Page 1 of 2

Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Sun Nov 01, 2009 17:08
by lettitie
saya beli seken tahun 2007, waktu itu asyik banget, bbm super irit, 1 : 10-11 tapi setelah dibawa bokap ke suzuki sunter malah jadi ga karu-karuan. Bulan ini malah si mobil ini mogok karena kepanasan., dan konsumsi bbm luar biasa boros.

awalnya dibawa ke suzuki sunter : diganti busi, masih mogok
datang kedua kali : diganti IC, tidak mogok tapi mesin masih panas
lalu ke bengkel Megah apa ya di kelapa gading : diganti fan-nya (duh istilahna lupa, abis dah malam neh, otak dah belet), saluran bensin dibersihin. hasilnya mesin ga panas lagi

tapi ac masih panas, i bawa ke autorotary rawamangun. Sparepartnya setara dengan escudo ?? Abis dah 1.35 juta, tapi ac sekarang tokcer abis.

so far konsumsi BBM masih boros, mau coba tune up. yang bagus tune up di mana ya? Apa ini penyakit mobil >5 tahun? udah mulai boros BBM?

Re: Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Mon Nov 02, 2009 7:58
by Prive
udah coba carbon clean / engine conditioning Om, siapa tau borosnya dari deposit karbon di ruang bakar sebabnya

Re: Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Mon Nov 02, 2009 13:33
by jalu
btw....every ini tipe mesinnya apa yah ? kalo untuk pakar mesin suzuki ada om poet & om doq disini :big_peace:

Re: Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Mon Nov 02, 2009 15:35
by doq
jalu wrote:btw....every ini tipe mesinnya apa yah ? kalo untuk pakar mesin suzuki ada om poet & om doq disini :big_peace:
lah...lah...lah kok ane d bawa2.......... :ungg:
sy mah cm pemakai kok oom, aya-aya wae kk pembina yg satu ini :mrgreen:
@TS:yg pakar sujuki d sini mah yg pk karlo pink tu oom.............orangnya rada chuby2 gmanaaaaa gtu :upss:




.................................................... :ngacir: :ngacir:

Re: Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Mon Nov 02, 2009 16:04
by poeticmind
lettitie wrote:saya beli seken tahun 2007, waktu itu asyik banget, bbm super irit, 1 : 10-11 tapi setelah dibawa bokap ke suzuki sunter malah jadi ga karu-karuan. Bulan ini malah si mobil ini mogok karena kepanasan., dan konsumsi bbm luar biasa boros.

awalnya dibawa ke suzuki sunter : diganti busi, masih mogok
datang kedua kali : diganti IC, tidak mogok tapi mesin masih panas
lalu ke bengkel Megah apa ya di kelapa gading : diganti fan-nya (duh istilahna lupa, abis dah malam neh, otak dah belet), saluran bensin dibersihin. hasilnya mesin ga panas lagi

tapi ac masih panas, i bawa ke autorotary rawamangun. Sparepartnya setara dengan escudo ?? Abis dah 1.35 juta, tapi ac sekarang tokcer abis.

so far konsumsi BBM masih boros, mau coba tune up. yang bagus tune up di mana ya? Apa ini penyakit mobil >5 tahun? udah mulai boros BBM?
sebenernya ini masalah tune up saja. hanya kebetulan bengkel yg dipilih kurang pas... bukan ga bagus ya.. hanya tune upnya tidak memperhatikan masalah yg sebenarnya.
mobil setelah 5tahun bukan artinya berpenyakit, tapi wajar ada penggantian spareparts dll. bensin yg boros itu juga karena tune up yg tidak sempurna... harusnya every bisa tembus di 1:12 minimal.. :)
saya ga bisa bilang perbaikan AC itu mahal (1,35jt) karena tidak disebutkan apa2 saja yg diservis.

suzuki engine bukan jenis engine yg susah, malah sangat sederhana... hehe!

Re: Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Mon Nov 02, 2009 23:58
by jalu
nahh..pakar suzuki udah nongol tuh yang diatas saya....... :big_peace:

Re: Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Tue Nov 03, 2009 0:06
by jalu
doq wrote:lah...lah...lah kok ane d bawa2.......... :ungg:
sy mah cm pemakai kok oom, aya-aya wae kk pembina yg satu ini :mrgreen:
@TS:yg pakar sujuki d sini mah yg pk karlo pink tu oom.............orangnya rada chuby2 gmanaaaaa gtu :upss:




.................................................... :ngacir: :ngacir:
walahh...saya juga cuman pemakai kok om doq.....bukan pengedar...... :big_slap: (*kok kayak narkoba :mrgreen: )

btw sebenernya every ini apakah dirakit CKD atau didatangkan CBU jepang ? :roll:
baca2 di wikipedia every ini mesinnya G13B 1300cc EPI.

Re: Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Tue Nov 03, 2009 4:51
by doq
jalu wrote:
doq wrote:lah...lah...lah kok ane d bawa2.......... :ungg:
sy mah cm pemakai kok oom, aya-aya wae kk pembina yg satu ini :mrgreen:
@TS:yg pakar sujuki d sini mah yg pk karlo pink tu oom.............orangnya rada chuby2 gmanaaaaa gtu :upss:




.................................................... :ngacir: :ngacir:
walahh...saya juga cuman pemakai kok om doq.....bukan pengedar...... :big_slap: (*kok kayak narkoba :mrgreen: )

btw sebenernya every ini apakah dirakit CKD atau didatangkan CBU jepang ? :roll:
baca2 di wikipedia every ini mesinnya G13B 1300cc EPI.

wkwkwkwkwk...................klo pengedar berarti atpm dooooonk wakakaka

btw every ini mesinnya g13b ya?wah keren euy, minibus pk mesin cultus............tinggal ganti gearboxnya aja dah pk cultus beneran :mrgreen: :mrgreen:
pertanyaan bego nih :ungg: mungkin ga klo salah stelan klep bsa berakibat mesin overheat?? :ungg: :ungg:

Re: Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Tue Nov 03, 2009 4:55
by jalu
saya pernah isenk stel klep rapet....meski gak overheat tapi temp cenderung naik...entah apakah dr situ penyebabnya atau ada faktor lain ?

om doq..bedanya G13A sama G13B apanya sih ? :e-think: (*awas kalo dijawab beda hurufnya A & B...... :big_weee: )

Re: Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Tue Nov 03, 2009 5:08
by doq
waduh.................apa ya...?
klo g salah nih oom..........klo g salah ya......huruf a dan b itu ngebedain system karburator/injeksi deh :ungg:
yg B menandakan mesin injeksi ky nya........
terus terang sy kurang paham seh :mrgreen: :mrgreen: soale di GV misalnya kode mesinnya j20a tp bukan karbu....
yg j24b udah vvt seh.....
nunggu pak putik aja deh :ungg:

Re: Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Tue Nov 03, 2009 5:11
by jalu
iya nih... kenapa G13 di futura berisik....tapi G13 di forsa kok lbh halus..... apakah beda tipe A & B nya ? :ungg:

coba dicerahkan omm..... :big_peace:

Re: Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Tue Nov 03, 2009 5:26
by doq
nah klo itu lbh ndak tau lg oom :ungg:

tp g tau knapa , walo pk mesin yg sama....kok emang cenderung lbh berisik ya d minibus?
apv dan baenol 1.5 khan sama2 g15a....tp di apv cenderung lbh berisik.... :ungg:

apa krn mesinnya d bawah ya jd lbh terdengar gitu...?

Re: Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Tue Nov 03, 2009 7:24
by poeticmind
jalu wrote:saya pernah isenk stel klep rapet....meski gak overheat tapi temp cenderung naik...entah apakah dr situ penyebabnya atau ada faktor lain ?

om doq..bedanya G13A sama G13B apanya sih ? :e-think: (*awas kalo dijawab beda hurufnya A & B...... :big_weee: )
hmmm... G13A bore(74mm), strokenya(77mm) ini 1324cc. G13B bore(74mm), stroke(75.5mm) cc lebih kecil, 1298cc. bedanya agak2 lumayan, misal G13A ga bisa jadi dohc.. sebaliknya G13B bisa, di halfcut ya.. :)
dan masih banyak lagi... cranknya beda, cast >< forged. yg B punya main bearing brace, A tidak... and so on.

Re: Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Tue Nov 03, 2009 8:23
by doq
nah terjawab sdh........berarti jawaban sy salah wakakakaka *ktawa nutupin malu*





............................................ :ngacir: :ngacir:

Re: Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Tue Nov 10, 2009 15:19
by lettitie
wow tertarik juga tuh kalo mau diupgrade jadi DOHC, dibawa ke mana ya bos? n biayanya bisa berapa tuh? tq

Re: Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Tue Nov 10, 2009 15:21
by jalu
numpang nanya Om TS...every ini matic atau manual ? :e-think:

Re: Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Tue Nov 10, 2009 16:42
by poeticmind
hehehehe sebentar, ini mau upgrade engine buat apa ya? secara std every sudah cukup banget... hanya perlu tune up saja. salah2 diupgrade malah boros... :)

Re: Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Sun Nov 29, 2009 16:09
by Herrycen
Halo semuanya ....
Saya termasuk salah satu yang udah lama pengen beli Every, dan kebetulan udah ada calon penjualnya, walaupun baru lewat telp.
Kira-kira, supaya bisa dapetin yg bagus, apa yang mesti dicek waktu melihat mobil nanti ?
Apakah sebaiknya dibawa cek ke bengkel? Jika ya, kira-kira referensi yg bagus di mana ya? Domisili saya sich di daerah Cengkareng.

Mohon pencerahannya ... Makasih

Re: Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Mon Nov 30, 2009 15:19
by lettitie
Herrycen wrote:Halo semuanya ....
Saya termasuk salah satu yang udah lama pengen beli Every, dan kebetulan udah ada calon penjualnya, walaupun baru lewat telp.
Kira-kira, supaya bisa dapetin yg bagus, apa yang mesti dicek waktu melihat mobil nanti ?
Apakah sebaiknya dibawa cek ke bengkel? Jika ya, kira-kira referensi yg bagus di mana ya? Domisili saya sich di daerah Cengkareng.

Mohon pencerahannya ... Makasih

wuih enak banget pake every . . . halus . . . lo coba boil gw dulu deh ha ha ha, cuma 1 masalahna, koq masih boroa kayak dulu. penyakit every di panas, kalo mesinnya anget berarti termostatnya mesti diganti

Re: Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Sat Dec 05, 2009 19:18
by poeticmind
every ga boros... coba tune up lagi bro... :)

Re: Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Sun Jan 17, 2010 16:13
by emir_ismail
bro, sori nubie,
kalo tune up every yang baik dan benar dimana ya bro tempatnya? ada rekomendasi? sukur2 dapet ketebelece :)
makasih dan salam kenal

Re: Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Wed Mar 25, 2015 0:06
by prayogasandi
Assalamualaikum mohon info bengkel yang biasa nanganin suzuki every daerah jakarta, every saya udah komplikasi nih penyakitnnya.... Thanks. :ungg:

Re: Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Wed Mar 25, 2015 1:11
by amfibi
prayogasandi wrote:Assalamualaikum mohon info bengkel yang biasa nanganin suzuki every daerah jakarta, every saya udah komplikasi nih penyakitnnya.... Thanks. :ungg:
Boleh dishare penyakitnya apa aja om? :ungg:

Re: Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Thu Mar 26, 2015 1:50
by prayogasandi
Penyakitnya...
1.mesin dalam rpm sedang ke tinggi ada suara ngerotok

2. Air radiator masuk ruang mesin :mky_07:
3. Air radiator penuh, pas di starter temperatur normal tapi 5 menit langsung overheat. Tapi walau overheat temperatur tetep normal....

Re: Perawatan Suzuki Every 2004

Posted: Thu Mar 26, 2015 14:38
by imsus2c
1. Alamat turun mesin, periksa metal2 dalam mesin
2. Packing/silinder head bocor
3. Kompresi bocor, bisa jadi akibat point #2 diatas

Kesimpulan; mesti overhaul/turun mesin total