Kijang Innova D-4D - PART 01

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Kijang Innova D-4D

Post by salah obat »

:mky_01: belum berani reset ecu, mau dibawa ke beres aja tapi masih blm sempet..
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Profith83 »

reset ECU gimana caranya ?
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Kijang Innova D-4D

Post by salah obat »

Lepas kabel pada aki negatif selama beberapa detik lalu pasang kembali, atau cabut sikring ecu pada fuse box selama beberapa detik lalu pasang kembali..cmiiw
rexmale
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Thu Mar 08, 2012 5:12

Re: Kijang Innova D-4D

Post by rexmale »

Mau tanya lagi takaran penggunaan Diesel Power Max Cetane boost yang direkomendasikan berapa ya per liter solar?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

rexmale wrote:Mau tanya lagi takaran penggunaan Diesel Power Max Cetane boost yang direkomendasikan berapa ya per liter solar?
1 btl tuk 10X isi solar fulltank kalo saya sih, jadi isi kira2 aja, a bit more or less is ok.
rexmale
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Thu Mar 08, 2012 5:12

Re: Kijang Innova D-4D

Post by rexmale »

Turboman wrote:
rexmale wrote:Mau tanya lagi takaran penggunaan Diesel Power Max Cetane boost yang direkomendasikan berapa ya per liter solar?
1 btl tuk 10X isi solar fulltank kalo saya sih, jadi isi kira2 aja, a bit more or less is ok.
Saya biasa isi solar 100rb (22,22L) jadi bisa untuk 20x isi solar ya, nah 1 botol dibagi 20 itu berapa banyak ya :), kira-kira 600ml / 20, jadi setiap isi 22l solar pakai 30ml ya
alex777
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Oct 18, 2012 8:22

Re: Kijang Innova D-4D

Post by alex777 »

Salam kenal para sepuh SM ... :ungg:

Saya pake Innova Diesel Matic 2007.
Mau tanya bengkel rekomendasi untuk Tune Up Innvoa Diesel dimana ya ?
Tune Up disini dalam cakupan : bersihkan TB, tutup EGR, dan setting2 lain yang dibutuhkan untuk effisiensi tenaga dan BBM di Innova ...

Oh iya, lokasi saya ada di Jakarta...

Tolong rekomendasi nya ya biar Innova Diesel saya bisa ngacir and iritt .. :big_smoking:

Terima kasih atas attensinya .... :frm_tumbright:
rexmale
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Thu Mar 08, 2012 5:12

Re: Kijang Innova D-4D

Post by rexmale »

Mau tanya juga sekalian kalau D4D A/T dengan km belum sampai 3000 apakah boleh menutup EGR? Kalau boleh di bengkel mana yang rekomended?

Terima kasih.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Kijang Innova D-4D

Post by tesna »

@alex777, di rev engineering.., ada di jalan panjang, kebun jeruk. tapi telpon dulu.. suka penuhhhh
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

alex777 wrote:Salam kenal para sepuh SM ... :ungg:

Saya pake Innova Diesel Matic 2007.
Mau tanya bengkel rekomendasi untuk Tune Up Innvoa Diesel dimana ya ?
Tune Up disini dalam cakupan : bersihkan TB, tutup EGR, dan setting2 lain yang dibutuhkan untuk effisiensi tenaga dan BBM di Innova ...
Tutup EGR bisa beli ke Stanley Bdg dan pasang sendiri atau di REV juga ada jual yg buatan Thai.

Kalo Purging bisa ke GBT / Sinergy Daan Mogot / REV & skg sudah banyak bengkel yg bisa purging

Utk Ipah 2007 ane juga saranin (jika belum pernah dilakukan) :
- Kuras tangki solar + bersihkan fuel screen @tangki
- Ganti Timing Belt & V-Belt
- Kuras ATF

Juga sebetulnya boleh coba lakukan :
Bersihkan ruang bakar pakai obat khusus spt Impact 2000, tapi semprotnya dikit2 ke intake & jangan sampai mesin bergetar hebat / klotok2, tapi ini perlu ke hati2-an extra tinggi, sebab jika salah prosedur mesin Diesel bisa jebol.

Kalau saya lakukan selang 2 - 3X ganti oli (sebelaum ganti oli), tarikan mesin lgs improve lagi.
blackd4d
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Oct 19, 2012 4:45

Re: Kijang Innova D-4D

Post by blackd4d »

salam kenal,

Saya pengguna ipah diesel matic, baru ganti engine mounting 3 pcs ; kiri kanan dan transmisi mounting.
Problemnya sekarang waktu starter ada bunyi dug ; ketika dimatikan normal.
Engine mounting original.
Sdh dicek ulang belum terdeteksi permasalahannya.
Mungkin sesepuh ada yang bisa kasih info. :thanks:
rexmale
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Thu Mar 08, 2012 5:12

Re: Kijang Innova D-4D

Post by rexmale »

Resikonya kalau pake bio solar dan ga pakai tutup EGR adalah ruang bakar banyak kerak ya? Apa yang mesti dilakukan/diperhatikan setiap service rutin kalau tidak menutup EGR?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

blackd4d wrote:salam kenal,

Saya pengguna ipah diesel matic, baru ganti engine mounting 3 pcs ; kiri kanan dan transmisi mounting.
Problemnya sekarang waktu starter ada bunyi dug ; ketika dimatikan normal.
Engine mounting original.
Sdh dicek ulang belum terdeteksi permasalahannya.
Mungkin sesepuh ada yang bisa kasih info. :thanks:
Coba bawa ke Auro 2000 Puri, minta tolong dgn pak Adhi

teman juga ada yg pernah ngalamin ganti eng. & trans. mtg. masih terasa getar, lalu di cek dan posisi mounting2 disetel lagi, akhirnya getaran ilang.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

rexmale wrote:Resikonya kalau pake bio solar dan ga pakai tutup EGR adalah ruang bakar banyak kerak ya? Apa yang mesti dilakukan/diperhatikan setiap service rutin kalau tidak menutup EGR?
Bersihkan pipa EGR dan katup EGR yg di bawah Throttle Body itu.

Tapi ya kalau sy sih drpd berulang terus kotornya lebih baik EGR sy tutup, bukan apa2, krn EGR tidak cocok utk jalan dgn BBM sulphur tinggi.

Beda dengan di mesin Gasoline, adanya EGR justru membantu mengurangi pumping loss, kalau di mesin bensin EGR sebaiknya jangan ditutup, dibersihkan secara berkala aja.
rexmale
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Thu Mar 08, 2012 5:12

Re: Kijang Innova D-4D

Post by rexmale »

Turboman wrote:
rexmale wrote:Resikonya kalau pake bio solar dan ga pakai tutup EGR adalah ruang bakar banyak kerak ya? Apa yang mesti dilakukan/diperhatikan setiap service rutin kalau tidak menutup EGR?
Bersihkan pipa EGR dan katup EGR yg di bawah Throttle Body itu.

Tapi ya kalau sy sih drpd berulang terus kotornya lebih baik EGR sy tutup, bukan apa2, krn EGR tidak cocok utk jalan dgn BBM sulphur tinggi.

Beda dengan di mesin Gasoline, adanya EGR justru membantu mengurangi pumping loss, kalau di mesin bensin EGR sebaiknya jangan ditutup, dibersihkan secara berkala aja.
Yang jadi masalahnya ini ipah dari TRAC, apakah saya minta mereka tutup atau saya tutup sendiri, apakah diperbolehkan oleh TRAC? Terus kalau tidak ditutup pun berarti tiap service rutin tinggal minta pihak TRAC untuk Bersihkan pipa EGR dan katup EGR yg di bawah Throttle Body itu, kan selama 5 tahun semua service sudah tanggungan TRAC.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Profith83 »

salah obat wrote:Lepas kabel pada aki negatif selama beberapa detik lalu pasang kembali, atau cabut sikring ecu pada fuse box selama beberapa detik lalu pasang kembali..cmiiw


Sudah lepas kabel aki yang positif selama 5 menit dan pasang lagi, kenapa lampu BBM masih nyala terus yah, juga sudah lepas pompa solar dan buang air lewat lepas baut/mur buangan yang dibawah

kenapa yah ?
User avatar
barzul
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Tue Jul 26, 2011 4:49

Re: Kijang Innova D-4D

Post by barzul »

Profith83 wrote:
salah obat wrote:Lepas kabel pada aki negatif selama beberapa detik lalu pasang kembali, atau cabut sikring ecu pada fuse box selama beberapa detik lalu pasang kembali..cmiiw


Sudah lepas kabel aki yang positif selama 5 menit dan pasang lagi, kenapa lampu BBM masih nyala terus yah, juga sudah lepas pompa solar dan buang air lewat lepas baut/mur buangan yang dibawah

kenapa yah ?
coba diulang, copot kabel akinya 30 menit... note: yg dicopot kabel negatifnya ya pak

disun visor kanan, ada keterangan klo ga salah, kalau lampu peringatan solar itu tetep nyala segera dibawa ke bengkel resmi untuk diperiksa :drinking:
Dream, Believe, Make It Happen
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

Profith83 wrote:
salah obat wrote:Lepas kabel pada aki negatif selama beberapa detik lalu pasang kembali, atau cabut sikring ecu pada fuse box selama beberapa detik lalu pasang kembali..cmiiw


Sudah lepas kabel aki yang positif selama 5 menit dan pasang lagi, kenapa lampu BBM masih nyala terus yah, juga sudah lepas pompa solar dan buang air lewat lepas baut/mur buangan yang dibawah

kenapa yah ?
Coba kunci kontak di ON, trus pencet tombol reset speedometer en ditahan agak lama.

selamat mencoba
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Profith83 »

Turboman wrote:
Profith83 wrote:
salah obat wrote:Lepas kabel pada aki negatif selama beberapa detik lalu pasang kembali, atau cabut sikring ecu pada fuse box selama beberapa detik lalu pasang kembali..cmiiw


Sudah lepas kabel aki yang positif selama 5 menit dan pasang lagi, kenapa lampu BBM masih nyala terus yah, juga sudah lepas pompa solar dan buang air lewat lepas baut/mur buangan yang dibawah

kenapa yah ?
Coba kunci kontak di ON, trus pencet tombol reset speedometer en ditahan agak lama.

selamat mencoba
Nanti saya coba, saya sering melakukan ini untuk reset TRIP A dan TRIP B.
Terakhir saya reset tetap saja lampu nyala. Pencetnya berapa lama yah ? biasanya 3 detik TRIP A akan jadi nol. Trip B juga 3 detik lagi jadi nol.

Pencetan yang itu yah Om Turbo ? dan berapa lama ?
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Profith83 »

barzul wrote:
Profith83 wrote:
salah obat wrote:Lepas kabel pada aki negatif selama beberapa detik lalu pasang kembali, atau cabut sikring ecu pada fuse box selama beberapa detik lalu pasang kembali..cmiiw


Sudah lepas kabel aki yang positif selama 5 menit dan pasang lagi, kenapa lampu BBM masih nyala terus yah, juga sudah lepas pompa solar dan buang air lewat lepas baut/mur buangan yang dibawah

kenapa yah ?
coba diulang, copot kabel akinya 30 menit... note: yg dicopot kabel negatifnya ya pak

disun visor kanan, ada keterangan klo ga salah, kalau lampu peringatan solar itu tetep nyala segera dibawa ke bengkel resmi untuk diperiksa :drinking:
Betul ada tertulis seperti itu .... lama amat yah 30 menit
fur10usx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01

Re: Kijang Innova D-4D

Post by fur10usx »

rexmale wrote:
Turboman wrote:
rexmale wrote:Resikonya kalau pake bio solar dan ga pakai tutup EGR adalah ruang bakar banyak kerak ya? Apa yang mesti dilakukan/diperhatikan setiap service rutin kalau tidak menutup EGR?
Bersihkan pipa EGR dan katup EGR yg di bawah Throttle Body itu.

Tapi ya kalau sy sih drpd berulang terus kotornya lebih baik EGR sy tutup, bukan apa2, krn EGR tidak cocok utk jalan dgn BBM sulphur tinggi.

Beda dengan di mesin Gasoline, adanya EGR justru membantu mengurangi pumping loss, kalau di mesin bensin EGR sebaiknya jangan ditutup, dibersihkan secara berkala aja.
Yang jadi masalahnya ini ipah dari TRAC, apakah saya minta mereka tutup atau saya tutup sendiri, apakah diperbolehkan oleh TRAC? Terus kalau tidak ditutup pun berarti tiap service rutin tinggal minta pihak TRAC untuk Bersihkan pipa EGR dan katup EGR yg di bawah Throttle Body itu, kan selama 5 tahun semua service sudah tanggungan TRAC.
setau saya bayar 300rban loh walaupun msh gratis jasa karena setau saya di beres itu mksd nya gratis jasa hanya untuk servis2 di buku servis saja...
blackd4d
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Oct 19, 2012 4:45

Re: Kijang Innova D-4D

Post by blackd4d »

Turboman wrote:
blackd4d wrote:salam kenal,

Saya pengguna ipah diesel matic, baru ganti engine mounting 3 pcs ; kiri kanan dan transmisi mounting.
Problemnya sekarang waktu starter ada bunyi dug ; ketika dimatikan normal.
Engine mounting original.
Sdh dicek ulang belum terdeteksi permasalahannya.
Mungkin sesepuh ada yang bisa kasih info. :thanks:
Coba bawa ke Auro 2000 Puri, minta tolong dgn pak Adhi

teman juga ada yg pernah ngalamin ganti eng. & trans. mtg. masih terasa getar, lalu di cek dan posisi mounting2 disetel lagi, akhirnya getaran ilang.
Ok, saya coba cek ulang. Thx bung Turboman
rexmale
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Thu Mar 08, 2012 5:12

Re: Kijang Innova D-4D

Post by rexmale »

fur10usx wrote:
rexmale wrote:
Turboman wrote:Bersihkan pipa EGR dan katup EGR yg di bawah Throttle Body itu.

Tapi ya kalau sy sih drpd berulang terus kotornya lebih baik EGR sy tutup, bukan apa2, krn EGR tidak cocok utk jalan dgn BBM sulphur tinggi.

Beda dengan di mesin Gasoline, adanya EGR justru membantu mengurangi pumping loss, kalau di mesin bensin EGR sebaiknya jangan ditutup, dibersihkan secara berkala aja.
Yang jadi masalahnya ini ipah dari TRAC, apakah saya minta mereka tutup atau saya tutup sendiri, apakah diperbolehkan oleh TRAC? Terus kalau tidak ditutup pun berarti tiap service rutin tinggal minta pihak TRAC untuk Bersihkan pipa EGR dan katup EGR yg di bawah Throttle Body itu, kan selama 5 tahun semua service sudah tanggungan TRAC.
setau saya bayar 300rban loh walaupun msh gratis jasa karena setau saya di beres itu mksd nya gratis jasa hanya untuk servis2 di buku servis saja...
Oh sekali bersihkan pipa EGR itu kena biaya 300rban ya, kalau gitu minta TRAC yang tanggung saja, tapi kira2 tiap berapa km ya baru perlu dibersihkan?
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Profith83 »

Turboman wrote:
Profith83 wrote:
salah obat wrote:Lepas kabel pada aki negatif selama beberapa detik lalu pasang kembali, atau cabut sikring ecu pada fuse box selama beberapa detik lalu pasang kembali..cmiiw


Sudah lepas kabel aki yang positif selama 5 menit dan pasang lagi, kenapa lampu BBM masih nyala terus yah, juga sudah lepas pompa solar dan buang air lewat lepas baut/mur buangan yang dibawah

kenapa yah ?
Coba kunci kontak di ON, trus pencet tombol reset speedometer en ditahan agak lama.

selamat mencoba
Lapor, sudah dicoba, kunci kontak di ON, pencet tombol di ODO agak lama sekitar 30 detik masih nyala.
Kontak di OFF, kemudian kontak ON lagi, pencet tombol lagi sekitar 1 menit masih nyala.

Betul yah tombol yang di ODO ?
Lepas sekering ECU yang di dalam kabin dan yang di mesin, pasang lagi. Masih tetap nyala.
Kuras pompa solar juga sudah.

Belum coba lepas kabel aki yang (+)
Mobil sih tidak ada problem, tarikan RPM tinggi juga OK (tidak brebet)
Kayaknya harus ke BeRes?
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Kijang Innova D-4D

Post by salah obat »

Profith83 wrote: Lapor, sudah dicoba, kunci kontak di ON, pencet tombol di ODO agak lama sekitar 30 detik masih nyala.
Kontak di OFF, kemudian kontak ON lagi, pencet tombol lagi sekitar 1 menit masih nyala.

Betul yah tombol yang di ODO ?
Lepas sekering ECU yang di dalam kabin dan yang di mesin, pasang lagi. Masih tetap nyala.
Kuras pompa solar juga sudah.

Belum coba lepas kabel aki yang (+)
Mobil sih tidak ada problem, tarikan RPM tinggi juga OK (tidak brebet)
Kayaknya harus ke BeRes?
Kuras pompa solar dulu baru reset ecu, klo masih nyala ganti filter solar, dipakai kemudian lain hari nyala lagi harus kuras tangki solar..