Page 2 of 3

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Wed Dec 01, 2010 6:11
by ak4ng
waktu di bdg, ane di kasih pinjem panter smart, pdahal cuma dago - sokarno hata aja, pulang2 pusing, ini pengalaman ane ya, mung kin beda di tiap orang

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Wed Dec 01, 2010 6:18
by maskopat
ak4ng wrote:waktu di bdg, ane di kasih pinjem panter smart, pdahal cuma dago - sokarno hata aja, pulang2 pusing, ini pengalaman ane ya, mung kin beda di tiap orang
pusing kenapa k4ng? :e-think:

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Wed Dec 01, 2010 6:28
by ak4ng
maskopat wrote:
ak4ng wrote:waktu di bdg, ane di kasih pinjem panter smart, pdahal cuma dago - sokarno hata aja, pulang2 pusing, ini pengalaman ane ya, mung kin beda di tiap orang
pusing kenapa k4ng? :e-think:
getaran berasa gempa,

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Wed Dec 01, 2010 6:42
by maskopat
ak4ng wrote:
maskopat wrote:
ak4ng wrote:waktu di bdg, ane di kasih pinjem panter smart, pdahal cuma dago - sokarno hata aja, pulang2 pusing, ini pengalaman ane ya, mung kin beda di tiap orang
pusing kenapa k4ng? :e-think:
getaran berasa gempa,
emang di skala berapa richter? :e-think:

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Wed Dec 01, 2010 7:06
by ak4ng
sekitar 6an lah, apalagi kalo brenti lampu merah, lebih bergetar

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Wed Dec 01, 2010 12:56
by m4rio
ahh.. itu mesinnnya lagi gk fit kali tuh,to mounting2nya udah waktunya di ganti.. panther ane ja gk mpe yang kyk diceritain kok...

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Wed Dec 01, 2010 13:00
by DOHC
stelan idle mesin yg kelewat rendah jg bisa... mesin bergeter hebat... cuman hebat nya ini mesin kaga mati, tapi geter2 kuat.... sama kaya di kijang2 jadul dulu.. stelan karbu nya kalo kelewat miskin jg geter2, cuman geter2 ga lama mati mesin....

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Wed Dec 01, 2010 13:03
by m4rio
kapsul 97 wrote:tapi biasanya orang yang sering pake mobil bensin begitu coba starter mobil solar aga ill feel ya ...

dulu waktu lagi cari mobil nyoba starter mobil solar, waktu itu kijang kapsul taon 98 solar ... begeter banget ...

:big_peace:

tapi belakangan ini waktu itu pas lagi ditempat cucian mobil, tukang cuci minta tolong mindahin mobil yang abis dicuci karena orang yng punya mobil gi ga ada di tempat, mobil nya Kuda solar.. wuidihh, geter nya juga bikin shock ...

tapi taon keluaran kendaraan (masa pakai maksudnya) sama perawatan ngaruh ga ya finally menentukan 'besar' nya getaran mobil solar ini ?

itu karena mesinnya masih dingin tuh.. jadi pembakarannya masih belom stabil tapi kalo udah panas mah mesin diesel yang sehat biarpun konvensional kyk panther pun juga cukup stabil... kalo di mesin bensin kan ada auto choke tuh, jadi pas starter RPM lgsg tinggi jadi geternya gk berasa deh ( di kijang kapsul [cencored] ane ada nih )

kalo mesin bensin pas dingin gk ada auto choke trus chokenya gk di tarik juga bakal geter kok, contohnya kyk di carry bokap ane tuh.. kalo pas pagi nyalain RPM mesin juga masih endah bgt, ya otomatis mesin jadi agak bergetar..

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Wed Dec 01, 2010 13:28
by DOHC
perwatan mesin jg berpengaruh ke getaran mobil disel koq.... gampang aja, kalo misalnya mesin ga perna di drawat bener2, stelan klep ga perna di stel, filter2 solar ga perna di bersihin, injector mampet, ntuh getaran pasti dah kaya gempa bumi, cuman karena mesin disel konvensional rada simple aja mekanisme nya makanya mesin nya masi bisa tetep idup walaupun geter2 kaya gempa....

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Wed Dec 01, 2010 13:37
by BADAK
ak4ng wrote:waktu di bdg, ane di kasih pinjem panter smart, pdahal cuma dago - sokarno hata aja, pulang2 pusing, ini pengalaman ane ya, mung kin beda di tiap orang
Pasti situ abis nabrakkin tuh panther, makanya pusing mikirin balikinnya gmn :big_weee:

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Wed Dec 01, 2010 13:44
by m4rio
dak.. lama tak ngobrol2 nih...

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Wed Dec 01, 2010 13:54
by BADAK
Iya m4r, lama kita tidak bersua.
Gimana kalo malam ini kita kencan? :big_slap:

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Wed Dec 01, 2010 14:00
by m4rio
wuahduu... :e-doh:

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Wed Dec 01, 2010 14:12
by DOHC
pura2 ga liat dehh...

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Wed Dec 01, 2010 14:15
by jalu
bahaya..... :upss:

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Wed Dec 01, 2010 14:15
by m4rio
gk bisa klep.. ente harus joint juga....

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Wed Dec 01, 2010 17:39
by imsus2c
andy1800 wrote:
imsus2c wrote:makanya mesin diesel modern sekarang kompresinya jauh lebih rendah dari mesin diesel jadul, bahkan mulai mendekati mesin bensin yg rasio kompresinya super tinggi
yg dimaksdud mendekati rasio kompresi mesin bensin tu yg mesin diesel skrg atau diesel jadul, meneer ?

kalau mesin diesel skrg kan rata2 udah diturbo-in...pdhl utk dikasih turbo, kompresinya harus direndahin kan, dibanding N/A nya ?
(info yg semakin sesat :mrgreen: )

tentunya diesel sekarang meneer...yg konon mencapai 17:1 - 22:1, secara teori, mesin diesel konvensional CR-nya bisa setinggi 25:1

mesin diesel modern sudah menyentuh 14:1

mesin bensin sekarang umumnya 10:1, saya pernah baca (lupa) ada mesin bensin yg rasio-nya super tinggi, mencapai 13:1

secara metalurgi dan konstruksi material, mesin diesel kompresi tinggipun masih bisa ditendang turbo, jd ga perlu diturunin CR-nya, cmiiw...

yg perlu diperhatikan justru sistem fuel-nya jika pakai high pressure (common rail), berkaitan dgn material common railnya maupun bahan bakarnya itu sendiri

masalah penurunan CR untuk mesin turbo, rasanya dgn teknologi (termasuk teknologi metalurgi) saat ini, limitnya sudah diturunkan

kalo ga salah, mesin golf dual turbo (super/turbo charger), CR-nya 10.5:1, secara teoru lumayan tinggi untuk mesin berturbo, apalagi turbo ganda

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Wed Dec 01, 2010 17:44
by imsus2c
maskopat wrote:
imsus2c wrote:(info sesat...)

katanya yg bikin banyak getaran dan berisik, juga dari rasio kompresinya...semakin tinggi kompresinya jadi semakin berisik dan getar, betul begitu?

makanya mesin diesel modern sekarang kompresinya jauh lebih rendah dari mesin diesel jadul, bahkan mulai mendekati mesin bensin yg rasio kompresinya super tinggi

efeknya (positif), getaran/berisiknya mesin berkurang, trus materialnya jg ga musti se-badak mesin diesel jadul (efek lainnya, bobot lebih ringan)

tolong dikoreksi :D
memang sih, rasio kompresi diesel sekarang lebih rendah. tapi hal ini disebabkan untuk mengimbangi udara yang diinduksi oleh turbo. tentang material harusnya tetap sama2 badak.. wong tenaga yang dihasilkan diesel modern bisa 2x lipat diesel jadoel. malah menurut ane, perlu material yang lebih bagus lagi... cmiiw..
secara durability memang iya,

maksudnya, dgn cr dan metalurgi jaman dulu, mesin diesel relatif musti bahannya lebih tebal/kuat/keras untuk menahan kompresi

dengan menurunkan kompresi, bisa menggunakan material yg lebih "ramah dan ringan"

tentu saja power ouput juga lebih besar, secara dgn material seperti ini, mesin bisa dipacu ke rpm yg lebih tinggi untuk mengambil tenaga...

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Wed Dec 01, 2010 17:56
by imsus2c
selain faktor induksi, salah satu penyebab perbedaan cr di mesin diesel ada di sistem bahan bakarnya (langsung/tdk langsung = direct/indirect)

mesin diesel direct injection, biasanya CR-nya realatif lebih rendah dibanding yg indirect

(monggo silakan dikoreksi info sesat ini :mrgreen: )

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Wed Dec 01, 2010 18:23
by andy1800
ooo ic ic ... :frm_salut: :frm_tumbleft: :frm_tumbright:

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Thu Dec 02, 2010 0:46
by jogja123
abis buka tret2 panther jd bnyak tau nih..
ternyata mitos ketangguhan panther banyak bnrnya..

siap2 nombok bnyak nih kalo mo bli yg panther tampang sangar..

thanks bwt master2 smua ats info2nya

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Thu Dec 02, 2010 5:46
by maskopat
imsus2c wrote:
maskopat wrote:
imsus2c wrote:(info sesat...)

katanya yg bikin banyak getaran dan berisik, juga dari rasio kompresinya...semakin tinggi kompresinya jadi semakin berisik dan getar, betul begitu?

makanya mesin diesel modern sekarang kompresinya jauh lebih rendah dari mesin diesel jadul, bahkan mulai mendekati mesin bensin yg rasio kompresinya super tinggi

efeknya (positif), getaran/berisiknya mesin berkurang, trus materialnya jg ga musti se-badak mesin diesel jadul (efek lainnya, bobot lebih ringan)

tolong dikoreksi :D
memang sih, rasio kompresi diesel sekarang lebih rendah. tapi hal ini disebabkan untuk mengimbangi udara yang diinduksi oleh turbo. tentang material harusnya tetap sama2 badak.. wong tenaga yang dihasilkan diesel modern bisa 2x lipat diesel jadoel. malah menurut ane, perlu material yang lebih bagus lagi... cmiiw..
secara durability memang iya,

maksudnya, dgn cr dan metalurgi jaman dulu, mesin diesel relatif musti bahannya lebih tebal/kuat/keras untuk menahan kompresi

dengan menurunkan kompresi, bisa menggunakan material yg lebih "ramah dan ringan"

tentu saja power ouput juga lebih besar, secara dgn material seperti ini, mesin bisa dipacu ke rpm yg lebih tinggi untuk mengambil tenaga...
lalu hubungannya dengan getaran? apakah dengan bahan yang lebih berat, mesin akan lebih gampang bergetar? :e-think:

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Thu Dec 02, 2010 7:45
by imsus2c
^^^
imo, bukan dari bobotnya, tapi tingginya kompresi saat putaran masih rendah (stasioner) membuat mesin terasa bergetar :D cmiiw...

mungkin karena ini, getaran lebih banyak dirasakan saat mesin rpm rendah/stasioner dan mulai berkurang saat rpm naik, cmiiw lagi lho :D

seperti saya baca2 review mobil diesel jaman sekarang (tentunya yg advance)....saat melaju, banyak yg bilang susah dibedain dgn yg bensin karena halusnya (suara & getaran), baru saat stasioner, terasa sayup-sayup gemeretak khas diesel :D

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Fri Dec 03, 2010 2:36
by Andrian
numpang oot dikit ya om...
ngomong2 soal ratio kompresi diesel, pembagian jenis solar menurut ratio kompresi mesin diesel seperti apa sih?
kalo di mesin bensin kan da jelas. kalo ratio kompresinya 7:1 s/d 9:1 itu pake oktan 88/premium, dst.

:ungg:

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Posted: Fri Dec 03, 2010 4:17
by imsus2c
imo....another info sesat...tolong diluruskan :mrgreen:

meski ada hubungannya, tapi tidak langsung berkaitan dengan rasio kompresi

angka energi di bbm diesel, kalo ga salah dinyatakan dalam cetane, yg artinya adalah nilai/value dari delay saat bbm tersebut dimasukkan ke ruang bakar (injected) samapai mulai terbakar (combusted) atau disebut fuel's ignition delay, cmiiw..
semakin tinggi cetane-nya, waktu delay-nya semakin pendek, cmiiw
jadi, rada2 kebalik sama bensin, bensin oktan tinggi semakin susah dibakar (lebih tahan kompresi), kalau bbm diesel cetane tinggi justru relatif pendek masa pembakarannya (ignition delay)

tapi angka cetane yg menyatakan value ignition delay ini biasanya dipakai untuk bbm (solar) yang relatif bersif (light distillates/advanced refined)

kalo yg masih pekat (banyak residu-nya), angka ignition delay ini sering dinyatakan dalam satuan CCA (Calculated Carbon Aromaticity Index) atau CII (Calculated Ignition Index)

by default, bbm diesel energinya lebih tinggi dibanding gasoline/petrol, jadi mereka tahan terhadap kompresi yg jauh lebih tinggi dibanding petrol/gasoline/bensin,

dan jangan lupa, cara kerja mesin diesel beda dgn bensin.
di mesin bensin, bbm+udara dimasukkan dan dikompresikan bebarengan, jadi jika bensinnya beroktan rendah, dia tdk akan tahan dikompresi yang akhirnya menyala sendiri sebelum dibakar api busi
sedangkan di diesel (cmiiw), bbm+udara tidak masuk bareng, tapi udara dikompresi dulu sendirian hingga sesaat sebelum titik mati atas, barulah bbm diinjeksikan....karena proses ini, bbm akan terbakar dengan sendirinya karena tingginya tekanan dan suhu kompresi, jadi mau dikasih kompresi berapaun, bbm diesel relatif tidak masalah terhadap pre-ignition, toh dia dimasukkan bukan saat kompresi kok, tapi saat siklus kompresi sudah di puncaknya
jadi, dilihat di proses diatas resiko akibat bbm terbakar saat kompresi bisa dibilang tidak ada/kurang...cmiiw justru dia musti segera terbakar saat diinjeksikan :D

kembali ke cetane tadi,
mesin diesel sekarang, putarannya (rpm) mampu dipacu lebih tinggi dibanding diesel konvensional dulu...makanya angka output tenaga lebih tinggi dibanding yg dulu
nah...jika proses terbakarnya bbm tadi makan waktu lama, otomatis dia tidak cocok dengan siklus kompresi yang cepat (rpm tinggi), dikhawatirkan jika siklus sudah dimulai lagi, bbm belum habis terbakar/belum menghasilkan energi secara optimal
maka itu dibutuhkan bbm dengan fuel's ignition delay lebih pendek, supaya siklus kompresi+pembakaran bisa lebih cepat yg akhirnya bisa membuat rpm mesin mampu lebih tinggi lagi...yg akhirnya, dengan rumus penghasil tenaga (meski torsi sama), akan menghasilkan tenaga yg lebih besar

silakan ditambahi atau dikoreksi :D