Page 1 of 1

Setir Kijang kapsul berat ke kiri

Posted: Sun Jan 30, 2011 1:37
by spartanwarrior
bro misalkan gua parkir paralel di sebelah kiri jalan.. terus gua mau keluar..

pertama-tama kan gua belokin setir ke kana max kan, terus setelah mobil jalan gua balik setir ke kiri.

nah pas balik setir ke kiri inilah yang berat.. beratnya ini seperti ada yang nyantol(nyangkut) gitu lo bro.

tapi beratnya ini cuma 1x aja bro, abis diputer gt uda ga berat lagi. apalagi kalo mobil dingin pasti deh kalo belok kiri berat.

ini masalahnya apa ya bro? kok aneh gini? apakah ini efek spooring? atau masalah di PS nya?

NOTE: kalau dipake jalan biasa sih enteng-enteng aja ga ada masalah.. juga gua 1,5 bulan lalu abis spooring di GBT ngagel surabaya

Re: Setir Kijang kapsul berat ke kiri

Posted: Sun Jan 30, 2011 3:10
by jalu
coba cek karet boot yang menutupi rack end (tierod) di steering rack
Kijang saya pernah kejadian yg mirip begitu, itu karena karet boot tsb sudah gak elastis lagi,

mudah2an aja problemnya sama. :D

Re: Setir Kijang kapsul berat ke kiri

Posted: Sun Jan 30, 2011 8:45
by spartanwarrior
waduh bro jalu lagi yang reply. hehe.. maklum bro ini mobil 11 taun jd nya masalah muncul 1 per 1.hehe

karet bootnya kalo uda ga elastis diganti ya bro? apa disemprotin wd-40?

tierod itu kan komponen kaki-kaki kan?

Re: Setir Kijang kapsul berat ke kiri

Posted: Sun Jan 30, 2011 8:48
by DOHC
nubie coba bantu jawab yahh....

WD-40 itu penetrant om... cuman buat loosening atau ngendorin part2 yg stuck gara2 karat atau macet.... dia ga bisa dipake buat kembaliin elastisitas karet yg uda getas atau mati....

tie rod itu salah satu komponen yg gerakin ban ke kiri atau kanan pas kita belokin setir...

Re: Setir Kijang kapsul berat ke kiri

Posted: Sun Jan 30, 2011 9:50
by jalu
spartanwarrior wrote:waduh bro jalu lagi yang reply. hehe.. maklum bro ini mobil 11 taun jd nya masalah muncul 1 per 1.hehe

karet bootnya kalo uda ga elastis diganti ya bro? apa disemprotin wd-40?

tierod itu kan komponen kaki-kaki kan?
karet boot mendingan diganti aja, gak mahal kok :D

Image

contoh waktu terpasang (gambar dari mobil lain)
Image

karet boot berfungsi sebagai pelindung tierod dr kotoran, bersifat seperti pegas jadi bisa mulur (expand) bs jg pendek (compressed) untuk mengikuti gerakan tierod. kalo dah gak elastis, maka karet tsb bisa sobek atau kaku. Kejadian di kijang saya itu karet sudah kaku meski blm sobek, jadi kalo belok patah (karet boot posisi compressed) itu karetnya jadi gak karuan bentuknya sehingga jadi lambat kembali ke posisi bebas, akhirnya waktu stir kembali ke posisi lurus kerasa seperti ada yg ngeganjal meski hanya 1x saja dan gak ada bunyi2 yg mencurigakan (*kira2 sama gak gejalanya dng kijang anda....? :roll: )

btw...saya cuma sumbang saran berdasarkan dr pengalaman ya, bisa saja problem yg anda alami berbeda, tapi mudah2an ini bs membantu analisa.

Re: Setir Kijang kapsul berat ke kiri

Posted: Sun Jan 30, 2011 12:19
by sjamsul
spartanwarrior wrote:bro misalkan gua parkir paralel di sebelah kiri jalan.. terus gua mau keluar..

pertama-tama kan gua belokin setir ke kana max kan, terus setelah mobil jalan gua balik setir ke kiri.

nah pas balik setir ke kiri inilah yang berat.. beratnya ini seperti ada yang nyantol(nyangkut) gitu lo bro.

tapi beratnya ini cuma 1x aja bro, abis diputer gt uda ga berat lagi. apalagi kalo mobil dingin pasti deh kalo belok kiri berat.

ini masalahnya apa ya bro? kok aneh gini? apakah ini efek spooring? atau masalah di PS nya?

NOTE: kalau dipake jalan biasa sih enteng-enteng aja ga ada masalah.. juga gua 1,5 bulan lalu abis spooring di GBT ngagel surabaya
coba nt periksa baut stoppernya di deket ban, kemungkinan setelan baut stoppernya kurang pas...... langkah pertama coba bandingkan jaraknya antara yg kiri n kanan........

smoga bermanfaat.........

Re: Setir Kijang kapsul berat ke kiri

Posted: Sun Jan 30, 2011 12:21
by sjamsul
@spartanwarrior:
bro, pada saat stir dibelokkan habis, apakah ada suara spt logam beradu gitu ?.... klo ada, kemungkinan plastik penutup baut stopper udah rusak ato ilang / lepas, jadi mesti diganti baru .......

Re: Setir Kijang kapsul berat ke kiri

Posted: Mon Jan 31, 2011 7:55
by spartanwarrior
kalo setir dibelokan habis normal aja bro ga ada bunyi sama sekali. yang jadi masalah ya itu kalo belok kiri kadang-kadang terasa nyangkut gt.

tapi nyantolnya cuma sekali aja abis gt normal lagi..

abis ganti karet boot tie rod harus spooring lagi ya gan?

Re: Setir Kijang kapsul berat ke kiri

Posted: Mon Jan 31, 2011 12:40
by sjamsul
spartanwarrior wrote:kalo setir dibelokan habis normal aja bro ga ada bunyi sama sekali. yang jadi masalah ya itu kalo belok kiri kadang-kadang terasa nyangkut gt.

tapi nyantolnya cuma sekali aja abis gt normal lagi..

abis ganti karet boot tie rod harus spooring lagi ya gan?
hmmmm..... baut stoppernya udah diperiksa apa belum bro..... :e-think:

Re: Setir Kijang kapsul berat ke kiri

Posted: Mon Jan 31, 2011 13:58
by m4rio
sjamsul wrote:@spartanwarrior:
bro, pada saat stir dibelokkan habis, apakah ada suara spt logam beradu gitu ?.... klo ada, kemungkinan plastik penutup baut stopper udah rusak ato ilang / lepas, jadi mesti diganti baru .......
baut stopper yang dimana prop? mank ada ya??
bukannya mentok tidaknya setir itu pembatasnya ada di sterring gearbox??? atau sterring racknya???
yang ane tau ada juga penyetelan celahnya yang pake baut itu di body sterring gear boxnya atau di sterring racknya. itupun biasa pengaruhnya kalo gk salah ke berat atau entengnya setir.

Re: Setir Kijang kapsul berat ke kiri

Posted: Mon Jan 31, 2011 15:35
by sjamsul
yg dideket ban mar.....baut itu gunanya untuk membatasi belokan pada setir... ane ga tau istilah teknisnya nih....

Re: Setir Kijang kapsul berat ke kiri

Posted: Mon Jan 31, 2011 18:32
by jalu
Turning Angle Limiter/Adjuster....CMIIW :D

contoh di mobil lain
Image

:beer: :beer:

Re: Setir Kijang kapsul berat ke kiri

Posted: Tue Feb 01, 2011 2:27
by sjamsul
^^
betul itu yg ane maksud jal..... thanks ya.....

NB:
pada mbl tertentu spt kijang, di baut tsb terdapat plastik yg menutupi kepala bautnya, shg saat setir dibelokkan ampe habis, ga berbunyi spt krett.... kretttt.... gitu..... klo udah berbunyi, bearti plastiknya udah termakan ato ilang, jadi mesti diganti yg baru spy ga berbunyi....

Pada kasus spt yg dialami TS, bisa aja terjadi plastiknya udah ilang, jadi agak nyangkut saat stir dibelokkan ampe mentok......

Re: Setir Kijang kapsul berat ke kiri

Posted: Thu Feb 03, 2011 3:23
by m4rio
tapi kan prop, permasalahannya kan bukan radius putar yang tidak sama antara kiri dan kanan, tapi kan berat setir kyk ketahan gitu, cuman 1 x, setelah itu kan katanya lancar.

jadi kyknya bukan yg prop bilang deh masalahnya.

Re: Setir Kijang kapsul berat ke kiri

Posted: Fri Feb 04, 2011 16:54
by sjamsul
m4rio wrote:tapi kan prop, permasalahannya kan bukan radius putar yang tidak sama antara kiri dan kanan, tapi kan berat setir kyk ketahan gitu, cuman 1 x, setelah itu kan katanya lancar.

jadi kyknya bukan yg prop bilang deh masalahnya.
lohhh...... ini khan cuma dugaan aja mar, krn menurut ts, klo jalan lurus khan ga masalah.... :mrgreen: