masalah pada kijang

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
herry_chen
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 471
Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
Location: Jakarta utara

masalah pada kijang

Post by herry_chen »

hi salam kenal saya pendatang baru di forum ini
saya ada sedikit masalah nih tentang mobil kijang saya
mobil saya kijang lx tahun 2001 mesin 1800cc kalburator
masalahnya adalah kok sekarang tarikan mobilnya ngak responsif lagi
dan kok sekarang kalau saya menginjak gas pada rpm tinggi di setiap gigi kok ada suarah mendengung yang keras? apa suarah itu apakah dari silicon visco fan yang sudah kering
mohon bantuanya
trims sebelumnya
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

masalahnya adalah kok sekarang tarikan mobilnya ngak responsif lagi
Coba di Tune Up dulu. Siapa tau tarikannya jadi lebih terasa.
Kemudian coba ganti filter udaranya yang buat Racing.
dan kok sekarang kalau saya menginjak gas pada rpm tinggi di setiap gigi kok ada suarah mendengung yang keras? apa suarah itu apakah dari silicon visco fan yang sudah kering
Masalah ini ada baiknya di cek ke Bengkel yang andal ...
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

bisa jadi platinanya sudah aus.......
User avatar
herry_chen
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 471
Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
Location: Jakarta utara

masalah pada kijang

Post by herry_chen »

udah saya tune up di bengkel resmi dan bengkel biasa tapi ngak ngebantu platina masih bagus.
dan soal ganti saringan udara yang ngebantu saya sudah pernah ganti dengan model k&n dengan hambatan kecil tapi malah bikin mobil brebet dan susah di star dan bunyi sedot mesin jadi kencang sampai kedengaran ke dalam kabin mobil...........
gimana dong biar mobil saya jadi enak kayak standart lagi
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Bung Herry Chen,

Saya mau bikin satu joke boleh kan ? Supaya forum ini ada sedikit humour lah.

Ini dia, bung Chen, apakah anda belakangan ada test drive Innova baru ? Jika iya, jelas anda pasti rasa kok Kapsul saya ngak ada tenaga sekarang ? Ya habis coba naik kuda, langsung berasa deh onta yang dulu pelan ! :)

Terus terang jika saya anda, jurus jitu untuk perbaikin kasus anda adalah, jual Lx anda dan ganti Innova G M/T or A/T. Meskipun baris 3nya lebih sempit, tapi ngak beda terlalu jauh banget kok. Dan anda langsung dapat mesin VVT-i yang jauh lebih kencang dan modern.

Saya takutnya, berapa tahun lagi, makin banyak orang suka Innova ini, dan resale value kapsul anda nanti turun lagi. Innova, meskipun anda harus tambah uang, tapi nanti resale valuenya bisa lebih bagus dari kapsul.

Cuman, memang indenya lama. Paling upping price atau cari di showroom yang ada ready stock.

Sekarang sering lihat Innova di jalan. Artinya benar ini mobil laku banget, meskipun kapsul lebih lega baris 3nya.

Masalah teknis, saya tidak pintar, jadi saya no ideas.
carstensz30
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Oct 18, 2004 5:40
Location: carstensz

Post by carstensz30 »

bung szli,
just kidding juga ya....
kenapa ngga disaranin jual en beli nissan serena aja?? :-)
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

bung szli & bung cartensz , itu mah bukan joke...., sama juga dgn promosi kijang inova dan serena....

Masak mobil tarikan pelan disuruh beli mobil baru......

Bagaimana kalo saya pake kijang inova dan nissan serena rusak? mau disuruh beli mobil apalagi?
Image
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

handling wrote: Bagaimana kalo saya pake kijang inova dan nissan serena rusak? mau disuruh beli mobil apalagi?
Ya ganti yg lebih baru dan mahalan macam fortuner atau oddisey bila perlu hehehe... :lol:
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Bung carstensz30,

Jika saya saran beli Serena, semua orang di SM pasti teriakin saya " Ha ! Tu kan, lagi Serena lagi dia ! " Jadi saya ngak mau bikin anggota SM muntah nanti !

Nothing wrong in upgrading to Serena, cuma bung Chen mobilnya kapsul LX. Dia cuman ngeluh mesinnya ngak kuat, jadi jelas dia belum niat tukar tambah. So kalau dari LX ke Serena nomboknya kan banyak sekali !

Tapi dari LX ke Innova G M/T misalnya mendingan. Innova G M/T kan cuma sekitar 165 juta. Selisih 68 juta. Dan dari LX naik ke Innova G nambah sekitar 65 juta kalau ngak salah. Tapi bung Chen akan seperti saya naik dari Serena ke Alphard.

Kan fasilitas dan mesin Innova G banding LX jauh langit dan bumi. Ibaratnya mobil naik kelas say 300% tapi ongkosnya cuma naik 65%. Setuju kak ?

Tapi jika bung Chen seperti ayah saya, ngak hobby mobil dan ngak suka jual beli mobil, cuman hanggap mobil itu transportation, ya hangap omongan saya just a suggestion saja lah. Just small talk.

Kalau Serena saya rusak, ya benerin. Mau tukar mobil keluarga apa lagi yang harganya 65% lebih mahal dan jauh lebih bagus dari Serena ? Coba minivan model mana? 385 (1.65X233) juta beli Odyssey ceper saja ngak cukup !
carstensz30
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Oct 18, 2004 5:40
Location: carstensz

Post by carstensz30 »

bung szli,
hahaha... wah pake dijelasin ampe detail ama bung szli, thanks. (ini awalnya just kidding aja kok, karena melihat sampeyan begitu antusias ama mobil baru-nya di thread lain).
sorry udah oot nih... mungkin kembali aja ke topik awal, gue percaya bung herry chen ngga ada niat jual & ganti mobil kijangnya (mo diperbaiki aja).
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Bung Chen, kali ini saya ngomong serius. Anda bilang sudah bawa ke bengkel resmi. Artinya Auto2000 atau Tunas.

Jika sesudah ke mereka saja masih ngak benar, memang pusing urusanya. Wong mereka yang seharusnya paling ngerti kijang kapsul dong.

Kalau gitu, saya suggest anda cari lagi bengkel resmi Toyota di cabang lain. Dari pengalaman saya, service dan skill bengkel resmi kadang beda jauh, meskipun semuanya kan lulus sekolah Toyota yang sama.

Misalnya bengkel Honda. Kadang saya service routine di 3 bengkel resmi Honda yang beda. Ketahuan kok bedanya. Misalnya Honda Imora lumayan care ama customer. Urusan kecil macam dulu strap baris 3 Stream saya terlalu pendek. Di Honda lain ngak di bantuin, katanya ngak critical. Tapi di Imora, eh, benar di benerin. Ngak bayar satu sen pun untuk urusan kecil tapi irritating ini.

Saya yakin anda pasti akan ketemu bengkel Toyota yang pintar dan care ama mobil anda. Coba terus. Wong bengkel Toyota banyak banget.

Seperti sakit badan, always seek a 2nd, and better still, 3rd opinion. Vonis antara doctor bisa berbeda !
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

tumben komentar nya bung szli tidak bernada promosi.....hiks....hiks...hiks......
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

bung herry kalo mau sih jangan masukin auto 2000 selain jasa mahal dan pajak mencekik leher kadang kadang kerjaan nya ngak beres.

saya pernah kejadian di auto 2000 waktu itu keluar dari sana v belt nya dipasang keceng banget,pas keluar bengkel sih hidup distarter.

pas stop beli buku di pinggir jalan ngak hidup di starter gila sampe kayak orang bego otak atik mesin dikira aki nya tapi ok lalu coba coba yang lain kebetulan didekat saya mogok ada toko ganti oli saya kenal montir nya ya udah saya suruh dorong paksa aja buat hidupin.
pas di dorong paksa bisa tapi jalan bentar langsung tasssss v-belt nya putus akhirnya pulang tanpa power stering
dari itu saya ngak pernah ke auto 2000 lagi

kalo mau cari bengkel luar an yang bagus bisa tanya teman teman.

soalnya sih ada survey 90% dari pemilik kijang kapsul baru ngak pernah masukin bengkel nya ke bengkel resmi.
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Bung Handling,

Saya rasa " promosi " saya sudah cukup. Toh nanti pasar sendiri akan nilai barang yang saya " promosi " gimana dengan angka penjualan. Jadi, let the product speak for itself.

Wah, kalau graduate mechanic Toyota saja begitu, ya memang repot. Bengkel non resmi memang ada yang pintar. Tapi ada juga yang sembarangan. Harus cari referensi yang bagus.

Dan mudah mudahan mechanic Toyota untuk Innova ngak begitu. Soalnya Innova ini semua kan tahu, sudah mesin modern. Sudah tidak bisa lagi sembarangan ke bengkel asal, harus lebih sering ke bengkel resmi.

Ngak tau saya extra lucky atau apa, tapi Stream saya 2.5 tahun ini tidak pernah alami gangguan mesin. Memang umurnya masih muda, tapi beda cuman 1 tahun ama LXnya bung Chen. Benar trouble free. Bung hdrw, dari dulu saya sudah cerita. Bukan saya promosi lagi nih.

Mungkin ini bukti bahwa kita tidak usah takut ama mesin modern macam VTEC, VVT-i, CVTC etc. Kasus bung Chen artinya mesin modern belum tentu lebih rewel, susah rawat banding mesin carburator yang technologynya lebih sederhana.

Cuman kalau pakai 10 tahun lebih, ngak tau deh.

Bung chen, nanti sudah sembuh cerita yah. Kita penasaran akhirnya masalah ini gimana selesainya. Untuk pelajaran kita semua.
User avatar
herry_chen
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 471
Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
Location: Jakarta utara

masalah pada kijang

Post by herry_chen »

hai......
mobil saya sampai sekarang masih kaya gitu gitu aja ngak ada perubahan
saya udah coba banyak bengkel resmi dari daan mogot, pluit, bekasi, pondok gede, kota. tapi semuanya sama aja mana mahal lagi
tapi setelah saya ganti plat kopling satu set( lahar matahari plat kopling) serasa lebih mendingan tarikan lebih enteng sedikit tapi ngak jauh beda masalahnya sekarang adalah suara ngaung itu belum hilang tapi sedikit hilang setelah ganti kopling tapi tetap ada
saya pernah nanya di bengkel auto2000 pluit katanya suara itu timbul dari silicon visco fan yang udah mengental
jadi kipas mesin tidak bisa otomotis berhenti lagi
dia terus mengikuti putaran mesin.
kalau putaran mesin lagi tinggi otomatis kipas putar semangkin kencang
sehingga suara itu jadi muncul..........
perlu di ingat mesin saya mesin tipe 7k yang masih karbulator belum efi
trims ya
kalau boleh minta referensi bengkel dong yang bagus
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Bung Chen,

Ternyata anda sudah coba banyak bengkel dan masih gitu. Wah, pusing yah ! Saya jadi ingat kasus Santa Fe saya yang sudah berapa kali bawa ke bengkel tapi sakitnya ngak sembuh malah tambah problem baru. Seperti dapat anak super jahat dan bandel. Kesal banget. Mau pukulin ngak bisa.

Sakit badan jika perlu bisa ke Singapura dapat opini ke 3. Mobil kan ngak bisa ke mana lagi kecuali di Indonesia.

Jika anda masih suka ama kapsul anda, coba cari lagi, meskipun saya ngak bisa recommend bengkel. Atau salah satu cara jual LX anda dan cari LX yang lain. Di luar negeri mereka bilang meskipun pabriknya sebagus macam Toyota, tetap kadang kalau lagi sial, dapat mobil jelek. Mereka sebutnya " Lemon ". Mungkin soalnya pemiliknya rasa asam dapat penyakit terus.

Saya takutnya LX anda adalah lemon dan nanti seperti Santa Fe saya yang dulu. Justru saya waktu itu pikir ini mobil mungkin benar cacat produksi. Sudah buang banyak uang, tenaga dan waktu, tetap ngak sembuh. Sembuh sebentar, penyakit baru timbul. Thats why saya jual saja dan sekarang sudah ngak stress lagi. Takutnya mobil anda juga penyakitnya "aneh". Berapa bengkel Toyota saja ngak tau gimana habis gimana ?

Meskipun beli jual agak repot, tapi mending dari pada pusing dan buang uang, waktu untuk cari doctor mobil. Benar, jika saya anda, jual mobilnya dulu terus cari mobil lagi, bekas atau baru. Meskipun penggantinya belum tentu sempurna, toh LX anda sekarang ibaratnya dapat penyakit yang banyak doctor saja binggung. Habis mau gimana lagi ?

Atau satu cara, complain di berapa koran terkemuka dan mudah mudahan Toyota akan lebih serius hanggapi complaint anda. Siapa tahu anda di kasih Innova E baru ? Mana mungkin ? Who knows ? Toyota kan mau jaga nama. Dulu saya adah saudara yang pakai jalur ini dan TV rewelnya di ganti baru ! Mungkin ngak di kasih mobil baru, tapi siapa tau anda di ganti mesin 7K yang baru !
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

wah wah wah kayak nya fit saya lemon juga nih.

kalo fit saya njut njut an udah dari 1 bulan yang lalu di rpm rendah.di cek sih di gut surabaya pake alat komputer sensor TPS A.udah di coba di tuker punya nya jazz tetap aja.udah coba bersih injector ganti saringa bensin dll tetap aja.

kalo di honda diagnosis nya lain lagi itu gara gara bensin premium.

dan ternyata saya ngak sendirian kemarin katanya kemarin ada FIT juga baru masuk kasus nya sama persis kayak FIT saya.
lalu di cek pompa nya katanya sih ngak normal harus nya tekananan nya 2.5 itu cuman 0.8 aja.tapi di ganti pompa nya tetap aja ngak pengaruh sampe pusing saya kata yang punya bengkel.

wah kalo yang ckd lokal enak bisa ngadu yah heheheh

kalo yang CBU ngadu kemana nih hueuheuhuhe
User avatar
herry_chen
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 471
Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
Location: Jakarta utara

msalah pada kijang

Post by herry_chen »

justru karna saya ngak mau ganti mobil baru di samping dananya masih kurang dan karna udah di modif(interiol,sound sistem) juga karna mobil ini punya banyak kenangan jadi sayang untuk di tukar
gimana dong pusing nih...........
TOLONG DONG
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Post by aspsilver »

dengan berjalannya waktu, sebuah mobil (mesin) akan mencapai akhir masa pakainya. sama kayak orang... makin tua tidak makin baik.

mungkin problemnya bukan di filter kotor tapi, di karbulattor yang kotor. bisa jadi filter bensin yang kotor. coba deh ganti.

kalo bukan juga mungkin klep dan piston yang kotor. yah terus aja.

atau busi yang sudah aus.

diagnosa dari bengkel apa??

saya setuju. bengkel resmi bukan the best.
tapi paling tidak bengkel resmi itu punya protap standar. sehingga paling tidak mobil anda tidak mogok dijalan karena hal2 sepele seperti tidak ganti saringan oli, udara dan bensin, atau putus v-belt. (kalo ada yang pasang v-belt kekencengan, yah it can happen to anybody, walaupun itu tidak dapat diterima kalau terjadi di bengkel resmi) harusnya anda komplain sama bengkel itu.

jeleknya bengkel resmi, jarang kita tahu siapa yang kerjakan mobil kita, bisa aja montir baru dsb.

soalnya montir di Indonesia ini kan banyak yang mau gampang aja. pokoknya ganti, kalo salah yah ganti yang lain, toh bukan mereka yang bayar. sama mau bengkel resmi maupun non resmi.

dan gak semua bengkel resmi kualitas maupun harganya sama, bedanya bisa signifikan. bisa 50%. nah ini pintar2 cari.

saya sendiri jarang betulin di bengkel resmi. paling kalau perbaikan besar saja. kalo service rutin saya kerjakan sendiri. maklum bagian dari hobi.

saya sih gak setuju kalo dibilang nambah 65% beli mobil baru karena nanti resale valuenya lebih baik. (sorry yah)

jangan beli mobil baru karena pendapat ini. harga mobil kan pasti turun (baru), begitu keluar showroom aja lgs turun, sedangkan mobil bekas turunnya relatif tidak banyak dibandingkan mobil baru yang menjadi bekas.

tapi bener sih kalo ganti baru harga beda 65% tapi kenyamanan dsb naik 300%.
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Wah, binggung juga yah. Mesin simple tahun 70an dan tidak ada mechanik Toyota yang bisa perbaiki. Almost unbelievable ! Jika saya jadi anda, tidur bisa keganggu man ! Lain jika mesinnya fuel cell dan mechanik sini masih ngak familiar.

Bung Chen, tiap kali saya lewat Jln. Pluit Indah, ada bengkel lumayan ramai. Nama bengkelnya " Berkat Motor ". Anda coba saja ke situ. Siapa tahu mereka pintar ?

Bung Mpoezz, mobil anda kan Fit, bukan Jazz. Jadi yang CBU kan ? Mungkin mobil CBU anda ngak seperti Jazz local, ngak terlalu tahan minum Premium. Jika saya jadi anda, saya akan sisakan 10 liter bensin dan isi dengan Pertamax. Sudah coba ? Siapa tahu penyakitnya hilang.

Kan mobil Fit / Jazz irit. Bisa 1:12 dalam kota kali. Artinya tiap isi 40 liter (jarak tempu 480 km) anda cuman nombok (2450-1810)X40 = 25,600 rupiah. Mobil makin irit artinya beda harga Pertamax vs Premium makin tidak ada artinya.

Untuk kasus Fit anda, lebih hebat lagi. Artinya tiap kali anda jalan 10 km anda cuman tambah extra (25,600/480)X10 = 533 rupiah. 100 km pun juga cuman tambah 5,333 rupiah. Ngak ada artinya kan ? Coba saja dan kasih tau kita hasilnya !

Kalau saya bilang, jaman sekarang, mesin baru technology baru kasihan deh jika diisi Premium. Premium itu cocok untuk mesin kuno macam Kijang kapsul / Terrano.
User avatar
Branch
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Fri Jul 16, 2004 1:43
Location: DKI Jakarta

Re: masalah pada kijang

Post by Branch »

Bung Herry Chen, kebetulan mobil saya hampir sama juga Kijang SX th 2001 karburator.
Untuk mendapatkan tenaga yang lebih baik mungkin bisa dicoba
ganti platinanya dengan CDI.
Last edited by Branch on Fri Dec 17, 2004 1:26, edited 2 times in total.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

szli wrote:Wah, binggung juga yah. Mesin simple tahun 70an dan tidak ada mechanik Toyota yang bisa perbaiki. Almost unbelievable ! Jika saya jadi anda, tidur bisa keganggu man ! Lain jika mesinnya <a href="http://www.serverlogic3.com/lm/rtl3.asp ... uel%20cell" onmouseover="window.status='fuel cell'; return true;" onmouseout="window.status=''; return true;">fuel cell</a> dan mechanik sini masih ngak familiar.

Bung Chen, tiap kali saya lewat Jln. Pluit Indah, ada bengkel lumayan ramai. Nama bengkelnya " Berkat Motor ". Anda coba saja ke situ. Siapa tahu mereka pintar ?

Bung Mpoezz, mobil anda kan Fit, bukan Jazz. Jadi yang CBU kan ? Mungkin mobil CBU anda ngak seperti Jazz local, ngak terlalu tahan minum Premium. Jika saya jadi anda, saya akan sisakan 10 liter bensin dan isi dengan Pertamax. Sudah coba ? Siapa tahu penyakitnya hilang.

Kan mobil Fit / Jazz irit. Bisa 1:12 dalam kota kali. Artinya tiap isi 40 liter (jarak tempu 480 km) anda cuman nombok (2450-1810)X40 = 25,600 rupiah. Mobil makin irit artinya beda harga Pertamax vs Premium makin tidak ada artinya.

Untuk kasus Fit anda, lebih hebat lagi. Artinya tiap kali anda jalan 10 km anda cuman tambah extra (25,600/480)X10 = 533 rupiah. 100 km pun juga cuman tambah 5,333 rupiah. Ngak ada artinya kan ? Coba saja dan kasih tau kita hasilnya !

Kalau saya bilang, jaman sekarang, mesin baru technology baru kasihan deh jika diisi Premium. Premium itu cocok untuk mesin kuno macam Kijang kapsul / Terrano.
yup pak memang jepun
ehm sekarang udah di ganti pak di isi pertamax plus udah hampir 1 bulan
tapi kayak nya emang penyakit bawaan nya yah dan kayak nya mobil ini ngak begitu kuat menurut saya lo.

soalnya udah 2 mobil yang kena penyakit persis dan sama dan ngak tau di sebab in karena apa.bahakan bengkel resmi nya honda aja angkat tangan.

kalo di GUT sby sih di cek TPS a.tapi di pinjemkan punya nya jazz tetapa aja ngak hilang penyakit nya.

di cek pompa bensin nya (kalo ngaks alah denger saya) dan di pinjemkan punya nya jazz tetap aja tuh.waktu di cek sih pompanya 0,8 harus nya 2,5 katanya.tapi biar di ganti juga tetap.
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Wah, jika begitu, dan kalau makin banyak Jazz kena penyakit mysterious ini, Honda bisa repot nanti. Kan Jazz sekarang lagi booming ! Tiap bulan saja katanya 3000 lebih kejual.

Mudah mudahan Nissan saya nanti ngak kena penyakit aneh. Jika iya, saya akan sebarkan nama busuk Nissan di koran. I mean benar kesal kan. Si Honda yang design dan produksi Jazz saja angkat tanggan. Apakah harus harap bengkel jalan yang bisa ? Jika iya, artinya ilmu dan skill bengkel lokal jalan lebih pintar dong dari ATPM ? Kan memalukan, Honda.

Benar, kalau Serena saya nanti begitu, bisa stress saya. Keluar banyak uang, dapat mobil busuk.

Bung Mpoezz, jika berapa kali anda Fitnya ngak tertolong, anda coba saja cerita di media masa seperti koran. Memang di Indonesia, ngak seperti negeri lain, mau tuntut perusahaan besar, kaya itu mustahil. Bisa hakimnya yang ketawa nanti. Tapi perusahaan besar itu semua takut " bad publicity ". Kan bisa ganggu penjualan mereka.

Jika Honda (dan Toyota kasus Bung Chen) biarkan begitu saja dengan anda tanpa kasih kepastian (compensasi atau apa), anda berhak teriak dan ganti rugi yang layak. Kalau saya kan pasti teriak " Hey, gue beli barang lu mahal, kok ada problem lu angkat tanggan begitu saja, pabrik mobil macam apa lu ! " Iya kan !

Saya bilang, jika anda dan bung Chen protest lewat koran, dan minta opini masyarakat membela anda dari pada harap hakim kita, bisa saja Honda mulai takut dan lebih perhatikan anda. Jangan menyerah begitu saja. Jika anda mau jual ya urusan selesai, tapi saya yakin anda berdua ngak inggin gitu cepat rugi kan ? Toh mobilnya masih muda. Percaya saya. Jika saya Honda / Toyota dan lihat complain anda di koran Kompas misalnya, saya akan sangat ketakutan. Gila, jika merek saya hancur di mata pasar kan mampus saya nanti !
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

yup sih tapi masalah nya mobil saya CBU beli bukan dari dealer resmi hehehehe.

mereka ngelak kan bukana beli dari saya heheheh.

ntar tunggu aja jazz ada ngak kasus kayak gitu hehehe.
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Tapi anda kan bilang ada kasus Jazz juga. Dan mobil anda pakai sparepart Jazz juga ngak benar. Jika saya jadi anda, tetap cerita ke media massa. Wong Jazz CKD saja begitu.

Jika Honda pintar, mereka akan investigasi dan bantu anda, toh meskipun CBU tetap bikinan Honda. Malah orang kan bisa pikir, luh, bikinan Jepang bukan lebih bagus, malah juga ada masalah.