Kijang kapsul vs Cherokee

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Kijang kapsul vs Cherokee

Post by m4rio »

iya kalo kijang yang 2.0 itu kan seri mesinNYA itu adalah 1 RZE, bukan seri K lagi tuh.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Kijang kapsul vs Cherokee

Post by m4rio »

roadtrain99 wrote:
m4rio wrote:hmmmm... kalo ane make kijang kapsul yang 1.8 karburator, buat PP jakarta - BSD seminggu habis 150rbu, boros gk ya broo semua?????
pake premium atau apa?
ane make premium broo. gk pernah make bensin yang lain. hehehehe
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Kijang kapsul vs Cherokee

Post by roadtrain99 »

m4rio wrote:
roadtrain99 wrote:
m4rio wrote:hmmmm... kalo ane make kijang kapsul yang 1.8 karburator, buat PP jakarta - BSD seminggu habis 150rbu, boros gk ya broo semua?????
pake premium atau apa?
ane make premium broo. gk pernah make bensin yang lain. hehehehe
150rb premium tuh berarti skitar 33,5ltrann ya.
Pernah itung ltr/km nya ga bro? Lebih ketahuan aja..
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Kijang kapsul vs Cherokee

Post by poeticmind »

... yg salah itu bukan merek mobil or mobilnya. don't blame FC.

simple sih...
Image
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Kijang kapsul vs Cherokee

Post by uch »

maskopat wrote:kalo ane duga sih, kijang cendrung boros karena faktor gear ratio yang kasar. jadi putaran mesin bekerja lebih tinggi untuk kecepatan menengah.. cmiiw.
tenaga juga kurang nendang...

ane kurang tahu gimana caranya bikin kijang irit. mungkin saran2 temen2 bisa dikonsultasikan ke bengkel atau tempat tuning...

*sori kalo kurang membantu*
+1 yg sependapat. Saya tebak, pasti Cherooke nya selalu di mode 2WD yg gear rationya halus. Coba pindah ke 4WD, dijamin Cherooke juga haus bensin tuh.. he..he.he..

Sebenarnya dari dulu kijang itu boros koq. Cuman nggak terasa lha wong harga BBM dulu dibawah RP 2000 per liter. Tapi bukan salah kijang/produsen kalo gear rationya kasar. Yg salah itu kita-kita. Produsen udah jelas2 bilang "Ini mobil keluarga", lha kita2 aja mbandel dipake buat kerja.... :D :D Padahal produsen jg udah nepu2 dikit tuh. Sebenarnya itu mobil niaga yg dirancang mampu ngangkut beban2 berat (gw yakin transmisi kijang biasa dan kijang pickup sama aja, lha wong larinya juga mirip2) tapi "dimodif" jadi mobil keluarga.

Ikut sharing soal cc kecil gear ratio low.

Avanza 1300 vvti vs Blazer jadul.

Pengalaman saya mirip dgn TS. Seminggu lalu pertama kali pake Avanza ke luar kota (dekat2 Ujung Genteng-Sukabumi). Jalan nggak pake macet, arah ujung gentengnya agak naik turun berkelok2. HIPOTESA saya untuk rute ke daerah Ujung Genteng itu, blazer saya (pake kata "saya" karna ban udah nggak standard) sedikit lebih irit dibanding Avanza (yg saya pake). Ini baru hipotesa ya... karna cuman "menduga2". Biasanya dgn blazer, isi BBM Rp 150 ribu di rest area sentul, lanjut ke U. Genteng balik lagi sampe rumah, duit Rp 150 ribu itu belum habis. Kemarin saya pake avanza isi di tempat yg sama dan jumlah yg sama (rp 150 ribu), pas baliknya baru masuk tol jagorawi saya lihat jarum udah diposisi yg sama waktu isi kemarinnya. "Terpaksa" isi Rp 150 ribu lagi di rest area jagorawi pertama arah ke Jkt. Emang nggak diukur isi full tangki ke full tangki, makanya saya bilang HIPOTESA.

Tapi ada logikanya. Bawa avanza 1300 cc, gigi 5 RPM 4000 cuman dapat 105 kmh di speedometer. 105 kmh ini pun speedo OVERRATED sekitar 20%. Saya kalibrasi dgn penunjuk kilometer yg di jalan toll. Soale penasaran, udah lari 110kmh di speedo, masih aja sering didim dan "diusir" dari jalur paling kanan. Pulangnya saya kalibrasi di KM 17. Penunjuk KM 16.800 masih sekitar 10 meter depan mata, odometer avanza udah mulai bergerak nambah 1 km. sekitar 800 meter di penunjuk jalan, 1 km di speedonya avanza. Berarti aslinya hanya sekitar 85kmh-90kmh di RPM 4000. Dibandingkan dgn blazer di gigi 5 RPM 4000 itu dapet 120kmh, plus khusus my blazer udah pake ban 31 berarti speedometer underrated. Realnya bisa sekitar 130kmh... :e-dance:

Apakah produsen salah design ?? Nggak juga sih. Wajar dong, mobil ini didesain untuk 7 penumpang, bukan 4 penumpang. Solusi buat 1300 cc buat 7 penumpang + antisipasi barang tambahan ya... gear ratio yg low.. :big_weee:
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: Kijang kapsul vs Cherokee

Post by Prive »

jalu wrote:mau irit...isi banyak...kabin luas...maintenance murah...tahan banting...... vote for Panther...... :big_peace:

(*viva ispanholic...................... :mrgreen: )
vote for PPD & mayasari bhakti, wakakakakakkk...
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: Kijang kapsul vs Cherokee

Post by Prive »

uch wrote:Tapi ada logikanya. Bawa avanza 1300 cc, gigi 5 RPM 4000 cuman dapat 105 kmh di speedometer. 105 kmh ini pun speedo OVERRATED sekitar 20%. Saya kalibrasi dgn penunjuk kilometer yg di jalan toll. Soale penasaran, udah lari 110kmh di speedo, masih aja sering didim dan "diusir" dari jalur paling kanan. Pulangnya saya kalibrasi di KM 17. Penunjuk KM 16.800 masih sekitar 10 meter depan mata, odometer avanza udah mulai bergerak nambah 1 km. sekitar 800 meter di penunjuk jalan, 1 km di speedonya avanza. Berarti aslinya hanya sekitar 85kmh-90kmh di RPM 4000. Dibandingkan dgn blazer di gigi 5 RPM 4000 itu dapet 120kmh, plus khusus my blazer udah pake ban 31 berarti speedometer underrated. Realnya bisa sekitar 130kmh... :e-dance:

Apakah produsen salah design ?? Nggak juga sih. Wajar dong, mobil ini didesain untuk 7 penumpang, bukan 4 penumpang. Solusi buat 1300 cc buat 7 penumpang + antisipasi barang tambahan ya... gear ratio yg low.. :big_weee:
utk ngukur kecepatan lebih akurat next time bisa dipake GPS Om
User avatar
PenasaranGuy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Mon Nov 02, 2009 19:17

Re: Kijang kapsul vs Cherokee

Post by PenasaranGuy »

FortunerMan, sorry nih Om ga ada maksud apa2 cuma mau sharing berdasarkan pengalaman pribadi pake 2 merek toyota aja, ga dilebih2in kok... :beer: kalo masalah AC nya, itu ceritanya panjang banget dan emang BERES nya culasin saya, meskipun pada akhirnya mereka nulis surat permintaan ma'af resmi ke rumah saya, saya tetep ga mau balik ke sana karena dah ribut berat sama SA DKKnya, dan parahnya waktu itu setiap saya complaint dalam rentang garansi ga di record sama mereka(cuma dibawa masuk ke area bengkel 10 menit dia bilang udah beres, cuma karetnya aja keganjel terus keluar dan disuruh pake dulu, ternyata tetep rusak) begitu complaint lagi dah lewat garansi baru direspon serius,di record dan di charge lagi. masalah ini sempet nyampe ke toyota global katanya makanya BERES sini sampe kebakaran jenggot nelponin saya sehari bisa 6-7 kali waktu itu(sebelumnya boro2) dan akhirnya nulis permintaan ma'af resmi. Gitu boss ceritanya, kalo mau tau BERES mananya PM aja ke saya, mungkin aja ga semuanya ngalemin dikerjain kaya saya dan masalahnya kan beda2? Dan ternyata setelah saya analisa sendiri masalahnya sepele dan saya benerin sendiri dengan alat seadanya dgn biaya sangat2 super murah. Sebenernya lebih kepada terlena, Toyota itu kan lagi laku keras disini (kalo kata temen di US Honda yang teratas, mohon koreksi kalo salah) mereka kayaknya dah ga perhatiin consumer satisfactionnya,dah terlena dengan penjualan yang tinggi dan ga merhatiin kualitas merek mereka lagi(Material,technology dan featuresnya yang low) dan banyak yang bilang over value. Gitu aja sih, mohon ma'af kalo ada salah ketik. :big_peace:
FortunerMan

Re: Kijang kapsul vs Cherokee

Post by FortunerMan »

PenasaranGuy wrote:FortunerMan, sorry nih Om ga ada maksud apa2 cuma mau sharing berdasarkan pengalaman pribadi pake 2 merek toyota aja, ga dilebih2in kok... :beer: kalo masalah AC nya, itu ceritanya panjang banget dan emang BERES nya culasin saya, meskipun pada akhirnya mereka nulis surat permintaan ma'af resmi ke rumah saya, saya tetep ga mau balik ke sana karena dah ribut berat sama SA DKKnya, dan parahnya waktu itu setiap saya complaint dalam rentang garansi ga di record sama mereka(cuma dibawa masuk ke area bengkel 10 menit dia bilang udah beres, cuma karetnya aja keganjel terus keluar dan disuruh pake dulu, ternyata tetep rusak) begitu complaint lagi dah lewat garansi baru direspon serius,di record dan di charge lagi. masalah ini sempet nyampe ke toyota global katanya makanya BERES sini sampe kebakaran jenggot nelponin saya sehari bisa 6-7 kali waktu itu(sebelumnya boro2) dan akhirnya nulis permintaan ma'af resmi. Gitu boss ceritanya, kalo mau tau BERES mananya PM aja ke saya, mungkin aja ga semuanya ngalemin dikerjain kaya saya dan masalahnya kan beda2? Dan ternyata setelah saya analisa sendiri masalahnya sepele dan saya benerin sendiri dengan alat seadanya dgn biaya sangat2 super murah. Sebenernya lebih kepada terlena, Toyota itu kan lagi laku keras disini (kalo kata temen di US Honda yang teratas, mohon koreksi kalo salah) mereka kayaknya dah ga perhatiin consumer satisfactionnya,dah terlena dengan penjualan yang tinggi dan ga merhatiin kualitas merek mereka lagi(Material,technology dan featuresnya yang low) dan banyak yang bilang over value. Gitu aja sih, mohon ma'af kalo ada salah ketik. :big_peace:
Toyota dan Honda sama2 laku keras di Amerika, di hampir semua model bertarung head to head. Masalahnya yg om bilang MEREK Toyota, yg artinya seluruh model di jajaran Toyota. "Merek" Toyota bukan hanya Innova, tapi dari Yaris sampe Crown.

Innova populasinya memang seabreg, dan terus menerus laku. Dari sekian banyak yg diproduksi, pasti ada yang cacat - nah kebetulan om dapet yg bermasalah. Bukan berarti semua Innova AC nya bermasalah - kalo begitu tolol banget ya konsumen Indonesia beli Innova terus, AC nya rusak semua.

Seperti kita baca di thread ini saja, ada yg tidak puas dengan Innova, banyak juga yg puas. Yang bermasalah cenderung berkoar seperti anda (bisa dimengerti - siapa sih yg gak sebel mobilnya rusak?), yang puas biasanya adem ayem aja (ingat tingginya populasi Innova di Indonesia). Ini sih standar pelajaran customer relations - customer yg tidak puas akan ngomel ke lebih banyak orang daripada yg tidak puas.

Kesimpulannya, kalau anda ngomel ttg Innova anda bermasalah - wajar saja dan bisa dimengerti. Banyak yg bisa bantu disini, saya juga mau baca mana be-res yg busuk berdasarkan pengalaman anda. Tapi waktu anda bilang seluruh jajaran "merek" Toyota (dari Yaris sampe Innova sampe Crown sampe Alphard) kualitas buruk, feature sedikit - pasti banyak yg tidak setuju.

Saran saya kalo mobil di luar garansi, rusak seperti AC atau kaki2 jangan bawa ke bengkel resmi - montir be-res diajarkan buat main ganti parts...disitu letak duitnya soalnya. Mereka diajarin supaya jadi robot yg tidak fleksibel - makanya mereka semangat kalo disuruh "servis berkala", cuman kalo disuruh nyari sumber dari keluhan kita...biasanya ogah2an.
User avatar
PenasaranGuy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Mon Nov 02, 2009 19:17

Re: Kijang kapsul vs Cherokee

Post by PenasaranGuy »

FortunerMan, siip... Atur aja... Oiya ma'af ada yang perlu dikoreksi,mungkin saya lupa sisipkan 2 merek toyotanya yaitu, Innova 2005 dan Altis G matic (2006), Bagi saya dah cukup mewakili kok meskipun ga harus. Thanks anyway atas sarannya, udahlah ga usah dibahas lagi dah basi juga... :big_peace: :beer: lagi juga ngebahas ga dapet fee bahasnya kok,biar mereka(Toyota&their R&D team) sendirilah yang bekerja&nyari kelemahannya masing2, toh ga ada barang yang bener2 sempurna. Beruntunglah mereka punya pelanggan fanatik.....Hehehehehehe.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
mintblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: Thu Sep 04, 2008 1:43

Re: Kijang kapsul vs Cherokee

Post by mintblue »

PenasaranGuy wrote:FortunerMan, siip... Atur aja... Oiya ma'af ada yang perlu dikoreksi,mungkin saya lupa sisipkan 2 merek toyotanya yaitu, Innova 2005 dan Altis G matic (2006), Bagi saya dah cukup mewakili kok meskipun ga harus.

Beruntunglah mereka punya pelanggan fanatik.....Hehehehehehe.... :ngacir: :ngacir:

Ngomongin jelek tentang market leader emang menarik.
pasti diojok2 terus, apalagi kalau leading-nya jauh dibanding kompetitor lain

Sy (& istri, untungnya :e-clap:) fanatikus Toyota.
pengalaman saya pakai Toyota dari thn 90-an sih oke2 aja.
mulai kijang super s/d kapsul.

tp begitu periode 2000-an, sy 2 kali dikecewakan produk Toyota.
pertama Vios gen 1. th 2003 G-AT, bunyi keras kalau direm sambil mundur.
trus belakangan engine check nyala terus.
ganti berbagai sensor s/d coba kanibal ECU
nggak sembuh jg, sampe capek akhirnya sy jual "as is"...murah jualnya

terakhir Innova 2007 yg macet remnya.
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =8&t=11897

Mngkn memang saya kebagian produk cacat, mungkin saya percaya sama bengkel resmi yg salah.
Tp dugaan sy ada cost reduction,vendor komponen ditekan,jd mungkin kualitas agak kurang.

Anyway,u/ Kijang memang ga ada ceritanya irit. 1:7 lah rata2, dari jaman K. Super
thn 90-an yg irit tuh Corolla Twincam (sy pernah pake SE Ltd,klo ga salah prod 93)
Dalkot 1:11, lu-kot 1:14. tarikan mantappss..
FortunerMan

Re: Kijang kapsul vs Cherokee

Post by FortunerMan »

Vios Gen 1 adik saya di siksa terus, warrior banget malah kaga pernah ada masalah - di rawat seadanya body compang camping, bumper udah kaya kudisan.

Jadi ada yg puas dengan Vios, ada yg tidak - yg mana yg bener nih? Berapa persen yg puas vs tidak puas. Ada yg puas dengan Altis ada yg tidak (worldwide best seller lho)...
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Kijang kapsul vs Cherokee

Post by mandala1 »

Betul om, mungkin slogan yg cocok buat kijang tuh "anda puas kami lemas" xixixixi...... siksa teruuuusss...... :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Kijang kapsul vs Cherokee

Post by maskopat »

mandala1 wrote:Betul om, mungkin slogan yg cocok buat kijang tuh "anda puas kami lemas" xixixixi...... siksa teruuuusss...... :ngacir:
sekali angkut spare part, berapa ton di ipah om momod? :mrgreen:
.... :ngacir: :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kijang kapsul vs Cherokee

Post by DOHC »

FortunerMan wrote:Vios Gen 1 adik saya di siksa terus, warrior banget malah kaga pernah ada masalah - di rawat seadanya body compang camping, bumper udah kaya kudisan.

Jadi ada yg puas dengan Vios, ada yg tidak - yg mana yg bener nih? Berapa persen yg puas vs tidak puas. Ada yg puas dengan Altis ada yg tidak (worldwide best seller lho)...
makanya ane rasa itu lah tujuan nya forum, kita kaga bisa mengeneralisir satu merek itu bagus atau jelek, karena toh stiap merek pasti ada aja yg cacat... nah tujuan nya nigh forum utk bahas masalah nya... dan muda2an ada orang atpm yg menyelinap di sini agar bisa nyampein tuh ke atasan ttg kekurangan mobil mereka...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Kijang kapsul vs Cherokee

Post by doq »

berarti inti pembicaraan yg hangat ini bermaksud utk membicarakan semua aspek (kelebihan-kekurangan) sebuah produk dr merek tertentu tanpa me-generalisir, beserta pengalaman2 baik-buruk user.................begitukah? :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Kijang kapsul vs Cherokee

Post by GTR »

doq wrote:berarti inti pembicaraan yg hangat ini bermaksud utk membicarakan semua aspek (kelebihan-kekurangan) sebuah produk dr merek tertentu tanpa me-generalisir, beserta pengalaman2 baik-buruk user.................begitukah? :ungg:
memang begitu, tapi membicarakan sebagian aspek saja pun dapat saja timbul kesan generalisir. misalnya soal penilaian FC-performa yg dirasakannya dari generasi ke generasi seperti di topic ini, kalo misalnya sebenernya memang seperti itu.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kijang kapsul vs Cherokee

Post by DOHC »

yah abis gmana sigh, kadang emosi mengalahkan logika... :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Kijang kapsul vs Cherokee

Post by doq »

@gtr: bener pak gtr.....
tp imho kesan2 me-generalisir itu bsa lbh d minimalisasi dg pemilihan kalimat2 yg lbh tepat :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Kijang kapsul vs Cherokee

Post by maskopat »

menggunakan bahasa yang diplomatis gitu maksudnya??? :mrgreen: :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Capsul
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Oct 29, 2015 5:25

Re: Kijang kapsul vs Cherokee

Post by Capsul »

7k..murah meriah bro, kayak rawat motor.. salam dari timur, sdh15 thun pake 7k.. ga ada matinya bro, soal boros tdk yg pengarh hrga per liternya ajabrapa bro.. :big_peace:
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Kijang kapsul vs Cherokee

Post by martinnn »

i dont believe it :big_smoking:
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Kijang kapsul vs Cherokee

Post by dieselman228 »

Capsul wrote:7k..murah meriah bro, kayak rawat motor.. salam dari timur, sdh15 thun pake 7k.. ga ada matinya bro, soal boros tdk yg pengarh hrga per liternya ajabrapa bro.. :big_peace:

Ga pernah dimatiin mesinnya om? Ga ada matinya gitu.............. :ngacir: :ngacir: :ngacir:
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07: