Ratio Konsumsi BBM Grand Livina 1.5 dan 1.8

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Ratio Konsumsi BBM Grand Livina 1.5 dan 1.8

Post by ilhami »

kalau mau kecepatan segitu mending jadi pilot aja Om, jangan supir
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: 23 Dec 2009, 11:16

Re: Ratio Konsumsi BBM Grand Livina 1.5 dan 1.8

Post by grandscenic »

kucing_garong wrote:
so far GL ane baru nyentuh top speed 190kmh cm jalanan udh keburu abis :mky_03: kayanya kalo di push lg masih bisa sampe 200 cm mgkn kudu pake pertaplus....
kucing_garong wrote:
richngenerous wrote:uih.. 190 kmh.... serem bro
:mky_01: sama bro..kerasa serem
Yg bikin ane serem bukan kecepatannya, tp mobilnya itu lho,, GL 1.5, body ringan, konstruksi body juga biasa aja, rem boro2 ada ABS, airbag absen pula..
Klo pake Bentley, A8, S63 AMG atau sejenisnya seh kecepatan 200km/h berasa biasa aja (kali ya.. :e-think: )


andy1800 wrote:gmana ya caranya bs pnuya nyali kaya gitu.
tp faktanya, justru blm pernah denger org yg melaju segitu having accident...justru srgnya denger yg kecepatan menengah.
:Peace
Klo bicara nyali seh, mungkin lebih mengedepankan emosi dibanding otak.., udah ah jangan kebut2an unless you are a race car driver and tentu saja di track balap. Liat aja para senior Test Driver Toyota dan BMW yg meninggal krn kecelakaan saat test mobilnya dikecepatan tinggi,, itu para experts lho, yg udah bertahun2 test mobil dg kecepatan tinggi, tetep aja udah celaka mah,, "wassalam".
Lha model qta2,, yg cuma supir kaleng, mau kebut2an lagi.. :off_no: :off_no: :off_no:
Etme Bulma Dünyası
User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 11 Oct 2012, 19:16
Contact:

Re: Ratio Konsumsi BBM Grand Livina 1.5 dan 1.8

Post by Unta_item »

Sithlord wrote:Untuk start topic ini, saya akan lapor angka test BBM G Livina di majalah otomotif edisi terbaru 50 XVI. Halaman 11. Inggat, ini majalah jarang puji Nissan dan favouritenya conan. Inilah angka BBM hasil test Livina mereka :


G Livina 1.5 M/T. Konstan 100 km/jam : 1:19.6

G Livina 1.5 A/T. Konstan 100 km/jam : 1:19

G Livina 1.8 M/T. Konstan 100 km/jam : 1:16

G Livina 1.8 A/T. Konstan 100 km/jam : 1:16.2


Di uji di INDONESIA, bukan China atau Jepang. Memang ngak tau pakai Premium atau Pertamax, tapi kalau saya bilang, bisa dapat performa segitu baik, pakai Pertamax juga ngak mahal kok ongkosnya. Juga pakai Premium atau Pertamax paling beda berapa sih ?


Pula uji ini sudah pasti PAKAI AC. Sebab jika tidak, Otomotif pasti lapor, dan jika tidak pakai AC, angkanya akan lebih irit dari angka Suzuki APV tanpa AC yang sudah bisa 1:25-29 !


Nah, tinggal pikir sendiri konsumsi BBMnya kombinasi berapa, dalam kota berapa deh...


Dulu saya estimasi, dari observasi mobil lain, pakai Serena, dengar laporan pemakai X-Trail yang dalam kota sudah bisa 1:7/8, dan lihat spec mobilnya, bobotnya, dari laporan media masa yang uji ni mobil ke Bromo dan Jawa tengah / Timur etc. Dan mendasarkan banyak info ini, saya estimasi,


G Livina 1.5 dalam kota sekitar 1:12, luar kota 1:19 (jika stirnya santai)

G Livina 1.8 dalam kota sekitar 1:10, luar kota 1:15


Malah angka Otomotif lebih cemerlang untuk luar kota iya ! Terutama versi 1.8 !


Ada member lain yang protest keras, bilang saya nanti asal ngomong, akan mengecewakan. Nah sekarang majalah Otomotif kesayangan conan sudah lapor, silahkan teman 2 pikir, angka estimasi saya apakah BERLEBIHAN, atau masuk akal ?

Pengetasan konsumsi BBM dengan kecepatan konstan 100km/jam itu sebenarnya pengetesan pembodohan konsumen :mky_07: :mky_07: :mky_07:

Harusnya ya test bahan bakar itu disesuaikan dengan kondisi jalan raya,... misal jarak tempuh dari tugu monas sampe misal bandung di titik tertentu .... dengan waktu dan kondisi lalu lintas yang setara, untuk dalam kota ya sama,... :mky_02:

Test Livina bisa 1 liter 19 km paling kalau jalan dalam kota yang stop go ya bisa anjlok jadi 1:6-8km ...
:mky_01:
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
AceDenise
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 11 Mar 2013, 18:38

Re:

Post by AceDenise »

maxx wrote:Ngomong2 soal oli, sudah +/-10 thn ini gw selalu pakai oli Yacco Synthetic 10W40 .. Made in Prancis.. setau gw yg import cuma 1 toko di JKT.

Dulu gw kalo beli selalu 1 pail (1dirigen = 25 ltr) krn harga lebih murah 5rb/ltr dibanding ngecer dan Jirigen masih disegel paten asli pasti rusak bila dibuka.
1 pail bisa untuk 5 kali ganti oli mesin + 2 kali ganti oli transimisi (*mobil Honda Ferio).

Untuk oli asli Yacco synthetic 10W40 gw acungi 4 jempol (bukan 2lagi), mesin honda ferio yg gw beli dari baru thn 2000 smp sekarang masih bersih jeroan mesinnya.

Harga perliter untuk Yacco Synthetic 10W40 sekarang Rp. 40.000 (bisa dikasih 37.500 kalo langganan)

Tp terakhir kali gw tanya yg pail 25ltr sdh ga ada lagi, adanya botol pack oval dari plastik isi 2ltr-an.

Dulu segel tutup botol 2ltr-an pasti rusak bila dibuka dan si montir stlh selesai mengisi oli...botol kosongnya selalu di tusuk pake pisau/obeng sampe tembus 2 sisi, yg dulu gw yakini si TOKO/IMPORTIR takut botolnya digunakan orang untuk isi oli palsu.
Tapi terakhir kali gw ganti oli disana sambil bawa jirigen 25ltr yg sudah gw beli 6bln lalu, ada kejadian bikin gw jd curiga melihat montir yg sdg ganti oli mobil orang lain bisa buka tutup botol plastik 2ltr-an itu tanpa membuka segel dan dikumpulin lagi tuh Botolnya!!

Tambah bingung dan curiga-nya gw, mereka punya alat dg tabung besar (sptnya ada filternya juga) untuk sedot oli dari atas mesin, bukan buka baut dari kolong mesin dg alasan untuk menghindari rusaknya baut oli mesin kalo keterusan buka tutup baut. ADA APE NEH!!! sblmnya tidak spt ini! Apakah dg alat itu mereka bisa olah lagi oli bekasnya dg ditambah chemical or additive? terus dimasukkan lagi ke dalam botol 2ltr-an yg belum dirusak segelnya?

So guys... bisa kasih info dimana bisa beli oli bagus dan pasti tidak palsu? Merk apa dan berapa harganya?
Salah besar! Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari alat penyedot oli yang anda maksud

1. Alat penyedot oli adalah sebuah alat yang merupakan modernisasi dari teknik penggantian oli cara lama yang melalui buka baut carter bawah.
2. Alat penyedot oli juga dapat mempercepat proses penggantian oli, karena tidak perlu repot-repot buka baut carter bawah. Semakin panas oli yang akan disedot, semakin cepat proses penggantian olinya.
3. Alat penyedot oli juga sangat berguna sekali untuk mengatasi banyaknya kasus baut atau drat di dalam karter bawah yang dol/rusak akibat dari proses penggantian oli menggunakan cara yang lama yaitu buka carter bawah.

Demikian beberapa kegunaan dari alat penyedot oli yang anda maksud, yang berarti tidak ada sama sekali proses pengolahan limbah bekas melalui alat penyedotan oli tersebut.
Semoga jawaban ini dapat membantu menjelaskan hal yang dimaksud

Terima Kasih
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: 04 Aug 2007, 18:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Ratio Konsumsi BBM Grand Livina 1.5 dan 1.8

Post by ibar78 »

Pengetasan konsumsi BBM dengan kecepatan konstan 100km/jam itu sebenarnya pengetesan pembodohan konsumen :mky_07: :mky_07: :mky_07:

Harusnya ya test bahan bakar itu disesuaikan dengan kondisi jalan raya,... misal jarak tempuh dari tugu monas sampe misal bandung di titik tertentu .... dengan waktu dan kondisi lalu lintas yang setara, untuk dalam kota ya sama,... :mky_02:

Test Livina bisa 1 liter 19 km paling kalau jalan dalam kota yang stop go ya bisa anjlok jadi 1:6-8km ...
:mky_01:[/quote]


mber...gw setuju. bbm real itu dari satu titik ke titik tertentu dengan kondisi lalu lintas yang real, pagi jem 6 berangkat kantor, siang, sorea, malem menjelang pualng kantor dan pagi buta jem 2 dilakukan berulang sehingga didapat rata2nya. :big_smile]

apalagi tol sekarang mana ada yg lancar :big_grin: kecuali pulang kaya gw, jem 12 malem...heheheh itu juga bareng ma truks kontener :big_blushing:

apalagi std pengetesan setiap media otomotif beda2. kalo mau si media a, b, c, d dan lainnya dikumpulin trus uji satu mobil dengan jarak sama dan waktu yg sama dengan kondisi lalu lintas yg sama. itu baru fair. dan jangan pake kawalan....ane paling benci kaya ginian....ahahahah....
:popcorn:
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: 08 Sep 2013, 08:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Ratio Konsumsi BBM Grand Livina 1.5 dan 1.8

Post by hariy »

kalo pengetesan ala saya, dua livina 1.5 dan 1.8 janjian jalan bareng dari point A ke point B dg kondisi lalin bervariasi, jarak kira2 120-150km. tentu dg driver yg berbeda, tranny yg sama, dan kalo bisa dalam perjalanan jarak 2 livina tidak lebih dari 100m (iring2an). sebelum brgkt, isi bbm full dg jenis yg sama. MID di reset, pengetesan dimulai. kecepatan jelas menyesuaikan jalanan lah...dalam kota ya max 50kpj, masuk tol/jalan lengang bolehlah max 100kpj. sampe tujuan, liat avg fc di MID. bandingkan. itu cara yg fair menurut saya. memang driver juga berperan sangat subyektif, makanya sebelum berangkat dilakukan briefing singkat cara shifting dan buka gas yg seefisien mungkin, dan selalu gunakan gigi tertinggi bila memungkinkan. sehingga hasilnya juga bisa mirip. oh ya, pengetesan cara di atas tidak hanya berlaku buat 1 merk saja, 2 ato lebih merk berbeda juga bisa mencoba.

note : kecepatan melebihi 120kpj di toll / jalan raya sangat beresiko terjadi kecelakaan.
bangday
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 01 Dec 2015, 10:56

Re: Ratio Konsumsi BBM Grand Livina 1.5 dan 1.8

Post by bangday »

Saya menggunakan Nissan Grand Livina 1.8 Ultimate Automatic tahun 2007
ini yg saya hitung :

Dalam kota = 1 : 7-9.5 (liter bensin : km tempuh)
kondisi jalan kota, macet standar, tapi tidak sering berhenti (matiin mesin).Kalau lebih banyak berhenti mungkin angkanya kurang lg.

Luar kota = 1 : 12-15 (liter bensin : km tempuh)
kondisi jalan tol luar kota, max speed 120 km/jam. Asal rpm ga lebih dari 3500 rpm.

perlu diketahui, kondisi di atas juga dipengaruhi oleh kondisi mesin. bila ada masalah di elektrisitas, koneksi part mesin, radiator, alternator, dsb yg mengakibatkan mesin tdk berjalan prima, sempurna..maka angka juga bisa menjadi berubah lebih kecil.
Sebagai contoh, misal saat pulley alternator mobil saya rusak, konsumsi bensin jarak jauh luar kota jadi 1 : 10. Setelah diganti, kondisi normal lg.

Semoga berguna.
benteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: 22 Jan 2010, 00:57

Re: Ratio Konsumsi BBM Grand Livina 1.5 dan 1.8

Post by benteng »

sudah pernah test, kondisi nissan x-gear 1.5 manual, inreyen, jalan tengah malam, lancar, rute bsd puncak, kec maks 80km/j, dapet 16.7 km/lt. Pergi kondisi full tank, pulang full tank, Shell super.

Kalau dalam kota tanpa macet, biasanya diatas 1:12.

Cara mengemudi slow, rpm dijaga rendah 2000 an, kecuali mendahului. :big_smile]
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Location: Yogyakarta

Re: Ratio Konsumsi BBM Grand Livina 1.5 dan 1.8

Post by Cloud »

Konsumsi bbm yang akurat?
bukan metode feeling, aka metode pakai harian.
kalau mengandalkan real road, jelas tidak bisa dibandingkan secara ilmiah. apakah volume kendaraan, behavior, traffic light dll, 100% sama persis?
Yang bisa dibandingkan hanya on laboratory,

viewtopic.php?f=4&t=3836
GriffinMelet
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: 11 Jun 2015, 12:26
Location: Semarang
Daily Vehicle: Venturer_HR-V_Vario 125

Re: Ratio Konsumsi BBM Grand Livina 1.5 dan 1.8

Post by GriffinMelet »

Up trit lama,
Bulan kemaren baru dihibahin ortu livina x gear 1.5 AT, nah yang saya tanyakan kenapa pas dipakai jalan normal apakah RPM selalu mendekati 2000? (kecepatan 40-50 km/j). :ungg:
Emang kalo livina old matic dipake nanjak agak berat ya om? Posisi D RPM harus diatas 2000 terus biar kuat nanjaknya :big_think:

Thanks in advance!
Share the driving pleasure :ngacir:

'21 2GD A/T
'18 RU1
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post