(ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by walid_007 »

Ini filter maksud nya filter oli ya om,pernah tanya2 tentang oli motul itu ama temen yang udh make,harganya 250 rb ya om?



ya filter oli
bener banget tuh harganya sekitar250-300 ribuan ,,
tapi ni oli oke banget,, kalo bisa belinya di ACE hardwere yang agak asli, ane takutnya dioplos
nnt bisa nnt rasakan tarikannya pasti enak banget
pokokny a dicoba dulu
engine roaring!
Sembren
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat Apr 06, 2013 3:27

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Sembren »

walid_007 wrote:
Ini filter maksud nya filter oli ya om,pernah tanya2 tentang oli motul itu ama temen yang udh make,harganya 250 rb ya om?



ya filter oli
bener banget tuh harganya sekitar250-300 ribuan ,,
tapi ni oli oke banget,, kalo bisa belinya di ACE hardwere yang agak asli, ane takutnya dioplos
nnt bisa nnt rasakan tarikannya pasti enak banget
pokokny a dicoba dulu

Sip sip om,bisa dicoba ntar, :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
Sembren
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat Apr 06, 2013 3:27

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Sembren »

Ini kijang uda ganti oli om2 skalian,pke shell kuning HX-5,ternyata type 15w-50,ama ganti filter oli jg (toyota punya), "perubahan" nya ngleteknya masih ada cm durasinya berkurang drastis, untuk nge-flush dipending dl krn dpt masukan dari sang penjual, klo nge-flush hati2,karena klo ngk pas timingnya, bs2 kena seal karet apa gt di dlm mesin dan mesin jg bs "ngobos", sy coba googling lg,dan emang ada banyak tentang proses engine flush,di tambah, si temen montir blm pernah yg namanya nge-flush mesin,:cape deh, saya juga tanya2,"ms montir bisa ngecek rantei keteng ama tensioner nya ngk ms" dan dijwb, "apa itu ms rantei keteng,tensioner itu dmn,smpean dikasih tau sp" hadew,emang kendala istilah2 sangat mempengaruhi om,sy jg mau menjelaskan jg bingung,.....:-D
Sembren
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat Apr 06, 2013 3:27

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Sembren »

Ini kijang uda ganti oli om2 skalian,pke shell kuning HX-5,ternyata type 15w-50,ama ganti filter oli jg (toyota punya), "perubahan" nya ngleteknya masih ada cm durasinya berkurang drastis, untuk nge-flush dipending dl krn dpt masukan dari sang penjual, klo nge-flush hati2,karena klo ngk pas timingnya, bs2 kena seal karet apa gt di dlm mesin dan mesin jg bs "ngobos", sy coba googling lg,dan emang ada banyak tentang proses engine flush,di tambah, si temen montir blm pernah yg namanya nge-flush mesin,:cape deh, saya juga tanya2,"ms montir bisa ngecek rantei keteng ama tensioner nya ngk ms" dan dijwb, "apa itu ms rantei keteng,tensioner itu dmn,smpean dikasih tau sp" hadew,emang kendala istilah2 sangat mempengaruhi om,sy jg mau menjelaskan jg bingung,.....:-D
Sembren
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat Apr 06, 2013 3:27

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Sembren »

Ini kijang uda ganti oli om2 skalian,pke shell kuning HX-5,ternyata type 15w-50,ama ganti filter oli jg (toyota punya), "perubahan" nya ngleteknya masih ada cm durasinya berkurang drastis, untuk nge-flush dipending dl krn dpt masukan dari sang penjual, klo nge-flush hati2,karena klo ngk pas timingnya, bs2 kena seal karet apa gt di dlm mesin dan mesin jg bs "ngobos", sy coba googling lg,dan emang ada banyak tentang proses engine flush,di tambah, si temen montir blm pernah yg namanya nge-flush mesin,:cape deh, saya juga tanya2,"ms montir bisa ngecek rantei keteng ama tensioner nya ngk ms" dan dijwb, "apa itu ms rantei keteng,tensioner itu dmn,smpean dikasih tau sp" hadew,emang kendala istilah2 sangat mempengaruhi om,sy jg mau menjelaskan jg bingung,.....:-D
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Turboman »

Sembren wrote:Ini kijang uda ganti oli om2 skalian,pke shell kuning HX-5,ternyata type 15w-50,ama ganti filter oli jg (toyota punya), "perubahan" nya ngleteknya masih ada cm durasinya berkurang drastis, untuk nge-flush dipending dl krn dpt masukan dari sang penjual, klo nge-flush hati2,karena klo ngk pas timingnya, bs2 kena seal karet apa gt di dlm mesin dan mesin jg bs "ngobos", sy coba googling lg,dan emang ada banyak tentang proses engine flush,di tambah, si temen montir blm pernah yg namanya nge-flush mesin,:cape deh, saya juga tanya2,"ms montir bisa ngecek rantei keteng ama tensioner nya ngk ms" dan dijwb, "apa itu ms rantei keteng,tensioner itu dmn,smpean dikasih tau sp" hadew,emang kendala istilah2 sangat mempengaruhi om,sy jg mau menjelaskan jg bingung,.....:-D
ganti bengkel aja lah, bawa ke bengkel resmi aja kalo bingung

rante keteng itu sebetulnya Timing Chain, alias rantai utk menggerakkan camshaft

Tensioner itu utk menekan rante spy gak ngondoi

ngeflush kalo cuman sekali gak akan bikin seal KO, ngeflush lakukan sendiri aja, gak perlu bantuan montir......
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by didietkeren »

Punten.. terkait kijang kapsul..

Velg Kaleng std Kijang Kapsul 14", harga 2nd nya kisaran berapa yach/pc?
Sembren
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat Apr 06, 2013 3:27

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Sembren »

Om skalian,saya mau konsul lg nich om,hehe..,ngk pa2 ya om :), akhir2 ini knp kok kijang sy waktu masuk gigi 1 abis stop,trus mo jalan lg di jalan agak nanjak itu kadang ndut2an kayak ngk pas masuk gigi nya,orang sini bilang itu "ndlodok" kayak kampas kompling dah aus,pdhl kampas msh baru,ori lg,tp itu trjd ya pas msk gigi 1 itu aja stlah stop,prnh tnya2 ke montir,katanya sih kurang pas bukaan kopling ama gas klo kronologinya gt,yg bkin sy pnsaran masah sih ngk ada efek dari part apa ato setelan mesinnya,klo emng dari kurang pas ny bukaan koplong ama gas,knp ngk dulu2 ya,wong cara nyetir sy ngk pernah brubah2 tuh:-/
amd
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Thu Jun 03, 2010 3:43
Location: Kodya Tangerang

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by amd »

Sembren wrote:Om skalian,saya mau konsul lg nich om,hehe..,ngk pa2 ya om :), akhir2 ini knp kok kijang sy waktu masuk gigi 1 abis stop,trus mo jalan lg di jalan agak nanjak itu kadang ndut2an kayak ngk pas masuk gigi nya,orang sini bilang itu "ndlodok" kayak kampas kompling dah aus,pdhl kampas msh baru,ori lg,tp itu trjd ya pas msk gigi 1 itu aja stlah stop,prnh tnya2 ke montir,katanya sih kurang pas bukaan kopling ama gas klo kronologinya gt,yg bkin sy pnsaran masah sih ngk ada efek dari part apa ato setelan mesinnya,klo emng dari kurang pas ny bukaan koplong ama gas,knp ngk dulu2 ya,wong cara nyetir sy ngk pernah brubah2 tuh:-/
pada waktu kampas kopling diganti apa dekrup/matahari/clutch cover dan pilot bearingnya ikut diganti apa tidak. kalau tidak ya kemungkinan dari dua komponen itu. tapi coba dahulu periksa/kuras dan ganti minyak koplingnya.
Sembren
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat Apr 06, 2013 3:27

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Sembren »

amd wrote:
Sembren wrote:Om skalian,saya mau konsul lg nich om,hehe..,ngk pa2 ya om :), akhir2 ini knp kok kijang sy waktu masuk gigi 1 abis stop,trus mo jalan lg di jalan agak nanjak itu kadang ndut2an kayak ngk pas masuk gigi nya,orang sini bilang itu "ndlodok" kayak kampas kompling dah aus,pdhl kampas msh baru,ori lg,tp itu trjd ya pas msk gigi 1 itu aja stlah stop,prnh tnya2 ke montir,katanya sih kurang pas bukaan kopling ama gas klo kronologinya gt,yg bkin sy pnsaran masah sih ngk ada efek dari part apa ato setelan mesinnya,klo emng dari kurang pas ny bukaan koplong ama gas,knp ngk dulu2 ya,wong cara nyetir sy ngk pernah brubah2 tuh:-/
pada waktu kampas kopling diganti apa dekrup/matahari/clutch cover dan pilot bearingnya ikut diganti apa tidak. kalau tidak ya kemungkinan dari dua komponen itu. tapi coba dahulu periksa/kuras dan ganti minyak koplingnya.
Lha mataharinya masih bagus tu om kondisinya menurut montirnya, nggak perlu ganti katanya, dulu setelah ganti kampas kopling ngggak ada tu om gejala nya :( ya baru2 ini nih,jadi bingung,mana mobil buat nyari nafkah lagi :mky_03:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11013
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by marmut »

Sembren wrote:Ini kijang uda ganti oli om2 skalian,pke shell kuning HX-5,ternyata type 15w-50,ama ganti filter oli jg (toyota punya), "perubahan" nya ngleteknya masih ada cm durasinya berkurang drastis, untuk nge-flush dipending dl krn dpt masukan dari sang penjual, klo nge-flush hati2,karena klo ngk pas timingnya, bs2 kena seal karet apa gt di dlm mesin dan mesin jg bs "ngobos", sy coba googling lg,dan emang ada banyak tentang proses engine flush,di tambah, si temen montir blm pernah yg namanya nge-flush mesin,:cape deh, saya juga tanya2,"ms montir bisa ngecek rantei keteng ama tensioner nya ngk ms" dan dijwb, "apa itu ms rantei keteng,tensioner itu dmn,smpean dikasih tau sp" hadew,emang kendala istilah2 sangat mempengaruhi om,sy jg mau menjelaskan jg bingung,.....:-D
turut berduka cita, ternyata masih ada manusia yang mengaku montir tapi keluar pernyataan sekaligus pertanyaan seperti itu. montir diamp*t. ojok ngaku montir, di kon dodolan rujak cingur ae.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by octafiantos »

marmut wrote:
Sembren wrote:Ini kijang uda ganti oli om2 skalian,pke shell kuning HX-5,ternyata type 15w-50,ama ganti filter oli jg (toyota punya), "perubahan" nya ngleteknya masih ada cm durasinya berkurang drastis, untuk nge-flush dipending dl krn dpt masukan dari sang penjual, klo nge-flush hati2,karena klo ngk pas timingnya, bs2 kena seal karet apa gt di dlm mesin dan mesin jg bs "ngobos", sy coba googling lg,dan emang ada banyak tentang proses engine flush,di tambah, si temen montir blm pernah yg namanya nge-flush mesin,:cape deh, saya juga tanya2,"ms montir bisa ngecek rantei keteng ama tensioner nya ngk ms" dan dijwb, "apa itu ms rantei keteng,tensioner itu dmn,smpean dikasih tau sp" hadew,emang kendala istilah2 sangat mempengaruhi om,sy jg mau menjelaskan jg bingung,.....:-D
turut berduka cita, ternyata masih ada manusia yang mengaku montir tapi keluar pernyataan sekaligus pertanyaan seperti itu. montir diamp*t. ojok ngaku montir, di kon dodolan rujak cingur ae.
Coba ditanya lagi, rante kamprat ngerti nggak. Mungkin pake istilah orde lama.

Sent from my R821 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Nightster Guy »

Mgkin mekaniknya bule, ya ga ngerti rante keteng/kamprat, ngertinya timing chain..

:wkkk:
Das Beste oder nichts.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by newrubble »

supir beca jadi montir


blm ahli kalo blm bikin rusak tiga atau lima mesin


sy pakai 7k engine di peugeot604 plus aisin auto trans. mobil ini jkt solo jkt n sy tdk tau sdh brp x


sudah jalan 280,000km++ dan dua x ganti timing chain plus tensioner assy dan mesin blm berisik. oil pakai omega631 ( jgn tanya harga)

sy buta mesin tapi sy tau itu mesin masih bagus n blm ada drip / leak
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by newrubble »

harga brand new 7k engine. full engine plus carby n alternator di auto2000 radio dlm th2014 ini. ..rp.62,000,000 plus 10% tax

n sdh sy siapkan kalo satu wkt yg ini jebol
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Nightster Guy »

62 jt..

Kijang kapsul 97 pasaran normal 75an skrg..

:mky_01:

Ngga ambil mesin kampakan aja om? Toh gmpang banget merebuilt mesin purba ini hehehehe.. hingga jd (almost) factory cond/spec..

Wuikkk 604, sonderklassenya pug hehehe..
Das Beste oder nichts.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by newrubble »

not a matter of moneywise but man's ego

unit nya sdh sy simpan di satu sudut garasi di jkt n sy tdk tau kapan mau di pasang
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by lemonadelovers »

ttg kijang kapsul, ada yg punya pengalaman ganti final gear dengan yg "lebih halus" gak perbandingannya, pengen ganti biar lebih nambah top speednya n irit bbm pas cruising coz mobil jg jarang dipake sampe full penumpang, butuh referensi bengkel yg bsa coz pemasangannya harus presisi (lokasi jabodetabek)

makasih
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Nightster Guy »

lemonadelovers wrote:ttg kijang kapsul, ada yg punya pengalaman ganti final gear dengan yg "lebih halus" gak perbandingannya, pengen ganti biar lebih nambah top speednya n irit bbm pas cruising coz mobil jg jarang dipake sampe full penumpang, butuh referensi bengkel yg bsa coz pemasangannya harus presisi (lokasi jabodetabek)

makasih
Sy lebih ekstrim om, sy cabut girboks 5 speed milik kijang pikap super swb '88 mesin 5k, kawinin dgn mesin kapsul lx 7k saya di manado, yg aslinya 4 speed (trim terendah).

Enak ada gigi 5 nya.. mesin ngga teriak kl lg ngebut.

Plug n play, yg ngerjain bengkel om sendiri.
Das Beste oder nichts.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11013
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by marmut »

lemonadelovers wrote:ttg kijang kapsul, ada yg punya pengalaman ganti final gear dengan yg "lebih halus" gak perbandingannya, pengen ganti biar lebih nambah top speednya n irit bbm pas cruising coz mobil jg jarang dipake sampe full penumpang, butuh referensi bengkel yg bsa coz pemasangannya harus presisi (lokasi jabodetabek)

makasih
top speed sekarang berapa? trus mau dinaikin jadi berapa?
pengen top speed nambah bukan asal ganti final gear dengan yang lebih kecil, tapi harus diitung juga gear ratio yang di gearbox. memang gampangnya cuma ganti final gear, tapi kalo ternyata salah atau kekecilan, yang ada akselerasi jauh berkurang dan akhirnya bensin yang keluar jadi lebih banyak untuk mencapai top speed.
kalau mau nambah top speed dan irit bensin, ganti gearbox yang perbandingan 5th gear-nya lebih kecil. plus memaksimalkan pengapian dengan cara ganti kabel busi dengan yang tahanannya maksimal 1KΩ/ft atau sukur-sukur tanpa tahanan dan ignition coil ganti dengan yang high output.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by octafiantos »

marmut wrote:
lemonadelovers wrote:ttg kijang kapsul, ada yg punya pengalaman ganti final gear dengan yg "lebih halus" gak perbandingannya, pengen ganti biar lebih nambah top speednya n irit bbm pas cruising coz mobil jg jarang dipake sampe full penumpang, butuh referensi bengkel yg bsa coz pemasangannya harus presisi (lokasi jabodetabek)

makasih
top speed sekarang berapa? trus mau dinaikin jadi berapa?
pengen top speed nambah bukan asal ganti final gear dengan yang lebih kecil, tapi harus diitung juga gear ratio yang di gearbox. memang gampangnya cuma ganti final gear, tapi kalo ternyata salah atau kekecilan, yang ada akselerasi jauh berkurang dan akhirnya bensin yang keluar jadi lebih banyak untuk mencapai top speed.
kalau mau nambah top speed dan irit bensin, ganti gearbox yang perbandingan 5th gear-nya lebih kecil. plus memaksimalkan pengapian dengan cara ganti kabel busi dengan yang tahanannya maksimal 1KΩ/ft atau sukur-sukur tanpa tahanan dan ignition coil ganti dengan yang high output.
Lebih baik nyari buat overdrive kayanya. 5 nya 7K kurang rendah rpmnya imo. Lari 120 kalo ga salah 3500an. Kalo lebih rendah kabin lebih adem lagi suaranya.

Sent from my R821 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by newrubble »

...ancient machine powers french faded glory ...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Nightster Guy »

s klasse cap singa ya om..

:mky_01:
Das Beste oder nichts.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by newrubble »

betul, ini bukti kekuatan k engine...mesin yg developed dari tehnologi willys minus side valve dan salah satu royalty payment terlama dlm modern car history

dibayar bertahun tahun oleh toyota ke kaiser trust account

original engine sdh mirip time bomb kalo tetap terpasang
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Nightster Guy »

Utk gasoline enjin, sy percaya banget K dan F series toyota jgn dilawan soal reliabilitas dan kemudahan ngerawat/perbaiki.. teknologi dudulnya cm one step ahead dr mesin awal 1900an yg klep samping..

:wkkk:

Asal tabah aja ama leletnya.. rpm nya males banget naiknya..
Das Beste oder nichts.