Bebek injection (honda)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
Bebek injection (honda)
kalau gw kemaren2 beli honda SupraX 125 R bakalan gigit jarreee
http://www.astra-honda.com/index.php?fu ... ain&id=124
Jakarta, 01 Desember 2005
AHM Luncurkan Motor Bebek Injection
Motor CC besar, irit BBM dan ramah lingkungan
Bertempat di areal test course AHM – Tipar Cakung, pada Hari Kamis, 1 Desember 2005, PT Astra Honda Motor (AHM) kembali meluncurkan tipe terbaru dari jenis bebek, Honda Supra X 125 PGM-FI. Model ini merupakan varian Supra X 125 terbaru dan sekaligus sepeda motor pertama yang di Indonesia yang dilengkapi dengan sistem injection. Acara peluncuran ini dilakukan langsung oleh Presiden Direktur AHM, Minoru [cencored] di depan sejumlah wartawan media nasional.
--cut--
Sistem injection pada Supra X 125 PGM-FI ini, dikendalikan oleh ECM (Electronic Control Module), dimana jumlah dan waktu suplai bahan bakar diatur dengan sangat presisi sesuai kondisi putaran mesin. Hal ini mengakibatkan konsumsi BBM sangat irit. Untuk memonitor kerja sistem elektronik, pada panel speedometer dilengkapi dengan MIL (Malfunction Indicator Lamp), dimana lampu indikator akan hidup jika terjadi gangguan. Selain itu sebagai pengaman sepeda motor ini dilengkapi dengan BAS (Bank Angel Sensor), dimana sistem elektrik dan suplai bahan bakar otomatis akan mati apabila sepeda motor jatuh.
Motor yang dibandrol dengan harga Rp 15 juta (pelek jari-jari) dan Rp 16,3 juta (pelek racing)
--cut--
http://www.astra-honda.com/index.php?fu ... ain&id=124
Jakarta, 01 Desember 2005
AHM Luncurkan Motor Bebek Injection
Motor CC besar, irit BBM dan ramah lingkungan
Bertempat di areal test course AHM – Tipar Cakung, pada Hari Kamis, 1 Desember 2005, PT Astra Honda Motor (AHM) kembali meluncurkan tipe terbaru dari jenis bebek, Honda Supra X 125 PGM-FI. Model ini merupakan varian Supra X 125 terbaru dan sekaligus sepeda motor pertama yang di Indonesia yang dilengkapi dengan sistem injection. Acara peluncuran ini dilakukan langsung oleh Presiden Direktur AHM, Minoru [cencored] di depan sejumlah wartawan media nasional.
--cut--
Sistem injection pada Supra X 125 PGM-FI ini, dikendalikan oleh ECM (Electronic Control Module), dimana jumlah dan waktu suplai bahan bakar diatur dengan sangat presisi sesuai kondisi putaran mesin. Hal ini mengakibatkan konsumsi BBM sangat irit. Untuk memonitor kerja sistem elektronik, pada panel speedometer dilengkapi dengan MIL (Malfunction Indicator Lamp), dimana lampu indikator akan hidup jika terjadi gangguan. Selain itu sebagai pengaman sepeda motor ini dilengkapi dengan BAS (Bank Angel Sensor), dimana sistem elektrik dan suplai bahan bakar otomatis akan mati apabila sepeda motor jatuh.
Motor yang dibandrol dengan harga Rp 15 juta (pelek jari-jari) dan Rp 16,3 juta (pelek racing)
--cut--
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
walah, haram! ketauan beli f 150...16 juta? nepu tuh...pgm-f1 cuma bikin irit 6 persen doang. So kalo biasanya konsumsi 1:50, pake pgm-f1 cuma nambah 3 kilo jadi 1:53. gak ada efeknya. Masih Ketauan beli supra x biasa yg 14 juta, sisa 2 jutanya buat dugem, traktir cewe2!
pinter nih honda, bikin inovasi2 aneh yg ga guna biar penjualannya tetep tinggi. Kasian orang indo yg gak tau apa2 dan berpikir: "wah, gile, teknologi tinggi nih!!!!! gak ada bebek injeksi sebelumnya! hebat nih kalo gw punya nih motor".......kasian....
pinter nih honda, bikin inovasi2 aneh yg ga guna biar penjualannya tetep tinggi. Kasian orang indo yg gak tau apa2 dan berpikir: "wah, gile, teknologi tinggi nih!!!!! gak ada bebek injeksi sebelumnya! hebat nih kalo gw punya nih motor".......kasian....
Just Call Me Nichol !!!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
Honda Rilis Motor Fuel Injection
JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali membikin terobosan baru. Untuk mempertahankan posisinya sebagai market leader, AHM merilis Supra X 125 PGM-FI, yakni sepeda motor pertama di Indonesia yang tidak memakai karburator. "Motor ini menggunakan teknologi terbaru fuel injection," ujar Johannes Hermawan, direktur marketing AHM di Jakarta kemarin.
Menurut dia, sepeda motor tersebut mengadopsi sistem Programmed Fuel Injection (PGM-FI) yang bisa mengatur suplai bahan bakar secara terprogram melalui sirkuit-sirkuit yang dirancang secara sistematis. Perbedaan mendasar sepeda motor ini dibanding yang lain adalah tidak adanya karburator yang biasanya diperlukan untuk mengatur percampuran bahan bakar dan udara.
"Tugas dan fungsi karburator telah digantikan dengan sistem PGM-FI," tukasnya. Johannes mengklaim bahwa Honda sebagai pelopor teknologi fuel injection untuk motor di Indonesia. "Di Thailand sudah digunakan sejak dua tahun lalu, tetapi di Indonesia ini yang pertama kali," ujarnya.
Sementara itu, meski menjelang tutup tahun penjualan sepeda motor agak seret karena daya beli masyarakat menurun, AHM tetap optimistis target penjualan tahun ini dapat tercapai. "Dari target tahun ini 2,65 juta unit, hingga Oktober sudah terjual 2.488.064 unit. Jadi kita optimistis dapat mencapai target tahunan," cetusnya.
Dia memperkirakan, tahun depan pasar sepeda motor masih tetap bagus meski tidak secerah tahun ini. Tahun ini penjualan sepeda motor Honda mengalami pertumbuhan 30 persen dibanding periode sebelumnya. "Tahun depan masih akan meningkat, tapi mungkin di bawah 30 persen tidak sebaik tahun ini," tuturnya. Dengan asumsi itu, AHM optimistis tahun depan masih dapat mempertahankan market share-nya di atas 50 persen.(wir)
JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali membikin terobosan baru. Untuk mempertahankan posisinya sebagai market leader, AHM merilis Supra X 125 PGM-FI, yakni sepeda motor pertama di Indonesia yang tidak memakai karburator. "Motor ini menggunakan teknologi terbaru fuel injection," ujar Johannes Hermawan, direktur marketing AHM di Jakarta kemarin.
Menurut dia, sepeda motor tersebut mengadopsi sistem Programmed Fuel Injection (PGM-FI) yang bisa mengatur suplai bahan bakar secara terprogram melalui sirkuit-sirkuit yang dirancang secara sistematis. Perbedaan mendasar sepeda motor ini dibanding yang lain adalah tidak adanya karburator yang biasanya diperlukan untuk mengatur percampuran bahan bakar dan udara.
"Tugas dan fungsi karburator telah digantikan dengan sistem PGM-FI," tukasnya. Johannes mengklaim bahwa Honda sebagai pelopor teknologi fuel injection untuk motor di Indonesia. "Di Thailand sudah digunakan sejak dua tahun lalu, tetapi di Indonesia ini yang pertama kali," ujarnya.
Sementara itu, meski menjelang tutup tahun penjualan sepeda motor agak seret karena daya beli masyarakat menurun, AHM tetap optimistis target penjualan tahun ini dapat tercapai. "Dari target tahun ini 2,65 juta unit, hingga Oktober sudah terjual 2.488.064 unit. Jadi kita optimistis dapat mencapai target tahunan," cetusnya.
Dia memperkirakan, tahun depan pasar sepeda motor masih tetap bagus meski tidak secerah tahun ini. Tahun ini penjualan sepeda motor Honda mengalami pertumbuhan 30 persen dibanding periode sebelumnya. "Tahun depan masih akan meningkat, tapi mungkin di bawah 30 persen tidak sebaik tahun ini," tuturnya. Dengan asumsi itu, AHM optimistis tahun depan masih dapat mempertahankan market share-nya di atas 50 persen.(wir)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
- Location: malang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
alah, teknologi dah 20 taon silam baru diterapin sekarang, bukan teknologi baru itu mah, cuma akal2an aja buat dongkrak penjualan. Seperti yg gw bilang, teknologi 4 tak tuh terus dikembangin biar dapet untung gede, ya macam honda ini yg paling licik! hehe....apa sih bagusnya pgm?
ngapain juga kita mesti irit bbm? hidup disiksa, matipun gak puas! kalaupun kita irit, toh pabrik2 n pembangkit listrik masih pake bbm juga dlm jumlah yg teramat boros. Cuma rakyat kayak kita yg dikadalin suruh hemat...dunia lagian dah mo kiamat, bencana n penyakit dah pada muncul sana sini....hehe....so, pakailah motor sesuai kesenangan..jangan mudah tertipu sama isu2 hemat2an gaya honda...maksa tau....
ngapain juga kita mesti irit bbm? hidup disiksa, matipun gak puas! kalaupun kita irit, toh pabrik2 n pembangkit listrik masih pake bbm juga dlm jumlah yg teramat boros. Cuma rakyat kayak kita yg dikadalin suruh hemat...dunia lagian dah mo kiamat, bencana n penyakit dah pada muncul sana sini....hehe....so, pakailah motor sesuai kesenangan..jangan mudah tertipu sama isu2 hemat2an gaya honda...maksa tau....
Just Call Me Nichol !!!
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Sun Jul 24, 2005 13:24
- Location: Jakarta
walahhhhh 16,3jt.......
gpp sih tetep gw beli asal bonusnya ce cakep .....
injection tapi masih SOHC????
podowae..... masih canggihan F150 lah....
Honda Indo udah ketakutan karena sekarang banyak saingan..... & secara tech lebih unggul....
honda ind, cuma ngandelin irit tapi technologi lama punya..... beda sama honda luar spt thai.... ngeluarin prod berkualitas.... cbr & sonic
sumpahcumasekali2nyagwpunyasupraitupunnyesel
gpp sih tetep gw beli asal bonusnya ce cakep .....
injection tapi masih SOHC????
podowae..... masih canggihan F150 lah....
Honda Indo udah ketakutan karena sekarang banyak saingan..... & secara tech lebih unggul....
honda ind, cuma ngandelin irit tapi technologi lama punya..... beda sama honda luar spt thai.... ngeluarin prod berkualitas.... cbr & sonic
sumpahcumasekali2nyagwpunyasupraitupunnyesel
A/T vehicle.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
Dilihat dari sisi lain, ini bisa memacu perkembangan teknologi motor bebek dari pihak lain. Mungkin 2 tahun ke depan yang lain mulai memasang ini juga (dan tentu fitur2 lain yang 'beneran dan segar' ,hehe) .
Jadi inget, Tossa Krisna125 yang mirip Karisma. Dia juga pakai throttle sumthing gitu spt di karisma. Nah, bagaimana dng produk baru ini, ditiru juga ngga ya sama Krisna125?
Jadi inget, Tossa Krisna125 yang mirip Karisma. Dia juga pakai throttle sumthing gitu spt di karisma. Nah, bagaimana dng produk baru ini, ditiru juga ngga ya sama Krisna125?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
- Location: Palembang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
- Location: malang
dari forum sebelah
[cencored] yah nih orang ato nggak tau medan perang yah? lha wong Yamaha dah mo lauch fazer pake' ijek kok---------- Forwarded message ----------
From: Artanto Wahyudi < [email protected] >
Date: Dec 5, 2005 6:59 AM
Subject: [otomotif-l] Honda SupraX 125 PGM-FI di-develop selama 2 tahun
Ini cerita nggak gw bagi ke wartawan lho,
Milisers, bro yang baik hati, justru aku bagiin cerita ini :
kekebetulan gw dapet kehormatan untuk ikut develop SupraX 125 injection dari awal;
2 tahun lalu prototip pertama kita buat lalu kita test, hasilnya :
- TPS tak tahan dengan kelembaban Indonesia
- filter bensin butuh penyesuaian untuk menghadapi bensin busuk
untuk mengatasi bensin busuk dan lingkungan kotor, maka :
- filter bensin di buat lebih lebar dengan 5 lapisan
- tangki bahan bakar dengan lapisan tahan karat,
- tutup tangki yang lebih rapat
- saluran bensin dibuat lebih tahan terhadap air dan minyak tanah,
- saluran filter udara yang lebih baik agar debu tak mudah menyelinap
- ECU dan TPS dibuat kedap air
- harness yang lebih baik
Akhirnya dibuatlah prototype kedua, kemudian kita siksa kembali, hasilnya jauh lebih baik,
tapi perlu penyesuaian setting ECU untuk menyesuaikan dengan oktan bensin premium,
ya SupraX 125i dibuat untuk bekerja dengan bensin Pertamina Premium
spec SupraX 125i dibuat lebih tinggi daripada saudaranya (Wave-i) di Thailand
soale harus menghadapi kondisi lingkungan yang jorok di Indonesia
alasan lain : cewek Indonesia tak semerit & semulus cewek Thai (apalagi bencong-nya)
Protoype ketiga yang sudah disesuaikan dengan bensin Indonesia dibuat untuk disiksa kembali,
hasilnya sungguh menggembirakan
Prototype keempat dibuat untuk disiksa gila-gilaan, dan hasilnya sangat bagus :
- lebih hemat 6 % daripada base modelnya yag memakai carburetor,
- dan pengendaraan yang lebih smooth
- starter waktu dingin atau setelah tidak dipakai lama sangat bagus dibansing yang memakai carburator
- tak butuh penyetelan selama test, nggak seperti memakai carburator
ini adalah sepeda motor dengan masa development terlama di Indonesia
memakai system fuel pressure regulator di dalam tangki, meniadakan return hose = lebih sederhana
sensor-sensor dibuat oleh [cencored] Panasonic
dilengkapi dengan :
- sensor pengaman saat sepeda motor jatuh, dengan men-shut down injector dan pompa
- 2 buah sensor suhu (oli dan udara)
- sensor MAP
- sensor posisi gas (TPS)
- sensor sudut crankshaft
- sensor idle dengan neutral gear indicator, sehingga meniadakan relay idle,
lebih handal dan sederhana
kelistrikan dilengkapi dengan alternator yang lebih kuat, dioda yang tangguh serta kapasitor ukuran besar,
sehingga sistem injeksi mampu bekerja tanpa battery
mungkin ECU-nya lebih cerdik dari ECU HD
processornya memakai buatan Mitsubishi Electric dan Chipset buatan Toshiba
masih saudaraan sama processor punya Evo, cuman MHz-nya saja yang lebih pelan
saat develop Honda meminta Mitsubishi dan Toshiba meningkatkan kebersihan ruangan steril
untuk pembuatan processor dan chipset,
sehingga defect akibat debu yang nempel jadi lebih minimal
Ada pertanyaan : mengapa bukan sepeda motor sport yang dilengkapi system injeksi, tapi sepeda motor bebek ?
jawabannya :
dampak ke pasar lebih baik bahwa sistem injeksi bisa dipakai buat sepeda motor biasa
- sistem injeksi juga handal jika dipakai obrokan,
- low maintenance
(selama test siksaan, sistem injeksi tak butuh perawatan sama sekali,
hanya membersihkan filter udara saja), beda dengan carburator
setting injeksi ini lebih ditujukan untuk pengendaraan smooth, irit bensin dan emisi gas buang rendah,
kompetitor butuh waktu 2 tahun lagi kalau mau bikin sepeda motor injeksi,
kecuali mereka beli SupraX 125i lalu dibedah
setelah melewati masa uji selama 2 tahun produk ini siap jual
Konsumen yang dibidik adalah mereka yang sudah punya mobil,
tapi ingin pakai sepeda motor dengan teknologi tinggi buat ke kantor, biar irit & bebas macet
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
Ditabloid motorplus minggu ini diulas tuh ttg Supra X 125 PGM-FI.
Kelebihan:
- BBM lbh irit 0,6 liter
- Akselerasi lbh responsif
Kekurangan:
- Top speed gak bs lbh dr 100kpj.
- Gak boleh kena air; cuci motornya hrs hati2
- Gak boleh sembarangan bensin
- Voltase aki hrs dlm keadaan normal selalu
- Gak boleh sembarangan las/pres rangka kalo tiba2 motorjatuh
- Gak bs mesin RPM tinggi
Kayanya banyak bgt kekurangan drpd kelebihannya nih???
Mana neeh 'brand-image' Honda yg dr dulu terkenal: "bandel, awet, irit, makin panas makin bagus larinya"
Kalo canggih tp ngerepotin mendingan beli Honda CB aja deh. Ketahuan mo dioprek gimana jg jadi.
Kelebihan:
- BBM lbh irit 0,6 liter
- Akselerasi lbh responsif
Kekurangan:
- Top speed gak bs lbh dr 100kpj.
- Gak boleh kena air; cuci motornya hrs hati2
- Gak boleh sembarangan bensin
- Voltase aki hrs dlm keadaan normal selalu
- Gak boleh sembarangan las/pres rangka kalo tiba2 motorjatuh
- Gak bs mesin RPM tinggi
Kayanya banyak bgt kekurangan drpd kelebihannya nih???
Mana neeh 'brand-image' Honda yg dr dulu terkenal: "bandel, awet, irit, makin panas makin bagus larinya"
Kalo canggih tp ngerepotin mendingan beli Honda CB aja deh. Ketahuan mo dioprek gimana jg jadi.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
jawabaan nya karena pangsa motor terbesar di indonesia adalah bebek siapa yang ngak tergiur pasar indonesia honda aja sampe buka 3 parbrik.Ada pertanyaan : mengapa bukan sepeda motor sport yang dilengkapi system injeksi, tapi sepeda motor bebek ?
jawabannya :
Kekurangan:
- Top speed gak bs lbh dr 100kpj.
- Gak boleh kena air; cuci motornya hrs hati2
- Gak boleh sembarangan bensin
- Voltase aki hrs dlm keadaan normal selalu
- Gak boleh sembarangan las/pres rangka kalo tiba2 motorjatuh
- Gak bs mesin RPM tinggi
bah ini yang sakit
padahal di tulis Prototype keempat dibuat untuk disiksa gila-gilaan, dan hasilnya sangat bagus :
kok kena air aja takut hehehe
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Mon Aug 15, 2005 3:19
honda gitu looooh..........
tapi emang dashyat nih dampaknya, para rider honda ditempat gua kerja skrng bisa bangga......honda selalu terdepan neeeeh . ada temen gua yg baru beli suprax125 sebulan dah langsung mo dilego buat nebus si bebek injek ini.....weleh...weleh.......
skrng orang honda selalu bikin statement kalo ni motor buat kalangan atas / yg bener2 memang up 2 date.....
ancur...ancur.....
btw, tambah 2,5 juta dapet scorpio noooh
tapi emang dashyat nih dampaknya, para rider honda ditempat gua kerja skrng bisa bangga......honda selalu terdepan neeeeh . ada temen gua yg baru beli suprax125 sebulan dah langsung mo dilego buat nebus si bebek injek ini.....weleh...weleh.......
skrng orang honda selalu bikin statement kalo ni motor buat kalangan atas / yg bener2 memang up 2 date.....
ancur...ancur.....
btw, tambah 2,5 juta dapet scorpio noooh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
di halaman berapa?anak_singkong wrote:Ditabloid motorplus minggu ini diulas tuh ttg Supra X 125 PGM-FI.
Kelebihan:
- BBM lbh irit 0,6 liter
- Akselerasi lbh responsif
Kekurangan:
- Top speed gak bs lbh dr 100kpj.
- Gak boleh kena air; cuci motornya hrs hati2
- Gak boleh sembarangan bensin
- Voltase aki hrs dlm keadaan normal selalu
- Gak boleh sembarangan las/pres rangka kalo tiba2 motorjatuh
- Gak bs mesin RPM tinggi
kok gw bolak balik gak ada , terutama mengenai gak boleh kena air dan sembarangan bensin.Info please.
Aki gak harus normal(yg soak juga bisa karena ada rangkaian tambahan apaa gitu)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
- Location: malang
klo' yg mengenai kena air.... meskipun nggak baca dari tabloid.... seraca logika aja deh... mobil aja yg pake injek dengan sensor dimana2 nggak boleh sembarangan cuci mesinnya musim banjir kemaren ECU yg mati ada yg dihargai sampek 10jt (boardnya aja)
nah itu mobil dengan kap mesin... gimana bebek... bolong dimana2 kena hujan langsung blep... hehehehe.... AHM nyiksanya motor nggak dibikin berenang kyak kymco matic se hehehehe.....
gw mikir dulu dah klo' mo pake' injec
nah itu mobil dengan kap mesin... gimana bebek... bolong dimana2 kena hujan langsung blep... hehehehe.... AHM nyiksanya motor nggak dibikin berenang kyak kymco matic se hehehehe.....
gw mikir dulu dah klo' mo pake' injec
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
kasian sekali temen kantor ente..ck..ck..ck..udah jatoh ketimpa tetangga...gampang bener honda ngegoblokin masyarakat....ckckck...apa sih yg diharepin dr pgm?konsat wrote:honda gitu looooh..........
ada temen gua yg baru beli suprax125 sebulan dah langsung mo dilego buat nebus si bebek injek ini.....weleh...weleh.......
skrng orang honda selalu bikin statement kalo ni motor buat kalangan atas / yg bener2 memang up 2 date.....
ancur...ancur.....
Just Call Me Nichol !!!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
iya bener juga tuh ecu mobil aja ngak boleh kerendam air,sama aja kayak cemplungin handphone ke kolam hehehehehetimtimnugroho wrote:klo' yg mengenai kena air.... meskipun nggak baca dari tabloid.... seraca logika aja deh... mobil aja yg pake injek dengan sensor dimana2 nggak boleh sembarangan cuci mesinnya musim banjir kemaren ECU yg mati ada yg dihargai sampek 10jt (boardnya aja)
nah itu mobil dengan kap mesin... gimana bebek... bolong dimana2 kena hujan langsung blep... hehehehe.... AHM nyiksanya motor nggak dibikin berenang kyak kymco matic se hehehehe.....
gw mikir dulu dah klo' mo pake' injec
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
@anak_singkong:
gw kemaren2 ternyata belum beli Mplus yang bro maksud. Ok, tanggapan dari gw:
2. Ya, karena campuran bbm&udara gak telat di tiap putaran (gbr.2)
4. Untuk bebek satu ini, jangan nyemprot dibawah jok. Gw sendiri kaget lho waktu pertama kali lihat tukang cuci yang buka jok trus semprot dengan bebasnya (Weh, gimana klo rembes ke tangki atau masuk ke sela2 soket kabel?) Jadi, asalkan cuci motornya gak overacting kayak di gbr.3, kayaknya aman2 aja karena katanya pula .. udah pakai Step-2 (gbr.4)
5. baca paragraf akhir nya kelewat ya? (gbr.5)
6. ini yang Jaga Voltase Stabil di gbr.4 ? Mungkin bro dari garden speed blm baca Otoplus. Bisa kok nyala walau aki soak (gbr.6)
7. Las/pres rangka kalau motor jatuh? sblmnya maafkan gw atas ketidaktahuan gw. Yang gw tahu ya di pres sana-sini, tapi rangka di-las? (gak kebayang damage-nya kayak apa..)
8. err.. darimana nih? yg gue tahu di gbr.3 mengenai RPM langsam aja. Info please.
gw kemaren2 ternyata belum beli Mplus yang bro maksud. Ok, tanggapan dari gw:
1. BBM lebih diklaim irit 6% (gbr.1)Kelebihan:
- BBM lbh irit 0,6 liter
- Akselerasi lbh responsif
2. Ya, karena campuran bbm&udara gak telat di tiap putaran (gbr.2)
3. Ada yang bisa tembus juga, sepertinya ada bug di programming? (gbr.2)Kekurangan:
- Top speed gak bs lbh dr 100kpj.
- Gak boleh kena air; cuci motornya hrs hati2
- Gak boleh sembarangan bensin
- Voltase aki hrs dlm keadaan normal selalu
- Gak boleh sembarangan las/pres rangka kalo tiba2 motorjatuh
- Gak bs mesin RPM tinggi
4. Untuk bebek satu ini, jangan nyemprot dibawah jok. Gw sendiri kaget lho waktu pertama kali lihat tukang cuci yang buka jok trus semprot dengan bebasnya (Weh, gimana klo rembes ke tangki atau masuk ke sela2 soket kabel?) Jadi, asalkan cuci motornya gak overacting kayak di gbr.3, kayaknya aman2 aja karena katanya pula .. udah pakai Step-2 (gbr.4)
5. baca paragraf akhir nya kelewat ya? (gbr.5)
6. ini yang Jaga Voltase Stabil di gbr.4 ? Mungkin bro dari garden speed blm baca Otoplus. Bisa kok nyala walau aki soak (gbr.6)
7. Las/pres rangka kalau motor jatuh? sblmnya maafkan gw atas ketidaktahuan gw. Yang gw tahu ya di pres sana-sini, tapi rangka di-las? (gak kebayang damage-nya kayak apa..)
8. err.. darimana nih? yg gue tahu di gbr.3 mengenai RPM langsam aja. Info please.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.