Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by billyd1773dz »

klw gw pribadi soal comfort ngehadapi jalan ancur miras sufficient percaya g percaya sekeluarga setuju bantingannya lebih nyaman dri ipah. jalan ancur pede2 aja dilewatin dan g ada kendala kaki2 rusak jg blm ada

paling yg bikin g enak turing jarak jauh pke mbl kecil tu... rasanya tertindas oleh mbl yg lebih besar dan oleh motor.... g jarang motor g mw ngalah malah nengah n ngasih kaki hehe... ntah memang demikian dilecehkan atw hanya psikologi saja.

biasanya pke jeep besar bullbar besi dgn winch didepan g perlu nyalain lampu besar minta jalan, orng2 uda minggir sendiri hehe

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by keong »

Kalo cuma sby-bali rasanya sih tidak begitu ekstrim, bahan bakar kalo mintanya pertamax juga masih bisa dijangkau karena SPBU kan sangat banyak, lagian sekali isi full tank juga SBY-Bali cukup, toh nantinya mobil gak dibuat AKAP terus hehe

Tapi kalo suruh milih, pilihan yang paling luwes menurut saya berdasarkan kriteria yg ada sih GK 5 yaa, untuk kondisi jalan macem2 selama bukan offroad dan selama mobil lain bisa lewat dengan mudah saya yakin hatchback juga bisa kok, kalo mau diisi premium juga sambut, ASS bagus, bukan tipikal mobil gampang rewel biarpun gimmicknya banyak, tapii kalo yg ga ada di pilihan sih mending ambil Swift sport ajaa, GC emang lebih rendah, tapi kalo jazz bisa lewat, yg lain juga bisa laah, ga terlalu signifikan, pinter2 aja nyetirnya :upss:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by alvin23 »

billyd1773dz wrote:klw gw pribadi soal comfort ngehadapi jalan ancur miras sufficient percaya g percaya sekeluarga setuju bantingannya lebih nyaman dri ipah. jalan ancur pede2 aja dilewatin dan g ada kendala kaki2 rusak jg blm ada

paling yg bikin g enak turing jarak jauh pke mbl kecil tu... rasanya tertindas oleh mbl yg lebih besar dan oleh motor.... g jarang motor g mw ngalah malah nengah n ngasih kaki hehe... ntah memang demikian dilecehkan atw hanya psikologi saja.

biasanya pke jeep besar bullbar besi dgn winch didepan g perlu nyalain lampu besar minta jalan, orng2 uda minggir sendiri hehe

:beer:
setuju mod... masalah road presence aja kadang kalo pake mobil kecil..

sama pengalaman ane sih, pake mobil rendah (Sedan/hatchback) rada lebih capek mata kalo pas nyetir malem... karena sinar lampu mobil dari arah berlawanan bener2 ke mata, apalagi di indo mayoritas mobil kan minibus atau truk/bus..

trus kalo HB udah sekelas jazz mah, disalip mobil gede kayak bus udah gak terlalu kerasa kok goyangannya, tapi kl yg lebih kecil biasanya masih kerasa
Rocky R ADS CVT 2021
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by kunaskun »

rata2 hatchback di indo itu seting suspensi dan jok pasti keras, atau kaku, katanya si biar bisa stabil di high speed, tapi pas dalkot yang mana habitat biasanya malah bikin sakit pinggang apalagi keluar kota ya. cuma satu hatchback yang ga terlalu keras/kaku, mobil yang paling banyak dihujat :mky_02: si Nissan March, saya pribadi emang pake, dan daripada yaris 2008 E AT buat ke luar kota mendingan ane naik march d, bangku emang agak kecil dari yaris tapi bantingan suspensi jauh lebih manusiawi daripada yaris, padahal yaris aja sudah relatif lebih empuk dari hatchback lainnya, enaknya lagi karena gen Nissan jadi biarpun empuk tapi pas high speed tetep terhitung santai2 aja. :big_okay:

saya si nyetir luar kota JKT-TGL PP sering, terakhir tengah malam JKT-TGL pun pernah, dan so far ga masalah, malah nanti 1 tahun kedepan kepengen hunting march 1.5 seken :mky_03:

kalau ada budget bisa pertimbangkan: ertiga atau sx4.
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by jivos »

Asumsinya mbl baru n stock no modip
Destination point sby-bali/jogja

Semua list yg disebut tembus2 aja rasanya,
Hambatan2 di trayek tsb spt:
-ketersedian bahan bakar
-gc kapal fery
-bengkel
-kondisi jalan
Umumnya bs di lalui dg baik

Spt yg disebut2 slh satu om diatas, hal yg perlu dipertimbangkan utk trek luar kota:

kemampuan akselerasi/pwr mbl buat overtake

Cari yg ngga lelet, di saat kita bth power, seketika dia hadir utk sekedar melewati badan bus/truk yg panjang, di mana saat b'samaan mbl arah b'lawan di kejauhan sdh terlihat di ujung mata. :big_grin:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by amfibi »

kaze wrote:Halo semuanya, salam kenal.

Sebelumnya sy hanya salah satu dr sekian banyak silent reader diforum ini.
Akhirnya memberanikan diri untuk bertanya.

Akhir taun ini / awal taun depan sy berencana utk membeli salah satu dr hatchback keluaran terbaru di bawah ini (In Order) :
-Mazda 2 GT : Top Quality, Nice Exterior and Interior, Top Features, Good Fuel Efficiency, average annual cost (pls correct me on this, never had a mazda before)
-Jazz RS : Good Accomodation, Good Reliability, Good Fuel Efficiency, average annual cost
-Ford Fiesta Ecoboost : Good Engine, Good Features, Good Fuel Efficiency, expensive annual cost
-Yaris TRD Sportivo : Top Reliability, Average Fuel Efficiency, Relatively cheaper than the others for annual cost
*Jika ada pemahaman sy yg salah dengan hal di atas mohon dibimbing.

This will be my first car, but currently I drive avanza 2009 (mbl ktr) for weekday and freed 2012 (mbl orangtua) for weekend.

Sy berencana utk melakukan perjalanan darat (hanya berdua, tidak ada penumpang belakang ) dgn mbl yg akan sy beli untuk rute sby - jogja dan sby - bali.

Pertanyaan polos dr sy:
-Apakah mobil2 hatchback di atas bisa diandalkan utk perjalanan antar kota / pulau? (cth : mesin cepat panas mengingat mungkin ini jenis city car?)
-Kira2 kendala yg akan muncul apa saja ya? (cth : ground clearance ke dan dari kapal ferry apakah cukup mengingat ground clearance hatchback rendah?)

Sekiranya ada salah kata, maaf ya. Mohon pencerahannya.
Back in 2009, my family r having a roadtrip from Cirebon-Surabaya (approx 600KM) with our tiny Jazz GE8 2008 S A/T :D
We have no probs during the trip. It has good 1:15 fuel cons with premium gasoline, great stability, roomy cabin for 4 peeps and 2 suitcases, great power for overtaking slow trucks n cars, passing all of the roads with no trouble.
The only problem is : Suspension! Its feels really hard when the car passing rough roads, and thats really annoying :big_bored:

If you choosing a 2015 Jazz RS, then that's the best choice for your needs, + the suspension were softer than the predecessor :big_grin:
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by r1409 »

@billy: thanks for correcting. maklum belon pernah liat swaybar mirage FL, lupa persisnya dimana. btw soal suspensi full independen itu juga baca2 di forum lain sih..

@kaze: sama2 mengurangi recoil suspensi, tapi beda metode dan efeknya. kalo menaruh beban, berarti bodi mobil turun, yang berarti gc juga turun. kalo damper ini beda, justru dia mengganjel per untuk mengurangi turunnya bodi akibat beban berat. kalo misal mobil diisi beban 100kg turun 2cm, dengan damper bisa < 2cm, jelas lebih aman untuk jalan bergelombang.
irdna
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 290
Joined: Thu Aug 14, 2014 9:54

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by irdna »

Saya pernah punya fiesta 1,6 sering bawa ke jawa tengah lewat jalan selatan karena kerja di sana

Ga pernah kena masalah ground clearance sih
Handling enak, bbm ya saya rasa semua mirip lah, driving position nya enak pendek dudukny
Di jalan selatan jalanannya lumayan berkelok dan nanjak2, semua ga masalah sih

Masalahnya cmn sempit di baris ke 2 sama bagasinya kecil
Kalau saran saya kalau sering bawa ke luar kota mending merek mobil yg bengkelnya tersebar di rute yg bakal di lewatin aja
Soalnya kalau tiba2 mesinnya rusak di tgh jalan susah jg om
Trus bantingan fiesta keras bgt , ga tau si yg ecoboost

Maaf om ga bsa kasi info kalau yg ecoboost
Menurut saya mending jazz aja karena akomodasi lapang sampe ke bagasi hehehe dan beres jg tesebar

Saran saya kalau lewat jalur luar kota hati2 di malem hari nya
Karena bis malem itu kalau nyetir gila2 om di tikungan aja dia nyalip
kaze
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Thu Nov 19, 2015 8:54

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by kaze »

@aspsilver
Noted, highlight on overtake perfomance and comfort. Thx for sharing.
Oke, berarti sedan / hatchback lebih butuh hati2 extra dgn road texture & contour.

@billyd1773dz
Sy sempat bertanya2 pada diri sendiri apakah dgn hatchback akan terbully oleh kendaraan yg relative lebih besar seperti bus & truk dan ternyata benar. Thx.

@keong
Sy sering baca bahwa kualitas bensin selain di kota besar cenderung lebih tidak bagus, apakah hal ini benar adanya? Eh, full tank bs menempuh sby-bali? (Honestly I never thought that these type of cars could be very efficient in fuel consumption bcs of non hybrid and non diesel engine, at first I thought it needed at least to refuel once, before or after crossing the strait)
Tp kalau bs full tank for one trip, then fuel availability is not even going to be an issue. Splendid indeed.
User avatar
B 0 YZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 313
Joined: Fri Aug 17, 2007 9:03

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by B 0 YZ »

Saya sudah beberapa kali jakarta bali pake mobil jadul grand civic, daihatsu taruna, dan yang terakhir honda jazz gd3 idsi, ataupun ge8 , semuanya manual ga ada masalah

Pake gd3 dulu, ampun loyo, nyelip serem, pake ge8 enak sekali tenanganya dapat, handling ok, irit banget sekitar 1:14an nyetirnya ga ada eco2an , spek standar

Overall kalo kita ga naik2 gunung ke pedalaman, apalagi hanya lewat pantura harusnya aman, dulu jg saya isi pertamax tahun 2010 dan aman asal rajin isi aja kalo ada pom bensin , ga ada kendala susah nyari sampe bensin ga cukup, apalagu sekarang mungkin lebih lengkap, beberapa spbu malah ada yang sudah terima CC dulu. Kesimpulannya kalo rute tsb dgn hatchback apapun ga ada masalah, dgn asumsi mobilnya sehat ya, apalagi ini beli baru langsung tancap gas aja

Yang paling pentinf disini imho ya mobil yang fun to drive, dan imho lagi rasanya mazda2 sangat cocok, ga kebayang nikmatnya jalur kelok2 selepas gili manuk menuju denpasar apalagi dulu pas aspalnya baru di lapis :)

Minusnya naik mobil kecil, ga tega gedubraknya mobil kalo kena sambungan jembatan ato lobang, kalo diskriminasi di jalan si belom pernah ngalamanin ya, ato saya yang selalu melancong dgn mobil kecil jadi ga penah ngerasain di "kasih" jalan seperti naik mobil2 gede :D

Sama saya pernah ke desa truyan di bali, itu tanjakannya brutal, mobil mentok2 disitu tapi sudah jauh ke dalam, kalo sekedar antar kotanya aja si ga ada masalah
kaze
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Thu Nov 19, 2015 8:54

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by kaze »

@alvin 23
Sy melupakan satu faktor ini, headlight beam to hatchback eye level. Sepertinya fatal ya ini utk rute jauh. Dpt mengurangi faktor keselamatan. Many Thanks.
Noted utk kondisi mobil disalip.

@jivos
Noted untuk power for overtake. By far seems the most crucial factor for long road trip.

@amfibi
Seems Jazz is very reliable & fun to drive. (Accommodation, Power for overtake, stable, and latest generation with better suspension).
Occasionally I use freed from surabaya to malang and back to surabaya, I need to press the D3 button for overtake, without D3 button is like Im torturing the car, and also the fuel usage is not so good, about 1:11-1:12 i think (combination of overtake and traffic but might not be accurate for fuel usage, not really paying attention to it, maybe next time Im going to take some note), depends on how many times I used D3 I guess. Overall not really happy with this car. Feels like Im constantly motivate this car “come on car please run faster”, "come on overtake that vehicle, you can do it car".
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by amfibi »

kaze wrote:@alvin 23
Sy melupakan satu faktor ini, headlight beam to hatchback eye level. Sepertinya fatal ya ini utk rute jauh. Dpt mengurangi faktor keselamatan. Many Thanks.
Noted utk kondisi mobil disalip.

@jivos
Noted untuk power for overtake. By far seems the most crucial factor for long road trip.

@amfibi
Seems Jazz is very reliable & fun to drive. (Accommodation, Power for overtake, stable, and latest generation with better suspension).
Occasionally I use freed from surabaya to malang and back to surabaya, I need to press the D3 button for overtake, without D3 button is like Im torturing the car, and also the fuel usage is not so good, about 1:11-1:12 i think (combination of overtake and traffic but might not be accurate for fuel usage, not really paying attention to it, maybe next time Im going to take some note), depends on how many times I used D3 I guess. Overall not really happy with this car. Feels like Im constantly motivate this car “come on car please run faster”, "come on overtake that vehicle, you can do it car".
And the good news is, Jazz's performance's significantly better compared to Freed :mky_02:
Freed were using the same engine as the jazz does, and with more extra weight added at Freed and not-so-smart-if-not-silly 5spd geared AT.............. It only has enough power for hanging around the city usage :big_childish:
Dnisbo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 166
Joined: Mon Feb 02, 2015 17:02
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Xtrail T31

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by Dnisbo »

Klo untuk sekitaran jawa bali ga usah terlalu mikirin ground clearance.
Gw sering road trip pake yaris s at, dari jkt ke malang, pangandaran, jogja, dan kalianda lampung.
Ga pernah sampe nyangkut termasuk pas mau masuk ke ferry. Paling gesrot di bodykit depan klo ada jalan yg di tinggiin, itu juga jarang.
Enaknya pake hb lebih lincah klo buat nyalip2.
Ga enak cuma bagasi aja yg kecil. Jadi ga bisa bawa barang banyak2 klo pergi rame2.
kaze
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Thu Nov 19, 2015 8:54

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by kaze »

@r1409
noted for damper

@irdna
noted for fiesta. Sepertinya tetap jazz no 1.
Thx sarannya.

@B0YZ
Noted pak.
Sebenarnya sy ingin mengunjungi danau batur, sepertinya mirip dengan Sun Moon Lake Taiwan.
Rute yg sy akan ambil mungkin gilimanuk - lovina - danau batur - denpasar - kuta selatan. Apakah rute ini bersahabat utk mencapai danau batur?(Setelah sy browsing ternyata desa trunyan itu disekitar danau batur ya? mohon koreksi jika salah)

@amfibi
Glad to know for jazz.
I Like freed for its sliding door (kinda fragile tho from the door slide sounds) and relatively spacious cabin bcs flat floor, also captain seat like on middle row.

@Dnisbo
Noted for ground clearance and baggage capacity.
Kadang kalau liat pas ombak tinggi atau angin kencang, agak serem juga liat on off ramp goyang2.
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by egibaio »

kaze wrote:/cut
@egibaio
well noted pak, penjelasan yg sgt mendetail, many thanks. Berarti mazda 2 memiliki transmisi yg paling baik ya pak?
pak bs tlg jelaskan soal downshift ?(kalau upshift utk akselerasi kan ya? atau ada hal lain?)
(maksudnya knp jd faktor penting, apakah mempengaruhi daya dan jarak pengereman kendaraan? atau ke fuel efficiency? atau ada hal lainnya?)
downshift itu biasa kita lakukan pas mendekati tikungan, menurunkan gear ke posisi lebih rendah agar dapet engine brake. nah pada mazda2 ini si transmisi melakukan rev matching saat downshifting agar perpindahan gigi berjalan mulus. DCT fiesta jg melakukan hal serupa, tapi sayangnya mode tiptronicnya agak lambat dan tombolnya kurang ergonomis untuk ditekan.

Kenapa penting? downshift penting agar rem tidak bekerja terlalu keras. Saya pribadi pemakai civic FD daily dan ada mode tiptronicnya juga, sayangnya saat downshifting ia tidak sepintar mazda dan rasanya kasar. Dan saya selalu berasumsi semakin kasar ya artinya ada extra wear yg terjadi pada transmisi saat downshifting tersebut terjadi di rpm tinggi.

Untuk lebih mengerti kenapa rev matching saat downshifting ini adalah sebuah hal yang penting, coba baca2 mengenai heel and toe pada mobil transmisi manual. Nah kurang lebih seperti itulah yg dilakukan transmisi mazda hanya saja ia melakukannya secara otomatis (diatur komputer). Rev matching pada mobil manual sih sangat mengurangi wear dan stress pada transmisi ketika berkendara ekstrim dan saya rasa hal ini jg berlaku pada AT konvensional

CMIIW

BTW, saya adalah pengguna Jazz RS 2015 juga. while the power at hi rpm impresses me sayangnya handling dan pengeremannya ane kurang puas dengan mobil ini. (Jazz saya manual). It's still a very good car, but on a twisty road i bet you'll have more fun in a mazda (saya mantan pengguna mazda 2 lama)
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by billyd1773dz »

kaze wrote:@sintoni
okay noted pak, damping kocok kocok ini sama seperti body roll ya? atau beda?

@billyd1773dz
sehabis browsing google sejenak, swift agak kemahalan pak, 330++ price listnya (mohon koreksi jika salah), budget ceiling sy 300jt.

@r1409
berarti mengurangi recoil suspensi ya? apa metode ini sama dengan menaruh sesuatu di bagasi utk menambah distribusi berat bagian belakang mobil? (beras? pot tanaman? batu bata?) mohon koreksi jika salah.

@egibaio
well noted pak, penjelasan yg sgt mendetail, many thanks. Berarti mazda 2 memiliki transmisi yg paling baik ya pak?
pak bs tlg jelaskan soal downshift ?(kalau upshift utk akselerasi kan ya? atau ada hal lain?)
(maksudnya knp jd faktor penting, apakah mempengaruhi daya dan jarak pengereman kendaraan? atau ke fuel efficiency? atau ada hal lainnya?)
yup Swiftsport paling mahal soalnya beda kelas, 1.6ltr kena bracket pajak lebih tinggi. beberapa waktu lalu sempet diskon besar vin lama hingga bisa dapat <300jt.

soal damper, fungsinya naikin springrate.. atau load capacity spring... cucok bwat mbl yg springnya terlalu lembek seperti miras. dgn damper spring bisa nahan beban lebih tinggi sebelum overload hingga sering mentok stoper.


klw saat ini saya mencari HB di harga <300jt. dan saya juga punya hobby turing jarak jauh... gw ambil ecoboost, M2 atw SSS(with disc) atw mungkin.. Polo 1.2TSI ... wkwkwkw :D i'm a bit risk taker, toh mobil baru dan masih garansi, resiko rusak lebih kecil, why not get the best on the market.


ecoboost torque bawah sebesar 170nm dari as low as 1400rpm - 4500rpm khas enjin turbonya juara ga perlu naikin rev uda nendang layaknya mesin diesel, dan bisa rev sampai 6k layaknya gasoline. rivalnya harus downshift dan rev ke 4K bahkan jazz harus 4.8K baru mencapai torsi puncak itu pun hanya 140-150nm.. jalan di jalur antar kota harus sering downshift ke rpm atas untuk ngeluarin performa maxnya. terutama di jazz yang spesialis highrev. bawahnya rada dodol.

torque flat dengan kurva luas dri bawah sampai atas enak untuk perjalanan di rute antar kota karna ga perlu downshift dan neriakin mesin, dgn berkendara relax mobil sudah bisa lari, saat saya TD, gigi 4 di dct nya rpm 1500 gaspol dari 60kmh ga lama tau2 uda d 140kmh wkwk :D low to mid like a diesel dan highrev like a petrol. hal ini tidak bisa di temui di rival sekelasnya except maybe polo 1.2TSI yang turbo juga, tp outputnya lebih rendah.

M2 skyactiv engine tech jg unik untuk mesin N.A mungkin ini mesin paling canggih saat ini.... high kompresi 13:1 , direct injection, dll... desain focus ke ningkatain volume metric efficiency agar bisa ningkatin fuel consumption, dan higher torque.. gw blm pernah TD langsung yg 1.5 ini hehe jadi blm bisa ngasih impresi.

Jazz......... L15Z1 not much to say, its old reliable engine, masih SOHC dengan camswitching vtec karakternya sangat highrev peak torque baru di 4800rpm.. dan bener2 harus diatas itu baru ngacir hingga redline yg lagi lebih tinggi dri yg lain juga (kec SSS). enak ditol, bwat antar kota non-tol.. err... y atleast GK kebantu CVT bwat jaga rev tetep di peak.. sayangnya lowest rationya jg sekali lg cocoknya di tol..

Swiftsport capacity paling tinggi 1.6 tech enjin konvensional sebenernya, high compression 11:1(for non direct injection), DOHC dan camphasing VVT. tp 136hp@ 6900rpm dan torque 160nm @4400... err blm pernah TD juga gw...so it should take as grain n salt, based on spec sheet lihat ratio CVTnya 4.006:1 dan final gear 4.011 seharusnya punya crawl ratio yg mantap sampai 16:1 (jazz hanya 11:1) so g akan malu2in untuk nanjak dan angkatan awal.

1NZ.. hehhehe :D no comment wkwkwk :D

itu jika performa ada di salah satu urutan atas prioritas anda.



cmiiw
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by alvin23 »

@kaze
you're welcome... sering jalan malam kah? kalo ga terlalu sering sebenarnya masih gapapa laa faktor headlight itu.
kalo dari pilihan yang ada, mnurut ane singkirkan fiesta ecoboost sama yaris trd.
Yaris matic yg skrg lemot, dan gaada specialnya kalo bagi yg suka nyetir.
Fiesta ecoboost ane masih sangsi sih kalo rutenya surabaya-bali. meski kota2 yg dilewati cukup besar, tapi ya disana jarak antar kotanya kan jauh (probolinggo-jember-banyuwangi).

Nah mazda 2 atau jazz rs menurut ane sih tergantung preferensi aja , butuh bagasi ya jazz, kalo bener2 dipake cuma berdua trus gabawa banyak barang ya oke lah mazda 2.
Mau nyoba yang rada tinggi, ya HR-V , tp katanya inden yah hehe...
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by daftar »

Dnisbo wrote:Klo untuk sekitaran jawa bali ga usah terlalu mikirin ground clearance.
Gw sering road trip pake yaris s at, dari jkt ke malang, pangandaran, jogja, dan kalianda lampung.
Ga pernah sampe nyangkut termasuk pas mau masuk ke ferry. Paling gesrot di bodykit depan klo ada jalan yg di tinggiin, itu juga jarang.
Enaknya pake hb lebih lincah klo buat nyalip2.
Ga enak cuma bagasi aja yg kecil. Jadi ga bisa bawa barang banyak2 klo pergi rame2.
setuju nih, bahkan sedan pun gak masalah kalo di jatim & bali aja, di jalan yang semi offroad (makadam) pun ga sampe mentok, cuman kudu agak pelan aja karena sayang kaki2 :D
kayaknya yang butuh GC tinggi malah di Jakarta / kota besar aja deh, soalnya sering banjir & banyak poldur yang tingginya ngawur. :mky_03:
Kalo buat lukot-an sih malah ga ada masalah
:ngacir:
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by Mozawa »

Vote jazz Rs..

tenaga oke , irit oke. Model fresh.
bagasi luas....apalagi kalau ultra seatnya dibikin rata lantai.....bisa muat gajah..huahaahaha.....

mazda , irit oke , model oke , part mahal dari jazz . Kabin sempit....

kalau jazz secara history di kelas hatchback udah rajanya dan terbukti....
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
saridin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:36

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by saridin »

billyd1773dz wrote: paling yg bikin g enak turing jarak jauh pke mbl kecil tu... rasanya tertindas oleh mbl yg lebih besar dan oleh motor.... g jarang motor g mw ngalah malah nengah n ngasih kaki hehe... ntah memang demikian dilecehkan atw hanya psikologi saja.

biasanya pke jeep besar bullbar besi dgn winch didepan g perlu nyalain lampu besar minta jalan, orng2 uda minggir sendiri hehe

:beer:
pengalamannya persis sama om...
pernah kejadian, pake mirage juga, ketemu sama rombongan mocil lagi konvoi, hampir seluruh rombongan tour itu jalannya maksa ke tengah (krn coba nyalib motor lain didepannya), sambil angkat kaki sebelah kanan, siap2 nendang. mirage memang kecil sih, tapi apa iya sebuah tendangan kungfu bisa menggeser mobil yg lg jalan?
|ertelu gx 13||miras glx 14|
kaze
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Thu Nov 19, 2015 8:54

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by kaze »

@egibaio
thx for explaining.

@billyd1773dz
Noted for engine knowledge, really appreciate it.

@alvin23
selama ini tidak begitu sering jln malam, sesekali saja, sy lebih prefer jam 4am / 5am utk start.
Noted for preferences.
private0809
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Jan 29, 2015 5:48

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by private0809 »

saridin wrote:
billyd1773dz wrote: paling yg bikin g enak turing jarak jauh pke mbl kecil tu... rasanya tertindas oleh mbl yg lebih besar dan oleh motor.... g jarang motor g mw ngalah malah nengah n ngasih kaki hehe... ntah memang demikian dilecehkan atw hanya psikologi saja.

biasanya pke jeep besar bullbar besi dgn winch didepan g perlu nyalain lampu besar minta jalan, orng2 uda minggir sendiri hehe

:beer:
pengalamannya persis sama om...
pernah kejadian, pake mirage juga, ketemu sama rombongan mocil lagi konvoi, hampir seluruh rombongan tour itu jalannya maksa ke tengah (krn coba nyalib motor lain didepannya), sambil angkat kaki sebelah kanan, siap2 nendang. mirage memang kecil sih, tapi apa iya sebuah tendangan kungfu bisa menggeser mobil yg lg jalan?
Masalah kaki ini agak bingung juga sih mods,dia ngajak ribut atau minta jalan :big_dunno:
biasanya alayers yg sok niru rossi kalau nyalip
,yg mana ada konvoi motor juga yg masih normal pake tangan kalau minta jalan ,menunggu penjelasan anmot...
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by djia »

saya udah 2x pake jazz rs gk5 cvt buat jalan jauh luar kota (skitar 700an km sekali trip). enak2 aja pakenya. transmisi smooth. posisi duduk enak. audio cukup. bbm 16 - 18 km/l. blum pernah ada masalah sama gasruk poldur / jalan rusak. ga limbung. ga ada masalah visual malam hari. bagasi yg luas mgkin seringnya ga kepake ya (tergantung user), tapi trip kedua kemarin sangat berguna ketika di kota tujuan tiba2 dapat tambahan order dari orang2 di kota asal, n bisa muat sampe banyak banget barang.
kekurangannya: peredaman ga begitu baik tapi cukuplah. rem terasa banget buat penumpang belakang, begitu direm dikit penumpang depan anteng penumpang belakang bisa loncat. sama jok belakang versi gk ini tengahnya menonjol jadi kurang nyaman dipake tidur rebahan.

HB lain belum pernah coba utk jarak jauh.
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by vipere »

sebenernya semua mobil yg disebut di atas semuanya juga enak buat rute jauh. saya dulu malah pernah jalan jauh jakarta pangandaran dengan livina xr yang 2 baris, itu baris kedua malahan diisi ama 4 orang dewasa, bayangin deh gimana duduknya.wekekke..tapi pada enjoy enjoy aja sih..emang dasarnya udah niat jalan jalan.
kaze
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Thu Nov 19, 2015 8:54

Re: Mohon info perihal hatchback untuk rute jauh

Post by kaze »

@djia
Noted for personal experience.

Conclusion (mohon koreksi jika salah) :
-Jazz over mazda 2 for better accommodation and reliability. (Relatively positive feedback from you guys with some of personal experiences using this car).

Sepertinya jika tidak memperdulikan faktor annual cost, resale value and accommodation, go for mazda 2 for better ride quality and fun factor, resulted in better road trip experience.
Tp jika memperhitungkan faktor financial, go for jazz, can still saves up some money without diminishing too much from ride and fun factor for road trip.



(I hope someone could share his/her personal experience from using mazda 2 for road trip)