Page 1 of 4

Mitsubishi Colt vs. Toyota Dyna vs. Isuzu Elf

Posted: Thu Jun 14, 2007 17:33
by TiongBahru_Ahbeng
Guys, utk kategori light trucks (utk dijadikan mobil box angkut barang) 4 roda dan 6 roda, manakah yg kalian lbh prefer, mitsubishi colt, isuzu elf ato toyota dyna? Tolong dijabarkan jg keunggulan en kelemahan masing masing, reliabilitynya mulai dr engine sampe ke kaki kakinya krn dlm waktu dekat kami akan meremajakan sebagian besar dr armada perusahaan kami. Thanks.<br/><br/><br/><i>.:Posted via WAP:.</i>

Posted: Fri Jun 15, 2007 17:35
by KUYA
Kenapa tidak menjajaki Foton? Foton adalah salah satu produsen kendaraan-2 niaga terkemuka di China dan light truck-nya termasuk best seller di China dan di Indonesia diageni Indomobil. Saya pernah melihatnya di pameran, modelnya bagus dan terkesan kokoh dan well-built. Tapi untuk sekarang ini yang ada hanya yang roda 4, harganya cuma 90-an jt (dibandingkan dengan merek-merek Jepang yang berkisar sekitar 130-145 jt kosong/tanpa bak) dan gratis bak besi (mungkin ada garansi). Konon sangat ekonomis. Kabarnya Indomobil juga akan memasukkan van diesel serba gunanya (semacam Alphard yang diberi nama "View") tahun depan.

Posted: Sat Jun 16, 2007 1:08
by DigitALL
Gw kurang begitu tau kalo light truck. Tp yg pasti Mitsu Colt masih paling laris di Indo.

Posted: Sat Jun 16, 2007 1:42
by TiongBahru_Ahbeng
Kl truk foton yg buatan china itu ketersediaan spare partsnya gimana? Unitnya didisplay di showroom indomobil yg mana? Memang waktu gw ke china, disana banyak skali truk merek china yg dipake disana. Apalagi meliat gaya org mainland mengendarai mobil mrk itu sgt kasar en urak urakan, seharusnya memang truk mrk cukup tough en ga buruk buruk amat.<br/><br/><br/><i>.:Posted via WAP:.</i>

Posted: Sat Jun 16, 2007 2:00
by TiongBahru_Ahbeng
Bro digitall memang dr pengalaman kami, truk colt kaki kakinya lbh tangguh dr isuzu elf, cm harga spare partsnya sdkt diatas isuzu elf. Skrg armada kami itu campuran berbagai merek, dan utk peremajaan kali ini kami berencana utk menyeragamkan armada kami, salah satu jenis yg kita minati adalah dyna, cm kita tdk tau banyak tentang dyna. Gw pernah dikasih tau sopir kami kalo dyna yg keluaran awal awal dulu kurang bagus, pertanyaannya adalah bagaimana dgn dyna yg skrg?<br/><br/><br/><i>.:Posted via WAP:.</i>

Posted: Sun Jun 17, 2007 18:02
by KUYA
Coba hubungi Indomobil PIK karena menurut sales Indomobil d pameran bahwa truk Foton ini nantinya bisa dilihat di Indomobil PIK. Mereka juga menjamin ketersediaan suku cadang. Saya sendiri juga tertarik untuk membeli karena selain modelnya cukup bagus, horse power-nya juga cukup besar untuk mesin diesel ukuran 2700-2800 cc dan menurut beberapa relasi kami di Cina bahwa truk Foton ini cukup handal dan tidak kalah dengan Isuzu.

Posted: Sun Jun 17, 2007 18:29
by Turboman
Mulai 2008 mesin2 truk Foton akan berbasis mesin2 buatan Cummins :

http://www.greencarcongress.com/2006/10 ... d_bei.html

Posted: Mon Jun 18, 2007 1:20
by ween
untuk dyna baru, itu ada kembarannya: Hino Dutro.......sama halnya dengan xeniavanza,&rushter yang dirakit ADM, Dyna ini juga dirakit oleh hino.........

fyi, sekarang colt diesel/canter dan elf sudah pakai turbo,lho....
dan dutro/dyna kayaknya belom pake turbo....

untuk alternatif aja, coba deh liat2 Mercedes MB700 / MB800 Turbo/non turbo......jauh lebih nyaman, bro....
:)

Posted: Tue Jun 19, 2007 11:40
by TiongBahru_Ahbeng
Bro Kuya, yakin foton didisplay di PIK? Gw sering lewat depan showroom sana loh, so far gw ga ngeliat truk foton disana, ato mungkin gw yg kurang teliti.

Memang betul bung ween, dr yg gue baca di brochure isuzu, memang elf sdh ada turbonya. Sedangkan dyna sptnya masih belum (CMIIW). Kalo yg mercedes MB700 dan MB800 yg bung mentioned, harganya itu brp? Krn gimana pun, untuk peremajaan armada kami, costs itu slalu jd pertimbangan utama.

Bro turboman, keliatannya bung ini sgt ahli dlm masalah mesin mesin diesel, apakah menurut bung, truk foton untuk saat ini worth buying (dibandingkan dgn Dyna, Elf dan Kepala Kuning)? Atau mungkin bung turboman ada suggestion yg lain?

Thx.

Posted: Wed Jun 20, 2007 8:23
by DigitALL
TiongBahru_Ahbeng wrote:Bro digitall memang dr pengalaman kami, truk colt kaki kakinya lbh tangguh dr isuzu elf, cm harga spare partsnya sdkt diatas isuzu elf. Skrg armada kami itu campuran berbagai merek, dan utk peremajaan kali ini kami berencana utk menyeragamkan armada kami, salah satu jenis yg kita minati adalah dyna, cm kita tdk tau banyak tentang dyna. Gw pernah dikasih tau sopir kami kalo dyna yg keluaran awal awal dulu kurang bagus, pertanyaannya adalah bagaimana dgn dyna yg skrg?<br/><br/><br/><i>.:Posted via WAP:.</i>
Saya sih tidak begitu tau detil masing2 kelebihan dan kekurangan, cuma suka baca di majalah saja kalo Mitsu Colt masih menjadi leader di kelas truk. Harusnya otomatis resale value jg lebih tinggi dibandingkan rival. Kalau kaki2nya lebih tangguh berarti masa penggantian jg lebih panjang kan. So ga masalah kalo partsnya cuma sedikit lebih mahal dari Elf. Dijual jg lebih tinggi.

Posted: Wed Jun 20, 2007 10:45
by KUYA
Pak Ah-Beng, memang di Indomobil PIK sudah ada sales Fotonnya (tapi unitnya belum ada). Coba hubungi 588-1370. Ternyata Foton ini launching resminya di pertengahan bulan Juli nanti (di pameran Gaikindo?) dan baru bisa dilihat di gudang Indomobil di Ancol pertengahan bulan Juli nanti. Kabarnya Indomobil baru-baru ini melakukan uji coba 3 unit dengan muatan penuh (> 3 ton) melalui tanjakan-tanjakan (di daerah Nagrek?) dan hasilnya sangat memuaskan. Harga on-the-roadnya di bawah Rp 95 jt dengan garansi 2 tahun atau 50.000 km dan bagi yang inden sekarang akan diberi bak besi (eks built-up) gratis.

Posted: Wed Jun 27, 2007 13:56
by TiongBahru_Ahbeng
Gw dikirimin penawaran sbg berikut (cm chassisnya, belum termasuk Box Aluminum karoserinya):
- Utk Isuzu Elf, gw dikasih discount Rp. 12 juta dr harga price list
- Utk Toyota Dyna dikasih discount Rp. 14 juta dr harga pice list
- Utk Mitsubishi Colt ............ belum tau discountnya berapa dr harga price list.

Ada org sales mitsubishi di forum ini ga yg bisa 'matahin' discount yg diberikan olh sales isuzu en toyota?

Posted: Wed Jul 18, 2007 14:45
by TiongBahru_Ahbeng
Ternyata gw yg kurang teliti, rupanya Dyna model baru juga sdh pake turbo intercooler.

Posted: Sat Sep 01, 2007 15:09
by TiongBahru_Ahbeng
Bung Ween, sesuai dgn permintaan you ke gw:


Mitsubishi Fuso Colt Diesel (OFF THE ROAD)
FE 71 110PS 4 BAN Rp. 129.900.000,-
FE 71 BC 4 BAN Rp. 128.400.000,-
FE 73 110PS 6 BAN Rp. 137.300.000,-
FE 73HD 110PS 6 BAN Rp. 146.700.000,-
FE 74 125PS 6 BAN Rp. 153.700.000,-
FE 74HD 125PS 6 BAN Rp. 158.700.000,-
FE 75 136PS 6 BAN Rp. 165.100.000,-
FE 84 136PS 6 BAN Rp. 176.300.000,-
FE 84G BC 6 BAN Rp. 169.600.000,-


Toyota Dyna (ON THE ROAD)
115 ST 4 BAN Rp. 129.800.000,-
115 ET 6 BAN Rp. 137.500.000,-
125 LT 6 BAN Rp. 156.300.000,-
125 HT 6 BAN Rp. 159.550.000,-
140 GT 6 BAN Rp. 176.150.000,-


Isuzu ELF (ON THE ROAD)

NHR 55 C/C 4 BAN Rp. 134.500.000,-
NKR 55 C/C 4 BAN Rp. 142.500.000,-
NKR 71 C/C 6 BAN Rp. 163.500.000,-
NKR 71 HD 6 BAN Rp. 166.500.000,-

Posted: Mon Sep 03, 2007 7:50
by anak_singkong
pernah ikut anak2 ekspedisi luar kota pake truk yg paling enak larinya Colt Diesel tarik2an ama Elf di voor jauh tuh.

Posted: Wed Sep 05, 2007 14:45
by TiongBahru_Ahbeng
Bung anak_singkong, apa yg you katakan itu ada benarnya.

Di antara Colt, Elf en Dyna, Elf sebenarnya adalah yg plg lame dlm soal tarikan di tanjakan, slogan ELF yg berbunyi 'rajanya tanjakan' itu hanyalah omong kosong, tanya deh ke supir-supir truck yg sudah terbiasa bawa truck, pasti mereka ga akan recommend ELF, mereka recommendnya either kepala kuning (1st choicenya mereka), ato dyna.

ELF biasanya dipake utk ngangkut beban yg ga terlalu berat, soalnya ini truk ga tangguh, kaki kakinya en tarikannya lame. Sedangkan kalo utk bawa beban berat, plg bagus ambil colt ato dyna, krn chassisnya, kaki-kakinya en tarikannya lebih kuat.

Posted: Sat Sep 08, 2007 14:58
by imsus2c
Om ahbeng bener, kalo buat tanjakan emang si kepala kuning. Di jalanan solo-semarang ato yogya-semarang, si kepala kuning ini rajanya! Kan tau sendiri di deket gunung merapi ada penambangan pasir. Tuh kepala kuning nyebur ke aliran lava (dingin tentunya!!!) trus naik bawa tuh pasir ke semarang or solo (100 Km, penuh tanjakan, turunan curam, tikungan dan jalanan sempit).
Om ahbeng tau sendiri kan, kalo muat pasir basah 1 bak penuh tuh beratnya berapa ton??? pasti ga lolos di jembatan timbang tuh. Tapi nyatanya si kepala kuning anteng aja sampe semarang atao solo ato yogya.
Ya...kata orang2 kalo buat light truck (mitsu=colt) even heavy truck (mitsu=fuso), yg paling kuat pasarannya di negara kita ya si mitsu.

Posted: Wed Sep 12, 2007 6:07
by anak_singkong
tempat sy kerja dulu prshn ekspedisi baru aja peremajaan mobil dr Toyota Dyna ke Isuzu ELF eh larinya malah kalah tuh ama Colt Diesel.

apa truk Colt Diesel itu 4x4 ya? koq masuk2 jalanan lumpur tetep bs jalan.

Posted: Wed Sep 12, 2007 10:55
by TiongBahru_Ahbeng
Gw tadinya jg kurang begitu tau kekurangan en kelebihan ketiga light trucks tsb., makanya gw bikin thread ini, tp setelah gw tanya ke sana sini (mekanik bengkel, sopir sopir truk perusahaan gw, sampe ke teman yg jg kebetulan ada mobil box), akhirnya semakin 'terang' sudah yg mana yg menjadi 'the weakest link' diantara ketiga merek en tipe tsb.

Kalo utk hino, gw masih belum tau terlalu banyak krn sopir sopir gw ga ada yg pernah berpengalaman bawa hino. Jd, apabila ada member disini yg tau en bs share pengetahuannya tentang hino mau pun truk truk pendatang baru asal china, silakan dipaparkan disini krn gw yakin yg pake mobil box bukan cm company gw seorang, pasti ada beberapa member disini yg jg pake mobil box utk armadanya, lumayan untuk nambah wawasan tentang light trucks.

Posted: Tue Sep 25, 2007 4:12
by Risol1
udah lah kalo mao beli truk ambil aja mitsu colt diesel. enak bro sparepartnya banyak barang KWnya.
gw dari dulu gak pernah beli barang ori mitsu kalo truk gw ada masalah. abis itu bener kalo colt diesel itu mesin dan sasisnya paling kuat bawa beban berat. IMHO, bahkan untuk mobil pick upnya sekalipun masih jauh lebih hebat L300 daripada kijang/panther pick up. colt diesel dijual lagi juga banyak yg nyari....

Posted: Thu Oct 04, 2007 6:07
by anak_singkong
klo FUSO gimana?

Posted: Thu Oct 04, 2007 6:12
by imsus2c
^^^
kalo fuso kayaknya dah beda kelas deh, kalo mo fuso harusnya:
Mitsubishi = Fuso
Isuzu = Borneo
Toyota = Hino
CMIIW

Posted: Thu Oct 04, 2007 8:39
by mungkin_estilo
Saya punya sepupu yang jadi sales di auto2000 denpasar. Dia sukses jualan dyna. Dia bilang bahwa antara toyota dyno dengan hino dutro sama halnya dengan avanza dan xenia. Dyno dan dutro berasal dari Hino. Malah pada tipe yang 125 PS dutro lebih kuat daripada dyna. Di Bali ada suatu tempat dimana tidak ada truk sekelas itu yang bisa dipake selain dutro (karena beratnya medan, nanjak). Gardan dutro pada tipe 125 PS lebih kuat daripada dyna tipe yang sama sehingga bisa membawa muatan yang lebih banyak (dia gambarkan dyna hanya bisa bawa muatan setinggi 2 papan, dutro bisa bawa 3 papan). Ini keterangan dari sepupu saya lho. Karena saya belum pernah punya n belum pernah pake truk..... Kalo sewa buat angkut barang pindahan dah sering... He he he

Posted: Thu Oct 04, 2007 14:54
by anak_singkong
mungkin_estilo wrote:Saya punya sepupu yang jadi sales di auto2000 denpasar. Dia sukses jualan dyna. Dia bilang bahwa antara toyota dyno dengan hino dutro sama halnya dengan avanza dan xenia. Dyno dan dutro berasal dari Hino. Malah pada tipe yang 125 PS dutro lebih kuat daripada dyna. Di Bali ada suatu tempat dimana tidak ada truk sekelas itu yang bisa dipake selain dutro (karena beratnya medan, nanjak). Gardan dutro pada tipe 125 PS lebih kuat daripada dyna tipe yang sama sehingga bisa membawa muatan yang lebih banyak (dia gambarkan dyna hanya bisa bawa muatan setinggi 2 papan, dutro bisa bawa 3 papan). Ini keterangan dari sepupu saya lho. Karena saya belum pernah punya n belum pernah pake truk..... Kalo sewa buat angkut barang pindahan dah sering... He he he
sorry..
bukannya DYNA itu sekelas Colt Diesel yg cuma 100PS. masa sih tenaga mesinnya sampe 125PS? klo gitu kalah dong Mitsubishi FUSO? FUSO aja ada yg cuma 120PS (tergantung typenya).

Posted: Thu Oct 04, 2007 15:14
by imsus2c
imsus2c wrote:^^^
kalo fuso kayaknya dah beda kelas deh, kalo mo fuso harusnya:
Mitsubishi = Fuso
Isuzu = Borneo
Toyota = Hino
CMIIW
Setahu saya, fuso terkecil tenaganya 220PS, kalo msh 120an, masih masuk kelas colt diesel. Sedangkan yg hino. seri-nya ranger sg dan fg.

Utk kelas light truck:
Mitsubishi = Colt Diesel
Toyota = Dyna (Hino Dutro)
Isuzu = Elf

Saya juga belum pernah nyetir truk, tapi berdasarkan omongan orang2 (sopir truk) dan liat dijalanan, mitsu colt diesel emang paling tangguh terutama di tanjakan. Mesin terkenal bandel tetapi spare part mahal. Kalo dyna dan elf, dengan umur pake dan beban yg relatif sama, kata mereka mesinnya lebih cepet ngebul (berasap)