Page 1 of 8

[ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Nov 24, 2010 2:59
by kapsul 97
agan-agan yang ganteng, numpang nanya :

1. kalu gejala/tanda "fly wheel" dah rusak apa ?
2. kalu gejala/tanda "plat kopling" dah rusak apa ?
3. kalu gejala/tanda "matahari" dah rusak apa ?
4. kalu gejala/tanda "release bearing/druk laher" dah rusak apa ?
5. kalu gejala/tanda "pilot bearing" dah rusak apa ?

maap nanya nya kebanyakan, soalnya lagi menganalisa gejala/tanda pada kopling, secara kantong gi over limit jadi pengen liat kira-kira estimasi biaya yang akan keluar nanti akan berapa ...

mungkin dah pernah tanya di tret sebelumnya, tapi gpp kan ya agan-agan yang guaanteng N wuokeh ... :big_peace:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Nov 24, 2010 3:12
by calvin99
ikut nungguin jawaban ya bro kapsul... :roll:

kebetulan mobil kuda saya yg sudah 116.000km belom pernah turun kopling dari baru.. skrg udah mulai ada gejala2 susah kalo mau masuk atau pindah2 gigi... itu kena apanya ya?
kalo nanjak sih masih bisa, 1/2 kopling juga di tanjakan juga ga ada bau angus..

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Nov 24, 2010 3:26
by kapsul 97
wahh hati-hati tuh bro Calvin, dulu saya mengalami hal yang sama, itu adalah plat kopling nya, jangan sampe kejadian di tengah jalan dan ga bisa masuk/pindah sama sekali gigi nya, soalnya kalu dah kejadian mau ga mau di derek dah ...

memang kalu untuk nanjak dan setengah kopling ga ngaruh ...

*itu hanya sedikit yang saya tahu, mohon pencerahan yang lain dari agan-agan yang guaaanteng* :big_peace:


:big_slap: :frm_shock:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Nov 24, 2010 4:32
by jalu
kapsul 97 wrote:agan-agan yang ganteng, numpang nanya :

1. kalu gejala/tanda "fly wheel" dah rusak apa ?
2. kalu gejala/tanda "plat kopling" dah rusak apa ?
3. kalu gejala/tanda "matahari" dah rusak apa ?
4. kalu gejala/tanda "release bearing/druk laher" dah rusak apa ?
5. kalu gejala/tanda "pilot bearing" dah rusak apa ?

maap nanya nya kebanyakan, soalnya lagi menganalisa gejala/tanda pada kopling, secara kantong gi over limit jadi pengen liat kira-kira estimasi biaya yang akan keluar nanti akan berapa ...

mungkin dah pernah tanya di tret sebelumnya, tapi gpp kan ya agan-agan yang guaanteng N wuokeh ... :big_peace:
saya coba jawab berdasarkan pengalaman dan daya ingat.... :D

1. flywheel
biasanya terjadi keausan di contact area dng plat kopling (biasanya faktor usia krn flywheel termasuk barang awet), ada jg kejadian flywheel tergores, tapi ini biasanya akibat pake plat kopling pantekan. gejalanya fllywheel aus adalah selip. solusinya flywheel dibubut n dibalance ulang
2. Plat kopling
plat kopling mari kt bagi 2 case yaitu kampas dan spring. jika kampas sudah aus maka kopling akan selip, ada jg kejadian kampas "lengket", artinya meski kopling sudah dipijak tapi kampas masih tetap menempel di flywheel yg akibatnya susah pindah gigi. Untuk spring plat kopling jika sudah lemah maka pergerakan mbl akan terasa menghentak setiap kali perpindahan gigi
3. Matahari/diafgrahm
biasanya ada 2 penyakit, pertama matahari aus krn gesekan dng release bearing akibatnya terjadi cekungan dipermukaannya, gejalanya adlah setiap kali pedal kopling dilepas maka akan terasa menghentak (terasa dipedal), ini krn release bearing tersangkut di cekungan itu. yg kedua adalah matahari lemah (letoy), meski sudah ditekan (kopling dipijak) tp plat kopling tidak bisa free sepenuhnya (matahari tidak sanggup mengungkit pressure plate pada dekrup dng sempurna), akibatnya susah pindah gigi.
4. Release bearing/druk laher
penyakit umum adalah bearing berisik, gejala awal biasanya terdengar berisik saat pedal kopling dilepas dan bunyi berkurang saat pedal kopling dipijak. release bearing kalo udah macet/seret maka akibatnya keausan di matahari semakin parah
5.Pilot bearing
kalo sudah seret maka akan timbul berisik pada waktu pedal diinjak, dan kalo sudah aus maka input shaft jadi tidak center, akibatnya mobil terasa bergetar setiap kali perpindahan gigi/pada awal bergerak.

saran :
mengingat jam kerja, tingkat kesulitan dan ongkos kerja yg mahal sewaktu membongkar kopling, maka sebaiknya part kopling diganti semua 1 set komplit dng yg baru. Meski jajan-nya jadi mahal tapi lbh efisien krn sekali kerja tapi hasilnya sempurna.


CMIIW

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Nov 24, 2010 4:42
by kapsul 97
wahhh... thanks a lot banget Oom Jalu ... :big_peace:

berarti mobil saya yang kena adalah benar : Release bearing/druk laher (mudah2an matahari nya lom kena nich), pilot bearing ...

membaca saran Oom Jalu, kebetulan kalu plat kopling kemarin2 baru ganti nich, kalu turun lagi wat ganti Release bearing/druk laher + pilot bearing mau kaga ya montri gw ... :ungg:

thanks anyway ya Oom .. :thanks:

agan ganteng Jalu udah, yang laen ?
:big_smoking:


:big_slap: :frm_shock:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Nov 24, 2010 4:48
by FortunerMan
Mantap penjelasannya om jalu :frm_salut:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Nov 24, 2010 4:50
by jalu
@kapsul :

selama ongkosnya dibayar sih montir mah mau ajaa....... :upss:

nah skrg mas kapsul sendiri blm cerita keluhan di kopling kijangnya apa ??? :ungg:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Nov 24, 2010 5:05
by kapsul 97
keluhan nya adalah (dari awal sampe sekarang) :

1. Bunyi trek tek tek tek ...mirip gejala knocking tapi bukan knocking, suaranya lebih halus sedikit, tapi
terjadi kalau mesin dah panas/jalan minimal 10-15 menit. bunyi ada pada minimal RPM 2500. Kalau di
test dalam kondisi kendaraan tidak jalan/diam dan gas diinjek s/d RPM 300-an tidak ada itu suara,
either kopling diinjek n masuk gigi (masih diam ya mobil nya) atau posisi gear prei (tidak masuk gigi)
2. Bunyi ngorok kalu mesin dah panas, tapi kalu pedal kopling di injek ilang tuh bunyi
3. Pada saat pindah perseneling dan pedal kopling diinjak ada getar yang terasa di pedal kopling, terasa
sekali bunyi dan getar nya. Dulu getar ini awalnya hanya halus sekali, sekarang mulai terasa sekali
4. Dan yang lain adalah tarikan mobil berat banget oom, RPM/mobil dah ngeraung tapi laju mobil tidak
kencang


kira-kira apa benar analisa nya kalu yang rusak adalah release bearing dan pilot bearing ya Oom Jalu ?

:thanks:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Nov 24, 2010 5:19
by doq
wahh......mantab nih, tret bergizi tinggi :mrgreen: numpang nyimak penjelasan kk pembina :ungg:
*duduk manis depan tenda*

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Nov 24, 2010 5:21
by doq
*ngacung*
utk penggantian kopling set, isi nya apa aja kak?

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Nov 24, 2010 5:31
by jalu
kapsul 97 wrote:keluhan nya adalah (dari awal sampe sekarang) :

1. Bunyi trek tek tek tek ...mirip gejala knocking tapi bukan knocking, suaranya lebih halus sedikit, tapi
terjadi kalau mesin dah panas/jalan minimal 10-15 menit. bunyi ada pada minimal RPM 2500. Kalau di
test dalam kondisi kendaraan tidak jalan/diam dan gas diinjek s/d RPM 300-an tidak ada itu suara,
either kopling diinjek n masuk gigi (masih diam ya mobil nya) atau posisi gear prei (tidak masuk gigi)
2. Bunyi ngorok kalu mesin dah panas, tapi kalu pedal kopling di injek ilang tuh bunyi
3. Pada saat pindah perseneling dan pedal kopling diinjak ada getar yang terasa di pedal kopling, terasa
sekali bunyi dan getar nya. Dulu getar ini awalnya hanya halus sekali, sekarang mulai terasa sekali
4. Dan yang lain adalah tarikan mobil berat banget oom, RPM/mobil dah ngeraung tapi laju mobil tidak
kencang


kira-kira apa benar analisa nya kalu yang rusak adalah release bearing dan pilot bearing ya Oom Jalu ?

:thanks:
1. bunyi2 ini yg pernah dibahas di tret lain itu yah ?? yg diasumsi timing chain tapi ternyata bukan. :e-think: :e-think:
dng meliat bunyi yg terjadi diwaktu mbl bergerak, sepertinya ini masalah di powertrain..tapi saya sendiri blm ada gambaran krn mesti dianalisa lbh lanjut
2. kemungkinan release bearing
3. Kemungkinan itu pilot bearing, nah apakah gejala bunyi krek2 yg di nmr 1 itu munculnya hampir berbarengan dng gejala getar ini ?? jika iya, sepertinya gejala nmr 1 itu akibat pilot bearing yg aus
4. ini bs ada 2 penyebab, bs saja performa mesin yg kurang fit atau bisa krn kopling selip. kalo memang merasa mbl meraung tp tidak kencang, apakah udah pernah dibandingkan dng kijang lain di kec yg sama ? misalkan pada kec 100kpj dicek berapa rpm masing2, kalo ada perbedaan bs kt analisa lagi.

CMIIW

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Nov 24, 2010 5:36
by jalu
doq wrote:*ngacung*
utk penggantian kopling set, isi nya apa aja kak?
@ngacung.... kopling set terdiri dari : dekrup, plat kupling, druk laher sama laher bambu..... :big_weee:
bahasa inggrisnya : clutch cover, clutch plate,release bearing & pilot bearing.... :D

CMIIW

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Nov 24, 2010 5:52
by kapsul 97
nomor 1 --> yup Oom... ^_^

Nomor 3 --> ga terlalu merhatikan juga Oom, tapi pilot bearing memang bisa menimbulkan bunyi seperti poin nomor 1 ?

nomor 4 --> kalu bandingin dengan kijang lain belum sich, tapi cukup terasa, misal kalu lagi gigi 2, RPM 3000 itu biasanya dah nyampe 40km/jam, tapi ini paling top 35km/jam. Kalu mesin sepertinya tidak ada masalah Oom, kalu kopling slip itu seperti apa ya Oom? plat koopling nemper gitu ?

dulu pernah sempet (tapi sekali-kali nya itu), jalan tengah hari bolong panas gi bawa di tol bau plat kopling gitu tercium sampe dalam kabin ...

mohon pencerahannya kembali ...

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Nov 24, 2010 6:56
by jalu
kapsul 97 wrote:nomor 1 --> yup Oom... ^_^

Nomor 3 --> ga terlalu merhatikan juga Oom, tapi pilot bearing memang bisa menimbulkan bunyi seperti poin nomor 1 ?

nomor 4 --> kalu bandingin dengan kijang lain belum sich, tapi cukup terasa, misal kalu lagi gigi 2, RPM 3000 itu biasanya dah nyampe 40km/jam, tapi ini paling top 35km/jam. Kalu mesin sepertinya tidak ada masalah Oom, kalu kopling slip itu seperti apa ya Oom? plat koopling nemper gitu ?

dulu pernah sempet (tapi sekali-kali nya itu), jalan tengah hari bolong panas gi bawa di tol bau plat kopling gitu tercium sampe dalam kabin ...

mohon pencerahannya kembali ...
pilot bearing bs menimbulkan bunyi, namanya bearing kan bantalan putar, dan pilot bearing adalah tumpuan dr input shaft transmisi ke flywheel.

dari gejala turunnya kecepatan di rpm yg sama, ini ada indikasi kopling slip. Pengertian slip adalah terjadi loss/kerugian putaran, jadi misalkan flywheel sudah berputar X rpm tetapi input shaft transmisi berputar kurang dr X rpm, seharusnya putaran keduanya tetap sama krn kopling kering efisiensinya 100%. berikut beberapa gejala kopling slip :
1. kecepatan menurun di rpm yg sama (seperti pada kasus mas kapsul)
2. saat akselerasi kuat, kenaikan kecepatan tidak seimbang/linear dng naiknya putaran mesin
3. ditanjakan/beban berat terasa ngeden/sulit berakselerasi, padahal mesin sudah meraung
4. kalo sudah parah,mobil hanya bs bergerak pelan meski mesin sudah digeber dan diberbagai posisi gigi percepatan
5. yg terparah, mbl tidak bergerak sama sekali, padahal sudah masuk gigi dan kopling dilepas

untuk menguji kopling ada beberapa metode, yg umum dipraktekan adalah posisi mbl diam, lalu tarik rem tangan sekuatnya....injak kopling lalu masuk gigi 2...lepas kopling perlahan dan perhatikan mesin :
1. jika mesin tetap hidup, maka ini indikasi jelas kopling selip
2. jika mesin mati, jangan senang dulu.....coba lg metode yg sama tapi dng gigi 1, jika pd gigi 1 mesin jg mati, berarti kopling msh bagus, tapi jika pada gigi 1 mesin tidak mati/bergetar hampir mati....ini pertanda kopling mulai slip meski blm parah.

kejadian bau sangit kopling itu akibat gesekan yg cukup lama antara kampas plat kopling dng flywheel & pressure plate, ini terjadi disaat tekanan dr pressure plate blm sempurna menjepit plat kopling ke flywheel, biasanya terjadi waktu "half bite" yg istilah umumnya 1/2 kopling (kopling gantung). Kejadian serupa jg bs ditemui di mobil yang stelan pedal kopling terlalu tinggi....jadi meski pedal sudah dilepas, tapi sebenernya kopling blm release/free sempurna. Maka dari itu setiap pabrikan sudah menetapkan ttg jarak bebas/jarak main pedal kopling (free play) pada tiap2 produknya untuk mencegah kejadian tsb

CMIIW

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Nov 24, 2010 7:42
by kapsul 97
wahhh mantab Oom Jalu penjelasan nya, teraaangg .. :big_peace:

nanti coba saya ke bengkel wat benerin, nanti kita report kan lagi ... :thanks:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Nov 24, 2010 10:01
by maskopat
kak jalu, pilot bearing ini yang dimana ya? antara flywheel dengan plat kopling ya?

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Nov 24, 2010 10:07
by jalu
maskopat wrote:kak jalu, pilot bearing ini yang dimana ya? antara flywheel dengan plat kopling ya?
letaknya tepat ditengah2 flywheel, seperti contoh bs diliat di foto ini (yg warnanya biru)... :D

Image

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Nov 24, 2010 10:26
by maskopat
waduh, yang itu ane belum ganti tuh.... :big_slap:
moso bongkar kopling lagi sih... :ungg:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Nov 24, 2010 11:20
by DOHC
wahhh another tret bermutu nehhh..... ane menyimak sambil duduk di baris depan ahhh....


*ngacung jari telunjuk.... kak rijal, ane waktu ganti kopling ipah, kaga ganti ntuh pilot bearing, tapi odo nya waktu diganti masi 90an rebu km... kira2 bakal ada dampak negatip nya ga ??...

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Nov 24, 2010 11:52
by jalu
@jari telunjuk :

ganti kopling tapi lupa ganti pilot bearing....?? ah sudah biasa itu..gak heran kok, kebanyakan orang2 jg begitu.... :upss: :upss:
efek pilot bearing yg aus kan sudah dibahas diatas chiong, ya skrg ente tinggal monitor aja..mudah2an gak ada gejala aneh untuk beberapa waktu kedepan.

biasanya....(*tapi bukan pasti yah)...umur pilot bearing relatif awet, tapi ya sebaiknya diganti jg sewaktu ganti kopling....supaya sekali kerja hasilnya maksimal.

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Nov 24, 2010 12:08
by KIOS3R
wah baru aja mo jawab ternyata udh agak penuh threadnya,,,

another thread bermutu , numpang absen :upss:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Nov 24, 2010 12:09
by jalu
kres..koplingya udah dipoles blm....?? :upss: :ngacir:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Wed Nov 24, 2010 14:56
by KIOS3R
belom euy bang,, nanti lah, kalo ada rejeki mau poles flywheel nya, dikit aja paling 2-3% cm asal halus,,, sekalian poles diskbreak, udh rada peang juga

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Thu Nov 25, 2010 0:15
by kapsul 97
klu pilot bearing relatip awet, btw kemarin itu waktu ganti plat kopling kalu ga salah dah diganti juga sekalian, tapi sekarang jebol, kira-kira gaya/cara kita nyetir or maenin kopling ngaruh ga ya? ada tips and tricks nya kah kakak pembina penggalang ?

:big_slap:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Posted: Thu Nov 25, 2010 4:33
by jalu
kapsul 97 wrote:klu pilot bearing relatip awet, btw kemarin itu waktu ganti plat kopling kalu ga salah dah diganti juga sekalian, tapi sekarang jebol, kira-kira gaya/cara kita nyetir or maenin kopling ngaruh ga ya? ada tips and tricks nya kah kakak pembina penggalang ?

:big_slap:
bahasan diatas kan baru asumsi kalo pilot bearing ada kerusakan, akan lbh pasti kalo sudah dibongkar dan dicek...:D
yg saya penasaran, jika memang blm lama ini mas kapsul sudah ganti kopling, kenapa kok skrg sudah muncul masalah seputar kopling ?? :e-think:
perlu kt analisa apakah part kopling yg diganti kualitasnya bagus, apa saja yg sudah diganti dan cara pengerjaannya....

tidak perlu perlakuan istimewa untuk kopling, operasikan sewajarnya saja...yg penting pedal jgn sering dilepas menghentak dan jangan keseringan nahan 1/2 kopling supaya kampas lbh awet.