Page 2 of 15

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 29 Sep 2009, 08:51
by DOHC
aldy wrote:Wah iya kok bro ane vote buat TOKINOV..Say no to ISPAN Mobil ngayun2 bikin mual (untung cuma dalkot waktu itu) ,suara berisik, interior getar semua gara2 mesin jadul psst psst nyaris tar terdengar..wakakak (ane ketawa denger iklan itu)Apalah arti jago nanjak..qiqiqi no offense ane udah merasakan sendiri apalagi bantingannya dibanding GL ane jauh bgt tuh ISPAN.. :big_peace: :big_peace: maaf nih no offense loh
yup. per daun ispan emang kelewat pelit, makanya gampang patah dan mengayun banget... solusi nya yah tambah 1 lembar lagi, dijamin kaga ngayun lagi tp konsekuensi nya yah bantingan agak keras... kalo shock depan jg jadi biang ngayun tuh, apalagi kalo uda umurnya setaon lebih... ane jg pengen ganti shock depan cuman masi blm tau mo yg type apa neh...

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 30 Sep 2009, 16:48
by Prive
Om Profith, komplen terus ke dealernya Om, krn ipah diesel standard (blm modif) normalnya tidak begitu, apalagi kan masih garansi Om

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 30 Sep 2009, 18:38
by flame
Salam kenal bro profith,
mohon izin ngomentari masalah tarikan yg berat.
Apa suda dicoba ganti filter solar?
Kalo sudah, sejak penggantian nya sampe sekarang suda jalan berapa KM?
Kalo belum, dicoba dulu, secara odo 15000KM cukup membuat filter solar kotor.
Juga bersihkan/ganti filter udaranya seperti yg disarankan oleh Om Turboman.
Smoga membantu dan ditunggu hasilnya.

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 30 Sep 2009, 20:13
by datsu
kayanya sih untuk mesin cukup ganti filter2nya aja deh... karena innova diesel M/T gw dari baru bisa masuk 160kph koq.. tapi akhir2 ini di KM16rb memang sudah mulai ngempos.... tp masih normal...

Untuk bunyi2 itu gak ada tuh di innova gw bos... jadi kejar aja dealernya.... setau gw kalo di A2K yos sudarso mereka sangat welcome sekali dengan complaint customer....

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 01 Oct 2009, 09:02
by Profith83
@bro datsu : yah itu Bro ... Gue yah sebenernya jengkel sekali .. tapi soal bunyi gue masih bisa tolerir biarpun di hati tetap saja ganjel ...
SATU HAL yg gak bisa gue tolerir adalah TOP speed yang gak bisa lewat 125 KM/jam
Padahal gue kalo naik Panther dan Livina di tol selalu dapet 140 KM/jam .. ini yang gue mau check terus ...
Terakhir servis Gue ganti olie mesin, olie transmisi, olie gardan + filter olie
Saringan udara menurut mereka gak perlu sudah disemprot.
Tinggal tunggu nanti saya coba masuk tol lagi bagaimana hasilnya, apa sekalian minta teknisi nya ikutan biar nanti kalau memang gak bisa lewat 125 K/jam ada buktinya
datsu wrote:kayanya sih untuk mesin cukup ganti filter2nya aja deh... karena innova diesel M/T gw dari baru bisa masuk 160kph koq.. tapi akhir2 ini di KM16rb memang sudah mulai ngempos.... tp masih normal...

Untuk bunyi2 itu gak ada tuh di innova gw bos... jadi kejar aja dealernya.... setau gw kalo di A2K yos sudarso mereka sangat welcome sekali dengan complaint customer....

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 01 Oct 2009, 09:09
by datsu
ya lebih baik dicoba aja bos profith... kalo filter solar belum diganti kuras dulu air yg ada di filternya. Kan ada caranya tuh..
kalo gak bisa juga, pas ganti gigi jangan di RPM rendah coba deh.. ambil di sekitar 4000 RPM... agak tinggi emang, tapi turbonya jd hidup sejak awal... :D

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 01 Oct 2009, 09:34
by abrof
Bro profith....gila juga berani bawa panther sampai 140kpj....untuk amannya panther ipah avansa APV jangan lebih dari 120kpj.....coba2 sekali2 rem mendadak di 100kpj ke 0 apa akibatnya....pasti body sudah gak sejajar....kecuali bro profith emang pembalap....he..he...itu sih lain.... :mrgreen: :mrgreen:

Tapi gak juga ya Chandra Alim pake Rush di 100kpj aja kebalik...di tol waktu basah....dia bilang gak tau apa2 tau2 sudah kebalik....

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 01 Oct 2009, 10:23
by Profith83
Jalan 145 KM/jam tujuannya bukan terus jalan 145 KM/jam ...
Paling juga sebentar pas sepi ... karena kebanyakan mobil yg lain juga jalan 120 an
Tujuannya hanya untuk mencheck kesegaran/kesehatan dari mesin itu sendiri
Saya juga sayang sama keluarga saya dan jiwa saya sendiri ... :)
Saya typenya suka otomotif dan suka jalan cepat (bukan ngebut) ... kalau depan sedang kosong tidak ada kendaraan yah dipacu ... saya tidak suka beriringan ...
Tetapi kalau mobil sudah sampe ke 140 dan sudah lambat naiknya ... saya juga tidak suka memperkosa mesin sampai dipaksa jalan 150 atau 160 ...

Kalau mobil Innova diesel baru tidak bisa jalan 140 KM/jam berarti menurut saya itu tidak standart,
Menurut saya standart harus bisa jalan minim 140 KM/jam keatas .... Panther saja thn 2005 bisa jalan 145 KM/jam

FYI Panther saya pakai solar biasa dan bio solar sedangkan Innova pakai DEX

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 01 Oct 2009, 11:11
by aspsilver
nimbrung nih, kalo innova cuma bisa lari segitu pasti ada yang salah.

saya sebelumnya pake panther, dari generasi 1 mesin 2.3 L yang gak ada tenaga sama sekali, generasi 2 degan mesin 2.5 L yang hebat dan terakhir panther kapsul 2.5L turbo A/T

semua bekerja dengan baik, dengan performa yang baik, terutama yang A/T yang jauh dari mengecewakan.
dimana naik ke Lembang dari Subang dengan penumpang penuh (8 orang) + barang, tanpa hambatan berarti (pindah ke D-2), naik puncak sampai cianjur juga tanpa masalah berarti. di tol cipularang jalan turunan pernah 150 km/h. (cuma berhasil sekali, gak pernah coba lagi, dilain waktu top speed 130 Km/h)

sayangnya panther berhenti berkembang sehingga saya beralih ke Innova Diesel 2.5 L A/T

mobil ini merupakan lompatan jauh kedepan sejak kijang kapsul, panther, kuda dan teman2nya.

pengalaman terakhir saya adalah kemarin pergi mudik, + tamasya keliling jawa.

saya naik cemoro sewu (gunung lawu, yang sekarang lagi terbakar) dengan penumpang penuh (7 orang) berat sih dan harus pindah ke - L, but naik, cuma jangan sampai berhenti di tanjakan, karena hal itu membuat mobil tidak bisa naik lagi, harus ngulang lagi dari bawah (pas yang di kemiringan 30 derajat)

top speed di tol cikampek tercatat 150 km/h dan di tol Kanci-Pejagan 155 km/h (dari speedometer dan GPS)
(isi 4 orang + barang sedikit)

dari jakarta saya pake Shell Diesel (penuh), mulai isi bio solar setelah Brebes. (tidak ada perbedaan tenaga, konsumsi bahan bakar, rata2 1 L : 10.5 km) paling boros di cemoro sewu 1L : 9 km, paling irit malah di perjalanan pulang dari semarang - Jakarta 1L : 12 km (isi di pamanukan)

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 01 Oct 2009, 12:44
by flame
@bro profith,
coba mengingatin aja,

Filter Solar nya suda diganti belum?

keknya dari awal belum disinggung. :e-doh:

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 01 Oct 2009, 13:03
by Profith83
Filter solar Innova diesel itu yang dari plastik yang bisa dipompa mengeluarkan air itu yah ?
Kalau dulu Kijang diesel kapsul kan ada filter solar sendiri dan pompa solar sendiri
flame wrote:@bro profith,
coba mengingatin aja,

Filter Solar nya suda diganti belum?

keknya dari awal belum disinggung. :e-doh:

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 01 Oct 2009, 13:49
by Profith83
Info dr bengkel tidak perlu diganti .. hanya diganti kalau 40.000 KM atau menunjukkan blinking di dashboard
Karena menurut bengkel filter solarnya bisa dicuci ..
terakhir servis bentuknya seperti tabung ada kran buang air dibuka ada airnya keluar.
dilepas dari mobil disemprot dengan cairan pembersih kemudian dipasang lagi ... apakah itu filternya ?
Profith83 wrote:Filter solar Innova diesel itu yang dari plastik yang bisa dipompa mengeluarkan air itu yah ?
Kalau dulu Kijang diesel kapsul kan ada filter solar sendiri dan pompa solar sendiri
flame wrote:@bro profith,
coba mengingatin aja,

Filter Solar nya suda diganti belum?

keknya dari awal belum disinggung. :e-doh:

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 01 Oct 2009, 16:49
by Profith83
Bro TurboMan,

Kalau ganti down pipe itu menghilangkan waranty gak yah ?
Diganti Down pipe berarti CC nya hilang yah ?

Terima kasih

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 01 Oct 2009, 16:58
by aldy
@bro profith
Saran ane dinormalin dulu tuh kondisi standard mobilnya..Jangan keburu dimodif tar garansi hangus terus keadaan tetep ga berubah nyesel ganda deh.. :e-snooty:
Kalo GL 140km/h kurang bro qiqiqi..Kurang "pelan" maksudnya..wakakak :ngacir:

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 01 Oct 2009, 17:04
by aldy
@ bro abrof
Serius nih si Chandra Alim naik Rush kebalik..wow very dangerous car..Gimana driver amateur ya..

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 01 Oct 2009, 17:36
by sjamsul
Profith83 wrote:Info dr bengkel tidak perlu diganti .. hanya diganti kalau 40.000 KM atau menunjukkan blinking di dashboard
Karena menurut bengkel filter solarnya bisa dicuci ..
terakhir servis bentuknya seperti tabung ada kran buang air dibuka ada airnya keluar.
dilepas dari mobil disemprot dengan cairan pembersih kemudian dipasang lagi ... apakah itu filternya ?
yg nt maksud itu bukan filter solarnya, tp saringan airnya...... filter ini ga perlu diganti, cukup dibersihkan aja n klo ampe lampu di dashboard blinking, bearti mesti dibersihkan, krn airnya dah cukup banyak, shg bisa mengganggu mesin...... nah, filter solarnya yg di sebelah filter tsb.........
kebiasaan ane mengganti filter solar setiap 10 ribu km........ n sebaiknya filter solar diganti klo dah waktunya, jangan dibersihkan, krn kotoran di dalamnya bisa mengganggu injektor.........

smoga bermanfaat...........


(nyambung ga ya, krn ane ga baca dari awal....... :e-think: )

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 01 Oct 2009, 22:51
by flame
Profith83 wrote:Info dr bengkel tidak perlu diganti .. hanya diganti kalau 40.000 KM atau menunjukkan blinking di dashboard
Karena menurut bengkel filter solarnya bisa dicuci ..
terakhir servis bentuknya seperti tabung ada kran buang air dibuka ada airnya keluar.
dilepas dari mobil disemprot dengan cairan pembersih kemudian dipasang lagi ... apakah itu filternya ?
Profith83 wrote:Filter solar Innova diesel itu yang dari plastik yang bisa dipompa mengeluarkan air itu yah ?
Kalau dulu Kijang diesel kapsul kan ada filter solar sendiri dan pompa solar sendiri
flame wrote:@bro profith,
coba mengingatin aja,

Filter Solar nya suda diganti belum?

keknya dari awal belum disinggung. :e-doh:
Mencoba menjawab sepengalaman sy: (walau blm perna punya innova). :big_smoking:
Filter solar innova jg berfungsi sebagai water separator dan pompanya menyatu.
Kalo kij kapsul dan isuzu panther, filter dan water separatornya terpisah sendiri-sendiri, tp posisinya berdekatan.
Untuk innova disel, sejak dilaunching, salesnya pada mengatakan kalo filter solarnya bisa tahan sampe 40.000KM baru diganti. (no offense)
Nurut sy, emang bisa, tp konsekwensinya, ya itu tadi, tenaga berkurang sbelum odo mencapai 40.000KM, dan mungkin ini yg terjadi pd innova bro profith. (CMIIW)

Tabungnya bisa dicuci, tapi kalo isinya ogah dicuci ah. (sperti yg om syamsul saranin) :e-naughty:
Soalnya kotoran yg melekat di elemen kertas itu tidak akan benar2 lepas dari pori2nya bila dicuci. Pasti ada yg tertinggal. Nah, sewaktu dipasang kembali, dikhawatirkan akan terhisap/terlewat dari filternya dan berbahaya bila masuk ke injeksi pom. :e-doh:

Isi filter yang sy maksud sperti foto ini:
Objek yg bulat ditengah.
Terbuat dari elemen kertas dan rangka plastik.

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 02 Oct 2009, 07:29
by datsu
nah, yg paling penting harga filter ini murah gak? kalo murah gak ada salahnya ganti setiap 20rb KM sekali... itung2 sayang mesin.. :P

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 02 Oct 2009, 07:36
by sjamsul
datsu wrote:nah, yg paling penting harga filter ini murah gak? kalo murah gak ada salahnya ganti setiap 20rb KM sekali... itung2 sayang mesin.. :P
murah apa kaganya relatip....... :mrgreen:

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 02 Oct 2009, 07:37
by datsu
ya daripada berasumsi yg relatip mending lempar harga rupiahnya aja lah disini om sjamsul... hehehe.... :upss:

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 02 Oct 2009, 07:45
by sjamsul
datsu wrote:ya daripada berasumsi yg relatip mending lempar harga rupiahnya aja lah disini om sjamsul... hehehe.... :upss:
iya juga sih.........(sambil melirik mandala)........ :ngacir: :ngacir: :ngacir:

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 02 Oct 2009, 08:07
by abrof
aldy wrote:@ bro abrof
Serius nih si Chandra Alim naik Rush kebalik..wow very dangerous car..Gimana driver amateur ya..
iya nih kejadian tahun 2007 atau 2008 beritanya ada di tabloid otomotif....tadinya gw mo ambil terios gak jadi larinya ke GL....tapi bukan gara2 si chandra tapi...karena suara mesin yg sampe kabin dan kerasnya suspensi.....

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 02 Oct 2009, 09:08
by DOHC
sjamsul wrote:
Profith83 wrote:Info dr bengkel tidak perlu diganti .. hanya diganti kalau 40.000 KM atau menunjukkan blinking di dashboard
Karena menurut bengkel filter solarnya bisa dicuci ..
terakhir servis bentuknya seperti tabung ada kran buang air dibuka ada airnya keluar.
dilepas dari mobil disemprot dengan cairan pembersih kemudian dipasang lagi ... apakah itu filternya ?
yg nt maksud itu bukan filter solarnya, tp saringan airnya...... filter ini ga perlu diganti, cukup dibersihkan aja n klo ampe lampu di dashboard blinking, bearti mesti dibersihkan, krn airnya dah cukup banyak, shg bisa mengganggu mesin...... nah, filter solarnya yg di sebelah filter tsb.........
kebiasaan ane mengganti filter solar setiap 10 ribu km........ n sebaiknya filter solar diganti klo dah waktunya, jangan dibersihkan, krn kotoran di dalamnya bisa mengganggu injektor.........

smoga bermanfaat...........


(nyambung ga ya, krn ane ga baca dari awal....... :e-think: )
mungkin agak beda om sjam.... utk mesin2 diesel yg sperti kita (yg tangguh dan bandel :mrgreen: :mrgreen: ) itu saringan solar nya per 10 rebu atau 15 rebu baru diganti kali, itupun jg harganya murah, dan pompa solarnya terpisah dari filter, jadi ga masalah dicuci.... kalo diesel innova kaya nya saringan solarnya jadi satu dgn pompa dll nya... dan yg lebi ga enakin lagi, filter solar nya inova disel itu denger2 ga terlalu murah sigh harganya....

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 02 Oct 2009, 09:13
by cruizer
Mungkin aje saluran solarnye ade yg mampet. Jadinye pas nginjek gas dalem, solarnye gak bise maksimal.
Bawa serpis ajeh, kalibrasi ulang, ganti pilter..

tapi kalow ngepeknye dikit, ye berarti emang udeh segitu kemampuan inopah, trime aje

Jadi inget pcuner diesel, mesinnye same kan ye, ape gini juge..
Inopa aje gini, apelagi pcuner diesel, lebih berat lagi kali...

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Posted: 02 Oct 2009, 09:15
by mandala1
DOHC wrote: mungkin agak beda om sjam.... utk mesin2 diesel yg sperti kita (yg tangguh dan bandel :mrgreen: :mrgreen: ) itu saringan solar nya per 10 rebu atau 15 rebu baru diganti kali, itupun jg harganya murah, dan pompa solarnya terpisah dari filter, jadi ga masalah dicuci.... kalo diesel innova kaya nya saringan solarnya jadi satu dgn pompa dll nya... dan yg lebi ga enakin lagi, filter solar nya inova disel itu denger2 ga terlalu murah sigh harganya....
Walah.......kalo sama2 'ori' malah jauh lebih mahal fuel filter nya kijang diesel kemana2 ketimbang innova diesel :mrgreen:
Bisa 3 kali lipet nya lho....harganya :)