mobil pertama buat pemula

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: mobil pertama buat pemula

Post by imingwahyudi »

Brio satya! [emoji11]

Quite nippy, MT nya bagus [emoji51]
jelas nyaman AT kalo permulaan bisa nyetir, koordinasi antara shifting dan lane changing ga begitu ribet[emoji77] , tapi personal opinion, harian pake MT dulu aja dah, sapa tau ada urusan dadakan yang cuma ada mobil kopling..
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: mobil pertama buat pemula

Post by sandal »

Just IMO
Untuk pemula sih kalo menurut ane city car baru atau bekas atau semacam avanza/xenia baru atau bekas :big_grin: semuanya bertransmisi manual

Sent from my SM-G7102 using Tapatalk
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: mobil pertama buat pemula

Post by montirangin »

kalo single anak kuliah atau baru kerja without family..mending yaris atau jazz kalo udah agak lumayan incomenya..
kalo baru2 skrg available agya..liat idjalan banyak banget ini agya populasinya..walau mobilio lumayan keliatan tapi agya tetep leih merajalela..
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: mobil pertama buat pemula

Post by b8099ok »

Agay baru dah ada wipernya diblakang loh,...
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: mobil pertama buat pemula

Post by montirangin »

b8099ok wrote:Agay baru dah ada wipernya diblakang loh,...
tips yg sama om? atau tipe atasnya?
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: mobil pertama buat pemula

Post by b8099ok »

montirangin wrote:
b8099ok wrote:Agay baru dah ada wipernya diblakang loh,...
tips yg sama om? atau tipe atasnya?
Kyknya yang atas deh om. Ada spiker blakang jg, dr kertas. Trus ada warna merah jg :P
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: mobil pertama buat pemula

Post by montirangin »

b8099ok wrote:
montirangin wrote:
b8099ok wrote:Agay baru dah ada wipernya diblakang loh,...
tips yg sama om? atau tipe atasnya?
Kyknya yang atas deh om. Ada spiker blakang jg, dr kertas. Trus ada warna merah jg :P
harga masih sama di 126jt om atau naik?
ardhadiyanto
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Thu Apr 23, 2015 2:00

Re: mobil pertama buat pemula

Post by ardhadiyanto »

#ceritanya membangkitkan diskusi
saya juga belum lama amblil mobil pertama. pilihan jatuh ke hyundai avega second manual.
Alhamdulillah belajar banyak. sebelumnya cuma dikasi nyetir orang tua kalau di jalan toll pas mudik tengah malem. sekarang dapat pengalaman nyetir di dalam kota.
memang, karena masih belajar feelnya masih belum bagus. kemarin baru saja bikin pintu belakang kegores pagar waktu masukin mobil ke garasi. Tapi engga apa apa. jadi dapat ilmu bagaimana cara benarnya.
Saran juga belajar pakai manual. kalau sudah terbiasa, pakai mobil matic saya rasa tidak akan jadi masalah. apalagi transmisi manual perawatannya lebih murah :D
konsat
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Mon Aug 15, 2005 3:19

Re: mobil pertama buat pemula

Post by konsat »

Case TS seperti kisah saya. Budgetnya pun 11-12 ma saya :big_peace:

Saya akhirnya ambil mobil seken bro, AT pula. Pertimbangan saya :
1. Semua mobil bwat sy enak handlingnya, wong upgrade dr naik motor.
2. Dapet mpv seken, jd space menang dibanding citycar
3. Mobil seken cari yg service recordnya jelas atau tanya 2 sama temen atau komunitas brand yg diincar
4. Mobil AT, cek history pergantian oli transmisinya. Salah oli bisa rontok itu AT bro.

Size doesnt matter when feel drive dah didapet bro. Paling bemper baret2 dikit awal bawa mobil gede :big_dunno:


Br sdar thread dah setahun......mangap suhu2
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: mobil pertama buat pemula

Post by keong »

Vote untuk avanza atau xenia second dan yang pasti harus manual :mky_03:

Populasi yang banyak bikin hati tenang karena harga bodypart mau yg bks asuransi ato yg baru murah dan mudah didapat, jd klo just in case bumper2 msh suka nyosorin tembok ato pager rumah, faktor ini bakal bikin pengeluaran lebih rendah :upss:

Kalo udah bisa dan lancar pakai manual pasti nanti bisa pakai matic dengan sangat mudah om, jd mending ambil manual :thanks:
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: mobil pertama buat pemula

Post by aspsilver »

Bisa nyupir mobil manual gak penting.

tidak pernah bisa nyupir manual juga gak masalah. Tinggal beli automatic dong.

Orang bisa nyupir manual gak artinya lebih pinter nyupirnya koq.
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: mobil pertama buat pemula

Post by TUFF Stough »

Bisa nyetir manual penting buat melancong ke tempat di mana mengharuskan kita nyewa mobil. Kebanyakan mobil rental masih manual. Ada juga matic, tapi ongkos sewanya sudah pasti lebih mahal.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: mobil pertama buat pemula

Post by ChZ »

aspsilver wrote:Bisa nyupir mobil manual gak penting.

tidak pernah bisa nyupir manual juga gak masalah. Tinggal beli automatic dong.

Orang bisa nyupir manual gak artinya lebih pinter nyupirnya koq.
komennya oom asp menarik... tapi menurut saya make sense jg... sekarang bukan 10-15 taun yang lalu dimana mbl manual hanya terbatas opsi pada mbl mahal saja. Sekarang LCGC pun ada auto.

Jadi tingkat keperluan bisa / tdk bisa nyetir manual sekarang ini kayak bisa atau tidak bisa nyetir motor kopling kalo kebiasa pake bebek atau matic... bisa/g bisa ya gpp, kecuali mmg hobi motor gede ya pastinya perlu bisa kopling... lha mobil sport aja sekarang malah auto semua... pabrikan mobil jg rare yang masih ngembangin manual, rata-rata dualclutch atau single clutch AMT...

Statement yang paling bawah saya setuju skali. Contoh paling konkrit ya supir taksi atau supir angkot... g lebih pinter tu ama yg cuma bisa bawa matic...

Saya nglancarin lagi ya biar kalo suatu saat kepepet diperlukan aja si... selebihnya g ada rencana mo beli mobil manual buat harian... macet dimana-mana gini. Sudah nyobain sekali nyetir manual di kemacetan Surabaya dan kapok... pindah ke grobak AT ane jauh lebih nyaman...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: mobil pertama buat pemula

Post by aspsilver »

TUFF Stough wrote:Bisa nyetir manual penting buat melancong ke tempat di mana mengharuskan kita nyewa mobil. Kebanyakan mobil rental masih manual. Ada juga matic, tapi ongkos sewanya sudah pasti lebih mahal.

memang mobil auto lebih mahal, lebih mahal untuk dibeli (kalau baru)

mobil rental, di indonesia memang lebih jarang yang matic, tapi kalo di luar negri gak lebih mahal kalau sewa matic.

saya bilang ke temen2 saya yang teriak bahwa matic mahal,
"gini deh, kamu beli manual, tiap injek kopling, bayar Rp2000, injek kopling lebih dari 2 detik, bayar Rp5000, setahun balik modal.
lebih dari setahun, lebih murah beli matic"
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: mobil pertama buat pemula

Post by aspsilver »

Oom ChZ,

sama kayak saya oom, gak akan beli mobil manual lagi

ayah saya beli mobil manual terakhir tahun kali 1999 (isuzu Panther), yang dijual tahun 2005 saat ganti jadi Innova AT.
sejak itu kami gak punya manual lagi.

di rumah mertua, satu2nya mobil manual adalah GranMax versi Lokal, itu juga karena yang versi AT (expor) sudah habis. terpaksa beli karena gak ada pilihan untuk kendaraan boxy yang matic.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: mobil pertama buat pemula

Post by aspsilver »

TUFF Stough wrote:Bisa nyetir manual penting buat melancong ke tempat di mana mengharuskan kita nyewa mobil. Kebanyakan mobil rental masih manual. Ada juga matic, tapi ongkos sewanya sudah pasti lebih mahal.

ada benernya sih.
istri saya tidak bisa manual, jadi waktu mau melancong ke eropa, saya melatih dia bawa manual.

tapi 2x latihan, trus gak mau lagi.
mertua saya bialng udah lah nanti sewa matic aja.

kami mau station wagon
VW Passat Touring adanya manual

karena mau matic, jadi masuk kelas premium
sewa Mercedes Benz C class Touring, dapat C200 AVG Touring

untuk sewa 18 hari beda 500 euro

padahal VW Passat Saloon AT sama VW Passat Touring manual harga sewanya sama.
sedan ada matic, station wagon harus naik kelas.
tapi kalo pake sedan, gak muat kopernya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: mobil pertama buat pemula

Post by ChZ »

aspsilver wrote:Oom ChZ,

sama kayak saya oom, gak akan beli mobil manual lagi

ayah saya beli mobil manual terakhir tahun kali 1999 (isuzu Panther), yang dijual tahun 2005 saat ganti jadi Innova AT.
sejak itu kami gak punya manual lagi.

di rumah mertua, satu2nya mobil manual adalah GranMax versi Lokal, itu juga karena yang versi AT (expor) sudah habis. terpaksa beli karena gak ada pilihan untuk kendaraan boxy yang matic.
ayah saya juga sejak beli BMW E36 waktu awal-awal keluar, Galant hiu, sampe skr gak pernah nyentuh manual lagi :mrgreen: mobil manual terakhirnya apa ya, kayaknya Civic Estilo '94... ya brarti sudah hampir 20 thn beliau gak nyentuh manual.

Saya cuma sempet kursus bentar manual karena papa saya gak mau ngajarin :big_biglaugh: katanya cuma buat tau tauan aja in case sh**t happens diminta tolong nyetirin mobil orang. Gak terlalu kepake karena saya pergi banyakan kalo gak disetirin ya nyetir pake mobil sendiri :big_biglaugh:

adik saya malah blas gak pernah nyentuh manual. Papa saya juga gak mau ngajarin dan gak dikasih kursus juga karena cewek gak penting juga gak bisa manual. Banyakan disetirin :big_biglaugh: tapi nyetirnya gak kalah ama temen-temennya yg bisa manual... parkirnya juga jago untuk ukuran cewek...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: mobil pertama buat pemula

Post by hariy »

Hmmm...kapan ya, saya bisa beli libom (new) matic tranny..........


:big_bored:
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: mobil pertama buat pemula

Post by andrijet »

Sekarang mobil di garasi dah full matic semua.
Bahkan Luxio aja dituker tambah dari manual ke matic, hehehe...

Nyetir matic ada ilmunya juga gak asal 'gas-rem doank'.
Ada trik kick down buat nyalip, ada gear hold buat nanjak atau turun, ada fungsi O/D, ada trik parkir parallel, dll.
Kl biasa pk manual dan otaknya gak mau move on, bukannya jago malah bahaya pake matic.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: mobil pertama buat pemula

Post by ChZ »

andrijet wrote:Sekarang mobil di garasi dah full matic semua.
Bahkan Luxio aja dituker tambah dari manual ke matic, hehehe...

Nyetir matic ada ilmunya juga gak asal 'gas-rem doank'.
Ada trik kick down buat nyalip, ada gear hold buat nanjak atau turun, ada fungsi O/D, ada trik parkir parallel, dll.
Kl biasa pk manual dan otaknya gak mau move on, bukannya jago malah bahaya pake matic.
setuju oom andri, justru banyakan kecelakaan mobil matic itu karena si driver gak pernah terbiasa dengan mobil matic.

Manual malah setau sy lebih safe karena paling resikonya stall engine kalo ngelepas koplingnya gak tepat... istilahnya lebih "fail-safe".

matic mau mobil atau motor tetep perlu pembiasaan walo keliatannya tinggal "gas rem doang"... sy dulu belajar motor pake matic, terus sekarang tiap hari pake bebek, begitu nyetir vario temen bingung lagi... terutama perkara ngeremnya itu motor matic lebih bahaya dr manual...

tapi manual lebih bahaya kl berenti di tanjakan si... kl drivernya gak jago stengah kupling dan gak ngerti fungsi rem tangan buat apa. Padahal gantung kopling malah g direkomen karena bikin cepet aus.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: mobil pertama buat pemula

Post by andrijet »

ChZ wrote:
andrijet wrote:Sekarang mobil di garasi dah full matic semua.
Bahkan Luxio aja dituker tambah dari manual ke matic, hehehe...

Nyetir matic ada ilmunya juga gak asal 'gas-rem doank'.
Ada trik kick down buat nyalip, ada gear hold buat nanjak atau turun, ada fungsi O/D, ada trik parkir parallel, dll.
Kl biasa pk manual dan otaknya gak mau move on, bukannya jago malah bahaya pake matic.
setuju oom andri, justru banyakan kecelakaan mobil matic itu karena si driver gak pernah terbiasa dengan mobil matic.

Manual malah setau sy lebih safe karena paling resikonya stall engine kalo ngelepas koplingnya gak tepat... istilahnya lebih "fail-safe".

matic mau mobil atau motor tetep perlu pembiasaan walo keliatannya tinggal "gas rem doang"... sy dulu belajar motor pake matic, terus sekarang tiap hari pake bebek, begitu nyetir vario temen bingung lagi... terutama perkara ngeremnya itu motor matic lebih bahaya dr manual...

tapi manual lebih bahaya kl berenti di tanjakan si... kl drivernya gak jago stengah kupling dan gak ngerti fungsi rem tangan buat apa. Padahal gantung kopling malah g direkomen karena bikin cepet aus.
Motor matic VS motor kopling yang agak ribet, om.
Tangan kiri awas ketuker rem belakang sama kopling, hehehe...

Saya nyetir mobil matic dan manual alhamdulillah aman.
Padahal kl matic saya rem kaki kiri biar betis balance, hahaha..
:mky_01:
Tp sekalinya pk manual otak bs langsung adjust.
Paling clutching-nya aja yang harus membiasakan diri.

Yang bikin jengkel kl ada yg sok tau koar-koar mobil matic jelek, gak ada tenaganya, buat nyalip lemot..
Padahal dia nyalip gasnya diurut jauh dari istilah kickdown.
:big_slap:

Kesok tauan berikutnya bilang mobil matic ribet, gak bisa parkir parallel.
Padahal gak tau letak dan cara pengoperasian shift lock.
:big_slap:

Hadeeeh...
Males berurusan sama tong kosong nyaring bacotnya kyk gini.
:mky_05:
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: mobil pertama buat pemula

Post by tesna »

tp buat belajar mobil manual itu melatih konsentrasi jg dan kemampuan untuk multi tasking! memang jaman skrg udah paling bener beli mobil matic.. apalagi tinggal di kota yang macet... tp kadang kala disaat situasi darurat (misalnya sesuatu terjadi dan cuman ada mobil manual dan cuman elo yang bisa nyetir) kan jadi stuck..

gue sih juga pensiun dari manual.. matic all the way.. cmn yaa klo buat blajar2 dulu manual akan jadi pelajaran/skill yang penting suatu saat nanti.. krn klo udah keasikan pake matic yaa belajar manual ya malas lah..
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: mobil pertama buat pemula

Post by dogar »

andrijet wrote: Saya nyetir mobil matic dan manual alhamdulillah aman.
Padahal kl matic saya rem kaki kiri biar betis balance, hahaha..
:mky_01:
Wah ngga bahaya tuh ngerem pake kaki kiri?
Saya kalo ngajarin orang pake matic syarat pertama kaki kiri harus dilipet biar ngga ikut nginjek2 pedal apapun.
Bahaya banget kalo buat pemula matic kaki kirinya ikut ngerem.
Memang buat yg awal2 pake matic ada efek samping kaki suka pegel sebelah, pegelnya sampe pantat malah.
Tapi lama lamaaa sih biasa lagi.
Tp sekalinya pk manual otak bs langsung adjust.
Paling clutching-nya aja yang harus membiasakan diri.
Iya, yg pernah pake manual itu ibarat naik sepeda, sekali pernah nguasai ya ngga bakalan lupa, adjustment nya cepet.
Yang bikin jengkel kl ada yg sok tau koar-koar mobil matic jelek, gak ada tenaganya, buat nyalip lemot..
Padahal dia nyalip gasnya diurut jauh dari istilah kickdown.
:big_slap:

Kesok tauan berikutnya bilang mobil matic ribet, gak bisa parkir parallel.
Padahal gak tau letak dan cara pengoperasian shift lock.
:big_slap:

Hadeeeh...
Males berurusan sama tong kosong nyaring bacotnya kyk gini.
:mky_05:
Satu lagi stigma mobil matic: katanya kalo mogok ngga bisa didorong.
Padahal tergantung mogoknya kenapa dulu. Kalo mogoknya karena aki mati ya memang ngga bisa dihidupkan dgn cara didorong spt mobil manual.
Tapi kalo penyebab mogoknya selain itu mau manual atau matic ya sama aja.

IMO, cepat atau lambat populasi mobil manual akan digeser oleh matic.
Hal ini sudah terjadi pada motor bebek yg pangsa pasarnya terus digerus oleh skuter matic.
Sekarang pangsa pasar bebek tinggal 13% dan skuter matic 72% dan terus membesar.
Alasannya sangat sederhana: kendaraan matic lebih mudah dioperasikan oleh semua kalangan sehingga captive marketnya lebih luas.
Seinget saya di Singapur semua bus nya matic. Taksi juga udah jarang yg manual.

http://otomotif.bisnis.com/read/2015031 ... s-tergerus

Pangsa Pasar Motor Bebek Terus Tergerus
Lingga Sukatma Wiangga Rabu, 11/03/2015 21:10 WIB
Pangsa Pasar Motor Bebek Terus Tergerus
/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Pangsa pasar sepeda motor segmen underbone atau bebek terus tergerus segmen skuter matik, pelaku usaha menilai kontribusinya kelak bisa dikisaran 10% dari total penjualan sepeda motor.

Penurunan kontribusi penjualan segmen underbone sudah terlihat sejak dua bulan pertama tahun ini. Merujuk data terbaru Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), total penjualan wholesales sepeda motor pada Januari-Februari 2015 mencapai 1,084 juta unit.

Dari jumlah tersebut, segmen bebek terjual 149.693 unit atau menguasai pangsa sebesar 13,8%. Segmen skuter matik (skutik) penjualannya tercatat mencapai 786.084 unit atau setara 72,49%. Sedangkan segmen sport 148.563 unit atau berkonkribusi sekitar 13,7%.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, total penjualan semua segmen mencapai 1,261 juta unit. Rinciannya segmen bebek 271.279 unit setara 21,5%, skutik mencapai 814.747 unit setara 64,6%, dan segmen sport mencapai 175.529 unit atau sekitar 13,9%.

Jika melihat catatan AISI dua tahun ke belakang, pada 2013 total pasar sepeda motor mencapai 7,77 juta unit. Dari jumlah tersebut segmen bebek berkontribusi sebesar 22,8%, skutik mencapai 63,02% dan segmen sport 14,18%.

Pada tahun lalu total pasar sepeda motor mencapai 7,908 juta unit. Rinciannya, segmen bebek mendapatkan porsi pangsa sebesar 18,68%, segmen skutik menguasai 67,33%, dan besaran kontribusi segmen sport 13,99%.

“Segmen underbone kontribusinya tahun ini bisa turun menjadi 10%-11%. Tapi tidak akan di bawah itu karena penjualan segmen tersebut di luar pulau Jawa masih besar,” kata Ketua Bidang Komersial AISI Sigit Kumala kepada Bisnis, Selasa (10/3).

Menurutnya, di luar pulau Jawa banyak infrastruktur yang kurang nyaman dilalui skutik. Skutik memang membuat berkendara lebih sederhana karena pengemudi tidak perlu mengganti transmisi. Terlebih, lanjutnya, di kota-kota besar dengan kondisi lalu lintas yang relatif padat skutik menjadi pilihan mayoritas masyarakat.

Sigit menambahkan, di sisi lain pangsa pasar segmen sport akan cenderung stabil. Segmen tersebut memang menyasar konsumen dengan tingkat ekonomi menengah ke atas sehingga saat terjadi pelambatan ekonomi daya belinya cenderung tidak terganggu.

Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Margono Tanuwijaya mengamini Sigit, tetapi menurutnya penurunan pangsa bebek hingga hanya 10% baru akan terjadi beberapa tahun mendatang.

Penurunan pangsa tersebut akan terjadi secara bertahap seiring pembangunan infrastruktur di beberapa daaerah. “Tahun ini paling kontribusi bebek turun menjadi 15% terhadap total pasar,” ujarnya kepada Bisnis.

Di sisi lalin, melihat pertumbuhan segmen skutik, AHM memang serius menggarap pasar segmen tersebut. Pada Desember tahun lalu AHM meresmikan pabrik keempatnya di Karawang, Jawa Barat, yang berkapasitas produksi 1,1 juta unit skuter matik per tahun.

Sebelum pabrik tersebut diresmikan, kapasitas produksi AHM mencapai 4,2 juta unit per tahun. Jumlah tersebut disumbangkan tiga pabrik yang berada di Sunter dengan kapasitas produksi 1,1 juta unit per tahun.

Kemudian pabrik di daerah Pegangsaan dengan kapasitas produksi mencapai 1 juta unit per tahun, dan pabrik di kawasan Cikarang dengan kapasitas 2,1 juta unit per tahun. Tahun ini, rencananya AHM akan kembali meresmikan pabrik di Karawang, dengan kapasitas produksi 500.000 unit sepeda motor segmen sport per tahun.

Ketika kelima pabrik tersebut beroperasi, AHM dapat memproduksi 5,8 juta unit sepeda motor per tahun. Dari jumlah tersebut, sekitar 70% bahkan lebih diproyeksikan untuk produksi segmen skutik.

General Manager Marketing Communication PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Mohammad Masykur mengatakan, kontribusi segmen bebek masih bisa naik dari capaian dua bulan pertama tahun ini. Meski demikian pangsa pasarnya masih lebih rendah dari tahun lalu.

“Saya rasa tahun ini di kisaran 15%-17% besaran kontribusi segmen bebek terhadap total pasar,” tuturnya.

Menurut dia, hal itu dikarenakan rencana beberapa pabrikan mengeluarkan model baru di segmen underbone. Selain itu, segmen bebek memiliki pasar yang setia karena dinilai lebih sporty dengan adanya perpindahan transmisi secara manual.

Di sisi lain kelebihan sepeda motor bebek memiliki struktur mesin di tengah. Hal itu membuatnya lebih ringan dan seimbang jika dibandingkan dengan skutik yang pada umumnya dipasangi mesin di bagian belakang kendaraan.

Untuk Yamaha, kontribusi penjualan segmen bebek terbilang masih tinggi. Pada 2013 dari total penjualan Yamaha yang mencapai 2,49 juta unit, underbone berkontribusi sekitar 22,5% dan setahun berikutnya dari total penjualan 2,39 juta unit kontribusinya hampir mencapai 20%.

Sedangkan di dua bulan pertama tahun ini dari total penjualan Yamaha yang mencapai 308.401 unit bebek berkontribusi sebesar 18,8%.

Sementara itu General Marketing and Sales Two Wheels PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Yohan Yahya mengatakan target penjualan Suzuki tahun ini ditingkatkan menjadi 350.000 unit dari capaian tahun lalu sebanyak 275.184 unit.

Dari target tersebut segmen skutik diharapkan berkontribusi 30%-35% terhadap penjualan Suzuki. Sebagai catatan, tahun lalu kontribusi segmen skutik terhadap penjualan Suzuki hanya sekitar 27%.

Artinya, tulang punggung penjualan Suzuki masih ada pada segmen underbone. Dari total penjualan Suzuki pada Januari-Februari 2015 yang mencapai 25.077 unit, segmen bebek berkontribusi sekitar 61,06%.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: mobil pertama buat pemula

Post by ChZ »

andrijet wrote:
Motor matic VS motor kopling yang agak ribet, om.
Tangan kiri awas ketuker rem belakang sama kopling, hehehe...

Saya nyetir mobil matic dan manual alhamdulillah aman.
Padahal kl matic saya rem kaki kiri biar betis balance, hahaha..
:mky_01:
Tp sekalinya pk manual otak bs langsung adjust.
Paling clutching-nya aja yang harus membiasakan diri.

Yang bikin jengkel kl ada yg sok tau koar-koar mobil matic jelek, gak ada tenaganya, buat nyalip lemot..
Padahal dia nyalip gasnya diurut jauh dari istilah kickdown.
:big_slap:

Kesok tauan berikutnya bilang mobil matic ribet, gak bisa parkir parallel.
Padahal gak tau letak dan cara pengoperasian shift lock.
:big_slap:

Hadeeeh...
Males berurusan sama tong kosong nyaring bacotnya kyk gini.
:mky_05:
yoii memang ngeri kalo biasa kopling pindah ke matic, rem belakang ama kopling bisa ketuker :e-wall: saya pindah dari bebek aja bingung lagi adjustment ngerem pake tangan, untungnya aman, ya cuma karena asik ngebut begitu ngerem jadi sedikit ngesot-ngesot bokongnya tu Vario di pasir :big_slap:

ngga tau mobil matic justru lebih menantang buat saya oom, apalagi matic sekarang banyak tipe nya dari A/T biasa, CVT, DCT, sampe AMT yang belakangan populer karena dipake di LCGC Karimun. Menantang karena nginjeknya harus menyesuaikan dengan karakter TCM nya, jadi kickdown sebenernya juga bkn teknik asal injek dalem krn ada bbrp mobil diinjek lebih dari 1/2 aja uda downshift sendiri...

wkwkwkwwk orang-orang berkoar-koar kayak gitu belom pernah disalip ama mobil DSG atau mobil automatic modern lainnya :big_biglaugh: even CVT masa kini performanya sudah bisa nyamain MTs :big_biglaugh:

pernah liat Best Motoring lawas, Keiichi Tsuchiya saja terkagum-kagum waktu ngadu Golf GTI DSG dengan MT karena dengan skill quickshifting nya sang dorikin tetep gak bisa ngalahin cepetnya shifting si DSG Golf GTI, dan beliau langsung bilang "ke depannya mobil matic bakal kenceng-kenceng kayak gini..."
tesna wrote:tp buat belajar mobil manual itu melatih konsentrasi jg dan kemampuan untuk multi tasking! memang jaman skrg udah paling bener beli mobil matic.. apalagi tinggal di kota yang macet... tp kadang kala disaat situasi darurat (misalnya sesuatu terjadi dan cuman ada mobil manual dan cuman elo yang bisa nyetir) kan jadi stuck..

gue sih juga pensiun dari manual.. matic all the way.. cmn yaa klo buat blajar2 dulu manual akan jadi pelajaran/skill yang penting suatu saat nanti.. krn klo udah keasikan pake matic yaa belajar manual ya malas lah..
saya baru blakangan lancar manual lagi sejak beberapa kali terpaksa nyetir manual dan "dipaksa" nyetir manual :big_biglaugh: mungkin kalo cowok ada baiknya bisa dua duanya ya. Soalnya cowok kan gimanapun posisinya kebanyakan "supir" :e-wall:
dogar wrote: Satu lagi stigma mobil matic: katanya kalo mogok ngga bisa didorong.
Padahal tergantung mogoknya kenapa dulu. Kalo mogoknya karena aki mati ya memang ngga bisa dihidupkan dgn cara didorong spt mobil manual.
Tapi kalo penyebab mogoknya selain itu mau manual atau matic ya sama aja.

IMO, cepat atau lambat populasi mobil manual akan digeser oleh matic.
Hal ini sudah terjadi pada motor bebek yg pangsa pasarnya terus digerus oleh skuter matic.
Sekarang pangsa pasar bebek tinggal 13% dan skuter matic 72% dan terus membesar.
Alasannya sangat sederhana: kendaraan matic lebih mudah dioperasikan oleh semua kalangan sehingga captive marketnya lebih luas.
Seinget saya di Singapur semua bus nya matic. Taksi juga udah jarang yg manual.
well kl mobil matic apalagi matic lawas y sedia kabel jumper aja... satu-satunya cara kalo aki mampus di mobil matic ya dijumper. Manual masih bisa dipancing dengan didorong.

Di US malah nyaris semua mobilnya matic, sampe ada jokes, alarm anti maling paling ampuh di Amerika ya transmisi manual...

Mobil well trennya kalo 200juta keatas matic lebih diminati sekarang. Honda Jazz misalnya yang manual malah resale valuenya lebih jatoh dan lebih sulit laku, apalagi kelas honda CR-V yang 2.0 manual susah sekali jualnya... Avanza yg konon lebih laku manual saja belakangan pada cari matic...

Makanya knp Ertiga pada awal keluar kesulitan nyaingin Avanza, y karena orang mikir g ada matic.

Sportcar/hothatch tergantung sportcar yang mana, kl RX-8 dan GT-86 manual pasti lebih diminati drpd yang matic (karena maticnya boyo abis). Golf GTI nyaris g ada yang manual jadi semua populasinya cuma DSG.

Subaru WRX STi yang Matic ama Manual nyaris gak ada perbedaan di harga jual kembali. Malah rasanya WRX STi yang matic akan lebih tinggi ke depannya karena populasi jarang, sabda seorang pakar Subaru dimari : "beli STI Matic, biarin standar sampe 10 th kedepan, dijamin bakal jadi collector's item".
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: mobil pertama buat pemula

Post by amfibi »

matic... manual... lebih bagus terbiasa 22nya sih, yg biasa pake manual jgn anti matic, yg biasa pake matic jangan anti manual juga :mky_01: