Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by ricz »

Avanza spt yg kita ketahui, merupakan suatu fenomena kesuksesan Toyota selama 10 tahun. Durabilitas, sparepart murah & gampang dirawat menjadi nilai plus dari sebuah Apanja.

Dengan munculnya pesaing yg mencoba menggoyang hegemoni Apanja, akhirnya Apanja berada dalam posisi tidak nyaman. Kombinasi Chevy Spin & Suzuki R3 pun blm sanggup memberikan desakan signifikan bagi Apanja.

Tetapi, munculnya Honda Mobilmonyong menjadi duri dalam daging bagi TAM. Betapa tidak, sisi spek Monyong tertinggi sudah sanggup mengganggu Piluz termahal. Dgn harga yg lebih murah, Monyong menjadi best new comer.

Nah, skrg apakah reaksi TAM? Mengupgrade Apanja dengan harga yg lebih rendah ato tetap, yang pastinya ga mungkin mengingat kebiasaan TAM selama ini, ato meluncurkan product baru yang bisa saja membunuh pasar Apanja ato bahkan Ipah, krn pricetag produk Boyota yg nempel2?

Apakah Apanja berubah dari TAM-dearest child menjadi TAM-blunder setelah bertahun2?

Bgmn pendapat suhu2 dimarih? Gw tunggu pendapatnya...
2021 Fortuner VRZ
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by madcat015 »

Calon trit panas...

Mohon berdiskusi dengan cerdas dan kepala atas yg dingin...


Suatu pemikiran yg menggelitik dari bro ricz. Well done piyikz! :cupss:

*nyari terminal komputer dulu, bikin teh dingin, baru komen*
Obey the mahakitteh. :big_cat:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by ak4ng »

ane berpikir sejenak dulu deh,. bru pulang nih,. apanjaa is de best sepuluh tahun cooyy :big_smoking: :big_smoking:










........................ :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by amfibi »

Sebelom berdiskusi, yuk pegang ini dulu satu satu... :big_comfort:

Image



:ngacir:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7365
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by newrubble »

dua factors yg bikin harga avanza bullish trend dari waktu ke waktu
-local currency value depreciation vs hardcurrency (usd) sbg production cost benchmark
-penerapan pajak yg semakin extensive (makin byk tax variant) dan intensive (naik nya tiap tax)

sehingga avanza secara alami "naik kelas" dari entry level (2004) jadi semakin mahal ("symptom" sama terjadi pd kijang dulu yg bikin lahirnya avanza)

basic spec lahirnya avanza itu sama dg saat dibuatnya kijang dulu (1977) low maintenance, low operational cost, simple tech, high load factor (people transporter), compact dimension, moderate emission quality, long lasting design, ability to cope with average road infrastructure (BUV toyota concept, 1974 pre production reference)

untuk "menyelamatkan" avanza dari sales output drop ada dua cara:
- price readjustment, minor change (johny's option)
- new entry level model creation, major / total change (principal's option)

nah ...dari dua "kubu" ini ...yg kalah ...akan kluar boxing ring ...apa sdh ada yg TKO?

johny sangat belajar dari local mitsi case ...hilangnya momentum t-120 saat di ganti l-300 (gagalnya lobby alm sjarnoebi said di jepang 1981 u pindahkan semua production line t-120 ke indo)
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by mr-saga »

permisi... nubie ingin ikut tampil :big_grin:

berdasarkan asas: berlomba-lomba dlm mencari kebaikan*, saya harap nantinya bs semakin berkompetisi
dlm peningkatan spek** serta penyesuaian tarif yg lebih value for money.
*senantiasa berupaya agar menjadi yg terbaik utk market.
**terserah mana aja bagian dari mobil yg dianggap sbg sarana utk pengembangan yg lbh baik.
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
bisti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Thu Mar 13, 2008 3:19

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by bisti »

sy tebak..tam & adm tetep pelihara avanza xenia kayak sekarang ini....tetep pede dgn kelebihan rwd nya...tp buat ngadepin fwd pesaing..akan lahir secepatnya mobil mp dr konsep UFC
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by ak4ng »

ni bahas apanja doang apa xenia juga? apanja kan xenia , knapa judulnya apanja?
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by madcat015 »

Setuju om rubble...

Bullish trend di harga otomotif tidak terlepas dari melemahnya IDR vs USD dan pajak pemerintah yg makin berlapis.

Ane setuju dgn bro ricz, Avanza sendiri merupakan fenomena. Sepuluh tahun jadi pemimpin pasar tak tergoyahkan...

Memang Suzuki Ertiga sudah mencoba mengganggu dominasi total Avanza. Dan bs dikatakan, raport R3 cukup bagus. Meski sayangnya ATPM Suzuki melakukan blunder dengan terlalu banyak melakukan tes pasar dengan batch awal R3 yang single blower dan manual tranny saja.

Akhirnya R3 kehilangan momentum menggempur Avanza, tp itu sudah cukup bikin TAM memasang airbag dan melakukan refreshment di Avanza.

Setelahnya, mungkin divisi penjualan TAM kembali lengah, membiarkan Mobilio membentuk hype dan popularitas publik nya sendiri mulai bulan Juni/Juli. Dan keputusan HPM yg secara dadakan mengumumkan lahirnya Sotoy menjadi wake up call TAM.

Andai Brio tidak masuk LCGC, Mobilio mungkin dihargai mulai 180jt an untuk entry level. Dan top tier level bisa menyentuh 220jt mendekati Freed.

Kenyataannya, harga Mobilio bertengger di bawah Avanza, dengan penampilan lebih segar meski interior... menurut ane... begitulah.

Mungkin yg dibutuhkan tim penjualan TAM adalah Mobilio, an enemy worthy of glorious battles, yg secara terang2an menantang Avanza.

Skr, dengan mundur nya Johny Darmawan dari ring tinju, menyisakan opsi *spt yg di post om rubble*:
- Total model change
- New line up

Untuk kedua pilihan itu, biaya akan sangat besar yg berimbas pada harga jual...

Masalahnya, pilihan model change/price adjustment lebih masuk akal menurut ane. Bro ricz benar, harga pricelist antar produk Toyota sangat dekat.

Beberapa blunder untuk mengenalkan produk baru berakhir menyedihkan seperti Etios dan Nav-1. Pun, apakah Toyota akan mengikuti membuat MPV 7-seater murah FWD spt R3 dan Monyong dgn airbag + ABS + gimmick manusiawi?

Rasanya itu bagai menjilat ludah sendiri. Berkali2 statement RWD vs FWD dikeluarkan PR manager TAM.

We never forget the obviously stupid yet hilarious statement from them.

Jadi seperti dilema...

Pun, jika TAM memutuskan utk mengabaikan harga diri dan menjilat ludah sendiri, MPV baru ini bisa membunuh Avanza. Apa TAM siap? Apa TAM mw meng-counter RWD itu overrated? Ada Ipah dan Fortuner di sana, ada Rush... tiga line up people mover yg juga populer...

Serba salah pada akhirnya... :ungg:

Jadi sayang nya..., menurut ane, opsi paling masuk akal adalah opsi yg dibawa pak Johny Darmawan keluar ring tinju.



Just my two whiskers though :ungg:


@akang: Apanja krn yg dibahas adalah strategi TAM, kang...

Kalau AvXen, bakal bahas strategi TAM-ADM.

:mky_01:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by ola_comoesta »

Masih dijalan...nanti baca lagi, harusnya TAM santai mungkin ya, gk ada di saingannya RWD...cuman klo diingat2 almost 50% line up TAM RWD ya :p
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by madcat015 »

ola_comoesta wrote:Masih dijalan...nanti baca lagi, harusnya TAM santai mungkin ya, gk ada di saingannya RWD...cuman klo diingat2 almost 50% line up TAM RWD ya :p
No texting while driving bro... :big_slap:

Bahkan kl di traffic light pun, ente bisa kehilangan momen berharga untuk flat out. :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
aceagung
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Thu Dec 05, 2013 14:43

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by aceagung »

kl menurut ane, TAM bakal facelift apanja, sambil nunggu gmn nasib mobilio makin laris ato kagak.

kl kluarin line-up baru FWD di range harga mobilio

otomatis avanza naik kelas jadi ipah :frm_bang_head:

si ipah naik kelas lagi
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by walid_007 »

Tidak ada anak emas, ataupun blunder

Mobil ini di luar hayalan toyota , bisa menjual unit begitu laris pada awalnya, terbukti sampe 5 tahun produksi dan permintaan nya ngak terpenuhi, sampe2nharga avanza bekas lebih mahal dari barunya pada tahun 2005 an...

Naumun jika melihat sekarang , tak ada ubahnya pada tahun 2004 dulu
Kijang kapsul bagai avanza skrg, dan overpricenya juga lebih dari avanza, di penghujung tahun 2004 krista dijual 190juta dengan taknologi 80an, padahal innova datang dan lebih murah

Krista dihadang panther dan kuda yang digadang2 akan menghabiskan si toki,, dan tepat bulan september habis semua tuh kuda sama panther dengan innova

Jika sekarang avanza dihadang mungkin lebih berat, ada dr honda,suzuki,chevy,nissan yang secara price tag menghadang, secara bentuk menghadang

Di tahun 2016, sebuah pabrik mesin di jawa barat akan jadi, jadi itu mungkin clu nya, setidaknya ada mesin baru yang akan dibuat

Mesin baru pasti akan memiliki model body yang baru, dan mayorchange pastinya, powertrain nya juga pasti, segmen nya pasti juga berubah, bagaikan dari kijang lama ke innova

pasti toyota akan melakukan hal ini, pasti! Persis 10 tahun yang lalu, avanza akan naik kelas di range harga 250juta, secara otomatis range harga 150 juta kosong, mereka akan buat segmen baru lagi yang sama sama quality nya dg sekarang avanza, dan avanza sudah pake wood panel, dan innova sudah pake softpad....
hard plastick ember di adik avanza ufc2
engine roaring!
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2494
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by MonSTER_GTR »

setuju sama bro walid, tetapi kalo begitu innova seharusnya di discontinue dong? karena sekarang aja udah mepet harganya sama nav-1, atau nav-1 yang di discontinue walaupun kemungkinan nya dikit karena nav-1 itu produk baru
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
sirahngelu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 336
Joined: Wed Mar 26, 2014 20:34
Location: Surabaya

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by sirahngelu »

aceagung wrote:kl menurut ane, TAM bakal facelift apanja, sambil nunggu gmn nasib mobilio makin laris ato kagak.

kl kluarin line-up baru FWD di range harga mobilio
Sepertinya berat untuk facelift apanja.
karena setelah modelnya begitu saja semenjak 2003,
barulah 2011 apanja melakukan perubahan total.
http://otomotif.kompas.com/read/2011/01 ... .Tahun.Ini.

Jadi masih nanggung kalau mau melakukan perubahan lagi.

Dan inilah pinternya merk lain, begitu dilihat perubahan apanja masih minim dari segi keamanan,
suzuki misalnya langsung menghajar dengan fasilitas keamanan yg lebih baik.

Kalau menurut pandangan saya yg masih kencur ini,
lonjakan penjualan mobilio hanya sementara, nanti akan turun dan stabil dibawah avanza.

Banyak yang beli avanza untuk mobil dinas pegawainya, untuk direntalkan, untuk dipake "perang", bukan untuk dipake keluarga sendiri.
Segmen ini yang belum bisa ditembus oleh mpv lain.

cmiauw-miauw.

Code: Select all

opensource enthusiast.

Lordkyuubi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Mon Sep 02, 2013 13:50

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by Lordkyuubi »

bulan februari kemaren masi laku 15.708 unit :big_think:

menurut ane kok pasarnya malah termakan duo gay/alay :mky_01:

selama masi ada yg perlu kendaraan operasional + rental, ane rasa avanza bakal tetap jaya :big_smoking:
kalo buat dipake keluarga ya merk laen aja :wkkk:
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by HouseOfDetailing »

Penjualan Mobilio yang mayoritas matic membuktikan bahwa,buyers kebanyakan berasal dari keluarga muda yang mulai mapan dan banyak beraktifitas dalam lingkungan kota.Dan mereka mulai mencari mobil yang tidak sekomersial Avanza.Mobilio cukup sukses menggarap pasar di lapisan ini.R3 sayangnya setengah hati menghadapi Livina di awal kemunculannya,jika Sijuki menghadirkan matic tranny dari awal.Besar kemungkinan pasar Mobilio tidaklah sebesar saat ini.Namun HPM juga pantas di saluti atas keberaniannya berjudi menghadirkan tipe yang bentrok pemain lama bernama seperti Livina.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by aspsilver »

nah biasa kan dalam persaingan keluar kompetitor yang tangguh.

dengan begini kan konsumen yang untung, jadi punya pilihan.

tinggal produsen yang harus putar otak gimana supaya dagangannya tetap laku.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by ChZ »

ane urun berembug....

IMHO... kasus avanza ini mengingatkan ane akan kasus CR-V RD4 yang sukses digerus pasarnya oleh X-Trail T30 di 2003... (dan mungkin akan terulang lagi tahun ini kalo X-Trail T32 keluar, menggerus CR-V RM bersama CX-5) :ngacir:

avanza 2nd gen launch di akhir 2011... ertiga launch 2012.... avanza product improvement di 2013... ertelu keluar matik di 2013... dan monyong muncul di 2014... seakan tidak memberi ruang buat avanza untuk memberikan improvement lagi... tidak heran skrg pasar avanza tergerus oleh monyong....

dan tidak lupa kenyataan bahwa pasar skrg sudah jenuh oleh avanza... yang dari gen.1 ke gen.2 hanya ganti casing tanpa improvement apa-apa... meskipun volume penjualan masih tinggi, tapi keliatan banget marketing sudah ketar-ketir dalam menghadapi persaingan ini...

dosa TAM adalah : selalu berusaha bertahan dengan teknologi lawas... gimana orang nggak bosen? beli mobil baru, feel nyetir sama... ganti suasana interior doang... sisanya sama plek.... andaikan ANAvanza diluncurkan dengan teknologi dual vvt-i dan CVT, mungkin ceritanya akan berbeda

kita masih inget awal Pajero sport keluar, Fortuner penjualannya tergerus.... hampir ga pernah liat fortuner plat baru di jalanan. Begitu Fortuner FL dengan teknologi VNT, volume penjualannya tinggi lagi, PS pun carut-marut.... masyarakat kita sudah terbuka soal teknologi...

dan kesalahan sama mereka ulangi di Yasir 2014 lagi.... hasilnya? euforia yasir 2014 nggak terlalu heboh... bisa dibilang, publik lebih tertarik dengan merek sebelah yang menawarkan teknologi bertajuk Ekobus....

gimanapun, masyarakat butuh yg namanya "technology improvement", bukan sekedar tambahan gimmick dan fitur :big_chicken:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4201
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by b0ku »

sirahngelu wrote:
aceagung wrote:kl menurut ane, TAM bakal facelift apanja, sambil nunggu gmn nasib mobilio makin laris ato kagak.

kl kluarin line-up baru FWD di range harga mobilio
Sepertinya berat untuk facelift apanja.
karena setelah modelnya begitu saja semenjak 2003,
barulah 2011 apanja melakukan perubahan total.
http://otomotif.kompas.com/read/2011/01 ... .Tahun.Ini.

Jadi masih nanggung kalau mau melakukan perubahan lagi.

Dan inilah pinternya merk lain, begitu dilihat perubahan apanja masih minim dari segi keamanan,
suzuki misalnya langsung menghajar dengan fasilitas keamanan yg lebih baik.

Kalau menurut pandangan saya yg masih kencur ini,
lonjakan penjualan mobilio hanya sementara, nanti akan turun dan stabil dibawah avanza.

Banyak yang beli avanza untuk mobil dinas pegawainya, untuk direntalkan, untuk dipake "perang", bukan untuk dipake keluarga sendiri.
Segmen ini yang belum bisa ditembus oleh mpv lain.

cmiauw-miauw.
penjualan mobilio gak bakalan bisa ngalahin penjualan avanza. tapi penjualan mobilio bisa bikin AVANZA banjir stock karena avanza setiap bulan quota produksinya banyak sekali. makanya TAM belakangan mulai ketar ketir bukan masalah di kalahin sama mobilio mereka pasti ud tau mobilio gak bakaln bisa ngalahin avanza tapi banjir stocknya itu :mky_07: kalo ud banjir stock otomatis disc gede cuan mepet cuy :ngacir: , kayak kasus freed discnya gede bangeet bukannya gak laku tapi honda terlalu pede produksi freed terlalu banyak tapi salah prediksi demand akhirnya banjir stock dimana2x showroom disuruh nelen sampe muntah2x disc gede :glodak:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by amfibi »

b0ku wrote:
sirahngelu wrote:
aceagung wrote:kl menurut ane, TAM bakal facelift apanja, sambil nunggu gmn nasib mobilio makin laris ato kagak.

kl kluarin line-up baru FWD di range harga mobilio
Sepertinya berat untuk facelift apanja.
karena setelah modelnya begitu saja semenjak 2003,
barulah 2011 apanja melakukan perubahan total.
http://otomotif.kompas.com/read/2011/01 ... .Tahun.Ini.

Jadi masih nanggung kalau mau melakukan perubahan lagi.

Dan inilah pinternya merk lain, begitu dilihat perubahan apanja masih minim dari segi keamanan,
suzuki misalnya langsung menghajar dengan fasilitas keamanan yg lebih baik.

Kalau menurut pandangan saya yg masih kencur ini,
lonjakan penjualan mobilio hanya sementara, nanti akan turun dan stabil dibawah avanza.

Banyak yang beli avanza untuk mobil dinas pegawainya, untuk direntalkan, untuk dipake "perang", bukan untuk dipake keluarga sendiri.
Segmen ini yang belum bisa ditembus oleh mpv lain.

cmiauw-miauw.
penjualan mobilio gak bakalan bisa ngalahin penjualan avanza. tapi penjualan mobilio bisa bikin AVANZA banjir stock karena avanza setiap bulan quota produksinya banyak sekali. makanya TAM belakangan mulai ketar ketir bukan masalah di kalahin sama mobilio mereka pasti ud tau mobilio gak bakaln bisa ngalahin avanza tapi banjir stocknya itu :mky_07: kalo ud banjir stock otomatis disc gede cuan mepet cuy :ngacir: , kayak kasus freed discnya gede bangeet bukannya gak laku tapi honda terlalu pede produksi freed terlalu banyak tapi salah prediksi demand akhirnya banjir stock dimana2x showroom disuruh nelen sampe muntah2x disc gede :glodak:
Hai boqu :cupss:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by imingwahyudi »

:big_think:

Jondut dan Jonpis sedang bermain, Jonpis yang kesengsem sama strategi Jondut, ikut ikutan deh strategi Jondut, dimulai dari GD3 CKD, semakin parah ke belakang sampe puncaknya di Brio CBU 1.3.. Merasa udah ga aman dengan strategi kopong harga naujubile, Jonpis mulai bertobat dari ajaran sesat Jondut. Mulailah keluar CKD 1.2 yang sebetulnya ga murah murah amat, tapi lebih berisi fiturnya daripada mainan Jondut, wong Grand Canyon juga ada disana :mky_03: .Jondut lost his momentum, terlalu telat untuk dapet momentum, kesalip Jonpis dengan Mobilionya yang lebih well equipped dan harga yang ga horror horror amat, terkecuali interiornya yang horror :upss:

Nah om Jondut, mau nambah fitur, benerin ride quality, atau diskon gede ni? :mky_03:

Hate to say this, but Mobilio feels great actually, despite the Grand Canyon thingy :ungg: *mbtech mana mbtech :ngacir: *
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by artoodetoo »

Salah Toyota yg paling besar adalah: black campaign.
Begitu black campaign ini gagal (dan kebanyakan black campaign memang gagal), mereka tak berkutik.
Mau mengeluarkan produk yg untuk menyaingin Monyong dkk? Lha FWD, katanya FWD jelek, kok ngeluarin FWD? Gimana ini Toyota.

:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7365
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by newrubble »

Ada apa pagi ini pagi ini pak johny bfast dgn bang memet? Jauh bgt makan bubur aja di pulau kecil. Pdhl bubur hostess di jakarta kota kan lbh deket. Mana sanggup warung kecil bayar overthrown king?

Tq for madcat on quote n agree on my comment ...
Tentunya suzi r3 jgn sampe hilang momentum spt saat euphoria pt garuda makmur dg opel blazer nya jaman dulu yg pelan tapi.pasti hrg nya naik dari level 70jt an n market expansion nya dilakukan hanya dgn releasing specdown (blazer sli) n sub specdown (montera)

RWD vs FWD "war" skrg itu ingatkan sy saat 3cyl vs 4cyl war on dai zebra vs suzi carry th94-95 ...bgt byk 3cyl fanatism tanpa mrk sendiri sadar bhw saat itu dai sdg habiskan sisa quota dr principal u selanjutnya jualan 4cyl 16v ...tanpa byk yg sadar bhw suzi bareng mitsi saat itu baru beli partial patent right dr british leyland land rover division u silent shaft technology (silent shaft adalah tradename milik mitsi) yg byk terpasang pd land rover s3 petrol

Wah sy jadi omong far beyond topic. Maaf ya
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7365
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by newrubble »

Dua sudut pandang beda dlm satu kandang trhadap yg namanya naming title ...sebut sj saat ini kijang n avanxa

TAM (indo): they r products n part of proud n pride
TMC (principal) : tbey r not more than just names or portfolios ...anything can be kijang (as proven as sub name of innova) or avanza

However tbey both agree kijang n avanza remain indo market gimmick ...with(out) specific car(s) designed for that local market