Proton Exora - PART 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Sun Jul 26, 2009 12:59
Re: Proton Exora
Review dari mobilku.com
Proton Exora
(16/07/2009) - Berminat membeli mobil keluarga? Ada satu model lagi yang patut dipertimbangkan, Proton Exora. Minivan pertama buatan negeri jiran ini diperkenalkan di Indonesia, 15 Juli 2008. Proton punya ekspektasi tinggi terhadap sukses Exora di Indonesia.
Indonesia adalah negara kedua setelah Malaysia yang menjadi pasar Exora. Minivan yang akan diposisikan di segmen medium MPV ini menawarkan semua hal yang diharapkan dari minivan. Mulai dari interior lapang, konfigurasi kursi fleksibel, tempat penyimpanan yang sangat beragam dan bagasi praktis dan lapang. Meskipun anda tidak mendapat pintu geser, pintu belakang Exora bisa dibuka sangat lebar sehingga akses keluar masuk menjadi mudah, bahkan untuk kursi baris ketiga.
Fransisco Sirait, head of national sales division mengatakan ada tiga faktor yang menjadi pertimbangan konsumen Indonesia dalam memilih minivan. “Yang pertama adalah interior luas, yang kedua adalah interior luas dan yang ketiga, interior luas, dan itu semua ada di Exora,†katanya.
Ya memang Exora patut di acungi jempol soal itu. Tidak usah bicara soal ruang untuk penumpang baris pertama dan kedua yang semua minivan bisa memberikan ruang lapang. Persoalan ruang biasanya terjadi di kursi baris ketiga. Kondisi ini karena biasanya ruang ini dianggap hanya untuk anak-anak, atau bisa juga karena disain ekterior mobil yang mengorbankan ruang belakang. Tidak banyak mobil tujuh penumpang yang bisa memberi ruang untuk dua orang dewasa dengan nyaman dibaris ketiga. Exora bisa.
Proton mengklaim, baris ketiga bisa mengakomodasi orang dewasa hingga tinggi 180cm. Dan itu terbukti ketika Proton menggelar media test drive. Dengan tujuh penumpang tiap mobil, maka pasti ada dua orang yang berada di kursi belakang. Proton mengatur sedemikian rupa sehingga setiap orang pernah duduk di kursi belakang. Dan kesimpulannya sama. Lega. Lutut tidak menempel dan ruang kepala sangat lega. Bahkan sandaran kursi belakang bisa di rebahkan- jika tidak ada barang di bagasi- sementara head rest bisa digeser hingga maksimal.
Selain dilengkapi head rest, baris ketiga juga dilengkapi dengan blower AC di kiri dan kanan, wadah botol juga di kiri kanan dan seatbelt untuk dua penumpangnya.
Safety
Sebagai kendaraan keluarga, keselamatan dan keamanan menjadi faktor terpenting. Proton melengkapinya dengan dua airbags, seatbelt pre-tensioner untuk penumpang, ABS+EBD, Immobilizer system, Central door lock, alarm dan keyless remote entry. Ada satu fitur menarik yaitu alarm history yang akan memberitahu pemilik bahwa ada seseorang yang pernah mencoba membuka pintu secara paksa. Alarm akan berbunyi dan indikator pintu di panel instrument akan menyala pada sisi pintu yang coba di tembus.
Salah satu fitur yang diunggulkan adalah in-car entertainment system yang diklaim terbaik di kelasnya. Selain CD player, juga dilengkapi aux in untuk MP3 Player ataupun iPod. Kelebihan lain yang ditonjolkan adalah konektifitas Bluetooth sehingga pengemudi bisa menerima telepon dengan lebih aman. Jika diperlukan, suara penelepon bisa di salurkan ke sistem audio mobil sehingga seluruh penumpang bisa mendengar kabar gembira bersama-sama. Saat menerima telepon, nomor pemanggil akan terpampang di layar sistem audio dalam ukuran yang relatif besar sehingga pengemudi tidak kesulitan mengindentifikasi siapa peneleponnya. Seluruh kontrol audio maupun telepon/Bluetooth bisa dilakukan lewat tombol-tombol di kemudi.
New engine
Khusus untuk Exora, Proton menyempurnakan mesin Cam Pro 1.6 liter dengan teknologi CPS (Cam Profile Switching). Ditambah dengan Variable valve technologi, DOHC dan variable intake manifold. Teknologi CPS ini memungkinkan profile cam shaft berubah. Profile pertama memaksimalkan efisiensi bahan bakar dan profile kedua memaksimalkan peforma. Dengan teknologi itu, produksi daya dan torsi mesin ini meningkat dibandingkan Cam Pro biasa. Kini produksi daya maksimal menjadi 125hp/6500rpm dan torsi puncak 150 Nm/4500 rpm. Sedangkan transmisinya ada dua yaitu 4AT dan 5MT.
Ada tiga pilihan tipe yaitu Exora Executive MT, Exora Executive AT, dan Subprime AT yang paling tinggi. Ada lima warna pilihan termasuk silver dan putih. Harga resmi baru akan diumumkan di 2009 Indonesian International Motor Show akhir bulan ini. Proton hanya menyebut tidak akan lebih dari Rp 210 juta.
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Proton Exora
Spt yg gw perkirakan dari awal... "function" and "feature" >> Exora bisa penuhi fungsi sbg MPV, cuma masalah merk PROTON yg harus di gebrak krn Indonesia sudah mendarah daging dg merk2 japs and euro.AD74YA wrote:nih kebetulan bawa brosur Exora Supreme.... Kenapa dari tadi saya ribut2 tentang fitur kayak sales jualan? (wekekekek) beberapa listnya;
10 cup holders, HU bisa bluetooth caller ID , cruise control, audio steering wheel, ABS+EBD, Dual airbag..(bayangin.. di mobil 180-an juta)... Dan beberapa hal lain yang menjadi standar di rivalnya...
Jadi bakal langsung bersaing dengan Freed 260jt (ga boleh sama yang 230 yaa soalnya kan ga ada airbag.. malu dong), dan GL 1.5 XV AT di harga yang sama...
Verdict: Bakal jadi rival kuat GL jika marketingnya gencar.. jika brand wareness dan jaringan servis bagus, bisa jadi car of the year just like GL beberapa waktu lalu.. No doubt.Jujur aja sih.. Rivalnya itu kualitasnya bagus.. kepentok Harga itu lho...poeticmind wrote:yaaaa kali aja, customer gue yg pake stream batal ngambil freed, go... ganti mau ambil exora. kena racun gue dia...AD74YA wrote:
Wakakak... teteplah.. masalah ergonomis ya masa nuker Serena sama Exora?... wakakakak.... ngakak.. ngakak...
Entah kenapa gw dari dulu pro produk under-dog yg berkualitas juara.
Under-dog belum tentu selamanya jelek, jangan skeptis sama produk2 dg merk baru, tentunya kita tetap harus selalu teliti, ... semua produk yg terkenal sebelumnya pasti harus melewati jadi produk baru yg teruji dan pastinya banyak konsumen skeptis pada awalnya.
Gw perhatikan Proton tidak mati angin, mereka serius semakin gencar menerobos masuk pasar otomotif Indo, kalau existensi mereka dibarengin dg ASS yg baik .. tidak mustahil akan bikin produsen japs garuk kepala.
Untuk kondisi market pricing sekarang ini ... Exora bisa dijadikan pertimbangan, kalo gw belum beli GL .. pasti gw pertimbangkan masak2. Krn dulu beli GL 1.8 XV M/T 165.5jt ... ga worthed gw jual GL ganti exora ... apalagi dah upgrade sini situ dan KM masih <8rb ... he he he....
Well... kondisi sekarang cuma ikutan test drive .. dan mengamati perkembangan si calon bintang MPV ini.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 655
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: Proton Exora
itu mah gampang... tinggal bawa ke bro maxx, beres...AD74YA wrote:Saya kebetulan sempat ngomong dengan staf proton di tempat TD..jalu wrote:yup..di booth proton memang cuma Exora Prime aja yang terlihat istimewa dibanding Exora yang lain....
kata dia rata2 yang nyoba mengatakan hal yang sama "nyaman, luas, dan lengkap..beberapa bilang tarikan agak lemah, tapi.. bla bla bla.."
Untuk poin nyaman : Proton udah terkenal merk nya di bidang ini
Poin Luas.. Front seat, ya luas.. Second dan third.. biasa saja.. serupa avanza
Lengkap: Audio steering wheel, airbags, led, dll untuk harga segitu?...
Lemot: sayang belum test.. mungkin terpengaruh berat body...QC untuk exterior OK.. Nggak ada masalah..Spyshot wrote:Bro kalo soal Built qualitynya gmn? Gw barusan baca majalah mobilmotor kualitas material dan quality control masi jelek. Kayaknya semua mobil2 proton bermasalah ma quality controlnya deh.
Untuk interior, yang sempat saya perhatikan, pas nutup pintu terdengar kasar, bahan dasbor n doortrim murahan dan pastinya gampang kotor atau gores, laci depan agak seret (mungkin karena baru). Sisanya nggak ada masalah.. cukup detil..
Mungkin maksudnya QC lebih cenderung ke bahan dasbor dan jok fabrik nya... untuk harga segitu... hmmm.... rata-rata merk rakyat di harga segitu juga kurang baik jujur aja.. memang sebenarnya itu masalah besar sih... tapi ketika masuk akan tertuju ke fitur2..
kebelet test drive nih!.. tadi buru-buru pulang sih..
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Proton Exora
bwakakakakak ... plg bisa loDogies wrote: itu mah gampang... tinggal bawa ke bro maxx, beres...
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Proton Exora
esh wrote:Terpaksa nggak bisa test drive deh
Bro esh, tadi pagi gw lewatin showroom proton sunter ... dah nangkring tuh 1 unit exora di parkiran .. belum tanyain itu unit TD atau mobil indent milik orangesh wrote:Bagaimana kalau kita cari showroom proton di tempat lain om maxx?
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Proton Exora
Mudah2an unit buat TD om maxx. Terus terang sikap saya terhadap Proton Exora sama dengan om maxx, belum ada rencana untuk membeli exora, masih puas pake GL 1.5 XV AT. Apalagi accessoriesnya sudah lumayan lengkap.
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Tue May 13, 2008 12:31
Re: Proton Exora
Gue TD pake Persona + Gen2... Dua-duanya enak untuk dikendarai .. nggak kalah ama mobil Jepang dan Korea ... Exterior oke tapi bahan untuk interior kayaknya masih perlu perbaikan jika mau bersaing ama mobil Jepang... Tapi wajarlah untuk sedan seharga Rp 150 - 160 juta.akthuro wrote:yg di TD itu persona atau exora bos? ceritain donk hasil TD-nya.....KuCrut wrote:Mobil Proton yang paling oke dan berharga sebenarnya bukan Exora tapi Persona ... Sedan dengan fitur lengkap sekelas Altis, Lancer dan Civic tapi dengan harga cuman Rp 166.0 Juta (on the road untuk tipe high line) ..
Gue uda TD di showroom proton di Slipi ...
Tapi yang bikin nangis .. resale valuenya ... hancur banget!
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Proton Exora
resale value proton? ... gw belum bener2 perhatiin nih... tp yg gw lihat proton savvy .. harga awal 90jtan... bekasnya thn 07 masih 80jtan.KuCrut wrote:Gue TD pake Persona + Gen2... Dua-duanya enak untuk dikendarai .. nggak kalah ama mobil Jepang dan Korea ... Exterior oke tapi bahan untuk interior kayaknya masih perlu perbaikan jika mau bersaing ama mobil Jepang... Tapi wajarlah untuk sedan seharga Rp 150 - 160 juta.akthuro wrote:yg di TD itu persona atau exora bos? ceritain donk hasil TD-nya.....KuCrut wrote:Mobil Proton yang paling oke dan berharga sebenarnya bukan Exora tapi Persona ... Sedan dengan fitur lengkap sekelas Altis, Lancer dan Civic tapi dengan harga cuman Rp 166.0 Juta (on the road untuk tipe high line) ..
Gue uda TD di showroom proton di Slipi ...
Tapi yang bikin nangis .. resale valuenya ... hancur banget!
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Proton Exora
resale value dijamin, dan saya rasa tidak jatuh kok... dengan harga awal yg cukup murah.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Proton Exora
Resale value bisa dijamin dengan buy back guarantee oleh dealer, ceritanya akan lain kalau ngejualnya ke pedagang mobkas pasti ditawar serendah2nya.poeticmind wrote:resale value dijamin, dan saya rasa tidak jatuh kok... dengan harga awal yg cukup murah.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 637
- Joined: Sat Dec 27, 2008 12:45
- Location: Lamongan
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Proton Exora
Gw perhatikan mirip2 ukuran wish, grandis atau mazda 5 nih... udah itu yg bikin ga tahan tuh.. feature berlimpah... heeeehhhh... ck ck ck ... cuma bisa kepengen.. tp blum bisa memiliki .. krn sudah terikat GL nih, not worthed kalo dah pake GL .. dijual trus beli exora, buat yg lagi cari2 MPV .. saran gw di coba lihat2 exora deh... worth banget u/ dibeli.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Proton Exora
di IIMS ada satu lagi MPV yg mayan murah, itu Hyundai Trajet 2.0 matic captain seat komplit ditawarin 212jt.danangms wrote:Satu lagi pilihan MPV ekonomis.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 745
- Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13
Re: Proton Exora
ini jg brg bagusGTR wrote:di IIMS ada satu lagi MPV yg mayan murah, itu Hyundai Trajet 2.0 matic captain seat komplit ditawarin 212jt.danangms wrote:Satu lagi pilihan MPV ekonomis.
dulu ktnya pake mesin mitsu (ga tau skrg), lbh lega dan nyaman dibanding ipah
fitur mirip2 (bhkn lebih) tp harga lbh murah dr pesaing sekelas
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 637
- Joined: Sat Dec 27, 2008 12:45
- Location: Lamongan
Re: Proton Exora
Makin banyak aja pilihannya. Tinggal uangnya yg belum siap. Hehehe...GTR wrote:di IIMS ada satu lagi MPV yg mayan murah, itu Hyundai Trajet 2.0 matic captain seat komplit ditawarin 212jt.danangms wrote:Satu lagi pilihan MPV ekonomis.
Safety First
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Mon Apr 02, 2007 2:57
Re: Proton Exora
kalo yg sdh pake Avanza, dijual terus nambah sedikit aja utk beli Exora menurut bos maxx dan rekan2 worthed gak ya ?maxx wrote:Gw perhatikan mirip2 ukuran wish, grandis atau mazda 5 nih... udah itu yg bikin ga tahan tuh.. feature berlimpah... heeeehhhh... ck ck ck ... cuma bisa kepengen.. tp blum bisa memiliki .. krn sudah terikat GL nih, not worthed kalo dah pake GL .. dijual trus beli exora, buat yg lagi cari2 MPV .. saran gw di coba lihat2 exora deh... worth banget u/ dibeli.
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Proton Exora
Naahh... buat yg ingin dapatkan mpv dg feature komplit, lebih nyaman, fungsional dan besar >> jual avanza nambah dikit doang masih worthed deh.fbhakim wrote:kalo yg sdh pake Avanza, dijual terus nambah sedikit aja utk beli Exora menurut bos maxx dan rekan2 worthed gak ya ?maxx wrote:Gw perhatikan mirip2 ukuran wish, grandis atau mazda 5 nih... udah itu yg bikin ga tahan tuh.. feature berlimpah... heeeehhhh... ck ck ck ... cuma bisa kepengen.. tp blum bisa memiliki .. krn sudah terikat GL nih, not worthed kalo dah pake GL .. dijual trus beli exora, buat yg lagi cari2 MPV .. saran gw di coba lihat2 exora deh... worth banget u/ dibeli.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 705
- Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33
Re: Proton Exora
maxx wrote:tapi balik lagi masalahnya, antara mau nasionalis atau cuek yg penting punya mobil bagus + murah.
hmm.... tuh yg ngebom barusan ini juga orang indo sendiri kan? ... bicara nasionalis? ... orang bodoh yg nge-bom di negara sendiri ... sana kalo emang mau ngebom ... bom di negara yg di benci .. masa membunuh orang sendiri yg jelas2 ga punya salah sama mereka?
Maksud gw orang indo bunuh orang indo .. tp kok orang indo tidak benci orang indo?
Loh.. jadi nyasar nih.. he he he....
Intinya tidak ada baiknya kita sangkut pautin masalah SARA dg produk, orang indo yg ngebom kan bukan semua orang indo spt itu, ga fair dong kalo semua orang INDO dianggap terorist dan bertabiat biadap oleh dunia?.... sama halnya dg orang malay yg [cencored] semena2, ... tp tidak semua orang malay spt itukan? .. apakah fair diperlakukan spt itu? ... nah trus kalau semisal Proton sekarang dibeli balik oleh LOTUS .. jadi produk eropa tuh... gimana?
dalang yang nge BOM orang malingsia he...he...
Seeing is believing[*][/size]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 745
- Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13
Re: Proton Exora
bs ga exora dibenerin di bengkel non beres?
terutama bagi org2 luar jkt yg pengen exora
terutama bagi org2 luar jkt yg pengen exora
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Proton Exora
Wah kalo gitu yang pake proton jangan sekali2 lewat mega kuningan jakarta yaa...wakakakakak
Kaboor
Kaboor
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Tue Jul 07, 2009 15:59
Re: Proton Exora
Captivated wrote:bs ga exora dibenerin di bengkel non beres?
terutama bagi org2 luar jkt yg pengen exora
Saya yakin seharusnya bisa toh proton kan tidak memproduksi mesinnya sendiri. Hmm... ada terpikir juga ingin ganti, namun di kota ini hanya di pamerin savvy dan yang lainnya, belum ada kesempatan di Exora, kalau ada TD mau test nih, sambil tunggu bbrp bulan review dari temen2 kita di SM yang sudah beli. Kalau cocok, Nissan mungkin kujual saja, karena masalah konsumsi bbm saya saja ga selesai2... pusing.......
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26921
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Proton Exora
bro budi, itu masalah konsumsi bbm livina anda, ada baik nya anda langsung email ke orang nissan nya... bisa email ke orang dalem nissan nya gt sperti pak teddy dan pak ronny... dulu ada kasus owner livina di luar jakarta yg mesin nya glitik terus walaupun uda pake pertamax plus, dan stelah di kotak katik ama beres tetep ga beres... dan stelah dia complain di milis dan email, pihak NMI kirim mekanik khusus terbang ke tempat yg bersangkutan, dan akhirnya beres dehh....
tapi kalo anda mo beli exora jg bukan ide yg buruk sehh.. makin diliat cakep jg nehh.... safety kelas dunia, mesin lisensi lotus eropa.... plat body proton denger2 kaga tipis kaya mobil jepang lain nya... dan harganya cukup bersahabat.... bener2 menggiurkan....
tapi kalo anda mo beli exora jg bukan ide yg buruk sehh.. makin diliat cakep jg nehh.... safety kelas dunia, mesin lisensi lotus eropa.... plat body proton denger2 kaga tipis kaya mobil jepang lain nya... dan harganya cukup bersahabat.... bener2 menggiurkan....
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Proton Exora
Iklan Proton Exora sudah masuk di TV lho, cakep juga lho.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Proton Exora
Proton ambil basis mesin mitsubishi..cmiiw..
Yg Lotus licensed itu suspensinya, tapi ini ada di Timor juga kalo ga salah, jadi cuma image aja.
Yg Lotus licensed itu suspensinya, tapi ini ada di Timor juga kalo ga salah, jadi cuma image aja.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Sun Jul 26, 2009 12:59
Re: Proton Exora
July 28, 2009
Proton Exora blooms in town
The Exora will be the new cheap MPV
By Andy Hum in Jakarta, Indonesia
Proton’s first MPV has arrived in Singapore with a price tag of $57,999 with COE. Called ‘Exora’, it will mainly rival the aging $67,000 Kia Carens.
It comes with a 1.6-litre ‘CamPro CPS’ engine made by Proton, with the aid of Lotus, and a new modular chassis, also developed with the help of Lotus. The in-line four powerplant generates 125hp and 150Nm of torque, helping the nearly 1.4-tonne Exora get from 0-100km/h in 15.5 seconds.
We got to test drive the new Exora in Jakarta recently and also spoke to lead engineer for the Proton Exora project, Mohd Najib bin Mahmood about how they flexed their owner muscles with Lotus, a two-door coupe and their plans for the near future.
Interview with Mohd Najib bin Mahmood, lead engineer, Platform Management Division
CB: How did Lotus help to develop this car?
Najib: Lotus is good in chassis engineering, setting up the suspension of the car, NVH, and also for ride and handling. Lotus came to Malaysia during its early development stages to test, calibrate and tune the chassis, and it was further developed in the UK to troubleshoot any parameters.
CB: What took Proton so long to come up with an MPV?
Najib: Actually, this is our fourth attempt to introduce an MPV. But this is the one that really makes us proud. It has a very intelligent platform that we developed for Proton so that in the near future, we can derive a number of cars from it. From this platform, we can produce sedans, large cars and SUVs.
At this point, Najib shares that a medium-segment sedan prototype is already being tested.
CB: Why was it not engineered to achieve a five-star crash test result?
Najib: We achieved a four-star rating with the body compartment, but in order to achieve five stars, it requires additional side and curtain airbags. The most important thing is the body; the strength of the A- and B-pillars, side bars and the roof have already higher safety ratings. Introducing those airbags will increase the cost of the car. The most important are the driver and passenger’s airbags.
CB: Will there be a two-door coupe based on this platform?
Najib: Yes, in fact we are just waiting for direction from our management. If they want it, this platform can be used.
Proton Exora blooms in town
The Exora will be the new cheap MPV
By Andy Hum in Jakarta, Indonesia
Proton’s first MPV has arrived in Singapore with a price tag of $57,999 with COE. Called ‘Exora’, it will mainly rival the aging $67,000 Kia Carens.
It comes with a 1.6-litre ‘CamPro CPS’ engine made by Proton, with the aid of Lotus, and a new modular chassis, also developed with the help of Lotus. The in-line four powerplant generates 125hp and 150Nm of torque, helping the nearly 1.4-tonne Exora get from 0-100km/h in 15.5 seconds.
We got to test drive the new Exora in Jakarta recently and also spoke to lead engineer for the Proton Exora project, Mohd Najib bin Mahmood about how they flexed their owner muscles with Lotus, a two-door coupe and their plans for the near future.
Interview with Mohd Najib bin Mahmood, lead engineer, Platform Management Division
CB: How did Lotus help to develop this car?
Najib: Lotus is good in chassis engineering, setting up the suspension of the car, NVH, and also for ride and handling. Lotus came to Malaysia during its early development stages to test, calibrate and tune the chassis, and it was further developed in the UK to troubleshoot any parameters.
CB: What took Proton so long to come up with an MPV?
Najib: Actually, this is our fourth attempt to introduce an MPV. But this is the one that really makes us proud. It has a very intelligent platform that we developed for Proton so that in the near future, we can derive a number of cars from it. From this platform, we can produce sedans, large cars and SUVs.
At this point, Najib shares that a medium-segment sedan prototype is already being tested.
CB: Why was it not engineered to achieve a five-star crash test result?
Najib: We achieved a four-star rating with the body compartment, but in order to achieve five stars, it requires additional side and curtain airbags. The most important thing is the body; the strength of the A- and B-pillars, side bars and the roof have already higher safety ratings. Introducing those airbags will increase the cost of the car. The most important are the driver and passenger’s airbags.
CB: Will there be a two-door coupe based on this platform?
Najib: Yes, in fact we are just waiting for direction from our management. If they want it, this platform can be used.