Page 1 of 3

Good News : Innova D4 D sukses di purging dng Liqui Moly

Posted: 10 Aug 2006, 15:02
by Turboman
Good news for D4 D & Common Rail Diesel owner :


Mesin Diesel Common rail ternyata bisa dipurging spt layaknya mesin
Diesel konvensional, bersihkan injector & nozzle scr efektif dng biaya
murah (nggak sampe cepek).

Jadi boleh purging tiap 15.000 km sekali.


Ada yg baru purging konon kons. solarnya utk dalam kota improve jadi
1:11 en suara mesin jadi halus kembali.


Dengan suksesnya proses purging di mesin Common Rail maka dengan ini
dapat dinyatakan bahwa penggunaan mesin Diesel Common Rail utk kondisi Indonesia sama sekali tidak ada masalah, karena begitu ada indikasi injector mau mampet (tarikan boyo, suara mesin agak kasar) tinggal langsung purging dng LMDP & biayanya nggak sampai cepek ceng !!!

Posted: 10 Aug 2006, 19:53
by mpoezz
wah good news tuh,jadi yang punya d4d ngak binggung takut mampet hehehhe

Purging mesin CRD

Posted: 12 Aug 2006, 13:14
by Turboman
Yg di lingkarkan kuning itu kaleng Liqui Moly Diesel Purge

Purging pada Innova D4 D

Posted: 15 Aug 2006, 11:45
by DigitALL
Thanks Turboman ! Infonya sangat membantu owner Innova D4 D !

Posted: 24 Aug 2006, 12:37
by p4nd4
truss kalo gitu boleh minum solar yahh ga perlu dex ?

soalnya kijang d4d kurang diminati karena katanya dianjurkan minum dex trus kalo pake purging artinya pake solar biasa aja dong ?

Posted: 24 Aug 2006, 13:27
by mpoezz
kalo minum bio solar bisa ngak ya udah

Posted: 29 Aug 2006, 11:04
by p4nd4
bro mpoezzz maksudnya gimana bro ?

Posted: 02 Sep 2006, 01:12
by Good_boy86
sori nih, gua bener2 masi amatir soal mobil.
jadi kita mesti beli dulu LMDP ya??
kalo iya, belinya di mana??
soalnya innova bokap gua uda ga enak banget tarikannya..

Posted: 02 Sep 2006, 14:26
by mpoezz
saya masih bingung sih,untuk bio solar ama solar biasa beda berapa cetane nya yah.

katanya bio solar lebih bersih daripada solar biasa

Posted: 04 Sep 2006, 08:35
by DigitALL
Bio solar apa bisa digunakan pada mesin diesel biasa ? Atau harus jenis mesin diesel tertentu ?

Posted: 04 Sep 2006, 09:06
by PenyuTurbo
mpoezz wrote:saya masih bingung sih,untuk bio solar ama solar biasa beda berapa cetane nya yah.

katanya bio solar lebih bersih daripada solar biasa
Nilai CETANE Solar umumnya 40 s/d 45.

Untuk Bio Solar bisa ada 2 kategori :

1. Bio Solar dari Minyak Tumbuhan, nilai Cetane : 46 s/d 52 (catatan : jika digunakan soyabean ... cetane bisa nyampe 67).

2. Bio Solar dari Minyak Hewan, nilai Cetane : 48 s/d 56

Karena Bio Solar nggak mengandung SULPHUR dan macam-macam impurities dari dalam tanah ... tentunya lebih bersih dari SOLAR ... Yang jelas ... nggak lagi ada ASAP HITAM.

Posted: 04 Sep 2006, 09:14
by PenyuTurbo
DigitALL wrote:Bio solar apa bisa digunakan pada mesin diesel biasa ? Atau harus jenis mesin diesel tertentu ?
Semua jenis Mesin Diesel Standar bisa langsung minum 100% Bio Solar.

Jika yang digunakan adalah SVO (Straight Vegetable Oil) atau WVO (Waste Vegetable Oil) ... ini yang perlu ada modifikasi pada mesin diesel terlebih dulu.

Catatan : Mesin Diesel yang dikembangkan pertama kali ... memang menggunakan Minyak Goreng ... karena mahal dan nggak tersedia cukup (waktu itu) ... lalu sepi-sepi aja. Baru setelah tersedia solar dalam jumlah yang banyak dan murah ... Solar ini yang dipakai.

Posted: 04 Sep 2006, 11:08
by asdw
mpoezz wrote:saya masih bingung sih,untuk bio solar ama solar biasa beda berapa cetane nya yah.

katanya bio solar lebih bersih daripada solar biasa
Kalo dari leafletnya, Biosolar Pertamina punya angka cetane 51, dg sulphur 500 ppm

Posted: 04 Sep 2006, 12:25
by PenyuTurbo
asdw wrote:
mpoezz wrote:saya masih bingung sih,untuk bio solar ama solar biasa beda berapa cetane nya yah.

katanya bio solar lebih bersih daripada solar biasa
Kalo dari leafletnya, Biosolar Pertamina punya angka cetane 51, dg sulphur 500 ppm
Kalau masih ada sulphurnya berarti masih B5 atau B20 ... persentase besar masih solar dari minyak bumi. Kalau yang yang 100% Bio Solar (B100) .. udah bebas sulphur.

Posted: 04 Sep 2006, 13:49
by asdw
Iya, itu B10 - 10% Minyak Nabati.

Re: Good News : Innova D4 D sukses di purging dng Liqui Moly

Posted: 27 Mar 2007, 12:44
by diesel
[
quote="Turboman"]Good news for D4 D & Common Rail Diesel owner :


Mesin Diesel Common rail ternyata bisa dipurging spt layaknya mesin
Diesel konvensional, bersihkan injector & nozzle scr efektif dng biaya
murah (nggak sampe cepek).

Jadi boleh purging tiap 15.000 km sekali.


Ada yg baru purging konon kons. solarnya utk dalam kota improve jadi
1:11 en suara mesin jadi halus kembali.
Salam kenal Bung Turboman.
Saya newbie disini.
Tertarik dengan info LMDP'nya. Saya udah cari di beberapa toko langganan dan di ACE tetapi mereka tidak menjualnya.
Biasanya di jual dimana dan berapa harganya ?
Apakah bisa dilakukan sendiri proses purging'nya ?
Mengingat Innova D4D saya sekarang cuma 1:7.5
Trima kasih atas perhatiannya.

Re: Good News : Innova D4 D sukses di purging dng Liqui Moly

Posted: 28 Mar 2007, 00:08
by Turboman
diesel wrote:[
quote="Turboman"].
Salam kenal Bung Turboman.
Saya newbie disini.
Tertarik dengan info LMDP'nya. Saya udah cari di beberapa toko langganan dan di ACE tetapi mereka tidak menjualnya.
Biasanya di jual dimana dan berapa harganya ?
Apakah bisa dilakukan sendiri proses purging'nya ?
Mengingat Innova D4D saya sekarang cuma 1:7.5
Trima kasih atas perhatiannya.
Purging bisa ke Synergy - Daan Mogot (021)5667222,
DC LMDP : 70 rebuan
Montir : Nandi (yg sudah biasa)
Tips : terserah

Kalau mau hasilnya lebih "Pancen Oye" boleh coba Carbon Clean punya, di A2K daan Mogot ada, wah itu enak tenan, apalagi kalau mobilnya udah jalan jauh.
DC : 305 K (sayangnya jauh lebih mahal dr LMDP)

Btw mobil anda saringan udaranya gimana pak ?

Dari pengalaman dengan mengganti saringan udara dengan JFC saja improvementnya udah cukup signifikan :mrgreen:

Next step : improvement dgn biaya murah & hasil maksimal : TPS tuning di Phoenix Racing Workks Serpong.
Pengerjaan : TPS tuning, TB & pipe polishing
DC : 100 K
Result : 7/10, bila di consider juga biayanya maka score menjadi 9/10 :mrgreen:

Re: Good News : Innova D4 D sukses di purging dng Liqui Moly

Posted: 28 Mar 2007, 10:47
by diesel
Purging bisa ke Synergy - Daan Mogot (021)5667222,
DC LMDP : 70 rebuan
Montir : Nandi (yg sudah biasa)
Tips : terserah

Kalau mau hasilnya lebih "Pancen Oye" boleh coba Carbon Clean punya, di A2K daan Mogot ada, wah itu enak tenan, apalagi kalau mobilnya udah jalan jauh.
DC : 305 K (sayangnya jauh lebih mahal dr LMDP)

Btw mobil anda saringan udaranya gimana pak ?

Dari pengalaman dengan mengganti saringan udara dengan JFC saja improvementnya udah cukup signifikan :mrgreen:

Next step : improvement dgn biaya murah & hasil maksimal : TPS tuning di Phoenix Racing Workks Serpong.
Pengerjaan : TPS tuning, TB & pipe polishing
DC : 100 K
Result : 7/10, bila di consider juga biayanya maka score menjadi 9/10 :mrgreen:
[/quote

Thanks for the quick reply.
Kayaknya udah tanggung sekalian mau CarbonClean aja, berhubung mobil udah jalan 35.000 km padahal belum setahun pemakaiannya.

Pernah coba ganti filter udara K&N , tenaga bawah terasa lebih nendang. Tapi konsumsi langsung jadi 1 : 6,8.
Yach akhirnya kembali ke standar bawaan pabrik.
Sekedar perbandingan waktu pertama pemakaian masih bisa 1 : 8,5.

Bisa sekalian rekomendasi untuk oli yg cocok untuk D4D dan A2K Daan Mogot'nya dekat mana atau ada no telpnya.

Terima kasih atas semua informasi dan sarannya.

Re: Good News : Innova D4 D sukses di purging dng Liqui Moly

Posted: 28 Mar 2007, 11:57
by Turboman
diesel wrote:
[/quote
Pernah coba ganti filter udara K&N , tenaga bawah terasa lebih nendang. Tapi konsumsi langsung jadi 1 : 6,8.
Yach akhirnya kembali ke standar bawaan pabrik.
Sekedar perbandingan waktu pertama pemakaian masih bisa 1 : 8,5.
Bisa sekalian rekomendasi untuk oli yg cocok untuk D4D dan A2K Daan Mogot'nya dekat mana atau ada no telpnya.
Terima kasih atas semua informasi dan sarannya.
K & N yg dipake type apa oom ?

Kalau K&N utk Ipah ini no kodenya :

http://www.knfilters.com/search/product ... rod=E-2296

Penggunaan free flow air filter yg tepat sgt tidak mungkin membuat BBM jadi boros, justru BBM akan lebih hemat, kecuali anda pakai air filter model berbeda yg CFM nya kekecilan.

Yg udah pasti & murah pakai JFC aja oom, cuman 250 rb.

Oli mau yg harganya berapa per liternya oom ? ancar2 nya :

Mineral based Rp. 26 - 30 rb. / l. = Caltex Delo CXJ / Gold

Semi synth. 10W-40 = Elf Turbodiesel 10W-40 Rp. 230 rb. / 5 l.


Ada lagi semi synth. oke harga cuman 29 - 30 rb. / l. tapi kemasan di Pail, yaitu Mobil Delvac MX 15W-40, coba kontak Hendra 08161687888

Re: Good News : Innova D4 D sukses di purging dng Liqui Moly

Posted: 28 Mar 2007, 16:19
by diesel

K & N yg dipake type apa oom ?

Penggunaan free flow air filter yg tepat sgt tidak mungkin membuat BBM jadi boros, justru BBM akan lebih hemat, kecuali anda pakai air filter model berbeda yg CFM nya kekecilan.

Yg udah pasti & murah pakai JFC aja oom, cuman 250 rb.
Oli mau yg harganya berapa per liternya oom ? ancar2 nya :
Mineral based Rp. 26 - 30 rb. / l. = Caltex Delo CXJ / Gold
Semi synth. 10W-40 = Elf Turbodiesel 10W-40 Rp. 230 rb. / 5 l.

Ada lagi semi synth. oke harga cuman 29 - 30 rb. / l. tapi kemasan di Pail, yaitu Mobil Delvac MX 15W-40, coba kontak Hendra 08161687888
[/quote]


Ok. lagipula udah waktunya ganti oli.
Saya akan coba antara Shell Helix Diesel Plus Atau Elf Turbo Diesel (bagusan mana ?), sekalian Carbon Clean. Hopefully hasilnya sesuai harapan.

Oh yach lupa. Saya ada pakai "Proxima Turbojet type D700T" posisinya sesudah turbin turbo, jadi sebelum Throttle Body. Pemasangannya dalam waktu yang bersamaan dengan Filter K&N. Begitu dipasang keduanya, lonjakan tenaga langsung terasa sekali, tapi konsekuensinya Ipah D4D saya lansung jadi doyan minum solar.
Apa ini penyebabnya yach ? :shock:
Atau Proxima ngak cocok untuk Ipah D4D.

Untuk Filter K&N nya tipenya udah bener sich. Entar akan saya coba pasang lagi kalau udah di servis mobilnya.
TQ.

Re: Good News : Innova D4 D sukses di purging dng Liqui Moly

Posted: 28 Mar 2007, 19:55
by Turboman
diesel wrote:
Ok. lagipula udah waktunya ganti oli.
Saya akan coba antara Shell Helix Diesel Plus Atau Elf Turbo Diesel (bagusan mana ?), sekalian Carbon Clean. Hopefully hasilnya sesuai harapan.
Oh yach lupa. Saya ada pakai "Proxima Turbojet type D700T" posisinya sesudah turbin turbo, jadi sebelum Throttle Body. Pemasangannya dalam waktu yang bersamaan dengan Filter K&N. Begitu dipasang keduanya, lonjakan tenaga langsung terasa sekali, tapi konsekuensinya Ipah D4D saya lansung jadi doyan minum solar.
Apa ini penyebabnya yach ? :shock:
Atau Proxima ngak cocok untuk Ipah D4D.
Untuk Filter K&N nya tipenya udah bener sich. Entar akan saya coba pasang lagi kalau udah di servis mobilnya.
[/
i]
TQ.[/quote]

Udah pakai Turbo kenapa dikasi Proxima lagi oom ? Jelaslah sudah, pada RPM tinggi pasokan udara ke mesin menjadi berkurang (ketahan ama si Proxima) AFR menjadi nggak optimum & BBM menjadi boros. Saran saya cabut Proxima nya.

URL di bawah ini mengenai posting ttg tuning TPS :

http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=4724


Tuning TPS sudah terbukti berhasil, di milis Innovacommunity sudah banyak sekali D4 D maupun VVT-i yg tuning TPS.

Lalu option2 utk upgrade lainnya bisa dilihat di thread ttg Fortuner D4 D, semua yg sudah terbukti berhasil, peningkatan performa / membuat kons. BBM lebih efisien.

Utk oli :

SHDP (Shell Helix Diesel Plus 10W-40) itu oke, a little bit better than Elf TD 10W-40, tapi saat ini harganya berbeda cukup lumayan dgn Elf TD 10W-40, maka saya lebih rekomen Elf TD.

Posted: 28 Mar 2007, 20:09
by Good_boy86
masi newbie nih..
gw mau tanya.. apa ya proxima itu?? terus kalo JFC itu apa?

oya, sekadar info..innova gw kok ga seboros itu ya..
dalem kota rata2 1:10.... :lol:

Posted: 28 Mar 2007, 20:13
by Turboman
Good_boy86 wrote:masi newbie nih..
gw mau tanya.. apa ya proxima itu?? terus kalo JFC itu apa?
JFC = free flow air filter spt. K&N, tapi ini harganya murah, cuman Rp. 250 rb.

Cobain deh, nanti surprise ngerasain bedanya :mrgreen:

Posted: 28 Mar 2007, 20:22
by Good_boy86
Turboman wrote:
JFC = free flow air filter spt. K&N, tapi ini harganya murah, cuman Rp. 250 rb.

Cobain deh, nanti surprise ngerasain bedanya :mrgreen:
wah, cepet amat balasnya. :lol:
thanks ya.. oya, carbon clean itu juga bisa buat mesin diesel??
saya kira cuma buat bensin aja..soalnya mobil gw yang satunya baru aja gw kasi carbon clean.
ngelitiknya jadi ilang dan mesin kerasa enak tarikannya. :D

Re: Good News : Innova D4 D sukses di purging dng Liqui Moly

Posted: 29 Mar 2007, 16:49
by diesel
Udah pakai Turbo kenapa dikasi Proxima lagi oom ? Jelaslah sudah, pada RPM tinggi pasokan udara ke mesin menjadi berkurang (ketahan ama si Proxima) AFR menjadi nggak optimum & BBM menjadi boros. Saran saya cabut Proxima nya.

Tuning TPS sudah terbukti berhasil, di milis Innovacommunity sudah banyak sekali D4 D maupun VVT-i yg tuning TPS.

Iya...bener juga tuch ! kok ngak kepikir waktu itu.
Bener2 ketipu dech aku ama omongan salesnya. :?
Lagian aku terlambat kenal situs ini. He..he...

Anyway hari ini udah saya bawa ke A2K Pluit untuk CarbonClean dan ganti oli Shell. Sekalian filter K&N dipasang lagi. Mudah mudahan setelah itu tokcer lagi dech.

Abis itu mungkin mau bawa ke Phoniex untuk TPS.