane booster.(tahunya tidak tercampur karena beda warna). Kalaupun dikocok dan diendapkan 1 hari maka akan kelihatan keruh ada bulir bulir seperti debu (biarpun botol tertutup rapat)

Saya ingin tahu, teman teman yang indicator solar nya nyala apakah memakai campuran untuk solar dan merk apa ?
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Kijang Innova D-4D

Post by salah obat »

saya pakai redline 85+ bro dari baru.
Odo skrg 25rb km.
Suaranya injektor kering gimana ya?
Biasanya saaya ngisi solar di 2 spbu langganan, sekalinya ngisi yg diluar kota, habis setengah tangki trus nyala..
Gak tau gara2 solar di spbu nya kotor atau emang filter solar udah banyak kotorannya..
vintage
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu May 05, 2011 5:29

Re: Kijang Innova D-4D

Post by vintage »

Saya juga pakai redline 85+.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4586
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Profith83 »

salah obat wrote:saya pakai redline 85+ bro dari baru.
Odo skrg 25rb km.
Suaranya injektor kering gimana ya?
Biasanya saaya ngisi solar di 2 spbu langganan, sekalinya ngisi yg diluar kota, habis setengah tangki trus nyala..
Gak tau gara2 solar di spbu nya kotor atau emang filter solar udah banyak kotorannya..
kering itu maksudnya suaranya lebih renyah, lebih kring kring. Kalau tape kayak lebih banyak twitter nya
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Kijang Innova D-4D

Post by ilhami »

http://otomotif.kompas.com/read/2009/04 ... as.rangkap

kalau dibaca disini, artinya, elemen saringan harus diganti, atau air di sedimenter harus di buang.
ewet
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun Nov 04, 2012 4:18

Re: Kijang Innova D-4D

Post by ewet »

saya anggota baru keluarga toyota pindahan dari panther. saya sekarang pakai innova diesel 2012. km sekarang 700. sewaktu mesin panas saya buka tutup buat ngisi oli kok ada uap yg kelihatan dan olinya muncrat2. trus pd dipstick saya cabut juga ada kelihatan uap tipis. pertanyyan saya:
1. apakah hal ini hal yg normal pada innova diesel? mohon sarannya.
2. yg saya rasakan tarikan innova ini lelet banget ya...lewat tanjakan dikit aja terasa banget tenaga ngedrop.
rencana mau pasang piggyback plug n play untuk mengatasi tarikan yg lemot. mana yg lbh recommended antara powerlab, powerplug atau dastek?
fur10usx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01

Re: Kijang Innova D-4D

Post by fur10usx »

ewet wrote:saya anggota baru keluarga toyota pindahan dari panther. saya sekarang pakai innova diesel 2012. km sekarang 700. sewaktu mesin panas saya buka tutup buat ngisi oli kok ada uap yg kelihatan dan olinya muncrat2. trus pd dipstick saya cabut juga ada kelihatan uap tipis. pertanyyan saya:
1. apakah hal ini hal yg normal pada innova diesel? mohon sarannya.
2. yg saya rasakan tarikan innova ini lelet banget ya...lewat tanjakan dikit aja terasa banget tenaga ngedrop.
rencana mau pasang piggyback plug n play untuk mengatasi tarikan yg lemot. mana yg lbh recommended antara powerlab, powerplug atau dastek?
setw saya sih normal om klo oli nya muncrat itu brarti pompa oli nya main dstu justru bagus setw ane hehe..
klo yg no 2 tgu om turboman aj deh..
ewet
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun Nov 04, 2012 4:18

Re: Kijang Innova D-4D

Post by ewet »

fur10usx wrote:
ewet wrote:saya anggota baru keluarga toyota pindahan dari panther. saya sekarang pakai innova diesel 2012. km sekarang 700. sewaktu mesin panas saya buka tutup buat ngisi oli kok ada uap yg kelihatan dan olinya muncrat2. trus pd dipstick saya cabut juga ada kelihatan uap tipis. pertanyyan saya:
1. apakah hal ini hal yg normal pada innova diesel? mohon sarannya.
2. yg saya rasakan tarikan innova ini lelet banget ya...lewat tanjakan dikit aja terasa banget tenaga ngedrop.
rencana mau pasang piggyback plug n play untuk mengatasi tarikan yg lemot. mana yg lbh recommended antara powerlab, powerplug atau dastek?
setw saya sih normal om klo oli nya muncrat itu brarti pompa oli nya main dstu justru bagus setw ane hehe..
klo yg no 2 tgu om turboman aj deh..
kalau adanya uap oli yg kelihatan dari lubang pengisian oli gimana, apakah normal?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

ewet wrote:saya anggota baru keluarga toyota pindahan dari panther. saya sekarang pakai innova diesel 2012. km sekarang 700. sewaktu mesin panas saya buka tutup buat ngisi oli kok ada uap yg kelihatan dan olinya muncrat2. trus pd dipstick saya cabut juga ada kelihatan uap tipis. pertanyyan saya:
1. apakah hal ini hal yg normal pada innova diesel? mohon sarannya.
2. yg saya rasakan tarikan innova ini lelet banget ya...lewat tanjakan dikit aja terasa banget tenaga ngedrop.
rencana mau pasang piggyback plug n play untuk mengatasi tarikan yg lemot. mana yg lbh recommended antara powerlab, powerplug atau dastek?
Ini dibuka pas mesin idup ya ?

kalo tutup oli dibuka saat mesin panas ada uap sedikit keluar ya wajar aja.

2. Biosolar kasih racun apa ?

kalau mau enak maka oli mesin dan oli gardan segera ganti, oli bawaan dr pabrik kualitas pas2-an

Trus kasih Ground cable buat ngurangin lag krn mekanisme TBW nya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

Profith83 wrote: 3. Baru 3 bulan lalu dicampur "Maximum Cetane Booster" dengan "Redline". Tarikan tetap enak, suara injector tidak kering. nyampurnya di botol bekas U C 1000 dengan takaran 1 bagian redline berbanding 4 bagian cetane booster. Nah setelah dicampur kalau tidak dikocok tetap terpisah antara redline dengan cetane booster.(tahunya tidak tercampur karena beda warna). Kalaupun dikocok dan diendapkan 1 hari maka akan kelihatan keruh ada bulir bulir seperti debu (biarpun botol tertutup rapat)
jangan di oplos lah......gunakan salah 1 aja.

kalaupun mau gunakan 2 racun solar, gunakan yg sifat kerjanya berbeda, itupun masing2 lgs tuang ke tangki, jangan di pre-mix di luar.
ewet
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun Nov 04, 2012 4:18

Re: Kijang Innova D-4D

Post by ewet »

Turboman wrote:
ewet wrote:saya anggota baru keluarga toyota pindahan dari panther. saya sekarang pakai innova diesel 2012. km sekarang 700. sewaktu mesin panas saya buka tutup buat ngisi oli kok ada uap yg kelihatan dan olinya muncrat2. trus pd dipstick saya cabut juga ada kelihatan uap tipis. pertanyyan saya:
1. apakah hal ini hal yg normal pada innova diesel? mohon sarannya.
2. yg saya rasakan tarikan innova ini lelet banget ya...lewat tanjakan dikit aja terasa banget tenaga ngedrop.
rencana mau pasang piggyback plug n play untuk mengatasi tarikan yg lemot. mana yg lbh recommended antara powerlab, powerplug atau dastek?
Ini dibuka pas mesin idup ya ?

kalo tutup oli dibuka saat mesin panas ada uap sedikit keluar ya wajar aja.

2. Biosolar kasih racun apa ?

kalau mau enak maka oli mesin dan oli gardan segera ganti, oli bawaan dr pabrik kualitas pas2-an

Trus kasih Ground cable buat ngurangin lag krn mekanisme TBW nya
1. iya bung turboman....dibuka pas mesin hidup. waktu dulu pakai ispan sih walaupun mobil kondisi panas kebulan/uap oli g kelihatan. kalau di innova ini uapnya kelihatan banget.
2. bio solar masih belum dikasih racun. kasih racunnya itu tiap isi solar ataukah tiap berapa ribu km sekali?
rencananya sih mau k auto2000 buat servis 1000 km sekalian ganti oli. jadi oli yg diganti: oli mesin & gardan. termasuk oli transmisi juga ya bung turboman?
kalau untuk oli mesin mana yg lebih recommended: BM1, castrol, shell ataukah meditran sx?
untuk oli gardan & transmisi sarannya pakai apa?
3. saya cari info ttg ground cable inova diesel ketemu gambar point2 pemasangan. untuk cara buatnya gimana ya..?
utk piggyback apa mending ditunda dulu ya --> ganti downpipe dulu?
4. untuk downpipe itu yg diganti pas bagian setelah turbo aja kah? catalytic converter dihilangkan?
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Kijang Innova D-4D

Post by mr-saga »

Turboman wrote:
knn123456 wrote:oke deh ntar saya coba telpon ke budi. thanks ya turboman. ada saran dr anda supaya d4d saya bisa lebih irit?
Supaya lebih irit :

1. Tuning TPS, adjust a bit counter clockwise (DC 100 rb.)
2. Deflector di air filter box, membuat arah aliran udara lebih fokus & mengurangi turbulensi di air filter box (DC 50 rb. - bisa bikin sendiri)
3. Selang wastegate, membuat Turbo spool up sejak RPM rendah (DC 50 rb.)
4. Poles TB / pipa Turbo (DC 150 rb.)
5. CAI Pre & Post Turbo (DC total start from Rp. 600 rb.)
6. Adjust posisi TBW (zero cost)

Biasanya jika step2 di atas udah dilaksanakan maka pumping power di RPM rendah improve signifikan, pedal gas cukup di toel2 & ganti gigi bisa di RPM yg lebih rendah.

DC di atas hanya sebagai contoh saja (refer ke bengkel Phoenix), kalau anda ada langganan bengkel yg qualified dlm menangangi Ipah D4 D maka anda bisa bawa juga ke sana, tdk harus ke Phoenix.

Sehabis itu semua, next step ke Dastek <-- saya bisa komen krn experiment penghematan kons BBM dgn Dastek sudah terbukti cukup berhasil, improve 10%

Sesudah itu kalau anda mau pasang Broquet sih terserah, kalau sy pribadi lebih pilih menggunakan racun solar & pelumas pompa injeksi (campur ke solar) scr teratur.


SElamat mencoba
knn123456 wrote:turbo man, ane wes pasang broquet n kemaren coba di jalan tol konstan kec 80km/h dapet 1:15,4 sebelumnya 1:13,2 u/ dalkot 1:10 sebelumnya 1:8 ini lagi masuk minggu ke 2 n harap2 sih bisa kyk gini terus huehehe.. kelebihan lain sih mesin lebih alus.. bawaan lebih ringan.. tarikan lebih bagus.
Turboman wrote:
mintblue wrote: Mungkin ada pengaruh solar? Maksudnya klo diisi PertaDEX ato SDF lebih sunyi gitu?
Ada yg bisa kasih info soal pengaruh solar sama suara & getaran Innova D4D?
Benar

BBM dgn CN lebih tinggi maka proses pembakaran akan lebih instant.

CN yg rendah akan mengakibatkan "self ignition delay" krn proses pembakaran lebih lambat, inilah yg membuat suara mesin lebih kasar & getaran lebih besar.

CMIIW
GTR wrote:@turboman,
Torque innova d4d A/T 260nm dan yg M/T dibedakan kecil sendiri = 200nm;
secara Fortuner d4d yg M/T pun = 260Nm (ikut spec innova d4d yg A/T).
any idea kenapa TAM 'lumayan sacrificekan spec (60nm)' di innova d4d M/T ini?
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Kijang Innova D-4D

Post by mr-saga »

Tolong dong kpd master2...
Ane butuh info nih ttg pertanyaan serupa yg prnh disampaikan
oleh om GTR spt diatas... :e-pray:
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

ewet wrote: 2. bio solar masih belum dikasih racun. kasih racunnya itu tiap isi solar ataukah tiap berapa ribu km sekali?

2. a. rencananya sih mau k auto2000 buat servis 1000 km sekalian ganti oli. jadi oli yg diganti: oli mesin & gardan. termasuk oli transmisi juga ya bung turboman?

kalau untuk oli mesin mana yg lebih recommended: BM1, castrol, shell ataukah meditran sx?
untuk oli gardan & transmisi sarannya pakai apa?

3. saya cari info ttg ground cable inova diesel ketemu gambar point2 pemasangan. untuk cara buatnya gimana ya..?
utk piggyback apa mending ditunda dulu ya --> ganti downpipe dulu?

4. untuk downpipe itu yg diganti pas bagian setelah turbo aja kah? catalytic converter dihilangkan?
2. Kalau sy sih prefer yg dituang dikit2 tiap isi solar

2. a. Oli bawaan pabrik kualitas pas2-an jadi sebaiknya sesegera mungkin diganti, kecuali ATF Ipah Matic.
Oli mesin selama break in : mineral based Diesel aja cukup.
Oli gardan = yg paling penting hrs API GL-5
Oli trans manual = 75W90 GL-4 (GL-5 allowed)

3. Utk Gron cable Daripada ribet & bingung mending bawa ke workshop AniX aja 081905686669 (ko Hengky)

4. Yap, Down pipe = pipa yg sesudah turbo
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

mr-saga wrote:Tolong dong kpd master2...
Ane butuh info nih ttg pertanyaan serupa yg prnh disampaikan
oleh om GTR spt diatas... :e-pray:
Kalo soal perbedaan Torsi mestinya paling tepat ditanyakan ke TAM, tentu mrk ada pertimbangan tersendiri, khususnya berkaitan dengan efisiensi BBM.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Kijang Innova D-4D

Post by ilhami »

Kalau yang matic, torsi selisih 65 Nm, tapi kopling nya kan "oli", jadi dia nggak langsung full tersambung. Torsi yang besar supaya nggak terkesan lemot.
Sedangkan yang manual, kopling manual diatur pengemudi. Jadi feeling akhirnya mungkin sama ya.
Masuk akal nggak? :big_peace:
ewet
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun Nov 04, 2012 4:18

Re: Kijang Innova D-4D

Post by ewet »

@turboman, ko Henky area mana? saya area kediri Jawa Timur .

Kondisi innova saya sekarang km 900, sementara masih pakai biosolar belum pakai racun. rencana mau di racun juga nih solar. FC: 1:12.
mau ganti downpipe KANSAI dan pasang ground cable.

ada yang sudah menutup EGR? apakah nutup EGR ini cukup ditutup dengan plat?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

ewet wrote:@turboman, ko Henky area mana? saya area kediri Jawa Timur .

Kondisi innova saya sekarang km 900, sementara masih pakai biosolar belum pakai racun. rencana mau di racun juga nih solar. FC: 1:12.
mau ganti downpipe KANSAI dan pasang ground cable.

ada yang sudah menutup EGR? apakah nutup EGR ini cukup ditutup dengan plat?
Ya wes

Utk GC = cari installr car audio langganan anda

bikin pakai kabel 8 AWG + skun & crimp

nanti masang di titik :
- TB
- Bracket pompa injeksi
- Bracket ECU
- Terminal ground di balik kick panel kaki penumpang depan

Kabel kasih jarak main, terutama yg di mesin, krn mesin start ada guncang.

Semuanya bermuara ke terminal negatip aki, kita yg guiding tukangnya (anda harus guide tukangnya dan gak bisa sistem terima beres)

Tutup EGR = beli di REV, nanti di sana pasang sendiri aja, ingat : kasih sealant dan pelat tipis ori-nya hrs dipasang juga
ewet
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun Nov 04, 2012 4:18

Re: Kijang Innova D-4D

Post by ewet »

OK turboman, terimakasih saran dan masukannya.
siap laksanakan..
adrielhw
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Nov 21, 2012 13:25

Re: Kijang Innova D-4D

Post by adrielhw »

innova G A/T 2012 baru dateng nih, km dah 1000.
tp blm ganti oli..
pada menyarankan ganti oli mineral dl s/d 5000km, pake oli motul tekma15w-40?
tetapi klo misalnya lsg pake oli shell hx7 diesel 10w-40 boleh atau tidak?
shopdrive harga nya hx7 lebih murah drpd motul...
misalnya pake olie tekma atau hx7 nyampe 5rb bisa smua?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

adrielhw wrote:innova G A/T 2012 baru dateng nih, km dah 1000.
tp blm ganti oli..
pada menyarankan ganti oli mineral dl s/d 5000km, pake oli motul tekma15w-40?
1. tetapi klo misalnya lsg pake oli shell hx7 diesel 10w-40 boleh atau tidak?
shopdrive harga nya hx7 lebih murah drpd motul...
2. misalnya pake olie tekma atau hx7 nyampe 5rb bisa smua?
1. Boleh, utk Diesel pakeknya HX7 Diesel atau HX7 API SN, kalo HX7 polos jangan

2. Bisa
BYonics
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Mon Aug 18, 2008 5:24

Re: Kijang Innova D-4D

Post by BYonics »

Turboman wrote:
1. Boleh, utk Diesel pakeknya HX7 Diesel atau HX7 API SN, kalo HX7 polos jangan

2. Bisa
Om,
Kalo ane udah mau menyentuh 5000 nih.
Mohon rekomendasi oli mesin dan oli gardan.
Langsung kasih merk dan type-nya aja deh, Om.. hehehe

Dan di mana beli olie yang rekomen.
Bisa di Atrium Senin, atau di mana yaa?
atau ada contact person tempat jual olinya sekalian...
*maaf banyak maunya* :-)