Renault Kangoo : Boxy follows function, but is it enough?

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Renault Kangoo : Boxy follows function, but is it enough?

Post by conan »

(Bung Szli, ini terutama ditujukan pada Anda..)

Renault Kangoo ini sekarang masih tersedia sebagai unit CBU, seharga Rp 169 juta on the road.
Tahun ini Kangoo mulai dirakit lokal (CKD) di Malaysia, sehingga dengan skema AFTA, harganya di Indo pun akan turun jauh. Perkiraan, bisa bersaing dengan Toyota Avanza V (VVTi).

Kangoo ini merupakan kombinasi bodystyle MPV, van dan hatchback dengan menggunakan underpinnings dari Renault Clio hatchback sebagai basisnya. Walaupun bentuknya sangat boxy, tapi akibatnya menghasilkan interior space yang sangat optimal dan efficient.
Panjangnya hanya 3.995 mm, lebih pendek dari Avanza yang 4.070 mm.
Tapi tingginya 1.800 mm, jauh lebih tinggi dari Avanza yang 1.685 mm. Headroom sangat besar.

Kangoo ini model modern yang sudah dilengkapi mesin direct-injection, ABS, dual airbags dan, sliding reardoors! On both sides!

Top speed 153 Kmh, 0-100 Kmh dalam 13.7 detik.
Dengan jok belakang dilipat, luggage space bisa mencapai 2600 liter.

Kangoo ini jauh lebih praktis dan jauh lebih lega dari Avanza, dan nama besar Renault sebagai aliansi Nissan dan salah satu produsen mobil yang paling pesat pertumbuhannya di Eropa, sudah terbukti.

Tapi, apakah Kangoo ini akan lebih dipilih daripada Avanza V? Bukankah jika Kangoo masih lebih mahal sedikit juga, adalah harga yang pantas yang dibayar untuk mendapatkan optimal space untuk kenyamanan dan kepraktisan? Atau Avanza lebih cantik, dengan bentuknya yang curvy dan somewhat aerodinamis?

Will you prefer this Kangoo to Avanza V?

And, would you buy a Kangoo?

(Nah, Bung Szli), berbicara tentang mobil kecil yang pintar, atau minivan yang mudah dibawa manuver, apa yang kurang dari Kangoo ini, coba? Panjangnya hanya 3,995 meter, tapi dengan design yang serba kotak dan dengan tingginya yang 1,8 meter, ia memberikan semua penumpangnya headroom yang luar biasa! Dan dengan optional third rear bench, ia bisa memuat 7 penumpang dan semuanya mendapatkan headroom sangat lega!
Dibandingkan dengan Avanza yang masih serba 'curvy', interiornya serba compromised.

Meminjam kata2 Anda,
szli wrote:"U can put more stuff in a box than in a cylinder !"
Dan karena Anda sangat menyukai bentuk minivan dan design kotak untuk sebuah mobil keluarga, bukankah Kangoo ini telah memberikan semua yang Anda cari? Dan harganya juga murah, versi CKD mungkin bisa sekitar Rp 120-130 juta saja. Juga sudah dilengkapi ABS dan Airbag, dua safety features yang dulu Anda bilang, "Bahkan City saja sudah punya".

Menurutku, sangat logis jika Anda menyukai dan membeli Kangoo ini? Misalnya, untuk mengganti Stream Anda?

Tapi bila tidak, aku curious, mengapa Anda tidak mau this boxy beauty?
What is it that makes it not the dream box you've been looking for?

And if you don't feel like buying this Kangoo, could it be that your reasons are the same reasons why minivans are not as popular as MPVs, and never will be?

:)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by conan on Fri Apr 22, 2005 4:29, edited 3 times in total.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Pics of the sliding doors and cabin
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by conan on Thu Apr 21, 2005 9:52, edited 1 time in total.
cowcool
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 479
Joined: Sun Feb 15, 2004 17:07

Post by cowcool »

Interior ok dan versatile ... Kalau saja designnya kontemporer n engga mikirin resale value ... saya au dah beli satu
ReviewDong.com - Review Mobil dan Produk | DepotKantor.com
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Yg pasti, Kangoo ini sangat laris di benua Eropa. Kalo masyarakat sana emang sangat mementingkan fungsi dr pd model. Sedangkan msy sini kan lebih mementingkan model dulu dr pd fungsi.

Jadi walopun misalnya Kangoo memiliki harga yang terjangkau (se-level Avanza / Xenia) dan resale value bagus, tetap kurang laku di sini. Karena modelnya itu yang cukup aneh.
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Bung Conan,

Sebetulnya saya pertama kali lihat cabin Kangoo ini suka juga. Seperti cabin pesawat terbang dengan overhead consolenya.

Apalagi yang sekarang mukanya lebih bagus banding yang dulu.

Cuman, yaitu, cuman, sideviewnya terlalu aneh. Laki ngak, perempuan ngak. At least boxynya Serena / Alphard masih OK. Kangoo ini kap mesinnya curvy, bodinya kotak. So seperti bencong !

Coba, kalau shapenya di perbaiki, bisa lumayan !

At least ini mobil di negara lain laku keras. Cuman di Indo, Renault bengkelnya terlalu dikit, orang Indo kan paling takut mau ke bengkel ke jauhan !

Juga masih CBU, harganya tinggi banding featurenya.

Sebenernya mobil eropa macam Renault / Peugeot designnya lumayan. Misalnya Renault banyak MPV yang ada 3 headrests per baris, dan banyak feature advanced, intelligent yang seperti Lamp follow me home etc.

Cuman bentuknya yang agak aneh, harga, dan merek yang baru bikin orang sini takut belinya.

Sampai sekarang saya masih dengar orang ngomong Nissan nanti resale valuenya jelek ! Ini pun setelah sudah banyak orang yang ngerti ngaku bahwa X-Trail resale valuenya sudah lebih bagus dari the Great Honda CRV !

There will always be people who refused to change, who sticks to old myths and images, who still believes in foot binding for example...

Percaya saya deh ! Asal mobilnya cantik, fungsional, praktis, dan enak di pakai, dan asal mereknya ngak rewel, pasti resale valuenya bagus ! Of course bengkelnya harus banyak. Kalau ngak juga susah !
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

szli wrote:Cuman, yaitu, cuman, sideviewnya terlalu aneh. Laki ngak, perempuan ngak. At least boxynya Serena / Alphard masih OK. Kangoo ini kap mesinnya curvy, bodinya kotak. So seperti bencong !
:mrgreen:

Well, depannya rendah karena Kangoo ini underpinningsnya dari Clio hatchback. Jadi driving position seperti sedan, dengan bodi minivan. Karena banyak orang tidak suka driving position minivan yang tinggi. Tapi diberi begini, protesnya pindah ke tempat lain, deh. Memang bentuknya err, unconventional.
Everybody's trying to make the perfect car for each genre, but everyone has to deal with compromises.. :)
szli wrote:Juga masih CBU, harganya tinggi banding featurenya.
Akan mulai di-CKD di Malaysia dan masuk Indo dengan skema AFTA..
szli wrote:There will always be people who refused to change, who sticks to old myths and images, who still believes in foot binding for example...
You can say that again! Kekekeke :mrgreen:
Blue
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Wed Aug 25, 2004 14:47

Post by Blue »

Hmmm, sayang modelnya kurang menarik, lebih mirip mobil barang ketimbang mobil pribadi.