All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

fenrir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by fenrir »

forzanetti wrote: Thu Oct 19, 2023 11:08
tesna wrote:
forzanetti wrote: Tue Oct 17, 2023 4:42 om2 sekalian, ada yang pernah ganti headlamp reborn tipe V ke tipe G? cari2 di youtube gak nemu, kebanyakan orang ganti dari G ke V.

saya ada kepikiran ganti headlamp ke tipe G supaya bisa ganti lampu low beamnya. LED projector bawaan yang V kan emang terkenal redup dan ga bisa diganti. saya ga mau bongkar batok, jadi kepikiran pengen ganti headlamp aja ke yang G.

denger2 di V ada socket tambahan yang di G ga ada, jadinya kalo dipasang headlamp G gak kedetect, harus diakalin baru bisa nyala. ada yang punya pengalaman?
tempat reflektor nya hi beam dipasangin aja biled projector osram, jamin joss.

SCR-20231019-huyv.png
Ga mau bongkar batok om hehe
kayaknya bisa deh di modif batok foglamp diganti biled juga om, pastiin aja installernya berpengalaman dan mau kalibrasi dengan benar.

kalo ngga ya beli sekenan aja om batok tipe G.
Dieselmani4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Sun Apr 02, 2017 6:39
Location: bandung
Daily Vehicle: innova

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Dieselmani4 »

k1493nk wrote: Thu Oct 12, 2023 11:50
k1493nk wrote:
pitikkobong wrote:om² tanya dong,

ini ipah reborn 2018 2.0 udah mau 40rb km, dari awal blm pernah ganti oli matic. baru kali ini switch ke matic setelah sekian lama pk manual. jd masih awam bgt.
1. apa udah saatnya ganti oli matic? ada yg bilang 40 km ganti, ada yg 80km br ganti. yg lebih baik yg mana?
2. kl sudah saatnya ganti, apa perlu flushing?. saya masih galau bgt, soalnya banyak kasus reborn abis flushing malah jedug maticnya dan salah satu mekanik bengkel yg agak terkenal menyarankan kl reborn jangan di flushing. apa begitu penyakitnya dan solusinya?
3. apa tiap ganti oli matic ganti filternya jg?
4. rekomen alternatif oli matic atf- ws punya reborn selain tmo? yg kualitasnya lebih baik
Kalau menurut manual book per 40rb km

Jangan pakai mesin flush. Cukup drain n refill sebanyak 3 kali. Untuk 1TR butuh kurleb 9,3 liter. Kalau 2gd cukip 4,5 liter.

Prosedur lengkapnya silakan lihat di sini

http://zatonevkredit.ru/repair_manuals/ ... h2CeTmTaQ6

Untuk atf kemarin sy nyoba pakai ini

https://tokopedia.link/tP94yfwIKDb
Correction volume atfnya bisa lebih banyak dari yg saya sebut. Kata mbah @Omnibus bisa sanpai 11 botol kalau 3x drain refill.
Makasih om sdh sharing prosedur ganti oli atf dan cek levelnya. Jadi cek level itu pas mesin jalan di transmisi P ya?
k1493nk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 336
Joined: Tue Oct 13, 2015 22:18

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by k1493nk »

Dieselmani4 wrote:
k1493nk wrote: Thu Oct 12, 2023 11:50
k1493nk wrote:Kalau menurut manual book per 40rb km

Jangan pakai mesin flush. Cukup drain n refill sebanyak 3 kali. Untuk 1TR butuh kurleb 9,3 liter. Kalau 2gd cukip 4,5 liter.

Prosedur lengkapnya silakan lihat di sini

http://zatonevkredit.ru/repair_manuals/ ... h2CeTmTaQ6

Untuk atf kemarin sy nyoba pakai ini

https://tokopedia.link/tP94yfwIKDb
Correction volume atfnya bisa lebih banyak dari yg saya sebut. Kata mbah @Omnibus bisa sanpai 11 botol kalau 3x drain refill.
Makasih om sdh sharing prosedur ganti oli atf dan cek levelnya. Jadi cek level itu pas mesin jalan di transmisi P ya?
Betul, prosedur lengkap bisa cek di sini:

http://zatonevkredit.ru/repair_manuals/ ... Z4_01_0006
Gadz
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Dec 05, 2021 17:23
Location: Temanggung
Daily Vehicle: Innova

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Gadz »

Master mau tanya,rencana mau beli seken innova reborn diesel mending yg tahun keluaran brp y ? Budget di 300an

Dan misal di isi biosolar apakah aman ?
Terimakasih
faridrach
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sat Jun 20, 2020 21:28

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by faridrach »

Gadz wrote: Wed Nov 01, 2023 7:25 Master mau tanya,rencana mau beli seken innova reborn diesel mending yg tahun keluaran brp y ? Budget di 300an

Dan misal di isi biosolar apakah aman ?
Terimakasih
Di atas 2017 setelah GIIAS seinget saya udah improvement turbo putu dan tranny jedugnya.

Bio solar aman mbah, gass aja.
Gadz
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Dec 05, 2021 17:23
Location: Temanggung
Daily Vehicle: Innova

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Gadz »

faridrach wrote: Wed Nov 01, 2023 10:38
Gadz wrote: Wed Nov 01, 2023 7:25 Master mau tanya,rencana mau beli seken innova reborn diesel mending yg tahun keluaran brp y ? Budget di 300an

Dan misal di isi biosolar apakah aman ?
Terimakasih
Di atas 2017 setelah GIIAS seinget saya udah improvement turbo putu dan tranny jedugnya.

Bio solar aman mbah, gass aja.
Misal beli seken pemilik sebelumnya blm daftar subsidi my pertamina pasti bakal bs daftar ga y skrng ?

Tanpa aplikasi g bs beli biosolar di tempat ane.. :mky_01:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pengendiesel »

faridrach wrote: Wed Nov 01, 2023 10:38
Gadz wrote: Wed Nov 01, 2023 7:25 Master mau tanya,rencana mau beli seken innova reborn diesel mending yg tahun keluaran brp y ? Budget di 300an

Dan misal di isi biosolar apakah aman ?
Terimakasih
Di atas 2017 setelah GIIAS seinget saya udah improvement turbo putu dan tranny jedugnya.

Bio solar aman mbah, gass aja.
Sampe zenix loncing masih jedag jedug om :big_biglaugh:

Sekalian mo nanya, itu matic 2gd obatnya pake apa?

Jedug p ke r,oklah bisa pake ritual khusus seblom masuk ke p. Saking seringnya ritual beginian, saya sekarang merasa saat parkir bisa langsung masuk p itu sebuah kemewahan tersendiri :big_slap:

Selip ala cvt dan downshift kasar. 2 keluhan ini saya komplainkan saat service rutin ke sa a2k. Dia bilang : ok,kita coba remap.
Abis diremap, mobil dicoba dan.....wohhhh,selipnya langsung berkurang banyak sekali. Toel dikit,mobil loncat. Enak banget. Tapi......sekarang malah ketambahan upshiftnya ikutan kasar. Mirip mobil manual pindah gigi,injak koplingnya kelamaan dan pas lepas kopling gasnya kebesaran. Downshift tetep kasar.
Akhirnya nyerah,minta dibalikin ke setingan awal.
Terus terang selipnya ini yang ganggu banget. Berasa bawa mobil bensin cvt.

Selain ganti oli matic, apa lagi yang bisa dicoba?
Ada yang pernah pake transgo? Prinsip kerjanya kyk apa? Apakah bakal memperpendek usia transmisi?
faridrach
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sat Jun 20, 2020 21:28

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by faridrach »

pengendiesel wrote: Thu Nov 02, 2023 1:44
faridrach wrote: Wed Nov 01, 2023 10:38
Gadz wrote: Wed Nov 01, 2023 7:25 Master mau tanya,rencana mau beli seken innova reborn diesel mending yg tahun keluaran brp y ? Budget di 300an

Dan misal di isi biosolar apakah aman ?
Terimakasih
Di atas 2017 setelah GIIAS seinget saya udah improvement turbo putu dan tranny jedugnya.

Bio solar aman mbah, gass aja.
Sampe zenix loncing masih jedag jedug om :big_biglaugh:

Sekalian mo nanya, itu matic 2gd obatnya pake apa?

Jedug p ke r,oklah bisa pake ritual khusus seblom masuk ke p. Saking seringnya ritual beginian, saya sekarang merasa saat parkir bisa langsung masuk p itu sebuah kemewahan tersendiri :big_slap:

Selip ala cvt dan downshift kasar. 2 keluhan ini saya komplainkan saat service rutin ke sa a2k. Dia bilang : ok,kita coba remap.
Abis diremap, mobil dicoba dan.....wohhhh,selipnya langsung berkurang banyak sekali. Toel dikit,mobil loncat. Enak banget. Tapi......sekarang malah ketambahan upshiftnya ikutan kasar. Mirip mobil manual pindah gigi,injak koplingnya kelamaan dan pas lepas kopling gasnya kebesaran. Downshift tetep kasar.
Akhirnya nyerah,minta dibalikin ke setingan awal.
Terus terang selipnya ini yang ganggu banget. Berasa bawa mobil bensin cvt.

Selain ganti oli matic, apa lagi yang bisa dicoba?
Ada yang pernah pake transgo? Prinsip kerjanya kyk apa? Apakah bakal memperpendek usia transmisi?
Saya pakai ANKI 2017 bulan 12 (dah sold) dan skrg pake VRZ 2018, dan kakak di rumah pakai venturer 2018.

Saya sih gak ada problem jedug ya di semua unit itu :big_think: paling sedikit2 muncul kalo pas mau pergi buru2 gak sempet warm up. Kalo pas kondisi ideal temp gak muncul sih.

ATF pakai PTT LV1, flush tiap 40rb km. slip nya seperasaan saya berkurang, tapi tetep ada gejala slip ketika pulse n glide di kecepatan rendah.

Kalau transgo ataupun ATF cooler saya gak pakai, jadi gak bisa berkomentar :big_peace:
faridrach
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sat Jun 20, 2020 21:28

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by faridrach »

Gadz wrote: Wed Nov 01, 2023 15:22
faridrach wrote: Wed Nov 01, 2023 10:38
Gadz wrote: Wed Nov 01, 2023 7:25 Master mau tanya,rencana mau beli seken innova reborn diesel mending yg tahun keluaran brp y ? Budget di 300an

Dan misal di isi biosolar apakah aman ?
Terimakasih
Di atas 2017 setelah GIIAS seinget saya udah improvement turbo putu dan tranny jedugnya.

Bio solar aman mbah, gass aja.
Misal beli seken pemilik sebelumnya blm daftar subsidi my pertamina pasti bakal bs daftar ga y skrng ?

Tanpa aplikasi g bs beli biosolar di tempat ane.. :mky_01:
Barcode pasti bisa dapet. Pastikan aja berkasnya lengkap, fotonya clear, hitungan jam udah keluar itu barcode om
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pengendiesel »

faridrach wrote: Thu Nov 02, 2023 4:50
Saya pakai ANKI 2017 bulan 12 (dah sold) dan skrg pake VRZ 2018, dan kakak di rumah pakai venturer 2018.

Saya sih gak ada problem jedug ya di semua unit itu :big_think: paling sedikit2 muncul kalo pas mau pergi buru2 gak sempet warm up. Kalo pas kondisi ideal temp gak muncul sih.

ATF pakai PTT LV1, flush tiap 40rb km. slip nya seperasaan saya berkurang, tapi tetep ada gejala slip ketika pulse n glide di kecepatan rendah.

Kalau transgo ataupun ATF cooler saya gak pakai, jadi gak bisa berkomentar :big_peace:
Bentar,jedug yang om maksud spt apa?
Jedug yg saya maksud yang dari p ke r bunyi duaaak kalo pas parkir gak masuk n dan handrem dulu baru ke p
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by gwsecretc »

pengendiesel wrote: Thu Nov 02, 2023 7:00
Bentar,jedug yang om maksud spt apa?
Jedug yg saya maksud yang dari p ke r bunyi duaaak kalo pas parkir gak masuk n dan handrem dulu baru ke p
Izin ikut nimbrung, anki 2gd dan anf 1gd ane juga sama kayak om. Diterima aja om dan dibiasakan agar N dulu lalu handbrake baru P. Mau ganti atf juga sama aja tetep ada bunyi bletak kalo gak N dulu.

Anps pun bahkan juga sama, kalo dari D langsung ke P, engine off, lalu pas engine on, P ke R juga bunyi bletak. Ane sudah coba sendiri..
faridrach
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sat Jun 20, 2020 21:28

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by faridrach »

pengendiesel wrote: Thu Nov 02, 2023 7:00
faridrach wrote: Thu Nov 02, 2023 4:50
Saya pakai ANKI 2017 bulan 12 (dah sold) dan skrg pake VRZ 2018, dan kakak di rumah pakai venturer 2018.

Saya sih gak ada problem jedug ya di semua unit itu :big_think: paling sedikit2 muncul kalo pas mau pergi buru2 gak sempet warm up. Kalo pas kondisi ideal temp gak muncul sih.

ATF pakai PTT LV1, flush tiap 40rb km. slip nya seperasaan saya berkurang, tapi tetep ada gejala slip ketika pulse n glide di kecepatan rendah.

Kalau transgo ataupun ATF cooler saya gak pakai, jadi gak bisa berkomentar :big_peace:
Bentar,jedug yang om maksud spt apa?
Jedug yg saya maksud yang dari p ke r bunyi duaaak kalo pas parkir gak masuk n dan handrem dulu baru ke p
Ooh...
Saya hampir gak pernah sih om parkir tanpa melalui N langsung ke P. Mungkin itu pas bidang parkirnya gak rata?
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1498
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by MSU »

pengendiesel wrote: Thu Nov 02, 2023 7:00
faridrach wrote: Thu Nov 02, 2023 4:50
Saya pakai ANKI 2017 bulan 12 (dah sold) dan skrg pake VRZ 2018, dan kakak di rumah pakai venturer 2018.

Saya sih gak ada problem jedug ya di semua unit itu :big_think: paling sedikit2 muncul kalo pas mau pergi buru2 gak sempet warm up. Kalo pas kondisi ideal temp gak muncul sih.

ATF pakai PTT LV1, flush tiap 40rb km. slip nya seperasaan saya berkurang, tapi tetep ada gejala slip ketika pulse n glide di kecepatan rendah.

Kalau transgo ataupun ATF cooler saya gak pakai, jadi gak bisa berkomentar :big_peace:
Bentar,jedug yang om maksud spt apa?
Jedug yg saya maksud yang dari p ke r bunyi duaaak kalo pas parkir gak masuk n dan handrem dulu baru ke p
mirip kayak di raize / avxen cvt...kalo parkir wajib N dulu plus tarik rem tangan baru ke P
kalo nggak begitu tar pas dari P ke R tuasnya rada keras & pas dipaksa bunyi bletak
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by saturday »

pengendiesel wrote: Thu Nov 02, 2023 7:00
faridrach wrote: Thu Nov 02, 2023 4:50
Saya pakai ANKI 2017 bulan 12 (dah sold) dan skrg pake VRZ 2018, dan kakak di rumah pakai venturer 2018.

Saya sih gak ada problem jedug ya di semua unit itu :big_think: paling sedikit2 muncul kalo pas mau pergi buru2 gak sempet warm up. Kalo pas kondisi ideal temp gak muncul sih.

ATF pakai PTT LV1, flush tiap 40rb km. slip nya seperasaan saya berkurang, tapi tetep ada gejala slip ketika pulse n glide di kecepatan rendah.

Kalau transgo ataupun ATF cooler saya gak pakai, jadi gak bisa berkomentar :big_peace:
Bentar,jedug yang om maksud spt apa?
Jedug yg saya maksud yang dari p ke r bunyi duaaak kalo pas parkir gak masuk n dan handrem dulu baru ke p
images.jpeg
Itu bunyi dari parking pawl. Honda saya juga begitu. Caranya supaya enggak bunyi: ketika parkir, tuas transmisi masukkan ke N sembari injak rem, naikkan rem tangan. Kalau posisi mobil sudah enggak bergerak karena ditahan rem tangan, baru pindah ke P.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by ilhami »

berarti di mobil matic, rem tangan wajib selalu bagus kondisinya
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by walid_007 »

disel metik ini sepertinya kemurahan plist baru ptr nya
2nd nya nahan banged oii
bener2 mobil plg ekonomis tu run
engine roaring!
User avatar
padmalotus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Sun Oct 04, 2015 1:59
Location: Surabaya

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by padmalotus »

Om, sy habis ganti cross joint 3 pcs karena sudah umur dan selama pakai kelewatan greasing.

Setelah ganti ini, bunyi ketika mundur sudah hilang.

Masalahnya, kenapa ketika jalan agak kencang mobil serasa bergetar ya?
Apakah kalau bongkar pasang cross joint itu ada alightmentnya lagi atau bongkar pasang beres?


Sudah spooring dan balancing sebelum ganti cross joint. Dan sudah spooring lagi setelah ganti cross joint. Baru kepakai luar kota kemarin, dan baru keluar getarannya.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pengendiesel »

gwsecretc wrote: Thu Nov 02, 2023 7:29
Izin ikut nimbrung, anki 2gd dan anf 1gd ane juga sama kayak om. Diterima aja om dan dibiasakan agar N dulu lalu handbrake baru P. Mau ganti atf juga sama aja tetep ada bunyi bletak kalo gak N dulu.

Anps pun bahkan juga sama, kalo dari D langsung ke P, engine off, lalu pas engine on, P ke R juga bunyi bletak. Ane sudah coba sendiri..
Iya om,saya pake anf 2gd yang edisi terakhir sebelum keluar 1gd. Jadi memang sebelum ambil sudah siap mental duluan kalo harus ritual khusus buat parkir.
Cuma selain ritual ini, masih ada flaw2 lain dari transmisi 6atnya ini :upss:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pengendiesel »

faridrach wrote: Thu Nov 02, 2023 7:56
Ooh...
Saya hampir gak pernah sih om parkir tanpa melalui N langsung ke P. Mungkin itu pas bidang parkirnya gak rata?
Ga pandang bulu om,mau rata apalagi miring sama saja
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pengendiesel »

saturday wrote: Thu Nov 02, 2023 11:12
images.jpeg

Itu bunyi dari parking pawl. Honda saya juga begitu. Caranya supaya enggak bunyi: ketika parkir, tuas transmisi masukkan ke N sembari injak rem, naikkan rem tangan. Kalau posisi mobil sudah enggak bergerak karena ditahan rem tangan, baru pindah ke P.
Weh,sudah nular ke honda juga? :big_biglaugh:
Saya sudah pake bbrp macem mobil matic, baru di 2gd ini ketemu harus ritual kayak gini.
Bahkan di forti vnt langsung masuk p baru tarik handrem juga gak pernah jedug
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11039
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by marmut »

padmalotus wrote: Mon Nov 06, 2023 0:56 Om, sy habis ganti cross joint 3 pcs karena sudah umur dan selama pakai kelewatan greasing.

Setelah ganti ini, bunyi ketika mundur sudah hilang.

Masalahnya, kenapa ketika jalan agak kencang mobil serasa bergetar ya?
Apakah kalau bongkar pasang cross joint itu ada alightmentnya lagi atau bongkar pasang beres?


Sudah spooring dan balancing sebelum ganti cross joint. Dan sudah spooring lagi setelah ganti cross joint. Baru kepakai luar kota kemarin, dan baru keluar getarannya.


1. hanya ganti cross joint saja?
2. center bearing nggak diganti?
3. ngapain spooring stlh ganti cross joint? apa hubungannya?
4. sblm ngelepas drive shaft, ditandain dulu nggak posisinya?
pitikkobong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Thu Sep 30, 2021 7:39
Daily Vehicle: mlampah

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pitikkobong »

om om, pada pakai wiper apa di reborn-nya?

rekomen wiper hybrid yang value/kualitas oke dong? harga di bawah NWB atau michelin
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by doge »

pitikkobong wrote: Tue Nov 14, 2023 4:22 om om, pada pakai wiper apa di reborn-nya?

rekomen wiper hybrid yang value/kualitas oke dong? harga di bawah NWB atau michelin
pake merk bosch ato apa itu yg 100rb an dpt sepasang, trus tiap masuk musim ujan ganti baru
:ngacir:
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by gwsecretc »

pitikkobong wrote: Tue Nov 14, 2023 4:22 om om, pada pakai wiper apa di reborn-nya?

rekomen wiper hybrid yang value/kualitas oke dong? harga di bawah NWB atau michelin
Denso design premium. Isi sama persis nwb design jpn dg harga yg lebih murah

Btw, knp ga beli refill nwb design aja? Kan lebih murah dibanding beli 1set baru. Tapi refill nwb jp ya, kalo refill toyota juga mahal..
pitikkobong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Thu Sep 30, 2021 7:39
Daily Vehicle: mlampah

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pitikkobong »

doge wrote: Tue Nov 14, 2023 5:12
pitikkobong wrote: Tue Nov 14, 2023 4:22 om om, pada pakai wiper apa di reborn-nya?

rekomen wiper hybrid yang value/kualitas oke dong? harga di bawah NWB atau michelin
pake merk bosch ato apa itu yg 100rb an dpt sepasang, trus tiap masuk musim ujan ganti baru
oke om thanks rekomennya