Innova Diesel gak kuat di Tanjakan?

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

[WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Post by Profith83 »

Bro,

Peace dulu yah ...
Saya pemakai Panther 2005 KM 45.000 (belum pakai catalytic converter) dan Innova diesel 2008 KM 15.000 (pakai Catalytic converter)
Pada waktu tanjakan di Trawas (dekat Surabaya) wah dulu pada waktu pakai Panther masuk gigi 2-3 tidak pernah gigi 1 ...

Sekarang naik Innova diesel selalu gigi 1 di tanjakan trawas ... coba ditarik RPM sampai 3500 hampir 4000 pindah gigi 2 gak kuat pakai gigi 1 lagi ....

Mohon tanya Bro, kenapa dengan Innova diesel saya ? apa yang perlu distel (tidak mau dimodifikasi)
1. stel klep apakah bisa ?
2. stel injector apakah bisa?
3. atau stel apalagi yah Bro

di tol Surabaya cuma bisa 120 -130, tidak pernah bisa ke 140 karena tarikan lamban sekali ...
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel ?

Post by Profith83 »

Om Moderator,

Tolong diganti judul saya dengan "Innova diesel berat di tanjakan, top speed cuma 125 apa yang harus distel ?"

Profith83 wrote:Bro,

Peace dulu yah ...
Saya pemakai Panther 2005 KM 45.000 (belum pakai catalytic converter) dan Innova diesel 2008 KM 15.000 (pakai Catalytic converter)
Pada waktu tanjakan di Trawas (dekat Surabaya) wah dulu pada waktu pakai Panther masuk gigi 2-3 tidak pernah gigi 1 ...

Sekarang naik Innova diesel selalu gigi 1 di tanjakan trawas ... coba ditarik RPM sampai 3500 hampir 4000 pindah gigi 2 gak kuat nanjak jadi pakai gigi 1 lagi ....

Mohon tanya Bro, kenapa dengan Innova diesel saya ? apa yang perlu distel (tidak mau dimodifikasi)
1. stel klep apakah bisa ?
2. stel injector apakah bisa?
3. atau stel apalagi yah Bro

di tol Surabaya cuma bisa 120 -130, tidak pernah bisa ke 140 karena tarikan lamban sekali ...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Innova diesel kalah tanjakan dengan Panther

Post by Turboman »

Profith83 wrote: Saya pemakai Panther 2005 KM 45.000 (belum pakai catalytic converter) dan Innova diesel 2008 KM 15.000 (pakai Catalytic converter)
Pada waktu tanjakan di Trawas (dekat Surabaya) wah dulu pada waktu pakai Panther masuk gigi 2-3 tidak pernah gigi 1 ...
BBM nya pake solar / biosolar aja tanpa additive ?
Kalo iya coba cek CC nya, ada kemungkinan CC nya mampet (CC = Cat Conv)
Oli pakai apa ?
Saringan udara dari baru udah ganti belom ?
Oli gardan dari baru udah ganti belom ? :D

IMHO :
Mesin Diesel ber CC, mau CRD kek mau yg VE mekanikal kek idealnya pake solar dgn sulphur rendah supaya CC nya gak mampet.

Buat Ipah D4 D sih solusinya dengan ganti down pipe, dibuat free flow, soalnya Down Pipe asli disainnya juga parah, nekuk 90 derajat + ditambah CC. Down Pipe buat Ipah byk yg buat, kalo di Sby bisa pesen ke Kansai - Malang.

Kalo soal polusi, memang tanpa CC maka emisi NOx akan lebih besar, tapi kalo soal emisi CO2 itu tergantung driving style. (Sedang emisi HC & CO dari Diesel pada dasarnya sudah rendah)

Kalo ogut ikut mereduksi emisi CO2 dgn nyetir hypermile.......xixixixixixixiixxiixi :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Innova diesel kalah tanjakan dengan Panther

Post by Profith83 »

Sebenarnya Innova saya ada masalah :
1. sempat ganti long shaft utuh yang bentuknya 2 buah tabung panjang, katanya salah pasang punyanya hilux (harga 2.9 jt tapi free)
2. sampe sekarang masih bunyi pada waktu pindah gigi dari mundur ke maju ada bunyi .. DEK, setelah saya masuk ke kolong penyebabnya adalah : Ujung longshaft yang depan yang terhubung ke mesin dari situ penyebab bunyinya .. malah dari posisi persneleng mundur ke maju, longshaft sudah berputar 90 derajat, mobilnya masih diam ... alias kocak sekali.

Ini penyebabnya apa yah Bro TurboMan ?

Nanti setelah masalah ini selesai saya mau ganti olie gardan karena katanya mekanik penyebabnya bisa juga di gardan ...
tapi itu pas dia belum turun kolong, jadi nanti sabtu ke Auto 2000 minta mekaniknya turun ke kolong.
Turboman wrote: BBM nya pake solar / biosolar aja tanpa additive ? Pake Solar Dex
Kalo iya coba cek CC nya, ada kemungkinan CC nya mampet (CC = Cat Conv) --> bisa dicheck di auto 2000 ?
Oli pakai apa ? Shell Helix mau diganti dengan Castrol sekalian dengan filter olie, bagus mana castrol yang dijual auto 2000 atau shell helix diesel yang 1 liter sekitar 60-70 rb an
Saringan udara dari baru udah ganti belom ? belom :) --> akan saya ganti sabtu ini, KM sekarang sekitar 15.000
Oli gardan dari baru udah ganti belom ? :D belom juga :)

IMHO :
Mesin Diesel ber CC, mau CRD kek mau yg VE mekanikal kek idealnya pake solar dgn sulphur rendah supaya CC nya gak mampet.

Buat Ipah D4 D sih solusinya dengan ganti down pipe, dibuat free flow, soalnya Down Pipe asli disainnya juga parah, nekuk 90 derajat + ditambah CC. Down Pipe buat Ipah byk yg buat, kalo di Sby bisa pesen ke Kansai - Malang.

Kalo soal polusi, memang tanpa CC maka emisi NOx akan lebih besar, tapi kalo soal emisi CO2 itu tergantung driving style. (Sedang emisi HC & CO dari Diesel pada dasarnya sudah rendah)

Kalo ogut ikut mereduksi emisi CO2 dgn nyetir hypermile.......xixixixixixixiixxiixi :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel ?

Post by Hansen »

Profith83 wrote:Om Moderator,

Tolong diganti judul saya dengan "Innova diesel berat di tanjakan, top speed cuma 125 apa yang harus distel ?"
Judul sudah diganti, tetapi berhubung fieldnya tidak bisa memuat seluruh kata, maka ada beberapa kata yang saya kurangi :big_peace:

Kira2 udah sesuai belum yah om? :e-think: :e-think:
Image
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Post by BADAK »

Bro Turboman, gw baca di threat katanya Panther bisa dinaekkin boost turbonya dgn mengganjal wastegate nya ya? Bisa tolong info gambar nya bagian mana yg diganjal? Trz apa tidak ada efek sampingnya?
tq..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Innova diesel kalah tanjakan dengan Panther

Post by mandala1 »

Profith83 wrote:Sebenarnya Innova saya ada masalah :
1. sempat ganti long shaft utuh yang bentuknya 2 buah tabung panjang, katanya salah pasang punyanya hilux (harga 2.9 jt tapi free)
2. sampe sekarang masih bunyi pada waktu pindah gigi dari mundur ke maju ada bunyi .. DEK, setelah saya masuk ke kolong penyebabnya adalah : Ujung longshaft yang depan yang terhubung ke mesin dari situ penyebab bunyinya .. malah dari posisi persneleng mundur ke maju, longshaft sudah berputar 90 derajat, mobilnya masih diam ... alias kocak sekali.

Ini penyebabnya apa yah Bro TurboMan ?

Nanti setelah masalah ini selesai saya mau ganti olie gardan karena katanya mekanik penyebabnya bisa juga di gardan ...
tapi itu pas dia belum turun kolong, jadi nanti sabtu ke Auto 2000 minta mekaniknya turun ke kolong.
Hmmm.......maksudnya long shaft ini apa propeler shaft (kopel) yah om profith? :e-think:
kalo emang salah pasang bisa jadi ini penyebabnya.....mungkin jumlah gigi bagian dalam yoke sleeve (ujung as kopel) nya beda 1-2 gigi sama punya innova,, hmmm.....sebaiknya di komplain lagi aja om....
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Post by Profith83 »

Bro TurboMan : makasih yah atas pencerahannya ... saya akan ganti semua olie dan filter olie dan udara

Bro Hansen : makasih yah sudah ganti judul ... tapi jangan ditutup dulu yah topiknya biar aja sampai masalah saya selesai, sabtu ini ke bengkel mau ganti olie, tune up, setel klep ... sekalian coba di komplain

Bro Mandala : iya saya akan tanya terus soalnya semakin lama semakin nemen ... takutnya rontok tuh sambungan propeler shaft ke "gigi babi" atau as kopel ... sorry gue gak tah tuh namanya

Keep you in touch
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Innova diesel kalah tanjakan dengan Panther

Post by Turboman »

Profith83 wrote:Sebenarnya Innova saya ada masalah :
1. sempat ganti long shaft utuh yang bentuknya 2 buah tabung panjang, katanya salah pasang punyanya hilux (harga 2.9 jt tapi free)
2. sampe sekarang masih bunyi pada waktu pindah gigi dari mundur ke maju ada bunyi .. DEK, setelah saya masuk ke kolong penyebabnya adalah : Ujung longshaft yang depan yang terhubung ke mesin dari situ penyebab bunyinya .. malah dari posisi persneleng mundur ke maju, longshaft sudah berputar 90 derajat, mobilnya masih diam ... alias kocak sekali.
Wahhh kalo ini mah hayuk atuh di komplen dulu ke bengkel A2K yg bersangkutan :mrgreen:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Post by Hansen »

Profith83 wrote:Bro Hansen : makasih yah sudah ganti judul ... tapi jangan ditutup dulu yah topiknya biar aja sampai masalah saya selesai, sabtu ini ke bengkel mau ganti olie, tune up, setel klep ... sekalian coba di komplain
Beres itu bro......:off_good: tenang saja....:frm_tumbright:



Silaken dilanjuuuuut........:e-whistle: :e-whistle:
Image
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Post by mandala1 »

@profith: siiip lah om.... :frm_salut:
Oiya sbg buat patokan ini sy kasih nomer propeller shaft nya innova diesel 37100-0K150,, beda sama bensin 0K110 :)
FortunerMan

Re: Innova diesel kalah tanjakan dengan Panther

Post by FortunerMan »

Turboman wrote:
Profith83 wrote:Sebenarnya Innova saya ada masalah :
1. sempat ganti long shaft utuh yang bentuknya 2 buah tabung panjang, katanya salah pasang punyanya hilux (harga 2.9 jt tapi free)
2. sampe sekarang masih bunyi pada waktu pindah gigi dari mundur ke maju ada bunyi .. DEK, setelah saya masuk ke kolong penyebabnya adalah : Ujung longshaft yang depan yang terhubung ke mesin dari situ penyebab bunyinya .. malah dari posisi persneleng mundur ke maju, longshaft sudah berputar 90 derajat, mobilnya masih diam ... alias kocak sekali.
Wahhh kalo ini mah hayuk atuh di komplen dulu ke bengkel A2K yg bersangkutan :mrgreen:
Betul....di komplen aja terus sampe mampus...eh...sampe bener!
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Post by Profith83 »

Bro TurboMan,

Saya sekarang sudah 2 x ganti olie memakai Shel Helix Diesel super harga seliter bekrisar 60-70 an dulu
Kalau Olie di A2K adalah Castrol harga juga sekitar 60-70 an seliter

Bagus mana yah ? mohon reviewnya
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Post by Profith83 »

Update,

Kemarin Sabtu ke BeRes,
Katanya dia itu bunyi standart ... ya sudah kalau begitu ... at least ada garanasi 3 thn setelah itu dijual diganti baru ... gitu saja kok repot (mengutip Gus Dur)

mengenai berat di tanjakan dan top speed yang gak bisa lewat 120 or 125, belum di test lagi

Moderator untuk sementara bisa lock saja

Terima kasih
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Post by Hansen »

Profith83 wrote:Update,

Kemarin Sabtu ke BeRes,
Katanya dia itu bunyi standart ... ya sudah kalau begitu ... at least ada garanasi 3 thn setelah itu dijual diganti baru ... gitu saja kok repot (mengutip Gus Dur)

mengenai berat di tanjakan dan top speed yang gak bisa lewat 120 or 125, belum di test lagi

Moderator untuk sementara bisa lock saja

Terima kasih
Hehehe....tidak perlu di lock kok bro...dilanjut saja pembahasannya, sapa tau bisa ketemu solusinya :D

Namun jika bro Profith83 tetap menginginkan threadnya untuk di lock juga ga masalah :D

Tergantung kepada anda, gimana bro? :e-think:
Image
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Post by nescafe »

hmm,, kalau gw masih menunggu updatenya bro profith,, :D
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Post by Profith83 »

Coba Bro lain yang punya Innova diesel thn 2008 di tanjakan landai(biasanya carport) kalau carportnya tidak luas kan injak kopling gas berulang ... injak kopling gas lagi bisa sampai 3 kali .. nah disitu terdengar keras apalagi kalau kaca jendela sopir dibuka ... tiap kali lepas kopling sedikit bunyi JEDAK ... sekali bunyi maka tiap kali lepas kopling selalu bunyi sampai mobil di posisi parkir

Ternyata setelah dicoba dengan Innova yang lain thn 2009, juga ada bunyi begitu cuma tidak sekeras dan sesering punya saya thn 2008.

Yah saya anggap memang cacat product ...
Sebetulnya kalau Panther segede Innova dan modelnya gak jadul banget gue pilih Panther deh ..

Mesin handal Panther ... di TOL juga bisa 140 KM/jam dengan mudah ..
Tanjakan di Trawas gigi 2-3 ... mesin standart ...
Solar pakai Bio

Ipah diesel saya pakai Solar Dex di tanjakan yg sama gak kuat pernah coba tarik gigi 1 sampai RPM 4000 pindah ke gigi 2 gak sampe 3 detik musti pindah gigi 1 lagi.

Kalo Panther dari gigi 1 geber sampe RPM 3000 lebih dikit aja ganti gigi 2 SIP tuh nanjak terus ...
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Post by GTR »

phanter memang unggul di ratio total gigi-2 yg besar/kasar, bahkan mampu start pake gigi-2 juga tanpa terlalu stall.
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Post by mandala1 »

@profith: lantes gimana bro kelanjutan dari propeller shaft yg salah pasang? :e-think:
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Post by aldy »

@bro profith
Wah fatal banget tuh toyota defect produknya..ckckck ga nyangka..Apes ya bro..Kok bisa salah pasang emang gimana tuh ceritanya?? Jangan2 ada part yg lain juga salah pasang.. :off_no: :off_no:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
FortunerMan

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Post by FortunerMan »

aldy wrote:@bro profith
Wah fatal banget tuh toyota defect produknya..ckckck ga nyangka..Apes ya bro..Kok bisa salah pasang emang gimana tuh ceritanya?? Jangan2 ada part yg lain juga salah pasang.. :off_no: :off_no:
Kalo ane sih tak tongkrongin dealernya sampe bos nya keluar...trus mencak2 suruh beresin. Barang masih garansi kok...
silverlining
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Mon Aug 10, 2009 9:02

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Post by silverlining »

ikut nimbrung dikit om.
pernah bbrp kali punya diesel.
panther 2300 sd yg terbaru.
kijang diesel jg pernah.
innova diesel pernah pas test drive.

diesel sehrsnya raja tanjakan krn torsinya yg besar di rpm rendah.
mgkn untuk bensin udah hrs turun gigi 2 ato bahkan gigi 1 dgn rpm tinggi.
tp diesel bs kuat pake gigi 3 ato 2 dgn rpm relatif rendah dibanding bensin.

innova diesel pernah test drive diisi full 7 org dewasa enak aja libas tanjakan.
ya ga tau krn mobil baru ya :)
kelemahan panther dr dulu tuh per depan terlalu lembut.
anehnya ga pernah direspon ma isuzu indonesia.
secara umum pendapat sy diesel antara panther vs kijang vs innova lbh enak innova.
klo ada salah ucap mohon dimaapken :e-dance:
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Post by aldy »

Wah iya kok bro ane vote buat TOKINOV..Say no to ISPAN Mobil ngayun2 bikin mual (untung cuma dalkot waktu itu) ,suara berisik, interior getar semua gara2 mesin jadul psst psst nyaris tar terdengar..wakakak (ane ketawa denger iklan itu)Apalah arti jago nanjak..qiqiqi no offense ane udah merasakan sendiri apalagi bantingannya dibanding GL ane jauh bgt tuh ISPAN.. :big_peace: :big_peace: maaf nih no offense loh
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Post by aldy »

@bro profith kalo perlu masukkan ke detik.com bro biar ditanggapin serius..Tuh mobil bro profith permasalahannya ada pada defect product juga deh kayaknya..Setau ane TOKINOV diesel lebih dari 130km/h dgn enteng deh cz kapan tuh ditol ane jalan 140km/h masih bisa tuh nduluin mobil ane..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: [WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel?

Post by Profith83 »

@bro Aldy Gue juga takut kalau ada part lain yang salah pasang ...
Udah di tanjakan boyo ... top speed cuma 120-125 padahal kalau pakai panther sudah sering dapet 140 itupun jalan di depan masih kosong alias cepat sampai ke 140 ... kalau tokinov diesel lambat sekali sampai 120 KM, begitu sampai 120 KM di depan sudah ada mobil lain (saking lambatnya akselerasinya)
orang pasti gak percaya, tahunya tokinov lebih kenceng dari pada ISPAN .. tetapi itu yang saya alami

1. Akselerasi lambat
2. Top speed juga kurang gak bisa lewat 125 di tol
3. Tanjakan juga gak sekuat panther ..
4. Di tanjakan landai carport di rumah (kurang dari 10 derajat) tiap kali lepas kopling dikit 99% bunyi jedak yang sangat keras

No Offense yah Bro ... tapi inilah yang saya alami .. kalau dibilang sedih yah jelas jual panther 2005 beli innova diesel 2008 dapetnya gak lebih baik, tapi yah apa mau dikata itulah yang kuhadapi ...
mungkin saya punya ada cacat productnya entah dimana ... sedih tidak ada penyelesaian
aldy wrote:@bro profith kalo perlu masukkan ke detik.com bro biar ditanggapin serius..Tuh mobil bro profith permasalahannya ada pada defect product juga deh kayaknya..Setau ane TOKINOV diesel lebih dari 130km/h dgn enteng deh cz kapan tuh ditol ane jalan 140km/h masih bisa tuh nduluin mobil ane..