Yuk, Mengenal Jupiter MX 135 LC!

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Yuk, Mengenal Jupiter MX 135 LC!

Post by mpoezz »

"Yang Lain Makin Ketinggalan!!". Itulah slogan Yamaha. Dan tampaknya slogan ini layak disandang Yamah Jupiter MX 135 LC, produk motor bebek terbaru dari Yamaha. Saat ini, motor dengan bentuk futuristik sudah mulai terlihat di jalanan Jakarta. Bentuknya asyik....man! Yuk, kenalan dengan motor yang telah diluncurkan di Jakarta pada 18 September lalu ini.

Sepeda motor berkapasitas 135 cc ini tak hanya memiliki penampilan segar, juga dilengkapi fitur-fitur yang tidak dimiliki kompetitornya. Salah satunya mesin baru (konvigurasinya tegak 44 derajat) yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 11,33 HP pada 8.500 rpm. Depot tenaga hasil rancangan baru ini tak hanya sanggup mendorong motor melaju secepat kilat, juga hemat bahan bakar (1 liter dapat digunakan dalam jarak sekitar 60 km) dan ramah lingkungan.

Kemampuan Jupiter MX yang luar biasa ini berkat dukungan forged piston yang proses pembuatannya dengan system cetak forging sehingga kuat dan tahan gores. Digunakan pula DiASil cylinder anti gores sehingga umur pemakaiannya bias panjang. Dua komponen penting ini sudah diuji coba menempuh perjalanan sejauh 50.000 km dengan hasil sempurna.

Untuk menjaga suhu mesin tetap ideal, Jupiter MX mengusung liquid cooled engine. Sedang untuk menghasilkan gas buang yang lebih ramah lingkungan, produk paling gres Yamaha ini dilengkapi Air Induction System (AIS), yaitu injeksi udara ke lubang pembuangan yang bertujuan menetralisir kadar emisi gas buang.

Untuk menekan gas buang lebih ramah lingkungan, bebek anyar Yamaha ini juga dilengkapi dengan knalpot yang menggunakan catalytic converter yang berfungsi membakar bahan bakar yang belum terbakar untuk mengurangi tingkat emisi dengan reaksi kimia sehingga gas berbahaya CO, Nox, dan HC berubah menjadi karbodioksida dan air. Dengan komponen ini, Jupiter MX menjadi sepeda motor pertama yang lolos uji emisi dengan standard Euro II.

Keistimewaan lain? Rangka menggunakan tipe diamond yang dipercaya menjamin stabilitas pada kecepatan tinggi dan saat manuver. Model rangka baru ini terasa makin sempurna dengan jodoh suspensi model monocross di roda belakang. Suspensi model baru ini menghasilkan daya kejut lebih lembut, empuk dan fleksibel di segala medan.

Soal tampangnya yang terlihat sporty, rasanya tidak perlu dijelaskan lagi. Yang pasti kalangan anak muda yang berjiwa dinamis dan gemar berkendara dengan kecepatan tinggi dengan motor yang safety, pasti tergiur memilikinya.

Data Umum Yamaha Jupiter MX 135:

1. Mesin

Type : 4-Tak SOHC
Kapasitas : 134.4 cc
Diameter x langkah : 54,0 x 58,7 mm
Perb. kompresi : 10,9 : 1
Daya maksimum ; 8,45 kW (11,33 HP) / 8.500 rpm
Torsi maksimum : 11,65 Nm/5.500 rpm
Kapasitas Air Pendingin : Radiator dan Mesin 620 cc, Tangki Recovery 280 cc, Total 900 cc.
Kapasitas Oli Mesin : Penggantian Berkala 800 cc, penggantian total 1.000 cc
Sistem Pelumasan : Pelumasan Basah / Wet Sump
Putaran Langsam Mesin : 1.400 rpm
Saringan Udara Mesin : Tipe Kering
Sistem Starter : Motor Starter dan Engkol
Karburator : Mikuni VM 22 x 1, setelah pilot screw 1-5/8 putaran keluar
Tipe Transmisi : Rotary 4 percepatan

2. Dimensi

PxLxT : 1.945 x 705 x 1.065 mm
Jarak sumbu roda : 1.245 mm
Jarak terendah : 140 mm
Tinggi Tempat Duduk : 770 mm
Kapasitas Bahan Bakar : 4 liter
Berat dgn Oli dan Bensin Penuh : 109 kg
Berat Kering : 104 kg

3. Kelistrikan

Lampu Depan : 12 Volt, 32W/32W
Lampu Sein Depan : 12 Volt, 10W x 2 buah
Lampu Belakang dan Lampu Rem : 12 Volt, 5W / 21W x 1 buah
Lampu Sein Belakang : 12 Volt, 10W x 2 buah
Battery : GM5Z - 3B / YB 5L-B 12 Volt 5.0 Ah (amper per jam)
Busi / Spark Plug : NGK CPR 8 EA-9 / DENSO U 24 EPR-9
Sistem Pengapian : DC CDI
Sekring : 10 amper

4. Rangka

Tipe Rangka : Dia

-----------------------------------------------------------------------------------
Jupiter MX Asean Touring

Setelah launching Jupiter MX pada tanggal 18 September 2005 di Jakarta, Yamaha kembali membuat gebrakan terkini dengan mengadakan touring Asean. Touring yang diawali dari Indonesia ini diikuti oleh pembalap dari 6 Negara Asean, yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Singapura, plus Jepang.

Touring Asean ini akan menempuh perjalanan berat untuk mencoba performa Jupiter MX. Start dari Jogjakarta pada tanggal 20 November 2005 dengan route etape I, Jogjakarta-Kediri-Surabaya-Cepu-Semarang-Cirebon-Bandung-Jakarta.

Dengan misi green campaign di beberapa kota di pulau Jawa, akan dilakukan penanaman pohon, di mana Yamaha akan menyumbangkan pohon untuk hutan-hutan Indonesia yang saat ini kondisinya semakin memprihatinkan. Diharapkan dengan green project ini masyarakat tergugah untuk memberikan sesuatu yang berguna bagi lingkungannya.

Touring dilanjutkan pada Etape II dari Jakarta-Lampung-Baturaja-Palembang-Jambi-Muarabungo-Padang-Pekanbaru-Rantau Prapat-Medan. Rute dan medan di wilayah Sumatera makin menantang. Dengan kecanggihan performanya, diyakini Yamaha MX akan bisa melewatinya dengan mulus.

Aksi para pembalap Yamaha dalam Asean Touring ini bisa disaksikan di SCTV setiap hari dari tanggal 20 November 2005 sampai dengan 11 Desember 2005 pada Liputan 6 Pagi dan Liputan 6 Petang. Ikuti terus berita Jupiter MX Asean Touring!
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

wah..

mirip artikel advertorial nih.. :)

bagus utk yg mau beli motor ini.
fun
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Sat Jun 25, 2005 3:19

Post by fun »

1 liter 60 km (premium)
1 liter ......... (pertamax)
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

mpoezz wrote:--cut--
juga hemat bahan bakar (1 liter dapat digunakan dalam jarak sekitar 60 km) dan ramah lingkungan.
--cut--
dengan komponen ini, Jupiter MX menjadi sepeda motor pertama yang lolos uji emisi dengan standard Euro II.
--cut--
1:60 pasti deh kondisi apa dulu? :wink:
Trus itu dng premium atau pertamax/plus?
ini ada 2 SMers (dng 3 jupieMX) yg ngeluh walau dng pertamax&aditif
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 0&start=80
Rival terdekatnya jupiemx paling kazezx130 (beda 5cc), dan menurut url ini
http://www.kaskus.com/archive/index.php/t-159164.html
dia pun diklaim 1:60 tapi kenyataannya 1:40~50 ,
tapi di url laen:
http://www.kaskus.com/archive/index.php/t-201484.html
pertama kali gw pake, ini ZX rakus banget 1:35 - 1:40, tapi waktu udah jalan kira2 1500km, konsumsi bensin jadi 1:50-an .. sekarang 4300km udah jadi 1:62 - 1:65 ... ga tau kenapa kok bisa gini, gw juga heran
http://www.kaskus.com/archive/index.php/t-201415.html
"juga terbilang irit pengalaman g sekitar 1:60"
C'mon let's share SMers atau laennya, berapa km utk 1 liter berdasarkan pengalaman sendiri atau teman/kerabat.

about standar euro II,
bingung gw, Kaze ZX130 bulan May '05 iklanin ini motor udah lulus euro-2.
Setelah itu SupraX125 ngiklan, mengklaim motor pertama yg lulus euro-2,
dan sekarang MX juga?

Satu lagi, kenapa ya MX malah "dimodif" dari X1 tampilannya?
Kepalanya jadi kayak karisma, belakang rasa shogun?
Gw pribadi lebih suka kalau depannya tetap X1
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

Apa Kata Penunggang Jupiter MX?

Tidak menyesal deh.. beli Jupiter MX 135 LC. Begitulah kesan orang yang sudah membeli produk motor bebek terbaru dari Yamaha ini. Sepeda motor ini dibuat dengan mengadopsi teknologi motor balap. Tunggangannya uenak banget broer!

Salah seorang yang sudah merasakan nyamannya mengendarai Yamaha Jupiter MX adalah Harry. Dia memaparkan tentang kesan Yamaha Jupiter MX dalam sebuah milis dari kaskus.com. "Pokoknya nggak nyesel," kata Harry.

Berikut ini tanggapan Harry:

"Hmmm...gimana mulainya yach? Abis bukan penulis/wartawan sich...juga bukan pembalap...juga bukan mekanik.....hanya orang awam biasa yang ingin sharing buat kalian semua tentang MX 135...sebelumnya saya pake ****a ****a 125 ..dijual...pesen MX!

Pokoknya nggak nyesel !!!! Enak bener pakai MX daripada motor gua sebelumnya! Mantap! Baru dateng tadi pagi, sudah saya bawa test drive keliling kota...(hehehe kaya selebritis aja) ...dilihat semua orang pas lampu merah ! Beli spion ke toko variasi, eh malah nggak diladenin sama yg punya toko..yang punya toko malah sibuk liat motor gua hehehe....

Isi bensin pertamax full tank, mau lihat ntar ini bebek minum brp liter. Kesan pertama begitu start ini motor....halus ! halus banget suara mesinnya.... Tempat duduk empuk dan nyaman...waktu naek motor yang dulu, gua kira pantat gua yg nggak betul..bawaannya sakit melulu...tapi naek MX .wah enak sekali....jauh banget !

Handling enak banget !...gua belak-belok..wuiss..wuis.... lancar...mantap ! Suspensi empuk.... dibandingkan motor yang dulu jauh banget !Wah tenaga nggak usah ditanya...gede banget...cuma masih belum berani dikebutin sih...maklum masih baru...he he..

Pergantian gigi mulus banget ! enak..& smooth !
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

Misteri MX di Yamaha Jupiter

Yamaha mengeluarkan produk terbaru motor bebeknya: Yamaha Jupiter MX 135 LC. Keren banget bo' namanya. Sepeda motor yang diyakini akan merajai pasar motor bebek ini sudah dilaunching di Jakarta 18 September 2005 lalu. Omong-omong MX itu apa sih?

MX hanya-lah singkatan dari 'maximize'. Ini karena sepeda motor ini memiliki keunggulan teknologi yang luar biasa. Salah satu keunggulannya, motor ini dibuat dengan mengadaptasikan teknologi motor balap. Ini jelas terobosan baru.

Jupiter MX dikawal dengan mesin baru (konvigurasinya tegak 44 derajat) yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 11,33 HP pada 8.500 rpm. Depot tenaga hasil rancangan baru ini tak hanya sanggup mendorong motor melaju secepat kilat, juga hemat bahan bakar (1 liter dapat digunakan dalam jarak sekitar 60 km) dan ramah lingkungan.

Kemampuan Jupiter MX yang luar biasa ini berkat dukungan forged piston yang proses pembuatannya dengan system cetak forging sehingga kuat dan tahan gores. Digunakan pula DiASil cylinder anti gores sehingga umur pemakaiannya bisa panjang. Dua komponen penting ini sudah diuji coba menempuh perjalanan sejauh 50.000 km dengan hasil sempurna.

Untuk menjaga suhu mesin tetap ideal, Jupiter MX mengusung radiator liquid cooled engine. Belum ada sepeda motor bebek yang menggunakan radiator seperti ini. Ini juga yang membedakan dengan motor-motor bebek lainnya.

Sedang untuk menghasilkan gas buang yang lebih ramah lingkungan, produk paling gres Yamaha ini dilengkapi Air Induction System (AIS), yaitu injeksi udara ke lubang pembuangan yang bertujuan menetralisir kadar emisi gas buang.

Masih banyak lagi keunggulan lainnya. Yang jelas, tidak ada ruginya untuk beralih ke sepeda motor 135 CC ini. Kalau sudah Yamaha, yang lain ketinggalan!!
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

semua di dapat dari sini,lumayan sekalian promosi yamaha MX

http://microsite.detik.com/yamaha/index ... l=434&id=1
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

lalahahlaa.a....a.selain jualan bmw, bos mpoezz juga jualan motor yamaha yaa....a......boleh dong kasih kreditan.....hiikhiskhsisks.s...
Image
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

ada pemakai yg dah claim masuk 165 kpj belom bro?
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

nichol wrote:ada pemakai yg dah claim masuk 165 kpj belom bro?
kalo yg claim masuk rumah sakit sih belum, tapi kalo yg claim bisa 80 udah ada disini.... :e-dance: :e-dance: :e-dance: :e-dance: :e-dance:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 46&start=0
Image
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

boleh jadi yg nanti masuk rumah sakit itu si komeng.....
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

gara2 komeng hancur jembatan hahahaha
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Melihat diameter x langkah, dengan bore-up sedikit kapasitas makin gampang menjulang. Tenaga lebih rata....

Yang jelas sudah tidak jamannya pake ban model drag....
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

Jupiter MX 135 LC di Titik Nol KM

Touring panjang Jupiter MX 135 CL dimulai dari Yogyakarta, Sabtu (19/11/2005). Perjalanan ini akan menempuh jarak 15.0000 Km menyusuri jalan-jalan 6 negara ASEAN yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam dan Filipina. Rencananya Touring ini akan berakhir di Filipina pada bulan Mei 2006.

"Even touring ini untuk menunjukkan kepada masyarakat di kawasan ASEAN betapa luar biasanya mesin Jupiter MX," kata Presiden Yamaha Asian Center Toshimitsu Iio pada saat memberikan sambutan dalam konfrensi pers di Hotel Melia Purosari, Jalan Suryotomo, Yogyakarta, Sabtu (19/11/ 2005).

Untuk di Indonesia, touring ini akan menempuh jarak 4.500 Km dari Yogyakarta menuju Medan, Selama 21 hari. Perjalanan ini akan melalui berbagai kota di Jawa dan Sumatera, antara lain Surabaya, Semarang, Bandung, Bandar Lampung, Pekanbaru, dan akan berakhir di Medan pada tanggal 9 Desember 2005.

Sebanyak 16 sepeda motor Jupiter MX buatan Indonesia akan digunakan dalam acara keliling ASEAN ini. Untuk touring di Indonesia, motor Jupiter MX akan 'ditunggangi' 12 orang wakil dari 6 negara ASEAN. Antara lain Theerapong Sangthong dari Thailand, Poon Keng Wai dari Malaysia , Lester R Dizon dari Filipina dan Hardi Fadilah dari Indonesia.

Selain mengadakan perjalanan keliling kota, Touring dengan tema 'Jupiter MX ASEAN Touring' ini juga akan mengadakan penghijauan dan pelatihan cara mengemudi motor yang aman (Yamaha Safety Riding Science) .

Penghijauan ini akan dilakukan di daerah Kendal-Semarang dan Sumedang-Bandung dengan penanaman 50.000 pohon. "Bagi Yamaha, lingkungan adalah salah satu prioritas utama dan salah satu proyek lingkungan kami adalah melakukan penanaman pohon di berbagai daerah yang kami kunjungi," kata Toshimitsu.

Pelatihan mengemudi motor yang aman akan digelar di setiap kota pada saat tur berhenti. Pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan pengguna sepeda motor Yamaha dalam mengendarai motor dengan aman.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

Jupiter MX Laris Manis, Pembeli Harus Antre

Baru saja dilaunching, penjualan Jupiter MX langsung laris manis. Permintaan yang besar membuat Yamaha kewalahan memenuhi permintaan motor keluaran teranyar ini. Akibatnya, para pembeli harus rela mengantre (inden) selama lebih kurang satu bulan untuk mendapatkan motor bergaya futuristik ini.

"Permintaan Yamaha Jupiter MX mencapai 30.000 unit per bulan sedangkan kita hanya mampu memenuhi permintaan 20.000 unit per bulan. Jadi, konsumen terpaksa harus menunggu," kata Vice President PT Yamaha Motor Kencana Indonesia Dyoninsius Beti di Yogyakarta, Minggu (20/11/2005).

Untuk memenuhi besarnya permintaan ini, Yamaha pada tahun depan segera mengoperasikan pabrik barunya. "Dengan pengoperasian pabrik baru ini kapasitas produksi kita akan meningkat dari 1.250.000 motor per tahun menjadi 1.500.000 motor pertahun," katanya.

Meski saat ini terjadi kenaikan harga BBM, Yamaha tetap yakin penjualan motor di Indonesia tidak akan mengalami penurunan. Ini disebabkan populasi penduduk Indonesia yang besar, dan transportasi menjadi barang yang mahal. Kurang tersedianya populasi publik, akan membuat orang memerlukan transportasi yang praktis untuk digunakan pergi ke mana-mana.

Saat ini, pertumbuhan sepeda motor di Indonesia sangat tinggi. Rata-rata per tahunnya 5 juta motor baru dibeli oleh masyarakat. "Yamaha sendiri pada tahun 2006 mengargetkan share market sebesar 27% sampai 28% dari nilai 5 juta unit tersebut," kata dia.
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

1 bulan antre??? Busyet....
Tapi dulu kalah ma Satria 150 2 bulen.....GILAA!!
timtimnugroho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
Location: malang

Post by timtimnugroho »

indy wrote:Melihat diameter x langkah, dengan bore-up sedikit kapasitas makin gampang menjulang. Tenaga lebih rata....

Yang jelas sudah tidak jamannya pake ban model drag....
kgak bisa di bore up....
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

saya baru liat motor ini kemarin secara langsung, kalo di liat desainnya udah beda jauh bgt dgn honda khasisma.
speedo nya kalo gak salah sampe 180km/h....udh kayak mobil aja.....
Image
setio_dewo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Mon Nov 07, 2005 8:03

Post by setio_dewo »

Rata-rata MX-ku nenggak 1:55 bensin. Pernah juga 1:60-1:65 waktu masih gres.

Yg jelas, aku nggak nyesel beli MX. Sdh keren, irit lagi. Setiap parkir pasti banyak yg nanya-nanya. Sayangnya kalo lagi jalan banyak yg nantangin ngebut. Tapi ngga pernah kulayani. :D
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

indy wrote:Melihat diameter x langkah, dengan bore-up sedikit kapasitas makin gampang menjulang. Tenaga lebih rata....
bore-up?
diasil katanya keras, gak semudah yg biasanya.
User avatar
atjep
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 371
Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55

Post by atjep »

setio_dewo wrote:Rata-rata MX-ku nenggak 1:55 bensin. Pernah juga 1:60-1:65 waktu masih gres.

Yg jelas, aku nggak nyesel beli MX. Sdh keren, irit lagi. Setiap parkir pasti banyak yg nanya-nanya. Sayangnya kalo lagi jalan banyak yg nantangin ngebut. Tapi ngga pernah kulayani. :D
Bravo Bro :e-clap:
lebih susah nahan diri loh apalagi di jalanan yg ruwet bikin stress .
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

bore up rasanya tidak dimungkinkan. Paling nanti keluar yg sistem 'set' tinggal plek, blok berikut piston cs. Tunggu aja, palingan 6 bulan dah keluar maenan racingnya
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

Apa Kata Mereka tentang Jupiter MX?

Motor anyar ini adalah salah satu andalan Yamaha. Berbagai iklan kecanggihan teknologinya sudah dipamerkan pada khalayak. Tetapi kurang afdhol kalau hanya mendengar gembar-gembor dari kubu Yamaha saja.

Ada baiknya kita mendengar langsung tanggapan peserta touring keliling Asean mengenai motor ini. Apa saja tanggapan mereka tentang Jupiter MX?

"Akselerasi motor ini bagus sehingga perubahan dari rpm rendah ke rpm tinggi dapat dilakukan dengan cepat," kata salah seorang peserta touring, yang juga pembalap nasional, Hardi Fadillah, usai melakukan perjalanan dari Kediri menuju Surabaya, Minggu (21/11/2005).

Hardi yang pernah menjadi Juara I Kejurnas Balap Motor tahun 2001 juga menyatakan suspensi Jupiter MX sangat bagus sehingga motor ini
menjadi sangat nyaman untuk dikendarai. "Sistem suspensi motor ini berbeda dengan motor-motor Yamaha yang pernah ada," katanya.

Pendapat senada dilontarkan oleh mantan peringkat empat Asia kelas 250 cc, Roy Ardianto. Menurutnya, Jupiter MX sangat stabil di jalan sehingga dapat dikendarai dengan kecepatan tinggi. Motor itu juga mempunyai tenaga yang besar namun konsumsi bahan bakarnya irit.

"Meski cc-nya besar tapi hemat," kata pemegang juara nasional Grass Track tahun 1995 yang telah pensiun dari dunia balap ini.

Kalau yang di atas adalah pendapat pembalap dan mantan pembalap, lalu bagaimana pendapat warga Klub Yamaha sendiri? "Motor ini tetap stabil walaupun digeber sampai kecepatan 100 km/jam. Kalau bebek biasa dengan kecepatan segitu sudah goyang," kata Ketua RX King Klub Djakarta Didit.

Didit juga mengungkapkan salah satu kelebihan Jupiter MX dibandingkan dengan motor lain adalah memiliki radiator untuk mendinginkan mesinnya. "Akselerasinya spontan dan output tenaga stabil,"demikian Didit.

Bagaimana komentar Anda?
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Post by riofhaloho »

setio_dewo wrote:Rata-rata MX-ku nenggak 1:55 bensin. Pernah juga 1:60-1:65 waktu masih gres.

Yg jelas, aku nggak nyesel beli MX. Sdh keren, irit lagi. Setiap parkir pasti banyak yg nanya-nanya. Sayangnya kalo lagi jalan banyak yg nantangin ngebut. Tapi ngga pernah kulayani. :D
Sering lewat mana bro... sayang kan, kate2 orang motornya kenceng tp nggak dibuktiin... ane siap kok bantuin ngebuktin... hehehe...
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

Jupiter MX, 1 Liter = 75 Km

Peningkatan harga BBM menyebabkan pembeli motor menginginkan motor yang irit BBM tapi tetap nyaman dikendarai. Jangan khawatir, kKdua keandalan itu sudah dimiliki Jupiter MX.

Hal ini terbukti dalam touring Jupiter MX yang diikuti 16 orang. Saat menempuh perjalanan Mojokerto-Malang dengan jarak 150 km, seliter BBM di tangki motor keren itu, berhasil dihabiskan setelah menempuh jarak 75 km.

Hasil tertinggi ini diperoleh oleh peserta touring asal Indonesia, Hardi Fadillah. Sedangkan yang paling boros 'diderita' peserta asal Filipina, Dino Directo, yaitu seliter BBM menempuh 45 km.

Menurut teknisi Yamaha, Arif Iskandar, perbedaan hasil ini disebabkan perbedaan cara mengemudi motor. Cara mengemudi yang konstan dan tidak menggeber-geber gas akan membuat bensin lebih hemat.

Faktor lainnya adala faktor eksternal yang sulit dikendalikan seperti bobot, kemacetan lalu lintas, dan kondisi jalan yang dilalui. "Itu semua mempengaruhi banyaknya pemakaian bensin," katanya saat tim touring beristirahat di Cepu, Rabu (23/11/2005).

Selama touring, Arif dkk terus memantau kondisi motor, termasuk efisiensi pemakaian BBM. Jadi semuanya serba terkontrol.