Bingung ama Mercy E230 sama C200, pilih yang mana?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
yusthirahman
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Fri Oct 05, 2012 6:23

Re: Bingung ama Mercy E230 sama C200, pilih yang mana?

Post by yusthirahman »

bain279 wrote:
yusthirahman wrote:
naldo wrote:E320 mesinnya bandel n lebih ada tenaga. Untuk bodi berat memang cocok E320 krn torsinya dapet.
230 agak boros krn beban mikulnya berat.

Tapi saya kalau budget 200jt pilih yg 240 avangarde. Krn lebih mewah mesin jg lebih baru, beda dengan yg 230.

Selamat nyari. Kl saya nemu nti saya kasih websitenya disini.
Loh kok bisa bos,. Yang cc nya lebih besar malah lebih irit..?
karena menurut pandapat awam saya dan mohon dikoreksi kalau salah :big_peace:
beban yang ditarik kedua nya berat nya mirip, otomatis dengan cc lebih besar tenaga dan torsi lebih memuaskan, jadi gak perlu bejek gas lebih dalem. dan lagipula, bagi saya, 320 masih ada tenaga sisa klo mau digeber di jalan tol masih gak malu2in lah. :D
Betul juga sih bro, saya compare Innova saya sama kebetulan pernah nyoba mobil dinas captiva, cc sama2 sekitar 2000cc
Innova bisa boros bgt soalnya pas jalan langsam kisaran 60-80 km/ jam stabil ada di rpm sekitar 3000

Captiva untuk jalan stabil di 70-80 hanya butuh rpm 2000an,..

Captiva bisa 1:11 innova 1:7

Dengan analisis awam saya, sudah jelas jika sama2 diajak luar kota, cc lebih besar sebenernya bisa lebih irit, kecenderungan cc besar nafas lebiih panjang,..

Ga bisa bayangin mobil2 city car, seperti March, Picanto dgn cc mungil, digeber dijalan tol bisa jadi malah lebih boros, dipaksa diatas 3000 rpm terus,..
engineer's has only need one wife..
User avatar
bain279
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Thu May 01, 2008 16:36
Location: KL-Jakarta

Re: Bingung ama Mercy E230 sama C200, pilih yang mana?

Post by bain279 »

naldo wrote:Betul bro bain.. Less gas=less fuel..

@hansen, kalau fitur elegance emang lengkap, avangarde yang paling lengkap.

Cari aja banyak koq. Ini saya lg browsing buat rencana kalau pulang indo pke sendiri.. Hehe..

Males aja abisnya beli mobil dibawah 200juta yang kece2 ga jelas, mending naik merc, ketawan bagus n reliable plus spare part murah asal tau beli dimana.

Hanya saja skg dilema dengan beemer 530, karena saya nyetir sendiri ga pke nyupir, cuma cost buat miara n reliable kayanya merc masih jadi pilihan utama karena merc terkenal spare partnya yang murah di indo..
bro boleh tolong dibisikin gak dimana tempat nya. kebetulan kompresor ac w211 gw jebol. hehehe.
naldo

Re: Bingung ama Mercy E230 sama C200, pilih yang mana?

Post by naldo »

Ko aming, nama toko gw lupa bos.

Di mangga besar, yang nama jalannya di Jalan Angkasa. Ada toko spesialis BMW, tapi mobil german dia bs kerjain.

Coba aja tanya, saya ga ada nomernya..
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Bingung ama Mercy E230 sama C200, pilih yang mana?

Post by aspsilver »

rawat mercy tua bisa lebih murah drp innova

filter udara mercy tua 100rb(made in germany) innova 220rb
filter oli mercy tua 50rb (made in germany/spain/belgium) innova made in thailand 45 rb
filter bensin mercy tua 100rb, innova rp 175rb (diesel) harus beli di bengkel resmi karena toko spare part jarang jual

spare part mercy terutama yang tua banyak KW, tapi walaupun KW, masih made in germany (or other european)

semua harga diatas merujuk harga di Atrium Senen lt 4

langganan saya untuk Mercedes, Toko 74




tukang AC yang baik menurut saya adalah

Bengkel Kencana di Jalan Cideng Barat, dari roxy belok kiri, 100 m setelah jembatan putar balik ke cideng timur



CC mesin tidak lagi berpengaruh utama pada performa kendaraan.

memang cc lebih besar identik dengan performa lebih, dan akhirnya lebih boros bbm. tapi bukan hanya cc semata, tehnologi mesin dibelakangnya juga harus dilihat.
contoh
Mercedes Benz E 250 CGI mesin 1800 cc 4 silinder turbo direct injection, power 204 HP, dengan konsumsi bbm 11.5 km/L rute kombinasi
Mercedes Benz C 200 W202 2000cc 4 silinder, power 136 HP, dengan konsumsi BBM 7.9 km/L rute kombinasi
Mercedes Benz C 280 W204 3000cc 6 silinder, power 231 HP, dengan konsumsi BBM 8.4 km/L rute kombinasi

semua dengan rute sama dan pengemudi yang sama, dilakukan berulang.

nah lucunya gini, di laboratorium mobil sama dengan mesin cc kecil pasti lebih irit daripada cc besar, tapi pada kehidupan nyata belum tentu.
mesin dengan cc kecil terutama yang under power, si pengemudi akan berusaha untuk injek gas lebih dalam unduk mendapatkan performa yang diinginkan, oleh karena itu konsumsinya jadi boros. lebih baik dengan cc lebih besar dan power lebih besar tapi injek gas dikit.

didemonstrasikan di top gear oleh Jeremy clarkson dimana toyota prius lebih boros drp BMW M3, ceritanya toyota prius di gas pol, terus diikutin sama bmw m3.

itu juga kenapa Xenia 1000 cc lebih boros atau sama boros dengan xenia 1300cc, padahal diatas kertas 100 cc pasti lebih irit (tehnologinya kan sama)

ada teman saya mengganti honda city manual dengan nissan march matic, dengan harapan lebih irit ternyata borosnya sama.

naik mobil under power, trus masuk tol, mau mendahului, kan gas diinjek pol, nah itu boros.

jadi bukan cc semata yang menentukan boros atau irit, tehnologi dibelakangnya penting,

panther 2300, panther 2500, sama konsumsi bbm nya padahal yang 2500 jauh lebih bertenaga
panther LS 2500 turbo A/T, memberikan konsumsi bbm yang sama dengan innova 2500 common rail turbo A/T padahal innova sangat JAUH lebih bertenaga.

jangan terpaku pada cc saja, banyak faktor yang menentukan, dan akhirnya yang paling penting menentukan adalah pengemudinya, gaya mengemudi sangat berpengaruh pada konsumsi bbm, mobil yang sama dikemudikan oleh 2 orang yang berbeda bisa memberikan konsumsi yang jauh berbeda.
User avatar
yusthirahman
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Fri Oct 05, 2012 6:23

Re: Bingung ama Mercy E230 sama C200, pilih yang mana?

Post by yusthirahman »

aspsilver wrote:rawat mercy tua bisa lebih murah drp innova

filter udara mercy tua 100rb(made in germany) innova 220rb
filter oli mercy tua 50rb (made in germany/spain/belgium) innova made in thailand 45 rb
filter bensin mercy tua 100rb, innova rp 175rb (diesel) harus beli di bengkel resmi karena toko spare part jarang jual

spare part mercy terutama yang tua banyak KW, tapi walaupun KW, masih made in germany (or other european)

semua harga diatas merujuk harga di Atrium Senen lt 4

langganan saya untuk Mercedes, Toko 74




tukang AC yang baik menurut saya adalah

Bengkel Kencana di Jalan Cideng Barat, dari roxy belok kiri, 100 m setelah jembatan putar balik ke cideng timur



CC mesin tidak lagi berpengaruh utama pada performa kendaraan.

memang cc lebih besar identik dengan performa lebih, dan akhirnya lebih boros bbm. tapi bukan hanya cc semata, tehnologi mesin dibelakangnya juga harus dilihat.
contoh
Mercedes Benz E 250 CGI mesin 1800 cc 4 silinder turbo direct injection, power 204 HP, dengan konsumsi bbm 11.5 km/L rute kombinasi
Mercedes Benz C 200 W202 2000cc 4 silinder, power 136 HP, dengan konsumsi BBM 7.9 km/L rute kombinasi
Mercedes Benz C 280 W204 3000cc 6 silinder, power 231 HP, dengan konsumsi BBM 8.4 km/L rute kombinasi

semua dengan rute sama dan pengemudi yang sama, dilakukan berulang.

nah lucunya gini, di laboratorium mobil sama dengan mesin cc kecil pasti lebih irit daripada cc besar, tapi pada kehidupan nyata belum tentu.
mesin dengan cc kecil terutama yang under power, si pengemudi akan berusaha untuk injek gas lebih dalam unduk mendapatkan performa yang diinginkan, oleh karena itu konsumsinya jadi boros. lebih baik dengan cc lebih besar dan power lebih besar tapi injek gas dikit.

didemonstrasikan di top gear oleh Jeremy clarkson dimana toyota prius lebih boros drp BMW M3, ceritanya toyota prius di gas pol, terus diikutin sama bmw m3.

itu juga kenapa Xenia 1000 cc lebih boros atau sama boros dengan xenia 1300cc, padahal diatas kertas 100 cc pasti lebih irit (tehnologinya kan sama)

ada teman saya mengganti honda city manual dengan nissan march matic, dengan harapan lebih irit ternyata borosnya sama.

naik mobil under power, trus masuk tol, mau mendahului, kan gas diinjek pol, nah itu boros.

jadi bukan cc semata yang menentukan boros atau irit, tehnologi dibelakangnya penting,

panther 2300, panther 2500, sama konsumsi bbm nya padahal yang 2500 jauh lebih bertenaga
panther LS 2500 turbo A/T, memberikan konsumsi bbm yang sama dengan innova 2500 common rail turbo A/T padahal innova sangat JAUH lebih bertenaga.

jangan terpaku pada cc saja, banyak faktor yang menentukan, dan akhirnya yang paling penting menentukan adalah pengemudinya, gaya mengemudi sangat berpengaruh pada konsumsi bbm, mobil yang sama dikemudikan oleh 2 orang yang berbeda bisa memberikan konsumsi yang jauh berbeda.
lengkap banget bos overviewnya,..
kalo bisa pengen tau juga, horsepower E320 tahun 97-98, sama konsumsi BBM rute kombinasi/jalan tol/dalkot,..
katanya lebih irit sama E230 ya..?
engineer's has only need one wife..
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Bingung ama Mercy E230 sama C200, pilih yang mana?

Post by aspsilver »

E320 ada 2 mesin
6 silinder segaris (straight six) 24Valve 220 HP (1996-1997)
6 silinder V6 18Valve 225 HP (1997-2001) di sebut V engine
kalo gak salah ya, saya lupa persisnya. ke wikipedia aja.

1996-1997 4 speed auto
1997 keatas 5 speed auto
semua tipe elegance
lebih mewah dg electric seat, burr walnut trim, velg alloy 15-16" tergantung tahun.

E230 mesin 4 silinder segaris 16V, 170HP? 4-5 speed auto tergantung tahun.
tipe classic jadi lebih sederhana drp elegance.

konsumsi BBM 7-8 km/L
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Bingung ama Mercy E230 sama C200, pilih yang mana?

Post by aspsilver »

tambahan
E230 terakhir 1997
th1998 diganti jadi E260
6 silinder 2600cc V6 170 HP?
lebih irit bbm drp E230 lama
semua versi elegance facelift

ada juga E240 mesin sama persis, tapi ada trim Avangarde (lebih mewah)

E240 adalah keluaran Importir umum
E260 keluaran ATPM

ATPM waktu mendaftarkan merek harusnya E240 (diseluruh dunia pakai nama itu) mesin memang 2600cc, tapi kode E240.

jadi jangan bingung.
copper rod
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Mon Jul 27, 2009 14:57

Re: Bingung ama Mercy E230 sama C200, pilih yang mana?

Post by copper rod »

mantap infonya om aspsilver..
kl seri c class th 2001-2006 baik yg cbu versi IU maupun atpm,hrg partsnya gmn om dan kl kita beli yg th segitu kira2 bakal blanja bnyk gk ya alias bnyk perbaikan?
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Bingung ama Mercy E230 sama C200, pilih yang mana?

Post by aspsilver »

sebenarnya intinya adalah cari mobil yang sehat.
jangan terburu2 beli.
kalo kaki2 murah.
repot kalo supercharger (kompressor) rusak. itu denger2 mahal banget.
bawa orang yang ngerti mercedes.

saya pribadi sih saran menyiapkan dana 10 juta untuk perbaikan.

oh iya ada hal yang sangat menyebalkan dari mercedes, semua tipe, ac mobil eropa maunya terbuka, udara luar masuk, di 4 musim memang begitu karena kalo winter heater hidup kalo udara luar gak masuk bakalan mengemhun kaca2.
tapi di indonesia kan kalo udaraluar masuk, BAU.

nah mercedes ada tombol kecil di deretan tombol ac yang gambar mobil dg panah melingkar, artinya recirculation mode, udara luar gak masuk.
nah tombol ini HARUS nyala.

default settingnya mati.

harus pencet tiap mesin dihidupkan.
nah tiap pencet 20 min kemudian akan mati lagi, jadi harus pencet lagi.

di eropa idenya, default terbuka, kalo masuk terowongan panjang, kan bau,jadi dipencet. nah 20 min lg kan sudah keluar dari terowongan atau tempat bau tadi, jadi otomatis terbuka.

nah ini barang simple yang banyak orang walaupun tehnisi gak ngerti, orang mengeluh ac bau, complain trus ac dibongkar ternyata gak ada apa2. konyol.

ada cerita di koran orang beli mercedes baru trus komplain ac bau. gak ada yang bisa beresin.

sebenarnya ada filter yang menyaring bau tapi kayaknya kalah sama bau di jalanan indonesia.

nah mobil eropa yang lain cuma perlu dipencet tiap hidup ac dan akan menutup trus smapai ac mati.
not mercedes 20 min sekali harus pencet.

semua ada di buku petunjuk. masalahnya buku petunjuknya 200+ halaman.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Bingung ama Mercy E230 sama C200, pilih yang mana?

Post by aspsilver »

part mercedes intinya gini
parts mekanis seperti
kampas rem
filter2
shocks
tie rod
dsb

harganya comparable sama Jepang.
kalau lebih mahal, gak banyak dan biasanya karena kualitasnya yang lebih baik.

yang lebih mahal adalah sistem electronik. tapi ini jarang rusak, masih ada part limbah yang cukup murah.

nah yang mahal sekali adalah body parts
lampu2, lampu rem belakang bisa 5-7 juta sebelah
spion (w 212 11 juta, kacanya doang sebelah kanan, kiri 9 juta)
tapi canggih sih, kalo kena sinar akan meredup sendiri.
bisa diganti jadi kaca biasa, cuma 1.3 juta sebelah.

side skirt c class amg, 6 juta sebelah.



asuransi deh gak rugi.
kalo spion di curi keselnya bisa sampe 2021.
User avatar
yusthirahman
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Fri Oct 05, 2012 6:23

Re: Bingung ama Mercy E230 sama C200, pilih yang mana?

Post by yusthirahman »

aspsilver wrote:sebenarnya intinya adalah cari mobil yang sehat.
jangan terburu2 beli.
kalo kaki2 murah.
repot kalo supercharger (kompressor) rusak. itu denger2 mahal banget.
bawa orang yang ngerti mercedes.

saya pribadi sih saran menyiapkan dana 10 juta untuk perbaikan.

oh iya ada hal yang sangat menyebalkan dari mercedes, semua tipe, ac mobil eropa maunya terbuka, udara luar masuk, di 4 musim memang begitu karena kalo winter heater hidup kalo udara luar gak masuk bakalan mengemhun kaca2.
tapi di indonesia kan kalo udaraluar masuk, BAU.

nah mercedes ada tombol kecil di deretan tombol ac yang gambar mobil dg panah melingkar, artinya recirculation mode, udara luar gak masuk.
nah tombol ini HARUS nyala.

default settingnya mati.

harus pencet tiap mesin dihidupkan.
nah tiap pencet 20 min kemudian akan mati lagi, jadi harus pencet lagi.

di eropa idenya, default terbuka, kalo masuk terowongan panjang, kan bau,jadi dipencet. nah 20 min lg kan sudah keluar dari terowongan atau tempat bau tadi, jadi otomatis terbuka.

nah ini barang simple yang banyak orang walaupun tehnisi gak ngerti, orang mengeluh ac bau, complain trus ac dibongkar ternyata gak ada apa2. konyol.

ada cerita di koran orang beli mercedes baru trus komplain ac bau. gak ada yang bisa beresin.

sebenarnya ada filter yang menyaring bau tapi kayaknya kalah sama bau di jalanan indonesia.

nah mobil eropa yang lain cuma perlu dipencet tiap hidup ac dan akan menutup trus smapai ac mati.
not mercedes 20 min sekali harus pencet.

semua ada di buku petunjuk. masalahnya buku petunjuknya 200+ halaman.
Kalo kasus yang dimaksud itu ane kayaknya pernah denger bro, itu yang make ibu2.. Ampe bolak balik ke dealer, pas ane baca sih kyknya bner2 parah bgt komplainnya, ampe ngamuk berdarah darah tu orang,.. Ooo gitu ternyata.. Nyebelin juga bro klo kudu 20 mnit pnjet tombol..

Kbiasaan orang indonesia bro, bli barang ga pernah baca manual, bli barang yg tipe baru aja males baca apalagi beli barang yg orang bnyak pake, dan biasa make sblmnya, pdal klo baca manual sbtulnya ada info2 yg sblmnya kita ga tahu jdi lbih tahu fungsinya,.. Dulu taon 2005 pas bli innova, g tau klo dbalik pintu itu ada tombol kecil buat pengaman biar ga bisa buat maenan anak2, klo ga baca manual pling ane baru tau sekarang hee.. Soalnya udah umum fitur2 kaya gtu sek..
engineer's has only need one wife..
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: Bingung ama Mercy E230 sama C200, pilih yang mana?

Post by iwang »

yusthirahman wrote:
aspsilver wrote:
Kbiasaan orang indonesia bro, bli barang ga pernah baca manual, bli barang yg tipe baru aja males baca apalagi beli barang yg orang bnyak pake, dan biasa make sblmnya, pdal klo baca manual sbtulnya ada info2 yg sblmnya kita ga tahu jdi lbih tahu fungsinya,.. Dulu taon 2005 pas bli innova, g tau klo dbalik pintu itu ada tombol kecil buat pengaman biar ga bisa buat maenan anak2, klo ga baca manual pling ane baru tau sekarang hee.. Soalnya udah umum fitur2 kaya gtu sek..
kalo mercedes dari taon 80an child lock buat jendela diatur dari konsol tengah, depan. jadi ga bisa buka tutup jendela. mobil jepang sampe sekarang heater aja ga pake..mobil jadi lembab terus dah..konyol.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Bingung ama Mercy E230 sama C200, pilih yang mana?

Post by aspsilver »

maksud tombol kecil dipintu itu buat child lock pintu, bukan jendela. jadinya kalo aktif pintu tidak biaa dibuka dari dalam, jadi anak2 gak akan secara tidak sengaja buka pintu.

mercedes punya child lock ngumpet, harus pake obeng, jadi gak mungkin secara tidak sengaja aktif or non aktif.

mercedes punya kenop kunci kan rata, jadi dalam posisi mengunci tidak bisa ditarik.

tapi kalau tuas pintu ditarik dari dalam maka otomatis terbuka.

sistem bmw/vw/audi lebih baik, harus ditarik 2x baru terbuka.

heater ada pada mobil jepang premium seperti accord dan civic.
jazz versi thailand ada heater yang ckd gak ada.

tapi gak pernah kepake jadi ngapain ada.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Bingung ama Mercy E230 sama C200, pilih yang mana?

Post by aspsilver »

mercedes kalo bawa anak kecil harus di child lock. karena kalo tuas ditarik pasti terbuka pintunya.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Bingung ama Mercy E230 sama C200, pilih yang mana?

Post by newrubble »

Kalo saya jadi anda yg pegang cash 200 juta ...saya akan terlebih dulu beli mobil apapun yg baru ...meski brand nya bukan benz berumur ...apapun kondisi benz tsb trmsk low milage

Pendapat oleh beda ya ...bukan dlm konteks benar n salah serta maaf bila jwb saya bukan berupa pilihan ke salah 1 yg anda sodorkan

Harga parts mobil berumur dgn harga parts mobil brandnew itu tdk beda beda jauh ...bila sama sama berstatus OEM di parts center resmi ...belanja parts itu bukan investment tapi murni spending ...jarang bisa menambah nilai dari mobil yg blm masuk kategori klasik ...kecuali anda rawat mobil seumuran diatas tsb dari baru
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Bingung ama Mercy E230 sama C200, pilih yang mana?

Post by andy1800 »

newrubble wrote:Kalo saya jadi anda yg pegang cash 200 juta ...saya akan terlebih dulu beli mobil apapun yg baru ...meski brand nya bukan benz berumur ...apapun kondisi benz tsb trmsk low milage

Pendapat oleh beda ya ...bukan dlm konteks benar n salah serta maaf bila jwb saya bukan berupa pilihan ke salah 1 yg anda sodorkan

Harga parts mobil berumur dgn harga parts mobil brandnew itu tdk beda beda jauh ...bila sama sama berstatus OEM di parts center resmi ...belanja parts itu bukan investment tapi murni spending ...jarang bisa menambah nilai dari mobil yg blm masuk kategori klasik ...kecuali anda rawat mobil seumuran diatas tsb dari baru
very understood dg advise bagusnya tsb....
'mewakili' TS nya, FYI, krn om newrubble tentu saja memang blm dpt info "historynya" trit ini, ....jd, ini TS nya udah punya innova om (kl gak salah beli dari baru).
jd dia bikin trit ini sbg kelanjutan dr trid nya yg pertama: "Nyari mobil kedua, butuh gengsi tpi dana cekak,.." http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 64&t=16985

:big_peace:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Bingung ama Mercy E230 sama C200, pilih yang mana?

Post by aspsilver »

prinsip disini, bagaimana terlihat keren dengan biaya rendah.

untuk orang2 yang bisa menikmati, apreciate, nilai dari mobil mewah (wlaupun tua)
kemewahan
kenyamanan
gaya

jadi waktu dirongrong sama mobilnya, gak ngomel..
dirongrong gimana?
rusak ini itu, ya namanya mobil tua, ya pasti ada aja yang rusak.


kalo tidak bisa menikmatinya, ya beli mobil baru aja dengan harga sama. jadi misalnya disini dengan uang 200 juta ya beli avanza/xenia/ertiga dll.
User avatar
yusthirahman
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Fri Oct 05, 2012 6:23

Re: Bingung ama Mercy E230 sama C200, pilih yang mana?

Post by yusthirahman »

andy1800 wrote:
newrubble wrote:Kalo saya jadi anda yg pegang cash 200 juta ...saya akan terlebih dulu beli mobil apapun yg baru ...meski brand nya bukan benz berumur ...apapun kondisi benz tsb trmsk low milage

Pendapat oleh beda ya ...bukan dlm konteks benar n salah serta maaf bila jwb saya bukan berupa pilihan ke salah 1 yg anda sodorkan

Harga parts mobil berumur dgn harga parts mobil brandnew itu tdk beda beda jauh ...bila sama sama berstatus OEM di parts center resmi ...belanja parts itu bukan investment tapi murni spending ...jarang bisa menambah nilai dari mobil yg blm masuk kategori klasik ...kecuali anda rawat mobil seumuran diatas tsb dari baru
very understood dg advise bagusnya tsb....
'mewakili' TS nya, FYI, krn om newrubble tentu saja memang blm dpt info "historynya" trit ini, ....jd, ini TS nya udah punya innova om (kl gak salah beli dari baru).
jd dia bikin trit ini sbg kelanjutan dr trid nya yg pertama: "Nyari mobil kedua, butuh gengsi tpi dana cekak,.." http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 64&t=16985

:big_peace:
:mky_02: hore bung andy dateng,.. xixie.. :thanks:
engineer's has only need one wife..
User avatar
yusthirahman
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Fri Oct 05, 2012 6:23

Re: Bingung ama Mercy E230 sama C200, pilih yang mana?

Post by yusthirahman »

aspsilver wrote:prinsip disini, bagaimana terlihat keren dengan biaya rendah.

untuk orang2 yang bisa menikmati, apreciate, nilai dari mobil mewah (wlaupun tua)
kemewahan
kenyamanan
gaya

jadi waktu dirongrong sama mobilnya, gak ngomel..
dirongrong gimana?
rusak ini itu, ya namanya mobil tua, ya pasti ada aja yang rusak.


kalo tidak bisa menikmatinya, ya beli mobil baru aja dengan harga sama. jadi misalnya disini dengan uang 200 juta ya beli avanza/xenia/ertiga dll.
gimana yah bro, maklum lah,.. saya kan masih social climber keke.. :big_peace:
pengen gengsi tp dana cekak..
makanya klo beneran jadi, rencana tu mobil tua emg ga dipake kemana2 bro, buat dipajang drumah aja, dicuci masukin garasi, dicuci masukin garasi lagi..
yg penting punya mercy hehe.. kolot = mode on
:big_peace:
engineer's has only need one wife..
harsin168
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Nov 14, 2015 20:33

Minta saran sesepuh ttg S260

Post by harsin168 »

Hallo...

Untuk para jawara dan sesepuh, nubie minta ijin utk gabung..
Sebenernya sekaligus ada pertanyaan atau minta saran nih..
Nubie pengen beli mercy, kepincutnya sama S260 thn 2003.
Pertqnyaannya adalah :

1. Bgm sbenarnya memiliki mercy khususnya S260, apakah merepotkan atau malah sangat nyaman ?

2. Bgm dg service nya, apakah memerlukan bengkel khusus ? Krn infonya klo service berkala perlu pakai reset segala..

3. Bgm dg perawatan dan spare parts, apakah sulit ?

Mohon bantuan pencerahan spy tdk salah pilih.

Terima kasih.
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Bingung ama Mercy E230 sama C200, pilih yang mana?

Post by Mozawa »

aspsilver wrote:sebenarnya intinya adalah cari mobil yang sehat.
jangan terburu2 beli.
kalo kaki2 murah.
repot kalo supercharger (kompressor) rusak. itu denger2 mahal banget.
bawa orang yang ngerti mercedes.

saya pribadi sih saran menyiapkan dana 10 juta untuk perbaikan.

oh iya ada hal yang sangat menyebalkan dari mercedes, semua tipe, ac mobil eropa maunya terbuka, udara luar masuk, di 4 musim memang begitu karena kalo winter heater hidup kalo udara luar gak masuk bakalan mengemhun kaca2.
tapi di indonesia kan kalo udaraluar masuk, BAU.

nah mercedes ada tombol kecil di deretan tombol ac yang gambar mobil dg panah melingkar, artinya recirculation mode, udara luar gak masuk.
nah tombol ini HARUS nyala.

default settingnya mati.

harus pencet tiap mesin dihidupkan.
nah tiap pencet 20 min kemudian akan mati lagi, jadi harus pencet lagi.

di eropa idenya, default terbuka, kalo masuk terowongan panjang, kan bau,jadi dipencet. nah 20 min lg kan sudah keluar dari terowongan atau tempat bau tadi, jadi otomatis terbuka.

nah ini barang simple yang banyak orang walaupun tehnisi gak ngerti, orang mengeluh ac bau, complain trus ac dibongkar ternyata gak ada apa2. konyol.

ada cerita di koran orang beli mercedes baru trus komplain ac bau. gak ada yang bisa beresin.

sebenarnya ada filter yang menyaring bau tapi kayaknya kalah sama bau di jalanan indonesia.

nah mobil eropa yang lain cuma perlu dipencet tiap hidup ac dan akan menutup trus smapai ac mati.
not mercedes 20 min sekali harus pencet.

semua ada di buku petunjuk. masalahnya buku petunjuknya 200+ halaman.


waduh nyebelin banget kalau tiap20 menit harus pencet2 tombol......

btw buka tutup itu kan automatic ya...pasti pake motor dinamo....bisa nggak socket motornya dilepas ya brooo?????
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Bingung ama Mercy E230 sama C200, pilih yang mana?

Post by aspsilver »

di mobil C200 1996 saya, karena busa penutup katupnya dah jebol, akhirnya jalannya dibuntu.

gak tau juga kalo dicabut socket motornya.
kumbangtempur
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Dec 08, 2016 13:01

Re: Bingung ama Mercy E230 sama C200, pilih yang mana?

Post by kumbangtempur »

mas saya mau tanya. saya belom pernah punya mercy. tertarik pingin punya. lalu saya dapet info bahwa mobil mercy itu setiap 3-4 bulan perlu ganti parts fast moving forwardnya. itu parts apa aja ya? apakah wajib? soalnya menurut info sekali ganti butuh biaya sekitar 3-4 juta. mohon pencerahannya
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Bingung ama Mercy E230 sama C200, pilih yang mana?

Post by aspsilver »

kumbangtempur wrote:mas saya mau tanya. saya belom pernah punya mercy. tertarik pingin punya. lalu saya dapet info bahwa mobil mercy itu setiap 3-4 bulan perlu ganti parts fast moving forwardnya. itu parts apa aja ya? apakah wajib? soalnya menurut info sekali ganti butuh biaya sekitar 3-4 juta. mohon pencerahannya

Gak ada itu mas, resep harus ganti 3-4 bulan sekali.

Saya piara Mercedes C 200 1996 selama 17 th. 75 rb km (punya ortu)
dan C280 2009 selama 3 th (punya sendiri) 55rb km

kedua mobil pernah melakukan perjalanan Jakarta -Bali PP.

prinsip merawat sih gak jauh sama Honda Jazz, atau mobil mainstream lainnya.

mercedes menyarankan ganti oli dan filter oli tiap 8000 km atau 1 tahun, saya pake oli Mercedes Benz, karena itu murah dibandingkan oli sejenis. filter oli kadang pakai ori, kadang pakai merek lain, yang disediakan bengkel

beberapa bengkel non resmi mercedes punya paket ganti oli, sudah termasuk filter oli. jujur sih saya gak berasa bedanya.

di mercedes setelah tahun 2000, ada service indicator di dashboard, yang akan menyala apabila KM atau waktu service sudah dekat dan/atau kelewatan.
indikator ini akan direset oleh bengkel setelah service. bengkel non resmi juga punya alatnya (star diagnostic)

saya service di bengkel resmi sewaktu masi garansi (mercedes dapat free service + parts, selama 3 tahun, tanpa batas KM, kalo gak salah yang baru sekarang dapat 5 tahun)

service di bengkel resmi, termasuk oli dan filter ongkos 3 jutaan, tergantung tipe
di non resmi 1.3-1.8 juta, tergantung tipe