Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by roadtrain99 »

MitshuToyo wrote:
DOHC wrote:panther mah kalo tanjakan terlalu terjal jg ditengah2 bisa kehabisan napas bro, cuman aneh nya pas ditengah2 tanjakan gt, kalo kita berenti bentar lalu coba start jalan lagi, ada tenaga, malah kadang ban bisa nyelip...
Ooo.. cocok. waktu itu gw liat emang berhentinya di tengah2 tanjakan. Di situ patenggang, kalau mau keluar kan ada tanjakan setelah parkiran. nah di situ gw liatnya. cuma kemaren drivernya mundur dulu trus ancang2..

hmm sedikit2 tahu karakter diesel2 dari innova, panther,fortie nih.. lain kali kalau beriringan di jalan terjal, harus hati2 nih di belakang mobil2 ini.. SM emang top :mrgreen:

Kalau dieselnya kuda gimana ya ? apa segarang truk nya ? di tanjakan maksudnya..
Tapi jangan mulai pertengkaran ya.. :mrgreen:
sy pernah stir yg ini bro, panther jkt bdg, krista diesel medan-balige, kuda diesel dalkot jkt, panther hi grade (yg turbo) dalkot, sepertinya semuanya hampir sama tarikkannya. bagi2 info aja kok bro, bukan utk pertengkaran :big_peace:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26953
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by DOHC »

btw utk soal tarikan, kalo berdasar feeling ane, panther yg seri sblom kapsul (tapi uda 2500 cc), lebi nendang tarikan nya dibanding yg kapsul (non turbo)... cuman panther yg jadul itu kopling nya lebi keras, kurang nyaman ketimbang kapsul baru yg lebi empuk kopling nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
caed
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Tue Aug 19, 2008 4:28
Location: SUMBAR

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by caed »

Nimbrung ah..Wah..mulai seru neh.tp,gw ingetin ya,wlpn adu argumen,tetep hrs jaga etika oke?
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by MitshuToyo »

BADAK wrote:Lebih berani mana, dibelakang truk yg bertenaga ato fortuner, innova, panther?? :2gunfire:
kalau truk muat pasir lebih enaklah.. jalan paling di bawah 30 kmh.. lebih enak untuk nyalipnya.. lagian biasanya mereka supir2 truk mau mengalah. sebagian ngasih kode kalau depan kosong, yang belum tentu hal yang sama di lakukan driver ketiga mobil tersebut...

Aniwei kalau udah pernah lewat sarangan-tawangmangu, atau gombel semarang, atau malang-madiun lewat tanjakan panjang songgoriti.. atau jalur alternatif Magelang -Parakan-limpung -Pantura.. pasti tahu maksudnya.. makanya wajar Pak wishmaster dan TS bikin tread seperti ini.. sangat mendebarkan dan bikin berkeringat bila di tanjakan berkelok2 kendaraan kita loyo untuk menyalip.. :big_peace:
Lagi nginjek rem..
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by liat2aja »

Iya iya argumen saling nyindirnya harus distop d,saya termasuk yg negative thinking, ayo back bahas masalah sesuai cerita TS (untungnya udah lebih detail skrg ceritanya, jadi enak ngebahasnya)

driving skill dalam hal ini berpengaruh ga? Gw cuma nanya ya, takutnya ada yg tersinggung lagi. Gw salah satu driver yg driving skillnya cukup buat driving di kota aja. Jujur kalo antar kota atau antar provinsi (lah travel kali) gw biasa jadi serep aja waktu "supir" utamanya capek, ga pernah gw nyetir full dari awal sampe tujuan. pastinya driving skill di medan tanjakan curam juga mesti lebih baik
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by maskopat »

nimbrung lagi ah...
kalo sepengetahuan ane, yang kuat tanjakan itu mobil bensin. lebih mudah untuk nyalip.. walau cc nya kecil. tapi koq banyak yang bilang diesel lebih kuat di tanjakan?
dugaan ane, karena mobil bensin lebih cepat untuk menaikkan RPM daripada diesel.. jadi walau torsinya kecil, tapi selama mampu naik, RPM akan terus meningkat. kalo diesel sepertinya cendrung statis atau lambat untuk peningkatan RPM.. makanya menurut ane mobil bensin lebih mudah untuk menyalip di tanjakan. cmiiw..

seperti starlet kotak yang 1300, bandung jakarta lewat lembang, jalan cagak, oke aja koq.. malah cukup kuat untuk nyalip...
bawa kijang super ke dieng juga kuat nanjak.. walau selalu gigi 1 dengan 3 penumpang dewasa berat sedang (60 kg) dan 1 bayi...

satu lagi rute lampung bakauheni.. rute ini banyak tanjakan yang sedikit curam dan panjang.. akibatnya sangat terasa mobil gak bisa maju.. waktu itu ane bawa kijang super. beberapa kali nyalip panther di tanjakan.. tapi pas datar dan turunan, ane disalip lagi..

kalo pas di tanjakan dan di depan kita truk dengan muatan berat, harus hati2.. ambil jarak secukupnya. kalo emang diperkirakan kendaraan kita tidak kuat untuk mendahului, coba bersabar.. jangan terlalu dekat dengan truk di depan.
jangan mengoper gigi kalau kiranya dengan mengoper gigi, kecepatan akan menjadi turun.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
wishmaster
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: Fri Oct 17, 2008 8:14

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by wishmaster »

bigpanther wrote: ah, gw bener2 bersyukur ketemu dgn org yang alamin hal yg sama dengen mesin d4 nya toyota...
ini membuktikan, gw gak mengarang cerita atw nyari sensasi..
bener2 gak bisa dipercaya...diesel bisa gak kuat di tanjakan..
untung masih disekitar tmpt parkir yg bapak alamin..
gmn kalo di kiri kanan jurang, dan mobil gak bisa tanjak?
bapak dah komplain ke bengkel?alasanya mereka apa?
gue blom komplain-2 mas, kalo sekedar sharing dgn mekanik-2 senior di astra dan specialist non beres aja sih udah, rata-2 memang memprediksi masalah di kampas koplingnya, mungkin bawaan barunya kurang bagus, sebagian lain memprediksi masalah di saluran bahan bakar atau filter-2 dan turbo yg kotor.
sementara ini sih gue biarin dulu, krn belum terlalu mengganggu sih, masih bisa diatasi dgn berbagai cara.
gue pengen tau batas kemampuan mobil gue, dan nunggu ada yg terbukti bisa menyelesaikan masalah, kalo sekedar coba-2 mah sayang mobilnya ah masih perawan.
makanya kalo bro bigpanther masalahnya bisa solved di auto2000 kalimalang kabar-2in ya... :)
wishmaster
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: Fri Oct 17, 2008 8:14

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by wishmaster »

MitshuToyo wrote: Lho, fortienya belum di modif seperti yang telah banyak disarankan di tread anda itu ya ? Atau kejadian itu setelah di modif ? :e-think:
saran-2 di thread lama itu gue ikutin sih bro, sempet maen ke Phoenix, ke REV, dan diskusi dgn temen-2 di Astra, ada banyak masukan yg gue dapet, misalnya modif ringan, nambah piggyback, intercoller, WAI, atau sekedar general check (khawatir masalah di saluran bahan bakar dan kampas kopling).
sementara blom ada yg gue kerjakan sih, takutnya salah pilih modif akhirnya malah mubazir (biaya modifnya gak ada yg murah bo', hahaha... :big_weee: )
rencana terdekat sih emang general checkup di auto2000 kalimalang, tapi nunggu 10.000 km dulu, sekarang masih di 8000 (gini deh nasibnya mobil yg kebanyakan nongkrong di garasi, nungguin 10.000 aja lama banget... :e-doh: )
wishmaster
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: Fri Oct 17, 2008 8:14

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by wishmaster »

maskopat wrote:nimbrung lagi ah...
kalo sepengetahuan ane, yang kuat tanjakan itu mobil bensin. lebih mudah untuk nyalip.. walau cc nya kecil. tapi koq banyak yang bilang diesel lebih kuat di tanjakan?
dugaan ane, karena mobil bensin lebih cepat untuk menaikkan RPM daripada diesel.. jadi walau torsinya kecil, tapi selama mampu naik, RPM akan terus meningkat. kalo diesel sepertinya cendrung statis atau lambat untuk peningkatan RPM.. makanya menurut ane mobil bensin lebih mudah untuk menyalip di tanjakan. cmiiw..

seperti starlet kotak yang 1300, bandung jakarta lewat lembang, jalan cagak, oke aja koq.. malah cukup kuat untuk nyalip...
bawa kijang super ke dieng juga kuat nanjak.. walau selalu gigi 1 dengan 3 penumpang dewasa berat sedang (60 kg) dan 1 bayi...

satu lagi rute lampung bakauheni.. rute ini banyak tanjakan yang sedikit curam dan panjang.. akibatnya sangat terasa mobil gak bisa maju.. waktu itu ane bawa kijang super. beberapa kali nyalip panther di tanjakan.. tapi pas datar dan turunan, ane disalip lagi..
pengertiannya sebenernya gini bro,
untuk mobil bensin itu sebenernya kalah di torsi, tapi menang di tenaga, sedangkan diesel sebaliknya.
maka untuk di tanjakan, mobil bensin akan terasa lebih gesit dan kencang karena lsg mencapai tenaga maksimal, namun ini dengan catatan body dan beban yg dibawa relatif ringan.
jika mobil bensin dijadikan kuda beban, artinya membawa beban yg berat diajak jalan pelan menanjak maka tenaganya akan lsg ngedrop, krn disini torsilah yg bermain.

sebaliknya untuk mobil diesel, dia memang tidak gesit dan kencang di tanjakan, namun harusnya tetap bisa merayap dengan mudah walau membawa beban berat dan tanjakan curam.
ilustrasinya seperti di offroad deh, kita kan gak perlu bawa mobil kenceng-2, cukup pelan-2 tapi semua rintangan tanjakan dan turunan dapat teratasi dengan mudah.

itulah kenapa gue sempet kaget waktu fortie diesel gue gak bisa diajak merayap di tanjakan parkiran rumah stroberry.
kalau harus ambil ancang-2 dan gas dari bawah, itu sih karakternya mesin bensin bro...
bigpanther
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Thu Jan 22, 2009 10:19

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by bigpanther »

hmmm, skrg gw ada titik terangnya...
mgkn juga koplingnya selip...atw kampas kurang bagus...
tapi tunggu hasil si teknisi yg ngetes kemaren lah..
dia juga cuman bisa mesem2...


btw, mbl kakak gw tuh manual...

gw bener2 bertrima kasih atas saran2 senior di SM.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26953
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by DOHC »

kayaknya pengertian ttg mesin diesel dari om wishmaster lebi bener sigh, diesel torsi berlimpah di putaran bawah, makanya itu jg yg bikin orang sering blg kalo tanjakan pake diesel aja gigi 2 masi bisa, soalnya gigi 2 di rpm bawah aja torsi maksimum uda dapet... soal kopling sigh bisa jg, mungkin karena stelan nya kurang pas jadi antara kampas kopling, roda gla dan gearbox kaga nempel seutuh nya, jadi yah kalo beban kelewat berat yah selip... atau kalo emang bawaan toyota bgitu (mungkin utk alasan lebi empuk dan comfort) apa bisa yah diganti dgn yg aftermarket :e-think: :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26953
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by DOHC »

tapi kalo soal tanjakan, bukan bearti mobil bensin itu payah, asal ngerti karakter mesin nya, dijamin tanjakan jg bisa dilalui... misalnya kalo mesin bensin, jangan ragu utk hajar rpm tinggi utk tanjakan terjal, dan gigi jangan diganti2... ane rasa sigh itu resep nya angkot2 unyil jago ngelahap tanjakan...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by GTR »

bro bigphanter,
setelah di-cek ke auto2000 nanti di-share lagi disini yah, biar clear bagi kita semua.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by zweifellos »

saya setuju dengan penjelasan om wishmaster, cuman mungkin menurut saya power itu kurang cocok diartikan tenaga (memang power = tenaga kalo arti bahasanya), karena setau saya tenaga itu lebih cocok ke torsi seperti yang om jelasin.

jadi mobil bensin bisa ngalahin diesel ditanjakan selama memang torsinya cukup 'menarik' mobil itu ke atas. mobil bensin bermasalah kalo torsinya dah ga cukup 'dorong' tuh mobil. kasusnya seperti yang dibilang om dohc yaitu kalo banyak beban. ini yang dulu juga saya rasakan bawa kijang sebelum kapsul. ga bisa gigi 3 di tanjakan, mesti gigi 2 apa gigi 1. beda misalnya pas bawa rocky, masih bisa gigi 3 cuman kendala ga bisa belok nyaman aja di gigi 3 (kecepatan terlalu tinggi).

mobil bensin bakal kerasa enaknya tentu kalo rpmnya tinggi. nah kalo torsi kurang (kalo beban banyak), power di mobil bensin pun terasa kurang berguna karena mobil ga bisa diajak ke rpm tinggi, kecuali masuk ke gigi rendah tapi gigi rendah juga punya limit akhir kecepatan di gigi itu. kasus seperti dulu bawa kijang (muatan penuh), mentok gigi 2 aja, tapi maksimal gigi 2 40-an kmh lebih, kalo digas lagi bakal meraung mesinnya tapi biasanya kalo digas lagi malah kurang kuat naiknya alias kaya ga dapat torsi (mungkin kurva torsi bensin memang seperti itu? jadi kalo rpm tinggi torsinya menurun?). beda misalnya pas bawa rocky (muatan penuh), gigi 3 masih dapat, jadi kecepatan masih bisa lebih tinggi dari kijang.

sori kalo contoh mobil bensin dan dieselnya ga nyambung, soalnya ga punya banyak pengalaman bawa mobil. :mrgreen:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26953
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by DOHC »

nah setelah ane baca pendapat soal diesel dan bensin ini... menurut SM ers disini, kira2 apa masalah si TS... scara mobil nya ipah diesel manual, turbo diesel common rail engine, bahkan kalo scara teori di atas kertas, tuh mobil powernya lebi gede dari panther atau kuda atau kijang kapsul diesel, tapi koq malah bermasalah di tanjakan...

btw, dulu ane perna coba ide rada gila sigh waktu ngelahap tanjakan2 dgn beban berat, yaitu ane coba kendor in kunci2 klip di rumah saringan udara, tarikan ternyata jadi lumayan logh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
cokino
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Aug 15, 2008 17:05

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by cokino »

Mau coba bantu bro BigPanther :

- Mesin meraung tapi ga mau nanjak ; biasanya kopling udah selip
- Putaran mesin drop : kemungkinannya saluran solar ada yg ga beres atau kotor
Injector pump bermasalah
Beban terlalu berat
Mesin overheating
Paling parah = Loss compression


Karakter solar lebih jago di tanjakan ? Mungkin.
Tapi kalo kita berani panteng RPM mesin bensin minimal separoh redline sepertinya mudah2 saja tuh mesin bensin di tanjakan. Emang beda karakter kali ya...Diesel biasanya Max TOrque di bawah 2000 RPM tapi redline 4000-5000 RPM sementara Gasoline Max Torque di atas 3000 dan redline 6000-7000 RPM.

Tapi ada lho pengecualiannya : 2F milik FJ40 Max Torque di 2000 rpm. Mau nanjak sambil towing mobil jg hayooo :big_peace: .
bigpanther
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Thu Jan 22, 2009 10:19

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by bigpanther »

GTR wrote:bro bigphanter,
setelah di-cek ke auto2000 nanti di-share lagi disini yah, biar clear bagi kita semua.
pasti om moderator....
trima kasih dah nebeng tempat keluarin masalah di sini...

sekali lagi, TRIMA KASIH
bigpanther
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Thu Jan 22, 2009 10:19

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by bigpanther »

saya mengucapkan TRIMA KASIH SEBESAR@NYA untuk para SM ers yang dah mampir ke thread saya ini.

TRIMA KASIH juga buat saran, pengalaman, dan pendapatnya.

kalo ada SALAH kata, saya ucapkan MOHON MAAF SEBESAR2NYA

nanti ada kabar dari teknisi auto2000 lagi, pasti saya share di sini...
:big_peace:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by BADAK »

bigpanther wrote:saya mengucapkan TRIMA KASIH SEBESAR@NYA untuk para SM ers yang dah mampir ke thread saya ini.

TRIMA KASIH juga buat saran, pengalaman, dan pendapatnya.

kalo ada SALAH kata, saya ucapkan MOHON MAAF SEBESAR2NYA

nanti ada kabar dari teknisi auto2000 lagi, pasti saya share di sini...
:big_peace:
:frm_tumbleft:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by mandala1 »

roadtrain99 wrote:
FortunerMan wrote:
Makanya...kalo org akal sehat kan pasti reaksinya...bawa ke bengkel, rusak tuh mobilnya. bukan
betulan atau bohongan? masa separah itu? apa perlu dijadiin warning utk mobil yg memakai diesel yg sama?
Maksudnya kan ketahuan banget...mau jelek2in Fortuner, seperti biasa. Di setiap thread yg ada masalah ama Innova komentarnya begini2 juga.
hahaha...lsg aja ketik nick id gw, kenapa hrs nyindir, kayak ibu2 rt...

sy memang betul bertanya, krn cerita ts agak sulit dipercaya. reaksi biasalah. Lagi pula TS jg bilang kk nya sedang tes mobilnya yg berumur 3 bulan dgn teknisi ASTRA. sy yakin tanpa sy saranin ke bengkel, pasti TS sudah ke bengkel dulu.

yg jelek2in siapa...*lol* baca deh quote nya di atas, apa gw tulis mesin ipah jelek dipake 42ner? cerita ts ini bisa sbg precaution utk user lain, itu gunanya forum kan, bagi2 info.
coba sy tanya, betul atau salah kalo ipah d4d mesinnya = di 42ner diesel?

jgn sok tau maksud org, apalagi melintir2 opini org. :e-think:
Hmmmm.......tapi kalo yg ditangkep dari tulisan nt sih emang udah ketauan koq maksud nt....
betulan atau bohongan? masa separah itu? apa perlu dijadiin warning utk mobil yg memakai diesel yg sama?
yg pake mesin diesel sama dgn innova apalagi kalo bukan Fortuner D4D? :D udah ah....ga usah ngeles kayak bajaj.....malah terkesan kayak omongan banci :mrgreen: btw dari statement yg nt tulis diatas udah ketauan koq siapa yg mulutnya kayak ibu2 tukang gosip..... :upss:
FortunerMan

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by FortunerMan »

@Mandala... :mrgreen:
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by abrof »

Bro...Mandala & FM ....... :off_no:
Nanti orang pada segan beropini lho....atau justru tujuan SerayaMotor gak tercapai.....mengungkap kebenaran di lapangan....buat semua pabrikan.....
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by maskopat »

mandala1 wrote: yg pake mesin diesel sama dgn innova apalagi kalo bukan Fortuner D4D? :D udah ah....ga usah ngeles kayak bajaj.....malah terkesan kayak omongan banci :mrgreen: btw dari statement yg nt tulis diatas udah ketauan koq siapa yg mulutnya kayak ibu2 tukang gosip..... :upss:
menurut ane sih, daripada kita ngelempar opini yang sindiran, mending kita bantu selesaikan masalahnya...
kalo mau ribut tentang mobil2 kebanggaan, di kamar sebelah aja... kalo di sini, kita cari solusi aja.. gimana?? :big_peace: :big_peace:

kasihan kan, beli mobil baru tapi dapet unit yang kurang memuaskan. 1/4 M lho uang yang sudah dikeluarkan.. :frm_bang_head: :frm_bang_head:

dan menurut ane, ini gak hanya terjadi di satu merk, di merk lain pun akan sama selama masih ada orang2 kupret yang tidak mau memberikan yang terbaik untuk customernya..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by maskopat »

abrof wrote:Bro...Mandala & FM ....... :off_no:
Nanti orang pada segan beropini lho....atau justru tujuan SerayaMotor gak tercapai.....mengungkap kebenaran di lapangan....buat semua pabrikan.....
gak usah takut om abrof.. kita ungkapkan saja kebenaran.. walau itu pahit..
tapi menyampaikannya perlu diplomasi yang bagus.. agar gak ada yang tersinggung.. :big_weee: :big_weee:

kalo menurut ane, om dal dan om FM cukup netral... kecuali sama ane... :mrgreen:
tauk tuh, mereka sensi banget sama ane.. :upss:

peace dulu ah... :big_peace: :big_peace: :cupss:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Post by abrof »

bro kopat.... klo om Mandala dan FM sentimen ama ente sih wajar.... :mrgreen: :ngacir: :ngacir: