[ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

arkana1
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Mar 16, 2011 6:58

[ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by arkana1 »

dear all:
sori sebelumnya kalo pertanyaan saya udah pernah dibahas sebelum nya...
jadi gini,
saya memakai Innova matic, bensin, seri G th 2010, seperti kesan pada umum nya ttg mobil matic, Innova ini kurang lincah dan responsif, terutama di kondisi lalu lintas yg stop & go krn padat dan macet...tapi mobil saya rasakan jauh lebih responsif dan cepat jika transmisi dipindah dari posisi D ke D3. baru setelah jalanan lebih lancar, saya balik ke posisi D lagi.
pertanyaan nya, apakah memindahkan transmisi ke D3 spt itu tidak menyebabkan kerusakan pada transmisi/mesin secara umum jika dilakukan dalam jarak tempuh yg jauh atau lama ?

soalnya di buku manual nya disebutkan transmisi D3 ini hanya dipergunakan jika melakukan pengereman dg mesin dalam kondisi jalan yg menurun atau sebaliknya menambah power saat menanjak atau menyalip. tapi tidak dijelaskan apakah boleh dipergunakan dlm kondisi jalan normal yg macet/merayap

begitu..thx
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: [ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by Turboman »

arkana1 wrote:dear all:
pertanyaan nya, apakah memindahkan transmisi ke D3 spt itu tidak menyebabkan kerusakan pada transmisi/mesin secara umum jika dilakukan dalam jarak tempuh yg jauh atau lama ?
Gak pa pa lah, hanya saja kalau lari di atas 60 ya pake D krn dgn di D3 kons BBM akan lebih boros, RPM lebih tinggi

A/T unit tuh dikontrol oleh modul TCU, jadi andai kita lari kenceng bgt trus pindahin ke D3 juga maka komputer tak akan mengijinkan perpindahan gigi sampai masuk zona speed D3.

Yg penting kita atur aja agar mesin gak sampai over rev / mesin jgn sering melewati 5000 RPM krn selain boros juga akan memperpendek Komp AC serta V belt.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: [ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by Hansen »

menurut analisa sotoy ane...

berhubung tuas transmisi A/T ipah model gate shift dan tidak ada tombol O/D, maka sepertinya mode D3 itu secara tidak langsung adalah mode "O/D off" untuk ipah, dan mode D itu sama dengan "O/D on"

untuk A/T 4-speed, biasanya "O/D off" itu untuk membatasi perpindahan gigi sampai 3rd gear saja dan biasanya juga perpindahan gigi dilakukan di rpm yg lebih tinggi jadi otomatis performa terasa lebih responsif.


CMIIW akh... :ngacir:
Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by maskopat »

Hansen wrote:menurut analisa sotoy ane...

berhubung tuas transmisi A/T ipah model gate shift dan tidak ada tombol O/D, maka sepertinya mode D3 itu secara tidak langsung adalah mode "O/D off" untuk ipah, dan mode D itu sama dengan "O/D on"

untuk A/T 4-speed, biasanya "O/D off" itu untuk membatasi perpindahan gigi sampai 3rd gear saja dan biasanya juga perpindahan gigi dilakukan di rpm yg lebih tinggi jadi otomatis performa terasa lebih responsif.


CMIIW akh... :ngacir:
tapi apakah dengan diset di D3 di ipah, sama dengan O/D off di matik pada umumnya ya? :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
arkana1
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Mar 16, 2011 6:58

Re: [ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by arkana1 »

maskopat wrote:
Hansen wrote:menurut analisa sotoy ane...

berhubung tuas transmisi A/T ipah model gate shift dan tidak ada tombol O/D, maka sepertinya mode D3 itu secara tidak langsung adalah mode "O/D off" untuk ipah, dan mode D itu sama dengan "O/D on"

untuk A/T 4-speed, biasanya "O/D off" itu untuk membatasi perpindahan gigi sampai 3rd gear saja dan biasanya juga perpindahan gigi dilakukan di rpm yg lebih tinggi jadi otomatis performa terasa lebih responsif.


CMIIW akh... :ngacir:
tapi apakah dengan diset di D3 di ipah, sama dengan O/D off di matik pada umumnya ya? :e-think:
baru mau nanya yg spt ini...ada beberapa mobil matic yg O/D nya harus diset ON saat diperlukan, misalnya ketika melaju di toll, berarti default nya OFF.
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: [ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by Andrian »

kalo di mobil yg A/T yang ada tombol O/D, kalo stop&go posisi O/D on terasa kurang bertenaga dibanding O/D off. kalau dari penjelasan TS pada saat stop&go lebih responsif D3 dibanding D. berarti D3=O/D off sedang D=O/D on ? :e-think:
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: [ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by Hansen »

arkana1 wrote:
maskopat wrote:
Hansen wrote:menurut analisa sotoy ane...

berhubung tuas transmisi A/T ipah model gate shift dan tidak ada tombol O/D, maka sepertinya mode D3 itu secara tidak langsung adalah mode "O/D off" untuk ipah, dan mode D itu sama dengan "O/D on"

untuk A/T 4-speed, biasanya "O/D off" itu untuk membatasi perpindahan gigi sampai 3rd gear saja dan biasanya juga perpindahan gigi dilakukan di rpm yg lebih tinggi jadi otomatis performa terasa lebih responsif.


CMIIW akh... :ngacir:
tapi apakah dengan diset di D3 di ipah, sama dengan O/D off di matik pada umumnya ya? :e-think:
baru mau nanya yg spt ini...ada beberapa mobil matic yg O/D nya harus diset ON saat diperlukan, misalnya ketika melaju di toll, berarti default nya OFF.
nissan x-trail T30 ane yg A/T nya masih pake tombol O/D itu by defaultnya "O/D ON", justru kalo kita set "O/D OFF" maka lampu indikator di speedometer akan menyala.
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: [ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by Hansen »

Andrian wrote:kalo di mobil yg A/T yang ada tombol O/D, kalo stop&go posisi O/D on terasa kurang bertenaga dibanding O/D off. kalau dari penjelasan TS pada saat stop&go lebih responsif D3 dibanding D. berarti D3=O/D off sedang D=O/D on ? :e-think:
betul ping, memang seharusnya D itu O/D ON
Image
arkana1
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Mar 16, 2011 6:58

Re: [ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by arkana1 »

Andrian wrote:kalo di mobil yg A/T yang ada tombol O/D, kalo stop&go posisi O/D on terasa kurang bertenaga dibanding O/D off. kalau dari penjelasan TS pada saat stop&go lebih responsif D3 dibanding D. berarti D3=O/D off sedang D=O/D on ? :e-think:
butul...
saat transmisi di D3, dari posisi stop begitu gas diinjak, laju mobil lebih resposif. jarum RPM juga lebih stabil dan bergerak sesuai kecepatannya.

ini ngga selalu terjadi jika transmisi di D. kadang setelah break dan kita mau geber gas, mobil ngga melaju sesuai kemauan.. ada jedah/lag sesaat...
arkana1
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Mar 16, 2011 6:58

Re: [ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by arkana1 »

Hansen wrote:nissan x-trail T30 ane yg A/T nya masih pake tombol O/D itu by defaultnya "O/D ON", justru kalo kita set "O/D OFF" maka lampu indikator di speedometer akan menyala.
begitu ya..
trus, saat nyetir lebih sering O/D dibiarkan ON atau di-disable? misalkan di jalanan yg umum nya padat/macet..
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: [ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by Hansen »

arkana1 wrote:
Hansen wrote:nissan x-trail T30 ane yg A/T nya masih pake tombol O/D itu by defaultnya "O/D ON", justru kalo kita set "O/D OFF" maka lampu indikator di speedometer akan menyala.
begitu ya..
trus, saat nyetir lebih sering O/D dibiarkan ON atau di-disable? misalkan di jalanan yg umum nya padat/macet..
kalo ane sih selalu posisikan di O/D ON karena mobil ane standardnya udah terasa sedikit over-powered, jadi walaupun O/D ON juga tetap terasa responsif. Di sisi lain supaya konsumsi BBM lebih irit.

jadi tergantung mobilnya juga bro, kalo ente suka menggunakan D3 utk stop and go yah ga masalah krn bagi ane itu sebuah "fitur" :upss:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by DOHC »

wuihhh mobil nya yg uda overpowered.. :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:


btw ane masi sdikit curious neh siong... t31 ama t30 nt kan sama2 2500cc mesin nya... bahkan mesin nya pun sama2 QR25DE... nahh mana yg terasa lebi bertenaga dan mana yg terasa lebi irit fc nya.... trus kalo dibandingin ama yg 2000 cc gmana tuh... yg matic nya yahh.... btw nt dah perna coba T31 yg MR20DE yg manual ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: [ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by Hansen »

DOHC wrote:wuihhh mobil nya yg uda overpowered.. :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:


btw ane masi sdikit curious neh siong... t31 ama t30 nt kan sama2 2500cc mesin nya... bahkan mesin nya pun sama2 QR25DE... nahh mana yg terasa lebi bertenaga dan mana yg terasa lebi irit fc nya.... trus kalo dibandingin ama yg 2000 cc gmana tuh... yg matic nya yahh.... btw nt dah perna coba T31 yg MR20DE yg manual ??
utk yg 2500cc, basis mesinnya sama chiong tapi beda versi... yg satu QR25DE (T30), dan satu lg QR25DE-kai (T31)

QR25DE-kai merupakan versi yg telah diperbarui gitu lah istilahnya, yg ane rasakan sih suara jadi lebih halus dan FC lebih irit

yg membuat T30 dan T31 beda karakter/rasa adalah jenis transmisi A/T nya.
T30 memakai A/T konvensional 4-speed, sementara T31 memakai Xtronic CVT with 6-speed manual mode.
untuk tarikan stop and go, T30 jauh terasa lebih enteng chiong tapi yahh harus diakui bensinnya kayak ngocor :mrgreen:
sementara T31, untuk tarikan awal agak kalah karena prinsip CVT yg tidak ada power loss atau slip kopling maka terasa agak berat jika start dari kondisi diam. tetapi karakter CVT jika sudah di atas 40 km/h maka speed kenceng naiknya. keuntungan CVT yg tidak ada slip kopling adalah FC lebih irit jadinya. dan memang FC nya T31 lebih irit :upss:

kalo x-trail yg 2000cc M/T ane belum pernah coba chiong... :ungg:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by DOHC »

hooo gt yah siong... :e-think: :e-think: :e-think: :e-think:

btw utk FC nya brapa siong utk masing2 T30 ama T31 nt siong, trus pake nya bbm apa ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: [ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by ZombiEE »

Numpang mantau......
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: [ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by Hansen »

DOHC wrote:hooo gt yah siong... :e-think: :e-think: :e-think: :e-think:

btw utk FC nya brapa siong utk masing2 T30 ama T31 nt siong, trus pake nya bbm apa ??
utk pemakaian di kota ane :
T30 = 1 : 6,5 ...paling irit 1 : 7 bawanya kayak kura2 :big_weee:
T31 = 1 : 7-8

bensin ane pake petronas prima88, T30 ane ngelitik parah kalo pake premium pertamina...tapi kalo pake bensin ini kagak ngelitik :big_weee:
tapi kalo T31 ane belom pernah cekokin premium pertamina
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: [ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by Hansen »

ZombiEE wrote:Numpang mantau......
jgn mantau doank jemb, sharing juga donk... :e-pray:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by DOHC »

gilaa... 2500cc tapi FC nya bsa dapet sgitu... lumayan jg tuh... btw kalo dgn ron 88 aja ntuh 2 2 mobil bsa dapet sgitu... bearti kalo dcekokin bensin bergizi bisa lebi baik dikit kali yahh fc nya... hmmm...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: [ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by ZombiEE »

Hansen wrote:
ZombiEE wrote:Numpang mantau......
jgn mantau doank jemb, sharing juga donk... :e-pray:
Kalo ada ente..ane tenang lah bang..we're in good hands.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: [ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by Hansen »

DOHC wrote:gilaa... 2500cc tapi FC nya bsa dapet sgitu... lumayan jg tuh... btw kalo dgn ron 88 aja ntuh 2 2 mobil bsa dapet sgitu... bearti kalo dcekokin bensin bergizi bisa lebi baik dikit kali yahh fc nya... hmmm...
dicekokin bensin bergizi mungkin bisa improve tapi dikit banget lah chiong...

T30 kalo ente bejek2 FC nya bisa drop jauh di bawah yg ane sebutkan di atas chiong, tapi so far di dalkot mobil tsb tidak perlu dibejek krn powernya cukup mantep...cukup main di rpm 2000 max

sementara T31 yg CVT, ente musti coba sendiri dulu kalo ente bisa suka kaga dengan karakter dan pola ngegas CVT yg berbeda :e-think: :e-think: :e-think:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by DOHC »

nanti dah siong.... kalo dah ada rezeki yg buanyakkkkkkkkk dulu... baru ane cobain tuh cvt....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: [ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by ZombiEE »

DOHC wrote:nanti dah siong.... kalo dah ada rezeki yg buanyakkkkkkkkk dulu... baru ane cobain tuh cvt....
Uda chiong...jgn pura2....sikaaatttt...‎​​メίίメίίメίί‎​​メίίメίίメίί
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by DOHC »

sikattt pake ??.... tapi entah knapa utk merek nissan koq skrg ane jadi agak ragu2 yahh mo ambil nya... kayanya kalo ada rezeki nanti jg bakal mikir2 sejuta kali dulu gt mo ambil nissan lagi... nissan yg ada skrg aja cuman buat jadi kendaraan perang ane doank buat 1-2 taon ke depan doank.. abis itu pasti dijual lagi koq...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: [ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by Hansen »

kan tinggal nyamberin showroom aja chiong... :e-whistle: :e-whistle: :e-whistle:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [ask?] Transmisi Otomatis Kijang Innova

Post by DOHC »

terus diusir pake sapu ama sales nya gara2 cuman liat2 doank... :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: