Kijang Innova D-4D - PART 01

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

Profith83 wrote:
andy1800 wrote:om profith sblm pakai d4d ini, terbiasa pakai mobil apa?
om Andy,

Dastek dan Powerplug apakah beda HP dan torsinya jauh ?
Kalau Dastek yang di GUT ada tambahan throttle dan extender sehingga total 7.5 jt an
Kalau Powerplug katanya cuma sekitar 3.5 tanpa perlu tambahan throttle dan extender.

Ada yang bisa jelasin untuk apa alat itu, pasang di mana dan cara kerjanya (throttle + extender)

Thanks
TM ya buat manipulasi VPA1 alias signal bacaan APP / Pedal Gas, sehingga respons-nya bisa dibuat lebih agressive.

Extender = utk ngontrol Injection pulse.

Om, kalo bandingin PP vs. Dastek Q+ dgn TM + Extender tentu gak apple to apple..........
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Profith83 »

Turboman wrote:
Profith83 wrote:
om Andy,

Dastek dan Powerplug apakah beda HP dan torsinya jauh ?
Kalau Dastek yang di GUT ada tambahan throttle dan extender sehingga total 7.5 jt an
Kalau Powerplug katanya cuma sekitar 3.5 tanpa perlu tambahan throttle dan extender.

Ada yang bisa jelasin untuk apa alat itu, pasang di mana dan cara kerjanya (throttle + extender)

Thanks
TM ya buat manipulasi VPA1 alias signal bacaan APP / Pedal Gas, sehingga respons-nya bisa dibuat lebih agressive.

Extender = utk ngontrol Injection pulse.

Om, kalo bandingin PP vs. Dastek Q+ dgn TM + Extender tentu gak apple to apple..........
Sorry, bener Om Turbo gak apple to apple, mungkin pertanyaannya begini :
1. lebih irit yang mana, asumsi driving style sama.
2. apabila pakai PP atau Dastek Q+ dengan TM + Extender, sepertinya berikut ini juga harus dimaintain/dibeli yah :
- olie mesin Shell Helix 7 diesel plus
- down pipe (mobil saya sudah tidak ada Catalytic Converter - tidak ada gelembung)

Saya seringnya mobil dipakai jarak pendek, sebulan cuma 500 KM an. Setahun 1-2 kalau ke luar kota (PP sekitar 200 KM)
Yang paling penting :
1. mobil irit
2. mesin seawet mungkin

sebaiknya pakai yang mana yah ?
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Profith83 »

Down pipe Stainless Kansai Harga 2 jt diskon 20% + ongkos pasang 100 rb = 1.7 jt

Adanya cuma yang stainless, mau cari yang biasa gak ada.

Ada yang tahu di Surabaya dimana down pipe yang bukan dari stainless?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

Buat om Cuan :
Pakai Piggyback yg main FRP aja macam PP / RCP / Dastek Q+ (thok) / ECU Shop Cube / Powerlab FPC, Power naekkin moderate antara 15 - 20%

bebas pilih yg mana sesuai selera.
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Kijang Innova D-4D

Post by htannis »

Untuk piggyback sih kalau dari pengalaman ane pake D4D dari tahun 2010, untuk D4D ipah dengan turbo+injector std, paling pas dan worth it itu dastek q+, extender, intercooler custom by REV plug and play non bobok, electronic boost controller Gizmo built in turbo timer.
Hasil akhirnya 205HP/420NM
Untuk performa 0-100kmh dan 402m tunggu banjir surut, akan diukur mengunakan ecu-shop monster gauge

*bukan sales REV
*bukan sales dastek
*bukan sales Gizmo
*bukan sales ecu-shop
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Profith83 »

htannis wrote:Untuk piggyback sih kalau dari pengalaman ane pake D4D dari tahun 2010, untuk D4D ipah dengan turbo+injector std, paling pas dan worth it itu dastek q+, extender, intercooler custom by REV plug and play non bobok, electronic boost controller Gizmo built in turbo timer.
Hasil akhirnya 205HP/420NM
Untuk performa 0-100kmh dan 402m tunggu banjir surut, akan diukur mengunakan ecu-shop monster gauge

*bukan sales REV
*bukan sales dastek
*bukan sales Gizmo
*bukan sales ecu-shop
Ditunggu yah performa 0-100 kmh nya :ungg:

Habis berapa bro semuanya ?
growbuckme
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Mon May 25, 2009 5:51

Re: Kijang Innova D-4D

Post by growbuckme »

Profith83 wrote:Report : habis ganti olie di KM 300 Innova D4D

Memamg kualitas olie bawaan pabrik berbeda dengan Castrol Magnatec
Mesin lebih halus, tarikan lebih ringan

Tidak kecewa keluar uang 600 rb an

Tapi olie gardan rencana baru ganti di KM 1,000
wah, kalo bertahan sampe 1000km krg baik ya om profith? btw, kalo saran dari om Turbo kyknya pernah baca kalo sampe batas 10rb km lebih baik pake olie diesel mineral. Ada yg bs ksh rekomen merk nya utk olie diesel mineral yg mayan?
fur10usx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01

Re: Kijang Innova D-4D

Post by fur10usx »

growbuckme wrote:
Profith83 wrote:Report : habis ganti olie di KM 300 Innova D4D

Memamg kualitas olie bawaan pabrik berbeda dengan Castrol Magnatec
Mesin lebih halus, tarikan lebih ringan

Tidak kecewa keluar uang 600 rb an

Tapi olie gardan rencana baru ganti di KM 1,000
wah, kalo bertahan sampe 1000km krg baik ya om profith? btw, kalo saran dari om Turbo kyknya pernah baca kalo sampe batas 10rb km lebih baik pake olie diesel mineral. Ada yg bs ksh rekomen merk nya utk olie diesel mineral yg mayan?
budget nya brapa dlu om biar master2 yg ada bsa rekomend..
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Kijang Innova D-4D

Post by htannis »

Profith83 wrote:
htannis wrote:Untuk piggyback sih kalau dari pengalaman ane pake D4D dari tahun 2010, untuk D4D ipah dengan turbo+injector std, paling pas dan worth it itu dastek q+, extender, intercooler custom by REV plug and play non bobok, electronic boost controller Gizmo built in turbo timer.
Hasil akhirnya 205HP/420NM
Untuk performa 0-100kmh dan 402m tunggu banjir surut, akan diukur mengunakan ecu-shop monster gauge

*bukan sales REV
*bukan sales dastek
*bukan sales Gizmo
*bukan sales ecu-shop
Ditunggu yah performa 0-100 kmh nya :ungg:

Habis berapa bro semuanya ?
Iya ntar tunggu waktu dan tempat yg tepat bro, kalau 0-100kmh sih gampang, nah kl 402m tuh agak susah. Ane habis yah sekitar 18 juta lah sama filter k&n, solar cooler, dan ground kabel. Oli dkk semua masih std a2000, soalnya mobil juga masih 1000km odo nya
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
growbuckme
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Mon May 25, 2009 5:51

Re: Kijang Innova D-4D

Post by growbuckme »

fur10usx wrote:
growbuckme wrote:
Profith83 wrote:Report : habis ganti olie di KM 300 Innova D4D

Memamg kualitas olie bawaan pabrik berbeda dengan Castrol Magnatec
Mesin lebih halus, tarikan lebih ringan

Tidak kecewa keluar uang 600 rb an

Tapi olie gardan rencana baru ganti di KM 1,000
wah, kalo bertahan sampe 1000km krg baik ya om profith? btw, kalo saran dari om Turbo kyknya pernah baca kalo sampe batas 10rb km lebih baik pake olie diesel mineral. Ada yg bs ksh rekomen merk nya utk olie diesel mineral yg mayan?
budget nya brapa dlu om biar master2 yg ada bsa rekomend..
Blm bs mutusin budgetnya om, soalnya ga tau harga2 olie. Tp kalo dr kualitas yg menengah ke atas. Kalo budgetnya nanti nyampe bisa beli yg kualitas atas, kalo ga yah cukup puas dgn yg menengah d. Tp mgkn kalo kelas olie diesel mineral juga ga byk2 amat pilihannya ya om? kan olie mineral udh jarang yah, apalagi olie mineral yg mayan ok. cmiiw..
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Profith83 »

Innova diesel yang A/T lebih santai mesinnya di speed yang sama, RPM lebih rendah.
Jadi mesin lebih santai. BBM lebih boros iya tetapi gak banyak paling 1 L beda 0.5-1 KM

Ini penting karena untuk lifetime mesin.

Cuma memang agak lag, tetapi asal mau injak gas agak dalam cukup responsive.

Mau dipasang power plug atau Dastek yg lain takut mesin kerja lebih keras dan lebih kasar, otomatis olie harus lebih bagus dari Castrol Magnatec
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

Profith83 wrote: Mau dipasang power plug atau Dastek yg lain takut mesin kerja lebih keras dan lebih kasar, otomatis olie harus lebih bagus dari Castrol Magnatec
Oli tetap mau pakai 10W40 semi synthetic utk Diesel gak masalah, spt HX7 Diesel / Elf TD 10w40 / Q8 T800 / FK Mass yg 10w40 Diesel, dll.

Paling solar kasih additive yg bersifat lubricant aja spt CRC 1Tank

Kalo Power cuman naik 20% aja sih kerja mesin tetap ringan, krn mesin 2KD-FTV khan setting-nya semua serba rendah / Low Power / Low Fuel rail Pressure, padahal kapasitas oli besar, radiator besar.
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Xous »

@bro turbo, Big thx for u, saran selang d ganti ente mewabah d komunitas ane om, rata2 pada keranjingan. hehe. +g skul kaki kanan semua skg :big_slap: senin maybe tutup EGR+ganjal Ring trus tune up khas bengkel yg garap. :big_peace:
byd4d
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Sep 10, 2012 7:08

Re: Kijang Innova D-4D

Post by byd4d »

Bro turbo, boleh minta sarannya kl udh upgrade engine utk memperkuat kaki2nya mendingan ganti velg yg ukuran lbh besar atau pake ban yg sizenya lebih besar seperti yokohama geolandar A/T-s atau toyo. Tks
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Profith83 »

Turboman wrote:
Profith83 wrote: Mau dipasang power plug atau Dastek yg lain takut mesin kerja lebih keras dan lebih kasar, otomatis olie harus lebih bagus dari Castrol Magnatec
Oli tetap mau pakai 10W40 semi synthetic utk Diesel gak masalah, spt HX7 Diesel / Elf TD 10w40 / Q8 T800 / FK Mass yg 10w40 Diesel, dll.

Paling solar kasih additive yg bersifat lubricant aja spt CRC 1Tank

Kalo Power cuman naik 20% aja sih kerja mesin tetap ringan, krn mesin 2KD-FTV khan setting-nya semua serba rendah / Low Power / Low Fuel rail Pressure, padahal kapasitas oli besar, radiator besar.
Thanks Om,
Kalau saya pakai additive "Diesel Max Cetane booster" dengan dosis maintenance.
Apakah produk yang saya pakai tersebut juga ada kandungan lubrikasinya nya ? soalnya pakai itu terasa beda suara mesin dan tarikannya
lebih enak, padahal lubrikasi itu juga penting untuk nozzle yah ... mohon saranya. (saya belum coba CRC)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

byd4d wrote:Bro turbo, boleh minta sarannya kl udh upgrade engine utk memperkuat kaki2nya mendingan ganti velg yg ukuran lbh besar atau pake ban yg sizenya lebih besar seperti yokohama geolandar A/T-s atau toyo. Tks
Ganti shock yg high performance spt Bilstein Silver / HotBits Basic / DT-1, dll.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

Profith83 wrote: Thanks Om,
Kalau saya pakai additive "Diesel Max Cetane booster" dengan dosis maintenance.
Apakah produk yang saya pakai tersebut juga ada kandungan lubrikasinya nya ? soalnya pakai itu terasa beda suara mesin dan tarikannya
lebih enak, padahal lubrikasi itu juga penting untuk nozzle yah ... mohon saranya. (saya belum coba CRC)
Test aja dengan tetesin ke es, kalo ada lapisan film yg tinggal berarti ada zat perlumasnya.
juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Kijang Innova D-4D

Post by juanaxel »

Profith83 wrote:Down pipe Stainless Kansai Harga 2 jt diskon 20% + ongkos pasang 100 rb = 1.7 jt

Adanya cuma yang stainless, mau cari yang biasa gak ada.

Ada yang tahu di Surabaya dimana down pipe yang bukan dari stainless?
Tahun 2011 pertengahan saya beli down pipe di kansai pucang, kena 1,5juta Űϑάĥ termasuk ongkos pasang bro (disc 25%). Malah kalo pas pameran di mall bisa disc sampai 40% lo. Terus»̶-̶̤̈-̶̤̈>̶ tune up di GUT semi sport (ganjal turbo+tutup EGR) kena 525rb tahun lalu. Saya rasa kansai yg terbaik di surabaya bro.
Bukan sales kansai dan GUT looo..
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Profith83 »

htannis wrote:Untuk piggyback sih kalau dari pengalaman ane pake D4D dari tahun 2010, untuk D4D ipah dengan turbo+injector std, paling pas dan worth it itu dastek q+, extender, intercooler custom by REV plug and play non bobok, electronic boost controller Gizmo built in turbo timer.
Hasil akhirnya 205HP/420NM
Untuk performa 0-100kmh dan 402m tunggu banjir surut, akan diukur mengunakan ecu-shop monster gauge

*bukan sales REV
*bukan sales dastek
*bukan sales Gizmo
*bukan sales ecu-shop
Ditunggu hasil test nya :ungg:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Kijang Innova D-4D

Post by htannis »

Profith83 wrote:
htannis wrote:Untuk piggyback sih kalau dari pengalaman ane pake D4D dari tahun 2010, untuk D4D ipah dengan turbo+injector std, paling pas dan worth it itu dastek q+, extender, intercooler custom by REV plug and play non bobok, electronic boost controller Gizmo built in turbo timer.
Hasil akhirnya 205HP/420NM
Untuk performa 0-100kmh dan 402m tunggu banjir surut, akan diukur mengunakan ecu-shop monster gauge

*bukan sales REV
*bukan sales dastek
*bukan sales Gizmo
*bukan sales ecu-shop
Ditunggu hasil test nya :ungg:
Tadi hujan2 agak spin dikit dapet 0-100kmh 9.8 detik, coba yah besok ane post fotonya :mky_08: Boost 1.22bar 205HP/420NM
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
rambut_kusut
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Tue Sep 08, 2009 3:28

Re: Kijang Innova D-4D

Post by rambut_kusut »

Sori agak oot dikit, setelah 4 taon pake si livi akhirnya ane memutuskan untuk ganti pake ipah D4D G AT, rabu ini dateng ( udah ga sabar mau nyobain diesel ), sambil berdoa ga keracunan om turboman....huehehehehehe piece om,
Cuma pengen tau ajah, perawatan apakah BERES ajah cukup or ada yang lain yang perlu di lakukan biar tambah enak pakenya ?
Makasih para juragan
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Kijang Innova D-4D

Post by mr-saga »

rambut_kusut wrote:Sori agak oot dikit, setelah 4 taon pake si livi akhirnya ane memutuskan untuk ganti pake ipah D4D G AT, rabu ini dateng ( udah ga sabar mau nyobain diesel ), sambil berdoa ga keracunan om turboman....huehehehehehe piece om,
Cuma pengen tau ajah, perawatan apakah BERES ajah cukup or ada yang lain yang perlu di lakukan biar tambah enak pakenya ?
Makasih para juragan
selamat ya utk mobil baru nya.. :frm_tumbright:
klo ane blh tau, mksd nya "biar tambah enak" ini
om pengen nya dlm hal apa aja ini?

karna ada juga pembahasan dsini meliputi
penggantian merk/serta spek pelumasan(misalnya)
utk keawetan atau bahkan meningkatkan
keiritan konsumsi solar.

dan sepertinya gak sedikit pula pengguna
ipah yg udah ngrasa cukup dg apa adanya.. :big_peace:
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
rambut_kusut
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Tue Sep 08, 2009 3:28

Re: Kijang Innova D-4D

Post by rambut_kusut »

mr-saga wrote:
rambut_kusut wrote:Sori agak oot dikit, setelah 4 taon pake si livi akhirnya ane memutuskan untuk ganti pake ipah D4D G AT, rabu ini dateng ( udah ga sabar mau nyobain diesel ), sambil berdoa ga keracunan om turboman....huehehehehehe piece om,
Cuma pengen tau ajah, perawatan apakah BERES ajah cukup or ada yang lain yang perlu di lakukan biar tambah enak pakenya ?
Makasih para juragan
selamat ya utk mobil baru nya.. :frm_tumbright:
klo ane blh tau, mksd nya "biar tambah enak" ini
om pengen nya dlm hal apa aja ini?

karna ada juga pembahasan dsini meliputi
penggantian merk/serta spek pelumasan(misalnya)
utk keawetan atau bahkan meningkatkan
keiritan konsumsi solar.

dan sepertinya gak sedikit pula pengguna
ipah yg udah ngrasa cukup dg apa adanya.. :big_peace:

Enak dalam arti standar ko mr saga :ungg: ,.maklum mobil buat bawa keluarga
Biar mesin awet dan enak dibawa jalan normal, karna udah ga berani
Ngebut, kecuali terpaksa :mky_01: b
Karna kalau saya baca baca disini buanyak banget ganti ini or tambah itu
Jadi serem om, inget kemarin pake livi kalo ganti dikit garansi ilang, haduhhh

Makasih banyak buat masukan dan sarannya...
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Kijang Innova D-4D

Post by mr-saga »

@om rambut
ini salah satu pertimbangan dari pengguna ipah,
ane random buka page 46 dpt ini:
Turboman wrote:Utk mobil baru di KM 1000 itu oli mesin dan gardan sangat direkomendasikan diganti, nanti saat olinya dibuang bisa dilihat sendiri olinya spt apa.......hehehehehe

Trans manual juga diganti segera, kalo Matic nanti ganti di 25 rb. Km
dan td du page 43 jg ada bebrp info yg menarik om.. :e-dance:
silahkan om ditelusuri lg ke page2 depan :mky_03:
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Hansen »