Kijang Innova D-4D - PART 01

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Kijang Innova D-4D

Post by nugroho bagor »

angkat lagi :e-whistle:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

BYonics wrote: Om,
Kalo ane udah mau menyentuh 5000 nih.
Mohon rekomendasi oli mesin dan oli gardan.
Langsung kasih merk dan type-nya aja deh, Om.. hehehe

Dan di mana beli olie yang rekomen.
Bisa di Atrium Senin, atau di mana yaa?
atau ada contact person tempat jual olinya sekalian...
*maaf banyak maunya* :-)
cari yg harga berapa per Liternya ?
LV
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Fri Apr 20, 2007 12:45

Re: Kijang Innova D-4D

Post by LV »

Turboman wrote: 2. a. Oli bawaan pabrik kualitas pas2-an jadi sebaiknya sesegera mungkin diganti, kecuali ATF Ipah Matic.
Oli mesin selama break in : mineral based Diesel aja cukup.
Oli gardan = yg paling penting hrs API GL-5
Oli trans manual = 75W90 GL-4 (GL-5 allowed)
Fyi.. sebulan lalu saya service rutin di A2K Puri, ganti oli mesin, transmisi dan oli gardan juga, tp ternyata untuk oli gardan, mereka cuma punya-nya dan ada-nya Shell Spirax S3 G80 80W GL-4, kata SA-nya sudah biasa dipakai di innova untuk transmisi manual dan gardan.

Kemudian saya tunjukin manual book innova dan sudah jelas tertera disana untuk oli gardan harus GL-5, baru SA diam, tp lucunya pas ngobrol sama Kabeng A2K Puri, dia tetap bilang, ngak masalah GL-4 dipakai untuk Gardan, secara spec masih masuk dan sdh sering dipakai jg... hm.. padahal di buku manual Toyota sendiri sudah jelas GL-5.

Kalau saya sich, tetap saya cari oli GL-5 buat gardan, pokoknya sesuai buku manual saja, saya sich
mikir gobloknya saja, kalau toyota di buku manual sudah kasih spec oli gardan GL-5, there should be a good reason to put it there..

Ini cuma info saja ya, siapa tahu ada yang service di A2K Puri dan pernah ganti oli gardan disana, terus dikasih Shell Spirax S3 G80 80W GL-4, saran saja.. mending diganti deh..
Last edited by LV on Thu Dec 06, 2012 6:10, edited 1 time in total.
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Xous »

Sekedar sharing, Hbs pinang d4d v at 05,km trakhir 220an k. maklum mantan operasional rmh tangga. yg member sby, fc matik nya brp y dalkot? galau DP enaknya d ganti kans** or not mengingat gen awal tdk ada cataliknya. Brg kondisi std+rawatan beres. Tuning d lakukan baru aja pasang volt stabiliser piv** yg colok d ligher krn skalian ada display voltnya.
LV
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Fri Apr 20, 2007 12:45

Re: Kijang Innova D-4D

Post by LV »

Xous wrote:Sekedar sharing, Hbs pinang d4d v at 05,km trakhir 220an k. maklum mantan operasional rmh tangga. yg member sby, fc matik nya brp y dalkot? galau DP enaknya d ganti kans** or not mengingat gen awal tdk ada cataliknya. Brg kondisi std+rawatan beres. Tuning d lakukan baru aja pasang volt stabiliser piv** yg colok d ligher krn skalian ada display voltnya.
Mau pakai Solar biasa khan? :)
- pasti ya ngak ada tabung CC-nya? kalau ada sebaiknya DP diganti, kalau ke jakarta, bisa pasang di Budi Knalpot (+/-800rb) sdh bagus dan mantap, dan lebih murah jauh dibanding kansai
- Tutup EGR 350rb

Sorry, just an opinion ya..
Sebelum beli performance part yang tidak terlalu berguna (i.e. volt stabiliser), mending duit-nya ditabung, dipasang performance chip aja
- kalau PnP (performance naik +/-20%) : RaceChipPro 3.2jt atau PowerPlug 3.5jt
- Kalau yg potong kabel (performance naik 30% - 50%):
- ECU=Shop Cube (3.5jt) / Junior Mark III (6jt)
- HKS F-Con d 5jt
- Powerlab FPC2 (3.75jt kemarin lg promo)

Kenapa bisa kasih advice seperti itu.., soalnya gue dah ganti DP, tutup EGR, K&N air filter, grounding, pas di dyno.. ye.. HP-nya std banget cuma 95 doank.. (memang mesin belum sampai 5000, oli pakai mineral, oli gardan masih bawaan pabrik), terus cuma ditambah Junior Mark III, HP langsung naik 150hp.

Gue tadinya pas ganti DP, berasa tarikan sudah beda.. lebih enak.. tp pas pasang piggy-back..
hm.. ganti DP kemarin sich jadi ngak ada apa2nya... kalau ini bener2 beda.. gas-nya jg lebih enak, di toel aja cukup, mau buat ditarik jg mantap bgt, ngisi terus..
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Xous »

@lv, yup ane uda cek bro, sy domisili sby, dan cm kansai refrensi d sini yg yahud n terbukti, budi kirim sby mau g y haha biar dpt lbh ramah d kantong. Sy budget oriented dan ud maklum klo pivot or xcs or aftermarket filter like jfc/knn, dkk emang hanya sedikit scr dynotest tp responsif engine n gearbox + sensasi tuning bertahap nya membuat sy menyukainya, ibarat anak sd naek klas, just step by step n feel it. Haha
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

LV wrote: Kenapa bisa kasih advice seperti itu.., soalnya gue dah ganti DP, tutup EGR, K&N air filter, grounding, pas di dyno.. ye.. HP-nya std banget cuma 95 doank.. (memang mesin belum sampai 5000, oli pakai mineral, oli gardan masih bawaan pabrik), terus cuma ditambah Junior Mark III, HP langsung naik 150hp.

Gue tadinya pas ganti DP, berasa tarikan sudah beda.. lebih enak.. tp pas pasang piggy-back..
hm.. ganti DP kemarin sich jadi ngak ada apa2nya... kalau ini bener2 beda.. gas-nya jg lebih enak, di toel aja cukup, mau buat ditarik jg mantap bgt, ngisi terus..
IMO:
Perbaikan pada aspek mekanikal (intake - exhaust) serta dari sisi kelistrikan (Grounding) adalah hal yg synergystic thd instalasi Piggyback, nanti bisa dilihat kurva grafik-nya antara mesin yg Full std + Piggy vs perbaikan mekanikal / ground + Piggy

Grounding di sini adalah Ground cable pada daerah mesin dan ECU, wujudnya berupa kabel2 murni, bukan modul ground model kotek dgn lampu dgn merek tertentu yg dijual mahal......kalo itu sih memang nggak ada guna-nya.

Fun to drive factor yg enak = grafik Torsi tinggi bisa membentang selebar mungkin
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Xous »

@bro turboman, Klo tips" d page awal spt ganjal ring deket turbo, apakah punya efek samping d engine tuwir spt milik sy, Begitu jg dgn aplikasi DP kans** mengingat ud berumur neh engine.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

Xous wrote:@bro turboman, Klo tips" d page awal spt ganjal ring deket turbo, apakah punya efek samping d engine tuwir spt milik sy, Begitu jg dgn aplikasi DP kans** mengingat ud berumur neh engine.
kalo ganjal cuman 2 ring tipis sih ga masalah

DP yg free flow malah membuat panas terbuang lebih cepat
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Xous »

@bro TM, ntar deh ane coba aplikasikan, was" jg ma brg berumur gini, serba salah mau utak atik, but at least sy merasakan skg dunia disel enjin hehe. Tuh DP jg kyke bakalan nyusul krn sy merasa bost turbo nya krg d rpm bwh.
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Kijang Innova D-4D

Post by NYoman »

halo semuanya, newbie mau tanya nih.. :mrgreen:
baru inden innova D-4D, dengan segala pertimbangan karena bosen dan juga mengikuti beberapa tren di luar yg mana orang-orang nya lebih suka membeli mesin diesel ketimbang bensin karena efisiensi :frm_tumbright:
karena di SM juga sejak lama, sering juga lihat thread tentang mesin diesel, mau nanya nih sama senior2 disini..

beli Ground Cable yg bagus dimana ya? (posisi sby) dan pasang yg bagus dimana? tertarik pasang GC nih, katanya bikin respon gas makin mantap di D-4D..
sama kalau pakai redline 85+ ada pengaruh apa ke mesin? kmrn nyoba cari2 MMO&militec gak nemu di ACE..
additive apa sih yg bagus buat mesin diesel? selama ini banyak sekali di temukan di pasaran, misal Prestone, Redline 85+ dll
sori banyak nanya hehe, terimakasih sebelumnya :big_slap:
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Kijang Innova D-4D

Post by andy1800 »

NYoman wrote: beli Ground Cable yg bagus dimana ya? (posisi sby) dan pasang yg bagus dimana? tertarik pasang GC nih, katanya bikin respon gas makin mantap di D-4D..
pesen custom aja Nyoman.
tinggal pilih2 aja silakan mau pesen ke siapa....misalnya diantara ini:
- klo gak salah di busines corner ada trit yg jual GC rancangan dan bikinan sndiri.
- you know how to kontak the PM works kan... suruh bikinin, bilang: "give me the best !!". maka itu bakalan jelas-jelas dijamin maknyosss. ...plus bisa minta bonus diwarisi sebidang tanah di Bali. opo gak uenak tah.

biaya kirim hari gini tu gak mahal. praktis, gak usah buang energi ngubek2 muter kota sndiri. toh dlm hal ini tingkat keraguannya thdp barangnya adlh nol persen. okeh broh?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Kijang Innova D-4D

Post by NYoman »

andy1800 wrote:
NYoman wrote: beli Ground Cable yg bagus dimana ya? (posisi sby) dan pasang yg bagus dimana? tertarik pasang GC nih, katanya bikin respon gas makin mantap di D-4D..
pesen custom aja Nyoman.
tinggal pilih2 aja silakan mau pesen ke siapa....misalnya diantara ini:
- klo gak salah di busines corner ada trit yg jual GC rancangan dan bikinan sndiri.
- you know how to kontak the PM works kan... suruh bikinin, bilang: "give me the best !!". maka itu bakalan jelas-jelas dijamin maknyosss. ...plus bisa minta bonus diwarisi sebidang tanah di Bali. opo gak uenak tah.

biaya kirim hari gini tu gak mahal. praktis, gak usah buang energi ngubek2 muter kota sndiri. toh dlm hal ini tingkat keraguannya thdp barangnya adlh nol persen. okeh broh?
hehe, sip om andy =D sudah melapor ke yang bersangkutan..

btw buat om turboman, tanya nih..ganjel baut wastegate itu tujuan nya apa ya, melihat cuma ganjal dengan ring baut yang tipis juga menurut saya..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

NYoman wrote: btw buat om turboman, tanya nih..ganjel baut wastegate itu tujuan nya apa ya, melihat cuma ganjal dengan ring baut yang tipis juga menurut saya..
Naekkin boost (sedikit), jadi sistemnya memperlambat bukaan wastegate.

Kecepatan naiknya boost juga sedikit lebih cepat
malikys
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri Dec 14, 2012 4:15

Re: Kijang Innova D-4D

Post by malikys »

salam kenal nih,, ane nubitol dari lampung... pake d-4d dari taon 2009 akhir,, km dah 105.000.. belon pernah diutak-atik.. masih full ori.. belon pernah kena racun... sekarang rencana mau nge-racun,, tapi masih bingung antara interior ato power nih ??... kasih masukan dung para mastah dan suhu SM ... :off_good:

ada racun yang selalu bikin tambah pusing milihnya nih:
1. klo untuk piggy mana nih yang terbaik antara powerlab,, powerplug, dastek Q, ato hks f-con ??? (yang affordable price&fungsi)
2. klo untuk peredam dengan hasil maksimal pasang dimana ya?? (klo ada dilampung gan)

makasih sebelumnya. :big_peace:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Kijang Innova D-4D

Post by billyd1773dz »

om turboman,
ada info clucth aftermarket yang mumpuni? atau triknya biar d4d MT ga slip? mestinya pemakai d4d mt yg uda di upgred punya masalah serupa.... percuma kan tenaga gede, klw di bejek malah slip clucthnya hehe.. :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
fur10usx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01

Re: Kijang Innova D-4D

Post by fur10usx »

billyd1773dz wrote:om turboman,
ada info clucth aftermarket yang mumpuni? atau triknya biar d4d MT ga slip? mestinya pemakai d4d mt yg uda di upgred punya masalah serupa.... percuma kan tenaga gede, klw di bejek malah slip clucthnya hehe.. :D

:beer:
emgnya uda di upgrade apaan aja om ampe clutch nya uda ga kuat nahan?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Kijang Innova D-4D

Post by billyd1773dz »

fur10usx wrote:
billyd1773dz wrote:om turboman,
ada info clucth aftermarket yang mumpuni? atau triknya biar d4d MT ga slip? mestinya pemakai d4d mt yg uda di upgred punya masalah serupa.... percuma kan tenaga gede, klw di bejek malah slip clucthnya hehe.. :D

:beer:
emgnya uda di upgrade apaan aja om ampe clutch nya uda ga kuat nahan?
dastek qp +extender+throttlemodul+intercooler+dpkansai+boost1bar 190hp 400nm aja om.... uda lama sih, skrng tambah serem aja piggy2 yg baru.. hehe :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
mekov
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Mon Mar 03, 2008 13:58

Re: Kijang Innova D-4D

Post by mekov »

Masalah kopling masi belum solved bil?

Ijin menyimak ya.. :mky_01:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Kijang Innova D-4D

Post by billyd1773dz »

mekov wrote:Masalah kopling masi belum solved bil?

Ijin menyimak ya.. :mky_01:
y gtu deh om... hehehe :D dri dulu blm sempet di otak atik euy, muter terus tu mobil... ya biar yg make engga sembarangan..

ipah putihnya kpn mw d oprek nih... hehehe :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Kijang Innova D-4D

Post by NYoman »

billyd1773dz wrote:om turboman,
ada info clucth aftermarket yang mumpuni? atau triknya biar d4d MT ga slip? mestinya pemakai d4d mt yg uda di upgred punya masalah serupa.... percuma kan tenaga gede, klw di bejek malah slip clucthnya hehe.. :D

:beer:
wah, kopling sampe slip..HP sudah mau nyentuh 200dk dan torsi yg besar 400nm :frm_salut:, larinya kayak gimana tuh om? asik nih buat tarik2an :mky_02:

btw oot, ini om billy juga ada di alph*rian ya? hehe, kayaknya pernah liat ID nya :big_slap:
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
fur10usx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01

Re: Kijang Innova D-4D

Post by fur10usx »

billyd1773dz wrote:
fur10usx wrote:
billyd1773dz wrote:om turboman,
ada info clucth aftermarket yang mumpuni? atau triknya biar d4d MT ga slip? mestinya pemakai d4d mt yg uda di upgred punya masalah serupa.... percuma kan tenaga gede, klw di bejek malah slip clucthnya hehe.. :D

:beer:
emgnya uda di upgrade apaan aja om ampe clutch nya uda ga kuat nahan?
dastek qp +extender+throttlemodul+intercooler+dpkansai+boost1bar 190hp 400nm aja om.... uda lama sih, skrng tambah serem aja piggy2 yg baru.. hehe :D

:beer:
wuih 190hp 400nm sih bkn aja om ud wow bagi saya yg punya mbil std hahaha...
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Kijang Innova D-4D

Post by billyd1773dz »

NYoman wrote:
billyd1773dz wrote:om turboman,
ada info clucth aftermarket yang mumpuni? atau triknya biar d4d MT ga slip? mestinya pemakai d4d mt yg uda di upgred punya masalah serupa.... percuma kan tenaga gede, klw di bejek malah slip clucthnya hehe.. :D

:beer:
wah, kopling sampe slip..HP sudah mau nyentuh 200dk dan torsi yg besar 400nm :frm_salut:, larinya kayak gimana tuh om? asik nih buat tarik2an :mky_02:

btw oot, ini om billy juga ada di alph*rian ya? hehe, kayaknya pernah liat ID nya :big_slap:
wah iya, om nyoman alph*rian juga yah? :D :D ID disana apa om? hehe :D

puas sih om larinya hehe..... :D gw g ngerti waktu tune nya, d kerjain tuner, g rekues setting apa2, g ngerti juga ngoprek d4d taunya tempel piggy dkk pasti kenceng hehe..

hasilnya skrng jd kya karakter sedan nih klw d mode high... tenaga dri 1200rpm uda ngisi deras badan sih uda nempel aja ke jok d rpm rendah jg,tp mulai peaknya d 3000 ngisi terus sampe 4000rpm range sgtu peaknya sampai redline di cut sama ecu, torsi juga kyanya rada tinggi rpmnya nih, d atas 2000rpm an... lupa lg ntar liat d dynochartnya..

jadi paling nikmat bwat main rpm atas tempelin redline terus :D meski main rpm rendah juga bukan bearti *kurang* yah :D

klw macet ke low, di high klw di bawa pelan malah ndut ndutan sulit bisa smooth.. :hammer:

lucunya tetep irit euy... luarkota 1:12an solar biasa, yg boros di tol karna cruise 100kmh aja rpmnya 2900 :frm_bang_head: pernah di isi dex, umm larinya kya g robah aneh juga..

d cipularang saat nanjak ngembat terus gigi5 RPMnya yg abis redline mobilnya masih bisa lari tp uda redline d 130-140an... skrng masalahnya d transmisi, ratio,clucth, ban *masih pke ban stdnya haha* . dasar modip naikin mesin temennya jadi minta di oprek juga.... haha :D

klw di mode high suara mesin lebih kasar, ketukan injector saat d gas lebih kedenger... di low berkurang, di off hilang tu suara. meski ga sampai taraf menggangu sih, klw g di denger bener2 ga akan sadar suaranya robah. tp sekali ngeh... pasti kedenger terus haha :D

daily sih selalu di mode low/eco, itu juga udah enak, keluar kota pling med, klw pingin ngegas baru di high.

dulu klw di high, gigi 4 jalan datar rpm 1000 terus di gas.. bgtu 1500 langsung deh slip, rpm naik mobil engga... apa lagi waktu nanjak hehe

biasa bwa suv yg peaknya di pertengahan, jd amaze karakternya gini hehehe,
pikiran gw mestinya klw bwat suv, bisa kli yah rekues biar d tune kya suv torquenya di rpm bawah, gpp hpnya g terlalu besar. kan ada switchnya bisa di robah2 maping nya.

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Kijang Innova D-4D

Post by billyd1773dz »

fur10usx wrote:
wuih 190hp 400nm sih bkn aja om ud wow bagi saya yg punya mbil std hahaha...
hahaha :D punya ipah d4d wajib nyoba piggy om, :D dulu sih perubahan sgini kyanya musti swap engine atau robah jeroan engine.... hehhe :big_peace: rasanya syang *dan gatel* aja klw g di cicipin hehe :D

piggy yg baru2 liat2 d forum,media rata2 uda bisa tembus 200hp tuh.. g ngerti juga bedanya apa nih hehe :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
mekov
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Mon Mar 03, 2008 13:58

Re: Kijang Innova D-4D

Post by mekov »

billyd1773dz wrote:
mekov wrote:Masalah kopling masi belum solved bil?

Ijin menyimak ya.. :mky_01:
y gtu deh om... hehehe :D dri dulu blm sempet di otak atik euy, muter terus tu mobil... ya biar yg make engga sembarangan..

ipah putihnya kpn mw d oprek nih... hehehe :D

:beer:
Rencana di oprek awal taun bil, biar lewatin 10rb dulu, sekalian nunggu bonus taunan dari kantor... :mky_01:

Sekarang ngikutin saran om turboman dulu, baru ganti DP, KnN, sama GroundWire (baru mau pasang).

Btw, piggyback yang enak buat harian paling recomended apa ya? Gw ngga ngejar hp terlalu tinggi, karakter tenaga pengennya mendekati ky pake mesin N/A, hp main di sekitar 150-170an, torsi 350Nm-an.. :big_peace:


:beer: :beer: