Page 2 of 2

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Posted: Wed Feb 15, 2012 11:45
by VanzMatic
sealteam88 wrote:-cut-

betul banget bro , bau bensin terasa di kabin , awalnya bingung kenapa gitu , ternyata karena komposisi bensin dan angin yang tidak tepat , businya pakai splitfire cabang 2 , lalu tutup distributor diganti , ada efek nya juga rupa nya , yang jelas tadi lari 100-120km di tol masih mantab dan akselarasi sampai ke 100km/jam tidak butuh waktu lama , cuma saya agak kuatir nya , bensin nya apakah bakal boros yah ? :) mobil suzuki carry sebetulnya tidak rumit yah setting dan servis servis nya, sparepart pun murah, hanya kelemahan nya, AC tidak dingin di mesin 1000 cc :)

:mky_02:
Nah, kayaknya emang itu yg belum disampaikan di awal trit... gpp lah. Buat mobil karbu, emang gampang. Pertama, cek busi dulu. Busi ibarat jendela buat mengintip adukan adonan bensin udara di mesin.

Justru kalau setingan bensin terlalu basah / terlalu kaya bensin, yang ada malah boros. Cmiiw. kenapa? Karena campuran terlalu kaya, busi sulit memantik api. Tenaga drop. Pengemudi cenderung menginjak pedal gas lebih dalam lagi untuk mendapatkan tenaga. Ini alasan kenapa malah boros.

Kalau campuran ideal (untuk karbu, sangat sulit mendapatkan campuran bensin-udara yg sempurna), maka bahan bakar mudah terbakar habis di ruang bakar, pengemudi engga perlu injek gas dalam2 aja udh langsung ngacirrrr.... Ini malah membuat lebih irit.

Untuk AC yang kurang dingin, bagaimana kondisi kompressor AC? Apakah masih baik? Bawa ke tukang servis AC, supaya di cek, apakah ada sambungan klem2 selang2 AC yang kendur sehingga bikin bocor alus freon? bagaimana kondisi Drier?

Periksa juga kondensor (bentuknya seperti radiator). Bersih dari debu yang menempel? Sudahkah dipasang extra fan untuk kondensor? Bisa saja pasang double extra fan untuk kondensor, agar pendinginan / kondensasi gas freon lebih sempurna, karena karakter mesin bawah jok memang kurang mendapat hembusan angin dari depan.

Cmiiw

Mohon suhu2 Carry dan per-AC-an mengoreksi dan menambahkan..

:ungg:

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Posted: Wed Feb 15, 2012 12:34
by sealteam88
terima kasih semua nya
ternyata ribet juga urusan angin dan api , wind and fire , kaya judul film silat aja :)

untuk AC next time bikin thread baru aja ah

:big_peace: :mky_03:

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Posted: Wed Feb 15, 2012 19:25
by doq
mengenai ac silahkan main2 kesini aja oom www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?f=4&t=12361

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Posted: Thu Feb 16, 2012 4:03
by Turboman
Ini mesin F10A kan yah ?

Buat rekan2 SM :
Mau tanya bengkel mana yg ahli tune up mesin F10A (tune up aja, bukan modif), utk setel klep, setel timing en punya CO meter. Buat Katana tuwir saya, mobil operasional staff kantor.

Diutamakan yg daerah JakBar

Thx bgt sebelumnya

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Posted: Thu Feb 16, 2012 5:27
by VanzMatic
Turboman wrote:Ini mesin F10A kan yah ?

Buat rekan2 SM :
Mau tanya bengkel mana yg ahli tune up mesin F10A (tune up aja, bukan modif), utk setel klep, setel timing en punya CO meter. Buat Katana tuwir saya, mobil operasional staff kantor.

Diutamakan yg daerah JakBar

Thx bgt sebelumnya
Mana nih om qod suhu Si Juki SM...? :e-think: :e-think: :e-think:

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Posted: Thu Feb 16, 2012 7:17
by doq
suhu apaan? :big_weee:
mana ngarti saya soal gituan :ungg:
klo cuma sekedar tune-up biasa nya saya ke bengkel langganan di daerah sunter, tapi itu duluuuuu sebelom sering main ke pocimin

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Posted: Thu Feb 16, 2012 7:19
by Turboman
doq wrote: klo cuma sekedar tune-up biasa nya saya ke bengkel langganan di daerah sunter, tapi itu duluuuuu sebelom sering main ke pocimin
Mohon ingpo bengkel yg sering handle mesin F10A (tune up / setel klep), prefer yg punya CO meter buat bantu saat setting karburator

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Posted: Thu Feb 16, 2012 7:35
by doq
mumun kotak saya sih klo tune-up emang disitu oom, tapi setau saya dia belum punya co-meter :e-think:
rasa nya bang jalu lebih paham mengenai bengkel2 spesialis begini nih

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Posted: Thu Feb 16, 2012 9:18
by andy1800
Turboman wrote:
doq wrote: klo cuma sekedar tune-up biasa nya saya ke bengkel langganan di daerah sunter, tapi itu duluuuuu sebelom sering main ke pocimin
Mohon ingpo bengkel yg sering handle mesin F10A (tune up / setel klep), prefer yg punya CO meter buat bantu saat setting karburator
emang kondisi katananya skrg knp om?
knp gak ditune-up ndiri aja? knp pengen yg perfect banget? bukannya utk katana gitu asal udah enak aja gitu dah cukup ya? pgn didapat performance spt apa?
biasanya klo kreasi2 keren segala macem utk diesel itu, siapa yg nanganin? mestinya kan bagus jg nanganin meisn simple macem katana.

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Posted: Thu Feb 16, 2012 15:11
by jalu
Pak Turbo... untuk bengkel referensi yg lbh akurat untuk katana sepertinya dari pak uwo deh ahlinya suzuki jip

untuk mesin F10A krn sederhana dan cuma 8 valve, sebenernya kalo memang ada waktu luang rasanya lebih asik distel2 sendiri pak,hehehe.....saya sendiri banyak belajar dr mesin itu selain mesin kijang.

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Posted: Fri Feb 17, 2012 3:30
by sealteam88
kalo suzuki carry 1000 cc saya, engine nya tipe ST100 , jadulllll

:big_peace:

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Posted: Fri Feb 17, 2012 4:21
by Turboman
andy1800 wrote:emang kondisi katananya skrg knp om?
knp gak ditune-up ndiri aja? knp pengen yg perfect banget? bukannya utk katana gitu asal udah enak aja gitu dah cukup ya? pgn didapat performance spt apa?
Katana ane sih fine2 aja, cuman pengen supaya bisa lebih optimal aja, BBM lebih efisien, krn ini utk mobil operasional staff kantor.

Btw saya nggak ada waktu utk setel2 klep en Platina sendiri, so kalo ada rekomendasi bengkel yg biasa handle mesin F10A sekiranya bisa di share....Thanks

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Posted: Fri Feb 17, 2012 4:23
by Turboman
Oke diskusi tentang F10A saya Close yach

Buat yang punya rekomendasi bengkel yg sering pegang mesin Katana / Mumun F10A monggo japri aja yah

Thanks

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Posted: Fri Feb 17, 2012 6:00
by jalu
sealteam88 wrote:kalo suzuki carry 1000 cc saya, engine nya tipe ST100 , jadulllll

:big_peace:
hoo... 5 speed atau yg masih 4 speed ?
dulu carry saya msh 4 speed, super jadul lagi... :upss:

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Posted: Fri Feb 17, 2012 6:15
by sealteam88
jalu wrote:
sealteam88 wrote:kalo suzuki carry 1000 cc saya, engine nya tipe ST100 , jadulllll

:big_peace:
hoo... 5 speed atau yg masih 4 speed ?
dulu carry saya msh 4 speed, super jadul lagi... :upss:

heheheheh 5 speed , ST100 jaduulllll tapi masih kenceng ya sudah , dipakai saja deh , irit pula :)
:mky_02:

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Posted: Wed Aug 14, 2013 11:19
by cooling
Kalo dipasang ac, pengalaman sy bisa dingin dengan modifikasi sendiri.
1. Compressor sy gunakan sanden 805.
2. Kondensor ukuran 40x ...cm merk fujicool dan sy tempatkan di bawah pintu tengah sehingga, mesin tetap dingin. Freon menggunakan musicool saat langsam lebih rendah dibanding dengan pake r 134, sementara single blower maklum masih ngunpulin dana buat double blower, mobil saya carry station tahun 1986.

Justru permasalahan sy, saat injak gas, kadang gas gk mau balik, kira2 apanya yah ?

Yg kedua masalah suspensi depan terasa jedug pdhl penumpang kosong, olie shockbecker sudah diganti, mohon masukan dr master - master

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Posted: Wed Aug 14, 2013 11:47
by doq
bisa diterangkan lbh lanjut soal gas ga mau balik oom?
pedal gas nya yg ga balik lagi ke posisi semula atawa rpm nya yang ga mau turun/lama turun?

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Posted: Wed Aug 14, 2013 11:52
by cooling
RPM nya bro, padahal kabel dr pedal gas Ʊϑaђ ane setting free

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Posted: Wed Aug 14, 2013 12:13
by doq
coba cek selang2 vacum dari dan menuju karbu oom, setau saya kalo ada yg bocor bahkan sedikit aja pun bisa bikin kinerja karbu kacau..........salah satu nya ya rpm susah turun cmiiw

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Posted: Wed Aug 14, 2013 12:23
by cooling
Baik , besok sy coba chek semua nya