Mazda 5 vs Livina

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
liongkiky
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Aug 16, 2004 18:19

Mazda 5 vs Livina

Post by liongkiky »

Pihak Mazda menyebut Mazda5 sebagai sebuah kendaraan multi-activity dengan inspirasi dari sebuah mobil sport dan sebuah kendaraan transportasi yang efisien layaknya sebuah SUV besar. Mazda 5 2007 tersedia dalam tiga pilihan model, yang semuanya menggunakan mesin 2.3-liter inline-4 silinder yang dapat menghasilkan tenaga 153 hp pada 6500 rpm dan torsi sebesar 148 lb-ft pada 4500 rpm. Model yang pertama adalah Mazda5 Sport yang ditawarkan dengan harga $17635, memiliki fitur seperti AC, power windows dan central locking, multi-source stereo 4-speaker, roda kemudi dilengkapi dengan speed dan sound control, inboard armrests pada kursi baris kedua, four passenger assist grips dan carpeted floor mats.

Cruise control, roda kemudi tilt-and-telescope, power outside mirrors dan kursi pengemudi six-way adjustable dengan inboard armrest plus driver-to-car interfacing. Kursi dan panel pintu dilapisi dengan bahan fabric yang atraktif dan durable-looking dengan tekstur yang kontras pada bagian samping kursi dan insets. Ban menggunakan V-rated all-season radial berukuran 205/50 dengan velg alloy berukuran 17 inci.

Pilihan kedua adalah Mazda5 Touring yang memiliki fitur moonroof, in-dash six-CD changer, side sill extensions, liftgate spoiler, dan lampu kabut standar, AC otomatis, tambahan 2-speaker untuk stereo, roda kemudi dilapisi kulit, sebuah kombinasi antara meja fold-out dan cargo net bin untuk kursi baris kedua. Model ini ditawarkan dengan harga $19,150.

Mazda5 Grand Touring yang merupakan model terakhir dan terbaru, memiliki fitur antara lain kursi dilapisi kulit yang matching dengan cloth door inserts, kursi depan heated, dan lampu depan xenon high-intensity discharge (HID) dengan manual leveling. Model ini ditawarkan dengan harga $21,300 dengan transmisi yang digunakan adalah otomatis empat percepatan. Sedangkan model Sport dan Touring menggunakan transmisi manual dengan lima percepatan.

Fitur keselamatan standar yang terdapat pada ketiga model adalah dual-action frontal airbags, front seat-mounted side-impact airbags for torso protection, dan head-protecting side air curtains pada ketiga baris kursi. Setiap kursi juga dilengkapi dengan sabuk pengaman three-point dan head restraint adjustable. Kursi pada baris kedua dan belakang dilengkapi dengan child safety seat anchors (LATCH). Rem anti-lock dengan Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Brake Assist juga menjadi fitur standar.

Eksterior
Kap mesin mobil memiliki proporsi lebih baik dan menyatu dengan mulus dengan kaca depan dan pilar-A dibandingkan dengan Mazda MPV. Sebuah horizontal bar membagi grill mobil dengan logo Mazda berada di tengah. Lampu kabut yang terlihat oversize terletak pada bagian bawah bemper depan. Lampu depan terlihat membelah fender, memanjang ke samping body mobil.

Garis body samping yang geometris mengarah naik memanjang dari lampu depan sampai lampu belakang. Pilar-B dan pilar-C matte black membingkai kaca samping. Pegangan pintu memiliki warna yang sama dengan body mobil. Pada bagian belakang mobil, pintu belakang menyatu secara apik dengan bemper, dilengkapi dengan lantai kargo yang rendah untuk memudahkan memuat barang. Lampu belakang clear-lens yang trendy terletak rapi di kedua sisi jendela belakang.

Interior
Bagian interior diisi dengan dashboard terbuat dari bahan plastik dengan bentuk yang simetris antara bagian kiri dan kanan, sebagai karakter internasional dari Mazda 5 yang mudah diaplikasikan pada negara dengan letak kemudi yang berbeda. Celah untuk udara/AC berbentuk seperti jendela. Panel instrumen eye-catching dengan tampilan yang kontras antara speedometer dengan instrumen lainnya. Rak tengah, konsol persneling dan pegangan pintu depan terbuat dari bahan plastik dengan metallic-look.

Pada roda kemudi terdapat audio dan cruise control. Tombol pengatur audio dan temperatur pada rak tengah dashboard berbentuk bulat besar, mudah untuk dilihat. Sistem navigasi terletak di sebelah persneling. Kursi pengemudi manual height adjustment dengan head restraint yang adjustable pada semua kursi. Penglihatan penumpang pada semua baris kursi luas didukung oleh jendela yang luas dan tinggi kursi tiap baris yang berbeda dua inci, membuat penumpang pada baris belakang dapat melihat ke depan dengan bebas.

Akses masuk dan keluar bagi penumpang baris kedua dan baris ketiga dipermudah dengan penggunaan sliding door ditambah dengan kursi pada baris kedua yang dapat dilipat dan digeser untuk memberikan jalan bagi penumpang belakang.Kaca jendela pada pintu sliding roll-down, tidak sama dengan pintu sliding pada umumnya yang digeser.

Konsol tengah memiliki tempat penyimpanan yang cukup luas untuk menyimpan sebuah handphone dan 1/2 lusin CD dilengkapi dengan dua buah cupholder di depan. Ruang bagasi belakang dapat ditambah hingga mencapai 44 kaki kubik dengan melipat kursi baris ketiga, dan dengan kursi baris kedua yang dilipat ruang bagasi bertambah menjadi 90 kaki kubik.

Pintu bagasi belakang memiliki snub point pada gas struts yang akan menghentikan pintu sebelum terbuka penuh. Hal ini untuk mendukung pengguna mobil dengan tinggi badan yang lebih pendek. Mazda5 yang dikembangkan di Hiroshima,Jepang menawarkan sebuah paket kendaraan berpenumpang enam orang yang impresif dalam kisaran harga yang lebih terjangkau.[l3z/tim ABT]

Spesifikasi Mobil:

Mesin : 2.3-liter dohc 16-valve inline-4
Tenaga : 153 hp
Torsi : 148 lb-ft
Transmisi Sport,Touring/Grand Touring : manual 5-speed/otomatis 4-speed
Wheelbase : 108.3 inci
Berat : 1695 kg
Panjang : 181.5 inci
Lebar : 69.1 inci
Tinggi : 64.2 inci
Suspensi depan : independent, MacPherson strut, coil springs, gas-pressure shocks, stabilizer bar
Suspensi belakang : independent, multi-link, coil springs, gas-pressure shocks, stabilizer bar
Rem depan/belakang : vented disc/solid disc dengan ABS, EBD, Brake Assist
Ban : V-rated all-season radial 205/50R17

Harganya mirip2 Livina yah hehehe $17000
Denger-denger sudah di keluarin di Indo soalnya waktu iltu liat iklannya di kompas.
http://www.autoblackthrough.com/car_rev ... 0922b37f46
Kira-Kira Bagusan mana Livina atau Mazda 5?
Kalau model gw lebih demen Mazda 5 daripada Livina... gimana menurut rekan2?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
cowcool
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 479
Joined: Sun Feb 15, 2004 17:07

Post by cowcool »

Mazda5 yg masuk ke Indonesia kan harga OTR 300 jeti. Bagus sih cuma HP dengan cc segitu kayaknya kurang powerful ya.
surya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 238
Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44

Post by surya »

Harganya gak sebanding sama Livina... jauh lebih mahal Mazda 5. 17,000$ itu harga di luar negeri, gitu masuk Indonesia, bisa jadi di atas 30,000 USD :D
Harusnya Mazda 5 saingannya sama Grandis atau Odissey....
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Dibandingin dgn Livina yg mana nih?

Beda jauh tuh secara harga dan cc,
walaupun sama2 MPV

Tapi kalo saya gak salah ingat, iklan di Kompas sekitar 10 hari lalu,
adalah iklan Mazda 3
Image
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

ga comparable neh... beda harganya jauhh..
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

Positioning nya harus tepat betul nih... otherwise nasibnya seperti Mazda Premacy... bentuk nya bagus tapi penjualannya garing....
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

290 jt vs 180 jt an... yg bener aja -_-
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
liongkiky
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Aug 16, 2004 18:19

Post by liongkiky »

Ohh kirain harganya 17000 dolar beneran wakaka sorry guys .. wah harganya bedah jauh ternyata yah ... kalo gitu mah beda kelas .... coba harganya segitu wahhh dah banyak yang sikat kali yah hehehehe sayang mazda kurang layanan after salesnya sih yah padahal mobilnya mayan bagus kelihatannya ....
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

selain aftersales kurang..harga jual kembali ambrol..sparepart mahal...gw sih ogah.. 290 jt mending beli Wish aja..
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

bedanya jauh banget dibandingin sama Livina.... beda harganya aja bisa beli Hyundai Getz baru...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

Post by boilers »

Hmm, kalau harganya sudah hampir 300 jt jadi sekelas grandis ya ? Modelnya sih keren yah Mazda 5 ini :)
User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

Post by boilers »

Mazda 5 sudah di launch nih di Indo, ini beritanya dari mobilku... Sayang ya harganya mahal, 299 jt, sedangkan mesinnya cuma 2.0l 136 hp, bukan yang 2.3l.

Source: http://www.mobilku.com

Mazda5 minivan beraura sport


(12/06/2007) - Peminat minivan sekarang bertambah pilihanya dengan diluncurkannya Mazda5, akhir pekan lalu. Mazda Motor Indonesia (MMI) menyebutnya sebagai Multi-activity Vehicle (MAV) dan digambarkan sebagai minivan yang sporty dan menawarkan peforma tinggi.

Presiden direktur PT MMI menyebutkan,"Mobil ini bisa menjadi sahabat sejati setiap anggota keluarga dalam menjalankan aktivitas kesehariannya."

Mazda5 menjadi salah satu upaya memperkuat keberadaan brand Mazda di Indonesia. Mazda5 menawarkan kepraktisan mobil keluarga dengan faktor "fun to drive", kemampuan bermanuver secara gesit dan rancang bangun dinamis. Kepraktisan diwujudkan antara lain lewat pintu geser otomatis di dua sisinya dan pengaturan kursi 6+1 dan kargo yang fleksibel.

Nuansa sporti terasa pada pada tampilan eksteriornya yang aerodinamis, berlanjut ke kokpit bergaya sedan sport. Sedangkan penumpang baris kedua dan ketiga dimanjakan kenyaman dan kemewahan plus sunroof yang melahirkan kesan segar. konfigurasi kursi 6+1 terdiri dari 6 kursi dewasa plus 1kursi kecil. Kursi kecil ini diposisikan di antara dua kursi dewasa di baris kedua. Kursi kecil ini bisa dilipat dan disembunyikan dibawah alas kursi dewasa di baris kedua. Jadi jika tidak diperlukan, ruang dibaris kedua terasa lebih lega.

PIntu-pintu geser otomatis bisa dibuka lewat tombol di kontrol panel ataupun remote control. Untuk keamanan, pintu ini dilengkapi sensor anti jepit. Bila motor listrik yang menggerakkannya kehilangan daya, pintu ini bisa dibuka secara manual. Pintu geser ini bisa dibuka hingga 700mm dan diklaim sebagai yang terlebar di kelasnya. Dengan bukaan selebar itu, aktivitas keluar masuk menjadi lebih mudah termasuk ke baris ketiga.

Mazda5 punya reputasi bagus dalam test tabrak. European New Car Assessment Program (EuroNCAP) memberi nilai tertinggi, bintang lima untuk perlindungan penumpang dewasa. Japannese New Car Assessment Program (J-NCAP) mendapat bintang 6 dan mendapat predikat mobil yang mempu memberi perlindungan maksimal.

Fitur-fitur safety yang ada di Mazda5 meliputi airbag baru yang tingkat kekuatan letupannya disesuaikan dengan kerasnya benturan. Hal ini untuk menghindari resiko cidera karena airbag yang mengembang dengan keras. Fitur lainnya adalah ABS, EBD, dan konstruksi body Triple H. Juga Isofix child-seat anchor di kursi baris kedua.

Di Indonesia Mazda5 hadir dengan mesin 2.0 liter yang memproduksi daya maksimal 136/6500rpm dan torsi maksimal 175Nm/4000rpm. Mesin ini dipasangkan dengan sistem transmisi ActiveMatic 4-speed. Tangki berkapasitas 55 liter direkomendasi di isi bensin unleaded. Harga on the road Jakarta Rp 299 juta. Ada enam pilihan warna eksterior yaitu: Platinum Silver Metallic, Sunlight Silver Metallic, Strato Blue Mica, Galaxy Grey Mica, Brilliant Black, dan Dark Plum Mica (tersedia berdasarkan pesanan). Sedangkan warna interior hanya ada satu pilihan, hitam.
azumi
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Thu May 10, 2007 4:13

Post by azumi »

Tapi di Cina, nampaknya Nissan Livina Gneis (atau Grand Livina di Indo) memang diposisikan untk melawan Mazda Premacy (atau Mazda 5). Seperti yang dibilang oleh orang Nissan Jepang waktu launching kemaren.... Entah kenapa, di Indonesia, Grand Livina kelasnya jadi di bawah Mazda 5. Kalo Mazda 5 bisa dibuat seperti Grand Livina (harganya membumi), oke juga tuh....
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

mazda 5 mau harganya dibawah? bisa aja.. harus spek down habis2an juga.. kayak GL..:)
azumi
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Thu May 10, 2007 4:13

Post by azumi »

Yah... daripada mereka jual full cbu 299 juta jarang yang mau beli, kan mending jual ckd 190 juta (seperti versi ultimate)...
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Semenjak jadi MMI (tidak PT. Unicor-Indomobil group lagi), seperti-nya Mazda Indonesia belum punya tempat perakitan.
Jadi kelihatannya mungkin belum bisa CKD dlm waktu dekat.

CMIIW
Image
User avatar
dnz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: Wed Jan 31, 2007 3:51

Post by dnz »

exterior en feature mazda smuanya ok bgt,dari mazda 3,6,5, rx8,tribute, tp knp yah, interiornya koq ga kliatan 'waH' , jd kurang sreg en kebanting bgt.. ga sesuai sama harganya dah, sedangkan yang nyetir kan di dalem.. bkn diluar..
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

interior RX-8 jelek?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
plasworld88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36

Post by plasworld88 »

kl diliat dr exterior luar sama interiornya sekilas aja kan udh ketauan, ini sama sekali bukan kelasnya livina (or innova)
User avatar
dnz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: Wed Jan 31, 2007 3:51

Post by dnz »

RX-8 blm bgtu peratiin d, berhubung liat mblnya juga jarang ;(
itu loh, btk steering wheel nya yg segitiga designnya kurang, materialnya juga looks cheap; apa krn warna abu2, jd kyk plastik maenan..?
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Post by Leonhearts »

interior mazda 5 jelek ya. Harganya 299otr jkt. Ehm tapi fiturnya melebihi kompetitornya kaya GRANDIS. Di medan ga ada dealernya nih. Kapan masukknya
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

tapi bagaimanapun Grandis masi lebih keren...
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

eh btw, Mazda 5 itu 5 seater atau 7 seater sih? kok keliatannya bagian belakangnya pendek sekali?
Image
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Post by Leonhearts »

6+1, 6 orang dewasa + 1 anak2
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Leonhearts wrote:6+1, 6 orang dewasa + 1 anak2
Ya, dan ini baru jujur namanya. Daripada yang ngakunya 7-seater padahal jelas2 lekukan jok baris kedua dibuat hanya untuk dua orang. :e-naughty: