Page 4 of 8

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Sat Nov 27, 2010 17:12
by m4rio
jalu wrote:ide bagus tuh mar....seal crank shaft kadang emang terlupakan, apalagi untuk mbl yg udah berumur baiknya sekalian diganti... :frm_tumbright:
iya klep.. cuman kasusnya di mobil bokap ane terbalik..
kondisi kopling dari mobil baru masih bagu mpe skrg, tapi sealnya ( kyknya ) udah bocor duluan. nah kan jadi bingung nih seal gk ganti oli kurang mulu.. seal ganti kerja 2 kali jadinya. kalo kopling sekalian ganti sayang duit juga..

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Sat Nov 27, 2010 17:18
by jalu
m4rio wrote:
jalu wrote:
DOHC wrote:kak rijal... kalo perseneleng panther ane dari gigi 3 dan lg jalan gt, bisa ane pindahin ke netral... kira2 rusak apa yahh... padahal kaga nginjek kopling loh...
hmm....saya pernah jg ngalamin ini chiong, tapi di mbl ford laser, dr posisi gigi 3, kalo tongkat kesenggol dia pindah ke netral pdhal gak injek kopling....setelah beberapa waktu akhirnya gigi 3 sering "loncat" alias pindah sendiri ke netral, biasanya waktu deselerasi.

krn udah kesel megangin tongkat gigi mulu supaya gak balik ke netral :mrgreen: , akhirnya transmisi dibongkar, diganti ring sinkromesh sama hub sleevenya...

jal dut.. antara pertanyaan klep ama ente jawab ane rasa ada miss nih..
yg mksd klep apakah perseneling bisa masuk ke Netral kalo kita pindahkan atau pindah sendiri seperti yg ente jelaskan..
kalo yg ente jelaskan masalah emang di sinkromesh
sudah saya jawab di postingan sesudahnya mar... :D
jalu wrote:tanpa diinjak kopling, perseneling manual bisa kok dipindahin ke netral....tapi ini sebenernya gak rekomen dan bs cpt ompong komponen di dalam girbok. krn jika kopling gak diinjak berarti antara input n output shaft sama2 sedang menghantarkan daya, jika kopling diinjak maka input shaft akan posisi free (rileks) sehingga gerakan komponen didalam girbok aman.

CMIIW :beer:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Sat Nov 27, 2010 17:55
by jalu
m4rio wrote:
jalu wrote:ide bagus tuh mar....seal crank shaft kadang emang terlupakan, apalagi untuk mbl yg udah berumur baiknya sekalian diganti... :frm_tumbright:
iya klep.. cuman kasusnya di mobil bokap ane terbalik..
kondisi kopling dari mobil baru masih bagu mpe skrg, tapi sealnya ( kyknya ) udah bocor duluan. nah kan jadi bingung nih seal gk ganti oli kurang mulu.. seal ganti kerja 2 kali jadinya. kalo kopling sekalian ganti sayang duit juga..
saran saya, sebaiknya dibongkar aja mar....sambil ganti seal kan ente bs cek kondisi kopling yg aktualnya.
kalo memang diyakini kondisi kopling masih bagus semua, ya pasang lagi, gpp nanti jadi 2x kerja yg penting mesin bs terselamatkan, sebab kalo mesin sampe aus krn kurang oli (akibat seal bocor) itu damage cost nya lbh mahal lagi. :D

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Sat Nov 27, 2010 22:31
by grahazen
post pertama ni di SM :big_peace:
salam kenal dulu sebelumnya..

mau nanya masbro, mobil saya carens II '03. tadi tuh mobil lagi jalan mau pindah dari gigi 3 ke 4 gak bisa, mau balik lg ke 3 jg g bisa.. akhirnya minggir lah saya.. di pinggir saya coba masukkan gigi ke mana pun (current position "N") pada saat engine nyala ga bisa, kalo pas mati bisa.. kopling ditekan cuma kerasa pegas aja.. jadilah diderek pulang tuh mobil

nah pertanyaanku adalah :
inikah yang namanya kopling lengket? emang kemaren2 sudah kerasa slip sih.. belum s4 urus soale kerjaan lg sibuk pisan
perbaikan tuh mobil bakal mahal gak ya? kira2 apa aja yang harus diganti, mbl mau dijual soale..

tks b4, :)

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Sun Nov 28, 2010 4:27
by jalu
grahazen wrote:post pertama ni di SM :big_peace:
salam kenal dulu sebelumnya..

mau nanya masbro, mobil saya carens II '03. tadi tuh mobil lagi jalan mau pindah dari gigi 3 ke 4 gak bisa, mau balik lg ke 3 jg g bisa.. akhirnya minggir lah saya.. di pinggir saya coba masukkan gigi ke mana pun (current position "N") pada saat engine nyala ga bisa, kalo pas mati bisa.. kopling ditekan cuma kerasa pegas aja.. jadilah diderek pulang tuh mobil

nah pertanyaanku adalah :
inikah yang namanya kopling lengket? emang kemaren2 sudah kerasa slip sih.. belum s4 urus soale kerjaan lg sibuk pisan
perbaikan tuh mobil bakal mahal gak ya? kira2 apa aja yang harus diganti, mbl mau dijual soale..

tks b4, :)
salam kenal mas grahazen,...megang salak & sersermadi.... :D

penyebab sulit masuk/pindah gigi itu bermacam2, diantaranya :
1. kopling ; bisa karena plat kopling lengket atau matahari/diafragm udah letoy
2. pedal kopling dan sistemnya ; stelan pedal kopling yg terlalu rendah (free play terlalu besar), untuk yg sistem hidrolik bisa krn ada kebocoran atau piston seal udah ngempos/rembes, sedangkan yg sistem kawat bs karena putus total atau putus sebagian serabut kawatnya jadinya melar.
3. tongkat perseneling dan sistemnya ; bushing di linknya sudah aus

sebelum memutuskan bongkar kopling sebaiknya dicek dulu satu persatu, tapi dr keterangan mas graha bahwa gigi masih bs masuk waktu mesin mati sepertinya point ke 3 bs kt abaikan. tinggal point 1 & 2 yang perlu dianalisa lbh lanjut :D

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Sun Nov 28, 2010 11:19
by grahazen
hatur nuhun kang jalu, let's hope 4 d best 4 my arrens.. ditinggal dulu mobilku itu skrg, survey lokasi kerjaan dulu, ngumpulin SPJ bwt perbaikan :p

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Sun Nov 28, 2010 14:36
by m4rio
setuju ama broo jal....

bisa kopling lengket atau sistem hidrolis kopling yang bermasalah... bisa juga kopling udah habis total... tapi biasanya sih sebelom habis total mobil dipakenya udah gk nyaman, antara raungan ama laju mobil udah kerasa jauh bgt..

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Mon Nov 29, 2010 4:40
by itozang
Para juragan,,,, saya punya PR nih dari FORD Laser 95. 2 hari yang lalu bawa tunggangan saya ke Bengkel, gejalanya kalow di gas knceng Ex:mao nyalip angkot, pake ada ngaungnya, trus kalow masuk gigi 2 koq seret ya,,, kadang bunyi sreeeeesetttt. Udah gitu presnelingnya oblag parah. Saya pikir mungkin plat koplingnya kali ya,,,. Pas di bongkar ternyata ada oli masuk ke ruang kopling (Sil rembes), digantilah semua sealnya. Waktu Dekrupnya di cek katanya masih bagus, de klaher juga bagus. Akhirnya saya ganti saja plat koplingnya dan semua sealnya. Buat ngatasin persneling oblag diganti rumah persnelingnya. Di pasang semuanya,,,, ngaungnya hilang, persnelingnya udah ga oblag, tapi koq kalow angkat kopling pertama (baru jalan pake gigi 1) bunyi jedug/hentakan, trus kalow ngoper gigi dari 3 ke 2 masih sereeeeet,,, sreseeeeet (bunyinya)..... Somebody help Me!!!!!!!

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Mon Nov 29, 2010 4:51
by kapsul 97
Oom jaluuuu ... mana nech si Kakak Pembina ..

:big_smoking: :2gunfire:

@itozang : tenang Oom, disini banyak ahlinya, asal sabar aja, soalnya lagi pada bagi-bagi praktek nich di tret2 yang lean ...

:big_weee:

:big_slap: :frm_shock:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Mon Nov 29, 2010 6:01
by maskopat
jalu wrote:ide bagus tuh mar....seal crank shaft kadang emang terlupakan, apalagi untuk mbl yg udah berumur baiknya sekalian diganti... :frm_tumbright:
jadi ada 5 komponen yang diganti ya...
1. rumah matahari (dekrup)
2. plat kopling
3. release bearing
4. pilot bearing (ini kalo mobilnya pake pilot bearing, karena ada beberapa mobil gak pake pilot bearing)
5. seal crank shaft.

sepertinya harga part 3 s.d 5 gak terlalu mahal ya. tapi jasa kerjanya yang lumayan nyesek. di bengkel biasa sekitar 300rb sekali bongkar pasang.. cmiiw..

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Mon Nov 29, 2010 6:03
by maskopat
kalo berusuan dengan kopling, saran ane kalo sudah rasa selip atau susah oper gigi, mending periksa kopling deh. dan kalo emang ada yang masalah, segera ganti part yang bermasalah. tapi lebih baik lagi kalo semuanya diganti. 5 part yang ane coba rangkum di atas... cmiiw..

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Mon Nov 29, 2010 13:34
by jalu
itozang wrote:Para juragan,,,, saya punya PR nih dari FORD Laser 95. 2 hari yang lalu bawa tunggangan saya ke Bengkel, gejalanya kalow di gas knceng Ex:mao nyalip angkot, pake ada ngaungnya, trus kalow masuk gigi 2 koq seret ya,,, kadang bunyi sreeeeesetttt. Udah gitu presnelingnya oblag parah. Saya pikir mungkin plat koplingnya kali ya,,,. Pas di bongkar ternyata ada oli masuk ke ruang kopling (Sil rembes), digantilah semua sealnya. Waktu Dekrupnya di cek katanya masih bagus, de klaher juga bagus. Akhirnya saya ganti saja plat koplingnya dan semua sealnya. Buat ngatasin persneling oblag diganti rumah persnelingnya. Di pasang semuanya,,,, ngaungnya hilang, persnelingnya udah ga oblag, tapi koq kalow angkat kopling pertama (baru jalan pake gigi 1) bunyi jedug/hentakan, trus kalow ngoper gigi dari 3 ke 2 masih sereeeeet,,, sreseeeeet (bunyinya)..... Somebody help Me!!!!!!!
ada hentakan waktu lg lepas kopling bisa karena CV joint/as roda udah oblak, bs jg krn matahari di dekrup udah aus krn gesekan dng druk laher/releas bearing. berhubung mas ito udah ganti plat kopling, asumsi per plat kopling yg udah lemah rasanya bs diabaikan.

sedangkan kalo susah masuk/oper gigi (khusus case mas ito), coba diperiksa lg bushing2 yg ada di link sistem tongkat perseneling, mungkin udah byk yg aus, penyebab kedua, bisa jadi ring singkromes gigi 2 udah aus...jadi susah turun gigi.

Nah skrg ini, susah pindah gigi hanya dr 3 ke 2 saja....atau dari 1 ke 2 juga susah...??
gimana dng posisi gigi percepatan yg lain....ada yg bermasalah susah masuk gak..??

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Mon Nov 29, 2010 14:21
by m4rio
mksdnya ganti rumah perseneling apaan ya??? apakah ganti blok transmisi gitu????

oli transmisi udah diganti belom broo..

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Thu Dec 02, 2010 1:43
by itozang
Trims atas pencerahannya bro,,,,

Seretnya pas masuk gigi 2, turun seret, naek juga seret. Memang waktu di bengkel kemarin tidak diganti tongkat persenelingnya karena ga ada yang jual.. jadi saya ganti bos perseneling yang dibawah, dan besi panjangnya yang ke transmisi (lupa namanya).

Mudah2an sih cuma tongkat persnelingnya aja dan bushing2nya,,,, soalnya juga tongkat persneling saya bisa di puntir bro. POsitiv tongkat perselingnya kali ya,,,,,

Masalahnya punya ford laser susah dicari,,, paling copotan,,,,

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Thu Dec 02, 2010 7:59
by jalu
oke IC...sepertinya yg diganti bushing tongkat sama batang link nya yah ?? :D
waktu ganti link tsb bushing2 kecil yg ada di titik2 sambungannya ikut diganti gak ?

untuk 1 set tongkat perseneling mungkin bs cari copotan, kalo udah mentok paling dibawa ke bengkel bubut untuk direparasi. bushing2 link kalo susah dapet untuk ford laser mungkin bs dicoba akal2an pake punya mbl lain. Seinget saya, part ford laser itu identik dng mazda 323 dan beberapa part jg cocok dng Timor....mudah2an aja ada yg bs disubtitusi.

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Fri Dec 03, 2010 2:35
by itozang
Kemarin saya mampir ke Madura daerah parung,,,saya udah dapet tongkat persnelengnya glundungan satu set sama batang linknya, dan barnya. Hari ini mau dipasang,,,, hope that can solve the problem.

Nanti saya kabari lagi perkembangannya,,,
Thx for the advice,,,, :thanks:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Dec 08, 2010 2:18
by itozang
Updated perkembangan terbaru nih,,,,, Saya sudah ganti tongkat persneling, mw ganti bushing kata montirnya belum ada rusak. Gejalanya masih sama, kalow dimasukin gigi ngepasinnya susah (pas ke gigi 2 dari 1 atau dari 3) jadi pas masuk ke 2, kayaknya di tongkatnya kerasa aga melengkung, engga lurus kayak yang normal. Kira2 apanya yang bengkok ya? :e-snooty: atau memang ada masalah di gear box,,,

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Dec 08, 2010 2:44
by jalu
lalu masuk gigi 4 dan mundur agak susah juga gak ? kalo memang terasa begitu....mungkin distel lagi drat pembaginya...dan kalo posisi mesin mati...itu masuk gigi 2 susah gak ?

tapi kalo memang hanya gigi 2 saja dan gigi lain lancar, untuk meyakinkan apa bener ada yg bengkok atau nyangkut coba dicek dng 2 orang.... 1 orang di kabin untuk masukin gigi, 1 orang lagi dikolong untuk meliat gerakan link2nya.

mudah2an aja problem masih disekitar eksternal girbok... :e-pray: :e-pray:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Dec 08, 2010 3:05
by kapsul 97
Kakak Jalu ini, apa sih yang ga tua ya ..

:big_weee:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Dec 08, 2010 3:08
by kapsul 97
kapsul 97 wrote:Kakak Jalu ini, apa sih yang ga tua ya ..

:big_weee:

maksudnya ga tau, bukan ga tua ... :big_peace:

*tapi emang kan ya*
:snipersmile: :ngacir:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Dec 08, 2010 3:09
by jalu
giginyaaa tinggal duaaa.......... :big_weee: :big_weee:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Dec 08, 2010 6:22
by doq
kelapa tua gtu looooch....
kentel santen nya :big_weee:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Dec 08, 2010 6:53
by kapsul 97
iya emang, kelapa kalu dah tua kentel santen nye, tapi eitss awas!!, kebanyakan santen kolesterol nanti Oom ....

:2gunfire: :ngacir:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Dec 08, 2010 7:06
by jalu
naseeeeb jadi kelapa tua......diparut2....... :upss:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Thu Dec 09, 2010 4:36
by maskopat
jalu wrote:naseeeeb jadi kelapa tua......diparut2....... :upss:
kalo kelapa muda, airnya disruput2... dagingnya diemut2... :ngacir: