innova matic harus pertamax..?

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kenzio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Sep 02, 2010 9:21

innova matic harus pertamax..?

Post by kenzio »

Halo rekan2 seraya motor,

saya newbie disini salam kenal semua ya.. mau nanya bro2 yang mungkin pernah punya pengalaman sama.. Innova saya matic tahun 2010 tidak bisa minum premium kah... Sebab ngelitik berat.. kalau ganti shell atau pertamax langsung ok lagi..

saya pernah tanya ke beres katanya ga bisa di setel2 lagi karena memang sudah otomatis..
sebagai perbandingan serena saja bisa untuk di stel menggunakan premium mengapa innova tak bisa..?

terima kasih rekan2 semua
ndnd
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Thu Jan 15, 2009 15:53

Re: innova matic harus pertamax..?

Post by ndnd »

setau saya sih itu bisa di setel kok pengapiannya.
kenzio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Sep 02, 2010 9:21

Re: innova matic harus pertamax..?

Post by kenzio »

ndnd wrote:setau saya sih itu bisa di setel kok pengapiannya.

Iya om setau sy juga begitu, tapi yg bilang waktu itu montir di beres nya.
agak berat juga kondisi sekarang pake pertamax terus, jalan macet dan dengan konsumsi sekitar 1 6-7
dan sy ga terlalu percaya sama additive2 yang di jual eceran tersebut.
Tapi ya memang lebih enak sih kalo pakai pertamax.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: innova matic harus pertamax..?

Post by ilhami »

kalau dicampur pertamax:premium 1:1 masih ngelitik?
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: innova matic harus pertamax..?

Post by jalu »

sementara di jakarta masih byk yg parno pake premium takut fuel pump rusak....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: innova matic harus pertamax..?

Post by Turboman »

kenzio wrote:Halo rekan2 seraya motor,

saya newbie disini salam kenal semua ya.. mau nanya bro2 yang mungkin pernah punya pengalaman sama.. Innova saya matic tahun 2010 tidak bisa minum premium kah... Sebab ngelitik berat.. kalau ganti shell atau pertamax langsung ok lagi..

saya pernah tanya ke beres katanya ga bisa di setel2 lagi karena memang sudah otomatis..
sebagai perbandingan serena saja bisa untuk di stel menggunakan premium mengapa innova tak bisa..?

terima kasih rekan2 semua
Harusnya sih nggak ngelitik yah, walau mmg lebih direkomen RON 91 or more

Ada teman pakai Fortie 2.7 dulu sejak baru juga ngalamin hal spt itu, sehabis di Carbon Clean gejala tsb lgs hilang.

Tapi perlu dicatat bahwa kualitas Premium skg ini yahh.....gitu deeee........jadi kalo pakai Premium baiknya mix ama RON 92 en juga tambahkan additive Gasoline yg bermutu.
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: innova matic harus pertamax..?

Post by Andrian »

kenzio wrote:Halo rekan2 seraya motor,

saya newbie disini salam kenal semua ya.. mau nanya bro2 yang mungkin pernah punya pengalaman sama.. Innova saya matic tahun 2010 tidak bisa minum premium kah... Sebab ngelitik berat.. kalau ganti shell atau pertamax langsung ok lagi..

saya pernah tanya ke beres katanya ga bisa di setel2 lagi karena memang sudah otomatis..
sebagai perbandingan serena saja bisa untuk di stel menggunakan premium mengapa innova tak bisa..?

terima kasih rekan2 semua

berarti emang gak bisa minum premium tuh. coba cek ratio kompresinya. kalo 10:1 berarti minimal pertamax.
bisa pake premium cuma kudu di setting mundur timingnya.kalo gak salah lho...CMIIW
tapi kalo mw amannya sih, jangan pake premium. patokannya ya kembali lagi ke ratio kompresi. :big_peace:

bener kata om turboman. kalo mau ngejar nilai RON, di mix aja antara RON 88 dg RON 92 atau RON 95(perasaan om turboman dah pernah nulis deh.baca dmn ya? :e-think: )
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26908
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: innova matic harus pertamax..?

Post by DOHC »

ipah ane 100 % premium... smpet ngeglitik, lgs hajar pake acetone... glitik pun makin parah.. tapi stelah beberapa kali treatment macam itu, malah membaik jadinya... skrg pake premium murni tanpa pencahar (acetone), bebas glitik... mo gigi 2 di kick down jg ga masalah...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: innova matic harus pertamax..?

Post by Andrian »

DOHC wrote:ipah ane 100 % premium... smpet ngeglitik, lgs hajar pake acetone... glitik pun makin parah.. tapi stelah beberapa kali treatment macam itu, malah membaik jadinya... skrg pake premium murni tanpa pencahar (acetone), bebas glitik... mo gigi 2 di kick down jg ga masalah...
manstab :e-clap:
kalo menurut pengalaman om DOHC,sampe brp kali ntu ipah ditreatment pake acetone sampe bisa pake pure premium?
Image
User avatar
scorpio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 771
Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
Location: tangerang <-> jakarta

Re: innova matic harus pertamax..?

Post by scorpio »

um...
fungsi acetone itu sebenernya buat apa ya om??
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26908
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: innova matic harus pertamax..?

Post by DOHC »

ane beli acetone 1 liter, dibagi jadi 10 bagian... nah tiap kali ngisi yahh ane tuang tuh 1 bagian tsb... alias 100cc... kalo ampe pengisian ke berapa sehh ane ga inget yah, cuman makin lama makin enak aja...

kalo yg ane baca2 dari postingan2 om penyuturbo di salah satu tret di SM sini, katanya acetone itu fungsi nya membersihkan saluran bensin, injector, (hopefully memperlancar injector dari clogging), menurunkan tegangan permukaan bensin jadi biar terbakar sempurna tanpa sisa...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: innova matic harus pertamax..?

Post by Hansen »

Tapi ada efek buruknya gak chiong terhadap selang2 bensin? :e-think: :e-think: :e-think:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26908
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: innova matic harus pertamax..?

Post by DOHC »

Hansen wrote:Tapi ada efek buruknya gak chiong terhadap selang2 bensin? :e-think: :e-think: :e-think:
kalo kata si pak ppt sehh gpp ter, cuman ane seh jaga2 aja... jadi stelah selsai 10 kali pengisian gt... ane kaga campur lagi... nanti setelah jalan 3000 atau 4000 km baru ane campur lagi...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: innova matic harus pertamax..?

Post by aldy »

Because of its volatility, most acetone will be burned with the fuel in combustion, but not all; and during compression of the vapors, acetone is available to interact with the surfaces of the pistons. Because acetone is a strong solvent, Bird wondered if it might tend to peel the oil molecules from the walls of the pistons, causing them to run more dry, leading to increased wear and decreased engine life
Ati2 loh bro..Jangan sering2
http://pesn.com/2005/04/12/6900080_Acetone_and_Ester/
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
vigoderoza
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Tue Aug 03, 2010 5:08
Location: Jakarta ooh Jakarta....

Re: innova matic harus pertamax..?

Post by vigoderoza »

kenzio wrote:Halo rekan2 seraya motor,

saya newbie disini salam kenal semua ya.. mau nanya bro2 yang mungkin pernah punya pengalaman sama.. Innova saya matic tahun 2010 tidak bisa minum premium kah... Sebab ngelitik berat.. kalau ganti shell atau pertamax langsung ok lagi..

saya pernah tanya ke beres katanya ga bisa di setel2 lagi karena memang sudah otomatis..
sebagai perbandingan serena saja bisa untuk di stel menggunakan premium mengapa innova tak bisa..?

terima kasih rekan2 semua

Ane juga pake Innova matic feb 2010... dari pertama beli selalu pake premium,, kadang2 aja campur sama perta plus kalo abis gajian... :mrgreen: ga pernah ngelitik tuh.... setelah ada ribut2 soal kualitas premium baru ane beralih ke shell 92.... abis itu setelah dipasang piggyback,, sekarang tiap isi bensin 50:50 premium & pertamax plus buat ngejar tarikan enteng aja,,, intinya ga pernah ada masalah dengan ngelitik... coba dibawa ke beres lain aja, minta 2nd opinion,, soalnya ini innova ke2 ane yg pake premium,, sebelumnya ane pake innova 2005 jg selalu isi premium ga pernah ada masalah ngelitik jg..... (3 tahun dipake ipahnya)

Cheers....!
halokawan
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Sep 05, 2010 13:55

Re: innova matic harus pertamax..?

Post by halokawan »

bro,

cuman sharing aja... nih ipah matic 2005 kawan sy dipasang volt stabilizer. claimnya bisa menstabilkan kelistrikan di mobil, support ecu. dampaknya bisa naikkan torsi + merubah kebiasaan dari pertamaks ke premium bahkan bisa saving fuel.

no promosi bisa pakai berbagai merek; gugling aja merek pi**t, apa hur**ane (www.hurricaneindonesia.com).

sy sendiri pakai di ford ranger, dampak yg langsung maknyus lampu terang + ac lebih adem.
CMIIW

halokawan
kenzio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Sep 02, 2010 9:21

Re: innova matic harus pertamax..?

Post by kenzio »

Turboman wrote:
kenzio wrote:Halo rekan2 seraya motor,

saya newbie disini salam kenal semua ya.. mau nanya bro2 yang mungkin pernah punya pengalaman sama.. Innova saya matic tahun 2010 tidak bisa minum premium kah... Sebab ngelitik berat.. kalau ganti shell atau pertamax langsung ok lagi..

saya pernah tanya ke beres katanya ga bisa di setel2 lagi karena memang sudah otomatis..
sebagai perbandingan serena saja bisa untuk di stel menggunakan premium mengapa innova tak bisa..?

terima kasih rekan2 semua
Harusnya sih nggak ngelitik yah, walau mmg lebih direkomen RON 91 or more

Ada teman pakai Fortie 2.7 dulu sejak baru juga ngalamin hal spt itu, sehabis di Carbon Clean gejala tsb lgs hilang.

Tapi perlu dicatat bahwa kualitas Premium skg ini yahh.....gitu deeee........jadi kalo pakai Premium baiknya mix ama RON 92 en juga tambahkan additive Gasoline yg bermutu.


Thanx rekan2 atas feed back nya, memang gejala ngelitik berat saya rasakan untuk 3 bulan terakhir ini saja . dulu saya isi premium full ngelitik hanya halus saja.

kalaupun di isi pertamax (pertamina) gejala ngelitik masih terdengar halus. namun kalau saya isi shell (super), ngelitik hilang sama sekali, dan mesin jadi lebih halus .

Sebagai informasi, mobil saya pakai dari baru, btw utk carbon clean saya percaya pasti sangat membantu mereduksi knocking, tapi kalau lihat umur mobil yang belum genap setahun agak bingung juga kalau sudah timbuk kerak (carbon) di dalam nya. memang selama ini mobil lebih banyak digunakan di macet2 drpd di geber di tol.
kenzio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Sep 02, 2010 9:21

Re: innova matic harus pertamax..?

Post by kenzio »

DOHC wrote:ipah ane 100 % premium... smpet ngeglitik, lgs hajar pake acetone... glitik pun makin parah.. tapi stelah beberapa kali treatment macam itu, malah membaik jadinya... skrg pake premium murni tanpa pencahar (acetone), bebas glitik... mo gigi 2 di kick down jg ga masalah...

Nah ini dia neh yang bikin ane sering iri.. kenapa innova lain bisa ga ngelitik, sedangkan aye punya ngelitik berat.. hehe.. waktu isi premium, ngelitik berat tenaga ilang, apalagi kalo tanjakan di susul sama motor2.. boro2 mau kick down, kasian denger mesin nya takut jebol..
kenzio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Sep 02, 2010 9:21

Re: innova matic harus pertamax..?

Post by kenzio »

vigoderoza wrote:
kenzio wrote:Halo rekan2 seraya motor,

saya newbie disini salam kenal semua ya.. mau nanya bro2 yang mungkin pernah punya pengalaman sama.. Innova saya matic tahun 2010 tidak bisa minum premium kah... Sebab ngelitik berat.. kalau ganti shell atau pertamax langsung ok lagi..

saya pernah tanya ke beres katanya ga bisa di setel2 lagi karena memang sudah otomatis..
sebagai perbandingan serena saja bisa untuk di stel menggunakan premium mengapa innova tak bisa..?

terima kasih rekan2 semua

Ane juga pake Innova matic feb 2010... dari pertama beli selalu pake premium,, kadang2 aja campur sama perta plus kalo abis gajian... :mrgreen: ga pernah ngelitik tuh.... setelah ada ribut2 soal kualitas premium baru ane beralih ke shell 92.... abis itu setelah dipasang piggyback,, sekarang tiap isi bensin 50:50 premium & pertamax plus buat ngejar tarikan enteng aja,,, intinya ga pernah ada masalah dengan ngelitik... coba dibawa ke beres lain aja, minta 2nd opinion,, soalnya ini innova ke2 ane yg pake premium,, sebelumnya ane pake innova 2005 jg selalu isi premium ga pernah ada masalah ngelitik jg..... (3 tahun dipake ipahnya)

Cheers....!
thanx Om..
rencana ane emang mau bawa ke beres lain neh.. tunggu abis lebaran dhe.. saya kasi report nya kemari.. btw innova saya juga ga papa pake premium sampe bulan juni, setelah juli kemari baru terdengar ngelitik.. tidak tau gr2 kualitas bensin atau kerak di mesin ku sudah mulai tebal atau krn settingan ngegeser
User avatar
vigoderoza
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Tue Aug 03, 2010 5:08
Location: Jakarta ooh Jakarta....

Re: innova matic harus pertamax..?

Post by vigoderoza »

kenzio wrote:
vigoderoza wrote:
kenzio wrote:Halo rekan2 seraya motor,

saya newbie disini salam kenal semua ya.. mau nanya bro2 yang mungkin pernah punya pengalaman sama.. Innova saya matic tahun 2010 tidak bisa minum premium kah... Sebab ngelitik berat.. kalau ganti shell atau pertamax langsung ok lagi..

saya pernah tanya ke beres katanya ga bisa di setel2 lagi karena memang sudah otomatis..
sebagai perbandingan serena saja bisa untuk di stel menggunakan premium mengapa innova tak bisa..?

terima kasih rekan2 semua

Ane juga pake Innova matic feb 2010... dari pertama beli selalu pake premium,, kadang2 aja campur sama perta plus kalo abis gajian... :mrgreen: ga pernah ngelitik tuh.... setelah ada ribut2 soal kualitas premium baru ane beralih ke shell 92.... abis itu setelah dipasang piggyback,, sekarang tiap isi bensin 50:50 premium & pertamax plus buat ngejar tarikan enteng aja,,, intinya ga pernah ada masalah dengan ngelitik... coba dibawa ke beres lain aja, minta 2nd opinion,, soalnya ini innova ke2 ane yg pake premium,, sebelumnya ane pake innova 2005 jg selalu isi premium ga pernah ada masalah ngelitik jg..... (3 tahun dipake ipahnya)

Cheers....!
thanx Om..
rencana ane emang mau bawa ke beres lain neh.. tunggu abis lebaran dhe.. saya kasi report nya kemari.. btw innova saya juga ga papa pake premium sampe bulan juni, setelah juli kemari baru terdengar ngelitik.. tidak tau gr2 kualitas bensin atau kerak di mesin ku sudah mulai tebal atau krn settingan ngegeser
Ada baiknya sih di carbon clean aja menurut ane...
tapi sebelum CC mendingan dikasih cairan Fuel cleaner bisa merk redline/STP/Amsoil atau yg lainnya terus isi pertamax, terus digeber2 ditol pake gigi2 & 3 sampe diatas 4000 rpm selama beberapa menit supaya tumpukan karbon bisa rontok.... lebih baik lg setelah itu ganti oli... biasanya si keadaan mesin bisa kembali fresh setelah melakukan trik tersebut... trik ini saya dapatkan jg dari anak2 innova community yg menurut istilah mereka "italian tune Up".... :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

Semoga Membantu....
kenzio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Sep 02, 2010 9:21

Re: innova matic harus pertamax..?

Post by kenzio »

Ane udah geber innova kemaren pas libur lebaran di tol dalem kota, sekalian test top speed Om.. tapi cuma dapet di 150 km/h karena emang kondisi tidak memungkinkan lagi.. emang setelah mobil di geber mesin pasti jadi enteng dan ngelitik ilang sama sekali (ane masih pake shell), trus setelah bensin abis ane isi premium tetep aja ngelitik nya berat lagi..

Saya penasaran apa karena oli nya yah..? apa rekomendasi olie yang dipakai rekan2 seraya untuk ipah bensin..? kalo di beres toyota dikasinya olie merk apa yak..? saya sekarang menggunakan shell 10 - 40, kayanya rekomendasi 10 - 30 yah.. jadi karena kental lebih berat dan rawan ngelitik..

thanx semua
kenzio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Sep 02, 2010 9:21

Re: innova matic harus pertamax..?

Post by kenzio »

Ane udah geber innova kemaren pas libur lebaran di tol dalem kota, sekalian test top speed Om.. tapi cuma dapet di 150 km/h karena emang kondisi tidak memungkinkan lagi.. emang setelah mobil di geber mesin pasti jadi enteng dan ngelitik ilang sama sekali (ane masih pake shell), trus setelah bensin abis ane isi premium tetep aja ngelitik nya berat lagi..

Saya penasaran apa karena oli nya yah..? apa rekomendasi olie yang dipakai rekan2 seraya untuk ipah bensin..? kalo di beres toyota dikasinya olie merk apa yak..? saya sekarang menggunakan shell 10 - 40, kayanya rekomendasi 10 - 30 yah.. jadi karena kental lebih berat dan rawan ngelitik..

thanx semua
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: innova matic harus pertamax..?

Post by asudarsono »

Di kantor pada pakai Innopah sewaan. Kata sopir2nya, kalau inopah manual masih bisa ditoleransi pakai premium tapi yg matik diwajibkan perusahaan pakai Pertamax, krn ngelitik. Yah, itu kebiasaan mereka.

Dari Toyotanya katanya wajib pakai pertamax, tapi yah di Indonesia banyak yg pakai mobil mewahpun masih ngisi di pompa yg premium. Perdebatan di antara kedua kubu pasti nggak habis2.

Kalau pakai piggyback, mestinya bisa diakali biar bisa premium. Masalahnya apakah udah ada yg pernah remapping ECU Inoppah?
Ready to Race
kenzio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Sep 02, 2010 9:21

Re: innova matic harus pertamax..?

Post by kenzio »

asudarsono wrote:Di kantor pada pakai Innopah sewaan. Kata sopir2nya, kalau inopah manual masih bisa ditoleransi pakai premium tapi yg matik diwajibkan perusahaan pakai Pertamax, krn ngelitik. Yah, itu kebiasaan mereka.

Dari Toyotanya katanya wajib pakai pertamax, tapi yah di Indonesia banyak yg pakai mobil mewahpun masih ngisi di pompa yg premium. Perdebatan di antara kedua kubu pasti nggak habis2.

Kalau pakai piggyback, mestinya bisa diakali biar bisa premium. Masalahnya apakah udah ada yg pernah remapping ECU Inoppah?

Persisss pak darsono.. sempet kepikiran buat jual lagi ganti yang d4d.. tapi belum juga genap setahun.. hehe
User avatar
vigoderoza
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Tue Aug 03, 2010 5:08
Location: Jakarta ooh Jakarta....

Re: innova matic harus pertamax..?

Post by vigoderoza »

kenzio wrote:Ane udah geber innova kemaren pas libur lebaran di tol dalem kota, sekalian test top speed Om.. tapi cuma dapet di 150 km/h karena emang kondisi tidak memungkinkan lagi.. emang setelah mobil di geber mesin pasti jadi enteng dan ngelitik ilang sama sekali (ane masih pake shell), trus setelah bensin abis ane isi premium tetep aja ngelitik nya berat lagi..

Saya penasaran apa karena oli nya yah..? apa rekomendasi olie yang dipakai rekan2 seraya untuk ipah bensin..? kalo di beres toyota dikasinya olie merk apa yak..? saya sekarang menggunakan shell 10 - 40, kayanya rekomendasi 10 - 30 yah.. jadi karena kental lebih berat dan rawan ngelitik..

thanx semua
Isi premiumnya ditempat yg sama dgn sebelumnya? coba kalau diisi ditempat lain.... siapa tau emang di SPBU itu kualitas premiumnya jelek... atau coba dicampur aja premium - pertamax/shell..... atau ditambah octane booster...
kalau mau lebih enteng si memang dianjurkan pake oli 5W30 Full synthetic...
Ipah VVTi A/T ane pake oli 5W30, premium - pertamax plus 1:3, filter udara replacement, ground cable & poles Throttle Body tarikan enteng.... ngga pernah ngelitik.... :mrgreen: