banding-banding busi nihhh...

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

thomas89
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Fri Feb 08, 2008 7:16
Location: Solo - Cilegon
Daily Vehicle: Nissan - Grand Livina

banding-banding busi nihhh...

Post by thomas89 »

dear moderator..

mo nanya2 nih buat seraya motor mania.. :o

saya pernah beda pendapat dengan seseorang tntang busi rcing ma busi standart..

menurut guru fisika saya (ehmm...ehmm...ehmmm..)pernah nerangin tentang bab torak2 gitu deh..trus bilang bahwa busi racing bisa membuat bbm lebih irit sebab pembakarannya lebih terpusat pada busi tersebut..

tapi si temen saya ini bilang klo busi standar tu lebih membuat bbm irit, kan busi racing itu lebih membakar bbm lebih banyak, tntu saja bbm yang terbakar lebih banyak..

koq beda ya pendapat mereka?????
mohon donk pencerahannya..
serta alasan2 nya ya/..

trims :thanks: :thanks: :thanks: :thanks:
]
GBU
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: banding-banding busi nihhh...

Post by satyr »

katanya sih emang gitu. pake iridium yg diameter tip 0,4 mm lebih oke

tp jgn sampe heat range nya ganti

katanya malah jadi ga bagus

gw pake iridium ga jadi boros.
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: banding-banding busi nihhh...

Post by r1210g »

wah teman anda salah tuh bro.. dengan kondisi sama persis, hanya gonta -ganti busi, pake busi racing jadinya kan membakar lebih banyak. sedangkan pake busi standard membakarnya jadi lebih sedikit..
Kan kondisi sama persis tuh, berarti jumlah bbm dan udara juga sama kan? Nah kalo busi iridium membakar lebih banyak, mana yang lebih bertenaga? Kalo tenaga besar, berarti ga usah gas lebih dalam donk? Jadinya lebih irit kan?
Kalo pake busi biasa, pembakaran BBM lebih sedikit, berarti banyak BBM yang kebuang, dan tidak terbakar donk? tenaganya gimana? harus gas lebih dalam kan? dan jadinya banyak bensin yang terbuang percuma...
Jadi bagusan mana?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
koolrider
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue Nov 27, 2007 4:29

Re: banding-banding busi nihhh...

Post by koolrider »

klo busi yang bagus justru yang bisa ngebakar seluruh bbm yg dimasukan keruang bakar spy pembakarannya lebih efisien=irit. Jadi yg hrs diperhatikan percikan api diantara elektrodanya hrs cukup besar.
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Re: banding-banding busi nihhh...

Post by kutkuy »

pake iridium recommended
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: banding-banding busi nihhh...

Post by GTR »

info dari bung saft sih, simpangan rata2 yg paling kecil itu NGK:
http://saft7.com/?p=213

Kualitas busi :
http://saft7.com/?p=212
User avatar
spin022
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 868
Joined: Thu Sep 20, 2007 6:38
Location: serpong

Re: banding-banding busi nihhh...

Post by spin022 »

kutkuy wrote:pake iridium recommended
beli ngk iridium CR7HIX dimana ya...

thanks
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: banding-banding busi nihhh...

Post by uch »

thomas89 wrote:dear moderator..

mo nanya2 nih buat seraya motor mania.. :o

saya pernah beda pendapat dengan seseorang tntang busi rcing ma busi standart..

menurut guru fisika saya (ehmm...ehmm...ehmmm..)pernah nerangin tentang bab torak2 gitu deh..trus bilang bahwa busi racing bisa membuat bbm lebih irit sebab pembakarannya lebih terpusat pada busi tersebut..

tapi si temen saya ini bilang klo busi standar tu lebih membuat bbm irit, kan busi racing itu lebih membakar bbm lebih banyak, tntu saja bbm yang terbakar lebih banyak..

koq beda ya pendapat mereka?????
mohon donk pencerahannya..
serta alasan2 nya ya/..

trims :thanks: :thanks: :thanks: :thanks:
]
GBU
Saya setuju ama dua2nya... D
Tergantung mobil nya. Kalo standardnya udah pake modul pengapian/Ignition Control Management, gonta ganti kabel busi dan busi, nggak memberi efek positif. Malah ada kemungkinan efek negatif.
thomas89
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Fri Feb 08, 2008 7:16
Location: Solo - Cilegon
Daily Vehicle: Nissan - Grand Livina

Re: banding-banding busi nihhh...

Post by thomas89 »

emang pengalaman guru sebagai pengajar tu lebih mantap dari sekedar pendapat temen yang gak punya basic fisika yang kuat.hehehehehehe

iya juga sih,.

btw ada tambahan yang lain juga gak KK ??
Frozen Fire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Mon Jul 09, 2007 6:25

Re: banding-banding busi nihhh...

Post by Frozen Fire »

menurut gw, pengaruh busi kecil sekali, yang berpengaruh besar justru koilnya... busi standar dengan koil racing bisa menghasilkan api yang lebih besar ketimbang businya racing tapi koilnya standar... kan percuma aja businya dah bagus tapi arusnya masih segitu-gitu aja :D
thomas89
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Fri Feb 08, 2008 7:16
Location: Solo - Cilegon
Daily Vehicle: Nissan - Grand Livina

Re: banding-banding busi nihhh...

Post by thomas89 »

thanks bgt bro Frozen Fire atas infonya,.
nah trus kira2 harga dan merk koil yang pas untuk semi kebut2an tuk motor SUPRA X 100 apa ya??ada masukan lagi gak?

:thanks: :thanks:
Frozen Fire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Mon Jul 09, 2007 6:25

Re: banding-banding busi nihhh...

Post by Frozen Fire »

hehehe coil XP Andrion CMC 2A ! kalo dah pake coil racing, tar coba ganti pake busi racing, gak gitu jauh beda rasanya :D

mantap deh koil itu, harga cuman 150rb, silaken dicoba :D
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: banding-banding busi nihhh...

Post by Cloud »

betul, ganti busi racing tanpa koil racing hampir tidak berpengaruh. justru ganti koil racing efeknya lebih terasa. mau yang agak murah, bisa pake koil mobil 2nd, lumayan besar tegangannya. tidak recommended buat busi standar, bisa meleleh. juga bkn untuk harian, kecuali businya ganti busi racing berkualitas bagus.
1 more, busi racing dikatakan racing karena bukan hanya materialnya, (iridium, silver, gold, atau copper) namun juga rentang suhunya. Busi standar memiliki suhu elektroda dan keramik lebih panas, karena jarak ujung elektroda dan keramik sebagai isolator listrik (tapi perambat panas juga) jauh dengan badan busi. coba bro lihat, busi standar rata2 punya celah dalam antara badan busi (ulir ) dengan keramik.
Beda dengan busi racing, celahnya dangkal, lebih cepat merambatkan panas.
jadi lebih dingin dong?
Mana yang bagus?
lihat mesin dulu, kalo mesin standar, suhu yang dihasilkan sesuai dengan busi standar, jadi pake busi standar (ato yang setara), busi lebih awet, tidak berkerak hitam, pembakaran lebih sempurna, soalnya suhu self cleaning effect (kira2 membersihkan diri sendiri) tercapai optimal.
kalo mesin std pake busi racing, panas di busi akan lebih cepat dilepas. suhu self cleaning effect tak tercapai. busi mudah jadi hitam, pembakaran kurang sempurna, dan cepat mati. Usia busi racing juga tidak selama busi harian, soalnya lebih mementingkan performa daripada ketahanan. Coba bro tanya sama mekanik2 balap, busi racing dipakai buat berapa race?
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: banding-banding busi nihhh...

Post by Cloud »

O ya, self cleaning effect bukan berarti busi mampu membersihkan diri sendiri, namun berarti kondisi dimana bahan bakar mampu terbakar secara tuntas, paling sedikit meninggalkan residu seperti karbon, berarti busi lebih jarang dibersihkan. kalo dibuka warnanya kira2 merah bata, atau merah abu2, ato abu2, yang bagus merah bata ato merah kecoklatan , ok?

tambahan, busi racing yang ditawarkan di pasaran belum tentu benar2 racing, mungkin modelnya saja yang racing, kalo bener2 racing, pasti tidak seawet busi standar.

Pembakaran yang bagus, api harus besar, namun tidak kebesaran. kenapa? coba dibayangkan, butuhnya memanaskan air 1 liter hingga mendidih selama 1 menit, tapi kalornya ditambah. 1/2 menit udah mendidih. kan percuma, kan butuhnya 1 menit?
Pada busi standar, tegangan dinaikkan berlebih bisa mengakibatkan busi meleleh, bahkan bisa merusak kepala piston dan kepala silinder.
Penggantian busi racing, disertai koil racing (tegangan lebih tinggi) sebaiknya diimbangi penyetelan ulang waktu pengapian, karena mempengaruhi lamanya bensin dibakar di ruang bakar. atau mudahnya, ganti busi n koil racing, sebaiknya ganti cdi racing juga (sesuai spek mesin) untuk menghindari tekanan berlebihan akibat pembakaran yang lebih cepat.
thomas89
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Fri Feb 08, 2008 7:16
Location: Solo - Cilegon
Daily Vehicle: Nissan - Grand Livina

Re: banding-banding busi nihhh...

Post by thomas89 »

Cloud wrote:O ya, self cleaning effect bukan berarti busi mampu membersihkan diri sendiri, namun berarti kondisi dimana bahan bakar mampu terbakar secara tuntas, paling sedikit meninggalkan residu seperti karbon, berarti busi lebih jarang dibersihkan. kalo dibuka warnanya kira2 merah bata, atau merah abu2, ato abu2, yang bagus merah bata ato merah kecoklatan , ok?

tambahan, busi racing yang ditawarkan di pasaran belum tentu benar2 racing, mungkin modelnya saja yang racing, kalo bener2 racing, pasti tidak seawet busi standar.

Pembakaran yang bagus, api harus besar, namun tidak kebesaran. kenapa? coba dibayangkan, butuhnya memanaskan air 1 liter hingga mendidih selama 1 menit, tapi kalornya ditambah. 1/2 menit udah mendidih. kan percuma, kan butuhnya 1 menit?
Pada busi standar, tegangan dinaikkan berlebih bisa mengakibatkan busi meleleh, bahkan bisa merusak kepala piston dan kepala silinder.
Penggantian busi racing, disertai koil racing (tegangan lebih tinggi) sebaiknya diimbangi penyetelan ulang waktu pengapian, karena mempengaruhi lamanya bensin dibakar di ruang bakar. atau mudahnya, ganti busi n koil racing, sebaiknya ganti cdi racing juga (sesuai spek mesin) untuk menghindari tekanan berlebihan akibat pembakaran yang lebih cepat.
Bro,.
minta merk dan kisaran harganya dunks..ha.ha.ha

takut dikerjain ma bengkelnya nih :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: ..

:thanks: :thanks: :thanks: :thanks:
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: banding-banding busi nihhh...

Post by r1210g »

hohoh.. busi racing yang dimaksud apa dulu nih ya? saya jadi bingung...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
thomas89
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Fri Feb 08, 2008 7:16
Location: Solo - Cilegon
Daily Vehicle: Nissan - Grand Livina

Re: banding-banding busi nihhh...

Post by thomas89 »

r1210g wrote:hohoh.. busi racing yang dimaksud apa dulu nih ya? saya jadi bingung...
smuany dah kaya koil busi ma busi racing ma CDI nya dan yang penting cocok dengan motor gw, supra X tercinta. :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: banding-banding busi nihhh...

Post by r1210g »

maksudnya busi iridium kali ya?
itu muantap koq bro...

Koil juga boleh kalo mau ganti yang gede...

CDI kurang tau dah...

Smua yang pasti bikin performa motor naik, dan dampak buruknya
limit
n-->0

hahaha,, rumus matematika...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
thomas89
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Fri Feb 08, 2008 7:16
Location: Solo - Cilegon
Daily Vehicle: Nissan - Grand Livina

Re: banding-banding busi nihhh...

Post by thomas89 »

iya bro
kisaran brp ya busi iridium tuk supra X
ma koil yang cocok dah skalian...

:thanks: :thanks:
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: banding-banding busi nihhh...

Post by r1210g »

kalo iridium itu harganya sekitar 80rb rupiah..
kalo koil itu pake XP mungkin.. saya baru rencana mau beli itu sih..
harganya sekitar 150-170 rb..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: banding-banding busi nihhh...

Post by Cloud »

Wah, kalo merek disebut ntar dikira promosi, tapi merek2 yang sudah disebutkan bro di atas sudah cukuplah untuk dipakai, Busi dari hasil tes kebanyakan yang paling stabil tahanannya adalah N*K, koil juga banyak macamnya lo, ada B**e Thun**r, B*T, No***y, dan masih banyak lagi. Yang penting disesuaikan dengan budget, eh tapi busi racing (bener2 racing) kalo dipasang tanpa ganti koil bisa hitam lo,
Kalo CDI, banyak juga macamnya, ada B*T, R***or, dsb, pokoknya cari yang khusus harian (kalo dipakai buat harian). Nah, tergantung bro mau milih yang mana, ntar kalo dikasi penilaian dikira td adil (kan penilaian seseorang thdp merk berbeda). Yang jelas, semua merk punya keunggulan baik dilihat dari segi performa, harga, atau reliabilitas.
User avatar
tepe
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Apr 10, 2008 0:07

Re: banding-banding busi nihhh...

Post by tepe »

menurut saya paling bagus sih NGK iridium IX. harganya 6 biji sekitar 50 dollar an.
g coupe
thomas89
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Fri Feb 08, 2008 7:16
Location: Solo - Cilegon
Daily Vehicle: Nissan - Grand Livina

Re: banding-banding busi nihhh...

Post by thomas89 »

Cloud wrote:Wah, kalo merek disebut ntar dikira promosi, tapi merek2 yang sudah disebutkan bro di atas sudah cukuplah untuk dipakai, Busi dari hasil tes kebanyakan yang paling stabil tahanannya adalah N*K, koil juga banyak macamnya lo, ada B**e Thun**r, B*T, No***y, dan masih banyak lagi. Yang penting disesuaikan dengan budget, eh tapi busi racing (bener2 racing) kalo dipasang tanpa ganti koil bisa hitam lo,
Kalo CDI, banyak juga macamnya, ada B*T, R***or, dsb, pokoknya cari yang khusus harian (kalo dipakai buat harian). Nah, tergantung bro mau milih yang mana, ntar kalo dikasi penilaian dikira td adil (kan penilaian seseorang thdp merk berbeda). Yang jelas, semua merk punya keunggulan baik dilihat dari segi performa, harga, atau reliabilitas.

wah bro..newbie gak tau apa2 gw..hahahahaha
di PM aja deh..

thanks berat yahh
thomas89
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Fri Feb 08, 2008 7:16
Location: Solo - Cilegon
Daily Vehicle: Nissan - Grand Livina

Re: banding-banding busi nihhh...

Post by thomas89 »

:capede: :capede:
User avatar
sbp
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Sat May 03, 2008 9:46
Location: no where

Re: banding-banding busi nihhh...

Post by sbp »

NGK and DENSO