mobil nyendal waktu rpm tinggi

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

sealteam88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: 05 Jun 2011, 15:29

mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by sealteam88 »

salam

mobil saya suzuki carry 1000 cc
sistem karburator dan platina

beberapa waktu lalu di tune up dan ganti platina, busi tidak diganti , dibersihkan saja
setelah setel timing dan karbu dicopot kemudian di bersihkan.
di bawa jalan , lari dengan rpm tinggi misal pada saat tanjakan atau di tol , mesin terasa nyentak-nyentak dikit , seperti batuk 1-2 x. hanya terjadi jika rpm sudah tinggi dan gas di tekan agak dalam.

mohon advice biasanya terjadi masalah dimana ?

salam dan terima kasih
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by andy1800 »

kayaknya lbh ke urusan pengapian ini
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
sealteam88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: 05 Jun 2011, 15:29

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by sealteam88 »

andy1800 wrote:kayaknya lbh ke urusan pengapian ini
bukan nya setelan2 spuyer dalam karbu ?
atau busi dan platina yang ga pas ?
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by andy1800 »

semua kemungkinan tetep ada
cm melihat kejadiannya feeling ane itu kejadian spt misfire
bisa saja cuma maslah busi yg udah tua.
bisa juga kebocoran kabel busi.
bisa juga yg agak berat: mekanisme dlm distributor, dudukan agak oblak, bandul yg gak lancar, kepala rotor aus, bisa juga kepala distributor yg aus.


sblm ditune up ada masalah itu gak?
sperti biasa, sambil kita tggu kepala mekanik disini: si juragan tunas kelapa tepuk pramuka.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
sealteam88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: 05 Jun 2011, 15:29

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by sealteam88 »

andy1800 wrote:semua kemungkinan tetep ada
cm melihat kejadiannya feeling ane itu kejadian spt misfire
bisa saja cuma maslah busi yg udah tua.
bisa juga kebocoran kabel busi.
bisa juga yg agak berat: mekanisme dlm distributor, dudukan agak oblak, bandul yg gak lancar, kepala rotor aus, bisa juga kepala distributor yg aus.


sblm ditune up ada masalah itu gak?
sperti biasa, sambil kita tggu kepala mekanik disini: si juragan tunas kelapa tepuk pramuka.
sebelum di tune up , ngga nyentak dan ngga nahan gas nya
setelah di tune up, mesin tokcer banget , starter lgs idup suara halus , cuma kalau lagi di gas rpm tinggi, seperti tanjakan dan di jalan tol panjang , kadang kadang nyentak walaupun tidak terus2 an nyentak nya tapi mengganggu banget , busi memang tidak diganti cuma dibersihkan, busi pakai splitfire cabang 2 .

mohon advice lanjutan nya , thanks banget bro
User avatar
Lucky11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 592
Joined: 12 Jan 2011, 13:09
Location: Jalan Rusak ? ? ?
Contact:

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by Lucky11 »

Tes koilnya... sudah apa belum... mungkin pengapian kurang optimal di rpm tinggi...
Dilarang Merokok Kecuali Perlu!
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: 16 Jun 2009, 15:17

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by jalu »

sealteam88 wrote:
andy1800 wrote:semua kemungkinan tetep ada
cm melihat kejadiannya feeling ane itu kejadian spt misfire
bisa saja cuma maslah busi yg udah tua.
bisa juga kebocoran kabel busi.
bisa juga yg agak berat: mekanisme dlm distributor, dudukan agak oblak, bandul yg gak lancar, kepala rotor aus, bisa juga kepala distributor yg aus.


sblm ditune up ada masalah itu gak?
sperti biasa, sambil kita tggu kepala mekanik disini: si juragan tunas kelapa tepuk pramuka.
sebelum di tune up , ngga nyentak dan ngga nahan gas nya
setelah di tune up, mesin tokcer banget , starter lgs idup suara halus , cuma kalau lagi di gas rpm tinggi, seperti tanjakan dan di jalan tol panjang , kadang kadang nyentak walaupun tidak terus2 an nyentak nya tapi mengganggu banget , busi memang tidak diganti cuma dibersihkan, busi pakai splitfire cabang 2 .

mohon advice lanjutan nya , thanks banget bro
kalo boleh tau, busi splitfirenya sudah berapa lama umurnya ? sepengalaman saya dng busi ini lifetimenya gak gitu lama (dulu cm 2 thn-an dan mulai deh gejala batuk2 mungkin mirip dng yg anda alami skrg)

hasil utak2 atik dulu, dimesin carry busi splitfire dng sistem pengapian msh std itu akan terasa enak dng gap 1 mm, tapi ini berlaku kalo busi tsb masih dalam lifetimenya, saya ada asumsi waktu busi anda dibersihkan sepertinya celahnya semakin renggang, kalo sudah lebh renggang dr 1 mm ini jg bs rawan batuk2, coba dicek lg celah businya

selama sistem pengapian msh std, untuk mesin carry 1.0, sepengalaman saya jajal2 busi itu yg paling enak dng denso W20EXU dng celah 0.8mm (busi stdnya carry itu Denso W16EXU).

kalo bisa platina juga dicek lagi, pastikan kedua bidang kontaknya (contact point) itu saling menyentuh sempurna, banyak saya temukan platina meski baru tapi kedua bidang kontaknya gak menyentuh sempurna (biasanya agak miring). Caranya cukup jepit dengan tang kuat2, dengan sendirinya bidang kontak akan saling menempel sempurna. Kalo bidang kontaknya gak menempel sempurna, ini jg bs menyebabkan percikan api di busi kurang kuat...akibatnya di rpm tinggi jadi mis-fire berakibat batuk2...

semoga membantu dan tidak membingungkan :e-pray:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by asudarsono »

Biasanya emang dari pengapian.

Tapi coba karbu ama intakenya digoyang2. Takut masang kembalinya gak kenceng. Ada angin palsu masuk.

Bisa juga filter bensin kotor.
Ready to Race
sealteam88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: 05 Jun 2011, 15:29

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by sealteam88 »

jalu wrote:
sealteam88 wrote:
andy1800 wrote:semua kemungkinan tetep ada
cm melihat kejadiannya feeling ane itu kejadian spt misfire
bisa saja cuma maslah busi yg udah tua.
bisa juga kebocoran kabel busi.
bisa juga yg agak berat: mekanisme dlm distributor, dudukan agak oblak, bandul yg gak lancar, kepala rotor aus, bisa juga kepala distributor yg aus.


sblm ditune up ada masalah itu gak?
sperti biasa, sambil kita tggu kepala mekanik disini: si juragan tunas kelapa tepuk pramuka.
sebelum di tune up , ngga nyentak dan ngga nahan gas nya
setelah di tune up, mesin tokcer banget , starter lgs idup suara halus , cuma kalau lagi di gas rpm tinggi, seperti tanjakan dan di jalan tol panjang , kadang kadang nyentak walaupun tidak terus2 an nyentak nya tapi mengganggu banget , busi memang tidak diganti cuma dibersihkan, busi pakai splitfire cabang 2 .

mohon advice lanjutan nya , thanks banget bro
kalo boleh tau, busi splitfirenya sudah berapa lama umurnya ? sepengalaman saya dng busi ini lifetimenya gak gitu lama (dulu cm 2 thn-an dan mulai deh gejala batuk2 mungkin mirip dng yg anda alami skrg)

hasil utak2 atik dulu, dimesin carry busi splitfire dng sistem pengapian msh std itu akan terasa enak dng gap 1 mm, tapi ini berlaku kalo busi tsb masih dalam lifetimenya, saya ada asumsi waktu busi anda dibersihkan sepertinya celahnya semakin renggang, kalo sudah lebh renggang dr 1 mm ini jg bs rawan batuk2, coba dicek lg celah businya

selama sistem pengapian msh std, untuk mesin carry 1.0, sepengalaman saya jajal2 busi itu yg paling enak dng denso W20EXU dng celah 0.8mm (busi stdnya carry itu Denso W16EXU).

kalo bisa platina juga dicek lagi, pastikan kedua bidang kontaknya (contact point) itu saling menyentuh sempurna, banyak saya temukan platina meski baru tapi kedua bidang kontaknya gak menyentuh sempurna (biasanya agak miring). Caranya cukup jepit dengan tang kuat2, dengan sendirinya bidang kontak akan saling menempel sempurna. Kalo bidang kontaknya gak menempel sempurna, ini jg bs menyebabkan percikan api di busi kurang kuat...akibatnya di rpm tinggi jadi mis-fire berakibat batuk2...

semoga membantu dan tidak membingungkan :e-pray:

terima kasih advice nya, sebelum tune up tidak nyentak dan tidak batuk, tapi setelah tune up di bengkel, bukan bengkel resmi, karburator dicopot dan dibersihkan dengan cairan injector cleaner , trus busi dibersihkan , lalu platina diganti baru, kemudian timing dan karbu di setel lagi.
setelah 1-2 hari dipakai, sewaktu melaju kenceng di tol, gas di injak alias di bejek , ada efek seolah tenaga nya ada yang nahan , ngga lepas gitu , sehingga saya curiga jangan jangan bensin yang masuk ke karbu , somehow , ngga lancar gitu .
karena itu muncul gejala nyentak nyentak sedikit tapi dalam kecepatan tinggi di tol sangat mengganggu , sebetulnya bukan batuk dalam arti nembak nembak, lebih ke arah nyentak karena gas nya ke tahan waktu di bejeg :)
udah di bawa balik dan di setel ulang delco dan karbu bensin dan angin nya, tapi masih belum ada perubahan, kalau di bejeg di rpm tinggi , seolah tenaga nya tertahan gitu.

mohon maaf merepotkan
:big_peace:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: 16 Jun 2009, 15:17

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by jalu »

waktu karbu dilepas itu apakah dibongkar isi perutnya untuk dibersihkan atau cuma disemprot2 lubangnya aja pake carb cleaner ?
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
sealteam88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: 05 Jun 2011, 15:29

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by sealteam88 »

jalu wrote:waktu karbu dilepas itu apakah dibongkar isi perutnya untuk dibersihkan atau cuma disemprot2 lubangnya aja pake carb cleaner ?
nah itu saya ngga liat persis bro :) yang jelas dia pakai injector cleaner berbentuk tabung
numpang nanya kalo spuyer2 pengatur pemasukan dan suply bensin ke karbu dimana yah
kalau busi trouble , apakah gas nahan juga waktu di bejek ? o yah waktu gas nahan begitu di bejek, ada bau bensin sedikit tercium.


:big_peace:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: 16 Jun 2009, 15:17

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by jalu »

kalo memang karbu di bongkar jeroannya, bisa ada kemungkinan stelan pelampungnya berubah kurang pas/terlalu dicekik sm montirnya...akibatnya sewaktu rpm tinggi persediaan bensin di mangkok karbu kurang mencukupi, jadinya tersendat sendat seperti ndut2an, tapi kalo ini memang efeknya terasa langsung pada waktu selesai keluar dr bengkel, tp meliat gejala di carry anda muncul 1-2 hari setelah di servis bs ada kemungkinan lain yaitu proses pembersihan karbu yg kurang sempurna...dalam kata lain kotoran/kerak sudah terlepas dr dinding saluran2nya tetapi tidak bs keluar dr saluran tsb, akhirnya seperti menghambat aliran.

spuyer di karbu carry ada 2, yg low speed saya lupa ukurannya, yg high speed itu kalo std/ori ukurannya 93, kalo mau cek spuyer mesti buka mangkok karbunya dulu..baru keliatan deh.

saya lbh menyarankan untuk memastikan lagi kondisi karbunya...tp sebelumnya coba iseng2 ganti kondensor yg baru dng yg lama nya...lalu dicoba kira2 ada perbedaan atau nggak...kadang gejala tersendat bs muncul krn kondensor yg melemah,hehehe....

platina & kondensor denso yg dipake carry ini sama persis dng yg dipake kijang, barang laris manis sangat berpeluang muncul imitasinya...dan memang banyak beredar dipasaran kok kondensor imitasi....meski baru tapi kalo palsu ya gak akan awet kinerjanya...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
Dino_lowrider
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 29 Jul 2009, 06:57

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by Dino_lowrider »

ini persis katana ane dulu.
Cek api ,bensin dan api.

Api:
1.mungkin waktu pengapian terlalu mundur / maju. kalau pengapian terlalu maju biasanya mobil mudah dihidupkan di pagi hari. tapi saat berakselerasi gelitik dan kurang tenaga
2. Advancer pengapiannya sedikit tersendat/ lengket. Ini sering terjadi di katana jadul. bersihkan distributornya.
3. Setel platina dan cek kondensor. Kalau mau lebih oke ganti ama CDI. banyak tuh aftermarketnya.
Pengalaman ane setelah ganti CDI , spuyer bisa diset lebih kecil , dimana saat masih opakai platina udah mulai batuk batuk. Ini pertanda pengapiannya lebih bagus/presisi.
4.cek tahanan kabel busi. saat langsam mungkin tidak terasa. tapi saat rpm tinggi penyaluran listriknya kurang sempurna.
4. cek celah busi.

Bensin:
1. bisa setingan pelampung tidak tepat.
2.Mungkin masih ada kotoran dalam karburator. Coba aja bongkar sendiri dan bersihkan sendiri karburatornya. Mengingat carb carry sangat sederhana dan mudah di bersihkan.
3.cek filter2 bensin. Kali tersumbat / kotor. Ini biasa terjadi pada suzuki dan menyebabkan jendul2.seperti futura dan baleno.
4 Bisa jadi setelan valvenya nggak sesuai. Coba setel clearance valve sesuai standart.Biasanya pebengkel untuk membuat mesin menjadi halus menyetel valve sangat rapat. Tapi efeknya saat rpm tinggi ada sedikit kebocoran di valve( valve floating ) karena pegas kurang mampu menekan valve menutup rapat.

Angin:
1. setelan angin yang terlalu mikin.
2. cek kebocoran2 vakum. Saat rpm tinggi , terlalu banyak angin yang tersedot masuk juga membuat campuran bbm terlalu lean/miskin.
sealteam88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: 05 Jun 2011, 15:29

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by sealteam88 »

thanks advice nya , hari ini saya balikin lagi ke bengkel nya , di daerah otista , untun di bongkar lagi karbu nya dan cek busi dan platina nya lagi.

semoga lancar

:big_peace:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by poeticmind »

jalu wrote:kalo memang karbu di bongkar jeroannya, bisa ada kemungkinan stelan pelampungnya berubah kurang pas/terlalu dicekik sm montirnya...akibatnya sewaktu rpm tinggi persediaan bensin di mangkok karbu kurang mencukupi, jadinya tersendat sendat seperti ndut2an, tapi kalo ini memang efeknya terasa langsung pada waktu selesai keluar dr bengkel, tp meliat gejala di carry anda muncul 1-2 hari setelah di servis bs ada kemungkinan lain yaitu proses pembersihan karbu yg kurang sempurna...dalam kata lain kotoran/kerak sudah terlepas dr dinding saluran2nya tetapi tidak bs keluar dr saluran tsb, akhirnya seperti menghambat aliran.

spuyer di karbu carry ada 2, yg low speed saya lupa ukurannya, yg high speed itu kalo std/ori ukurannya 93, kalo mau cek spuyer mesti buka mangkok karbunya dulu..baru keliatan deh.
...
yang low 80, high 93 atau 98. enaknya dikasih high 110.
Image
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by asudarsono »

Bongkar karbu di mana tuh, di otista?

Sekalian dilihat membran2nya, bos. Takutnya membran vakum akselerasi bocor.

Problem ini gak sulit, bos. Semoga berhasil.
Ready to Race
User avatar
Dino_lowrider
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 29 Jul 2009, 06:57

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by Dino_lowrider »

Yup bener. membran akselerasi. Kalau di honda megapro namanya TPFC. itu yang ngecrut :mky_07: saat awal di tekan...
Bisa disetting juga.
Berguna saat mobil diakselerasi mendadak....
sealteam88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: 05 Jun 2011, 15:29

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by sealteam88 »

Kalo bro ada rekomendasi bengkel khusus suzuki carry mohon berbagi dengan saya.


Thanks
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by asudarsono »

Oo, bukan maksud saya lancang atau sok tahu, bos. Malah kepingin tahu barangkali ada bengkel yg bagus di Otista. Bengkel AC saya juga di sana, bengkel Triyono seberang hotel Fucida. Kalau karbu biasanya ke Mamat yg di lantai dua Pasar Asam Reges.
Ready to Race
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by VanzMatic »

Senada dengan kakak pembina.

Suspect pertama : Pelampung di set kerendahan, sehingga 'stok' bensin di pelampung jadi menipis saat harus meladenin rpm mesin tinggi, alias tekor. Alasan kedua, saat menanjak, pasti juga karena karbu kekurangan bensin. Menanjak, biasanya butuh rpm tinggi di persneling rendah. Bensin harus mengalir deras disedot ke mesin, sementara bensin di mangkok karbu semakin habis akibat setelan pelampung kerendahan.

Dalam posisi menanjak, bensin sebagai zat fluida, akan selalu datar posisinya, jadi akan ada suatu posisi, dimana mainjet akan mengisap udara, karena tinggi bensin lebih banyak di posisi belakang mangkok karbu.

suspect kedua: Busi dan platina.

cmiiw
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
sealteam88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: 05 Jun 2011, 15:29

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by sealteam88 »

salam lagi semua

tadi pagi udah balik lagi ke bengkel nya
akhirnya di tune up ulang semuanya

karbu : dicopot, dibersihkan ulang dan pelampung bensin di setel ulang, trus montirnya bilang, lobang angin ama bensin nya di set ulang juga , ngga balance (ga ngerti maksudnya apa)

busi : busi ternyata item , dibersihkan dan di set ulang juga, konon item karena bensin nya kebanyakan , ga balance

platina : di set ulang kerapatan nya

tutup distributor diganti karena setelah di ukur voltase nya, listrik dari koil ke distributor jadi kecil karena kontak di tutup distributor udah jelek.

tadi udah di coba lari 100-120km/jam masuk, enteng, so far ndut2 an nya ilang sih, semoga sudah selesai dan lancar.


mohon tanggapan temen temen dan terima kasih banyak semuanya

:big_peace: :mky_02:
User avatar
Dino_lowrider
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 29 Jul 2009, 06:57

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by Dino_lowrider »

sipppp :big_peace:
sealteam88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: 05 Jun 2011, 15:29

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by sealteam88 »

asudarsono wrote:Oo, bukan maksud saya lancang atau sok tahu, bos. Malah kepingin tahu barangkali ada bengkel yg bagus di Otista. Bengkel AC saya juga di sana, bengkel Triyono seberang hotel Fucida. Kalau karbu biasanya ke Mamat yg di lantai dua Pasar Asam Reges.
oh maap , tepatnya di dewi sartika , ngga enak nyebut nama bengkel nya ah :)
tapi saya tau triyono AC sebrang oli sahabat itu, emang bagus servis di situ soale kios nya seperti non permanen :)

:mky_02:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by VanzMatic »

sealteam88 wrote:salam lagi semua

tadi pagi udah balik lagi ke bengkel nya
akhirnya di tune up ulang semuanya

karbu : dicopot, dibersihkan ulang dan pelampung bensin di setel ulang, trus montirnya bilang, lobang angin ama bensin nya di set ulang juga , ngga balance (ga ngerti maksudnya apa)

busi : busi ternyata item , dibersihkan dan di set ulang juga, konon item karena bensin nya kebanyakan , ga balance

platina : di set ulang kerapatan nya

tutup distributor diganti karena setelah di ukur voltase nya, listrik dari koil ke distributor jadi kecil karena kontak di tutup distributor udah jelek.

tadi udah di coba lari 100-120km/jam masuk, enteng, so far ndut2 an nya ilang sih, semoga sudah selesai dan lancar.


mohon tanggapan temen temen dan terima kasih banyak semuanya

:big_peace: :mky_02:
Berarti analisis sy kebalik.. Maaf.. Berarti setelan pelampung karbunya malah kerendahan, sehingga mangkuk karbu kebanyakan bensin, plus campuran AFR nya terlalu banyak bensinnya, makanya busi jadi hitam dan cenderung mati karena kebanyakan bensin di ruang bakar, sehingga bensin tidak terbakar sempurna. Biasanya kondisi kayak gini, sepengalaman supir truk sih, deteksi awalnya adalah bau gas buang nya menyengat dan bikin mata perih, trus biasanya di ruang kabin, terasa bau bensin mentah.. Itu hanya pengalaman pribadi...

:ungg:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
sealteam88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: 05 Jun 2011, 15:29

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Post by sealteam88 »

VanzMatic wrote:
sealteam88 wrote:salam lagi semua

tadi pagi udah balik lagi ke bengkel nya
akhirnya di tune up ulang semuanya

karbu : dicopot, dibersihkan ulang dan pelampung bensin di setel ulang, trus montirnya bilang, lobang angin ama bensin nya di set ulang juga , ngga balance (ga ngerti maksudnya apa)

busi : busi ternyata item , dibersihkan dan di set ulang juga, konon item karena bensin nya kebanyakan , ga balance

platina : di set ulang kerapatan nya

tutup distributor diganti karena setelah di ukur voltase nya, listrik dari koil ke distributor jadi kecil karena kontak di tutup distributor udah jelek.

tadi udah di coba lari 100-120km/jam masuk, enteng, so far ndut2 an nya ilang sih, semoga sudah selesai dan lancar.


mohon tanggapan temen temen dan terima kasih banyak semuanya

:big_peace: :mky_02:
Berarti analisis sy kebalik.. Maaf.. Berarti setelan pelampung karbunya malah kerendahan, sehingga mangkuk karbu kebanyakan bensin, plus campuran AFR nya terlalu banyak bensinnya, makanya busi jadi hitam dan cenderung mati karena kebanyakan bensin di ruang bakar, sehingga bensin tidak terbakar sempurna. Biasanya kondisi kayak gini, sepengalaman supir truk sih, deteksi awalnya adalah bau gas buang nya menyengat dan bikin mata perih, trus biasanya di ruang kabin, terasa bau bensin mentah.. Itu hanya pengalaman pribadi...

:ungg:
betul banget bro , bau bensin terasa di kabin , awalnya bingung kenapa gitu , ternyata karena komposisi bensin dan angin yang tidak tepat , businya pakai splitfire cabang 2 , lalu tutup distributor diganti , ada efek nya juga rupa nya , yang jelas tadi lari 100-120km di tol masih mantab dan akselarasi sampai ke 100km/jam tidak butuh waktu lama , cuma saya agak kuatir nya , bensin nya apakah bakal boros yah ? :) mobil suzuki carry sebetulnya tidak rumit yah setting dan servis servis nya, sparepart pun murah, hanya kelemahan nya, AC tidak dingin di mesin 1000 cc :)

:mky_02:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post