Tanya Seputar Kijang LGX '99
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Tue Jun 07, 2011 15:29
Tanya Seputar Kijang LGX '99
Mohon Maaf sebelumnya, saya nubie di forum ini.
Rencananya saya akan membeli Kijang LGX '99 dengan pertimbangan sebagai berikut:
1. Mesin masih carbu jadi gampang di perawatan
2. Sparepart gampang dicari
3. Harganya terjangkau...
Namun ada teman2 Чǝлб menyarankan mending Чǝлб tahun 2000 karena udah EFI, namun di daerah saya, kebanyakan mobil kijang yang udah EFI selalu 'kena' Fuelpump nya...
Mohon bantuan pertimbangan dari teman-teman semua, disertai sisi kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Maaf kalo bahasanya masih belepotan, trims
Rencananya saya akan membeli Kijang LGX '99 dengan pertimbangan sebagai berikut:
1. Mesin masih carbu jadi gampang di perawatan
2. Sparepart gampang dicari
3. Harganya terjangkau...
Namun ada teman2 Чǝлб menyarankan mending Чǝлб tahun 2000 karena udah EFI, namun di daerah saya, kebanyakan mobil kijang yang udah EFI selalu 'kena' Fuelpump nya...
Mohon bantuan pertimbangan dari teman-teman semua, disertai sisi kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Maaf kalo bahasanya masih belepotan, trims
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2284
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Tanya Seputar Kijang LGX '99
Fuel pump nya memang harus ganti di km 80ribuan ya. Belum lagi kasus fuel pump kemarin..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Tanya Seputar Kijang LGX '99
saran ane sih mending yang diesel om...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Tanya Seputar Kijang LGX '99
Wah jd nostalgia neh, ane dulu user kapsul 97, make dr taun 2000 sampe 2005, saran sy seh mending ambil yg EFI, biar ngerawatnya lbh gampang, lgan larinya lbh makyus dgn konsumsi bensin krg lbh sama. Klo mau alternatif ad mitsu kuda tuh.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Tanya Seputar Kijang LGX '99
mending yang tahun 2000 aja, model juga udah gen II..
ambil deisel juga mantap tuh, lebih irit dan lebih mudah n murah tuh perawatannya
ambil deisel juga mantap tuh, lebih irit dan lebih mudah n murah tuh perawatannya
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Tue Jun 07, 2011 15:29
Re: Tanya Seputar Kijang LGX '99
Wah, trims banyak banget masukannya,m4rio wrote:mending yang tahun 2000 aja, model juga udah gen II..
ambil deisel juga mantap tuh, lebih irit dan lebih mudah n murah tuh perawatannya
Namun bukankah EFI sangat tergantung dari kondisi bahan bakar nya, secara disini SPBU Чǝлб menjual pertamax hanya 1 SPBU saja..
Pengalaman dari teman kantor Чǝлб punya LGX 2003 EFI, baru ganti FP 2 bulan dari beres, udah rusak lagi,
Lagian Beres Ъќ ada di daerah saya (Dumai), palingan cuma bengkel biasa, klo EFI kan musti perawatan beres biar aman.
Kalo Diesel, kelebihan dan kekurangannya apa ݪª ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2284
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Tanya Seputar Kijang LGX '99
Oh daerah riau ya? bukannya innova juga bermasalah dengan fuel pump nya. memang daerah riau mencurigakan bbm nya. Jadi bukan salah kijang nya tuh.
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Tue Jun 07, 2011 15:29
Re: Tanya Seputar Kijang LGX '99
Makanya ane pilih carbu, soalnya Ъќ begitu ngaruh dgn kualitas bbm nya.ilhami wrote:Oh daerah riau ya? bukannya innova juga bermasalah dengan fuel pump nya. memang daerah riau mencurigakan bbm nya. Jadi bukan salah kijang nya tuh.
Klo Disel gimana ݪª ? Belum pernah pake soalnya, tapi kata teman2 disel Ъќ spontan dan berisik, plus kalo rusak sewot perbaiki mesinnya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1633
- Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
- Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup
Re: Tanya Seputar Kijang LGX '99
kalo biasa pake mobil bensin memang gak sabaran kalo bawa mobil diesel. tarikan awalnya lemot. mesin cenderung berisik. tapi kalo dibandingkan dg kucing garong, tokides lebih senyap deh.
mobil diesel yg ane tau sih yang penting gak telat ganti oli dan filter oli (diganti berbarengan ganti oli).itu yg ane lakuin waktu ngerawat kucing garong touring kantor.
kalo masalah mesin diesel tenang aja om vistoholic. disini banyak dokternya kok. salah satunya om m4rio.
mobil diesel yg ane tau sih yang penting gak telat ganti oli dan filter oli (diganti berbarengan ganti oli).itu yg ane lakuin waktu ngerawat kucing garong touring kantor.
kalo masalah mesin diesel tenang aja om vistoholic. disini banyak dokternya kok. salah satunya om m4rio.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Tanya Seputar Kijang LGX '99
diesel emang kalo sudah rusak biayanya akan lebih besar. tapi selama gak telat ganti fluida dan filter2, harusnya lebih awet.. bahkan dibanding bensin..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Tanya Seputar Kijang LGX '99
juragan diesel bersabda.........
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Tue Jun 07, 2011 15:29
Re: Tanya Seputar Kijang LGX '99
Kerenn...Andrian wrote:kalo biasa pake mobil bensin memang gak sabaran kalo bawa mobil diesel. tarikan awalnya lemot. mesin cenderung berisik. tapi kalo dibandingkan dg kucing garong, tokides lebih senyap deh.
mobil diesel yg ane tau sih yang penting gak telat ganti oli dan filter oli (diganti berbarengan ganti oli).itu yg ane lakuin waktu ngerawat kucing garong touring kantor.
kalo masalah mesin diesel tenang aja om vistoholic. disini banyak dokternya kok. salah satunya om m4rio.
Kayanya pilihan bisa berubah ke Diesel nih, mudah2an bantuan para SMers Semua bisa membimbing ane, soalnya kalo soal Diesel ane noobi banget
-
- SM Specialist
- Posts: 21988
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Tanya Seputar Kijang LGX '99
Ane pake LSX Diesel th 2001 sampe skg udah jalan 155 rb Km mesin masih sehat wal afiat, udah dibuktikan dgn test analisa oli bekas mesin ane di Corelab.
mesin 2L ini buadak buangett.......kasih solar jelek juga hajar terus......pernah tahun lalu tutup radiator udah jelek en coolant sampe agak kurang juga mesin gak kenapa kenapa en begitu tutup radiator diganti semua bagus lagi
Mobil ini sgt menyenangkan, maintenance free, gak pernah bikin susah, selama pake ane cuman ganti filter2 / oli aja, Alternator mmg pernah gulung ulang, sedangkan komponen lain spt water pump / radiator / kopling / solenoid semua belom pernah ganti, walo kopling dah agak jelek skg, after 155 rb km !!!
Memang alternator mobil ini agak kurang "badak", tapi kejadian alternator sampe hrs gulung ulang pun itu di tahun ke 8 (tiba2 overvoltage sendiri)
Utk komponen kaki kaki di tahun ke 8 baiknya diganti spt Ball Joint / Tie rod / karet per daun / karet stabilizer, wajar aja krn usia, tapi harga parts2-nya pun gak mahal.
Cuman kalo mau beli seken dr org yg gak kenal mesin hrs di cek dgn seksama, konon suka ada kasus retak rambut di Cyl head......well kalo dr pengalaman ane sih jika mesin 2L sampe ada retak rambut di Cyl head itu either yg punya bener2 gak care ama cooling sistem atau baut supply solar dibuka abis sampe EGT naik drastis dan tak terukur (gak pake EGT meter)
Juga kalo pemakaian di daerah harus di cek apa sering terjadi antrian solar di SPBU nggak.
mesin 2L ini buadak buangett.......kasih solar jelek juga hajar terus......pernah tahun lalu tutup radiator udah jelek en coolant sampe agak kurang juga mesin gak kenapa kenapa en begitu tutup radiator diganti semua bagus lagi
Mobil ini sgt menyenangkan, maintenance free, gak pernah bikin susah, selama pake ane cuman ganti filter2 / oli aja, Alternator mmg pernah gulung ulang, sedangkan komponen lain spt water pump / radiator / kopling / solenoid semua belom pernah ganti, walo kopling dah agak jelek skg, after 155 rb km !!!
Memang alternator mobil ini agak kurang "badak", tapi kejadian alternator sampe hrs gulung ulang pun itu di tahun ke 8 (tiba2 overvoltage sendiri)
Utk komponen kaki kaki di tahun ke 8 baiknya diganti spt Ball Joint / Tie rod / karet per daun / karet stabilizer, wajar aja krn usia, tapi harga parts2-nya pun gak mahal.
Cuman kalo mau beli seken dr org yg gak kenal mesin hrs di cek dgn seksama, konon suka ada kasus retak rambut di Cyl head......well kalo dr pengalaman ane sih jika mesin 2L sampe ada retak rambut di Cyl head itu either yg punya bener2 gak care ama cooling sistem atau baut supply solar dibuka abis sampe EGT naik drastis dan tak terukur (gak pake EGT meter)
Juga kalo pemakaian di daerah harus di cek apa sering terjadi antrian solar di SPBU nggak.
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Tue Jun 07, 2011 15:29
Re: Tanya Seputar Kijang LGX '99
Wah, ternyata disel ini mudah-mudah sulit juga ݪª ..Turboman wrote:Ane pake LSX Diesel th 2001 sampe skg udah jalan 155 rb Km mesin masih sehat wal afiat, udah dibuktikan dgn test analisa oli bekas mesin ane di Corelab.
mesin 2L ini buadak buangett.......kasih solar jelek juga hajar terus......pernah tahun lalu tutup radiator udah jelek en coolant sampe agak kurang juga mesin gak kenapa kenapa en begitu tutup radiator diganti semua bagus lagi
Mobil ini sgt menyenangkan, maintenance free, gak pernah bikin susah, selama pake ane cuman ganti filter2 / oli aja, Alternator mmg pernah gulung ulang, sedangkan komponen lain spt water pump / radiator / kopling / solenoid semua belom pernah ganti, walo kopling dah agak jelek skg, after 155 rb km !!!
Memang alternator mobil ini agak kurang "badak", tapi kejadian alternator sampe hrs gulung ulang pun itu di tahun ke 8 (tiba2 overvoltage sendiri)
Utk komponen kaki kaki di tahun ke 8 baiknya diganti spt Ball Joint / Tie rod / karet per daun / karet stabilizer, wajar aja krn usia, tapi harga parts2-nya pun gak mahal.
Cuman kalo mau beli seken dr org yg gak kenal mesin hrs di cek dgn seksama, konon suka ada kasus retak rambut di Cyl head......well kalo dr pengalaman ane sih jika mesin 2L sampe ada retak rambut di Cyl head itu either yg punya bener2 gak care ama cooling sistem atau baut supply solar dibuka abis sampe EGT naik drastis dan tak terukur (gak pake EGT meter)
Juga kalo pemakaian di daerah harus di cek apa sering terjadi antrian solar di SPBU nggak.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3050
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Tanya Seputar Kijang LGX '99
Turboman wrote:Ane pake LSX Diesel th 2001 sampe skg udah jalan 155 rb Km mesin masih sehat wal afiat, udah dibuktikan dgn test analisa oli bekas mesin ane di Corelab.
mesin 2L ini buadak buangett.......kasih solar jelek juga hajar terus......pernah tahun lalu tutup radiator udah jelek en coolant sampe agak kurang juga mesin gak kenapa kenapa en begitu tutup radiator diganti semua bagus lagi
Mobil ini sgt menyenangkan, maintenance free, gak pernah bikin susah, selama pake ane cuman ganti filter2 / oli aja, Alternator mmg pernah gulung ulang, sedangkan komponen lain spt water pump / radiator / kopling / solenoid semua belom pernah ganti, walo kopling dah agak jelek skg, after 155 rb km !!!
Memang alternator mobil ini agak kurang "badak", tapi kejadian alternator sampe hrs gulung ulang pun itu di tahun ke 8 (tiba2 overvoltage sendiri)
Utk komponen kaki kaki di tahun ke 8 baiknya diganti spt Ball Joint / Tie rod / karet per daun / karet stabilizer, wajar aja krn usia, tapi harga parts2-nya pun gak mahal.
Cuman kalo mau beli seken dr org yg gak kenal mesin hrs di cek dgn seksama, konon suka ada kasus retak rambut di Cyl head......well kalo dr pengalaman ane sih jika mesin 2L sampe ada retak rambut di Cyl head itu either yg punya bener2 gak care ama cooling sistem atau baut supply solar dibuka abis sampe EGT naik drastis dan tak terukur (gak pake EGT meter)
Juga kalo pemakaian di daerah harus di cek apa sering terjadi antrian solar di SPBU nggak.
jangan jangan SPBUnya pake trik Solar_kerosen pak
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Tue Jun 07, 2011 15:29
Re: Tanya Seputar Kijang LGX '99
Agan2 yth:
Biasanya klo pagi2 mesin akan otomatis berada di rpm 1500-2000 sampai mesin panas. Namun 2 hari belakangan, otomat nya Ъќ jalan, sehingga suara mesin seperti ngadat,
Apa Чǝлб menyebabkan otomat nya Ъќ jalan ݪª
Biasanya klo pagi2 mesin akan otomatis berada di rpm 1500-2000 sampai mesin panas. Namun 2 hari belakangan, otomat nya Ъќ jalan, sehingga suara mesin seperti ngadat,
Apa Чǝлб menyebabkan otomat nya Ъќ jalan ݪª
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Tanya Seputar Kijang LGX '99
vistoholic wrote:Agan2 yth:
Biasanya klo pagi2 mesin akan otomatis berada di rpm 1500-2000 sampai mesin panas. Namun 2 hari belakangan, otomat nya Ъќ jalan, sehingga suara mesin seperti ngadat,
Apa Чǝлб menyebabkan otomat nya Ъќ jalan ݪª
ane jug pernah ngalamin tuh masalah kyk gni, menurut analisa ane itu karena otomatis chokenya gk jalan. kalo menurut analisa murah ane bisa aja disebabkan kotornya karburator sehingga tuas chokenya menjadi lengket sehingga tidak mau menutup.
kao analisa mahalnya kemungkinan sistem chokenya sudah rusak.
CMIIW
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Tue Jun 07, 2011 15:29
Re: Tanya Seputar Kijang LGX '99
Abis dari bengkel, ternyata analisa mastah emang bener, cuma analisa opsi kedua Чǝлб bener..
:OƇŰuƌeeƹƘ.•̃#:-s•̃ƉUueƹħ º°˚:O
:OƇŰuƌeeƹƘ.•̃#:-s•̃ƉUueƹħ º°˚:O