Mo nanya seputar shogun 125R

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
tiko
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 13 Dec 2004, 17:32

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by tiko »

Saya kebetulan punya shogun 125 seri FD (lama) dan 125 seri FL (baru), kesimpulan dalam keadaan out of the box tanpa di modifikasi apapun shogun lama unggul sedikit dalam akselerasi sedangkan top speed sama.

Persamaan FD & FL adalah tenaganya sama-sama 10 PS

Perbedaan shogun FD & FL

FD
- Tidak ada TPS
- Perbandingan rasio gir 14 (depan) dan 35 (belakang)
- Tidak ada balancer
- Berat motor lebih ringan
- 10 ps pada 8500 rpm

FL
- Ada TPS untuk mengubah timing pengapian CDI jadi CDI shogun baru sebenernya adalah CDI dual band ->> keuntungan bensin bisa dibuat miskin pada putaran bawah dan untuk mengkompensasi tenaga yg drop akibat bensin dicekek timing pengapian dimajukan (teknik yg sama dipakai supra X-125)
- Gir Rasio 14 (depan) dan 34(belakang) dibandingkan shogun lama perbandingan lebih berat artinya akselerasi berkurang top speed juga berkurang karena perbandingan gir yg berat juga berarti membatasi putaran mesin tidak bisa tinggi (supaya irit bensin). Secara teori memang perbandingan berat bikin top speed tinggi itu betul bila kondisi mesinya (torsinya gede) dan kondisi jalan panjang. Untuk kondisi perkotaan tidak mungkin mengejar top speed dengan perbandingan gir 14/34 kecuali mesin di modifikasi.
- Ada Balancer untuk meminimalisasi getaran, yang ini bener kerasa banget bedanya dibanding shogun seri FD. Namun balancer tsb juga membuat putaran mesin lebih lambat naik namun sedikit meningkatkan torsi diputaran bawah
- Berat motor lebih berat otomatis membuat rasio tenaga/berat motor = lebih kecil
- 10 ps pada 8000 rpm artinya puncak tenaga didapat di putaran lebih rendah = lebih irit bensin

Kalau mau shogun FL jadi setara dengan shogun FD silakan ganti gear belakang dari 34 menjadi 35. Itu saja sudah cukup untuk mengimbangi shogun FD. Motor saya dengan ganti gir saja bisa sampe 120 di pas pati (gas mentok) sudah cukup lah untuk kondisi perkotaan.

Konsumsi bensin dengan pertamax plus 1:58 untuk FL dan 1:50 untuk FD

Info yang saya dapet dari org suzuki dpt teknik perbandingan gir akhir ini digunakan oleh mayoritas pabrik motor untuk membuat irit bahan bakar. Contoh nyata smash lama (karbu 17) perbandinganya 14/35 smash baru (dgn karbu 18) 14/36. Shogun FL RR (tanpa kopling) 14/34, Shogun FL SP (pakai kopling) 14/35. Saya juga pernah liat Honda Grand Impressa tahun 1999 VS Supra Fit vs Revo dengan spek mesin sama 100 cc dan karbu sama. Seri Revo punya perbandingan gir paling enteng sedangkan grand paling berat mg supaya semboyan irit-irit jadi terbukti mengingat jaman honda impressa lawanya semua motor 2 yak yg boros :)

Semoga membantu
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Location: Yogyakarta

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by Cloud »

tapi ingat bro, kalo sensor speednya di sprocket depan (rata2 spido digital gitu), mengubah rasio jadi lebih ringan akan mempengaruhi keakuratan pembacaan speed. misal, kalo rasio lebih ringan, pada kecepatan yang sama, mesin lebih tinggi rpmnya, sprocket lebih tinggi putarannya, sehingga pembacaan speed lebih tinggi, padahal kecepatannya sama. demikian pula sebaliknya.
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by TUFF Stough »

Sensor speedo FL ada di roda depan Bro, alias kembali pake speedo analog.
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Location: Yogyakarta

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by Cloud »

hmm, kalo gitu gak masalah dong, gonta-ganti sprocket,
fatcool
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 02 Sep 2012, 11:34

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by fatcool »

numpang nanya gan,

mtor ane, shogun fl125 th 2010,
kok skrg mtor ane, klo pas diem, tp ane gas pol ada asap putih, knp y gan?

mhn bntuannya.
thx,

:-D
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Location: Indonesia

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by anak_singkong »

permisi..

trit ini udah tidur panjang lama bgt. mo ganti motor Shogun 125 Axelo yg seri terakhir ini udah injeksi belum yah?
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by TUFF Stough »

Uhuy... Bro singkong nongol lagi. Kenapa diganti Bro? Injeksi ato karbu khan gak beda jauh konsumsi bbmnya.
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: 29 Mar 2007, 10:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Contact:

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by NYoman »

Trit kapan nih, tenggelam lama sekali.. Berhubung si Shogun baru muncul lagi dgn titel Axelo setelah lama tidur..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Location: Indonesia

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by anak_singkong »

TUFF Stough wrote:Uhuy... Bro singkong nongol lagi. Kenapa diganti Bro? Injeksi ato karbu khan gak beda jauh konsumsi bbmnya.
ga mo ganti gan; sayang bgt klo mo dijual..iseng2 nawarin..malah cma ditawar 2jt. :big_cry:

mending dipake aja trus..kalo udah ada Axelo rencannaya mo di simpen aja. paling dipanasin aja.

kenapa maunya Axelo FI? soale FI = power dapet..irit jg dapet gan..dan sy maunya Shogun jg. sayang bgt dlu FL FI udah stop produksi.

shogun FD125R sy belakangan ini karbunya udah ngaco..ga mau langsam plus boros bensin..udah bolak-balik setel mulai dari setel sendiri..bengkel umum sampe ke BERESS jg..awalya mau langsam..tp 2-3 hari gitu lg.'

mungkin udah ketuaan kali dia..dipake dri thn 2005 soale. pastinya udah banyak komponen2 yg udah aus. :big_blushing:
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by TUFF Stough »

FD125XRM ku juga 2005, tapi Desember. Sampai sekarang karbunya masih OK2 aja (gak sampe mencermati hasil pembakaran busi). Kalo gak mau langsam, pernah alami juga di Spin-nya istri, biasanya karena penyumbatan di needle jet. Dibersihkan dgn carb cleaner langsung tokcer.

Mungkin kasusnya sama.
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: 29 Mar 2007, 10:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Contact:

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by NYoman »

btw kalo gak salah, FD SP dan FL SP punya perbedaan di tenaga ya?
FD125SP punya 10.9hp sedangkan FL125SP sama dengan seri non manual yaitu 10ps
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by TUFF Stough »

Powernya kecekek ama karbunya yg dual mode
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: 29 Mar 2007, 10:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Contact:

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by NYoman »

Makanya TPS nya sendiri sensornya lebih baik dilepas..
Shogun memang waktu keluar seri SP pertama memang salah satu bebek buas di kelasnya, waku itu ngasepin Jupiter MX mudah sekali Begitu FL keluar boyo~~
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by TUFF Stough »

Itu sebabnya aku gak percaya mo tps ato injeksi sekalian, gak menambah keiritan bbm secara signifikan, apalagi untuk motor <250cc.
Cuman ngurangin performa motor secara signifikan.
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Location: Indonesia

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by anak_singkong »

TUFF Stough wrote:Itu sebabnya aku gak percaya mo tps ato injeksi sekalian, gak menambah keiritan bbm secara signifikan, apalagi untuk motor <250cc.
Cuman ngurangin performa motor secara signifikan.
ah..masa gtu. justri FI itu irit sama tenaga sejajar. tp ga lebih ga kurang.

power aga naik dikit..mungkin akselerasinya agak namba dikit. ya irit jg.

soal top speed. selain karena limiter ya tergantung sikon sama jalanan yg dilalui jg.
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by TUFF Stough »

FD125XRM walaupun sudah 10 tahunan, iritnya masih di atas 1:50. Dan banjir kemarin masih bisa wara-wiri diajak terjang banjir sedengkul. :big_exellent:Makanya gak yakin dengan injeksi performanya masih bisa menyaingi motor ini.

Tapi ketemu banjir sepaha langsung modar karena filter udaranya kerendam air. :e-doh:
hafizh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: 27 Jun 2008, 13:36

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by hafizh »

Suzuki shogun termasuk bebek tangguhlah, disini masih beredar shogun2 lama nyempil diantara ribuan motor baru yang terlihat dijalanan. Di family ane masih ada 2 unit shogun 125 tahun 2005, sampek sekarang masih tetep dipakai wira wiri klo pas butuh pake motor, pdhal motor lain sudah dituker tambah bahkan yang shogun 110 tahun 2002 ( ada 2 juga ) masih dipakai wira wiri buat sekolah sama kuliah ponakan, meski pada merengek minta dibelikan motor baru tp sekarang dah gak minta lagi gara2 ada motor temennya yang baru ilang digondol maling he he
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: 16 Nov 2009, 13:20
Location: Surabaya

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by Xous »

Sebuah prod yg melegenda dan skg harus terseok2 krn brand awarness nya jelek serta BoD produsennya yg aneh dalam jalankan strategi marketingnya. *curcol eks pengguna shogun gen 1 110cc, gen 2 120cc & arashi 120 cc. Trakhir krn khawatir cr beres mengingat suzi byk yg mati suri dealernya n pengalaman beberapa tmn, mekaniknya beres byk yg ikut jualan part (maklum sepi penjualan kudu bantu2).
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by TUFF Stough »

Setelah dapat bengkel pinggir jalan yg handal, aku gak pernah servis lagi di BeRes. :mky_01: Mekaniknya dulu pernah punya FD125 juga, jadi dah tahu seluk-beluk permasalahan motor ini. :big_exellent:
hafizh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: 27 Jun 2008, 13:36

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by hafizh »

Tapi paling enak servis suzuki, meski beres deket rumah sudah tutup, jadi meski agak jauh mau servis neng hayate tapi begitu datang langsung dilayani.
luputgc
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: 06 Jul 2015, 12:33

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by luputgc »

bedeuh, baru tau SM ada motor juga.

saya pemakai setia shogun FL125SP 2008.

kilometer udh muter 1x. riding sendirian dari lampung tengah ke tangerang, no problemo.

servis selalu di beress. motor ini enak bener, bagasi nya cukup besar. cakram gede di depan, cakram juga di belakang. velg enkei palang FU.

nyaman dan irit serta tidak pasaran.

salam.
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: 29 Mar 2007, 10:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Contact:

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by NYoman »

Saya juga ada FL125SP th 2008, motor tangguh, irit tenaga lumayan (ga sebesar FD125SP saya sih) dan nyaman untuk perjalanan jauh.
Salah satu masalah yang sekarang pernah di hadapi ganti pompa rem belakang dan ganti disc brake belakang yang tidak rata. Sekarang malah kena masalah oli sering netes keluar dari mesin entah darimana kalau saya bilang sepertinya dari valve, ada yang mengalami?
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
hafizh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: 27 Jun 2008, 13:36

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by hafizh »

Bisa jadi ada packing yang aus/getas, bawa ke beres saja, biasane di beres malah gak stok partnya minta mereka yang nyariin atau dikasih tahu toko yg sedia partnya...
luputgc
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: 06 Jul 2015, 12:33

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by luputgc »

klo pas butuh parts di JKT, biasanya saya cek ke ecatalogue nya Suzuki dulu. liat part code dan harga nya sekalian.

pas mau beli, call ke Suzuki Senajaya di Kebon Jeruk III, harga actual dan stock actual.

biasanya beress stock parts sudah menipis bahkan ga ada.

jadi, klo mau servis ke beress, udh bawa parts.

FL125SP 2008, ga pernah rewel. kerusakkan yang saya alami paling bohlam lampu depan yg pernah mati dan lampu rem belakang yang ga "melotot" pas di tekan tuas rem.

enaknya Suzuki..
REDbanana211
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: 30 Oct 2015, 11:18

Re: Mo nanya seputar shogun 125R

Post by REDbanana211 »

Salam kenal dari nubie untuk para suhu-suhu semua dimari...

ternyata di SM ada forum untuk shogun,

dulu pernah miara FD125XRM, tenaga nya buas banget untuk ukuran motor bebek, dibawa nerabas banjir setengah ban motornya juga pede pede aja :big_okay: , udah ga doyan ngebut, skrg miaranya Axelo FL125RCMD aja yang irit :mky_08: , untuk nyaman sih nyaman axelo, tapi kalo akselerasi ane kurang puas :big_dunno: ,

sampai dengan saat ini kendala langganannya adalah dudukan spion kiri yang patah mulu, mau diganti yg ori SGP, KW, lokalan, tetep aja gampang patah.. makanya kepikiran untuk ganti spion ama yg punya batang spion lebih pendek, tapi kaca original, tapi belon sempet..

dan akhirnya sekarang spion ori nya yg patah di iket pake cable ties aja deh :big_slap: , cape juga, masa dalam 1 taun bisa ampe 3 kali patah.. :big_dunno:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post